• 10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Saat ini, tidak sedikit rumah yang menggunakan mesin pompa air untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Dengan pompa air, Anda tidak perlu repot lagi menimba air dari sumur sehingga lebih hemat waktu dan tenaga. Di pasaran, banyak merek dan jenis pompa air yang bagus, baik untuk sumur bor, kolam ikan, bahkan untuk irigasi di sawah.


Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih mesin pompa air terbaik yang dijual secara online. Rekomendasi merek pompa air terbaik dan awet seperti Shimizu dan Panasonic dapat Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 01 Juli 2022
Daftar isi

Cara memilih mesin pompa air

Saat ingin membeli mesin pompa air, terdapat beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Berikut ini adalah poin-poin yang sudah kami rangkum untuk memudahkan Anda saat memilih pompa air yang bagus. Perhatikan dengan seksama, ya!

Pilih sesuai kebutuhan

Pertama, Anda perlu memastikan jenis pompa air yang dibutuhkan. Jenis pompa air bisa Anda pilih berdasarkan tujuan penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa jenis mesin pompa air yang dapat Anda jumpai di pasaran.

Untuk kebutuhan rumah tangga, pilih pompa air sumur

Untuk kebutuhan rumah tangga, pilih pompa air sumur

Mungkin saat ini Anda mengalami kendala dan bertanya-tanya, apa penyebab pompa air tidak menghisap? Permasalahan paling umum adalah kesalahan instalasi dan komponen impeller yang sudah aus. Selain itu, penyebab pompa air tidak dapat mengisap adalah terjadinya penurunan level air bawah tanah. Untuk itu, pemilihan pompa air berdasarkan kedalaman sumurnya sangat penting untuk diperhatikan.


Umumnya, terdapat dua jenis pompa air yang sering digunakan dalam skala rumahan, yaitu pompa air sumur dangkal dan dalam. Pompa air sumur dangkal adalah jenis pompa air untuk penggunaan ringan. Pompa air sumur dangkal hanya cocok digunakan pada sumur dengan kedalaman maksimal 9 meter. Bila Anda tinggal di daerah yang melimpah air, menggunakan jenis pompa ini biasanya sudah cukup. 


Sementara jika Anda tinggal di daerah yang sulit air, menggunakan pompa air sumur dalam tentu menjadi keharusan. Pompa air dalam atau jet pump memiliki kemampuan menarik air pada kedalaman minimal 15 meter. Bahkan, ada juga mesin pompa air yang mampu menarik air hingga 40 meter. 

Untuk pengairan, pilih pompa air irigasi

Untuk pengairan, pilih pompa air irigasi

Bila jenis pompa air lain biasa digunakan untuk rumah tangga, pompa air irigasi lebih sering digunakan untuk pengairan. Mesin ini dapat menyedot air dalam jumlah yang besar sehingga sangat cocok untuk irigasi pertanian ataupun perkebunan. Selain itu, banyak masyarakat yang memanfaatkan pompa air irigasi untuk budidaya ikan skala besar


Umumnya, pengoperasian pompa air irigasi digerakkan oleh mesin yang menggunakan bahan bakar bensin atau solar. Namun, saat ini sudah tersedia banyak merek pompa air sawah terbaik yang menggunakan tenaga listrik. Anda hanya perlu menyiapkan kabel rol panjang agar mesin pompa irigasi dapat dioperasikan. Hal ini tentunya dapat menghemat budget Anda karena tidak perlu membeli bahan bakar

Untuk akuarium dan kolam ikan, pilih pompa air celup

Untuk akuarium dan kolam ikan, pilih pompa air celup

Pompa air celup adalah jenis pompa yang sering dipakai untuk akuarium atau kolam ikan. Sesuai dengan namanya, penggunaan produk ini adalah dengan cara mencelupkan bagian mesinnya ke dalam air. Pompa air celup biasanya digunakan untuk membuat air bersirkulasi. Air yang diisap oleh pompa akan dialirkan melalui filter sehingga dapat menyaring air kolam. Pompa air celup sendiri rata-rata hanya dapat digunakan pada kedalaman sekitar 5 meter saja.


Jika saat ini Anda berencana membeli mesin pompa kolam ikan, temukan produk terbaiknya melalui tautan di bawah ini. 

Untuk pendorong air, pilih pompa air booster

Untuk pendorong air, pilih pompa air booster

Berbeda dengan jenis pompa air lainnya, pompa air booster biasanya tidak memiliki daya isap. Pompa air jenis ini hanya digunakan sebagai pendorong atau penambah kekuatan pancar air. Oleh karena itu, pompa air booster dipasang di tengah instalasi pipa


Pemasangan pompa air booster pun cukup mudah. Anda bisa menggunakannya pada saluran tandon air yang terlalu tinggi agar air bisa terdistribusi lebih baik. Pompa air booster bisa juga diletakkan setelah saluran tandon agar air yang keluar dari keran dapat memancar lebih kuat.

Pertimbangkan pompa air otomatis agar lebih efektif

Saat air di dalam tandon habis, Anda perlu menghidupkan mesin pompa air. Hal ini tentu saja merepotkan, terlebih lagi jika Anda dalam kondisi terburu-buru. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan mesin pompa air otomatis. 


Dari bentuknya, tak ada perbedaan antara mesin pompa air otomatis dan manual. Bedanya, pada mesin pompa air otomatis terpasang saklar atau pressure switchCara kerja mesin pompa air otomatis pun sederhana. Saat keran dibuka, pompa air akan menyala secara otomatis sehingga tekanan air menjadi lebih besar


Ada juga mesin pompa air otomatis yang menggunakan saklar apung. Saat air di dalam tandon berkurang, mesin pompa air akan menyala secara otomatis dan mati ketika sudah terisi penuh. Dengan begitu, tandon air di rumah Anda akan selalu penuh.

Cek daya isap dan tekanannya

Cek daya isap dan tekanannya

Daya isap menunjukkan kedalaman air sumur maksimal yang bisa diisap oleh mesin pompa air. Kemampuan daya isap juga ditentukan dari jenis pompa air yang digunakan. Jika menggunakan pompa air sumur dangkal, daya isapnya biasanya maksimal 9 meter. Sementara untuk pompa air sumur dalam, daya isapnya bisa mencapai 50 meter


Sedangkan daya dorong atau tekanan adalah ketinggian maksimal antara mesin dengan ujung keran di mana air dipancarkan. Dengan mengetahui daya dorong pompa air, Anda bisa menentukan panjang dan ketinggian tandon air beserta pipanya. 

Cek daya listrik mesin pompa air

Cek daya listrik mesin pompa air

Makin besar kekuatan pompa air, makin besar pula voltasenya. Oleh karena itu, jangan sampai voltase mesin pompa air tidak sebanding dengan daya listrik rumah Anda. Selain membuat tagihan listrik membengkak, voltase pompa air yang tidak sesuai dapat mengakibatkan korsleting. Meski demikian, hindari juga voltase yang terlalu rendah karena dapat memengaruhi debit air yang dihasilkan


Sebagai gambaran, berikut rata-rata pemakaian daya listrik pada beberapa pompa air: 


  • Pompa air sumur, baik manual dan otomatis: 125–500 watt.

  • Pompa air irigasi: 125–500 watt.

  • Pompa air booster: 200–400 watt.

  • Pompa air celup: 7–25 watt.

Periksa material pada komponen pompa air

Periksa material pada komponen pompa air

Terakhir, jangan lupa untuk mengecek bahan yang digunakan pada komponen mesin pompa air. Pompa air yang menggunakan material berkualitas tentu saja membuat mesin dapat bekerja secara maksimal dan tidak mudah overheat. Meski ada kemungkinan harganya lebih mahal, kualitas yang baik akan sebanding dengan keawetan mesin. 


Anda bisa pertimbangkan bahan stainless steel pada bagian impeller agar lebih kuat dan tidak mudah retak. Sementara pada bagian lilitan motor, utamakan komponen yang berbahan tembaga. Untuk mencegah overheat, hindari bahan aluminium

10 Rekomendasi mesin pompa air terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh mesin pompa air terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 30 Juni 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, SANYO Pompa Air PD-WH200B menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Hikari Pompa Air Celup Aquarium HK-P103 memiliki angka penjualan tertinggi.

10
Jenis pompaSumur dalam manual
Daya isap maksimal40 meter
Tekanan maksimal40 meter
Kapasitas maksimal85 liter/menit
Voltase/daya370 watt
Bahan komponen100% kawat tembaga, kuningan
9
Jenis pompaIrigasi
Daya isap maksimal8 meter
Tekanan maksimal20 meter
Kapasitas maksimal 72 liter/menit
Voltase/daya370 watt
Bahan komponenTidak disebutkan
8

PanasonicPower Extra Non Auto Pump

GP-129JPX

Mulai dari Rp 608.000,00

Jenis pompaSumur dangkal manual
Daya isap maksimal9 meter
Tekanan maksimal30 meter
Kapasitas maksimal35 liter/menit
Voltase/daya125 watt
Bahan komponenTidak disebutkan
7

ShimizuPompa Otomatis With Small Pressure Tank

PS-130 BIT

Mulai dari Rp 663.000,00

Jenis pompaSumur dangkal otomatis
Daya isap maksimal9 meter
Tekanan maksimal35 meter
Kapasitas maksimal30 liter/menit
Voltase/daya125 watt
Bahan komponenGulungan motor: 100% kawat tembaga・Impeller: Kuningan
6

WasserPompa Air Dorong Booster Pump Compact

PB-218 EA

Mulai dari Rp 845.000,00

Jenis pompaBooster
Daya isap maksimalTidak disebutkan
Tekanan maksimal30 meter
Kapasitas maksimal35 liter/menit
Voltase/daya375 watt
Bahan komponenShaft: Stainless steel・Impeller & casing liner: Kuningan
5

ShimizuPompa Air Sumur Dangkal Non Otomatis

PS-116 BIT

Mulai dari Rp 429.000,00

Jenis pompaSumur dangkal manual
Daya isap maksimal9 meter
Tekanan maksimal28 meter
Kapasitas maksimal33 liter/menit
Voltase/daya125 watt
Bahan komponenGulungan motor: 100% kawat tembaga・Impeller: Kuningan
4
Jenis pompaSumur dangkal otomatis
Daya isap maksimal9 meter
Tekanan maksimal30 meter
Kapasitas maksimal31 liter/menit
Voltase/daya125 watt
Bahan komponenGulungan motor: 100% kawat tembaga
3

SANWAFlow Switch 3/4 Inch - Booster Pump

Mulai dari Rp 84.888,00

Jenis pompaBooster
Daya isap maksimalTidak disebutkan
Tekanan maksimalTidak disebutkan
Kapasitas maksimal5–7 liter/menit
Voltase/daya220–400 watt
Bahan komponenChamber: Reinforced nylon・Bodi: Kuningan・Inside spring: Stainless steel
2

Ultra-Quiet Brushless Motor Submersible Water Pump 7W/25W

HJ-500/HJ-1500

Mulai dari Rp 99.000,00

Jenis pompaCelup
Daya isap maksimalTidak disebutkan
Tekanan maksimalTidak disebutkan
Kapasitas maksimalHJ-500: 500 liter/jam・HJ-1500: 1.500 liter/jam
Voltase/dayaHJ-500: 7 watt・HJ-1500: 25 watt
Bahan komponenShell: plastik・Batang: Baja stainless・Ring: Rubber・Axis: Ceramic
1
Jenis pompaCelup
Daya isap maksimalTidak disebutkan
Tekanan maksimal1,7 meter
Kapasitas maksimal2.000 liter/jam
Voltase/daya12 watt
Bahan komponenTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk mesin pompa air terbaik

Gambar produk
1
Hikari Aquarium Product 1

Hikari

2
Ultra-Quiet Brushless Motor Submersible Water Pump 7W/25W 1

3
SANWA Flow Switch 3/4 Inch - Booster Pump 1

SANWA

4
Shimizu Pompa Otomatis 1

Shimizu

5
Shimizu Pompa Air Sumur Dangkal Non Otomatis 1

Shimizu

6
Wasser Pompa Air Dorong Booster Pump Compact  1

Wasser

7
Shimizu Pompa Otomatis With Small Pressure Tank  1

Shimizu

8
Panasonic Power Extra Non Auto Pump  1

Panasonic

9
Yamanax Pro Water Pump 1

Yamanax Pro

10
SAN-EI Pumps  1

SAN-EI

Nama produk

Aquarium Product

Ultra-Quiet Brushless Motor Submersible Water Pump 7W/25W

Flow Switch 3/4 Inch - Booster Pump

Pompa Otomatis

Pompa Air Sumur Dangkal Non Otomatis

Pompa Air Dorong Booster Pump Compact

Pompa Otomatis With Small Pressure Tank

Power Extra Non Auto Pump

Water Pump

Pumps

Keunggulan

Arah aliran airnya dapat diatur sesuai kebutuhan

Materialnya awet dan mampu menahan korosi

Bekerja maksimal membuat aliran makin deras

Berani bekerja non-stop berkat Thermal Protector

Desain bodi ramping dengan performa super

Menghasilkan air melimpah tanpa berisik

Perawatan mudah dengan sistem flange to flange

Teknologi Double Coating untuk air yang bebas karat

Fungsional untuk keperluan skala besar

Menghasilkan aliran deras dengan kapasitas melimpah

Harga mulai dariRp 55.500,00Rp 99.000,00Rp 84.888,00Rp 521.000,00Rp 429.000,00Rp 845.000,00Rp 663.000,00Rp 608.000,00Rp 805.000,00Rp 1.400.000,00
Jenis pompaCelupCelupBoosterSumur dangkal otomatisSumur dangkal manualBoosterSumur dangkal otomatisSumur dangkal manualIrigasiSumur dalam manual
Daya isap maksimalTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan9 meter9 meterTidak disebutkan9 meter9 meter8 meter40 meter
Tekanan maksimal1,7 meterTidak disebutkanTidak disebutkan30 meter28 meter30 meter35 meter30 meter20 meter40 meter
Kapasitas maksimal2.000 liter/jamHJ-500: 500 liter/jam・HJ-1500: 1.500 liter/jam5–7 liter/menit31 liter/menit33 liter/menit35 liter/menit30 liter/menit35 liter/menit 72 liter/menit85 liter/menit
Voltase/daya12 wattHJ-500: 7 watt・HJ-1500: 25 watt220–400 watt125 watt125 watt375 watt125 watt125 watt370 watt370 watt
Bahan komponenTidak disebutkanShell: plastik・Batang: Baja stainless・Ring: Rubber・Axis: CeramicChamber: Reinforced nylon・Bodi: Kuningan・Inside spring: Stainless steelGulungan motor: 100% kawat tembagaGulungan motor: 100% kawat tembaga・Impeller: Kuningan Shaft: Stainless steel・Impeller & casing liner: Kuningan Gulungan motor: 100% kawat tembaga・Impeller: KuninganTidak disebutkan Tidak disebutkan100% kawat tembaga, kuningan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi pompa air lainnya di sini

Mungkin saat ini Anda juga membutuhkan pompa air untuk kebutuhan lain. Di bawah ini, kami telah menyiapkan beberapa artikel yang mengulas pompa air akuarium dan pompa air galon elektrik. Kami juga menyiapkan alternatif merek mesin pompa air untuk kebutuhan rumah tangga. Selamat membaca! 

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan pompa air yang sesuai kebutuhan? Pada artikel ini, kami telah mengulas pompa air yang bagus untuk sumur bor, pompa air untuk kolam ikan, dan produk lainnya. Kami juga sudah menjelaskan keunggulan dan kekurangan tiap-tiap produk. 


Semoga tips dan rekomendasi kami kali ini membantu Anda memahami perbedaan jenis dan fungsi pompa air. Dengan demikian, Anda bisa menemukan mesin pompa yang cocok dan sesuai budget

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi MCB Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi MCB Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    MCB atau miniature circuit breaker adalah alat pengaman instalasi listrik yang ada di setiap rumah hingga gedung perkantoran. Alat ini umumnya terletak berdekatan dengan kWh meter PLN. Tidak jarang dalam suatu instalasi listrik diperlukan MCB tambahan untuk membagi beban daya sekaligus pengaman ganda.Ada banyak merek MCB yang populer, seperti Schneider, ABB, Merlin Gerin, Chint, Dutron, dan lainnya. Kami akan membahas tips memilih MCB listrik rumah terbaik dan merekomendasikan berbagai merek MCB yang bagus. Ada juga ukuran MCB listrik untuk 900 watt dan 1300 watt. Simak sampai tuntas, ya!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Stella Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stella Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pengharum ruangan sangat dibutuhkan untuk membuat ruangan yang apak dan berbau tidak sedap menjadi lebih segar. Salah satu merek pengharum ruangan yang sangat terkenal adalah Stella. Stella memiliki produk pengharum mobil, pengharum lemari, pengharum kamar mandi, dan pengharum ruangan otomatis Stella Matic.Terlebih lagi, varian Stella pengharum ruangan pun ada banyak, mulai dari Wild Flower, Japanese Sakura, Dream Island, Green Fantasy, Spring Garden, dan lainnya. Manakah Stella yang paling wangi? Di artikel ini kami akan membahas cara memilih Stella berikut berbagai varian produk Stella yang best seller. Yuk, disimak!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Pewangi Pakaian Downy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pewangi Pakaian Downy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun belum lama hadir di Indonesia, pewangi pakaian Downy sudah memiliki banyak penggemar. Parfum Downy memang sangat beragam dan tahan lama wanginya sehingga wajar bila disukai oleh banyak orang. Downy biru yaitu Sunrise Fresh serta Mystique atau Downy hitam merupakan dua produk yang sangat diminati. Namun, Downy tentu masih memiliki berbagai pilihan produk lain yang juga hadir dalam beragam kemasan. Anda bisa memilih Downy dalam kemasaln botol ataupun Downy sachet. Agar Anda lebih mudah menemukan pewangi Downy yang bagus, pertimbangkan cara memilih serta rekomendasi produk berikut ini. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Reed Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Reed Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara mengatasi stres adalah dengan menghirup aroma wangi dari reed diffuser. Reed diffuser merupakan pengharum ruangan yang menggunakan fragrance oil dan stik rotan. Penggunaannya praktis tanpa perlu dibakar atau disambungkan ke listrik. Belakangan ini, banyak produsen home fragrance maupun essential oil yang memproduksi reed diffuser dengan wangi yang enak dan tahan lama.Untuk itu, kami akan mengajak Anda memilih reed diffuser yang bagus dan wanginya enak. Kami juga akan me-review sepuluh produk reed diffuser terbaik dari sejumlah merek, seperti Kemayu, Camani, MINISO, dan Bayfresh. Baca artikelnya, yuk!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Pompa Submersible Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Submersible Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pompa submersible sering disebut juga dengan pompa celup. Pompa ini punya banyak jenis tergantung spesifikasi dan tujuan penggunaan. Anda bisa menggunakannya untuk akuarium, kolam, bahkan sumur bor yang dalam. Bila Anda tertarik untuk menggunakan pompa submersible, kami akan berbagi tips memilihnya kepada Anda.Tak hanya itu, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk pompa submersible dari berbagai merek yang bagus. Pompa submersible dari Shimizu, Grundfos, dan Wasser adalah beberapa contoh merek yang laris di pasaran. Semoga salah satu di antaranya cocok untuk Anda pakai!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Pompa Galon Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Galon Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pompa galon manual masih dicari karena menawarkan keunggulan yang tidak ditawarkan tipe lain. Produknya praktis digunakan sebab tidak membutuhkan sumber daya. Alhasil, Anda bisa mengaplikasikannya di mana saja dan kapan saja. Namun, banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih pompa galon nonelektrik.Untuk itu, kami akan menjelaskan tips cara memilih pompa galon manual terbaik. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk pompa galon yang bagus. Anda dapat memilih produk dari merek GSF, Kenmaster, Kris, dan lainnya. Mari temukan pompa galon manual yang sesuai kebutuhan Anda!
    Kebutuhan rumah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori