• 10 Serum Anti-aging Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Serum Anti-aging Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Serum Anti-aging Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Serum Anti-aging Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Serum Anti-aging Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Serum Anti-aging Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Munculnya keriput, garis halus, hingga kulit kendur merupakan hal alami yang terjadi seiring bertambahnya usia. Untungnya, Anda bisa memperlambat laju penuaan kulit dengan serum anti-aging. Serum anti-aging hadir dengan formula yang beragam, ada yang untuk remaja, untuk kulit sensitif, hingga untuk kulit berminyak. Serum yang bagus dan murah juga ada, lho! 


Kali ini, kami ingin membahas cara memilih serum anti-aging yang bagus. Rekomendasi dari merek-merek terbaik seperti Wardah, Avoskin, hingga The Ordinary telah kami siapkan. Simak juga tips memilih serum dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya. 

Pentingnya penggunaan serum anti-aging

Pentingnya penggunaan serum anti-aging

Pertambahan usia terkadang menjadi momok tersendiri, terutama bagi wanita. Bukan hanya kondisi tubuh yang menurun, tetapi kesehatan kulit wajah juga menjadi masalah. Kemunculan keriput, garis halus, hingga berbagai permasalahan kulit lainnya merupakan pertanda kulit mulai mengalami penuaan.


Parahnya lagi, saat ini proses penuaan kulit tidak hanya dipengaruhi oleh usia seseorang. Faktor eksternal, seperti sinar matahari, aktivitas yang memicu stres, hingga junk food bisa mempercepat laju penuaan kulit.


Meski tidak bisa dihindari, bukan berarti Anda hanya pasrah menerimanya. Dengan makin berkembangnya teknologi, termasuk teknologi kecantikan, para produsen skincare pun mulai mengembangkan serum anti-aging.


Penggunaan serum anti-aging diyakini bisa memperlambat munculnya keriput, garis halus, dan berbagai tanda penuaan kulit lainnya. Serum anti-aging bahkan dapat membantu mengembalikan keelastisan kulit sehingga wajah akan terasa lebih kenyal dan sehat. Pertambahan usia pun tak akan lagi menjadi penghalang untuk selalu tampil awet muda.


Anda pasti sudah tidak sabar ingin mencoba serum anti-aging, bukan? Sebelumnya, mari simak penjelasan kami di bawah ini!

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Serum sangat direkomendasikan untuk perawatan anti-aging berkat desain khusus untuk menghantarkan bahan aktif berkonsentrasi tinggi masuk ke dalam kulit. Karena itulah, serum merupakan tambahan yang penting dalam ritual skincare anti-aging harian, baik pagi maupun malam hari.


Fungsi serum juga beragam sesuai dengan spesifikasi kandungannya. Namun, secara umum serum wajah berfungsi untuk meremajakan kulit dengan merangsang produksi kolagen dan elastin baru. Selain itu, serum juga berfungsi sebagai antioksidan dengan mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat sinar matahari.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum anti-aging

Pada bagian ini, kami akan menjabarkan beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat memilih serum anti-aging. Mari pahami dengan saksama agar Anda tidak salah saat memilih produk.

Pilih berdasarkan tingkatan usia

Setiap tingkatan usia tentu memiliki kesehatan kulit yang berbeda. Masalah kulit yang dialami juga tentunya tidak sama. Karena itu, Anda membutuhkan serum anti-aging sesuai dengan tingkatan usia agar kandungannya dapat memberikan hasil yang maksimal.

Usia 20-an: Kondisi kulit masih prima dan belum banyak masalah

Usia 20-an: Kondisi kulit masih prima dan belum banyak masalah

Pada usia dua puluhan, Anda sedang mengalami masa transisi antara remaja ke orang dewasa. Anda sudah tidak mengalami pubertas sehingga kondisi kulit sedang prima dan jarang bermasalah. Tanda-tanda penuaan kulit pun belum tampak. Oleh sebab itu, asalkan merawat kulit dengan rutin, tanda penuaan bisa makin diperlambat kemunculannya.


Namun, usia dua puluhan juga merupakan masa ketika Anda sedang aktif dan banyak kegiatan. Karena itu, perawatan kulit pada usia ini akan sangat menentukan kesehatannya pada masa depan. 


Untuk Anda yang berusia dua puluhan, kami sarankan Anda memilih serum anti-aging yang banyak mengandung bahan pelindung kulit. Tujuannya agar kulit Anda bisa terlindungi dengan maksimal meski sedang aktif berkegiatan. Sebisa mungkin, pilih juga serum yang formulanya ringan sehingga tidak membebani kulit.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Serum yang kaya probiotik dan prebiotic microbiome sedang menjadi tren saat ini. Serum ini merupakan salah satu opsi yang baik untuk digunakan saat Anda berusia 20-an tanpa banyak masalah kulit. Serum ini akan mengembalikan kesehatan kulit dan menjaga keseimbangan mikrobiota kulit. Pilihlah serum yang bertekstur ringan sehingga nyaman digunakan tiap hari.   

Usia 30-an: Kulit mulai stres akibat tekanan lingkungan

Usia 30-an: Kulit mulai stres akibat tekanan lingkungan

Pada usia tiga puluhan, masalah kulit mulai bermunculan karena kadar kelembapan yang menurun. Tak hanya itu, produksi sebum dan kolagen alami dalam tubuh juga mulai berkurang. Terlebih lagi bila Anda mengalami masa hamil dan melahirkan pada rentang usia ini. Secara alami, kulit akan merasa stres akibat tekanan pekerjaan dan lingkungan.


Oleh karenanya, sebaiknya Anda menganalisa masalah utama kulit yang Anda alami. Dengan begitu, Anda dapat memilih serum yang ampuh mengatasinya. Dengan serum yang berfokus pada masalah kulit, kondisi kulit akan lebih cepat membaik. Tanda penuaan kulit pun dapat ditekan kemunculannya.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Serum antioksidan direkomendasikan untuk Anda yang telah menginjak usia 30-an. Pilihlah serum yang bertekstur ringan dan cepat menyerap di kulit. Untuk hasil terbaik, gunakan serum di pagi hari sebelum mengaplikasikan sunscreen. Kandungan antioksidan dalam serum akan bekerja sinergis dengan sunscreen untuk mencegah kerusakan sel kulit akibat sinar matahari.

Usia 40-an: Waspadai gejala perubahan hormon

Usia 40-an: Waspadai gejala perubahan hormon

Pada usia empat puluhan, masalah kulit akan makin parah akibat perubahan hormon yang cukup signifikan. Terlebih, beberapa wanita memasuki masa awal menopause pada usia ini. Akibatnya, kulit akan mulai terasa sangat kering sehingga keriput. Kekenduran pun terlihat jelas.


Untuk mengatasinya, Anda harus memilih serum anti-aging yang kaya akan kandungan pelembap. Dengan begitu, kekosongan air pada kulit dapat diisi sehingga rasa kering dapat berkurang.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Serum dengan bahan aktif retinol, golden standard untuk perawatan anti-aging, adalah pilihan tepat di usia 40-an. Sayangnya, kandungan retinol cenderung memberikan efek mengeringkan kulit. Di samping itu, kulit Anda juga akan mulai terasa kering secara alami saat memasuki usia 40-an. 


Karena itulah, pastikan serum pilihan Anda mengandung pelembap yang mumpuni. Anda juga bisa mengakalinya dengan menggunakan moisturizer setelah menggunakan serum retinol. Perlu diingat juga bahwa tidak semua kandungan retinol bekerja stabil bila terkena cahaya matahari. Untuk berjaga-jaga, gunakanlah serum berkandungan retinol hanya pada malam hari.

Usia 50-an: Fokus menyehatkan kulit

Usia 50-an: Fokus menyehatkan kulit

Saat memasuki usia lima puluhan, produksi hormon estrogen sudah sangat menurun. Kelembapan alami kulit juga biasanya sudah hilang sehingga kulit terasa superkering. Tak hanya itu, lapisan pelindung alami kulit juga makin pudar. 


Tak heran, penggunaan serum anti-aging pada usia ini akan makin sulit menyamarkan tanda penuaan. Akibatnya, garis-garis halus dan keriput terlihat makin banyak dan jelas. Kekenduran pun tak bisa dihindari.


Namun, jangan putus asa! Anda masih bisa menggunakan serum anti-aging untuk memberikan tampilan kulit yang sehat. Tetap pastikan serum pilihan Anda kaya akan bahan pelembap, ya!

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Di usia 50-an, proses penuaan kulit akan berjalan lebih cepat. Untuk perawatan anti-aging yang maksimal, gunakanlah serum untuk pagi dan malam hari dengan kandungan yang berbeda.


Pilihlah serum blend antioksidan seperti vitamin C, astaxanthin, atau coenzyme Q10 untuk penggunaan pagi hari. Untuk penggunaan malam hari, pilihlah serum dengan blend collagen stimulating seperti retinol, peptida, dan growth factor


Di usia 50-an, kulit juga cenderung mengering. Jadi, pastikan serum pilihan Anda kaya pelembap atau gunakan moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit.

Sesuaikan dengan jenis kulit

Sesuaikan dengan jenis kulit

Berbeda jenis kulit, tentu berbeda pula serum anti-aging yang harus digunakan. Agar serum anti-aging dapat terserap sempurna, sebaiknya Anda memilih yang sesuai jenis kulit. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya iritasi akibat penggunaan serum yang tidak pas.


Jika Anda memiliki kulit cenderung kering, disarankan untuk memilih serum anti-aging bertekstur gel yang mengandung banyak pelembap. Dengan begitu, kondisi kulit tidak akan memburuk. Tanda penuaan pun bisa dicegah.


Untuk pemilik kulit berminyak, sebaiknya gunakan serum anti-aging yang memberi sensasi menyegarkan. Pastikan juga serum tersebut teksturnya ringan agar wajah tidak terasa lengket atau oily setelah pengaplikasian serum.


Berbeda lagi untuk kulit sensitif. Anda yang berkulit sensitif lebih baik memilih serum dengan kandungan bahan alami. Sebisa mungkin, pastikan juga tidak ada kandungan berbahaya yang dapat mengiritasi kulit, misalnya alkohol, pewangi, atau pengawet.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Serum wajah kini hadir dengan berbagai tekstur, mulai dari ringan seperti air hingga gel kental seperti emulsi. Sesuaikan serum pilihan dengan jenis kulit dan aktivitas harian Anda agar nyaman digunakan rutin tiap hari. 


Jika kulit Anda termasuk sensitif, jangan lupa lakukan patch test sebelum menggunakan serum baru. Oleskan sedikit serum di kulit belakang telinga dan diamkan selama 24 jam untuk melihat reaksinya. 

Pastikan bahan kandungannya mampu mengatasi masalah kulit

Munculnya berbagai masalah kulit merupakan pertanda kesehatan kulit makin menurun. Saat usia bertambah, kulit akan makin sulit memperbaiki kerusakannya sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan serum anti-aging dengan kandungan bahan aktif yang dibutuhkan kulit. Dengan begitu, kulit bisa terangsang untuk meregenerasi sel-selnya sehingga akan lebih cepat kembali ke kondisi prima.

Cegah dan samarkan keriput dengan bahan pelembap tinggi

Cegah dan samarkan keriput dengan bahan pelembap tinggi

Keriput dan garis halus merupakan tanda paling nyata dari proses penuaan kulit. Hal ini biasanya disebabkan kurangnya kadar air dari kulit wajah. Karena itu, Anda perlu menggunakan serum anti-aging yang kaya pelembap untuk mengisi kembali kelembapan kulit. Beberapa bahan pelembap tinggi yang sering digunakan dalam serum yakni glycerin, hyaluronic acid, argan oil, dan squalane.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Keriput pada kulit yang kering bisa tersamarkan dengan pelembap yang baik. Serum dengan bahan pelembap bisa menjadi salah satu solusinya. Untuk pemakaian harian, Anda bisa mencoba serum dengan kandungan hyaluronic acid yang mampu mengikat air seribu kali lipat! 


Saat Anda akan ber-makeup, pelembap occlusive seperti silicone dan dimethicone akan mampu menutup dan mengisi keriput halus untuk sementara. Hasil makeup-pun akan tampak lebih rata dan tidak pecah (cracking). A secret to your flawless makeup!

Tenangkan jerawat dengan bahan anti-inflamasi

Tenangkan jerawat dengan bahan anti-inflamasi

Bagi beberapa orang, jerawat merupakan masalah yang terus dialami. Kulit yang terkena iritasi seperti ini akan mudah luka. Sayangnya, seiring bertambah usia, bekas jerawat bisa tampak permanen. Untuk mengatasinya, pilihlah serum anti-aging yang mengandung bahan anti-inflamasi seperti Aloe vera, tea tree oil, atau salicylic acid. Dengan begitu, kulit yang berjerawat akan terasa lebih tenang.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Jerawat terkadang tidak hanya dialami oleh remaja, tetapi juga di usia dewasa. Pada kondisi ini, serum niacinamide merupakan pilihan utama karena fungsi gandanya sebagai anti-aging dan anti-acne. Solusi 2-in-1 untuk kulit dewasa yang masih rawan berjerawat!

Ratakan warna kulit dengan bahan pencerah

Ratakan warna kulit dengan bahan pencerah

Warna kulit yang menggelap dan tidak merata merupakan pertanda bahwa penuaan kulit sedang terjadi. Hal ini biasanya dikarenakan Anda sering berada di bawah terik matahari. Oleh karena itu, Anda tidak bisa mengabaikan hal tersebut.


Selain pemakaian sunblock yang berfungsi mencegah pengaruh sinar matahari, Anda perlu mengaplikasikan serum anti-aging dengan bahan pencerah. Dengan begitu, proses pembentukan melanin dapat diperlambat. Alhasil, kulit akan terlihat tetap sehat dan awet muda. Kojic acid, buah kiwi, dan hexylresorcinol merupakan contoh bahan yang memiliki fungsi pencerah bagi kulit.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Gunakanlah serum dengan kandungan utama aktif yang bersifat ganda sebagai brightening dan anti-aging. Beberapa kandungan dengan dua fungsi tersebut adalah:

Vitamin C

- Niacinamide

- AHA


Akan lebih baik lagi bila di dalam serum juga terkandung bahan aktif brightening pendukung lainnya seperti alpha arbutin, kojic acid, dan lainnya. Ingat juga bahwa pemakaian sunscreen SPF minimal 30 broad spectrum di pagi hari adalah wajib dan tidak boleh dilewati, ya!

10 Rekomendasi serum anti-aging terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk serum anti-aging terbaik untuk Anda. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit Anda! Sebagai catatan, produk-produk di bawah ini adalah produk rekomendasi mybest dan tidak ada hubungannya dengan dr. Dian Pratiwi.

10

UnileverPond's Age Miracle Double Serum

Mulai dari Rp 200.000,00

Bahan aktifRetinol-C complex, hexyresorcinol, vitamin B3
Bahan tambahanAlkohol, pewangi
Jenis kulitSemua jenis
Isi30 ml
9
Bahan aktifAloe vera extract, Vaccinium myrtillus fruit extract, sugar cane extract, orange extract, lemon extract, Malus domestika fruit cell culture extract, Centella asiatica extract, glycerin
Bahan tambahanPewangi
Jenis kulitNormal, kering, berminyak
Isi17 ml
8
Bahan aktifLiftonin xpress, glycosphere, kojic acid, Aloe vera extract, Borago officinalis seed oil, shea butter
Bahan tambahanAlkohol
Jenis kulitNormal, kering
Isi15 ml
7

AvoskinYour Skin Bae Lactic Acid 10% + Kiwi Fruit 5% + Niacinamide 2,5% High Dose Serum

Mulai dari Rp 129.000,00

Bahan aktifLactic acid, kiwi fruit, niacinamide, glycerin, allantoin
Bahan tambahanAlkohol
Jenis kulitNormal, kering, berminyak, sensitif
Isi30 ml
6
Bahan aktifTea tree leaf extract, niacinamide, glycerin, Eclipta prostrata extract, Coccinia indica fruit extract, madecassoside
Bahan tambahanX
Jenis kulitNormal, kering, sensitif, berjerawat
Isi50 ml
5
Bahan aktifAlgae extract, glycerin, Pseudoalteromonas exopolysaccharides, Pseudoalteromonas ferment extract, Ahnfeltia concinna extract, arginine, glycine, alanine, serine, valine, isoleucine, proline, threonine, histidine, salicylic acid
Bahan tambahanAlkohol
Jenis kulitNormal, kering, berminyak, berjerawat
Isi30 ml
4

Sensatia BotanicalsAnti-Wrinkle Serum for 50+ Years

Mulai dari Rp 360.000,00

Bahan aktifApricot oil, Borago officinalis seed oil, squalane, argan oil, evening primrose oil, rosewood oil, Citrus aurantium flower oil, Schisandra chinensis fruit extract, lavender oil, Viola odorata leaf extract
Bahan tambahanX
Jenis kulitSemua jenis
Isi20 ml
3

InnisfreeJeju Pomegranate Revitalizing Serum

Mulai dari Rp 430.000,00

Bahan aktifSqualane, Punica granatum seed oil, Punica granatum fruit extract, Punica granatum flower extract, glycerin
Bahan tambahanPewangi
Jenis kulitNormal, kering
Isi50 ml
2

The Body ShopDrops of Youth Youth Concentrate

Mulai dari Rp 320.000,00

Bahan aktifSodium hyaluronate, salicylic acid, Crithmum maritimum extract, moringa seed oil, mallow flower extract, edelweiss, glycerin
Bahan tambahanAlkohol, pewangi
Jenis kulitNormal, kering, berminyak, berjerawat
Isi30 ml
1

MamondeRed Energy Recovery Serum

Mulai dari Rp 450.000,00

Bahan aktifRosa canina fruit extract, Punica granatum flower extract, Punica granatum fruit extract, betaine, niacinamide, sodium hyaluronate, glycerin
Bahan tambahanAlkohol, pewangi
Jenis kulitNormal, kering
Isi30 ml

Tabel perbandingan produk serum anti-aging terbaik

Gambar produk
1
Mamonde Red Energy Recovery Serum 1

Mamonde

2
The Body Shop Drops of Youth Youth Concentrate 1

The Body Shop

3
Innisfree Jeju Pomegranate Revitalizing Serum 1

Innisfree

4
Sensatia Botanicals Anti-Wrinkle Serum for 50+ Years 1

Sensatia Botanicals

5
The Ordinary Marine Hyaluronics 1

The Ordinary

6
Some by Mi Red Teatree Cicassoside Serum 1

Some by Mi

7
Avoskin Your Skin Bae Lactic Acid 10% + Kiwi Fruit 5% + Niacinamide 2,5% High Dose Serum 1

Avoskin

8
Ms Glow Lifting Glow Serum 1

Ms Glow

9
Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum 1

Wardah

10
Unilever Pond's Age Miracle Double Serum 1

Unilever

Nama produk

Red Energy Recovery Serum

Drops of Youth Youth Concentrate

Jeju Pomegranate Revitalizing Serum

Anti-Wrinkle Serum for 50+ Years

Marine Hyaluronics

Red Teatree Cicassoside Serum

Your Skin Bae Lactic Acid 10% + Kiwi Fruit 5% + Niacinamide 2,5% High Dose Serum

Lifting Glow Serum

Renew You Anti Aging Intensive Serum

Pond's Age Miracle Double Serum

Keunggulan

Salah satu produk terbaik di dunia! Kembalikan kekenyalan kulit dalam lima hari

Cegah kekeringan pada kulit akibat udara dingin

Aktif menutrisi kulit saat beraktivitas

Kandungan bahan alami yang bagus untuk kulit sensitif

Sahabat terbaik bagi kulit berminyak Anda

Tenangkan kulit meski cuaca sangat panas

Beraktivitas di bawah sinar matahari? Tak takut lagi!

Kecilkan pori-pori yang tampak membesar

Serum anti-aging yang bagus, tetapi tak bikin bangkrut

Mengandung lebih banyak bahan pencerah

Harga mulai dariRp 450.000,00Rp 320.000,00Rp 430.000,00Rp 360.000,00Rp 129.000,00Rp 130.000,00Rp 129.000,00Rp 150.000,00Rp 81.000,00Rp 200.000,00
Bahan aktifRosa canina fruit extract, Punica granatum flower extract, Punica granatum fruit extract, betaine, niacinamide, sodium hyaluronate, glycerinSodium hyaluronate, salicylic acid, Crithmum maritimum extract, moringa seed oil, mallow flower extract, edelweiss, glycerinSqualane, Punica granatum seed oil, Punica granatum fruit extract, Punica granatum flower extract, glycerinApricot oil, Borago officinalis seed oil, squalane, argan oil, evening primrose oil, rosewood oil, Citrus aurantium flower oil, Schisandra chinensis fruit extract, lavender oil, Viola odorata leaf extractAlgae extract, glycerin, Pseudoalteromonas exopolysaccharides, Pseudoalteromonas ferment extract, Ahnfeltia concinna extract, arginine, glycine, alanine, serine, valine, isoleucine, proline, threonine, histidine, salicylic acidTea tree leaf extract, niacinamide, glycerin, Eclipta prostrata extract, Coccinia indica fruit extract, madecassosideLactic acid, kiwi fruit, niacinamide, glycerin, allantoinLiftonin xpress, glycosphere, kojic acid, Aloe vera extract, Borago officinalis seed oil, shea butterAloe vera extract, Vaccinium myrtillus fruit extract, sugar cane extract, orange extract, lemon extract, Malus domestika fruit cell culture extract, Centella asiatica extract, glycerinRetinol-C complex, hexyresorcinol, vitamin B3
Bahan tambahanAlkohol, pewangiAlkohol, pewangiPewangiXAlkoholXAlkoholAlkoholPewangiAlkohol, pewangi
Jenis kulitNormal, keringNormal, kering, berminyak, berjerawatNormal, keringSemua jenisNormal, kering, berminyak, berjerawatNormal, kering, sensitif, berjerawatNormal, kering, berminyak, sensitifNormal, keringNormal, kering, berminyakSemua jenis
Isi30 ml30 ml50 ml20 ml30 ml50 ml30 ml15 ml17 ml30 ml
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Konsentrat bahan aktif yang terkandung di dalam serum menjadikannya sebagai must-have item untuk perawatan anti-aging. Ingatlah bahwa tidak ada satu serum yang mengandung semua bahan anti-aging secara komplet. Akali dengan memilih dua serum anti-aging yang memiliki bahan aktif berbeda


Pakailah satu serum di pagi hari sebelum moisturizer atau sunscreen. Lalu, pakailah satu serum lagi di malam hari sebelum moisturizer malam. Say hello to your younger skin!

Baca juga rekomendasi produk anti-aging lainnya di sini

Untuk mendapatkan tampilan kulit yang senantiasa sehat dan tampak muda, penggunaan serum anti-aging saja tentu belum cukup. Anda perlu menambahkan beberapa produk perawatan kulit agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sebut saja essence, krim wajah, eye cream, hingga serum untuk bibir. Semuanya tentu harus merupakan produk yang ditujukan untuk melawan penuaan pada kulit, ya! Selengkapnya, mari kunjungi artikel-artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Meski merupakan hal yang alami terjadi, bukan berarti Anda tidak bisa memperlambat laju penuaan kulit. Dengan memakai serum anti-aging yang bagus dan tepat, Anda bisa tampak awet muda lebih lama.


Nah, bagaimana artikel serum anti-aging kami kali ini? Setelah membaca artikel ini, semoga Anda bisa menentukan produk yang tepat untuk digunakan dengan rutin. Selamat bebelanja dan mari dapatkan kulit idaman pada masa tua!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • Review: 10 Rekomendasi Pembersih Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Review: 10 Rekomendasi Pembersih Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pembersih wajah atau face cleanser berperan penting untuk membersihkan makeup. Anda bisa mendapatkan pembersih wajah yang bagus dalam berbagai jenis, mulai dari oil, gel, milk, sampai balm. Tiap tipe pembersih memiliki karakteristik dan kemampuan yang berbeda.Kali ini, mybest original review akan memverifikasi pembersih wajah yang beredar di pasaran. Review ini dilakukan oleh tim editorial mybest di Jepang dengan tiga poin yang menjadi tolok ukur:1. Kemampuan membersihkan2. Kemampuan melembapkan3. Kandungan bahanSetelah itu, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik pilihan mybest. Sejumlah merk, seperti Bioré, Cow Brand, sampai COVERMARK ada di sini! Semoga review ini bisa membantu Anda saat memilih.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori