• 10 Saus Spageti Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Saus Spageti Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Saus Spageti Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Saus Spageti Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Saus Spageti Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Saus Spageti Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)

Spageti adalah salah satu jenis pasta yang banyak digemari di Indonesia. Menghidangkan spageti tentu tak lengkap tanpa kehadiran saus sebagai pasangannya. Di pasaran kini dijual beragam merek saus spageti yang bagus sehingga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.


Kami akan memberikan tips memilih saus spageti kemasan yang enak dan praktis. Ada pula ulasan sepuluh rekomendasi produk terbaik, seperti saus spageti Del Monte, La Fonte, dan Pronas. Plus, kami telah menyiapkan resep saus spageti rumahan sederhana untuk Anda coba. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Dionisius Denizar
  • Pembaharuan terakhir: 05 November 2021
Daftar isi

Profil pakar: Penggemar home cooking dan penikmat dunia kuliner, Dionisius Denizar

Profil pakar: Penggemar home cooking dan penikmat dunia kuliner, Dionisius Denizar
Dionisius Denizar
Penggemar home cooking dan penikmat dunia kuliner
Dionisius Denizar

Dalam karir profesionalnya, Dion berpengalaman di bidang strategy & planning baik korporat maupun proyek. Di luar karirnya, ia memiliki hobi travelling, memasak, dan mencoba masakan beserta bahan-bahannya.


Dion hobi memasak dan memiliki minat terhadap hal-hal yang berkaitan dengan masakan turun dari keluarganya sejak kecil. Ia memiliki minat terhadap kecap dan bumbu masakan Nusantara. Ia aktif mencari informasi tersebut hingga saat ini sejak mengemban studi S2 di Belanda pada 2017.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih saus spageti

Ada banyak sekali saus spageti yang ditawarkan di pasaran. Agar Anda dapat menemukan produk yang tepat, mari simak bersama poin-poin di bawah ini.

Kenali karakteristik tiap jenis saus

Spageti dapat disajikan dengan berbagai macam saus. Tiap-tiap saus spageti memiliki karakteristik dan rasa yang bervariasi. Karena itu, ada baiknya Anda mengenalnya dahulu agar lebih mudah menentukan saus spageti yang akan dipilih. Di bawah ini kami telah menyiapkan ulasan singkat mengenai empat macam saus yang populer di Indonesia.

Bolognese, saus asam gurih berbahan utama daging cincang

Bolognese, saus asam gurih berbahan utama daging cincang

Bolognese merupakan jenis saus spageti berwarna kemerahan yang terbuat dari daging cincang, tomat, bawang bombai, dan rempah-rempah. Karena itu, rasa yang dihasilkan sedikit masam dan gurih. Saus yang berasal dari kota Bologna, Italia, ini paling populer dan sering ditemukan di Indonesia.


Spageti bolognese makin enak disajikan dengan parutan atau taburan keju yang menambah cita rasa gurih. Selain untuk spageti, Anda juga bisa menggunakan saus ini dengan pasta lainnya.

Pesto, saus sehat dari daun basil segar

Pesto, saus sehat dari daun basil segar

Jika Anda pergi ke restoran Italia, jangan lewatkan hidangan pasta yang ditambahkan saus pesto. Saus berwarna kehijauan ini berasal dari Genoa, tempat basil terbaik tumbuh di Italia. 


Saus pesto terbuat dari daun basil segar, minyak zaitun, bawang putih, serta keju parmesan yang dihaluskan. Karena tidak diolah melalui proses pemasakan sama sekali, pesto disebut paling sehat di antara saus pasta lainnya.

Carbonara, saus creamy yang lembut di lidah

Carbonara, saus creamy yang lembut di lidah

Untuk membuat saus carbonara bertekstur lembut, bahan tradisional yang biasa digunakan adalah telur yang dikocok secara ringan. Pada resep aslinya, saus carbonara hanya menggunakan bahan baku kuning telur, keju, dan lada hitam. 


Namun, kini banyak orang yang memodifikasi saus carbonara agar lebih sesuai selera masing-masing, misalnya menambahkan bawang putih dan susu. Bagi Anda yang tidak dapat mengonsumsi produk babi, Anda bisa mengganti bacon dengan daging sapi asap. Saus carbonara akan memberi Anda rasa yang gurih dan creamy.

Mushroom, saus jamur dengan aroma khas

Mushroom, saus jamur dengan aroma khas

Berikutnya adalah saus jamur. Saus ini biasanya diolah dari jamur kancing atau champignon segar. Namun, banyak juga produk yang menggunakan jamur berjenis shitake dan shimeji


Rasa dari saus jamur cenderung gurih dan kaya dengan aroma khas menggugah selera. Untuk menambah kelezatan hidangan pasta, umumnya saus jamur disajikan dengan potongan jamur yang diiris tipis. 

Periksa komposisi saus spageti pilihan Anda

Periksa komposisi saus spageti pilihan Anda

Dalam memilih saus spageti, jangan lupa untuk memperhatikan komposisinya. Setiap produk saus tentu memiliki komposisi yang berbeda sehingga rasa dan kekentalannya bervariasi. 


Ada beberapa produk yang telah dilengkapi topping tambahan, ada pula yang tidak. Apabila Anda membeli saus spageti yang belum memiliki topping, Anda dapat memberi tambahan sendiri, misalnya daging atau jamur.


Anda juga dapat memeriksa apakah produk yang akan dipilih mengandung alergen tertentu. Selain itu, perhatikan juga komposisi zat aditifnya, seperti penguat rasa, pewarna buatan, serta pengawet. Kami sarankan Anda untuk memilih produk dengan kompisisi bahan segar dan alami yang lebih dominan dibandingkan zat aditifnya.

Pertimbangkan ukuran dan kemasannya

Pertimbangkan ukuran dan kemasannya

Ukuran dan kemasan produk juga perlu menjadi pertimbangan dalam memilih saus spageti. Akan lebih baik jika Anda membeli saus spageti dengan ukuran dan kemasan sesuai kebutuhan. 


Apabila Anda hanya sesekali atau baru ingin mencoba memasak spageti, pilihlah saus dalam kemasan kecil. Dengan begitu, saus akan lebih cepat habis dan Anda tidak perlu repot menyimpannya terlalu lama. Produk yang cocok untuk tipe pembeli seperti ini adalah saus dalam kemasan pouch berukuran kecil.


Namun, bila Anda sering membuat spageti atau hendak membuatnya dalam porsi banyak, pilihlah ukuran besar. Anda yang sudah menemukan merek saus favorit juga dapat mempertimbangkan saus berukuran besar. Saus dalam botol kaca yang dapat digunakan kembali akan lebih pas untuk Anda. Selain itu, produk berukuran besar biasanya lebih ekonomis.

Perhatikan saran penyajian dan penyimpanannya

Perhatikan saran penyajian dan penyimpanannya

Poin lain yang tidak kalah penting adalah melihat saran penyajian dan penyimpanan saus spageti. Beberapa saus perlu dimasak terlebih dahulu sebelum disajikan. Namun, ada pula yang cukup dicampurkan sedikit air atau bahkan bisa langsung dituang di atas spageti. 


Saus spageti memiliki ketahanan yang berbeda antara satu produk dengan produk lainnya. Ada produk yang dapat bertahan dalam hitungan hari, ada juga yang dapat tahan selama beberapa minggu. Meski demikian, biasanya Anda disarankan untuk segera menghabiskan saus setelah segel kemasannya dibuka. Hal tersebut dikarenakan rasa dan kesegaran saus spageti mungkin akan menurun setelah kemasannya dibuka.


Selain itu, mengecek saran penyimpanannya juga perlu diperhatikan. Umumnya, saus spageti dapat bertahan lebih lama bila disimpan dalam keadaan rapat di lemari pendingin. 

10 Rekomendasi saus spageti terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk saus spageti terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dionisius Denizar.

10
Jenis sausBolognese sapi
Komposisi utamaPasta tomat, perisa sapi, rempah-rempah
KemasanPouch, botol kaca
Isi250 gram (pouch), 330 gram (botol kaca)
9

BogasariLa Fonte Bolognese Pasta Sauce

Mulai dari Rp 16.300,00

Jenis sausBolognese sapi, bolognese ayam
Komposisi utamaTomat, kaldu sapi atau kaldu ayam, rempah-rempah
KemasanPouch
Isi290 gram (chicken), 315 gram (beef)
8
Jenis sausCarbonara
Komposisi utamaKeju, buttermilk, krimer, telur, roux
KemasanTube plastik
Isi750 gram
7
Jenis sausMushroom
Komposisi utamaJamur, rempah-rempah, susu
KemasanBotol plastik
Isi500 gram
6
Jenis sausMushroom
Komposisi utamaJamur, buttermilk, telur
KemasanBotol kaca
Isi490 gram
5

Leggo'sPasta Sauce Carbonara with Fresh Cream, Onion & Cheese

Mulai dari Rp 60.000,00

Jenis sausCarbonara
Komposisi utamaFresh cream, bawang putih, keju, susu
KemasanBotol kaca
Isi490 gram
4
Jenis sausPesto
Komposisi utamaBasil, Grana Padano cheese, cashews, Pecorino Romano cheese, pine nuts, Filippo Berio extra virgin olive oil
KemasanBotol kaca
Isi190 gram
3
Jenis sausPesto
Komposisi utamaItalian basil, parmigiano reggiano PDO, extra virgin oil
KemasanBotol kaca
Isi190 gram
2
Jenis sausBolognese
Komposisi utamaTomat, jamur
KemasanBotol kaca
Isi500 gram
1
Jenis sausBolognese
Komposisi utamaPasta tomat, daging sapi atau ayam, rempah-rempah, soy protein
KemasanPouch
Isi175 gram, 350 gram

Tabel perbandingan produk saus spageti terbaik

Gambar produk
1
Pronas Saus Spaghetti Bolognais 1

Pronas

2
San Remo Pasta Sauce Bolognese and Mushroom 1

San Remo

3
Barilla Pesto Alla Genovese 1

Barilla

4
Filippo Berio Classic Pesto 1

Filippo Berio

5
Leggo's Pasta Sauce Carbonara with Fresh Cream, Onion & Cheese 1

Leggo's

6
Dolmio  Creamy Mushroom Pasta Sauce 1

Dolmio

7
Little Maria Mushroom Sauce 1

Little Maria

8
Unilever Food Solutions Knorr Carbonara Sauce 1

Unilever Food Solutions

9
Bogasari La Fonte Bolognese Pasta Sauce 1

Bogasari

10
Del Monte Spaghetti Sauce 1

Del Monte

Nama produk

Saus Spaghetti Bolognais

Pasta Sauce Bolognese and Mushroom

Pesto Alla Genovese

Classic Pesto

Pasta Sauce Carbonara with Fresh Cream, Onion & Cheese

Creamy Mushroom Pasta Sauce

Mushroom Sauce

Knorr Carbonara Sauce

La Fonte Bolognese Pasta Sauce

Spaghetti Sauce

Keunggulan

Lebih praktis karena sudah dilengkapi potongan daging

Kombinasi tomat dan jamur ala resep homemade, yummy!

Hasilkan sajian lezat ala Italia tanpa ribet

Rasa pesto klasik berdasarkan resep tradisional Genovese

Lebih sehat tanpa zat aditif berlebihan

Hadirkan nuansa Australia dalam hidangan Anda

Multipurpose sauce tanpa bahan pengawet

Cara mudah untuk memasak pasta dalam porsi besar

Teksturnya yang ringan tidak membuat enek

Tersedia dalam kemasan pouch dan botol kaca

Harga mulai dariRp 18.260,00Rp 45.000,00Rp 75.000,00Rp 52.700,00Rp 60.000,00Rp 52.790,00Rp 62.100,00Rp 224.400,00Rp 16.300,00Rp 10.100,00
Jenis sausBologneseBolognesePestoPestoCarbonaraMushroomMushroomCarbonaraBolognese sapi, bolognese ayamBolognese sapi
Komposisi utamaPasta tomat, daging sapi atau ayam, rempah-rempah, soy proteinTomat, jamurItalian basil, parmigiano reggiano PDO, extra virgin oilBasil, Grana Padano cheese, cashews, Pecorino Romano cheese, pine nuts, Filippo Berio extra virgin olive oilFresh cream, bawang putih, keju, susuJamur, buttermilk, telurJamur, rempah-rempah, susuKeju, buttermilk, krimer, telur, rouxTomat, kaldu sapi atau kaldu ayam, rempah-rempahPasta tomat, perisa sapi, rempah-rempah
KemasanPouchBotol kacaBotol kacaBotol kacaBotol kacaBotol kacaBotol plastikTube plastikPouchPouch, botol kaca
Isi175 gram, 350 gram500 gram190 gram190 gram490 gram490 gram500 gram750 gram290 gram (chicken), 315 gram (beef)250 gram (pouch), 330 gram (botol kaca)
Tautan produk

Ingin membuat saus spageti sendiri? Cobalah resep saus spageti rumahan ini!

Ingin membuat saus spageti sendiri? Cobalah resep saus spageti rumahan ini!

Anda juga bisa membuat sendiri saus spageti di rumah, loh! Untuk memudahkan Anda, kami telah menyiapkan resepnya sebagai panduan. Kami memilih resep saus bolognese karena termasuk varian saus spageti yang paling populer dan banyak disukai di Indonesia. 


Pertama-tama, siapkanlah bahan-bahan berikut ini.

  • 10 buah tomat segar
  • 200 gram daging sapi atau ayam cincang
  • 1 siung bawang bombai yang telah dicincang
  • 3 siung bawang putih yang telah dicincang
  • 5 buah cabai merah (opsional)
  • 3 buah cabai rawit (opsional)
  • 1 sendok teh oregano
  • 1 sendok teh tepung maizena
  • Minyak zaitun atau margarin secukupnya
  • Gula dan merica bubuk secukupnya
  • Garam atau kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:

  1. Kukus tomat hingga empuk dan matang, lalu kupas kulitnya. Haluskan tomat dengan bantuan blender sampai menyerupai bubur.
  2. Panaskan minyak zaitun atau margarin untuk menumis bawang bombai hingga layu. Selanjutnya, masukkan bawang putih, tumis hingga harum.
  3. Masukkan daging dan masak hingga berubah warna. Tambahkan garam, gula, merica, dan oregano sambil diaduk rata. Jika Anda ingin saus bolognese versi pedas, tambahkan cabai atau bubuk cabai sesuai selera. 
  4. Setelah itu, masukkan tomat halus dan masak sampai saus menyusut dan tercampur rata. Tuanglah maizena yang telah dilarutkan dengan air agar saus mengental.
  5. Koreksi rasa sampai menghasilkan saus yang pas di lidah Anda. 
  6. Sajikan bersama spageti yang sudah direbus. 

Pertanyaan umum seputar saus spageti

Pertanyaan umum seputar saus spageti

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar saus spageti. Jika Anda masih penasaran dengan saus spageti, simak jawabannya di bawah ini!

Bagaimana tips membuat saus spageti bagi pencinta keju?

Untuk membuat saus spageti atau pasta berbasis keju, sebaiknya gunakan keju parmesan yang memiliki rasa gurih alami dari pemrosesannya. Namun, jika ingin rasa yang lebih otentik, seperti carbonara yang asli, sebaiknya gunakan keju Pecorino Romano. Keju Pecorino Romano adalah keju yang dibuat dari susu domba.

Baca juga rekomendasi produk saus lainnya di sini

Jika Anda tipe orang yang gemar berkreasi di dapur, kami punya artikel saus selain saus spageti. Anda bisa menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk terbaiknya. Mulai dari saus asam manis, saus tomat, hingga saus barbeque, semuanya ada. Untuk info lebih lengkapnya, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Selesai sudah artikel saus spageti dari kami. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda menentukan saus spageti terbaik. Anda bisa memilih saus spageti bolognese, pesto, carbonara, hingga mushroom. Selain produk yang kami sebutkan di atas, masih banyak opsi yang dapat Anda eksplorasi.


Sebelum membeli produk, ada baiknya Anda telah mempertimbangkan karakteristik saus, komposisi, ukuran, kemasan, serta saran penyajiannya. Selamat memilih dan menikmatinya bersama orang terkasih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar bolu, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, salted butter dan unsalted butter.Kali ini kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Simak terus artikel ini dan temukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?   Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik yang dijual di pasaran. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Produk seperti kaldu non MSG Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Produk Kokita Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Kokita Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan, banyak produsen yang membuat beraneka bumbu dapur instan dalam kemasan. Bumbu instan membuat aktivitas memasak makin cepat, mudah, dan praktis. Keberadaan bumbu dapur juga sangat membantu Anda yang tidak begitu pandai memasak. Salah satu produsen bumbu kemasan yang paling lengkap adalah Kokita.Anda bisa menemukan banyak produk Kokita, mulai dari bumbu inti, saus, hingga bumbu tradisional. Oleh karena itu, kami akan berikan beberapa tips memilih produk Kokita yang bagus beserta rekomendasi produk terbaik yang Kokita miliki. Jadi, silakan disimak dan bersiaplah memasak dengan lebih mengasyikkan!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori