• 10 Rekomendasi Gamepad Android Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Gamepad Android Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Gamepad Android Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Gamepad Android Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Gamepad Android Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Gamepad Android Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Menggunakan gamepad Android akan membuat permainan Anda makin kompetitif. Pasalnya, Anda tidak perlu memasukkan perintah lewat layar lagi. Tombol-tombolnya bertindak sebagai shortcut sehingga permainan Anda makin cepat. Alhasil, mengalahkan lawan bakal jadi lebih mudah.


Kali ini kami akan membagikan poin cara memilih gamepad Android terbaik untuk Anda. Rekomendasi produk dari merk yang bagus seperti Logitech dan Rexus juga ada. Ulasannya pun sudah kami siapkan. Ada yang cocok untuk smartphone, ada yang untuk Android TV. Main PUBG Mobile dengan gamepad Android via Bluetooth? Pastinya bisa. Yuk, lanjutkan membacanya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Deren Firdaus
  • Pembaharuan terakhir: 06 Mei 2021
Daftar isi

Cara memilih gamepad Android

Desain gamepad Android sangat beragam. Tiap-tiap produknya juga dibekali konektivitas berbeda. Selain itu, kompatibilitasnya dengan sistem operasi lain bervariasi. Agar Anda tak salah pilih, simak penjabaran poin cara memilihnya dari kami di bawah ini.

Periksa konektivitas gamepad Android

Produk yang beredar di pasaran banyak menawarkan konektivitas wireless. Namun, ada juga yang menyertakan opsi konektivitas wired untuk pengalaman berbeda. Anda ingin memiliki keduanya atau salah satunya? Pahami lebih dahulu perbedaannya berikut ini.

USB, lebih stabil tanpa lag

Beberapa produk dilengkapi kabel USB sebagai opsi koneksi wired. Koneksinya stabil karena tidak menimbulkan latensi. Anda pun dapat bermain game dengan lancar tanpa lag


Perlu diketahui, koneksi wired mengambil daya dari smartphone Anda. Namun, hal tersebut tentu tidak perlu dipusingkan bila Anda akan menggunakan produknya untuk Android TV.


Jika Anda ingin menjaga daya smartphone, pilihlah produk yang menggunakan koneksi USB wireless receiver. Produknya sudah dilengkapi baterai built-in atau AA. Untuk produk yang seperti ini, yang perlu Anda perhatikan adalah daya produknya. Sebagai catatan, koneksinya tidak sama stabilnya dengan produk yang memakai kabel karena menggunakan frekuensi 2,4 Ghz. 

Bluetooth, lebih praktis tanpa kabel

Salah satu keunggulan koneksi Bluetooth adalah bebas kabel. Anda tidak direpotkan dengan kabel yang melilit atau bahkan menghalangi tombol. Namun, koneksinya dapat terganggu karena menggunakan frekuensi 2,4 Ghz. Versi Bluetooth yang lebih tinggi menawarkan koneksi lebih stabil. Jadi, jangan lupa untuk turut memperhitungkan versi Bluetooth produknya.


Seperti halnya USB wireless receiver, produk dengan koneksi Bluetooth perlu diperiksa dayanya. Kami merekomendasikan produk yang dapat digunakan lebih dari 10 jam dengan satu kali pengisian penuh. Dengan begitu, Anda tidak perlu bolak-balik mengisi dayanya setelah digunakan. Anda pun dapat bermain game lama-lama dengan tenang.

Pilih gamepad Android berdasarkan modelnya

Semua gamepad Android tentu akan mendukung perangkat yang dijalankan dengan sistem operasi tersebut. Namun, tiap perangkat membutuhkan model yang berbeda. Ada yang untuk smartphone, ada juga yang untuk Android TV. Yuk, pahami masing-masing karakteristiknya.

Untuk smartphone, pastikan ada penyangga smartphone

Bermain game pada smartphone menggunakan gamepad Android akan lebih nyaman dengan produk yang dilengkapi penyangga. Karena layar smartphone relatif kecil, Anda perlu membuatnya sedekat mungkin dengan gamepad. Nah, penyangga pada produk berfungsi untuk menempelkan smartphone Anda. Bermain game pun jadi lebih leluasa.


Hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih model ini adalah kompatibilitasnya dengan ukuran perangkat. Tiap produk memiliki panjang maksimal yang berbeda. Ada yang sanggup menyangga smartphone berukuran layar hingga 6,8 inci, ada juga yang khusus untuk tablet. Jadi, pastikan produknya kompatibel dengan perangkat Anda. 

Untuk Android TV, lebih nyaman dengan model joystick

Android TV tentu menawarkan layar yang lebih besar daripada smartphone. Jadi, Anda perlu menggunakan model gamepad yang sesuai. Produk khusus untuk smartphone terlalu compact jika digunakan untuk Android TV. Pilihlah produk yang menggunakan model joystick supaya Anda dapat bermain game dengan nyaman layaknya pada konsol game.


Model joystick memiliki desain seperti controller konsol game pada umumnya. Apakah Anda ingin menggunakannya untuk smartphone karena sudah terbiasa? Tentu saja bisa! Beberapa produk dilengkapi penyangga untuk menempelkan smartphone Anda. Jadi, pengalaman bermain game pada konsol dapat Anda pindahkan ke smartphone.

Periksa OS lain yang didukung gamepad Android

Apabila Anda ingin menggunakan gamepad Android untuk beberapa perangkat berbeda, periksalah operating system (OS) yang didukung produknya. Beberapa produk masih dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakan OS berbeda. Opsinya bahkan bisa lebih dari dua. Pastikan semua OS yang didukung sesuai dengan perangkat Anda.


Produk yang mendukung beberapa OS sekaligus juga akan memudahkan Anda saat mengganti atau membeli perangkat baru. Anda tidak perlu membeli gamepad lagi untuk perangkat lain yang berbeda OS. Beberapa produk juga kompatibel dengan konsol game, lho. Sesuaikan saja dengan konsol Anda untuk memiliki gamepad tambahan!

Carilah informasi mengenai game yang kompatibel, misalnya PUBG

Tentunya Anda ingin segera menggunakan gamepad Android untuk memainkan game favorit Anda, bukan? Namun, tidak semua game dapat dimainkan dengan gamepad. Sebagai contoh, PUBG Mobile belum dapat dimainkan dengan gamepad secara penuh. Produknya dapat terhubung dengan game, tetapi fungsinya hanya terbatas pada d-pad.


Anda hanya dapat menggerakkan karakter di dalam game tanpa bisa memasukkan perintah lainnya. Aplikasi pihak ketiga memang dapat digunakan untuk key mapping. Namun, Tencent selaku pengembang PUBG Mobile melarang aktivitas tersebut. Jadi, pastikan lebih dahulu apakah game favorit Anda dapat dimainkan dengan gamepad.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi gamepad Android terbaik

Sekarang saatnya bagi Anda untuk memilih gamepad Android terbaik. Rekomendasi produknya sudah kami siapkan untuk Anda, lho. Tiap-tiap produk juga telah kami ulas untuk menjadi bahan pertimbangan Anda. Silakan pilih yang sesuai kebutuhan Anda!

10
KonektivitasBluetooth 4.0
Sistem operasi lainiOS, Windows, PS3
Daya40 jam
PenyanggaYa (hingga 6,8 inci)
9
KonektivitasUSB wireless receiver
Sistem operasi lainWindows, Steam
DayaTidak tercantum
PenyanggaTidak
8

RexusGladius Gamepad Wireless Mobile

GX200

Mulai dari Rp 499.000,00

KonektivitasBluetooth 4.0
Sistem operasi lainiOS
Daya14 jam
PenyanggaYa
7
KonektivitasUSB-C
Sistem operasi lainX
DayaX
PenyanggaYa (hingga 6,8 inci)
6
KonektivitasBluetooth 4.0, USB-C
Sistem operasi lainWindows, macOS, Switch
Daya18 jam
PenyanggaTidak
5

iPegaExtending Game Controller

PG-9023

Mulai dari Rp 250.000,00

KonektivitasBluetooth 3.0
Sistem operasi lainX
Daya20 jam
PenyanggaYa (hingga 10 inci)
4

GuliKitKingkong Pro Controller

NS09

Mulai dari Rp 489.000,00

KonektivitasBluetooth, USB-C
Sistem operasi lainNintendo Switch, Windows
Daya14 jam
PenyanggaTidak
3
KonektivitasBluetooth 4.0, USB wireless receiver
Sistem operasi lainWindows, Steam
DayaTidak tercantum
PenyanggaYa
2

SaitakeDirect-Play BT Wireless Gamepad

STK-7007F1

Mulai dari Rp 420.000,00

KonektivitasBluetooth 4.0
Sistem operasi lainiOS, Windows
Daya12 jam
PenyanggaYa (hingga 7 inci)
1

GameSirG4 Pro Multi-Platform Game Controller

Mulai dari Rp 525.000,00

KonektivitasBluetooth, USB wireless receiver, USB-C
Sistem operasi lainiOS, Windows, Switch
DayaTidak tercantum
PenyanggaYa

Tabel perbandingan produk gamepad Android terbaik

Gambar produk
1
GameSir G4 Pro Multi-Platform Game Controller 1

GameSir

2
Saitake Direct-Play BT Wireless Gamepad 1

Saitake

3
Flydigi Apex Wireless Controller 1

Flydigi

4
GuliKit Kingkong Pro Controller 1

GuliKit

5
iPega Extending Game Controller 1

iPega

6
8BitDo Pro Bluetooth gamepad 1

8BitDo

7
Razer Kishi for Android 1

Razer

8
Rexus Gladius Gamepad Wireless Mobile  1

Rexus

9
Logitech F710 Wireless Gamepad 1

Logitech

10
Mocute Gamepad Bluetooth 1

Mocute

Nama produk

G4 Pro Multi-Platform Game Controller

Direct-Play BT Wireless Gamepad

Apex Wireless Controller

Kingkong Pro Controller

Extending Game Controller

Pro Bluetooth gamepad

Kishi for Android

Gladius Gamepad Wireless Mobile

F710 Wireless Gamepad

Gamepad Bluetooth

Keunggulan

Lebih ringkas dengan penyangga built-in

Bisa dialihfungsikan menjadi joystick!

Banyak tombol untuk main MOBA

Gamepad pintar yang bisa mengulang perintah

Sanggup menyangga tablet hingga 10 inci

Desain klasik yang tak lekang oleh zaman

Menyulap smartphone Anda menjadi konsol handheld

Dilengkapi penyangga, bisa untuk apa saja

Sama asyiknya seperti bermain dengan controller PS4

Main PUBG Mobile tanpa khawatir mengenai daya

Harga mulai dariRp 525.000,00Rp 420.000,00Rp 799.000,00Rp 489.000,00Rp 250.000,00Rp 459.000,00Rp 1.286.000,00Rp 499.000,00Rp 749.000,00Rp 155.000,00
KonektivitasBluetooth, USB wireless receiver, USB-CBluetooth 4.0Bluetooth 4.0, USB wireless receiverBluetooth, USB-CBluetooth 3.0Bluetooth 4.0, USB-CUSB-CBluetooth 4.0USB wireless receiverBluetooth 4.0
Sistem operasi lainiOS, Windows, SwitchiOS, WindowsWindows, SteamNintendo Switch, WindowsXWindows, macOS, SwitchXiOSWindows, SteamiOS, Windows, PS3
DayaTidak tercantum12 jamTidak tercantum14 jam20 jam18 jamX14 jamTidak tercantum40 jam
PenyanggaYaYa (hingga 7 inci)YaTidakYa (hingga 10 inci)TidakYa (hingga 6,8 inci)YaTidakYa (hingga 6,8 inci)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk periferal gaming lainnya di sini

Bukan hanya gamepad Android yang membuat Anda makin kompetitif. Produk lainnya seperti headset juga akan meningkatkan pengalaman gaming Anda. Kami pun sudah menyiapkan rekomendasi produknya. Periferal gaming lainnya juga ada, lho. Produknya sudah kami ulas satu per satu untuk Anda. Yuk, telusuri semuanya pada link berikut ini.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan gamepad Android yang sesuai kebutuhan? Tergantung perangkat yang Anda gunakan, Anda membutuhkan model gamepad yang berbeda. Ada yang pas untuk smartphone, Android TV, bahkan keduanya.


Periksa juga konektivitasnya agar sesuai dengan perangkat Anda. Jika ingin dipakai untuk beberapa perangkat, perhatikan kompatibilitasnya dengan OS lain. Selain itu, pastikan apakah game favorit Anda mendukung gamepad atau tidak. Gamepad Android terbaik tentu akan membuat permainan Anda makin kompetitif!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dengan menggunakan earphone gaming, Anda dapat menyelami dunia game lebih dalam. Tak hanya itu, saat bermain game TPS dan FPS, Anda dapat mendengarkan suara sekecil apa pun. Saat ini, ada banyak merk earphone gaming yang bagus dan terkadang membuat Anda bingung dalam memilih.Melalui artikel ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk-produk terkenal, seperti JBL, SoundPEATS, Razer, dan lainnya. Tak hanya itu, kami juga akan menyajikan tips memilih earphone yang cocok untuk menemani Anda bermain game. Temukan produk pilihan Anda di sini!
    Aksesori mobile gaming
  • 10 Rekomendasi Kipas HP Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kipas HP Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kendala apa yang Anda alami saat bermain mobile game? Jika HP cepat panas, Anda memerlukan kipas HP. Pasalnya, Anda tentu akan merasa waswas bila suhu HP tak kunjung turun. Dengan kipas HP, Anda tak perlu khawatir pada kendala tersebut.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kipas HP terbaik, serta membagikan rekomendasi produk beserta ulasannya. Di dalamnya terdapat produk dari merek yang bagus, seperti ASUS, Black Shark, dan lainnya. Produknya cocok untuk berbagai HP Android atau iOS, lho. Xiaomi, ROG Phone, atau iPhone, semuanya bisa. Yuk, dilanjutkan membacanya!
    Aksesori mobile gaming
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Jempol Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sarung Tangan Jempol Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saking serunya, jari Anda bisa berkeringat saat main Free Fire (FF) atau Mobile Legend (ML). Layar yang basah pastinya mengganggu performa Anda, bukan? Pasalnya, sensitivitas layar bisa menurun. Nah, kenapa tidak memakai sarung tangan jempol saja? Produknya dapat menyerap keringat jari, lho.Kini sudah tersedia sarung tangan jempol dari berbagai merek yang bagus, seperti Flydigi, GameSir, dan lainnya. Agar Anda mendapat produk terbaik, kami akan membagikan cara memilihnya. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk beserta ulasannya untuk Anda. Yuk, simak artikel ini sampai tuntas agar pengalaman gaming Anda makin maksimal!
    Aksesori mobile gaming
  • 10 Gaming Headset Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    10 Gaming Headset Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    Menggunakan headphone saja tentu belum terasa cukup sebagai perangkat audio saat bermain game. Anda perlu menggunakan gaming headset untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Produknya memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan teman satu tim.Merek headset gaming terbaik seperti Logitech, Asus, Razer, dan lainnya banyak digunakan para gamer. Produknya ada yang menggunakan kabel, ada juga yang wireless via Bluetooth. Kami akan menjelaskan cara memilih gaming headset yang bagus untuk Anda. Rekomendasi produk beserta ulasannya juga sudah kami siapkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak sampai habis, ya!
    Aksesori mobile gaming
  • 10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki konsol game yang tepat akan memberi pengalaman gaming maksimal. Tak melulu soal audio jernih atau grafis tajam, konsol game jadul juga menawarkan kenikmatan tersendiri bagi beberapa orang. Bahkan, game Android dan iOS bisa Anda nikmati di layar televisi.Produk konsol game bervariasi, dari yang terpasang di rumah hingga yang portable. Kami akan memandu Anda memilih konsol game yang sesuai kebutuhan. Tak lupa, kami juga telah mengulas rekomendasi produknya untuk Anda. Ada konsol dari Nintendo, Sony, dan lainnya. Simak artikel ini untuk menemukannya.
    Game console
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori