• 10 Kopi Vietnam Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Kopi Vietnam Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Kopi Vietnam Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Kopi Vietnam Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Kopi Vietnam Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Kopi Vietnam Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)

Kopi Vietnam adalah kopi dengan teknik penyeduhan khas Vietnam. Negara Vietnam merupakan produsen biji kopi robusta terbesar kedua di dunia. Jadi, tidak heran bila Vietnam terkenal dengan kopinya. Hal yang membuatnya khas adalah teknik penyeduhannya yang menggunakan dripper sehingga sering disebut kopi Vietnam drip.


Mungkin Anda ingin mencoba membuat kopi Vietnam sendiri. Kami akan mengulas kopi Vietnam yang bagus dari berbagai merek, seperti G7 Trung Nguyen, King Coffee, atau Café PHO. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Dapatkan kopi Vietnam terenak untuk menemani hari-hari Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Lalu Ahmad Alpian
  • Pembaharuan terakhir: 19 November 2021
  • 1.181 Views
Daftar isi

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop.


Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Mengenal cara minum kopi Vietnam

Mengenal cara minum kopi Vietnam

Awalnya, bangsa Prancis pertama kali membawa tanaman kopi arabika ke Vietnam pada 1857. Namun, karena kopi arabika dirasa kurang komersial, mereka menggantinya menjadi kopi robusta. Akhirnya, hingga kini pertanian kopi di Vietnam didominasi oleh kopi robusta. Bahkan, Vietnam menjadi negara penghasil kopi robusta terbesar kedua setelah Brazil dan kopi menjadi komoditas dagang utamanya.


Salah satu hal yang membuat kopi Vietnam berbeda dengan kopi lainnya adalah teknik penyeduhannya. Untuk menyajikan kopi Vietnam dibutuhkan filter khas Vietnam yang dalam bahasa Vietnam disebut phin atau secara umum disebut dripper. Karena teknik ini, kopi Vietnam disebut pula dengan kopi Vietnam drip.


Cara menyeduhnya, dripper diletakkan di atas gelas, lalu kopi akan menetes secara perlahan selama sekitar 4–5 menit. Tuangkan air panas secukupnya, lalu aduk dan nikmatilah secangkir kopi Vietnam yang menggoda. Orang Vietnam menyukai teknik menyeduh yang lambat ini karena menurut mereka waktu menunggu bisa dipakai untuk bersantai dan menikmati momen.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kopi Vietnam

Untuk mendapatkan kualitas kopi yang terbaik, jangan sampai Anda salah membeli kopi Vietnam. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda pakai untuk mencari kopi Vietnam yang enak.

Sajikan kopi Vietnam drip untuk cita rasa khas Vietnam

Sajikan kopi Vietnam drip untuk cita rasa khas Vietnam

Ciri khas kopi Vietnam adalah penyajiannya yang disaring dengan menggunakan dripper. Dengan teknik ini, ampas kopi akan tertinggal di atas dan kopi yang menetes ke cangkir itulah yang akan dinikmati.


Supaya kopi yang Anda beli lebih bercita rasa khas Vietnam, sebaiknya carilah kopi murni dan bukan kopi instan. Dengan memilih kopi murni, Anda bisa menyeduh kopi dengan takaran yang sesuai selera. Setelah itu, seduhlah kopi menggunakan dripper. Proses penyaringan inilah yang akan membuat kopi Anda makin khas kopi Vietnam.

Pilih berdasarkan bentuk kopi yang akan diseduh

Kopi yang dijual di pasaran terdiri dari dua macam, yaitu biji kopi dan bubuk kopi. Tiap-tiap produk tersebut pastinya memiliki kelebihan masing-masing yang akan membuat Anda makin menyukai kopi.

Biji kopi, untuk Anda yang menyukai rasa autentik kopi

Biji kopi, untuk Anda yang menyukai rasa autentik kopi

Bagi penggemar kopi, sebaiknya carilah biji kopi utuh. Hal ini mungkin agak merepotkan karena Anda akan membutuhkan penggiling kopi. Namun, bagi pencinta kopi, Anda akan lebih puas karena bisa menggiling kopi sendiri untuk mendapatkan tekstur yang sesuai keinginan


Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa kopi yang dinikmati adalah kopi murni tanpa campuran bahan lainnya. Kopi yang diseduh dari hasil gilingan biji kopi fresh akan memberikan rasa yang lebih otentik. Pasalnya, biji kopi tidak melalui proses oksidasi yang terlalu banyak. Jadi, kualitas kopi yang Anda seduh tetap maksimal dan rasanya jauh lebih nikmat.

Bubuk kopi, untuk Anda yang menginginkan kepraktisan

Bubuk kopi, untuk Anda yang menginginkan kepraktisan

Bagi Anda yang mencari kepraktisan, pilihlah produk yang sudah berbentuk bubuk kopi. Anda tidak perlu repot-repot menggilingnya dan bisa langsung menyeduhnya. Namun, bubuk kopi lebih rentan teroksidasi dan mudah menyerap aroma. Hal inilah yang membuat kualitas bubuk kopi kurang begitu fresh dan cita rasanya bisa berubah.


Bila Anda menginginkan bubuk kopi, kami sarankan Anda untuk memastikan bahwa isinya benar-benar kopi murni tanpa campuran bahan lainnya. Jika memungkinkan, mintalah kepada penjual hasil gilingan kopi yang sesuai kebutuhan, misalnya bubuk kopi halus, kasar, atau sedang.

Perhatikan jenis biji kopi yang dipakai

Kopi Vietnam memang berasal dari jenis biji kopi robusta. Namun, ada beberapa produsen yang menjual kopi Vietnam dari biji kopi arabika dengan teknik penyeduhan drip. Supaya Anda mendapatkan kenikmatan kopi yang sesuai selera, perhatikan jenis biji kopi sebelum membelinya.

Robusta, kadar kafein lebih tinggi dan rasanya lebih pahit

Robusta, kadar kafein lebih tinggi dan rasanya lebih pahit

Biji kopi robusta memiliki bentuk bulat dan kecil. Biji kopi robusta mengeluarkan aroma yang lebih nutty. Sementara itu, rasanya lebih netral, asam, dan lebih kuat rasa kopinya. Kopi robusta memiliki kadar kafein yang lebih tinggi, yaitu sebesar 2,7 persen dan rasanya lebih pahit. 


Jadi, pencinta kopi pahit biasanya cenderung lebih memilih kopi robusta dibandingkan arabika. Secara khusus, kami merekomendasikan kopi robusta supaya cita rasa khas kopi Vietnam bisa lebih terasa.

Arabika, kadar kafein lebih rendah dan rasanya lebih manis

Arabika, kadar kafein lebih rendah dan rasanya lebih manis

Biji kopi arabika memiliki bentuk oval dengan garis lipatan tengah yang lebih tegas. Aroma biji kopi arabika cenderung floral, sedangkan rasanya jauh lebih kaya dan seimbang. Anda bisa merasakan rasa manis, asam, dan pahit dari kopi ini.


Kadar kafein kopi arabika lebih sedikit, yaitu sebesar 1,5 persen. Kadar gula kopi arabika juga lebih tinggi dibandingkan kopi robusta. Bila Anda penggemar kopi manis, kopi arabika bisa menjadi alternatif lain untuk menikmati secangkir kopi Vietnam.

Sesuaikan varian kopi Vietnam dengan selera

Sama seperti kopi pada umumnya, Anda bisa juga menyajikan kopi Vietnam dengan varian yang berbeda-beda. Apa selera kopi favorit Anda? Pilihlah sesuai dengan suasana dan kebutuhan Anda saat itu.

Kopi Vietnam original, setia temani Anda bekerja

Kopi Vietnam original, setia temani Anda bekerja

Untuk menemani bekerja, Anda membutuhkan secangkir kopi yang bisa memberi energi. Jadi, kopi Vietnam original adalah salah satu jenis kopi yang patut dicoba. Anda hanya perlu menyeduhnya dengan dripper dan menambahkan air panas. Bubuk kopi yang dibutuhkan adalah sekitar 15–20 gram tergantung ukuran cangkir dan suhu air panas sekitar 88–90 derajat Celcius.

Kopi Vietnam susu, rasanya manis untuk pembuka pagi Anda

Kopi Vietnam susu, rasanya manis untuk pembuka pagi Anda

Untuk pembuka pagi, Anda bisa melengkapi sarapan dengan menyeruput secangkir kopi Vietnam yang manis. Gunakan saja susu atau krimer untuk menambah cita rasa manisnya. Caranya, tuangkan 2–3 sendok makan susu kental manis ke dalam gelas. Lalu, seduh bubuk kopi dengan dripper. Rasa manis dan pahit dari kopi ini pasti bisa membuat mood Anda lebih baik.

Es kopi Vietnam, siap menyegarkan siang hari Anda

Es kopi Vietnam, siap menyegarkan siang hari Anda

Untuk menyegarkan siang hari yang panas, Anda membutuhkan minuman kopi dingin yang nikmat. Sebelumnya, pilih dahulu kopi Vietnam apa yang akan dibuat, original atau susu. Lalu, buatlah kopi Vietnam pilihan Anda tersebut menggunakan dripper. Terakhir, Anda tinggal menambahkan es batu ke dalamnya. Menikmati segelas es kopi Vietnam ini pasti bisa mengembalikan semangat Anda.

10 Rekomendasi kopi Vietnam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kopi Vietnam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.

10
Berat isi19 gram x 24 saset
Jenis kopiTidak disebutkan
BentukBubuk kopi instan
9

Bach CoffeeBubuk Kopi Vietnam

Mulai dari Rp 60.000,00

Berat isi250 gram
BentukBubuk
Jenis kopiTidak disebutkan
8

Worcas Nusantara AbadiDark Roast Vietnam Coffee

Mulai dari Rp 69.000,00

Berat isi250 gram
BentukBiji kopi, bubuk sedang, halus kasar
Jenis kopiRobusta
7

Amygold OrganicsSunset Lotus Kopi Robusta Vietnam

Mulai dari Rp 40.000,00

Berat isi250 gram, 1000 gram
BentukBiji kopi, bubuk sedang, halus, kasar
Jenis kopiRobusta
6
Berat isi100 gram
BentukBubuk
Jenis kopiTidak disebutkan
5
Berat isi900 gram
BentukBiji kopi
Jenis kopiRobusta
4
Berat isi200 gram
BentukBiji kopi sangrai, bubuk kopi
Jenis kopiRobusta
3
Berat isi24 gram x 10 saset
Jenis kopiTidak disebutkan
BentukBubuk kopi instan
2

TNI CorporationKing Coffee 3 in 1 Instant Coffee

Mulai dari Rp 128.000,00

Berat isi16 gram x 20 saset
BentukBubuk kopi instan
Jenis kopiTidak disebutkan
1
Berat isi16 gram x 22 saset
BentukBubuk kopi instan
Jenis kopiRobusta

Tabel perbandingan produk kopi Vietnam terbaik

Gambar produk
1
Trung Nguyen Legend Instant Coffee G7 3 in 1 1

Trung Nguyen Legend

2
TNI Corporation King Coffee 3 in 1 Instant Coffee 1

TNI Corporation

3
MacCoffee Café PHO Sua Da 1

MacCoffee

4
Taman Delta Indonesia Kopitiam Vietnam Drip 1

Taman Delta Indonesia

5
Luce Coffee Robusta Vietnam 1

Luce Coffee

6
VCoffee Weasel Coffee 1

VCoffee

7
Amygold Organics Sunset Lotus Kopi Robusta Vietnam 1

Amygold Organics

8
Worcas Nusantara Abadi Dark Roast Vietnam Coffee 1

Worcas Nusantara Abadi

9
Bach Coffee Bubuk Kopi Vietnam 1

Bach Coffee

10
Vinacafe Wake-Up Instant Coffee 3 in 1 1

Vinacafe

Nama produk

Instant Coffee G7 3 in 1

King Coffee 3 in 1 Instant Coffee

Café PHO Sua Da

Kopitiam Vietnam Drip

Robusta Vietnam

Weasel Coffee

Sunset Lotus Kopi Robusta Vietnam

Dark Roast Vietnam Coffee

Bubuk Kopi Vietnam

Wake-Up Instant Coffee 3 in 1

Keunggulan

Kopi legendaris Vietnam yang sudah mendunia

Aromanya kuat dan rasanya nikmat khas biji kopi Vietnam

Lebih creamy, autentik kopi Vietnam asli

Sajikan kopi susu seenak buatan kafe!

Biji kopi robustanya sudah disangrai, buat rasa kopi lebih pekat

Rasakan cita rasa kopi luwak khas Vietnam

Tingkat keasamannya pas, cocok diseduh dengan teknik apa pun

Bebaskan kreasi kopi Vietnam Anda dengan hasil gilingan kopi yang beragam

Aroma fresh bercampur cokelat yang nikmat

Wanginya segar untuk mengawali hari-hari Anda

Harga mulai dariRp 79.000,00Rp 128.000,00Rp 75.000,00Rp 30.250,00Rp 95.000,00Rp 175.000,00Rp 40.000,00Rp 69.000,00Rp 60.000,00Rp 48.000,00
Berat isi16 gram x 22 saset16 gram x 20 saset24 gram x 10 saset200 gram900 gram100 gram250 gram, 1000 gram250 gram250 gram19 gram x 24 saset
BentukBubuk kopi instanBubuk kopi instanTidak disebutkanBiji kopi sangrai, bubuk kopiBiji kopiBubukBiji kopi, bubuk sedang, halus, kasarBiji kopi, bubuk sedang, halus kasarBubukTidak disebutkan
Jenis kopiRobustaTidak disebutkanBubuk kopi instanRobustaRobustaTidak disebutkanRobustaRobustaTidak disebutkanBubuk kopi instan
Tautan produk

Tips dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Tips dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Alat pertama yang sebaiknya home brewer punya adalah grinder baik manual maupun elektrik. Grinder membuka kesempatan untuk Anda mencoba berbagai ukuran gilingan dan apa saja pengaruhnya terhadap hasil seduhan. Jangan takut mencoba, ya!

Baca juga rekomendasi produk kopi lainnya di sini

Selain kopi Vietnam, beberapa jenis kopi berikut ini juga patut untuk dicoba. Kami telah mengulas rekomendasi kopi robusta, kopi arabika, kopi hijau, kopi Gayo, hingga kopi Toraja. Bacalah ulasan kami di tautan berikut ini dan dapatkan kopi nikmat lainnya.

Kesimpulan

Bila Anda adalah penggemar berat kopi, pastinya Anda tidak boleh melewatkan kopi Vietnam. Anda hanya perlu menyeduhnya dengan dripper, lalu nikmatilah kopi Vietnam sendiri di rumah. 


Semoga dari ulasan ini Anda bisa mendapatkan kopi Vietnam yang sesuai dengan selera. Sebelum membeli, cek terlebih dahulu tanggal kedaluwarsanya supaya kualitas kopi terbaik bisa Anda dapatkan. Selamat menikmati secangkir kopi Vietnam yang nikmat!

Artikel terkait

  • 10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak orang senang meminum teh hitam dalam berbagai suasana, misalnya ketika ingin bersantai. Namun, saat membeli teh hitam Anda mungkin dibingungkan dengan banyaknya pilihan dan merek yang ada.Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih teh hitam yang enak. Anda dapat membaca lebih detail mengenai jenis-jenis teh hitam beserta karakteristiknya. Merek teh hitam terbaik, mulai dari SariWangi, Dilmah, hingga Twinings juga akan kami ulas tuntas. Di artikel ini, kami juga telah bekerja sama dengan seorang konsultan dan spesialis teh bernama Muhammad Ashfiya. Mari simak terus artikel ini!
    Teh & kopi
    16.134 Views
  • 10 Teh Melati Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Melati Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh melati adalah minuman yang terkenal dengan aroma yang wangi serta rasa yang segar. Teh yang berasal dari Cina ini juga memiliki penggemarnya tersendiri di Indonesia. Sebut saja brand seperti SariWangi, Frestea, hingga Dilmah yang memproduksi teh melati yang enak.Kali ini kami akan memperkenalkan rekomendasi teh melati terbaik yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Selain itu, kami juga akan mengulas cara memilih teh melati dan memberi rekomendasi produknya. Tidak ketinggalan, tea specialist, Neysa Valeria juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Teh & kopi
    10.975 Views
  • 10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda seorang pencinta teh, sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari. Kelebihan kafein dapat membahayakan, terutama bagi wanita hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke teh tanpa kafein yang terbuat dari bahan biji-bijian atau akar tanaman.Berbagai jenis teh tanpa kafein telah beredar di pasaran, mulai dari teh gandum, jagung, hingga rooibos. Agar Anda tidak kebingungan, tea specialist, Neysa Valeria akan memberikan informasi tambahan di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan teh yang enak dari berbagai merek terkenal, seperti Yogi, Sempio, atau Traditional Medicinals. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    26.134 Views
  • 10 Merk Teh Rosella Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Rosella Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Rosella adalah bunga berwarna merah yang memiliki banyak manfaat. Rosella diolah dengan cara dikeringkan terlebih dahulu, lalu diseduh dengan segelas air hangat. Teh rosella memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga baik untuk membantu diet Anda.Apabila Anda sedang mencari teh rosella, artikel ini adalah artikel yang tepat. Kami akan memberikan beberapa rekomendasi merk teh rosella yang enak untuk dikonsumsi, seperti Darusyifa, Herbilogy, atau East Bali Cashews. Sebelumnya, ketahui dahulu manfaat rosella untuk tubuh serta hal-hal yang patut diperhatikan seperti kandungan dan harga teh rosella.
    Teh & kopi
    1.297 Views
  • 10 Merk Kopi Liberika Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Liberika Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain kopi arabika dan robusta, mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang kopi liberika. Perbedaan kopi robusta atau arabika dengan liberika terletak pada tempat penanamannya, bentuk biji, kandungan kafein, hingga karakteristik rasa dan aromanya. Budidaya kopi liberika hanya dilakukan di beberapa negara dan Indonesia termasuk salah satunya.Kekhasan kopi liberika yang membuatnya diburu banyak orang adalah aromanya yang seperti nangka. Beberapa jenis kopi liberika terkenal di Indonesia berasal dari daerah Tungkal Jambi, Banyuwangi, dan Meranti Riau. Penasaran ingin mencicipinya? Kami akan memberikan tips dan rekomendasi produknya untuk Anda di artikel ini.
    Teh & kopi
    757 Views
  • 10 Produk Excelso Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Excelso Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda pasti sudah familier dengan nama Excelso. Merk kopi yang memiliki banyak gerai kafe di Indonesia ini juga menjual kopi kemasan. Anda bisa membeli kopi kemasan Excelso langsung di gerainya, swalayan, maupun secara online.Kopi Excelso memiliki beragam varian yang enak, seperti Kalosi Toraja, Arabica Gold, dan Robusta Gold. Karena itu, kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh kopi Excelso terbaik versi kami. Selain itu, kami juga akan memberikan tips memilihnya agar sesuai dengan preferensi Anda. Selamat berburu kopi!
    Teh & kopi
    3.088 Views
  • 10 Kopi Lampung Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Lampung Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, kebiasaan minum kopi menjadi sebuah tren tersendiri, khususnya di kalangan anak muda. Nah, bagi Anda para pencinta kopi, sudahkah Anda mencicipi cita rasa kopi Lampung? Varietas kopi yang dikembangkan di provinisi Lampung ini terkenal akan rasanya yang strong dan berkarakter.Kami akan mengulas dan memberikan tips memilih kopi Lampung beserta rekomendasi produknya. Merek kopi Lampung paling enak seperti Artcofie, Arutala Coffee, dan Seven Bika juga akan kami ulas di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Simak sampai akhir, ya!
    Teh & kopi
    1.444 Views
  • 10 Merk Teh Bunga Telang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Bunga Telang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh bunga telang adalah minuman teh herbal yang berasal dari bunga telang yang dikeringkan dan berwarna biru. Minuman ini menyimpan segudang khasiat yang baik untuk tubuh. Bahkan, bunga telang kering tidak hanya bisa dibuat teh saja, tetapi juga untuk membuat nasi biru. Bunga telang memang dikenal karena warna biru alami yang berasal dari kandungan pigmen antosianin di dalamnya. Nah, bagi Anda yang mencari teh bunga telang, bacalah artikel ini hingga selesai. Kami akan mengulas rekomendasi teh bunga telang yang enak dari berbagai merek, seperti Agradaya, Genki Plant, dan Siam Elephant. 
    Teh & kopi
    533 Views
  • 10 Merk Bubuk Thai Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Bubuk Thai Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Thai tea adalah minuman teh susu kekinian dari Thailand yang disukai masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat banyak orang ketagihan. Anda sekarang bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bubuk thai tea instan, lho! Namun, bagimana cara memilih bubuk thai tea yang paling enak?Kali ini kami akan mengulas cara memilih bubuk thai tea terenak. Tak lupa, ada juga rekomendasi bubuk thai tea terbaik dari merek Thailand dan Indonesia, seperti Cha Tra Mue, Ranong, HiLo, dan Nestea. Tentunya seluruh produk rekomendasi kami dapat dibeli di sejumlah e-commerce. Yuk, disimak!
    Teh & kopi
    1.059 Views
  • 10 Merk Teh Mawar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Mawar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu jenis bunga yang bisa dijadikan teh adalah mawar. Teh mawar kering umumnya berasal dari daun teh dan bunga mawar yang teroksidasi. Tidak hanya cantik, teh mawar memiliki banyak manfaat. Aromanya yang harum juga dapat membuat suasana lebih relaks. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih teh mawar yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi teh mawar dari merk yang bagus, seperti Sariwangi, Dilmah, dan Yogi, juga akan kami ulas. Ada yang menggunakan black tea, ada juga yang white tea. Baca terus artikel ini sampai tuntas, ya!
    Teh & kopi
    156 Views
  • Artikel populer

  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
    100.764 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
    16.263 Views
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
    78.996 Views
  • 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile.Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk yang enak. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merk Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!
    Teh & kopi
    83.649 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Kapal Api telah lama menemani masyarakat Indonesia dengan aroma dan rasanya yang memikat. Merk ini merupakan produk dari Santos Jaya Abadi. Komitmennya adalah untuk memberikan kopi spesial bagi para konsumen. Ada banyak varian dari Kapal Api, yaitu kopi hitam kopi bubuk, kopi premium, kopi instan, dan kopi siap minum.Agar Anda tidak bingung dalam memilih produk kopi Kapal Api, kami akan memberikan tipsnya untuk Anda. Setelahnya, ada juga rekomendasi produk terbaiknya. Kapal Api Special, Kapal Api Signature, dan Kapal Api Easy Drip ada dalam rekomendasi kami. Mari kita mulai!
    Teh & kopi
    7.737 Views
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
    7.196 Views
  • 10 Kopi Kintamani Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Kintamani Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    Para penikmat kopi pastinya sudah tidak asing lagi dengan kopi Kintamani khas Bali. Kopi Kintamani adalah kopi yang terkenal memiliki cita rasa unik dengan sensasi citrus. Untuk Anda yang baru ingin mencoba kopi Kintamani Bali, Anda bisa membaca artikel ini terlebih dahulu.  Kami akan mengulas tentang rekomendasi produk kopi Kintamani beserta cara memilihnya. Anda akan menemukan beberapa merk kopi Kintamani arabica yang enak, seperti Otten Coffee, Tanamera Coffee, dan Sentra Kopi. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Buat Anda yang penasaran, langsung scroll ke bawah, yuk!
    Teh & kopi
    907 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori