1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Laptop
  6. >
  7. 10 Netbook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Netbook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Netbook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Netbook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Netbook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Netbook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Netbook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Netbook merupakan jenis laptop dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan serta memiliki harga terjangkau. Alat elektronik ini diminati karena mudah dibawa ke mana pun. Oleh sebab itu, netbook sangat cocok bagi Anda yang sering bepergian. Produk ini juga pas buat Anda yang ingin punya varian laptop dengan fungsi dan pengoperasian sederhana. 


Netbook merek Asus, Acer, HP, dan Lenovo tersedia di pasaran. Kami akan membantu Anda memilih netbook yang bagus dan merekomendasikan produk netbook terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 12-16-2022
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Perbedaan laptop, notebook, dan netbook

Perbedaan laptop, notebook, dan netbook

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, netbook termasuk jenis laptop. Namun, produk ini juga berbeda dengan notebook. Berikut ulasan perbedaan utama antara laptop, notebook, dan netbook.


  • Ukuran layar

Laptop memiliki ukuran layar lebih dari 18 inci. Sementara itu, notebook merupakan laptop sedang dengan ukuran layar 14–18 inci. Nah, netbook adalah varian laptop terkecil dengan ukuran layar di bawah 14 inci. Karena memiliki ukuran layar paling kecil, bobot netbook juga lebih ringan. Rata-rata netbook memiliki berat di bawah 1,5 kilogram. 


  • Spesifikasi dan kinerja

Netbook umumnya hanya mampu melakukan tugas-tugas sederhana. Contohnya adalah menulis, menjalankan web browser, dan terhubung ke internet dengan Wi-Fi. Beberapa netbook didesain menjadi produk 2-in-1. Selain digunakan sebagai netbook, Anda bisa menjadikannya sebagai tablet. Ada juga beberapa netbook dengan performa yang tak kalah canggih dari notebook dan laptop.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih netbook

Saat ini, kami akan memberikan tips memilih netbook. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Selain ukuran layar dan bobot netbook, Anda harus memperhatikan sistem operasi, daya tahan penggunaan, dan kapasitas penyimpanannya. Berikut ini penjelasannya. 

① Kenali prosesornya

Prosesor merupakan sirkuit yang merespons dan memproses instruksi-instruksi dasar untuk menjalankan suatu device. Agar berfungsi dengan baik, netbook juga membutuhkan prosesor yang mumpuni. Ada beberapa prosesor yang kerap digunakan netbook, seperti Intel Celeron, Intel Core, dan AMD. Mari mengenal lebih lanjut tentang prosesor tersebut.

Intel Celeron, berguna untuk melakukan fungsi-fungsi dasar netbook

Intel Celeron, berguna untuk melakukan fungsi-fungsi dasar netbook

Celeron merupakan prosesor paling murah dari Intel. Prosesor Intel Celeron membantu netbook menjalankan fungsi-fungsi dasar seperti mengetik, mengakses internet, dan streaming video. Netbook dengan prosesor ini memiliki kinerja yang cukup baik, tetapi tidak dirancang untuk bermain game yang berat. Aplikasi-aplikasi berukuran besar juga akan berjalan lambat pada netbook dengan prosesor ini. 

Intel Core, prosesor canggih untuk aktivitas berat

Intel Core, prosesor canggih untuk aktivitas berat

Prosesor ini memiliki performa terdepan di bidangnya. Netbook dengan prosesor ini biasanya memiliki resolusi layar empat kali lebih tinggi. Anda pun dapat menonton video dengan kualitas 4K sehingga visual yang dihadirkan lebih hidup dan tajam. Selain itu, netbook juga bisa memainkan virtual reality dan game berat. Anda dijamin dapat menikmati aktivitas-aktivitas tersebut dengan lancar tanpa tersendat. 

AMD A9, dilengkapi kartu grafis yang memaksimalkan tampilan layar

AMD A9, dilengkapi kartu grafis yang memaksimalkan tampilan layar

Meskipun rata-rata netbook memiliki prosesor Intel, ada juga yang menggunakan AMD A9. Prosesor AMD A9 memiliki performa tinggi yang tidak kalah dari Intel Core. Biasanya, prosesor ini juga dilengkapi dengan kartu grafis Radeon R5 yang membuat tampilan layar lebih jernih

② Ketahui RAM dan kapasitas penyimpanannya

Ketahui RAM dan kapasitas penyimpanannya

Netbook menjalankan beberapa fungsi, seperti mengedit dokumen, menjalankan aplikasi, dan menjelajahi internet. Kecepatan dan kinerjanya bergantung pada jumlah memori yang ada pada netbook. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui jumlah RAM yang ada pada netbook. Makin besar RAM, makin tinggi juga performanya. Netbook biasanya memiliki RAM 2 GB hingga 8 GB. 


Selain itu, kapasitas penyimpanan (storage) juga perlu diperhatikan. Storage dapat menyimpan dan mengakses data dalam jangka panjang. Data-data yang ada akan terus tersimpan meskipun netbook dimatikan. Akan lebih baik jika Anda memilih netbook dengan kapasitas penyimpanan yang besar

③ Perhatikan daya tahan penggunaannya

Perhatikan daya tahan penggunaannya

Daya tahan baterai menjadi salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih netbook. Jika Anda sangat aktif dan produktif, tentunya Anda membutuhkan netbook yang dapat digunakan dalam waktu lama. Rata-rata, netbook dapat digunakan selama 8 jam per hari. Namun, ada juga yang bisa beroperasi hingga 10 jam, bahkan 22 jam. Pilihlah produk  yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

10 Rekomendasi netbook terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk netbook terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

ASUS

Vivobook E210

ASUS Vivobook E210 1枚目

Diskusi dengan tim jadi lebih mudah

2

Axioo

Slimbook 13

Axioo Slimbook 13 1枚目

Netbook buatan lokal yang tidak kalah canggih

3

Lenovo

IdeaPad Flex 3i

Lenovo  IdeaPad Flex 3i 1枚目

Isi dayanya ngebut, tidak mengganggu deadline

4

HP

Pavilion Aero

HP Pavilion Aero 1枚目

Nikmati tampilan layar penuh dengan desain micro edge

5

ASUS

BR110FKA 2in1

ASUS BR110FKA 2in1 1枚目

Buat momen belajar jadi menyenangkan!

6

Zyrex

Sky 232

Zyrex Sky 232 1枚目

Desain ergonomis, pas untuk yang berjiwa muda

7

Lenovo

IdeaPad D330

Lenovo IdeaPad D330 1枚目

Mau laptop atau tablet semua bisa!

8

Axioo

MyBook 11G

Axioo MyBook 11G 1枚目

Entry level netbook, cocok untuk penggunaan harian dan belajar

9

Acer

Travelmate Spin B3

Acer Travelmate Spin B3 1枚目

Tahan banting dengan Antimicrobial Corning Gorilla Glass

10

Dell

Inspiron 5310

Dell Inspiron 5310 1枚目

Tetap nyaman bekerja meskipun kondisi gelap

Perincian produk
Close
No.1

Diskusi dengan tim jadi lebih mudah

Kelebihan:

  • Touchpad bisa digunakan sebagai number pad
  • Konektivitas cukup lengkap, mulai dari Bluetooth, port USB, hingga card reader

Kekurangan:

  • RAM tidak dapat di-upgrade

Sering merasa repot harus memutar netbook saat ingin sharing ide dengan anggota tim? Kini Anda bisa melupakan masalah tersebut dengan netbook ini. Engselnya bisa dibuka 180°, memudahkan Anda berdiskusi dengan tim. Varian terbaru dari seri netbook everyday use dari ASUS ini juga menawarkan desain yang menarik. Ada tiga pilihan warna yang cocok untuk orang dinamis seperti Anda.

No.2

Netbook buatan lokal yang tidak kalah canggih

Kelebihan:

  • Sistem operasi dapat di-update ke Windows 11
  • Produk lokal mudah ditemui di pasaran

Kekurangan:

  • Hanya terdapat dua port, yakni USB 3.0 dan HDMI
  • Spesifikasinya kurang mumpuni untuk gaming

Siapa bilang produsen lokal tidak bisa membuat netbook yang berkualitas? Anda bisa mencoba Axioo Slimbook 13 ini jika penasaran. Dilengkapi RAM sebesar 6 GB, produk satu ini tentu bisa menjalankan beberapa aplikasi dengan mulus.


Selain itu, kualitas layarnya pun sudah mumpuni untuk menikmati konten multimedia. Untuk Anda yang tidak ingin ketinggalan versi Windows terbaru, produk ini juga sudah mendapatkan update, lho!

No.3

Lenovo IdeaPad Flex 3i

Mulai dari Rp6.353.000,00

Isi dayanya ngebut, tidak mengganggu deadline

Kelebihan:

  • Harga cukup terjangkau untuk fitur-fitur yang diberikan
  • Desain slim dan ringan, mudah dibawa saat bepergian

Kekurangan:

  • Tidak terdapat port USB type-C
  • Tidak disertakan stylus pen untuk mendukung layar sentuhnya

Dapat bertahan hingga 8 jam, netbook ini bisa Anda gunakan untuk bekerja seharian. IdeaPad Flex 3i ini juga memiliki pengisian daya yang cepat. Cukup di-charge selama 15 menit, netbook ini bisa digunakan lagi dalam waktu dua jam ke depan. Bagi Anda yang supersibuk, teknologi ini tentunya sangat membantu Anda. Anda pun bisa menyelesaikan tugas tanpa takut terlewat deadline!

No.4

HPPavilion Aero13-BE1000AU

Mulai dari Rp14.999.000,00

Nikmati tampilan layar penuh dengan desain micro edge

Kelebihan:

  • Kualitas suara bagus dengan speaker Bang & Olufsen
  • Desain superslim dan ringan
  • Performa untuk aktivitas mendesain cukup cepat

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan koneksi Wi-Fi kerap terputus
  • RAM tidak dapat di-upgrade

Netbook ini diciptakan untuk memberikan Anda pengalaman maksimal saat menikmati hiburan. Layar micro-edge miliknya membuat pengalaman streaming sepanjang hari menjadi lebih mengesankan. Belum lagi teknologi audio Bang & Olufsen akan menghasilkan suara menakjubkan.


Netbook ini juga dilengkapi dengan AMD Radeon Graphics yang memudahkan Anda membuat karya seni digital dan bermain game. Desainnya yang superslim pun tidak memberatkan Anda saat dibawa mobile.

No.5

Buat momen belajar jadi menyenangkan!

Kelebihan:

  • Bodi terlindungi karet sehingga tahan terjatuh dari ketinggian 120 cm
  • Dilengkapi webcam shield
  • Berkonsep hybrid dengan empat mode penggunaan

Kekurangan:

  • Desain monoton, hanya tersedia satu varian warna
  • Minim fitur tambahan

Jika Anda sedang mencari netbook untuk anak, cobalah lirik produk dari ASUS ini. Produk ini ditujukan khusus untuk mendukung kegiatan belajar mengajar anak ataupun guru. Meskipun aplikasi bawaannya standar, netbook ini bisa digunakan dalam empat mode, lho!


Seluruh bodinya pun dilindungi karet kuat sehingga aman jika terjatuh saat dibawa oleh si kecil. Desain produknya yang monoton tentu tidak mengalahkan fungsinya sebagai pendukung pembelajaran si kecil, bukan?

No.6

Desain ergonomis, pas untuk yang berjiwa muda

Kelebihan:

  • Desain kekinian yang tidak terlihat murahan
  • Kapasitas penyimpanan dapat di-upgrade

Kekurangan:

  • RAM tidak dapat di-upgrade
  • Material plastik terkesan ringkih

Bagi Anda yang mementingkan estetika, desain netbook menjadi penting untuk diperhatikan. Netbook keluaran Zyrex satu ini didesain ergonomis dan tipis, tidak kalah keren dengan netbook mahal merek lain. Desain keyboard-nya pun nyaman digunakan untuk mengetik lama. Jika Anda merasa kapasitas penyimpanannya kurang, Anda bisa membawanya ke service center resmi untuk melakukan upgrade.

No.7

Mau laptop atau tablet semua bisa!

Kelebihan:

  • Dapat dilepas dan digunakan sebagai tablet
  • Baterai cukup tahan lama

Kekurangan:

  • Material bodi full plastik sehingga agak ringkih

Butuh perangkat yang bisa digunakan saat presentasi di depan kolega? Netbook berukuran 10,1 inci ini dirancang detachable sehingga bisa Anda fungsikan sebagai tablet. Selain praktis, Anda pun bisa menghemat budget karena tidak harus membeli dua produk. Produk ini pun dilengkapi baterai yang tahan lama. Anda bisa memilih kapasitas penyimpanannya sesuai dengan kebutuhan.

No.8

Entry level netbook, cocok untuk penggunaan harian dan belajar

Kelebihan:

  • Mendapat free sleeve setiap pembelian produk
  • Ukuran netbook dan charger kecil, mudah dibawa

Kekurangan:

  • Ukuran keyboard cukup kecil

Jika Anda membutuhkan netbook untuk penggunaan sehari-hari, Anda bisa memilih netbook Axioo ini. Meski berukuran kecil, produk ini dilengkapi prosesor dan RAM yang mumpuni untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus.


Kualitas layarnya pun cukup jernih sehingga pas untuk Anda yang sering melakukan online meeting. Netbook ini juga cocok dipakai pemula dan pelajar untuk mendukung pembelajaran online.

No.9

AcerTravelmate Spin B3B311R-31-P6RV

Mulai dari Rp5.430.000,00

Tahan banting dengan Antimicrobial Corning Gorilla Glass

Kelebihan:

  • Dapat digunakan dengan kartu SIM berjaringan 4G LTE
  • Tahan percikan dan tumpahan air dalam jumlah tertentu

Kekurangan:

  • Hanya terdapat satu variasi warna
  • Bobot cukup berat untuk ukuran netbook 11 inci

Tidak banyak produk netbook dengan harga terjangkau memiliki fitur anticrack dan antiair. Jika Anda mencoba produk dari Acer ini, Anda tidak perlu khawatir saat netbook Anda tidak sengaja terpercik air minum.


Unitnya pun didesain kuat menahan benturan dengan layar Antimicrobial Corning Gorilla Glass. Masalah kinerja, Anda akan dimanjakan dengan kecepatan RAM 8 GB untuk mengerjakan tugas-tugas harian Anda.

No.10

DellInspiron 5310Ci3-1125G4-8-256-UMA-W10-OHS-FP-SLV

Mulai dari Rp12.399.000,00

Tetap nyaman bekerja meskipun kondisi gelap

Kelebihan:

  • Konektivitas cukup lengkap, ada port USB type-C
  • Dilengkapi backlit keyboard

Kekurangan:

  • Tidak ada informasi tentang daya tahan penggunaan
  • Kapasitas penyimpanan internal tidak bisa ditambah lagi

Sebagian orang lebih bisa berkonsentrasi jika bekerja dengan pencahayaan minim. Nah, untuk mendukung hal itu, diperlukan netbook yang dilengkapi dengan backlit keyboard seperti produk Dell satu ini. Anda tidak perlu khawatir tidak bisa melihat keyboard dan tetap bisa bekerja dengan maksimal. Netbook ini juga dilengkapi RAM yang mumpuni untuk melakukan multitasking.

Baca juga rekomendasi berbagai laptop lainnya di sini

Jika menurut Anda netbook terlalu kecil, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli laptop. Pada artikel di bawah ini, terdapat informasi mengenai produk laptop dari beberapa merek terkenal. Klik artikel untuk mengetahui rekomendasinya. 

Kesimpulan

Perbedaan mendasar dari laptop, notebook, dan netbook adalah ukurannya. Jika Anda menginginkan komputer jinjing dengan ukuran kecil dan ringan, netbook dapat menjadi pilihan yang tepat. Ukuran layarnya biasanya di bawah 14 inci dan bobotnya tidak mencapai 1,5 kg.


Pada artikel ini, kami telah menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh produk netbook terbaik. Semoga dapat membantu Anda menemukan netbook yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer