• 10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Minyak bidara adalah minyak dari ekstrak daun bidara yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta kecantikan. Bahkan, minyak bidara juga dipercaya dapat mengatasi gangguan nonmedis. Karena khasiatnya yang lengkap, minyak bidara sering dipakai sebagai minyak untuk bayi, ibu hamil, sarana ruqyah, dan perawatan rambut.


Cara penggunaan minyak bidara cukup beragam. Ada yang digunakan dengan cara dioleskan, diminum, hingga ditaburkan ke dalam air. Di artikel ini kami akan membagikan rekomendasi minyak bidara yang bagus dari berbagai merek seperti Sidra99, Al-Khodry, dan Zeeida. Sebelumnya, yuk, ketahui dahulu apa khasiat minyak bidara berikut ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 25 Oktober 2022
Daftar isi

Manfaat minyak bidara

Manfaat minyak bidara

Daun bidara berasal dari pohon bidara atau widara (Ziziphus mauritiana). Daunnya berbentuk bulat panjang, memiliki buah yang disebut jujube, dan banyak tumbuh di daerah yang kering.


Menurut penelitian, daun bidara mengandung senyawa-senyawa yang bersifat antimikroba, anti-inflamasi, antioksidan, hipoglikemik, dan imunomodulator. Karena itu, daun bidara memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan.


Berikut ini beberapa manfaat daun bidara:

  • Menurunkan kolesterol
  • Mengontrol gula darah
  • Melancarkan pencernaan
  • Menurunkan demam
  • Mengatasi jerawat dan bisul
  • Menyehatkan dan menguatkan rambut
  • Mencegah kulit kering

Sementara itu, dari sisi nonmedis, minyak bidara dipercaya dapat digunakan untuk rukiah atau mengusir roh jahat dari tubuh.

Cara memilih minyak bidara

Selanjutnya, bagaimana cara mendapat minyak bidara yang tepat? Kami telah mengulas beberapa tips praktisnya berikut ini.

Kenali berbagai kegunaan produknya

Minyak bidara dapat digunakan oleh bayi, ibu hamil, serta orang dewasa dengan manfaat yang berbeda-beda. Karena itu, pertama-tama tentukan minyak bidara berdasarkan pengguna dan kegunaannya.

Minyak bidara untuk bayi: Dapat menghangatkan dan melindungi tubuh

Minyak bidara untuk bayi: Dapat menghangatkan dan melindungi tubuh

Minyak bidara bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi, mengatasi masuk angin, dan perut kembung. Anda juga akan menemukan produk minyak telon bidara berupa perpaduan minyak telon dan minyak bidara. Ketika dioleskan ke tubuh bayi, minyak tidak hanya terasa hangat, tetapi wanginya juga harum dan segar.

Minyak bidara untuk ibu hamil: Dapat meningkatkan perkembangan janin

Minyak bidara untuk ibu hamil: Dapat meningkatkan perkembangan janin

Sejak zaman dahulu daun bidara sering digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Kandungan vitamin E, vitamin C, zat besi, protein, kalsium, dan kalium di dalamnya baik untuk pembentukan jaringan tubuh janin. 


Selain itu, daun bidara juga mampu menguatkan kandungan, mencegah anemia, dan mencerdaskan otak bayi. Supaya lebih praktis, Anda bisa mencari minyak bidara untuk dioleskan atau dikonsumsi.

Minyak bidara untuk kecantikan: Dapat mengatasi jerawat dan melembapkan kulit

Minyak bidara untuk kecantikan: Dapat mengatasi jerawat dan melembapkan kulit

Bila Anda mencari produk skincare alami, minyak bidara adalah salah satu pilihannya. Dahulu, orang-orang menggunakan daun bidara yang dihaluskan atau rebusan daun bidara untuk mengatasi jerawat dan bekas luka. 


Sekarang, Anda bisa mendapatkan khasiat bidara dengan menggunakan minyak bidara yang jauh lebih praktis dan manfaatnya sama. Selain untuk jerawat, minyak bidara juga bisa melembapkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Pilih berdasarkan bentuknya

Saat mencari minyak bidara di pasaran, Anda tidak hanya akan menemukan bentuk cairnya saja. Ternyata, ada juga minyak bidara dalam bentuk kapsul dan bubuk.

Cair, bisa dioleskan di bagian tubuh tertentu

Cair, bisa dioleskan di bagian tubuh tertentu

Minyak bidara yang paling banyak beredar di pasaran adalah bentuk cair. Dengan bentuk cair ini, Anda bisa menggunakannya sebagai minyak urut, aromaterapi, atau bahkan minyak angin. Aroma minyak bidara yang khas juga bisa menenangkan tubuh serta pikiran. 

Kapsul, praktis bisa langsung diminum

Kapsul, praktis bisa langsung diminum

Selain bentuk cair, beberapa produsen ada yang membuat minyak bidara dalam bentuk kapsul. Dengan bentuknya yang kapsul, Anda jadi bisa meminumnya langsung untuk memberi kesehatan tubuh. Bentuk kapsul memang lebih praktis dan antitumpah, tetapi kebanyakan hanya orang dewasa saja yang bisa meminumnya.

Serbuk, bisa untuk berendam hingga masker

Serbuk, bisa untuk berendam hingga masker

Tidak hanya cair dan kapsul, ada pula minyak bidara yang hadir dalam bentuk serbuk. Minyak bidara serbuk ini relatif lebih fleksibel penggunaannya. Anda bisa melarutkannya dalam air, lalu meminumnya. Anda juga bisa menaburkannya ke bak mandi, lalu dipakai untuk mandi atau melarutkannya dengan sedikit air untuk masker.

Pastikan bahan komposisi dan perizinan edarnya

Pastikan bahan komposisi dan perizinan edarnya

Karena khasiat minyak bidara yang begitu melimpah, Anda bisa saja menemukan produk yang isinya tidak mengandung daun bidara asli. Jadi, ada baiknya Anda memastikan keaslian bahan bakunya. Bacalah keterangan di kemasan produk dan carilah produk yang mencantumkan keterangan 100% daun bidara. Jika bahan bakunya asli, manfaat yang didapat tentu lebih optimal.


Selain itu, pastikan produk sudah memiliki izin edar dari lembaga yang berwenang, seperti P-IRT dan BPOM. P-IRT merupakan singkatan dari Pangan Industri Rumah Tangga. Sertifikasi P-IRT dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan di kota atau kabupaten setempat untuk industri pangan skala kecil dan menengah


Sementara itu, sertifikasi dari BPOM atau Badan Pengawasan Obat dan Makanan umumnya diberikan pada industri pangan skala besar. Anda dapat memeriksa nomor izin edar BPOM di situs cek BPOM. Namun, P-IRT sendiri belum dapat dicek secara online. Sebagai gantinya, Anda dapat mengecek keberadaan nomor P-IRT pada kemasan atau informasi seller produk yang bersangkutan.

Pertimbangkan minyak bidara ruqyah untuk khasiat yang lebih lengkap

Pertimbangkan minyak bidara ruqyah untuk khasiat yang lebih lengkap

Salah satu minyak bidara yang banyak dicari di Indonesia adalah minyak bidara rukiah. Minyak ini dipercaya tidak hanya untuk mengatasi masalah medis saja, tetapi juga nonmedis, seperti mengatasi gangguan jin. Di dalam minyak bidara rukiah biasanya sudah dibacakan ayat-ayat dalam Alquran yang dipercaya bisa menambah khasiat serta keampuhannya.

10 Rekomendasi minyak bidara terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk minyak bidara terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 25 Oktober 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Milon Sereh Zeeida masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Sidr Care Rehab Hati Aromaterapi muncul sebagai produk terlaris kedua. 

Gambar produk
1
Brigit Biofarmaka Teknologi Milon Sereh Zeeida 1

Brigit Biofarmaka Teknologi

2
Equator Aromaterapi Sidr Care Rehab Hati Aromaterapi 1

Equator Aromaterapi

3
Herbal 21 Minyak Daun Bidara 1

Herbal 21

4
Al-Mumtaz Minyak Daun Bidara Care 1

Al-Mumtaz

5
 Budhi Nersalindo Bidaraners 1

Budhi Nersalindo

6
Jatim Herbal Perkasa Sidra 99 1

Jatim Herbal Perkasa

7
Herbaruqyah Serbuk Bidara 1

Herbaruqyah

8
Al-Barokah Herbal Minyak Telon Bidara Uwais 1

Al-Barokah Herbal

9
Al-Khodry Minyak Daun Bidara 1

Al-Khodry

10
Herbal Indo Utama Daun Bidara 1

Herbal Indo Utama

Nama produk

Milon Sereh Zeeida

Sidr Care Rehab Hati Aromaterapi

Minyak Daun Bidara

Minyak Daun Bidara Care

Bidaraners

Sidra 99

Serbuk Bidara

Minyak Telon Bidara Uwais

Minyak Daun Bidara

Daun Bidara

Keunggulan

Minyak andalan untuk memijat badan si kecil

Kemasan roll on-nya praktis untuk dibawa bepergian

Atasi penyakit akibat bakteri dan virus dengan bahan herbal alami

Bisa diminum ataupun dijadikan obat luar, praktis!

Jaga kesehatan ibu dan anak dengan satu produk

Rawat kulit dari dalam di tengah sibuknya aktivitas

Mampu membasi jerawat hingga bekasnya

Usir nyamuk, tidur jadi lebih nyenyak!

Paling ideal untuk terapi rukiah

Stress reda, kualitas tidur pun membaik

Harga mulai dariRp 25.000,00Rp 30.000,00Rp 17.000,00Rp 20.000,00Rp 34.000,00Rp 24.950,00Rp 20.000,00Rp 30.000,00Rp 30.000,00Rp 60.000,00
Anjuran pemakaianDiaplikasikan ke seluruh tubuhDiaplikasikan ke seluruh tubuhDiaplikasikan ke kulit yang bermasalah, dikonsumsiDiaplikasikan ke kulit yang bermasalah, dikonsumsiDiaplikasikan ke seluruh tubuhDikonsumsiDiaplikasikan ke wajah, dikonsumsiDiaplikasikan ke seluruh tubuhDiaplikasikan ke seluruh tubuh, dikonsumsiDikonsumsi
KegunaanSarana rukiah, sarana memijat, mengatasi kembung dan gejala flu, mengatasi insomnia, melindungi kulit dari gigitan nyamuk, dan lain-lainMeredakan gejala flu, mengatasi pusing dan mual, mencegah mabuk di perjalanan, mengobati perut kembung, dan lain-lainMengobati penyakit akibat bakteri dan virus, seperti flu, pilek, dan lain-lainSarana rukiah, mengobati luka, memperkuat rambut, mengatasi bibir pecah-pecah, dan lain-lainMeredakan rewel pada anak, mengurangi stres dan kecemasan, melindungi kulit dari gigitan nyamukSarana rukiah, mengobati jerawat, meremajakan kulitMengobati jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi insomnia, melancarkan haid, menyehatkan tubuh, dan lain-lainSarana terapi ain, sarana memijat, melindungi bayi dari gigitan nyamukSarana terapi rukiah, suplemen harianMeredakan stres, menenangkan pikiran, meningkatkan kualitas tidur, meredakan demam
BentukCairCairCairCairCairKapsulBubukCairCairKapsul
Isi30 ml, 60 ml, 100 ml8 ml30 ml30 ml, 1000 ml60 ml50 kapsul80 g60 ml, 100 ml30 ml60 kapsul
Izin edarBPOM (NA18210107981)BPOM (QD203617931)P-IRT (2093205010506-20)P-IRT (2133313011056-26)BPOM (TR226027921)BPOM (TR193325941)P-IRT (2133217090698-22)BPOM (TR226037661)BPOM (NA18220104324)BPOM (TR173300991)
KomposisiMinyak telon, minyak zaitun, minyak bidara, minyak seraiMinyak putih, minyak esensial aromaterapi, daun poko, minyak jeruk, minyak kayu putih, pohon kamper, minyak daun bidaraMinyak daun bidaraMinyak daun bidaraDaun bidara, habatussaudaMinyak daun bidaraDaun bidara ArabMinyak telon, minyak zaitun, minyak bidara, minyak lavender, dan lain-lainEkstrak daun bidaraDaun bidara
Tautan produk
10
Anjuran pemakaianDikonsumsi
KegunaanMeredakan stres, menenangkan pikiran, meningkatkan kualitas tidur, meredakan demam
BentukKapsul
Isi60 kapsul
Izin edarBPOM (TR173300991)
KomposisiDaun bidara
9
Anjuran pemakaianDiaplikasikan ke seluruh tubuh, dikonsumsi
KegunaanSarana terapi rukiah, suplemen harian
BentukCair
Isi30 ml
Izin edarBPOM (NA18220104324)
KomposisiEkstrak daun bidara
8

Al-Barokah HerbalMinyak Telon Bidara Uwais

Mulai dari Rp 30.000,00

Anjuran pemakaianDiaplikasikan ke seluruh tubuh
KegunaanSarana terapi ain, sarana memijat, melindungi bayi dari gigitan nyamuk
BentukCair
Isi60 ml, 100 ml
Izin edarBPOM (TR226037661)
KomposisiMinyak telon, minyak zaitun, minyak bidara, minyak lavender, dan lain-lain
7
Anjuran pemakaianDiaplikasikan ke wajah, dikonsumsi
KegunaanMengobati jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi insomnia, melancarkan haid, menyehatkan tubuh, dan lain-lain
BentukBubuk
Isi80 g
Izin edarP-IRT (2133217090698-22)
KomposisiDaun bidara Arab
6
Anjuran pemakaianDikonsumsi
KegunaanSarana rukiah, mengobati jerawat, meremajakan kulit
BentukKapsul
Isi50 kapsul
Izin edarBPOM (TR193325941)
KomposisiMinyak daun bidara
5
Anjuran pemakaianDiaplikasikan ke seluruh tubuh
KegunaanMeredakan rewel pada anak, mengurangi stres dan kecemasan, melindungi kulit dari gigitan nyamuk
BentukCair
Isi60 ml
Izin edarBPOM (TR226027921)
KomposisiDaun bidara, habatussauda
4
Anjuran pemakaianDiaplikasikan ke kulit yang bermasalah, dikonsumsi
KegunaanSarana rukiah, mengobati luka, memperkuat rambut, mengatasi bibir pecah-pecah, dan lain-lain
BentukCair
Isi30 ml, 1000 ml
Izin edarP-IRT (2133313011056-26)
KomposisiMinyak daun bidara
3
Anjuran pemakaianDiaplikasikan ke kulit yang bermasalah, dikonsumsi
KegunaanMengobati penyakit akibat bakteri dan virus, seperti flu, pilek, dan lain-lain
BentukCair
Isi30 ml
Izin edarP-IRT (2093205010506-20)
KomposisiMinyak daun bidara
2

Equator AromaterapiSidr Care Rehab Hati Aromaterapi

Mulai dari Rp 30.000,00

Anjuran pemakaianDiaplikasikan ke seluruh tubuh
KegunaanMeredakan gejala flu, mengatasi pusing dan mual, mencegah mabuk di perjalanan, mengobati perut kembung, dan lain-lain
BentukCair
Isi8 ml
Izin edarBPOM (QD203617931)
KomposisiMinyak putih, minyak esensial aromaterapi, daun poko, minyak jeruk, minyak kayu putih, pohon kamper, minyak daun bidara
1

Brigit Biofarmaka TeknologiMilon Sereh Zeeida

Mulai dari Rp 25.000,00

Anjuran pemakaianDiaplikasikan ke seluruh tubuh
KegunaanSarana rukiah, sarana memijat, mengatasi kembung dan gejala flu, mengatasi insomnia, melindungi kulit dari gigitan nyamuk, dan lain-lain
BentukCair
Isi30 ml, 60 ml, 100 ml
Izin edarBPOM (NA18210107981)
KomposisiMinyak telon, minyak zaitun, minyak bidara, minyak serai

Baca juga rekomendasi minyak untuk kesehatan lainnya di sini

Selain minyak bidara, ada beberapa jenis minyak lain yang bermanfaat pula untuk kesehatan tubuh. Anda akan menemukan minyak serai, minyak kayu putih, dan minyak telon. Bacalah ulasan kami di bawah ini dan temukan minyak terbaik untuk kesehatan tubuh Anda.

Kesimpulan

Tidak ada salahnya menyimpan minyak bidara di kotak obat supaya Anda bisa menggunakannya sewaktu-waktu. Nah, semoga ulasan kami ini bermanfaat dan Anda mendapatkan minyak bidara terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.


Sebelum membeli, sebaiknya Anda mengecek sertifikasi keamanan produk demi kenyamanan dalam pemakaian. Selain itu, ada baiknya juga untuk menanyakan tanggal kedaluwarsa pada penjual. Semoga Anda selalu sehat bersama minyak bidara!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Minyak Kemiri Terbaik untuk Rambut  - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Kemiri Terbaik untuk Rambut - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Salin digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata kemiri bisa diolah menjadi minyak. Minyak kemiri menyimpan banyak manfaat, salah satunya untuk menutrisi rambut. Anda bisa membuat minyak kemiri sendiri dengan cara menyangrai, merebus, atau memanggang biji kemiri hingga minyaknya keluar.  Namun, bila ingin praktis Anda bisa membeli minyak kemiri berkualitas tinggi yang tersedia di pasaran. Kami akan membagikan tips memilih serta merekomendasikan merek-merek minyak kemiri asli seperti Cantiqa, Cussons, dan KUKUi. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Silakan disimak dan dapatkan minyak kemiri yang bagus!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pada zaman modern yang supersibuk ini banyak orang mencari ketenangan pikiran dan mental dengan memakai essential oil. Essential oil adalah konsentrat minyak dengan berbagai aroma yang diekstrak dari tanaman. Salah satu merek essential oil yang merajai pasar di Indonesia adalah Young Living.Apakah Anda sudah pernah memakai essential oil Young Living? Jika belum, kali ini kami akan merekomendasikan beberapa produk essential oil yang bagus dari Young Living. Berbagai varian aroma, seperti lavender, lemon, atau peppermint, bisa Anda dapatkan. Mari cari tahu best essential oil Young Living untuk Anda!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Kayu Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Kayu Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak kayu putih adalah ramuan khas yang hampir selalu dimiliki oleh banyak orang Indonesia. Minyak ini dibuat melalui proses penyulingan daun dan ranting kayu putih yang berkhasiat memberikan kehangatan bagi tubuh. Tidaklah heran jika minyak kayu putih bisa dipakai oleh anak-anak hingga orang dewasa.Saat ini minyak kayu putih dikemas dalam berbagai macam bentuk dan merek, seperti Balpirik, Cap Lang, serta Fresh Care. Apakah Anda sedang mencari minyak kayu putih yang bagus? Ini dia artikel yang tepat untuk Anda. Bacalah sampai selesai dan temukan produk pilihan Anda.
    Essential oil
  • 10 Tea Tree Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tea Tree Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Tea tree oil merupakan olahan daun teh (Melaleuca) yang diproses dengan cara diembunkan hingga menghasilkan minyak. Tea tree oil dikenal memiliki banyak kelebihan seperti untuk menyembuhkan jerawat, mengobati bekas luka, sebagai aromaterapi, dan body care.Selain manfaat tersebut, wangi dari tea tree oil juga dapat memberi efek relaksasi bagi penggunanya. Nah, kami akan menjelaskan cara memilih beserta merekomendasikan merek tea tree oil yang bagus seperti The Body Shop dan Moriganic. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
    Essential oil
  • 9 Minyak Aromaterapi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    9 Minyak Aromaterapi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Menghilangkan lelah, mengurangi stres, dan membuat tidur lebih nyenyak merupakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan aromatherapy oil. Tidak jarang, minyak aromaterapi hadir dalam bentuk essential oil sehingga bisa digunakan secara atopik maupun diuapkan dengan diffuser.Selain Young Living, merek lokal seperti NU Aroma dan Bali Ratih pun mengeluarkan produk dengan wangi aromaterapi terbaik. Ada aromaterapi lavender, minyak kayu putih, dan lainnya. Agar lebih praktis, kami akan menyajikan cara memilih dan rekomendasi produk aromaterapi yang bagus untuk Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina.
    Essential oil
  • 10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Rosehip oil adalah salah satu bahan alami yang saat ini banyak digunakan dalam produk skincare. Rosehip oil tidak hanya digunakan untuk merawat kulit wajah, tetapi juga untuk menutrisi rambut dan kulit kepala. Kali ini kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih minyak rosehip.Kami juga akan memberikan rekomendasi produk rosehip oil terbaik dan tips cara mengaplikasikanya. Anda dapat menemukan rosehip oil yang bagus dengan harga bervariasi, seperti dari merek Trilogy, The Ordinary, Everpure, Essano, dan Sukin. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
    Essential oil
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori