• Review: 5 Rekomendasi Smart Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • Review: 5 Rekomendasi Smart Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • Review: 5 Rekomendasi Smart Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • Review: 5 Rekomendasi Smart Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • Review: 5 Rekomendasi Smart Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

Review: 5 Rekomendasi Smart Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Smart speaker adalah speaker yang dilengkapi AI assistant sehingga bisa dioperasikan dengan perintah suara. Saat membicarakan smart speaker, merk Google, Apple, dan Amazon mungkin langsung muncul di kepala Anda. Namun, kemampuan dan daya tangkap speaker yang sangat bervariasi bisa jadi akan membuat Anda kebingungan saat memilih.


Kali ini, mybest original review akan mengulas berbagai smart speaker yang bagus dan merekomendasikan produk terbaiknya untuk Anda. Kami melakukan review ini di Jepang dengan memverifikasi tiga poin berikut.

1. Pengenalan suara dan akurasi respons

2. Kemudahan penggunaan

3. Kualitas suara


Kami juga akan menjelaskan poin-poin yang sebaiknya Anda pertimbangkan saat memilih smart speaker. Mari baca terus artikel ini untuk mengetahui smart speaker terbaik yang tersedia di Indonesia!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Franzeska Edelyn
  • Pembaharuan terakhir: 09 Mei 2021
  • 429 Views
Daftar isi

Apa itu smart speaker?

Apa itu smart speaker?

Smart speaker adalah speaker dengan kemampuan asistensi artificial intelligence (AI) sehingga bisa dioperasikan dengan perintah suara. Produk yang bisa tersambung dengan internet ini juga sering disebut sebagai AI speaker.


Keistimewaan speaker jenis ini adalah bisa dioperasikan hanya dengan suara tanpa harus menyentuh layar ataupun badan produk. Karena tidak perlu disentuh, speaker ini juga bisa digunakan, bahkan saat tangan Anda sedang sibuk.


Beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan smart speaker di antaranya adalah:

  • Voice assistant interaktif dalam bentuk dialog
  • Mendengarkan musik melalui layanan streaming
  • Kemampuan membacakan berita, prakiraan cuaca, dan informasi sejenis lainnya
  • Remote control untuk mengoperasikan alat elektronik rumah tangga

Namun, perlu diingat juga bahwa kemampuan yang tersedia berbeda-beda tergantung pada jenis AI yang terprogram.

Bekerja sama dengan advisor elektronik rumah tangga

Bekerja sama dengan advisor elektronik rumah tangga

Kali ini, tim mybest dibantu oleh Nomura Akatsuki, seorang sales dan advisor untuk elektronik rumah tangga. Dalam sebelas tahun kariernya sebagai sales elektronik rumah tangga, Nomura telah berhasil mencapai total penjualan tahunan hingga milyaran yen. 


Bisa dikatakan bahwa Nomura adalah spesialis yang tahu segalanya dalam hal elektronik rumah tangga. Ia juga pernah mendapatkan penghargaan "Sales Terbaik" berkat layanan pelanggan dan pengetahuan yang luas di bidang home electronics.


Selain itu, Nomura juga aktif menulis blog sebagai penjual elektronik rumah tangga dengan nama "Tarossa". Blog tersebut berfokus untuk menginformasikan cara-cara membeli home appliances tanpa merasa rugi.


※Produk-produk yang tercantum di artikel ini tidak dipilih oleh ahli, tetapi berdasarkan pertimbangan staf editorial mybest.

Cara memilih smart speaker

Sekarang, kami akan memperkenalkan empat hal yang sebaiknya Anda periksa saat memilih smart speaker.

① Pilihlah berdasarkan AI assistant yang terprogram dan tujuan penggunaan

Terdapat empat perusahaan besar yang mengembangkan smart speaker dengan AI assistant-nya sendiri, yaitu Google, Amazon, Apple, dan LINE. Tentunya, kemampuan tiap AI berbeda tergantung pada produsennya. Karena itu, sesuaikanlah AI assistant dengan aplikasi dan layanan yang sering Anda gunakan. Mari simak penjelasan kami di bawah ini.

Google Assistant, bisa disinkronkan dengan aplikasi Google lainnya

Google Assistant, bisa disinkronkan dengan aplikasi Google lainnya

Kelebihan dari Google Assistant adalah bisa di-pairing dengan bermacam layanan Google lainnya. AI assistant ini ideal jika Anda sering menggunakan aplikasi Google, seperti Google Maps, Calendar, dan lainnya.


Selain itu, Anda juga bisa melakukan perintah suara untuk mengoperasikan Google Play Music dan Chromecast. Google Assistant mampu membedakan suara antar-individu sehingga cocok dipakai untuk keluarga atau di lingkungan dengan jumlah orang lebih banyak. Hanya saja, harap diperhatikan bahwa AI assistant ini tidak dilengkapi fungsi panggilan telepon.


Menurut Nomura Akatsuki, kelebihan lain dari Google Assistant adalah bisa digunakan pada video platform besar seperti YouTube. Barang elektronik rumah tangga yang kompatibel dengan Google Assistant pun kian bertambah sehingga produknya juga makin populer.

Alexa, makin praktis menggunakan servis Amazon

Alexa, makin praktis menggunakan servis Amazon

Dengan Alexa AI, Anda bisa mengoperasikan berbagai servis Amazon, misalnya Amazon Prime, hanya melalui perintah suara. AI assistant ini juga memiliki kemampuan untuk membacakan Kindle dengan suara lantang, lho! Untuk mengaktifkan Alexa, Anda cukup memulai perintah dengan komando "Alexa". Smart speaker ini cocok digunakan apabila Anda sering menggunakan servis Amazon. 


Selain itu, Anda juga bisa memesan barang di Amazon menggunakan Alexa. AI assistant ini akan memberi tahu Anda saat ada barang keperluan sehari-hari yang habis. Cukup praktis, bukan?

Siri, bila ingin digunakan bersama produk Apple seperti iPhone dan iPad

Siri, bila ingin digunakan bersama produk Apple seperti iPhone dan iPad

Siri adalah salah satu fungsi yang sudah langsung disertakan dalam bermacam perangkat Apple. Hanya dengan perintah suara, Anda bisa meminta Siri untuk melakukan bermacam hal. Jika Anda adalah pengguna iPhone, iPad, atau MacBook, pasti sudah pernah menggunakan Siri, bukan?


Menggunakan smart speaker yang dilengkapi Siri memungkinkan Anda untuk mengoperasikan perangkat Apple lain, seperti iPhone dan iPad, dari jarak jauh. Anda juga bisa mengaktifkan Apple Music dan memintanya untuk memutarkan lagu.


Selain itu, Siri juga mampu membantu Anda mencari iPhone yang terselip. Anda cukup memberikan perintah, "Sepertinya saya kehilangan iPhone!" dan Siri akan mengaktifkan alarm iPhone Anda secara otomatis.


Menurut Nomura, walaupun mayoritas fungsi eksklusif untuk mengoperasikan produk Apple, Siri tetap menjadi favorit di antara fans produk Apple. Siri diprogram untuk bekerja sama dengan iPad dan iPhone dengan sangat kuat.

Clova, jika sering menggunakan servis dari LINE

Clova, jika sering menggunakan servis dari LINE

Clova memungkinkan Anda dengan mudah mengoperasikan aplikasi LINE melalui speaker, misalnya menjawab panggilan telepon serta membaca dan membalas pesan. Clova paling pas dijadikan pilihan apabila Anda menggunakan LINE sebagai sarana komunikasi utama.


Anda pun bisa mengaktifkan LINE MUSIC dan mengatur jadwal di kalender Google menggunakan Clova. AI assistant ini memiliki kemampuan membaca dongeng dan meramal juga, lho! Jadi, Clova cukup cocok digunakan dalam keluarga yang memiliki anak kecil.


Nomura Akatsuki mengakui bahwa dibandingkan AI assistant lain, kemampuan Clova masih terbilang minim. Namun, Clova memiliki banyak fungsi untuk membantu Anda mengoperasikan berbagai layanan dari LINE.

② Pilih berdasarkan layanan streaming yang kompatibel

② Pilih berdasarkan layanan streaming yang kompatibel

Salah satu yang bisa Anda nikmati dengan smart speaker adalah kemampuan streaming musik. Apabila Anda perhatikan, setiap AI assistant memiliki kemampuan untuk memutarkan musik melalui aplikasi perusahaan masing-masing.


Sebagai contoh, Siri dan Homepod bisa memutarkan musik melalui Apple Music, atau Google Assistant bisa mengoperasikan Google Play Music. Jadi, Anda bisa mencocokkan streaming service yang paling sering dipakai dengan smart speaker yang Anda pilih.


Menurut Nomura, kemampuan smart speaker untuk mengoperasikan streaming service kemungkinan akan terus meningkat di masa depan. Namun, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan fungsinya pada saat ini.

③ Carilah yang memiliki kemampuan pengenalan suara yang mumpuni

③ Carilah yang memiliki kemampuan pengenalan suara yang mumpuni

Sebagian besar smart speaker dioperasikan menggunakan perintah suara. Karena itu, pilihlah yang memiliki kemampuan rekognisi suara yang tinggi agar Anda tidak merasa frustrasi saat menggunakannya. Beberapa hal yang perlu Anda cek adalah kemampuan smart speaker memahami perintah dengan sekali pengucapan, voice recognition, serta kemampuan komunikasi.


Namun, tingkat akurasi tersebut juga sangat dipengaruhi oleh AI assistant yang terprogram. Anda mungkin akan sulit mengetahui kemampuan smart speaker yang sesungguhnya tanpa mencobanya terlebih dahulu. Kali ini, kami juga akan memverifikasi keakuratan pengenalan suara dan respons dari tiap smart speaker. Mari jadikan hasilnya sebagai salah satu bahan pertimbangan Anda.


Smart speaker tersedia dalam ukuran besar dan kecil. Perlu diperhatikan juga bahwa kemampuan menangkap suara juga dipengaruhi ukuran produk. Speaker berukuran mini bisa diletakkan di atas meja atau dapur. Namun, smart speaker mini akan terlalu kecil untuk digunakan di living room. Mari pertimbangkan juga tempat penggunaan sebelum Anda memilih produk.

④ Ceklah produsen speaker jika mengutamakan kualitas suara

④ Ceklah produsen speaker jika mengutamakan kualitas suara

Saat membeli smart speaker, pasti tidak sedikit di antara Anda yang menginginkan produk dengan kualitas suara yang bagus. Apabila Anda memprioritaskan kualitas suara, pilihlah smart speaker dari brand yang berpengalaman di bidang audio.


Merek audio terkenal seperti Bose memiliki produk yang diprogram dengan Alexa atau Google Assistant. Kualitas suara yang lebih baik dibandingkan smart speaker biasa adalah salah satu keunggulan dari produk-produk ini.


Karena sebagian besar smart speaker bisa digunakan secara wireless, Anda bisa memasangnya di mana saja. Namun, tidak sedikit speaker yang ukurannya besar dan memiliki bobot lebih dari 1 kg. Mari tentukan lokasi penempatan yang tepat untuk speaker yang Anda pilih.


Tidak hanya menggunakan Wi-Fi, Nomura Akatsuki memberitahukan ada juga model speaker yang bisa disambungkan dengan Bluetooth. Ini tentunya lebih praktis saat Anda ingin menyambungkannya dengan smartphone.

Review produk smart speaker terpopuler

Review produk smart speaker terpopuler

Kali ini, kami akan mengulas beberapa smart speaker yang sedang populer. Manakah produk yang cocok untuk direkomendasikan? Tim mybest original review akan memverifikasi produk berdasarkan tiga poin berikut.

Verifikasi ①:Pengenalan suara dan akurasi respons

Verifikasi ②:Kemudahan penggunaan

Verifikasi ③:Kualitas suara

Verifikasi ①:Pengenalan suara dan akurasi respons

Verifikasi ①:Pengenalan suara dan akurasi respons

Pertama, kami akan me-review pengenalan suara dan akurasi respons. Saat menggunakan smart speaker, penting untuk memilih produk yang tidak membuat Anda frustrasi saat berinteraksi dengannya. Kami menilai tiga poin dari smart speaker, yaitu akurasi pemahaman dan jawaban, serta ada tidaknya rasa frustrasi saat menggunakan speaker. Hasil verifikasi dievaluasi dalam lima poin.


Kemampuan tiap smart speaker berbeda tergantung pada AI assistant yang terprogram. Karena itu, kami menanyakan pertanyaan lima pertanyaan yang sama yang dapat dijawab secara umum untuk semua produk. Selain itu, kami juga menyiapkan suasana penggunaan yang sesungguhnya dengan memasang suara TV saat proses verifikasi.


Berikut adalah lima jenis pertanyaan yang kami berikan kepada tiap smart speaker.

  • Beri tahukan informasi cuaca hari ini! (Saat ditanya dengan seadanya, apakah langsung dijawab dengan kapan dan di mana)
  • Beri tahukan rumah sakit di dekat sini! (Apakah bisa memberitahukan lokasi rumah sakit di sekitar alamat yang terdaftar)
  • Berapa jumlah orang yang terinfeksi virus korona hari ini? (Bisakah memberitahukan jumlah terkini dengan akurat)
  • Beri tahukan ulang tahun selebritas hari ini! (Setelah mengonfirmasi hari dan tanggal, apakah bisa menjawab dengan benar)
  • Saya ingin pergi ke kantor (Apakah mampu memandu dengan memberikan rute terpendek dengan tepat)

[Highlight] Speaker dengan Alexa IA assistant menduduki peringat atas

[Highlight] Speaker dengan  Alexa IA assistant menduduki peringat atas

Dari akurasi pemahaman dan jawaban, produk yang mampu mendengarkan pertanyaan dengan tepat dan memberikan jawaban yang benar mendapatkan penilaian tinggi. Smart speaker yang teramati memiliki kemampuan tinggi adalah produk dengan program Alexa. AI assistant dari Amazon ini jarang membuat kesalahan saat menangkap pertanyaan dan selalu memberikan jawaban yang akurat dan rinci.


AI assistant lain menjawab, "Maaf, saya tidak mengerti" saat tidak bisa menjawab suatu pertanyaan. Namun, Alexa menjawab, "Fungsi tersebut tidak terprogram" dilanjutkan dengan menjawab fungsi apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan. Kinerja tersebut, ditambah dengan akurasi pengenalan suara dan respons yang memuaskan, membuat pengguna tidak frustrasi saat menggunakannya.

Verifikasi ②:Kemudahan penggunaan

Verifikasi ②:Kemudahan penggunaan

Selanjutnya, kami memverifikasi kemudahan penggunaan dari tiap smart speaker. Kami mengecek dua hal, yaitu kemudahan atau seberapa rumit pengaturannya, serta akurasi reaksi dari pengoperasian jarak jauh.


Kami memfokuskan pada kemudahan penyambungan smartphone dengan speaker, kemudahan setting berbagai akun, dan pengoperasian jarak jauh. Setelah itu, kami memberi penilaian dalam lima poin.


Dalam kemudahan pengaturan, speaker dengan pengaturan paling sederhana memperoleh nilai 5. Poin akan dikurangi jika ada pengaturan yang merepotkan, misalnya harus mengunduh aplikasi. Sementara itu, untuk pengoperasian jarak jauh, skor rendah diberikan pada smart speaker yang membutuhkan alat bantu (iPhone). Nilai tertinggi diberikan pada smart speaker yang bahkan bisa dioperasikan dari jarak 10 meter.

[Highlight] Produk Bose bisa dioperasikan dari jarak 10 meter dan cukup mudah pengaturannya

[Highlight] Produk Bose bisa dioperasikan dari jarak 10 meter dan cukup mudah pengaturannya

Dari segi kemudahan penggunaan, Bose Portable Smart Speaker mendapatkan penilaian yang paling tinggi. Walaupun dibarengi dengan latar suara TV bervolume normal, speaker ini tetap mampu menangkap perintah dan merespons dengan benar.


Sementara itu, pengoperasian jarak jauh sangat tergantung pada kemampuan mikrofon speaker untuk mengumpulkan suara. Produk-produk dengan skor yang tinggi tidak menunjukkan kecenderungan yang sama.


Terakhir, untuk kemudahan setting dan pengaturan, tidak ada perbedaan besar dalam performa antarproduk. Namun, untuk produk yang mengharuskan Anda menginstal aplikasi pengaturan, atau saat metode setting-nya rumit, kami berikan penilaian yang kurang bagus.

Verifikasi ③ Kualitas suara

Verifikasi ③ Kualitas suara

Terakhir, kami mengevaluasi kualitas suara pada smart speaker. Ada beberapa faktor yang membentuk kualitas suara dari smart speaker. Kali ini, kami menilainya dari suara bas, efek stereoskopik, power, dan resolusi. Seluruh hal tersebut kemudian dievaluasi dalam skala 5 poin.


Berikut adalah perangkat dan aplikasi yang kami gunakan dalam proses verifikasi. Untuk mengevaluasi kualitas suara dari berbagai perspektif, kami memilih lagu dengan lima genre berbeda.

  • Perangkat pemutaran: iPhone 8
  • Aplikasi pemutaran: Spotify

Lima lagu yang didengarkan:

  • Official Hige Dandism – Pretender (J-POP male vocals, multiple instrument tones)
  • Billie Eilish – Bad Guy (Western music, suara bass yang dalam)
  • Diana Krall – Just The Way You Are (Jazz, harmoni instrumen dan lagu yang enak didengar)
  • Vivaldi – Four Seasons (Instrumen musik klasik)
  • Lagu yang sering didengarkan oleh staf monitor (Mencari perbedaan dengan suara dari smartphone yang biasa digunakan)

[Highlight] Speaker yang diproduksi oleh audio maker mendapatkan penilaian tinggi

[Highlight] Speaker yang diproduksi oleh audio maker mendapatkan penilaian tinggi

Produk yang mendapatkan penilaian tinggi dalam verifikasi ini adalah Portable Smart Speaker dari Bose, audio maker yang sudah banyak dikenal. Produk ini tidak hanya memproduksi suara asli dari musik beresolusi tinggi, tetapi juga memiliki detail yang luar biasa. Nuansa suara tersampaikan dengan lembut tanpa terikat pada range nada. Anda akan dapat menikmati musik secara real seolah-olah meja ikut bergetar.


Kebanyakan speaker yang berhasil mendapatkan skor tinggi dalam verifikasi kali ini adalah speaker tipe omnidirectional 360°. Model tubular mampu menghasilkan nada tinggi hingga rendah dengan tingkat akurasi yang tinggi. Suara yang dihasilkan pun seimbang secara keseluruhan. Selain itu, kedalaman dan kejernihan suara juga mampu diekspresikan secara detail.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Tabel perbandingan produk smart speaker terbaik mybest original review

Gambar produk
1
Bose Portable Smart Speaker 1

Bose

2
Amazon Echo Show 8 1

Amazon

3
Google Nest Hub Max 1

Google

4
Apple HomePod 1

Apple

5
Bang & Olufsen Beosound A1 2nd Gen 1

Bang & Olufsen

Nama produk

Portable Smart Speaker

Echo Show 8

Nest Hub Max

HomePod

Beosound A1 2nd Gen

Keunggulan

Kekuatan ganda pada kemudahan penggunaan dan kualitas suara

Evaluasi tertinggi untuk pengenalan suara dan akurasi respons

Mudah digunakan dan memiliki kualitas suara yang bagus

Smart speaker untuk para pengguna produk Apple

Speaker Bluetooth dengan kemampuan AI

Harga mulai dariRp 6.849.000,00Rp 1.439.000,00Rp 2.450.000,00Rp 5.656.000,00Rp 5.200.000,00
AI assistantGoogle Assistant, AlexaAlexaGoogle AssistantSiriAlexa
Ukuran119 mm × 191,5 mm × 104 mm200 mm × 135 mm × 99 mm 250,1 mm × 182,55 mm × 101,23 mm142 mm × 172 mm × 142 mm133 mm × 46,5 mm × 133 mm
Berat1 kg1 kg1,3 kg2,5 kg0,5 kg
Pilihan warnaTriple Black, Luxe SilverSand Stone, CharcoalChalk, CharcoalSpace Grey, WhiteGrey Mist, Gold Tone, Black Anthracite, Pink, Green
Total output-30 W30 W-60 W
Saluran pemutaran--Stereo--
Mikrofon
Smart displayxx
Standar BluetoothBluetooth 4.2-Bluetooth 5.0Bluetooth 5.0Bluetooth 5.1
Kompatibilitas wirelessBluetooth, Wi-Fi, AirPlay, AirPlay 2Wi-FiBluetooth, Wi-Fi, Chromecast built-inWi-Fi, AirPlay, AirPlay 2Bluetooth
Layanan streaming musikAmazon Music, Spotify, TuneInApple Music, Amazon Music, SpotifyGoogle Play Music, Spotify, YouTube Music, TuneInApple Music, TuneInGoogle Play Music, Apple Music, LINE Music, Spotify, YouTube Music, AWA, radiko, TuneIn, Deezer
Jenis dayaAC, baterai isi ulang, microUSBACACACBaterai isi ulang, microUSB
Pengenalan suara & akurasi respons4.14.53.63.53.8
Kemudahan penggunaan4.84.04.53.32.0
Kualitas suara4.63.63.43.74.0
Total penilaian4.44.23.83.53.3
Tautan produk

5 Rekomendasi smart speaker terbaik mybest original review

Setelah memverifikasi tiap smart speaker, selanjutnya kami akan merekomendasikan produk terbaik yang bisa Anda dapatkan di e-commerce Indonesia. Semoga produk pilihan dari kami ini bisa membantu Anda menemukan smart speaker terbaik!

1
AI assistantGoogle Assistant, Alexa
Ukuran119 mm × 191,5 mm × 104 mm
Berat1 kg
Pilihan warnaTriple Black, Luxe Silver
Total output-
Saluran pemutaran-
Mikrofon
Smart displayx
Standar BluetoothBluetooth 4.2
Kompatibilitas wirelessBluetooth, Wi-Fi, AirPlay, AirPlay 2
Layanan streaming musikAmazon Music, Spotify, TuneIn
Jenis dayaAC, baterai isi ulang, microUSB
Pengenalan suara & akurasi respons4.1
Kemudahan penggunaan4.8
Kualitas suara4.6
Total penilaian4.4
2
AI assistantAlexa
Ukuran200 mm × 135 mm × 99 mm
Berat1 kg
Pilihan warnaSand Stone, Charcoal
Total output30 W
Saluran pemutaran-
Mikrofon
Smart display
Standar Bluetooth-
Kompatibilitas wirelessWi-Fi
Layanan streaming musikApple Music, Amazon Music, Spotify
Jenis dayaAC
Pengenalan suara & akurasi respons4.5
Kemudahan penggunaan4.0
Kualitas suara3.6
Total penilaian4.2
3
AI assistantGoogle Assistant
Ukuran250,1 mm × 182,55 mm × 101,23 mm
Berat1,3 kg
Pilihan warnaChalk, Charcoal
Total output30 W
Saluran pemutaranStereo
Mikrofon
Smart display
Standar BluetoothBluetooth 5.0
Kompatibilitas wirelessBluetooth, Wi-Fi, Chromecast built-in
Layanan streaming musikGoogle Play Music, Spotify, YouTube Music, TuneIn
Jenis dayaAC
Pengenalan suara & akurasi respons3.6
Kemudahan penggunaan4.5
Kualitas suara3.4
Total penilaian3.8
4
AI assistantSiri
Ukuran142 mm × 172 mm × 142 mm
Berat2,5 kg
Pilihan warnaSpace Grey, White
Total output-
Saluran pemutaran-
Mikrofon
Smart display
Standar BluetoothBluetooth 5.0
Kompatibilitas wirelessWi-Fi, AirPlay, AirPlay 2
Layanan streaming musikApple Music, TuneIn
Jenis dayaAC
Pengenalan suara & akurasi respons3.5
Kemudahan penggunaan3.3
Kualitas suara3.7
Total penilaian3.5
5

Bang & OlufsenBeosound A1 2nd Gen

Mulai dari Rp 5.200.000,00

AI assistantAlexa
Ukuran133 mm × 46,5 mm × 133 mm
Berat0,5 kg
Pilihan warnaGrey Mist, Gold Tone, Black Anthracite, Pink, Green
Total output60 W
Saluran pemutaran-
Mikrofon
Smart displayx
Standar BluetoothBluetooth 5.1
Kompatibilitas wirelessBluetooth
Layanan streaming musikGoogle Play Music, Apple Music, LINE Music, Spotify, YouTube Music, AWA, radiko, TuneIn, Deezer
Jenis dayaBaterai isi ulang, microUSB
Pengenalan suara & akurasi respons3.8
Kemudahan penggunaan2.0
Kualitas suara4.0
Total penilaian3.3

Gunakan smart remote untuk mengoperasikan elektronik rumah tangga secara pintar

Gunakan smart remote untuk mengoperasikan elektronik rumah tangga secara pintar

Beberapa smart speaker berkomunikasi dengan sambungan Wi-Fi atau Bluetooth dan dapat dihubungkan dengan smart remote. Benda ini disambungkan dengan elektronik rumah tangga menggunakan infrared sehingga Anda bisa mengoperasikan semuanya melalui remote tersebut.


Menyambungkan smart speaker dengan smart remote membuat Anda bisa mengoperasikan AC atau lampu hanya dengan perintah suara. Tidak hanya itu, fungsi timer juga bisa diatur walaupun alat elektronik pada dasarnya tidak didesain dengan fungsi semacam ini.


Selain itu, dengan menggunakan fungsi GPS pada smartphone, Anda juga bisa menyalakan lampu dan AC sebelum tiba di rumah. Pastinya nyaman sekali pulang ke ruangan yang sejuk saat cuaca sedang panas! Namun, perlu diingat bahwa kemampuan smart remote berbeda-beda sesuai kemampuan smart speaker pasangannya. Jadi, mari pastikan kecocokan antara dua produk elekronik tersebut.


Nomura Akatsuki mengingatkan bahwa diperlukan penambahan adaptor stopkontak khusus untuk membuat elektronik rumah tangga biasa menjadi smart device. Jadi, mari pastikan tambahan apa saja yang diperlukan untuk menjadikan peralatan rumah tangga Anda sebagai smart device.

Baca juga rekomendasi elektronik rumah tangga lainnya di sini

Rumah dengan nuansa homey adalah dambaan semua orang. Tidak hanya dengan smart speaker, Anda juga bisa menambah kepraktisan rumah dengan berbagai alat elektronik berikut.

Kesimpulan

Dalam artikel kali ini, kami telah mengupas tuntas smart speaker yang tersedia di Indonesia. Apakah Anda jadi tertarik untuk membelinya? Sebelum membeli smart speaker, penting untuk memilih produk dengan AI assistant yang mumpuni agar kita tidak stres saat memakainya. Semoga artikel ini bisa menjadi salah satu masukan saat Anda mencari smart speaker pilihan!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mendengarkan musik sering dilakukan untuk mengusir kebosanan, baik di rumah, di perjalanan, atau saat melakukan aktivitas outdoor. Saat di rumah atau di dalam ruangan, banyak speaker Bluetooth yang bisa menjadi pilihan. Namun, saat di outdoor, tentu penting untuk memilih speaker Bluetooth dengan fitur tahan air. SONY, JBL, dan VIVAN adalah contoh brand ternama yang mengeluarkan speaker Bluetooth dengan fitur tersebut. Tampilan dan harga yang beragam mungkin membuat Anda bingung harus memilih yang mana, bukan? Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih speaker Bluetooth tahan air yang tepat. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
    18.178 Views
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Speaker Terbaik Seharga di Bawah 300 Ribu (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bluetooth Speaker Terbaik Seharga di Bawah 300 Ribu (Terbaru Tahun 2021)
    Bluetooth speaker seringkali digunakan untuk mendengar musik dari smartphone dan tablet. Dengan menggunakan speaker koneksi Bluetooth, Anda bisa menikmati suara berkualitas tanpa harus repot menyambung kabel. Namun, banyaknya merek yang mengeluarkan produk terjangkau dengan fitur berkualitas mungkin akan membuat Anda bingung menentukan pilihan.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih Bluetooth speaker seharga di bawah 300 ribu yang berkualitas untuk Anda. Kemudian, kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi Bluetooth speaker yang bisa Anda jadikan referensi, seperti merek ÉGGEL, Remax, dan lainnya. Mari simak terus artikel ini!
    Aksesori handphone & tablet
    59.744 Views
  • 10 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bila ingin menikmati kualitas audio secara optimal, Anda wajib melengkapi sound system Anda dengan speaker pasif. Anda akan menemukan berbagai merek speaker pasif berkualitas, seperti Bose, JBL, harman/kardon, Yamaha, dan sebagainya. Semuanya berlomba-lomba menciptakan speaker pasif dengan kualitas suara menakjubkan.Sebelum mulai mempertimbangkan berbagai produk speaker pasif di pasaran, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi speaker pasif terbaik agar Anda bisa menemukan produk yang tepat. Nikmati kualitas audio yang mantap dengan speaker pasif favorit Anda!
    Aksesori handphone & tablet
    89.309 Views
  • 10 Rekomendasi Stand Holder Terbaik untuk iPad (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Stand Holder Terbaik untuk iPad (Terbaru Tahun 2021)
    Stand holder untuk iPad atau iPad stand berguna sebagai penopang agar iPad dapat digunakan tanpa harus disangga menggunakan tangan. Anda bisa menonton video, bermain game, mengambil foto, dan melakukan hal lain menggunakan iPad dengan lebih leluasa. Namun, banyaknya tipe dan ukuran stand holder iPad mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan stand holder untuk iPad kepada Anda. Mulai dari tipe stasioner, tipe arm, tipe stand, bahkan tipe dengan case, semuanya turut kami ulas. Yuk, simak terus informasi selengkapnya!
    Aksesori handphone & tablet
    2.172 Views
  • 10 Rekomendasi iPhone Case Terbaik untuk iPhone 8 Plus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi iPhone Case Terbaik untuk iPhone 8 Plus (Terbaru Tahun 2021)
    Sangat banyak orang menyukai iPhone 8 Plus. Bukan hal aneh mengingat iPhone 8 Plus memiliki segudang keunggulan. Mulai dari adanya tombol fisik home button, dual camera di sisi belakang, 3D Touch, dan sebagainya. Dipadukan dengan desain sleek khas iPhone, penggemarnya terus bertambah.Untuk Anda pengguna iPhone 8 Plus, case keren keluaran RINGKE, Element Case, atau Anker bisa memberikan nuansa berbeda. Selain itu, case kuat untuk iPhone 8 Plus juga memberi perlindungan lebih. Segera miliki case terbaik untuk iPhone 8 Plus Anda dengan membaca cara memilih dan daftar rekomendasinya berikut!
    Aksesori handphone & tablet
    1.503 Views
  • 10 Rekomendasi iPhone Case Terbaik untuk iPhone 6s Plus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi iPhone Case Terbaik untuk iPhone 6s Plus (Terbaru Tahun 2021)
    Berbeda dengan iPhone generasi sebelumnya, iPhone 6s Plus dilengkapi layar besar. Adanya 3D Touch dan sensor sidik jari di tombol home turut menambah daya tarik iPhone 6s Plus. Dipadukan dengan chip berkecepatan tinggi, tidak heran banyak orang menyukai iPhone 6s Plus.Berbagai case keren iPhone 6s Plus tersedia di pasaran. Selain untuk memberikan nuansa berbeda, case juga dapat memberi perlindungan lebih pada iPhone 6s Plus. Anda bisa membaca cara memilih dan rekomendasi case iPhone 6s Plus terbaik. Case bagus iPhone 6s Plus akan Anda temukan, milikilah yang paling disuka!
    Aksesori handphone & tablet
    895 Views
  • 10 Rekomendasi Shutter Remote Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shutter Remote Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera smartphone sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Untuk memudahkan Anda mengambil gambar dengan kamera smartphone, Anda bisa menggunakan shutter remote. Selfie atau berfoto bareng jadi makin simpel dengan bantuan produknya. Hasilnya akan seperti berfoto dengan selfie stick atau tripod karena lebih stabil.Sedang mencari shutter remote yang bagus? Anda di tempat yang tepat. Kami akan menjelaskan cara memilih shutter remote untuk Anda, serta mengulas rekomendasi produk terbaiknya. Ada produk dari merk Huawei, Xiaomi, dan lainnya. Ada yang kompatibel dengan perangkat Android, ada yang cocok dengan iOS. Yuk, simak artikelnya secara saksama!
    Aksesori handphone & tablet
    681 Views
  • 10 Rekomendasi Casing Pelindung HP Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Casing Pelindung HP Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat memiliki smartphone, Anda pasti akan menjaga dan membuat tampilannya menjadi lebih baik. Salah satunya adalah dengan memakaikan casing. Kini banyak sekali beredar casing HP dari berbagai merk. Ada yang melindungi seluruh bagian HP, ada juga sebagai pelindung casing belakang HP.Sekarang, kami akan membantu Anda menemukan casing HP yang bagus. Anda akan menemukan casing HP untuk di dalam air, casing HP yang aman, dan casing HP anti pecah. Anda bisa memilih casing HP merk Spigen dan Nillkin. Casing HP untuk Samsung, Oppo, dan Xiaomi pun akan Anda temukan.
    Aksesori handphone & tablet
    2.342 Views
  • Review: 5 Rekomendasi Headset Bluetooth Model Kalung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Review: 5 Rekomendasi Headset Bluetooth Model Kalung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Headset Bluetooth model kalung populer sebagai produk entry-level di antara earphone Bluetooth lainnya. Hal ini disebabkan kualitasnya yang tinggi dan harga yang relatif murah. Keistimewaan headset model ini terletak pada kabel yang menghubungkan earphone bagian kiri dan kanan. Berbagai merk ternama, seperti Sennheiser, BOSE, dan lainnya juga telah memproduksi headset Bluetooth model kalung yang bagus.Kali ini, mybest original review akan melakukan verifikasi mendalam pada headset Bluetooth model kalung yang populer di pasaran. Review yang kami lakukan berfokus pada poin-poin berikut.1. Kemudahan penggunaan2. Kenyamanan penggunaan3. Kualitas suara4. Delay suara5. Kebocoran suaraKami juga akan menjelaskan hal-hal penting saat memilih headset model kalung. Mari simak artikel ini untuk menemukan produk yang paling cocok untuk Anda!
    Aksesori handphone & tablet
    346 Views
  • 10 Rekomendasi Lazypod Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lazypod Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda gemar menikmati konten lewat HP atau tablet? Lazypod akan banyak membantu Anda. Dibandingkan stand HP atau tablet, lazypod lebih fleksibel karena kabelnya dapat dibengkokkan. Jadi, Anda bisa mendapatkan sudut yang paling nyaman. Lazypod juga cocok Anda gunakan saat video call dan live streaming.Kali ini kami akan berbagi cara memilih lazypod terbaik untuk Anda. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Mixio, Baseus, dan lainnya. Ada yang bisa dikalungkan di leher hingga yang modelnya seperti holder gurita. Baca artikel ini sampai tuntas untuk menemukannya!
    Aksesori handphone & tablet
    221 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Power bank merupakan baterai portabel yang berfungsi mengisi daya smartphone tanpa memerlukan stopkontak. Dengan menggunakan power bank, Anda dapat menonton video dan bermain game saat bepergian. Power bank merk Xiaomi, Samsung, Anker, dan lainnya menawarkan spesifikasi yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat harga power bank menjadi variatif.Kali ini, kami akan membahas cara memilih power bank. Kami juga akan memberikan rekomendasi power bank yang bagus, berkualitas terbaik, dan dijual secara online. Power bank MOFIT, BASIKE, power bank 10.000 mAh, bahkan 50.000 mAh bisa Anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
    143.117 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Aksesori handphone & tablet
    213.996 Views
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2021)
    Tempered glass atau kaca antigores merupakan pelindung layar handphone yang terbuat dari kaca. Fungsinya untuk melindungi layar handphone agar tidak tergores atau pecah. Saat handphone tidak sengaja terjatuh, biasanya bagian yang retak adalah tempered glass yang menempel di layar handphone. Jadi, layar handphone Anda tetap aman.Ada beberapa merek terkenal, seperti Cafele, Otterbox dan Optimuz yang menawarkan tempered glass berkualitas. Lalu, produk manakah yang paling cocok untuk iPhone Anda? Kami akan memberikan tips memilih tempered glass terbaik agar tidak salah pilih. Anda juga bisa bisa menemukan sepuluh rekomendasi tempered glass terbaik pilihan kami di sini!
    Aksesori handphone & tablet
    67.263 Views
  • 10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pen tablet yang biasa digunakan untuk menggambar ilustrasi di komputer, kini hadir dengan berbagai merk, seperti Wacom, XP-PEN, dan HUION. Dengan harga dan fungsi yang bervariasi, barangkali akan membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang sesuai.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan pen tablet yang bagus, mulai dari untuk pemula hingga profesional. Kami juga berkolaborasi dengan illustrator kami, Karina Doniho yang bisa Anda simak komentarnya untuk menambah wawasan. Seperti apakah pen tablet idaman Anda? Barangkali salah satunya ada dalam ulasan di bawah ini.
    Aksesori handphone & tablet
    146.926 Views
  • 10 Rekomendasi Earphone Bluetooth Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Earphone Bluetooth Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Meski begitu, terdapat beberapa kekhawatiran yang muncul, misalnya kualitas suara yang buruk, koneksi tidak stabil, dan tidak cocok dengan bentuk telinga. Oleh karenanya, Anda tidak boleh sembarangan membeli earphone Bluetooth. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli earphone Bluetooth. Dalam artikel ini, kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merk Apple, JBL, hingga SoundPEATS. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
    79.933 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Berbagai produk yang ditawarkan mungkin membuat Anda cukup kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds. Temukan juga beragam wireless earbuds no delay terbaik serta dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
    9.301 Views
  • 10 Rekomendasi Power Bank 10000 mAh Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Power Bank 10000 mAh Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Power bank 10.000 mAh merupakan salah perlengkapan yang penting untuk dibawa ketika bepergian. Dengan power bank 10.000 mAh, Anda dapat mengisi daya ponsel hingga empat kali dan tablet hingga 50%. Beberapa produsen yang memproduksi power bank dengan ukuran 10.000 mAh antara lain adalah ACMIC, Aukey, Xiaomi, dan Hippo.Banyaknya merek dan spesifikasi yang berbeda pasti akan membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips memilih power bank 10.000 mAh serta merekomendasikan beberapa produk untuk Anda. Jadi, terus ikuti artikel ini!
    Aksesori handphone & tablet
    3.283 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori