• 10 Serum Wajah Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Serum Wajah Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Serum adalah salah satu skincare wajah yang mengandung bahan aktif, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Tak hanya wanita, serum wajah juga diperlukan oleh laki-laki. Fungsi serum wajah pria adalah melembapkan wajah, membantu mencerahkan, merawat kulit berjerawat, hingga anti-aging.


Banyaknya pilihan produk mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Untuk itu, kami telah menyiapkan tips memilih serum wajah pria terbaik untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan merek serum wajah pria yang bagus, seperti Garnier, NIVEA, dan Elvicto. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Nisa Destiana
  • Pembaharuan terakhir: 28 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum wajah untuk pria

Sebelum masuk ke rekomendasi serum wajah pria terbaik, kami akan mengulas tips memilihnya terlebih dahulu. Simak tiga poin penting yang telah kami rangkum untuk Anda dan temukanlah serum yang sesuai dengan kebutuhan.

Sesuaikan serum dengan jenis kulit wajah Anda

Sesuaikan serum dengan jenis kulit wajah Anda

Setiap orang memiliki jenis kulit yang beragam, mulai dari kulit normal, kering, berminyak, sensitif, hingga kombinasi. Untuk masing-masing jenis kulit tersebut, dibutuhkan serum yang berbeda-beda pula. Misalnya, jenis kulit normal memiliki kadar air dan minyak yang seimbang sehingga tidak terlalu kering ataupun berminyak. Tipe kulit normal tidak mudah iritasi dan cocok dengan hampir semua jenis serum.


Lalu, jenis kulit kering memiliki tekstur yang cenderung kasar, bersisik, dan pecah-pecah. Kulit kering juga memiliki warna kulit yang terlihat kusam, kurang elastis, dan garis-garisnya terlihat jelas. Untuk jenis kulit kering, pilihlah serum bertekstur milky atau creamy yang kaya pelembap dan mampu menghidrasi kulit dengan baik. Serum jenis ini akan menjaga kelembapan kulit Anda lebih lama sekaligus mencegah tanda-tanda penuaan.


Berbanding terbalik dengan kulit kering, kulit berminyak memiliki produksi sebum yang berlebih. Jenis kulit ini biasanya memiliki pori-pori yang besar dan mudah berjerawat. Adapun serum yang cocok untuk kulit berminyak adalah serum yang bertekstur cair, mudah meresap, dan memberi sensasi menyegarkan. Dengan begitu, wajah Anda tidak akan terasa lengket dan berminyak setelah memakai serum.


Selanjutnya, kulit sensitif adalah jenis kulit yang sangat mudah mengalami iritasi, seperti kemerahan, gatal-gatal, dan perih. Untuk jenis kulit sensitif, pilihlah serum yang memakai bahan-bahan alami dan bersifat hypoallergenic.


Terakhir, kulit kombinasi merupakan perpaduan dari beberapa jenis kulit, misalnya kering di pipi dan berminyak di T-zone. Jika Anda memiliki kulit kombinasi, pilihlah serum bertekstur gel yang tidak terlalu berminyak, tetapi cepat meresap.

Periksa manfaat dan kandungan bahan aktifnya

Setelah mengetahui jenis kulit wajah Anda, kini saatnya memeriksa kandungan bahan aktif yang Anda butuhkan dari serum. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Glycerin, allantoin, vitamin E, dan beberapa jenis asam: Bermanfaat melembapkan kulit

Glycerin, allantoin, vitamin E, dan beberapa jenis asam: Bermanfaat melembapkan kulit

Salah satu fungsi utama dari serum adalah untuk melembapkan wajah. Terutama untuk Anda yang memiliki kulit kering, memilih serum yang mengandung pelembap adalah sebuah keharusan. Selain melembapkan, kandungan pelembap dalam serum juga berperan sebagai anti-aging, antioksidan, anti-inflamasi, dan membuat wajah terasa kenyal. Berikut adalah beberapa contoh bahan aktif yang berperan sebagai pelembap.


  • Pentylene glycol
  • Glycerin
  • Allantoin
  • Butylene glycol
  • Lecithin
  • Carboxylic acid
  • Linoleic acid
  • Hyaluronic acid
  • Betaine
  • Vitamin E dan turunannya

Niacinamide, citric acid, betaine, dan alpha arbutin: Untuk mencerahkan kulit dan mengobati jerawat

Niacinamide, citric acid, betaine, dan alpha arbutin: Untuk mencerahkan kulit dan mengobati jerawat

Wajah Anda kusam dan kurang percaya diri? Serum wajah pria yang mengandung niacinamide, citric acid, betaine, kojic acid, dan alpha arbutin adalah solusinya. Niacinamide merupakan bahan aktif yang populer akhir-akhir ini. Turunan vitamin B3 ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit.


Beberapa manfaat dari niacinamide adalah melembapkan, mengobati jerawat dan menyamarkan bekas jerawat, anti-inflamasi, menekan produksi minyak, serta menyamarkan kerutan. Sementara itu, citric acid dipercaya efektif untuk mencerahkan kulit, mengurangi noda hitam, dan mengatasi garis-garis halus. 


Di sisi lain, betaine sering digunakan untuk mencegah penuaan dini serta menyamarkan bekas jerawat dan bopeng. Serupa dengan beberapa bahan aktif sebelumnya, kojic acid dan alpha arbutin juga mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah Anda. Zat ini juga berperan untuk mengatasi hiperpigmentasi dan mengurangi flek hitam.

Salicylic, mandelic, dan glycolic acid: Untuk mengatasi produksi minyak berlebih

Salicylic, mandelic, dan glycolic acid: Untuk mengatasi produksi minyak berlebih

Salicylic acid adalah turunan beta hydroxy acid (BHA) yang cocok untuk mengatasi kulit berminyak. Meski begitu, bahan aktif ini sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit kering dan sensitif. Pasalnya, salicylic acid berpotensi membuat kulit menjadi makin kering dan memicu timbulnya iritasi.


Sementara itu, mandelic acid dan glycolic acid berperan sebagai exfoliator yang akan membuat wajah tampak halus, cerah, dan menekan produksi minyak. Bagi para pria yang memiliki keluhan kulit berminyak, pilihlah serum wajah yang mengandung kedua bahan ini.

Antioksidan: Baik untuk mengatasi kerusakan kulit akibat sinar matahari dan polusi

Antioksidan: Baik untuk mengatasi kerusakan kulit akibat sinar matahari dan polusi

Aktivitas pria yang padat membuat kulit pria sering terpapar sinar UV dan polusi. Sinar matahari dan polusi menyebabkan kerusakan pada kulit dan menghasilkan radikal bebas penyebab tanda penuaan. Untuk itu, para pria membutuhkan skincare yang kaya akan antioksidan.


Anda akan membutuhkan skincare dengan kandungan antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, resveratrol, dan green tea. Penggunaan bahan antioksidan akan menetralkan radikal bebas di kulit, dan mendukung perbaikan serta regenerasi kulit

Pahami jika serum wajah untuk pria tidak harus produk khusus pria

Pahami jika serum wajah untuk pria tidak harus produk khusus pria

Kulit wajah pria dan wanita memang memiliki beberapa perbedaan. Misalnya, kulit wajah pria cenderung lebih tebal dibanding kulit wanita. Selain itu, kulit pria juga memiliki pori-pori yang relatif besar, lebih mudah berminyak, dan bertekstur kasar. Oleh karena itu, memilih serum wajah khusus pria lebih direkomendasikan. Meski begitu, Anda tidak perlu berpaku pada serum khusus pria saja.


Daripada berfokus pada serum khusus pria atau wanita, memilih yang sesuai dengan keluhan Anda jauh lebih diutamakan. Tidak sedikit produk perawatan wanita yang juga baik untuk dipakai oleh para pria. Untuk itu, Anda bisa memilih serum wajah dari brand skincare wanita selagi produk tersebut cocok untuk wajah Anda.

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum wajah terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 27 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Scarlett Serum – Acne memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Garnier MEN ACNO FIGHT Acne Fighting Whitening Serum Cream yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 5 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Gambar produk
1
Scarlett Serum – Acne 1

Scarlett

2
Hanasui Men Bright Active Serum 1

Hanasui

3
WHITELAB  BRIGHTENING FACE SERUM - NIACINAMIDE 10% 1

WHITELAB

4
Beiersdorf NIVEA MEN Anti-Dark Spot Serum SPF 50 PA+++ 1

Beiersdorf

5
Garnier MEN ACNO FIGHT Acne Fighting Whitening Serum Cream 1

Garnier

6
Ms Glow Men Power Serum 1

Ms Glow

7
Elvicto Brightening Serum 1

Elvicto

8
SYB NEW SYB FACE SERUM FOR MAN 1

SYB

9
Erto's For Men Toner Essence Serum 1

Erto's

10
HAUM LCID 1

HAUM

Nama produk

Serum – Acne

Men Bright Active Serum

BRIGHTENING FACE SERUM - NIACINAMIDE 10%

NIVEA MEN Anti-Dark Spot Serum SPF 50 PA+++

MEN ACNO FIGHT Acne Fighting Whitening Serum Cream

Men Power Serum

Brightening Serum

NEW SYB FACE SERUM FOR MAN

For Men Toner Essence Serum

LCID

Keunggulan

Andal mengatasi kulit berjerawat dan berminyak

Melindungi wajah dari polusi dengan PolluSTOP

Cerah maksimal hanya dalam 2 minggu

Melindungi kulit dari sinar UV dengan SPF 50 PA+++

Melawan 12 masalah pada kulit berminyak dan berjerawat

Mengandung enam macam asam kompleks yang kaya manfaat

Membuat pori-pori tampak kecil dan menjaga elastisitas kulit

Mencerahkan kulit kusam setelah beraktivitas seharian

Toner, essence, sekaligus serum dalam kemasan yang praktis

Mengatasi kulit bertekstur akibat whitehead dan blackhead

Harga mulai dariRp 75.000,00Rp 25.500,00Rp 76.000,00Rp 35.000,00Rp 24.500,00Rp 100.000,00Rp 180.000,00Rp 25.500,00Rp 100.000,00Rp 148.000,00
ManfaatMenyembuhkan jerawat, menenangkan kulit, mencerahkan, mengontrol minyakMencerahkan dan melembapkan kulit, melindungi dari polusi dan sinar UV, mengontrol minyak berlebih, menghilangkan dan mencegah jerawat, serta menyamarkan bekas jerawatMencerahkan, menyamarkan noda, melembapkan, menghaluskan, menyamarkan garis halus di wajah, mengurangi kemerahanMencerahkan, menyamarkan noda hitam, dan melindungi kulit wajah agar tidak kembali gelapMengurangi kekusaman, menyamarkan bekas jerawat, mengurangi bintik hitam, membuat pori tampak kecil, mencegah jerawat, mengurangi minyak dan komedo, menghaluskan, melembapkan, dan meratakan warna kulit, serta melindunginya dari sinar matahariMencegah tanda-tanda penuaan dan meremajakan kulit, exfoliator, mengencangkan kulit, mengatasi dan menyamarkan bekas jerawat, mencerahkan kulit, serta menyamarkan noda hitamMenyamarkan flek hitam dan bekas jerawat, mencerahkan dan meratakan warna kulit, mengontrol minyak berlebih, membuat pori tampak kecil, menjaga elastisitas kulit, dan mengatasi jerawatMencerahkan, melembapkan, menghaluskanMencerahkan, mengencangkan, dan menghaluskan kulitMengatasi jerawat, mengeksfoliasi kulit, mencerahkan, dan melembutkan tekstur kulit wajah
Bahan aktifTea tree leaf water, salicylic acid, jeju centella asiatica, liquorice extract dan vitamin CVitamin C, niacinamide, sodium ascorbyl phosphate (antioksidan), butylene glycol, glycerin, allantoin, dan tocopherol (vitamin E)Niacinamide, hyaluComplex-10, marine collagenGlycerin dan vitamin CGlycerin, niacinamide, dan salicylic acidButylene glycol, niacinamide, glycolic acid, malic acid, tartaric acid, salicylic acid, lactic acid, glycerin, castor oil, dan citric acidNiacinamide, alpha arbutin, glycerin, castor oil, arbutin, lecithin, linoleic acid, dan glutathioneUrea, allantoin, sodium lactate, yeast extract, glycolic acid, dan niacinamide Betaine, butylene glycol, niacinamide, glycerin, castor oil, allantoin, dan citric acidSalicylic acid, glycerin, pentylene glycol, lactic acid, dan allantoin
Jenis kulitBerjerawat, berminyak, dan sensitifSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit berjerawat dan berminyakKulit normal, berminyak, dan kombinasiSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit normal, berminyak, dan kombinasi
Isi15 ml20 ml20 ml15 ml20 ml, 40 ml20 ml30 ml20 ml100 ml28 ml
Tautan produk
10
ManfaatMengatasi jerawat, mengeksfoliasi kulit, mencerahkan, dan melembutkan tekstur kulit wajah
Bahan aktifSalicylic acid, glycerin, pentylene glycol, lactic acid, dan allantoin
Jenis kulitKulit normal, berminyak, dan kombinasi
Isi28 ml
9
ManfaatMencerahkan, mengencangkan, dan menghaluskan kulit
Bahan aktifBetaine, butylene glycol, niacinamide, glycerin, castor oil, allantoin, dan citric acid
Jenis kulitSemua jenis kulit
Isi100 ml
8
ManfaatMencerahkan, melembapkan, menghaluskan
Bahan aktifUrea, allantoin, sodium lactate, yeast extract, glycolic acid, dan niacinamide
Jenis kulitSemua jenis kulit
Isi20 ml
7
ManfaatMenyamarkan flek hitam dan bekas jerawat, mencerahkan dan meratakan warna kulit, mengontrol minyak berlebih, membuat pori tampak kecil, menjaga elastisitas kulit, dan mengatasi jerawat
Bahan aktifNiacinamide, alpha arbutin, glycerin, castor oil, arbutin, lecithin, linoleic acid, dan glutathione
Jenis kulitSemua jenis kulit
Isi30 ml
6
ManfaatMencegah tanda-tanda penuaan dan meremajakan kulit, exfoliator, mengencangkan kulit, mengatasi dan menyamarkan bekas jerawat, mencerahkan kulit, serta menyamarkan noda hitam
Bahan aktifButylene glycol, niacinamide, glycolic acid, malic acid, tartaric acid, salicylic acid, lactic acid, glycerin, castor oil, dan citric acid
Jenis kulitKulit normal, berminyak, dan kombinasi
Isi20 ml
5

GarnierMEN ACNO FIGHT Acne Fighting Whitening Serum Cream

Mulai dari Rp 24.500,00

ManfaatMengurangi kekusaman, menyamarkan bekas jerawat, mengurangi bintik hitam, membuat pori tampak kecil, mencegah jerawat, mengurangi minyak dan komedo, menghaluskan, melembapkan, dan meratakan warna kulit, serta melindunginya dari sinar matahari
Bahan aktifGlycerin, niacinamide, dan salicylic acid
Jenis kulitKulit berjerawat dan berminyak
Isi20 ml, 40 ml
4

BeiersdorfNIVEA MEN Anti-Dark Spot Serum SPF 50 PA+++

Mulai dari Rp 35.000,00

ManfaatMencerahkan, menyamarkan noda hitam, dan melindungi kulit wajah agar tidak kembali gelap
Bahan aktifGlycerin dan vitamin C
Jenis kulitSemua jenis kulit
Isi15 ml
3

WHITELAB BRIGHTENING FACE SERUM - NIACINAMIDE 10%

Mulai dari Rp 76.000,00

ManfaatMencerahkan, menyamarkan noda, melembapkan, menghaluskan, menyamarkan garis halus di wajah, mengurangi kemerahan
Bahan aktifNiacinamide, hyaluComplex-10, marine collagen
Jenis kulitSemua jenis kulit
Isi20 ml
2
ManfaatMencerahkan dan melembapkan kulit, melindungi dari polusi dan sinar UV, mengontrol minyak berlebih, menghilangkan dan mencegah jerawat, serta menyamarkan bekas jerawat
Bahan aktifVitamin C, niacinamide, sodium ascorbyl phosphate (antioksidan), butylene glycol, glycerin, allantoin, dan tocopherol (vitamin E)
Jenis kulitSemua jenis kulit
Isi20 ml
1
ManfaatMenyembuhkan jerawat, menenangkan kulit, mencerahkan, mengontrol minyak
Bahan aktifTea tree leaf water, salicylic acid, jeju centella asiatica, liquorice extract dan vitamin C
Jenis kulitBerjerawat, berminyak, dan sensitif
Isi15 ml

Cara menggunakan serum yang benar

Cara menggunakan serum yang benar

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda perlu memakai serum dengan cara yang benar. 


  1. Pastikan wajah dalam keadaan bersih serta bebas minyak dan kotoran. Disarankan untuk mencuci wajah menggunakan face wash dan air hangat guna melembapkan kulit dan membuka pori-porinya. Gunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit.
  2. Gunakan toner agar wajah menjadi lebih lembap. Toner juga berfungsi untuk mengembalikan pH kulit wajah kembali normal sehingga serum dapat meresap dengan sempurna.
  3. Teteskan satu sampai dua tetes serum ke telapak tangan Anda dan usapkan secara merata ke seluruh wajah. Hindari menempelkan botol serum ke kulit secara langsung karena bisa menyebabkan bakteri menempel pada ujung botolnya. Setelah itu, tepuk dan pijat wajah dengan lembut sampai serum meresap seluruhnya. Terakhir, tambahkan produk skincare lain, seperti moisturizer dan sunscreen sesuai kebutuhan.

Baca juga rekomendasi produk skincare pria lainnya di sini

Terdapat banyak produk skincare yang bisa digunakan untuk merawat kulit pria. Beberapa di antaranya adalah toner, sunscreen, dan pelembap. Di bawah ini, kami telah menyediakan beberapa artikel yang memuat aneka rekomendasi skincare untuk para pria. Silakan kunjungi tautan berikut untuk mengetahui ulasan lengkapnya.

Kesimpulan

Pada kesempatan ini, kami telah mengulas cara memilih serum untuk pria beserta rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Bagaimana pendapat Anda tentang ulasan yang kami berikan?


Serum adalah salah satu skincare yang dibutuhkan untuk merawat kulit para pria agar tampak sehat dan ternutrisi. Supaya hasilnya optimal, pilihlah serum yang sesuai dengan keluhan Anda dan aplikasikan secara tepat. Dengan kulit yang sehat dan segar, Anda bisa tampil lebih percaya diri.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Toner yang Bagus untuk Fungal Acne - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Toner yang Bagus untuk Fungal Acne - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022)
    Dari berbagai permasalahan kulit yang ada, salah satu yang cukup mengganggu dan sulit dihilangkan ialah fungal acne. Meski sekilas mirip jerawat, fungal acne tidak disebabkan oleh bakteri, melainkan jamur. Lantas, toner apa yang aman dan cocok untuk fungal acne, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan seputar fungal acne beserta cara memilih toner yang bagus untuk fungal acne. Tak lupa, kami pun turut merekomendasikan merek toner dengan kandungan fungal acne-safe, seperti Pyunkang Yul, Avoskin, dan COSRX. Artikel ini juga telah ditinjau oleh apoteker kami, Meilasari Tri Jayanti. Mari simak informasi selengkapnya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori