1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. Home entertainment
  6. >
  7. 10 Subwoofer Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Subwoofer Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Subwoofer Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Subwoofer Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Subwoofer Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Subwoofer Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Subwoofer Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Beberapa orang pasti sudah familier dengan subwoofer. Namun, apa itu subwoofer? Subwoofer adalah jenis speaker yang berfungsi untuk memutar suara dengan frekuensi rendah atau bass. Terdapat beberapa merek subwoofer terbaik yang beredar di pasaran, seperti Simbadda, JBL, Yamaha, dan lainnya.

Subwoofer tersedia dalam beberapa ukuran, seperti 12 inci, 10 inci, dan masih banyak lagi. Anda mungkin bingung memilih subwoofer yang bagus untuk rumah Anda. Karena itu, kami akan membagikan cara memilih serta rekomendasi subwoofer terbaik. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.

Diperbaharui 09-22-2022
Pakar
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio. Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Profil Dennis Novriandi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih subwoofer

Terdapat beragam faktor yang harus diperhatikan saat memilih subwoofer. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan cara memilih subwoofer di bawah ini!

① Pilih subwoofer berdasarkan jenisnya

Subwoofer adalah salah satu jenis speaker sehingga memiliki cara kerja yang sama dengan speaker. Jadi, sebelum membeli subwoofer, paling tidak Anda harus mengetahui jenisnya. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui fungsi subwoofer lebih baik sehingga dapat menentukan subwoofer sesuai keinginan Anda. Untuk lebih lanjut, simak penjelasan berikut.

Subwoofer aktif, pengunaannya lebih praktis

Subwoofer aktif, pengunaannya lebih praktis

Subwoofer aktif adalah subwoofer yang di dalamnya sudah tertanam amplifier sehingga praktis untuk digunakan. Anda dapat langsung menghubungkan subwoofer dengan sumber suara atau gawai Anda untuk memutar musik. Daya yang digunakan subwoofer aktif pun tidak terlalu besar. Jadi, subwoofer tipe ini cocok untuk penggunaan harian di rumah.


Selain untuk penggunaan harian, subwoofer jenis ini umumnya banyak digunakan di mobil. Bagi Anda yang mencari subwoofer untuk penggunaan harian dengan tampilan ringkas, subwoofer aktif cocok untuk dipilih.


Meski praktis, subwoofer ini tidak bisa menggunakan satu power amplifier untuk multichannel. Karena itu, subwoofer aktif juga cocok untuk Anda yang tidak mau repot dengan rangkaian instalasi.

Subwoofer pasif, untuk hasil suara berkualitas tinggi

Subwoofer pasif, untuk hasil suara berkualitas tinggi

Anda menyukai suara dengan kualitas audio yang jernih? Jika iya, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan subwoofer pasif. Hal lain yang harus Anda perhatikan ialah subwoofer pasif tidak memiliki amplifier yang tertanam di dalamnya. Namun, subwoofer pasif bisa dikonfigurasi menggunakan power amplifier dengan multisubwoofer tergantung dari kualitas power amplifier-nya.


Subwoofer pasif dapat menghasilkan suara dengan kualitas audio yang baik dengan bantuan amplifier eksternal. Umumnya jenis ini digunakan di home theater atau bioskop saat Anda membutuhkan suara dengan range atau efek tambahan.


Jika Anda menggunakan subwoofer pasif, Anda dapat mengatur sendiri jumlah speaker yang digunakan dengan daya yang sesuai. Tentunya hal tersebut tidak dapat dilakukan jika Anda menggunakan subwoofer aktif.

② Untuk mendapatkan suara yang diinginkan, perhatikan spesifikasinya

Untuk mendapatkan suara yang diinginkan, perhatikan spesifikasinya

Untuk mendapatkan subwoofer yang sesuai dengan selera, Anda harus mengetahui spesifikasinya terlebih dahulu. Dengan mengetahui spesifikasi, Anda dapat memahami kemampuan yang dimiliki oleh subwoofer Anda. Hal-hal mendasar tentang spesifikasi yang harus anda pahami adalah SPL, impedansi, dan respons frekuensi loudspeaker.


  • Sensitivitas/SPL (sound pressure level) digunakan untuk mengetahui senyaring apa suara yang dapat dikeluarkan oleh subwoofer. SPL diukur dalam satuan dB (desibel). Lebih mudahnya, Anda dapat menggunakan tingkat sensitivitas/SPL di bawah 90 dB untuk di dalam ruangan. Sementara itu, untuk di ruang terbuka seperti lapangan, Anda dapat menggunakan sensitivitas di atas 90 dB.

  • Impedansi diukur dalam ohm (Ω) dan mempengaruhi kerja audio. Ini karena impedansi adalah ukuran resistansi pada sumber arus bolak-balik (AC). Aliran tersebut memengaruhi daya maksimal yang dapat dikeluarkan suatu rangkaian. Ukuran impedansi ideal pada subwoofer sekitar 6–8 ohm. Namun, akan lebih baik jika kemampuan yang dimiliki oleh amplifier seimbang dengan impedansi subwoofer. 

  • Respons frekuensi diukur dalam hertz (Hz) dan menunjukkan seberapa rendah dan tinggi suara yang dapat dimainkan. Makin rendah angka yang dimiliki, suara bass akan makin baik. Sebaliknya, makin tinggi angkanya, suara treble-nya yang akan terdengar makin jelas.

Selain itu, Anda tentu memerlukan ilmu untuk membaca technical spesifikasinya demi mendapatkan subwoofer yang bagus. Tidak hanya ketiga hal di atas, Anda juga perlu memperhatikan bahan box, impedance, noise level, headroom, dan range frequency. Sampai di sini, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran seperti apa subwoofer yang Anda butuhkan?

③ Perhatikan kualitas box-nya

Perhatikan kualitas box-nya

Banyak sekali orang yang melupakan pentingnya box subwoofer, padahal box subwoofer dapat memengaruhi kualitas suara. Box subwoofer tidak boleh dibuat sembarangan karena terdapat perhitungan khusus yang harus disesuaikan dengan volume box dari speaker utama. Kualitas dari box sangat penting karena dapat memengaruhi kualitas dari subwoofer


Contohnya, jika Anda memiliki subwoofer yang baik, tetapi kualitas box-nya kurang bagus, ia akan memengaruhi suara yang dihasilkan. Hal tersebut dikarenakan box bisa saja ikut bergetar saat subwoofer dinyalakan sehingga nada bass yang dikeluarkan ikut terpengaruh.


Bass frequency biasanya juga dipengaruhi oleh rambatan bass. Karena itu, Anda perlu memilih box subwoofer yang berbahan kokoh. Bahan yang pas untuk dijadikan box adalah kayu, tripleks, atau MDF. Selain itu, perhatikan pula range frequency dari subwoofer dan frequency curve-nya.

④ Sesuaikan ukuran subwoofer dengan penempatannya

Sesuaikan ukuran subwoofer dengan penempatannya

Saat akan membeli subwoofer, Anda juga harus mempertimbangkan penempatannya terlebih dahulu karena subwoofer memiliki berbagai macam ukuran. Terdapat ukuran kecil yang dapat Anda tempatkan di atas meja atau rak buku. Selain itu, terdapat juga subwoofer yang digunakan di mobil untuk mendukung kualitas audio mobil Anda.


Ada juga subwoofer berukuran besar untuk mendukung speaker home theater yang Anda miliki. Anda juga harus ingat bahwa ukuran subwoofer juga memengaruhi kualitas suara yang akan dikeluarkan. Jadi, pertimbangkan dengan cermat, ya!


Penempatan subwoofer yang paling baik adalah di sudut depan. Hal ini karena panjang gelombang bass adalah luas sehingga butuh posisi ruangan yang paling jauh untuk memantulkan suara. Dengan begitu, hasil suara akan sinkron dengan speaker stereo yang ada di depan.

10 Rekomendasi subwoofer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk subwoofer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di bawah. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dennis Novriandi.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Advance

Speaker 2.1

Advance Speaker 2.1 1枚目

Dengan sensitivitas tinggi hasilkan dentuman bass yang dahsyat

2

Advance

Subwoofer with FM Radio

Advance Subwoofer with FM Radio 1枚目

Dengarkan radio dengan audio yang baik

3

Nuoxi

Subwoofer Mini Speaker

Nuoxi Subwoofer Mini Speaker 1枚目

Tampilan visual indah dengan suara menggelegar

4

Simbadda

Multimedia Speaker

Simbadda Multimedia Speaker 1枚目

Memiliki sensitivitas yang cukup untuk penggunaan dalam ruang

5

Advance

Speaker Subwoofer Multimedia

Advance Speaker Subwoofer Multimedia  1枚目

Menjawab kebutuhan speaker untuk kamar Anda

6

Embassy

Bassbox Embassy Trojan

Embassy Bassbox Embassy Trojan 1枚目

Suara empuk dari bassbox terjangkau

7

Ibass

Active Subwoofer 6.5 Inch

Ibass Active Subwoofer 6.5 Inch 1枚目

Teman terbaik untuk memaksimalkan audio Anda

8

Yamaha

Speaker system

Yamaha Speaker system 1枚目

Desain teknologi elegan berkualitas tinggi dengan suara autentik

9

Kisonli

Speaker Aktif Subwoofer Super Bass

Kisonli Speaker Aktif Subwoofer Super Bass 1枚目

Setel musik di mana saja dengan subwoofer berlampu warna-warni

10

Harman International

JBL Cinema

Harman International JBL Cinema 1枚目

Subwoofer nirkabel untuk memaksimalkan pengalaman menonton Anda

Perincian produk
Close
No.1

AdvanceSpeaker 2.1T101BT

Mulai dari Rp232.000,00

Dengan sensitivitas tinggi hasilkan dentuman bass yang dahsyat

Kelebihan:

  • Bisa langsung disambung ke aki AC/DC

  • Terdapat remote yang memudahkan untuk mengontrol dari jarak jauh


Kekurangan:

  • Jangkauan suara maksimum terbatas pada luas ruangan tertentu

Jika Anda mencari subwoofer rumah yang tidak terlalu mahal dengan kualitas baik, produk ini pilihan tepat. Dengan sensitivitas suara lebih dari 80 dB, Anda dapat hasilkan dentuman yang cukup nyaring. jadi, Anda dapat merasakan sensasi suara bom saat menonton film perang di rumah.


Selain itu, ukurannya yang hanya 5 inci memudahkan Anda menaruhnya di samping instalasi televisi Anda. Tampilan produk ini pun menarik, pas untuk dekorasi ruangan. Produk satu ini patut Anda perhitungkan juga, lho!

No.2

AdvanceSubwoofer with FM RadioM-180BT

Mulai dari Rp329.000,00

Dengarkan radio dengan audio yang baik

Kelebihan:

    • Terdapat fitur radio FM 

Kekurangan:

  • Tidak ada indikator FM radio untuk memudahkan pencarian saluran radio

Apabila Anda senang mendengarkan radio dengan kualitas audio yang baik, maka kami menyarankan produk ini. Speaker subwoofer Advance seri ini dilengkapi fitur radio FM. Anda dapat memutar radio, serta mengatur audio yang anda inginkan. 


Dengan respons frekuensi 20–150 Hz, tinggi-rendah suara bass yang diproduksi Advance seri ini cukup baik. Hal itu mengindikasikan Advance seri ini cukup baik menyampaikan tinggi-rendah suara ke telinga Anda. Karena itu, Anda bersama teman-teman dapat dengan nyaman mendengarkan radio ketika berkumpul di akhir pekan. 

No.3

NuoxiSubwoofer Mini SpeakerNUOXI 3

Mulai dari Rp700.000,00

Tampilan visual indah dengan suara menggelegar

Kelebihan:

  • Tampilan visual futuristis dengan dominasi lampu biru bikin Anda para gamers semangat bermain games


Kekurangan:

  • Suara bass baik, tetapi tidak untuk lagu yang lebih menonjolkan suara bass yang amat rendah

Tampilan visual yang indah amat pas untuk menemani Anda para gamers. Di desain menarik dengan dominasi warna biru membuat produk ini lekat dengan PC atau laptop Anda. Selain itu, kualitas suara juga tidak kalah dengan tampilan visual.


Dengan respons frekuensi 25–200 Hz, dentuman yang dihasilkan cukup baik di telinga Anda. Produk ini telah dilengkapi dengan setting audio yang baik. Namun, Anda tetap dapat mengatur treble atau bass dengan mudah menyesuaikan kebutuhan Anda saat bermain games

No.4

SimbaddaMultimedia SpeakerCST 3000N+

Mulai dari Rp319.000,00

Memiliki sensitivitas yang cukup untuk penggunaan dalam ruang

Kelebihan:

  • Terdapat fitur FM radio

Kekurangan:

  • Suara bass berada di level cukup dan tidak terlalu dalam
  • Tidak ada indikator FM radio untuk memudahkan pencarian saluran radio

Anda dapat dengan mudah menghubungkan telepon pintar dengan produk ini karena sudah dilengkapi Bluetooth. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika ingin memutar lagu yang tersimpan di telepon pintar Anda. Selain itu, produk ini juga telah dilengkapi dengan sambungan USB dan microSD card. Tentu saja hal itu memberi nilai plus produk satu ini.


Kenyaringan audio yang dihasilkan Simbadda CST 3000N+ cukup baik karena memiliki sensitivitas sebesar 70 dB. Hal itu amat cukup untuk penggunaan di dalam ruangan, seperti di rumah Anda. Jadi, untuk Anda yang ingin melengkapi keperluan audio dalam ruangan, produk ini memiliki kualifikasi yang cukup baik.

No.5

AdvanceSpeaker Subwoofer Multimedia CLS-201BT

Mulai dari Rp198.000,00

Menjawab kebutuhan speaker untuk kamar Anda

Kelebihan:

  • Terdapat dua rangkaian subwoofer untuk memaksimalkan suara audio 
  • Harganya terjangkau

Kekurangan:

  • Material box kurang baik, walaupun tidak mengurangi fungsi speaker

Hanya dengan daya listrik 5 watt Anda dapat menggunakan Advance seri ini. Tidak berhenti di situ, harga produk ini termasuk terjangkau untuk produk di kelasnya. Secara tampilan, produk ini juga tidak kalah menarik untuk dijadikan hiasan kamar.


Dua eksternal subwoofer dari produk ini menghasilkan dentuman bass yang nendang. Karena itu, suara yang dihasilkan amat cukup untuk penggunaan di kamar. Produk yang amat cocok untuk kamar pribadi Anda atau Anda yang sedang indekos.

No.6

EmbassyBassbox Embassy TrojanEMS-10

Mulai dari Rp860.000,00

Suara empuk dari bassbox terjangkau

Kelebihan:

  • Terdapat pelindung cone
  • Memiliki daya tarikan awal atau peak power rendah 250 watt

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi Bluetooth


Hanya dengan bujet yang pas, Anda dapat mendapatkan suara bass yang empuk dari subwoofer satu ini. Embassy sudah dikenal sebagai produsen speaker dengan bujet murah, tetapi tidak murahan. Selain itu, peak power dari Embassy Trojan EMS-10 ini tidak terlalu tinggi, yakni 500 watt saja.


Tentu saja, suara empuk bass yang Anda inginkan terasa pas di telinga dengan respons frekuensi pas. Tampilan yang dihadirkan Embassy seri ini pun terlihat menawan dengan dominasi hitam di box speaker. Anda pun dapat menggunakannya untuk menemani kegiatan Anda dan keluarga di rumah.

No.7

IbassActive Subwoofer 6.5 Inch

Mulai dari Rp1.020.000,00

Teman terbaik untuk memaksimalkan audio Anda

Kelebihan:

  • Dapat dipasangkan dengan audio speaker yang memiliki line out 3,5 mm


Kekurangan:

  • Subwoofer hanya terdapat satu rangkaian saja, walau tidak mengurangi fungsi speaker


Jika Anda mencari speaker bass tambahan untuk amplifier Anda, subwoofer satu ini bisa Anda pertimbangkan. Subwoofer ini cocok untuk pendamping audio Anda yang memiliki line out 3,5 mm. Hal itu dapat memaksimalkan audio pada instalasi speaker di kedai atau cafe Anda. 


Ukuran yang tidak terlalu besar dari subwoofer ini juga memudahkan Anda menaruhnya di mana saja Anda mau. Bobot speaker ini pun ringan. Selain itu, box subwoofer satu ini padat dan rapat hingga dapat menghasilkan dentuman bass yang kuat. Amat asyik bukan duduk menyesap kopi sembari ditemani alunan lagu dari produk satu ini. 

No.8

YamahaSpeaker systemNS-SW100

Mulai dari Rp2.650.000,00

Desain teknologi elegan berkualitas tinggi dengan suara autentik

Kelebihan:

  • Suara bass terdengar lebih dalam dengan teknologi A-YTSII 

  • Terdapat teknologi Twisted Flare Port untuk mengurangi noise yang berlebihan


Kekurangan: 

  • Tipe suara bass yang dikeluarkan tidak cocok untuk lagu dengan tipe bass power tinggi

Kali ini Yamaha menawarkan subwoofer dengan suara halus tanpa kompromi. Subwoofer satu ini didesain menggunakan teknologi berkualitas tinggi A-YSTII milik Yamaha yang telah disempurnakan selama seperempat abad. Teknologi tersebut membuat subwoofer ini memiliki suara bass yang halus, stabil, dan autentik.


Selain itu, teknologi Twisted Flare Port juga terdapat pada produk ini. Teknologi itu dapat mengurangi noise yang ditangkap oleh sinyal penangkap suara. Dengan begitu, frekuensi suara yang dihasilkan lebih jelas dan akurat. Produk ini cocok untuk musisi atau pencinta musik yang senang mendengarkan lagu dengan suara bass autentik.

No.9

KisonliSpeaker Aktif Subwoofer Super BassLP-1S

Mulai dari Rp190.000,00

Setel musik di mana saja dengan subwoofer berlampu warna-warni

Kelebihan:

  • Portabel, mudah dibawa saat Anda traveling 


Kekurangan:

  • Jangkauan suara terbatas pada luas ruangan tertentu

Subwoofer aktif yang satu ini menggunakan koneksi nirkabel dan mudah dibawa ke mana saja. Anda dapat menaruhnya pada permukaan datar di ruangan mana pun dalam rumah Anda. Subwoofer ini juga mudah digunakan dan baterainya rechargeable. 


Tidak hanya itu, subwoofer ini dilengkapi juga dengan lampu warna-warni yang dapat Anda sesuaikan ketika mendengar lagu. Amat pas untuk Anda yang senang musik elektronik dan ingin ditemani warna-warni lampu saat sedang traveling. Dengan lampu itu, Anda bisa berdansa saat sedang traveling ke mana pun Anda pergi, menarik bukan?

No.10

Harman InternationalJBL CinemaSB160

Mulai dari Rp5.000.000,00

Subwoofer nirkabel untuk memaksimalkan pengalaman menonton Anda

Kelebihan:

  • Terdapat soundbar channel dan remote untuk menyesuaikan kebutuhan Anda


Kekurangan:

  • Untuk memaksimalkan subwoofer harus diselaraskan dengan soundbar


Untuk Anda yang senang menonton film di rumah bersama keluarga, speaker JBL satu ini pas untuk Anda miliki. Subwoofer JBL seri ini telah dipasangkan dengan soundbar channel agar Anda dapat memaksimalkan suara yang dihasilkan. Terdapat pula remote untuk subwoofer ini agar Anda mudah menyesuaikan besar-kecil suara yang Anda inginkan. 


Desain minimalis dan elegan dari warna hitam pada JBL seri ini juga cocok Anda jadikan penghias ruang menonton Anda. Anda juga tidak perlu khawatir karena bobot dan dimensi dari instalasi ini tidak terlalu berat dan besar. Jadi, dengan memilikinya Anda dapat memaksimalkan pengalaman nonton Anda.

Baca juga rekomendasi produk speaker lainnya di sini

Speaker memiliki jenis yang beragam. Oleh karena itu, kami menyiapkan artikel lainnya tentang speaker yang dapat membantu Anda untuk memilih speaker yang dibutuhkan. Klik tautan di bawah ini ya.

Kesimpulan

Subwoofer digunakan untuk memaksimalkan suara bass yang dikeluarkan speaker. Subwoofer membantu Anda mendapatkan kualitas audio yang baik. Bagaimana menurut Anda rekomendasi yang kami berikan? Setiap produk tentu memiliki kelebihannya masing-masing.

 
Saat membeli subwoofer kami sarankan agar Anda memperhatikan dari segi SPL, impedansi, frekuensi, dan box yang terdapat di subwoofer. Selain itu, akan lebih baik jika Anda mencoba mengecek atau melihat review orang lain terlebih dahulu sebelum membeli. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer