• 10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Salah satu merk lensa fix yang bagus adalah Canon. Di pasaran, terdapat macam-macam lensa fix Canon, mulai dari lensa fix Canon mirrorless hingga lensa fix untuk kamera DSLR. Harga lensa fix canon pun beragam tergantung spesifikasinya. 


Kami akan menjelaskan tips memilih lensa fix Canon terbaik sesuai kebutuhan. Anda akan menemukan lensa fix Canon STM, lensa fix Canon 50 mm atau 35 mm, dan sebagainya. Kami juga akan mengulas lensa yang cocok untuk Canon 1200D, Canon 600D, dan Canon EOS M50. Lensa fix Canon murah pun ada, selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 14 Mei 2021
  • 2.093 Views
Daftar isi

Apa yang dimaksud lensa fix?

Lensa fix atau lensa prime merupakan tipe lensa yang memiliki jarak fokal (focal length) tunggal. Ada lensa fix 24 mm, 35 mm, dan sebagainya. Makin kecil angka focal length-nya, sudut pandang lensa akan makin besar. Begitu pun sebaliknya, makin besar angka focal length, sudut pandang yang didapat pun mengecil. 


Saat menggunakan lensa fix, Anda tidak dapat melakukan pembesaran objek layaknya lensa zoom atau telephoto. Di sisi lain, ketika Anda merekam menggunakan lensa fix, video yang dihasilkan akan terlihat lebih tajam dibanding lensa zoom. Sebagian besar lensa fix juga memiliki aperture atau diafragma yang cukup besar. 


Karakteristik ini tentu memudahkan Anda mengambil foto di ruangan yang minim cahaya. Selain itu, aperture besar akan membuat efek bokeh makin menonjol. 

Keunggulan lensa fix Canon

Keunggulan lensa fix Canon

Canon merupakan merek kamera yang cukup populer di dunia dan mulai menjual produknya di Indonesia tahun 1976. Hingga saat ini, Canon terus memproduksi kamera dengan teknologi yang makin canggih. Canon juga memiliki koleksi lensa yang lengkap, mulai dari lensa primewide, tele, dan makro. 


Untuk lensa fix sendiri, Canon memiliki banyak seri dengan focal length beragam. Performa optik dan teknologi dari lensa fix Canon juga terus dikembangkan. Beberapa lensa fix Canon juga dibekali teknologi image stabilisation (IS). 


Hal ini membuatnya mampu menghasilkan gambar yang jernih, tajam, dan mengagumkan. Canon juga mengeluarkan lensa L Series yang ditandai dengan gelang merah pada badan lensanya. Lensa ini merupakan produk berkelas dari Canon untuk para fotografer profesional. 

Cara memilih lensa fix Canon

Di sini, kami akan menjelaskan poin-poin utama dalam memilih lensa fix Canon. Pastikan Anda memperhatikan hal-hal penting, seperti jenis sensor pada kamera hingga fitur yang ditawarkan. 

Sesuaikan dengan jenis kamera yang digunakan

Terdapat dua jenis kamera Canon yang saat ini dapat Anda temui di pasaran, yaitu kamera DSLR dan mirrorless. Setiap jenis kamera Canon juga dibekali sensor yang berbeda-beda. Baik sensor APS-C maupun full-frame, keduanya memiliki dudukan mounting lensa yang berbeda. 


Untuk produk Canon sendiri, setiap lensa akan ditandai kode seri yang berbeda-beda. Misalnya, lensa fix dengan kode EF. Lensa ini hanya dapat dipasangkan pada kamera DSLR Canon bersensor full-frame. Meski begitu, lensa ini tetap dapat digunakan pada kamera DSLR bersensor APS-C. Namun, akan terdapat crop factor sehingga hasil foto yang ditangkap akan lebih kecil. 


Selain itu, terdapat lensa berkode EF-S untuk kamera DSLR bersensor APS-C dan kode EF-M untuk kamera mirrorless bersensor APS-C. Untuk lensa kamera mirrorless bersensor full-frame, seri lensanya akan ditandai dengan kode RF. Perlu dipahami juga, lensa dengan kode EF-S hanya dapat digunakan pada kamera DSLR bersensor APS-C. Sementara itu, lensa EF dan EF-S dapat dipasangkan pada kamera mirrorless dengan menggunakan adapter khusus.

Pilih berdasarkan focal length

Focal length merupakan kemampuan lensa untuk melihat dan merekam objek gambar. Ukuran focal length pada lensa Canon ditulis dalam satuan millimeter (mm). Supaya Anda mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai ukuran focal length, simak poin-poin berikut ini. 

Focal length 14–35 mm, dapat menangkap area yang lebih luas

Focal length 14–35 mm, dapat menangkap area yang lebih luas

Lensa fix dengan focal length 24 mm hingga 35 mm memiliki kemiripan fungsi dengan lensa wide. Hanya saja, jenis lensa ini tidak dapat melakukan pembesaran. Lensa fix jenis ini dapat Anda fungsikan untuk menangkap objek gambar yang luas dalam jarak dekat. 


Dengan jangkauan gambar yang cukup luas, lensa ini sering digunakan untuk kebutuhan fotografi jurnalistik. Namun, penggunaan lensa ini tidak sebatas untuk satu genre fotografi saja. Anda dapat dengan leluasa memanfaatkannya untuk memotret makanan, acara pesta, pemandangan alam, atau jalanan. 

Focal length 50 mm, efek bokehnya lebih tinggi

Focal length 50 mm, efek bokehnya lebih tinggi

Kunci dari hasil foto dengan latar belakang bokeh terletak pada angka aperture lensa. Umumnya, lensa fix Canon dengan focal length 50 mm memiliki aperture yang cukup besar. 


Ada lensa dengan aperture f/1.8, f/1.4, atau f/1.2. Dengan aperture tersebut, Anda tidak akan kesulitan menggunakan pengaturan kamera dengan shutter speed tinggi. Selain itu, karakteristik tersebut tentunya akan membuat foto terlihat memiliki efek bokeh yang lebih tinggi dibanding lensa lainnya. 


Keuntungan lain menggunakan lensa fix 50 mm adalah kemudahan saat memotret dalam kondisi low light. Cukup menggunakan pengaturan ISO yang tidak terlalu tinggi, Anda dapat memotret objek gambar dengan baik tanpa blur. 

Focal length 85–135 mm, ideal untuk fotografi portrait

Focal length 85–135 mm, ideal untuk fotografi portrait

Pada dasarnya, semua jenis lensa dapat digunakan untuk foto portrait. Namun, seorang fotografer biasanya menginginkan hasil foto dengan latar belakang yang terlihat blur atau bokeh. Untuk itu, lensa fix ideal digunakan dalam fotografi portrait.

 
Untuk foto portrait, Anda dapat memilih lensa fix dengan focal length yang panjang, seperti 85 mm atau 135 mm. Saat Anda menggunakan lensa fix 85 mm, berarti Anda akan memotret pada jarak 3 hingga 5 meter. Hal ini tentu akan bermanfaat saat Anda memotret model yang merasa kurang nyaman dipotret dekat-dekat. Selain itu, dengan jarak memotret yang cukup jauh sang model dapat lebih bebas berekspresi. 


Selain lensa fix 85 mm, Anda juga dapat menggunakan lensa fix dengan focal length 135 mm. Lensa tipe ini akan sangat membantu Anda dalam segi perspektif. Misalnya, Anda dapat menggunakannya untuk membuat wajah terlihat lebih proporsional. Lensa ini juga dapat Anda gunakan untuk memotret secara close-up, misalnya bagian mata atau bibir saja.

Perhatikan aperture atau diafragmanya

Perhatikan aperture atau diafragmanya

Aperture atau diafragma merupakan bukaan yang akan memengaruhi jumlah cahaya yang masuk ke dalam sensor. Aperture pada lensa ditunjukkan dalam satuan huruf "f", misalnya f/1.4, f/2.2, dan lainnya. Makin besar angkanya, makin sedikit cahaya yang dapat diterima. Begitu pula sebaliknya, makin kecil angkanya, makin banyak cahaya yang dapat diterima lensa. 


Untuk Anda yang senang dengan efek bokeh, pilihlan lensa fix dengan angka aperture yang kecil. Nilai aperture yang kecil akan memberikan area fokus yang sempit sehingga memberikan efek blur pada bagian background

Perhatikan fitur dan teknologinya

Poin terakhir yang harus Anda perhatikan saat ingin membeli lensa fix Canon adalah fitur dan teknologinya. Supaya lensa yang Anda pilih dapat digunakan secara maksimal, simak lebih lanjut penjelasan di bawah ini!

Fitur USM atau STM, beri Anda autofokus

Fitur USM atau STM, beri Anda autofokus

Saat Anda membeli lensa Canon, mungkin Anda akan kebingungan saat menemui kode yang mengikuti angka aperture. Misalnya, Canon EF14mm f/2.8L II USM dan Canon EF50mm f/1.8 STM. Kode ini menunjukkan teknologi motor autofokus pada lensa yang Anda gunakan. 


USM atau ultrasonic motor merupakan motor autofokus yang berada di dalam lensa. Teknologi ini memiliki keunggulan dalam pencarian fokus yang lebih cepat dan tidak bersuara. Jenis lensa ini ideal digunakan untuk mengabadikan objek gambar yang bergerak cepat. 


Sementara itu, STM atau stepper motor merupakan motor autofokus yang senyap dan mulus. Dari sisi fungsi, teknologi ini memiliki kemiripan dengan USM. Namun, jenis lensa ini tidak memiliki keunggulan dalam kecepatan mengunci gambar. Selain itu, harga lensa ini juga jauh lebih terjangkau dibanding lensa USM. 

Fitur stabilisasi gambar, hasil jepretan minim blur

Fitur stabilisasi gambar, hasil jepretan minim blur

Saat memotret di tempat yang gelap, tentunya Anda akan menggunakan komposisi pengaturan ISO yang tinggi dan shutter speed rendah. Tanpa bantuan tripod, foto yang dihasilkan dapat berpotensi menjadi blur. Untuk itu, memasang tripod dan memberi sedikit cahaya buatan sangatlah penting. 


Anda akan menemukan kamera Canon yang sudah dibekali teknologi image stabilization (IS). Namun, fitur tersebut tidak akan memberikan banyak pengaruh jika lensanya tidak memiki teknologi yang sama. Untuk itu, pastikan lensa yang Anda gunakan memiliki fitur stabilisasi gambar. Dengan adanya teknologi ini, Anda akan sangat terbantu saat melakukan perekaman video dan memotret di kondisi yang minim cahaya.

10 Rekomendasi lensa fix Canon terbaik

Di sini, kami akan memperkenalkan sepuluh produk lensa fix Canon yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Silakan pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan fotografi dan jenis kamera yang Anda gunakan. 

10
Jenis kameraDSLR
Tipe sensorFull-frame
Focal length50 mm
Aperturef/1.8
Stabilisasi gambarx
Motor autofokusSTM
Ukuran filter49 mm
Berat0,16 kg
9
Jenis kameraDSLR
Tipe sensorAPS-C
Focal length24 mm
Aperturef/2.8
Stabilisasi gambarx
Motor autofokusSTM
Ukuran filter52 mm
Berat0,125 kg
8
Jenis kameraMirrorless
Tipe sensorAPS-C
Focal length28 mm
Aperturef/3.5
Stabilisasi gambar
Motor autofokusSTM
Ukuran filter43 mm
Berat0,13 kg
7
Jenis kameraMirrorless
Tipe sensorFull-frame
Focal length50 mm
Aperturef/1.8
Stabilisasi gambarx
Motor autofokusSTM
Ukuran filter43 mm
Berat0,16 kg
6
Jenis kameraDSLR
Tipe sensorAPS-C
Focal length35 mm
Aperturef/2.8
Stabilisasi gambar
Motor autofokusSTM
Ukuran filter49 mm
Berat0,19 kg
5
Jenis kameraMirrorless
Tipe sensorAPS-C
Focal length22 mm
Aperturef/2.0
Stabilisasi gambarx
Motor autofokusSTM
Ukuran filter43 mm
Berat0,10 kg
4
Jenis kameraDSLR
Tipe sensorFull-frame
Focal length50 mm
Aperturef/1.4
Stabilisasi gambarx
Motor autofokusUSM
Ukuran filter58 mm
Berat0,29 kg
3
Jenis kameraMirrorless
Tipe sensorFull-frame
Focal length85 mm
Aperturef/1.2
Stabilisasi gambarx
Motor autofokusUSM
Ukuran filter82 mm
Berat1,19 kg
2
Jenis kameraDSLR
Tipe sensorFull-frame
Focal length135 mm
Aperturef/2.0
Stabilisasi gambarx
Motor autofokusUSM
Ukuran filter72 mm
Berat0,75 kg
1
Jenis kameraDSLR
Tipe sensorFull-frame
Focal length14 mm
Aperturef/2.8
Stabilisasi gambarx
Motor autofokusUSM
Ukuran filterTidak disebutkan
Berat0,645 kg

Tabel perbandingan produk lensa fix Canon terbaik

Gambar produk
1
Canon EF14mm f/2.8L II USM 1

Canon

2
Canon EF135mm f/2L USM 1

Canon

3
Canon RF85mm f/1.2L USM DS 1

Canon

4
Canon EF50mm f/1.4 USM 1

Canon

5
Canon EF-M22mm f/2.0 STM 1

Canon

6
Canon EF-S35mm f/2.8 Macro IS STM 1

Canon

7
Canon RF50mm f/1.8 STM 1

Canon

8
Canon EF-M28mm f/3.5 Macro IS STM 1

Canon

9
Canon EF-S24mm f/2.8 STM 1

Canon

10
Canon EF50mm f/1.8 STM 1

Canon

Nama produk

EF14mm f/2.8L II USM

EF135mm f/2L USM

RF85mm f/1.2L USM DS

EF50mm f/1.4 USM

EF-M22mm f/2.0 STM

EF-S35mm f/2.8 Macro IS STM

RF50mm f/1.8 STM

EF-M28mm f/3.5 Macro IS STM

EF-S24mm f/2.8 STM

EF50mm f/1.8 STM

Keunggulan

Bebas flare dan ghosting saat memotret

Autofokusnya akurat menangkap momen krusial

Bokeh sangat halus berkat Defocus Smoothing

Hasil maksimal untuk pemotretan minim cahaya

Pancake lens yang ringan dan ramping

Lensa makro serbaguna untuk segala genre fotografi

Compact dan gambarnya pun ciamik

Lampu LED-nya sangat membantu dalam pencahayaan

Perpindahan fokusnya halus saat merekam video

Hasilkan bokeh smooth tanpa keluar banyak dana

Harga mulai dariRp 32.750.000,00Rp 14.999.000,00Rp 47.200.000,00Rp 5.830.000,00Rp 3.555.000,00Rp 5.490.000,00Rp 3.137.000,00Rp 4.680.000,00Rp 2.150.000,00Rp 1.840.000,00
Jenis kameraDSLRDSLRMirrorlessDSLRMirrorlessDSLRMirrorlessMirrorless DSLRDSLR
Tipe sensorFull-frameFull-frameFull-frameFull-frameAPS-CAPS-CFull-frameAPS-CAPS-CFull-frame
Focal length14 mm135 mm85 mm50 mm22 mm35 mm50 mm28 mm24 mm50 mm
Aperturef/2.8f/2.0f/1.2f/1.4f/2.0f/2.8f/1.8f/3.5f/2.8f/1.8
Stabilisasi gambarxxxxxxxx
Motor autofokusUSMUSMUSMUSMSTMSTMSTMSTMSTMSTM
Ukuran filterTidak disebutkan72 mm82 mm58 mm43 mm49 mm43 mm43 mm52 mm49 mm
Berat0,645 kg0,75 kg1,19 kg0,29 kg0,10 kg0,19 kg0,16 kg0,13 kg0,125 kg0,16 kg
Tautan produk

Baca juga rekomendasi lensa lainnya di sini

Menggunakan lensa dengan focal length tertentu dapat memberikan pengalaman memotret yang lebih menyenangkan. Tidak hanya lensa fix saja, terdapat berbagai macam lensa untuk kamera tergantung pada jenis dan fungsinya. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih detail, Anda dapat membacanya melalui tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda mengenai sepuluh rekomendasi lensa fix Canon yang sudah kami ulas di atas? Foto yang dihasilkan oleh seorang fotografer sangat bergantung pada kamera dan lensa yang digunakan. 


Di sisi lain, setiap focal length lensa fix juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Namun, Anda tetap bisa menghasilkan foto yang bagus dengan menggunakan satu lensa saja. Untuk itu, teruslah mengasah keterampilan dan pengalaman memotret Anda. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    29.058 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2021)
    Selain dapat dijadikan sebagai profesi, banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi. Tak jarang, seseorang yang menekuni kegiatan fotografi akan mengoleksi lebih dari satu lensa. Salah satu merek kamera mirrorless yang sudah terkenal dan cukup banyak digunakan adalah Sony. Setiap lensa mirrorless Sony tentunya menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya saja FE 85mm F1.8 dan Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA yang berbeda kualitasnya dengan lensa kit standar. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih lensa mirrorless Sony terbaik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Simak artikel ini sampai tuntas, ya! 
    Lensa & aksesori
    4.137 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda memiliki hobi fotografi? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tidak dapat dibilang murah, ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk perlindungan lensa Anda, filter lensa merupakan solusinya.Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa, seperti K&F Concept, ZOMEi, dan Hoya. Tidak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa juga dapat berfungsi untuk efek fotografi. Barangkali Anda cukup kewalahan memilih filter lensa yang Anda butuhkan. Karena itu, simaklah tips serta rekomendasi dari kami.
    Lensa & aksesori
    12.632 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa fix merupakan lensa dengan satu focal length sehingga tidak memiliki fungsi zoom. Jika Anda ingin membuat objek menjadi lebih dekat atau jauh, Anda perlu berpindah posisi untuk mengatur komposisinya. Ada banyak lensa seperti Canon, Fujifilm, Sony, dan lainnya yang dijual di pasaran. Hal ini membuat pencinta fotografi, khususnya pemula, sering bertanya-tanya mana yang harus dipilih.Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh lensa fix yang bisa dijadikan sebagai referensi. Kami juga akan memberikan tips untuk memilihnya berdasarkan focal length, aperture, hingga tipe mount. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    9.473 Views
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teropong malam atau teropong night vision adalah sebuah alat yang membantu Anda untuk melihat di lingkungan yang gelap. Night vision memiliki beragam aplikasi dari pengamatan satwa liar hingga aktivitas berburu. Kini telah hadir banyak teropong malam yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Namun, manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda?Kami akan mengulas cara memilih teropong malam untuk berbagai kegiatan Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk teropong malam terbaik dari Bushnell, YUKON, PARD, dan PULSAR. Perhatikan spesifikasi dari masing-masing produk dan pilihlah yang paling sesuai!
    Lensa & aksesori
    3.277 Views
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
    2.471 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori