• 10 Foam Roller Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Foam Roller Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Foam Roller Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Foam Roller Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Foam Roller Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Foam Roller Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)

Foam roller bisa menjadi alat yang efektif untuk membantu sesi pemanasan atau pendinginan setelah olahraga. Olahraga pilates atau yoga juga sering kali menggunakan foam roller. Apakah Anda ingin membeli foam roller untuk pertama kali? Kalau begitu, kami akan membantu Anda mendapatkan produk foam roller yang bagus.


Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dengan rentang harga yang bervariasi. Merek ternama seperti foam roller Kettler, Decathlon, adidas, dan Trigger Point ada dalam daftar rekomendasi kami. Kami berkolaborasi dengan ahli injury and rehabilitation, Dr. Andy. Jadi, simak pembahasan sampai tuntas, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Dr. Andy Widjaja
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Physiotherapist ini mendapatkan gelar Doctor of Physiotherapy (DPT) di Australia. Sebagai injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy menangani segala macam kondisi dan masalah yang berhubungan dengan pergerakan manusia.


Strength and performance coach ini juga aktif melatih orang-orang yang ingin bertambah kuat dan ingin meningkatkan kapasitas gerak mereka. Di waktu luangnya, ia aktif memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang exercise, injury, dan rehabilitasi melalui akun Instagram-nya yaitu @theindophysio.

Apa manfaat foam roller?

Apa manfaat foam roller?

Olahraga terlalu berat sering kali membuat badan pegal-pegal. Untuk mengatasi rasa sakit tersebut, Anda bisa memijat kaki secara mandiri menggunakan foam roller. Foam roller adalah alat yang umumnya berbentuk tabung silinder berbahan busa. Kegiatan memijat badan dengan foam roller sering disebut juga foam rolling atau self-myofascial release (SMR).


Melakukan SMR sebelum atau sesudah olahraga bisa membuat otot-otot yang tegang jadi lebih relaks. SMR menargetkan bagian-bagian tubuh yang terasa sakit atau disebut juga trigger point. Rutin menggunakan foam roller bisa membuat badan lebih lentur, otot tidak mudah cedera, serta mempercepat pemulihan otot setelah latihan.


Foam rolling tidak disarankan untuk penggunaan pada bagian tulang dan persendian. Jadi, pastikan Anda menggunakan alat ini pada otot, misalnya di otot betis, paha, quadriceps, hamstring, atau pinggang.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Ada dua hal utama yang membuat otot-otot tubuh Anda menjadi kaku atau sakit: 

  • Kebanyakan latihan (berolahraga dengan intensif)
  • Kekurangan gerak (duduk terlalu lama dan tidak bergerak)

Foam roller merupakan alat yang sangat efektif untuk melemaskan otot-otot tubuh yang kaku. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari foam roller, janganlah hanya menggiling-giling bagian tubuh yang kaku atau sakit. Carilah trigger point atau titik yang sakit


Ketika Anda menemukan titik yang sakit, tekan sedikit sampai merasakan sedikit rasa sakit dan tahan tekanannya. Ketika Anda menahan tekanan yang sama pada trigger point, lama kelamaan ototnya akan lemas dan rasa sakitnya akan berkurang. Setelah sakitnya berkurang, barulah cari titik lain yang tidak nyaman dan lakukan hal yang sama. Secara garis besar, carilah 2–3 titik yang sakit di satu bagian tubuh.


Kelebihan menggunakan foam roller dibanding dengan dipijat atau massage adalah Anda bisa mencari sendiri titik yang sakit atau trigger point tersebut. Ketika orang lain memijat Anda, terkadang mereka tidak bisa kena ke titik yang sakitnya. 


Selain itu, Anda bisa mengatur sendiri intensitas tekanannya. Jika terlalu keras, Anda bisa mengurangi tekanannya dan sebaliknya. Bagi Anda yang gemar massage atau dipijat, saya sangat menyarankan untuk mencoba menggunakan foam roller.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih foam roller

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih foam roller, mulai dari bentuknya, kepadatan, hingga jenis bahannya. Silakan simak penjelasannya berikut ini.

Pilih berdasarkan bentuk dan ukurannya

Ada banyak bentuk dan ukuran roller foam yang dijual di pasaran. Setidaknya kami akan membahas dua di antaranya, yakni silinder panjang dan silinder pendek. Setiap bentuk tentunya memiliki fungsinya masing-masing.

Silinder panjang: Fungsinya lebih beragam

Silinder panjang: Fungsinya lebih beragam

Foam roller berbentuk silinder panjang adalah produk yang paling banyak dijual di pasaran. Ukuran panjangnya sekitar 90–100 cm dengan diameter 15 cm. Foam roller silinder panjang bisa digunakan untuk banyak kegiatan, seperti pijat, pilates, atau terapi pemulihan cedera. Alat ini cocok untuk memijat otot quadriceps, hamstrings, dan otot punggung.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Foam roller panjang efektif untuk memijat otot-otot tubuh besar dengan permukaan area yang luas, seperti di paha depan, paha belakang, dan punggung. Kekurangan foam roller panjang adalah ukurannya yang besar sehingga sangat sulit membawa foam roller ini untuk travelling dan bepergian.


Faktor lain yang harus Anda pikirkan adalah space atau lebar tempat latihan Anda. Jika tempat latihan Anda sempit, mungkin lebih baik Anda membeli dan menggunakan foam roller yang pendek.

Silinder pendek: Lebih praktis untuk dibawa-bawa

Silinder pendek: Lebih praktis untuk dibawa-bawa

Foam roller berbentuk silinder biasanya memiliki diameter yang sama dengan bentuk silinder panjang, tetapi panjangnya hanya sekitar 30–45 cm. Karena ukurannya lebih kecil, produk ini lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana, contohnya ke gym.

Pilih berdasarkan kepadatannya

Pilih berdasarkan kepadatannya

Kepadatan menjadi faktor penting dalam memilih foam roller. Makin kencang kepadatannya, pijatan ke tubuh Anda akan makin terasa. Kepadatannya juga dipengaruhi oleh bentuk foam roller tersebut. Oleh karena itu, kami akan membaginya menjadi tiga jenis, yakni foam roller, firm roller, dan grid roller.


  • Foam roller memiliki kepadatan yang paling rendah, bahkan bisa dibilang cenderung tidak keras sama sekali. Pijatan yang diberikan oleh foam ini terhadap otot cenderung lebih lembut. Untuk Anda yang baru kali pertama mencoba foam rolling, sebaiknya pilih tipe ini.


  • Firm roller sebenarnya juga terbuat dari busa seperti foam roller, tetapi kepadatannya jauh lebih keras. Firm roller efektif untuk mengurai dan mengurangi rasa sakit di trigger point otot Anda.


  • Grid roller adalah produk dengan kepadatan keras dan bentuk permukaannya tidak polos, melainkan bergerigi. Gerigi atau spike-nya berguna untuk mengurai otot yang lebih spesifik. Pijatan yang diberikan lebih keras dibandingkan firm roller. Gunakan roller jenis ini jika Anda sudah lebih berpengalaman.

Untuk Anda yang sudah terbiasa menggunakan foam roller, bisa mulai beralih ke firm roller atau grid roller. Jadi, hasilnya lebih efektif. Perlu diingat bahwa foam roller efektif untuk mengurai kelelahan otot, bukan untuk tulang. Karena itu, hindari pemakaian foam roller di area lutut, tulang kering, dan lainnya, apalagi yang kepadatannya keras.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Ketika dipijat, ada orang yang lebih suka pijatan yang keras, ada juga orang yang lebih suka pijatan yang tidak terlalu keras. Jika Anda orang yang gemar dipijat keras, tetapi kemudian terapisnya memijat dengan pelan, pasti Anda tidak akan merasakan manfaatnya. Hal ini sama dengan pemakaian foam roller


Jika Anda lebih suka pijatan yang keras, pilihlah foam roller dengan kepadatan paling padat. Jika Anda lebih suka pijatan yang empuk, pilihlah foam roller dengan kepadatan yang paling ringan.

Ketahui jenis-jenis bahan pembuatannya

Ketahui jenis-jenis bahan pembuatannya

Dibaca dari namanya, mungkin Anda sudah tahu bahwa foam roller terbuat dari busa. Namun, setiap produk terbuat dari jenis busa yang berbeda, misalnya EVA, EPP, dan lain-lain. Apabila Anda mencari foam roller dengan harga terjangkau, cari yang bahannya berjenis open cell. Sayangnya busa jenis open cell cenderung lebih mudah rusak. Selain itu, ada jenis busa close cell, seperti EVA atau EPP.


Busa EPP memberikan ketahanan yang lebih baik dibandingkan jenis open cell dan harganya juga masih terjangkau. Di atas EPP masih ada busa EVA dengan kualitas yang lebih baik. Ketahanannya paling baik di antara jenis lainnya sehingga lebih awet. Jika Anda ingin menggunakan foam roller secara rutin, pilihlah busa jenis EVA.

Perhatikan tekstur foam roller

Perhatikan tekstur foam roller

Foam roller memiliki dua macam permukaan. Foam roller yang permukaannya polos memberikan tekanan merata. Foam roller ini cocok untuk Anda yang masih di tahap pemula karena tekanannya relatif lebih ringan. Harganya pun relatif lebih murah,


Adapun jika Anda membutuhkan foam roller dengan tekanan lebih keras, roller bertekstur adalah jawabannya. Tekstur permukaan roller ini bisa berupa gerigi, tonjolan, ataupun gelombang, yang akan menyasar otot-otot kaku Anda dengan lebih tepat.

10 Rekomendasi foam roller terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh foam roller yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dr. Andy Widjaja.

10

LP SupportFoam Roller with Diamond Pattern

Mulai dari Rp 350.000,00

UkuranTidak ada keterangan
JenisBergerigi
Pilihan warnaHitam
Rekomendasi penggunaMenengah hingga profesional
9
UkuranPanjang: 33 cm・Diameter: 12,5 cm
JenisBergerigi
Pilihan warnaHitam, abu-abu camo
Rekomendasi penggunaMenengah hingga profesional
8
UkuranTidak ada keterangan
JenisBergerigi
Pilihan warnaHitam, biru, pink
Rekomendasi penggunaTidak ada keterangan
7

Trigger PointGrid 1.0 Foam Roller

Mulai dari Rp 599.000,00

UkuranPanjang: 33 cm・Diameter: 14 cm
JenisBergerigi
Pilihan warnaCamo
Rekomendasi penggunaPemula ke tingkat lanjut
6
UkuranPanjang: 45 cm・Diameter: 15 cm
JenisPolos
Pilihan warnaBiru
Rekomendasi penggunaPemula
5

DecathlonNyamba Mini Foam Roller

Mulai dari Rp 195.000,00

UkuranPanjang: 38 cm・Diameter: 12,7 cm
JenisBertekstur
Pilihan warnaMerah marun
Rekomendasi penggunaMenengah hingga profesional
4
UkuranPanjang: 33 cm・Diameter: 14 cm
JenisGerigi
Pilihan warnaUngu, hitam, pink, biru
Rekomendasi penggunaTidak ada keterangan
3
UkuranPanjang: 33 cm・Diameter: 14 cm
JenisBertekstur
Pilihan warnaHitam, biru, pink, ungu
Rekomendasi penggunaTingkat lanjut
2

The Republic of SvargaFoam Roller Smooth

Mulai dari Rp 320.000,00

UkuranPanjang: 60 cm dan 90 cm・Diameter: 15 cm
JenisPolos
Pilihan warnaHitam, biru, ungu, pink
Rekomendasi penggunaPemula hingga menengah
1
UkuranPanjang:30 cm・Diameter: 10 cm
JenisBergerigi
Pilihan warnaPink, biru, unggu, tosca
Rekomendasi penggunaTidak ada keterangan

Tabel perbandingan produk foam roller terbaik

Gambar produk
1
Happyfit New Yoga Roller 1

Happyfit

2
The Republic of Svarga Foam Roller Smooth 1

The Republic of Svarga

3
The Republic of Svarga Spiky Foam Roller 1

The Republic of Svarga

4
Angola Foam Roller 1

Angola

5
Decathlon Nyamba Mini Foam Roller 1

Decathlon

6
Kettler Foam Roller 1

Kettler

7
Trigger Point Grid 1.0 Foam Roller 1

Trigger Point

8
OB Fit Vibration Foam Roller 1

OB Fit

9
adidas Textured Foam Roller 1

adidas

10
LP Support Foam Roller with Diamond Pattern 1

LP Support

Nama produk

New Yoga Roller

Foam Roller Smooth

Spiky Foam Roller

Foam Roller

Nyamba Mini Foam Roller

Foam Roller

Grid 1.0 Foam Roller

Vibration Foam Roller

Textured Foam Roller

Foam Roller with Diamond Pattern

Keunggulan

Mudah dibersihkan, Anda bisa menggunakannya dengan nyaman

Menggunakan bahan Eco-friendly EVA yang ramah lingkungan

Rasakan dua manfaat hanya dengan satu alat

Memiliki 120 gerigi dengan kemiringan lengkung yang rendah

Kepadatannya tetap terjaga setelah berkali-kali pemakaian

Si panjang yang tidak gampang penyok

Bisa digunakan untuk segala usia dan ukuran badan

Menyediakan tiga mode pijat dan intensitas getaran

Brand internasional dengan desain ringan dan compact!

Produk multifungsi dengan diamond pattern

Harga mulai dariRp 120.000,00Rp 320.000,00Rp 176.000,00Rp 120.000,00Rp 195.000,00Rp 149.000,00Rp 599.000,00Rp 500.000,00Rp 657.000,00Rp 350.000,00
UkuranPanjang:30 cm・Diameter: 10 cmPanjang: 60 cm dan 90 cm・Diameter: 15 cmPanjang: 33 cm・Diameter: 14 cmPanjang: 33 cm・Diameter: 14 cmPanjang: 38 cm・Diameter: 12,7 cmPanjang: 45 cm・Diameter: 15 cmPanjang: 33 cm・Diameter: 14 cmTidak ada keteranganPanjang: 33 cm・Diameter: 12,5 cmTidak ada keterangan
JenisBergerigiPolosBerteksturGerigiBerteksturPolosBergerigiBergerigiBergerigiBergerigi
Pilihan warnaPink, biru, unggu, toscaHitam, biru, ungu, pinkHitam, biru, pink, unguUngu, hitam, pink, biruMerah marunBiruCamoHitam, biru, pinkHitam, abu-abu camoHitam
Rekomendasi penggunaTidak ada keteranganPemula hingga menengahTingkat lanjutTidak ada keteranganMenengah hingga profesionalPemulaPemula ke tingkat lanjut Tidak ada keteranganMenengah hingga profesionalMenengah hingga profesional
Tautan produk

Tips menggunakan foam roller

Tips menggunakan foam roller

Anda sudah paham manfaat foam roller, membaca cara memilih, dan juga melihat rekomendasi produknya. Pastinya Anda ingin tahu lebih jauh tentang tips memakai foam roller. Nah, kami memiliki beberapa tips menarik untuk Anda simak.


  • Gulingkan foam roller dari bagian bawah untuk mengatasi kaki dan betis yang pegal.

  • Bagi Anda yang sering duduk lama sehingga paha depan terasa pegal, gunakan roller dalam posisi tengkurap. Letakkan roller di paha depan dan gelindingkan selama 30 detik.

  • Jika ingin melemaskan panggul yang kaku, duduklah di atas foam roller. Setelah itu, gelindingkan roller dengan panggul.

  • Untuk mendapatkan kenyamanan lebih, lakukan gerakan-gerakan dengan foam roller di atas matras.

Baca juga rekomendasi produk olahraga lainnya di sini

Selain foam roller, ada beberapa alat olahraga lain yang bisa menjaga performa dan kesehatan Anda. Kami sudah pernah membahas alat-alat tersebut, seperti kettle ball, dumbell, dan gym ball. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, silakan klik tautan berikut ini.

Kesimpulan

Penggunaan foam roller makin meningkat dari waktu ke waktu. Memijat otot dengan foam roller sebelum dan sesudah workout membuat performa latihan Anda meningkat. Otot yang cedera bisa lebih cepat pulih, pegal-pegal juga lebih cepat hilang.


Sebelum membeli foam roller, perhatikan ketebalan, bentuk, dan bahan yang digunakan untuk efektivitas terbaik pemulihan otot Anda. Pertimbangkan juga untuk membeli dari merek-merek ternama agar kualitasnya terjamin. Selamat memilih dan berbelanja!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam memilih sepatu fitness? Berbagai merek terkenal, seperti ASICS, PUMA, atau Nike memang bisa membuat Anda bingung ketika memilihnya. Ditambah lagi, ada banyak produk dengan desain dan warna menarik yang mudah Anda jumpai di berbagai gerai online.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu fitness yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Kami juga akan memperkenalkan rekomendasi sepatu fitness yang bagus dan berkolaborasi dengan fitness coach kami, Akbar Kharisma. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lari merupakan salah satu olahraga cardio yang banyak digemari. Apabila ingin menekuni olahraga ini, gunakanlah peralatan yang menunjang. Salah satu peralatan yang perlu dipertimbangkan adalah jam tangan lari atau running watch. Pastikan fitur-fitur yang ada pada running watch mendukung kegiatan berlari Anda, misalnya GPS yang akurat dan pemutar musik. Untuk membantu Anda, kali ini kami akan memberikan tips memilih running watch. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek running watch yang bagus, seperti Garmin, SUUNTO, dan Polar. Temukan produk yang paling sesuai untuk menemani kegiatan jogging rutin ataupun profesional Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Gym Ball Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gym Ball Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru (Terbaru Tahun 2022)
    Gym ball adalah alat pendukung olahraga yang mudah digunakan di rumah. Bola ini dapat dipakai sebagai pengganti kursi dan efektif untuk memperbaiki postur tubuh misalnya tulang panggul. Ada berbagai merk gym ball yang bisa Anda temukan seperti Kettler, Go Fit, dan Eelic.Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan mengenai tips memilih gym ball yang bagus. Kami juga akan menyertakan beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi. Simak juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy, untuk menambah wawasan Anda. Mari temukan gym ball yang cocok untuk Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Resistance Band Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Resistance Band Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Resistance band dapat membantu Anda berlatih kekuatan tanpa latihan angkat beban. Anda dapat meningkatkan massa otot, menambah kekuatan, serta menggunakannya untuk stretching dan terapi. Resistance band juga mudah dibawa bepergian dan dapat digunakan di mana saja.Ada berbagai jenis resistance band yang dijual di pasaran. Manakah yang bagus untuk program latihan Anda? Di bawah ini, kami membagikan tips memilih beserta list rekomendasi produk dari merk Happyfit, The Republic of Svarga, Kettler, dan lainnya. Simak juga komentar dari injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT. Selamat membaca!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Push Up Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Push Up Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Push up merupakan olahraga sederhana yang cukup sering dilakukan masyarakat. Meski dapat dilakukan tanpa alat bantu, penggunaan push up bar dapat mempermudah kegiatan push up. Manfaatnya antara lain membantu memberikan hasil lebih maksimal dan mengurangi potensi cedera pada pergelangan tangan.Banyaknya push up bar yang dijual di pasaran mungkin jadi membingungkan Anda. Beberapa merek di antaranya adalah Xiaomi, Kettler, dan Adidas. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan cara memilihnya, terutama bagi Anda yang akan menggunakan push up bar untuk pertama kalinya. Selamat membaca!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Samsak Tinju Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Samsak Tinju Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki samsak tinju pribadi tentu membuat Anda lebih fleksibel saat ingin melatih fisik. Tergantung pada produknya, samsak dapat membantu Anda melatih kekuatan atau kecepatan. Anda bisa memilih samsak tinju standing/berdiri, gantung, kecil, atau yang aman untuk anak.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih samsak tinju terbaik dengan membandingkan harga dan fiturnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus untuk Anda. Ada produk dari merek lokal, seperti Rounin Fightware, atau luar seperti Fairtex. Simaklah hingga selesai agar Anda mendapatkan produk yang aman untuk latihan.
    Gym & fitness
  •  10 Rekomendasi Sarung Tangan Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sarung Tangan Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda senang olahraga weight lifting ataupun training? Tentu saja Anda membutuhkan sarung tangan gym atau training gloves. Sarung tangan ini akan membantu melindungi tangan Anda dari cedera. Kulit tangan pun tetap mulus dan bebas kapalan. Seperti apa sarung tangan gym yang bagus?Kali ini kami akan berbagi tips memilih sarung tangan gym yang bagus. Temukan juga berbagai rekomendasi sarung tangan gym terbaik, seperti dari merek Reebok, Decathlon, dan adidas. Ada juga beberapa merek lokal, seperti Happyfit, Svarga, dan SFIDN. Simak terus artikel ini, ya!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Ab Roller Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Ab Roller Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ab roller adalah alat olahraga berbentuk roda dengan pegangan. Alat ini dapat membantu melatih otot perut, tangan, dan dada. Cara pakainya yang simpel membuat banyak orang memilih ab roller untuk berolahraga. Artikel ini akan membahas dan membagikan tips memilih ab roller yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek ab roller terbaik yang layak Anda miliki. Anda akan menjumpai berbagai merek, seperti Kettler, Bfit, adidas, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan ab roller workout yang tepat, kami sarankan untuk membaca artikel ini sampai habis, ya!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Tummy Trimmer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tummy Trimmer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki bentuk tubuh ideal menjadi impian banyak orang, Anda mungkin termasuk salah satunya. Namun, keterbatasan waktu untuk berolahraga di pusat kebugaran sering jadi penghalang. Nah, tummy trimmer bisa menjadi solusi tepat untuk membantu Anda berolahraga di mana saja. Bentuknya ringkas dan ringan sehingga dibawa bepergian pun tidak masalah.Ada banyak sekali merek tummy trimmer yang bagus, seperti Speeds, Goto, dan SFIDN FITS. Kami akan mengulasnya satu per satu serta memberikan Anda tips memilih tummy trimmer yang tepat. Ada pula pembahasan tentang cara pemakaian tummy trimmer pada akhir artikel. Yuk, disimak!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Fitness merupakan gaya hidup sehat dengan menjadikan olahraga sebagai salah satu faktor utamanya. Selain sebagai lifestyle, banyak wanita melakukannya untuk menjaga tubuh agar tetap ideal. Karena itu, kini banyak sekali sepatu fitness untuk wanita yang bisa Anda temukan di pasaran. Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih sepatu fitness yang bagus untuk wanita. Kami juga menyediakan sepuluh rekomendasi sepatu fitness terbaik dari sejumlah merek, seperti adidas, Nike, dan Puma. Jika Anda sedang mencari sepatu fitness yang tepat, bacalah dahulu ulasan dari kami!
    Gym & fitness
  • Artikel populer

  • 10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin bugar atau mungkin ingin menurunkan berat badan? Anda bisa berolahraga jalan cepat, berlari, ataupun jogging dengan alat treadmill kapan pun Anda mau tanpa harus ke gym. Meski bukan produk yang murah, membeli treadmill bisa menjadi investasi yang baik untuk Anda.Kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang cara memilih treadmill yang bagus. Kami menyediakan rekomendasi treadmill dari merek Idachi, OB FIT, Jaco, Total Fitness, dan lainnya yang bisa Anda miliki di rumah. Simak juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy, untuk menambah wawasan Anda.
    Gym & fitness
  • 10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Saat akan memulai berlatih yoga, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah matras yoga atau yoga mat. Merek peralatan olahraga ternama, seperti Berwyn dari Ace Hardware, Kettler, Miniso, dan Adidas telah memproduksi matras yoga andalan mereka. Bahkan, sekarang sudah banyak produsen yang menjual matras yoga dengan harga murah.Kami akan memperkenalkan cara memilih matras yoga bagi pemula dan memberikan rekomendasi matras yoga yang bagus dan tebal. Artikel ini sudah ditinjau oleh yoga instructor kami, Kalyana. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi dalam memilih matras yoga yang paling nyaman bagi Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lari merupakan salah satu olahraga cardio yang banyak digemari. Apabila ingin menekuni olahraga ini, gunakanlah peralatan yang menunjang. Salah satu peralatan yang perlu dipertimbangkan adalah jam tangan lari atau running watch. Pastikan fitur-fitur yang ada pada running watch mendukung kegiatan berlari Anda, misalnya GPS yang akurat dan pemutar musik. Untuk membantu Anda, kali ini kami akan memberikan tips memilih running watch. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek running watch yang bagus, seperti Garmin, SUUNTO, dan Polar. Temukan produk yang paling sesuai untuk menemani kegiatan jogging rutin ataupun profesional Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Fitness merupakan gaya hidup sehat dengan menjadikan olahraga sebagai salah satu faktor utamanya. Selain sebagai lifestyle, banyak wanita melakukannya untuk menjaga tubuh agar tetap ideal. Karena itu, kini banyak sekali sepatu fitness untuk wanita yang bisa Anda temukan di pasaran. Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih sepatu fitness yang bagus untuk wanita. Kami juga menyediakan sepuluh rekomendasi sepatu fitness terbaik dari sejumlah merek, seperti adidas, Nike, dan Puma. Jika Anda sedang mencari sepatu fitness yang tepat, bacalah dahulu ulasan dari kami!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam memilih sepatu fitness? Berbagai merek terkenal, seperti ASICS, PUMA, atau Nike memang bisa membuat Anda bingung ketika memilihnya. Ditambah lagi, ada banyak produk dengan desain dan warna menarik yang mudah Anda jumpai di berbagai gerai online.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu fitness yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Kami juga akan memperkenalkan rekomendasi sepatu fitness yang bagus dan berkolaborasi dengan fitness coach kami, Akbar Kharisma. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Gym & fitness
  • 10 Matras Yoga Terbaik - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Matras Yoga Terbaik - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Yoga adalah salah satu olahraga gerak badan yang menggabungkan latihan pernapasan dan pikiran. Salah satu perlengkapan yang tak boleh Anda lewatkan saat melakukan yoga adalah matras. Matras yoga sangat dibutuhkan, baik oleh pemula maupun yogi profesional. Anda bisa memilihnya berdasarkan ketebalan, bahan, serta ukuran.Anda dapat menemukan berbagai merek matras yoga yang bagus, seperti Lululemon, Alo Yoga, dan Manduka. Kettler dan Miniso juga masuk dalam rekomendasi kami. Sebelumnya, kami akan memberikan tips memilih matras yoga yang nyaman digunakan. Artikel ini sudah ditinjau oleh yoga instructor kami, Kalyana. Selamat membaca!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Push Up Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Push Up Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Push up merupakan olahraga sederhana yang cukup sering dilakukan masyarakat. Meski dapat dilakukan tanpa alat bantu, penggunaan push up bar dapat mempermudah kegiatan push up. Manfaatnya antara lain membantu memberikan hasil lebih maksimal dan mengurangi potensi cedera pada pergelangan tangan.Banyaknya push up bar yang dijual di pasaran mungkin jadi membingungkan Anda. Beberapa merek di antaranya adalah Xiaomi, Kettler, dan Adidas. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan cara memilihnya, terutama bagi Anda yang akan menggunakan push up bar untuk pertama kalinya. Selamat membaca!
    Gym & fitness
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori