1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Handphone
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Handphone dengan Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Handphone dengan Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Handphone dengan Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Handphone dengan Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Handphone dengan Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Handphone dengan Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Handphone dengan Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Dewasa ini handphone (HP) tidak hanya dipakai untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk mendokumentasikan sebuah momen. Karena itu, banyak orang yang membeli HP dengan mempertimbangkan kualitas kameranya. Tak heran, produsen HP zaman sekarang berlomba memberikan spesifikasi kamera yang bagus pada produk buatannya.


Namun, dengan banyaknya produk yang muncul, Anda tentu jadi bingung memilih. Melalui artikel ini kami akan memberikan review cara memilih HP dengan kamera terbaik. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk dari berbagai merek yang bagus dan terkenal, seperti Samsung, Xiaomi, dan Oppo. Selamat menemukan smartphone dengan kamera terbaik!

Diperbaharui 08-26-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih handphone dengan kamera terbaik

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak memilih HP dengan kamera terbaik. Baca setiap poinnya dengan saksama dan temukan HP yang sesuai dengan keinginan Anda.

① Kenali jenis-jenis kamera pada HP

Jenis kamera yang terpasang pada HP akan berpengaruh terhadap foto yang dihasilkan. Beberapa HP disertai kamera yang bagus untuk memotret dalam kondisi minim cahaya. Namun, ada juga HP yang unggul dalam mengambil video atau foto selfie. Untuk itu, simak ulasan kami berikut ini dan kenali jenis kamera yang ada pada HP sebelum membelinya.

Kamera utama, dilengkapi dengan beragam fitur

Kamera utama, dilengkapi dengan beragam fitur

Setiap smartphone pasti telah dilengkapi dengan kamera utama yang kecanggihan fiturnya selalu berkembang. Beberapa fitur yang biasanya disematkan, yaitu night mode, digital zoom, speed shutter, aperture, artificial intelligent, HDR, dan manual mode. Sudah mirip kamera profesional, bukan?


Hasil foto dari kamera utama biasanya lebih detail dan menghasilkan rasio yang besar. Hal ini disebabkan kamera utama cenderung memiliki ukuran megapixel yang lebih besar daripada jenis kamera lain.

Bokeh camera, membuat background foto tampak blur

Bokeh camera, membuat background foto tampak blur

Jika Anda ingin menghasilkan foto bokeh yang tampak profesional, jangan lewatkan kamera bokeh. Jenis kamera satu ini dirancang untuk mengambil gambar dengan background yang blur. Berikut beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih kamera bokeh.


  • Besar resolusi: Kekurangan dari kamera bokeh adalah resolusinya yang tergolong kecil. Hal ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan, terutama jika Anda ingin mendapatkan hasil foto yang jernih.

  • Banyaknya kamera: Pilihlah HP yang memiliki kamera lebih dari satu agar makin halus efek bokeh yang dihasilkan.

  • Besar aperture atau bukaan sensor pada kamera: Umumnya, kamera HP dibekali dengan aperture F/2.2. Untuk menghasilkan foto bokeh yang bagus, pastikan HP Anda memiliki aperture dengan angka yang kecil. Makin kecil nilai aperture, makin bokeh pula foto yang dihasilkan.

  • Kemampuan autofocus: Fitur autofocus membuat kamera secara otomatis memfokuskan pada subjek. Hal itu membuat objek tampak makin jelas dan background tampak makin bokeh. 

Tele camera, cocok untuk mengambil gambar dari jarak jauh

Tele camera, cocok untuk mengambil gambar dari jarak jauh

Untuk Anda yang senang menjelajah alam, sebaiknya Anda tidak melewatkan jenis kamera yang satu ini. Fungsi dari tele camera adalah melakukan zoom ke objek yang jauh agar dapat ditangkap tanpa harus mendekati objek tersebut. Kamera ini mampu melakukan pembesaran optical sebesar dua, tiga, empat, hingga enam kali.


Perbedaan zoom pada tele camera dengan kamera utama adalah jenis zoom yang dipakai. Pada kamera utama hanya terdapat digital zoom. Pembesaran pada digital zoom umumnya hanya rekayasa fungsi sehingga hasilnya kurang optimal. Sementara itu, tele camera menggunakan optical zoom yang pembesarannya dilakukan secara teknis sehingga kualitas foto tidak pecah.

Wide-angle camera, sudut pandang luas untuk menangkap banyak objek

Wide-angle camera, sudut pandang luas untuk menangkap banyak objek

Salah satu kemajuan teknologi yang tersemat pada kamera HP adalah ketersediaan wide-angle camera. Kamera jenis ini memiliki sudut pandang yang lebih luas. Karena itu, wide-angle camera sangat pas digunakan untuk menangkap foto pemandangan atau rombongan. 


Jenis kamera ini tidak bisa Anda dapatkan melalui HP yang hanya memiliki satu kamera. Anda perlu memilih HP yang kamera utamanya ada dua atau tiga buah.


Hasil foto yang menggunakan wide-angle camera biasanya menghasilkan resolusi yang lumayan besar. Hal ini berfungsi untuk menjaga kualitas foto sehingga tiap pikselnya dapat ditangkap secara detail. Jenis kamera ini memiliki beberapa nama, beberapa di antaranya adalah superwide angle atau ultrawide angle.

Macro camera, memotret objek berukuran kecil secara detail

Macro camera, memotret objek berukuran kecil secara detail

Untuk mengambil gambar objek berukuran kecil yang tidak bisa ditangkap oleh kamera biasa, pilihlah HP dengan macro camera. Jenis kamera ini sempurna untuk Anda yang suka mengambil objek secara detail. Hal ini ditunjang dengan kemampuannya yang bisa tetap fokus meski letak objek sangat dekat dengan kamera.


Dengan jenis kamera ini, Anda bisa memotret tetesan embun, serangga, bunga, maupun tanaman secara close-up. Meski kualitasnya tidak setajam kamera profesional, macro camera dapat menunjang hobi Anda.

Pop-up camera, hadir untuk para penggemar selfie

Pop-up camera, hadir untuk para penggemar selfie

Salah satu inovasi dari perkembangan teknologi kamera HP adalah pop-up camera. Kamera yang letaknya tersembunyi di bagian depan ini akan muncul secara otomatis saat Anda melakukan foto selfie. Pop-up camera juga dinilai aman dari para hacker yang menyadap kamera HP karena letaknya yang tersembunyi. Meski tersembunyi, cakupan gambarnya luas sehingga Anda bisa berswafoto sekaligus menangkap background


Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan Anda saat memilih HP dengan pop-up camera. Berikut kami rangkumkan untuk Anda.


  • Celah pada tempat pop-up camera: Keberadaan celah pada tempat pop-up kamera ini berisiko membuat HP Anda tidak water-resistant.

  • Risiko tergeser dan patah: Anda harus berhati-hati jika menggunakannya untuk kegiatan outdoor yang berbahaya.

  • Mekanisme keluar masuk kamera: Mekanisme keluar masuknya kamera terkadang tidak mulus, bahkan macet. Pilihlah HP dengan fitur kamera yang baik. Reputasi merek HP pun menjadi faktor dalam pembuatan kamera yang baik.

  • Energi yang dibutuhkan: HP dengan pop-up camera mengonsumsi baterai lebih banyak dibandingkan kamera biasa. Pilih jenis HP dengan baterai yang memiliki ketahanan lebih lama. 

  • Kebersihan pop-up camera: Jangan sampai debu masuk ke dalam celah saat pop-up camera dikeluarkan karena akan berpotensi membuat kamera lebih cepat rusak.

② Pertimbangkan besaran megapixel-nya

Pertimbangkan besaran megapixel-nya

Poin yang tak kalah penting saat Anda membeli handphone dengan kamera terbaik adalah memperhatikan ukuran besar megapixel. Pixel atau picture element merupakan titik-titik yang membentuk sebuah gambar atau foto. Jutaan pixel itulah yang kemudian membentuk sebuah gambar halus dan dapat dilihat dengan mata telanjang.


Makin tinggi ukuran megabyte yang dihasilkan, makin besar pula angka megapixel foto tersebut. Apabila HP Anda memiliki ukuran megapixel yang besar, hasil foto akan menjadi lebih jernih. Namun, harap diperhatikan bahwa ukuran foto juga akan makin besar sehingga kapasitas memori HP perlu dipertimbangkan.

③ Perhatikan kapasitas RAM dan ROM

Perhatikan kapasitas RAM dan ROM

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, makin besar ukuran megapixel suatu foto, maka makin besar kapasitas penyimpanan yang diperlukan. Ruang penyimpanan data pada HP dibagi menjadi dua jenis, yakni ROM dan RAM.


  • Read-only memory (ROM): ROM berfungsi untuk menyimpan data dari aplikasi yang Anda pasang. Tak hanya itu, ROM yang dikenal sebagai penyimpanan internal juga berpengaruh terhadap kinerja HP. Kinerja HP akan menurun jika penyimpanan internalnya penuh. Anda juga membutuhkan kapasitas ROM yang besar jika aplikasi yang diunduh memiliki ukuran yang besar.

  • Random-access memory (RAM): RAM merupakan ruang penyimpanan data yang bersifat sementara. Fungsi RAM pada HP adalah membaca, menulis data, serta menjalankan aplikasi dengan cepat. HP akan makin cepat beroperasi jika kapasitas RAM-nya besar.

Karena itu, sebaiknya Anda memilih HP dengan ROM dan RAM yang besar untuk menyimpan banyak foto. Selain itu, perhatikan juga kecepatan transfer data agar Anda tak perlu menunggu lama saat menyimpan data.

10 Rekomendasi handphone dengan kamera terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk handphone dengan kamera terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Vivo

T1 5G

Vivo T1 5G 1枚目

Kamera super bokeh untuk konten sosial media

2

Infinix

Note 11 Pro

Infinix Note 11 Pro 1枚目

Siapa bilang bikin vlog harus pakai kamera profesional?

3

Oppo

Reno7 5G

Oppo Reno7 5G 1枚目

Tak ada momen terlewat saat berkumpul dengan orang terdekat

4

Realme

C25Y

Realme  C25Y 1枚目

Fitur kamera berkualitas tinggi dengan harga murah

5

Apple

iPhone 13 Pro Max

Apple iPhone 13 Pro Max 1枚目

Memotret di kondisi minim cahaya, tidak masalah!

6

Samsung

Galaxy S22 Ultra 5G

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G 1枚目

Buat objek berjarak jauh menjadi lebih dekat

7

ASUS

ROG Phone 5S Pro

ASUS ROG Phone 5S Pro 1枚目

HP untuk gaming sekaligus fotografi

8

Xiaomi

12 Pro

Xiaomi 12 Pro 1枚目

Kamera utama dengan spek terbaik seperti fotografer profesional

9

HUAWEI

P50 Pro

HUAWEI  P50 Pro 1枚目

Hasilkan video high resolution untuk live streaming

10

OnePlus

10 Pro

OnePlus 10 Pro 1枚目

Hasil fotonya sesuai objek asli di dunia nyata

Perincian produk
Close
No.1

Kamera super bokeh untuk konten sosial media

Kami merekomendasikan HP ini untuk Anda yang ingin menjadi konten kreator. Detail serta warna yang ditangkap kamera utama sangat tajam dan jelas. Terdapat juga fitur HDR yang bekerja dengan baik untuk mempercantik konten yang Anda buat. 


Fitur kamera super bokehnya dapat menyulap foto potret menjadi bagus seperti menggunakan kamera profesional. Dengan harga yang cukup murah, HP ini cocok untuk Anda yang baru mulai belajar menjadi konten kreator.

No.2

Siapa bilang bikin vlog harus pakai kamera profesional?

Apabila Anda senang merekam kegiatan sehari-hari Anda atau membuat vlog, Anda bisa memilih produk dari Infinix ini. Kamera utamanya dilengkapi dengan berbagai fitur yang mumpuni, seperti ultra night mode, AI triple camera, dan 30x ultra zoom. Ditambah 16 MP night selfie camera, Anda bisa melakukan vlog tanpa kamera profesional dengan hasil tetap jernih dan terang.

No.3

Tak ada momen terlewat saat berkumpul dengan orang terdekat

Pada umumnya, setiap HP dibekali dengan dua kamera yang bekerja secara bergantian. Namun, produk ini dapat menangkap video dari dua kamera secara bersamaan berkat fitur Dual-View Video. Karena itu, HP buatan Oppo ini cocok dipilih oleh Anda yang tak ingin melewatkan momen kebersamaan saat hari spesial.

No.4

Fitur kamera berkualitas tinggi dengan harga murah

HP ini hadir dengan kamera utama sebesar 50 MP dan tiga kamera belakang sehingga dapat Anda ekplorasi dengan bebas. Tak hanya didukung dengan kamera utama dan depan yang mumpuni, produk ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik. Harganya pun sangat murah dengan banyaknya fitur yang ditawarkan. HP ini cocok untuk Anda yang ingin HP dengan kamera terbaik dan memiliki budget terbatas.

No.5

AppleiPhone 13 Pro Max

Mulai dari Rp23.299.000,00

Memotret di kondisi minim cahaya, tidak masalah!

Kami merekomendasikan produk ini untuk para pencinta produk Apple yang ingin mendapatkan kualitas foto terbaik setiap saat. Berkat teknologi LiDAR Scanner, perpaduan warna pada foto yang minim cahaya akan tetap terlihat jelas.


Pada saat pengambilan foto malam hari, latar belakang objek foto akan tertangkap secara estetis. Anda juga akan lebih leluasa menangkap gambar objek bergerak. Kualitas 10-bit HDR recording di dalamnya mampu menangkap 700 juta warna sehingga video yang dihasilkan tampak nyata.

No.6

SamsungGalaxy S22 Ultra 5G

Mulai dari Rp17.999.000,00

Buat objek berjarak jauh menjadi lebih dekat

Bagi Anda yang ingin menangkap foto pemandangan dengan cakupan yang luas dan hasil sangat jernih, pertimbangkan produk ini. Anda bisa menangkap pemandangan dengan jernih berkat kamera 108 MP dengan mode wide-angle. Dibekali dengan dua kamera tele, Anda juga akan lebih leluasa membidik objek dari jauh. Objek bisa dibesarkan hingga 100 kali, lho!

No.7

ASUSROG Phone 5S Pro

Mulai dari Rp14.095.000,00

HP untuk gaming sekaligus fotografi

Kami merekomendasikan HP ini bagi gamers yang juga mencintai dunia fotografi. HP yang dibuat khusus untuk bermain game ini dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi. Tiga buah kameranya juga telah dirancang untuk menghasilkan foto luar biasa, mulai dari foto wide-angle hingga macro


Kualitas video yang Anda ambil akan menjadi luar biasa berkat adanya fitur pendukung. Beberapa di antaranya adalah Pro Video Mode, Free Zoom, Wind Filter, dan Acoustic Focus. Dengan kamera depan beresolusi 24 MP, produk ini juga cocok untuk melakukan group selfie. Anda juga bisa melakukan live streaming dengan jelas.

No.8

Kamera utama dengan spek terbaik seperti fotografer profesional

Jika Anda ingin merasakan pengalaman fotografi kelas atas, Anda wajib mencoba HP ini. Dilengkapi dengan tiga kamera utama berukuran 50 MP, Anda bisa memotret momen apapun yang Anda inginkan. 


Setiap kamera memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing, seperti mode malam, HDR, dan perekaman video 4K yang detail dan canggih. Anda dapat menggunakannya untuk memotret produk atau makanan seperti menggunakan kamera profesional. 

No.9

Hasilkan video high resolution untuk live streaming

Desain dual matrix kamera sangat mencolok pada seri terbaru ini. Perpaduan antara optik XD dan HUAWEI XD Fusion Pro kamera dapat membantu Anda memproduksi gambar dengan detail terbaik. Selain itu, Anda juga bisa merekam video kapan saja dengan hasil high resolution! Jadi, apabila Anda sering membuat video sinematik dan live streaming, produk ini bisa dijadikan pilihan.

No.10

OnePlus10 Pro

Mulai dari Rp13.835.000,00

Hasil fotonya sesuai objek asli di dunia nyata

Memanfaatkan fitur Hasselblad Pro Mode yang tersedia, Anda bisa menciptakan foto dengan kualitas warna dan detail sesuai objek asli. Jadi, HP ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki usaha toko online. Selain itu, dengan kamera ultra-wide beresolusi 50 MP yang dimilikinya, Anda akan menghasilkan bidikan gambar yang sangat jernih.

Baca juga rekomendasi handphone lainnya di sini

Apakah ulasan HP dengan kamera terbaik di atas berhasil membantu Anda menemukan produk yang diinginkan? Apabila belum, mungkin Anda dapat membaca artikel yang telah kami siapkan berikut ini. Siapa tahu HP impian Anda ada di artikel-artikel yang sudah kami ulas. Selamat membaca!

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan HP dengan kamera terbaik yang diinginkan? Saat ini HP memang tidak hanya untuk berkomunikasi, tetapi juga mengabadikan momen penting.


Selain kameranya, jangan lupa untuk memperhatikan fitur-fitur lain. Sepuluh produk yang kami rekomendasikan di atas memiliki kamera dengan spesifikasi yang bermacam-macam. Semoga tips dan rekomendasi produk dari kami membantu Anda menemukan HP yang tepat, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer