1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Kebutuhan rumah
  6. >
  7. 10 Kunci Pintu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Kunci Pintu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Kunci Pintu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Kunci Pintu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Kunci Pintu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Kunci Pintu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Kunci Pintu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023)

Keberadaan kunci pintu rumah sangatlah krusial agar rumah aman dihuni. Produk futuristis, seperti kunci pintu rumah otomatis, kunci pintu rumah digital, hingga kunci pintu rumah alarm, tersedia di pasaran. Desainnya pun variatif, ada kunci pintu rumah minimalis, modern, tanpa gagang, bulat, dan sebagainya.


Cara memilih dan rekomendasi kunci pintu rumah terbaik ada dalam artikel ini. Kunci pintu rumah merek PALOMA, Dekkson, Muller, dan sebagainya, akan Anda temukan. Dengan begitu, kunci pintu rumah yang bagus pun bisa segera Anda pasang. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Endi Burhan. Yuk, disimak!

Diperbaharui 06-30-2022
Pakar
Arsitek dan 3D architectural visualization artist
Endi Burhan

Burhan adalah seorang arsitek muda yang memiliki SKA aktif dengan kualifikasi Ahli Muda. Ia juga terdaftar sebagai anggota aktif Ikatan Arsitek Indonesia sejak 2016. Burhan menggeluti bidang kerja desain arsitektur, visualisasi arsitektur, dan desain interior sejak 2012. Burhan memiliki berbagai pengalaman sebagai drafter arsitektur untuk beberapa perseroan dan proyek. Pada 2017, ia membentuk entitas desain dan architectural visualisation specialist bernama P.O.T. Studio sebagai arsitek dan 3D archviz artist. Anda bisa menyapa Burhan melalui Instagram, YouTube, ataupun akun Artstation-nya.

Profil Endi Burhan
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kunci pintu rumah

Jangan terburu-buru, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum membeli kunci pintu rumah. Yuk, simak penjelasan kami selengkapnya!

① Pilih tipe sesuai kebutuhan Anda

Sebenarnya, ada banyak tipe kunci pintu rumah. Namun, dari sekian banyaknya jenis kunci pintu rumah, tipe manakah yang paling cocok untuk Anda?

Kunci pintu rumah bergagang, mudahkan Anda membuka dan menutup pintu

Kunci pintu rumah bergagang, mudahkan Anda membuka dan menutup pintu

Anda akan menemukan kunci pintu rumah yang dilengkapi gagang. Adanya gagang sangat memudahkan Anda untuk menarik atau mendorong pintu kapan pun dibutuhkan.


Kunci pintu rumah bergagang bulat adalah tipe doorknob lock. Karena gagangnya yang kecil, doorknob lock tidak terlihat mencolok saat dipasang ke pintu. Hal tersebut membuatnya tepat dipilih bila Anda ingin menonjolkan hiasan lain pada pintu atau tampilan pintu itu sendiri.


Sementara itu, kunci pintu yang gagang dan lubang kuncinya tergabung menjadi satu disebut tipe hand lever. Pada tipe ini, gagang bisa Anda gerakkan ke bawah untuk membuka pintu. Berkat mekanisme tersebut, membuka pintu dengan satu tangan pun terasa begitu mudah.


Di sisi lain, ada juga produk tipe handle set, yakni kunci pintu rumah yang gagang dan lubang kuncinya terpisah. Desain tersebut menjadikan kunci pintu rumah handle set terlihat lebih atraktif.


Pastikan Anda memilih gagang yang nyaman di genggaman dan sesuai dengan jenis pintunya. Sebagai contoh, pilihlah tipe hand lever atau handle set untuk pintu masuk utama. Hal ini berguna sebagai antisipasi keadaan darurat yang membutuhkan mekanisme pembukaan dengan satu tangan.

Kunci pintu rumah selot, kombinasikan dengan jenis kunci pintu lainnya

Kunci pintu rumah selot, kombinasikan dengan jenis kunci pintu lainnya

Kunci pintu rumah selot juga populer di Indonesia. Kunci pintu rumah tanpa gagang ini memiliki dimensi kecil plus desain simpel. Tidak heran kunci selot sering dipasangkan bersama dengan jenis kunci lainnya untuk memberikan pengamanan tambahan.


Barrel bolt merupakan kunci pintu rumah selot dengan mekanisme paling sederhana. Untuk mengunci pintu, Anda hanya perlu menggeser gerendel ke kanan atau ke kiri. Karakteristiknya yang simpel menjadikan barrel bolt layak diberi predikat sebagai salah satu kunci pintu rumah murah.


Sementara itu, chain bolt merupakan versi modifikasi dari barrel bolt. Sesuai namanya, chain bolt dilengkapi pengait rantai yang berfungsi memberikan penguncian ganda. Selain itu, rantai tersebut berfungsi sebagai penahan saat Anda membuka pintu sedikit. Keunggulan tersebut membuat chain bolt lazim dipasang di pintu kamar hotel.


Ada juga kunci rumah selot yang dilengkapi anak kunci, yaitu deadbolt. Adanya anak kunci akan membuat Anda perlu mengeluarkan effort lebih untuk mengunci kunci utama plus deadbolt itu sendiri. Namun, keberadaan anak kunci membuat kunci ini memberi perlindungan lebih optimal karena pintu jadi sulit dicongkel paksa.


Jenis kunci ini sangat disarankan untuk digunakan pada pagar rumah atau pintu yang langsung dapat diakses dari luar. Anda bisa memasangkannya pada pintu masuk kamar kos-kosan atau pintu masuk apartemen.

Kunci pintu rumah gembok, versatile untuk beragam kebutuhan

Kunci pintu rumah gembok, versatile untuk beragam kebutuhan

Di antara semua jenis kunci pintu rumah, kunci gembok adalah yang paling versatile. Bagaimana tidak? Kunci ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengunci pintu, tetapi juga mengunci koper, motor, sepeda, tas, dan sebagainya. Hal tersebut dimungkinkan berkat karakteristiknya yang sangat mudah dilepas-pasang dan dipindah.


Meski begitu, jarang ada pintu rumah yang dikunci hanya dengan gembok. Kunci gembok secara umum merupakan fitur penguncian tambahan. Penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan keamanan Anda. Biasanya kunci ini digunakan bersama dengan jenis kunci pintu rumah lainnya. Selain itu, Anda tetap perlu melubangi pintu dan kusen untuk memasang selot gembok.

Kunci pintu rumah elektronik, penuh fitur-fitur canggih

Mengikuti perkembangan zaman, kini kunci pintu rumah elektronik pun dihadirkan. Kunci pintu rumah elektronik biasanya dilengkapi fitur mutakhir, seperti PIN, sirene antimaling, autolock, WiFi, dan sebagainya. Sebab itu, pastikanlah area pintu bebas dari tempias air untuk menghindari sistem penguncian elektriknya malfungsi. Ada baiknya untuk mempertimbangkan fitur kunci darurat bila Anda memilih tipe ini.


Tidak hanya tampil kekinian, tipe ini juga menawarkan kepraktisan penggunaan yang baik. Namun, perlu diingat bahwa biaya yang perlu dikeluarkan untuk menghadirkan segala kecanggihan tersebut tergolong cukup mahal. Jadi, kunci pintu rumah elektronik memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibanding jenis kunci lainnya.

② Periksa material pembuat kunci

Periksa material pembuat kunci

Anda akan menemukan kunci pintu rumah berbahan stainless steel. Produk dari stainless steel adalah pilihan tepat untuk Anda yang mengutamakan durability. Untuk penggunaan outdoor, pilihlah produknya agar tidak mudah malfungsi maupun dirusak secara paksa.


Sementara itu, ada juga kunci pintu rumah aluminium dengan keseimbangan antara bobot ringan dan ketahanan. Tenang saja, pengembangan terus dilakukan sehingga kunci aluminium sekalipun bisa Anda pasang pada pintu besar nan berat.


Di sisi lain, kunci pintu rumah besi bisa dipilih bila Anda butuh produk yang awet dengan harga terjangkau. Ada juga kunci pintu rumah berbahan seng, kuningan, atau metal lainnya. Produk dengan material tersebut menawarkan harga yang ekonomis. 


Bersama kuningan dan chrome, aluminium baik dipilih untuk pintu-pintu dengan area kelembapan normal maupun bebas dari tempias. Pastinya kenali dahulu material kunci agar Anda dapat memilih produk yang karakteristiknya sesuai dengan kebutuhan.

③ Sesuaikan modelnya dengan desain rumah

Sesuaikan modelnya dengan desain rumah

Setelah memilih pintu, tentukanlah jenis kuncinya. Pilihlah sesuai dengan konsep, fungsi, dan area peletakan pintu tersebut. Sebagai contoh, pintu berkonsep minimalis dengan geometri yang tegas bisa dipasangkan dengan kunci elektronik ataupun handle set. Namun, pastikan produknya memiliki bentuk persegi yang tegas pula.


Memilih kunci yang desainnya match dengan gaya desain rumah Anda juga bisa, lho. Dengan begitu, tampilan keseluruhan rumah akan makin memukau. Kunci elektronik memiliki tampilan futuristis sehingga cocok dipilih sebagai kunci pintu rumah modern atau kontemporer.


Untuk mempercantik rumah bergaya simpel, kunci pintu rumah minimalis adalah jawaban terbaik. Di sisi lain, kunci pintu rumah mewah juga sudah ada, lho! Pilih saja produk yang berukir. Bahkan, kunci pintu rumah klasik yang dapat mempertegas nuansa retro dalam rumah juga sudah banyak beredar. Pastikan untuk membeli produk yang tampilannya selaras dengan tema desain rumah, ya!

10 Rekomendasi kunci pintu rumah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kunci pintu rumah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Endi Burhan.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Soligen

Grendel Rantai

Soligen Grendel Rantai 1枚目

Rantai plus kuncinya ampuh amankan pintu dan jendela

2

PALOMA

Barrel Bolt

PALOMA Barrel Bolt 1枚目

Durability-nya mumpuni, ekonomis pula!

3

Kadonio

Digital Handle Kunci Pintu Rumah Elektronik Fingerprint

Kadonio Digital Handle Kunci Pintu Rumah Elektronik Fingerprint 1枚目

Kunci digital elektronik berbentuk hand lever, modern sekaligus klasik

4

PALOMA

Flush Bolt Grendel Tanam

PALOMA Flush Bolt Grendel Tanam 1枚目

Berikan ekstra perlindungan untuk rumah Anda

5

PALOMA

Kunci Pintu Set

PALOMA Kunci Pintu Set 1枚目

Pintu 100 kg pun tetap mudah digerakkan

6

Rumah Pintar Indonesia

ARBIT Smart WiFi Door Lock

Rumah Pintar Indonesia ARBIT Smart WiFi Door Lock 1枚目

Smart key otomatis, bisa dibuka dengan lima cara

7

Enchanting

Door Knob E-Lock

Enchanting Door Knob E-Lock 1枚目

Praktis! Cukup tekan tombol, pintu sudah terkunci

8

Dekkson

Entrance Handle EHDL 8102 AC

Dekkson Entrance Handle EHDL 8102 AC 1枚目

Siap hiasi ruangan klasik Anda

9

Dekkson

DEADLOCK Double Cylinder DL 901 TC SSS

Dekkson DEADLOCK Double Cylinder DL 901 TC SSS 1枚目

Tambah kuat mengunci dengan silinder ganda dari Dekkson

10

Muller

TSA Combination Padlock

Muller TSA Combination Padlock  1枚目

Ada combination PIN, lebih sulit dibuka paksa

Perincian produk
Close
No.1

Rantai plus kuncinya ampuh amankan pintu dan jendela

Anda yang menyukai produk dengan fleksibilitas penggunaan mumpuni sebaiknya membeli produk ini. Dirancang sedemikian rupa, kunci ini dapat dipasangkan pada pintu dan jendela. Hasilnya, jendela rumah bisa Anda buka sedikit tanpa perlu membuka kunci secara keseluruhan. Harganya pun masih terjangkau, pasanglah produk ini di seluruh pintu dan jendela agar kunci dalam ruangan terlihat selaras.

No.2

PALOMABarrel BoltBBP 412

Mulai dari Rp16.800,00

Durability-nya mumpuni, ekonomis pula!

Kata siapa kunci awet berbahan stainless steel pasti memiliki harga tinggi? Barrel bolt 3 inci ini adalah solusi untuk merasakan ketahanan kunci pintu stainless steel tanpa harus keluar banyak dana. 


Bahan stainless steel berkualitas tinggi menjadikan produk ini siap digunakan bertahun-tahun. Tidak hanya itu, daya tahan akan korosinya juga meningkat drastis berkat kandungan nikel sebesar 9%. Dengan segala keunggulannya itu, nyatanya produk ini tetap memiliki harga yang sangat ramah kantong. 

No.3

KadonioDigital Handle Kunci Pintu Rumah Elektronik FingerprintKS-L401

Mulai dari Rp558.333,00

Kunci digital elektronik berbentuk hand lever, modern sekaligus klasik

Berbeda dengan kunci pintu rumah digital lainnya, produk dari Kadonio ini berbentuk hand lever yang klasik. Namun, terdapat sistem sidik jari yang memungkinkan Anda membuka pintu dengan mudah. Bahkan, produk ini dapat menyimpan hingga tiga puluh sidik jari berbeda, lho.


Untuk mengindentifikasi sidik jari, produk ini hanya membutuhkan waktu selama 0,25 detik. Anda jadi tidak perlu menunggu lama sampai pintu terbuka. Kunci pintu digital ini sendiri beroperasi menggunakan baterai AAA. Anda bisa menggantinya dengan mudah jika kunci pintu sudah kurang responsif pertanda baterai melemah. 

No.4

PALOMAFlush Bolt Grendel TanamFBP 212

Mulai dari Rp168.000,00

Berikan ekstra perlindungan untuk rumah Anda

Jika biasanya barrel bolt digeser ke samping kanan dan kiri, produk satu ini agak berbeda. Gerendel pintu satu ini dibuka dengan menarik tuasnya ke bawah dan dikunci dengan menaikkan tuasnya. Umumnya kunci ini digunakan untuk memberi perlindungan tambahan di samping kunci pintu utama. Maka dari itu, produk ini cocok dimiliki oleh Anda yang mencari ekstra keamanan untuk rumah Anda.

No.5

PALOMAKunci Pintu SetLPP 712

Mulai dari Rp237.600,00

Pintu 100 kg pun tetap mudah digerakkan

Penggunaan bahan aluminum alloy pilihan menjadikan kunci pintu rumah PALOMA ini memiliki ketahanan yang teruji. Bahkan, produk ini juga kuat untuk dipasang di pintu kayu besar berbobot 100 kg. Membuka dan menutup pintu berat pun terasa lebih mudah! Produk ini adalah pilihan terbaik jika Anda mencari kunci pintu rumah aluminium yang sangat awet. 

No.6

Rumah Pintar IndonesiaARBIT Smart WiFi Door LockAR-DL4

Mulai dari Rp1.499.000,00

Smart key otomatis, bisa dibuka dengan lima cara

Produk ini adalah pilihan terbaik untuk Anda yang butuh kunci rumah antimaling elektronik dengan mekanisme akses variatif. Dapat dihubungkan ke WiFi, Anda bisa membuka pintu atau mengatur ulang password kunci rumah ini dari jauh. Selain itu, kunci pintu rumah modern ini juga dapat Anda buka dengan fingerprint, RFID card, atau PIN. 


Tenang saja, saat dibutuhkan Anda dapat membukanya secara manual melalui lubang kunci di bagian bawah. Selain itu, bodi kuncinya berukuran 6,5 cm x 27 cm dan gagangnya memiliki panjang 11 cm. Baik pintu ramping yang lebarnya sekitar 60 maupun pintu selebar 120 cm, semuanya cocok dengan kunci ini.

No.7

EnchantingDoor Knob E-LockE1221

Mulai dari Rp60.000,00

Praktis! Cukup tekan tombol, pintu sudah terkunci

Sebagian orang menyukai jenis kunci doorknob karena penggunaannya yang praktis tanpa membutuhkan kunci. Hanya dengan menekan tombol di tengah, Anda sudah bisa mengunci pintu. Untuk itu, jenis pengunci pintu ini akan cocok untuk Anda yang menyukai kepraktisan. Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa kunci pintu ini tidak dilengkapi dengan kunci tambahan.

No.8

DekksonEntrance Handle EHDL 8102 AC1001381025

Mulai dari Rp420.000,00

Siap hiasi ruangan klasik Anda

Untuk Anda yang membutuhkan kunci rumah bernuansa retro, produk ini adalah opsi paling pas. Desain melengkung plus ukiran di gagang membuat kunci pintu rumah Dekkson ini memiliki nuansa klasik yang menonjol. Agar kesan vintage-nya makin kentara, Anda bisa memilih varian warna gelapnya. 


Kunci ini juga dilengkapi gagang berukuran 27 cm x 14,5 cm. Sementara itu, escutcheon sisi dalam pintu berdiameter 6,5 cm dan escutcheon luarnya memiliki tinggi 8 cm. Ukuran tersebut menjadikan produk ini cocok digunakan untuk pintu yang tingginya mencapai 250 cm.

No.9

DekksonDEADLOCK Double Cylinder DL 901 TC SSS1101090121

Mulai dari Rp160.000,00

Tambah kuat mengunci dengan silinder ganda dari Dekkson

Ukuran kunci pintu rumah ini memang kecil. Dipadukan dengan kunci model lain, misalnya hand lever tentu cocok. Namun, jangan ragukan kemampuannya dalam mengunci pintu Anda. Dilengkapi silinder ganda, produk ini sulit patah sehingga pintu rumah pun tertahan lebih kuat. Bagi Anda yang butuh kunci rumah mini nan kukuh, tidak ada salahnya mempertimbangkan produk ini.

No.10

MullerTSA Combination Padlock M007 TSA

Mulai dari Rp40.000,00

Ada combination PIN, lebih sulit dibuka paksa

Ada kalanya Anda butuh kunci gembok tangguh yang sulit dibobol untuk meningkatkan keamanan di rumah. Jika demikian, kunci pintu rumah merek Muller ini adalah partner terbaik. Dilengkapi mekanisme PIN 3 digit, gembok ini makin sulit dibuka paksa. Berkat mekanisme tersebut, Anda juga tidak perlu lagi kesulitan memasukkan anak kunci ke lubang kunci gembok yang rata-rata berukuran kecil.

Baca juga rekomendasi beragam produk aksesori pintu di sini

Selain memilih kunci pintu yang tepat, ada baiknya Anda juga membeli gagang pintu yang nyaman digunakan. Di samping itu, ada juga penahan pintu dan hiasan pintu yang juga fungsional dan menarik untuk dimiliki. Anda bisa mengenali lebih jauh seluruh produk tersebut di sini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan kunci pintu rumah yang diinginkan? Masing-masing tipe memiliki karakteristik tersendiri, tidak ada salahnya Anda memasang beberapa tipe kunci sekaligus untuk meningkatkan keamanan.


Sebelum membeli kunci pintu rumah, pastikan Anda sudah mengetahui ukuran dan material yang digunakan. Selain itu, Anda juga bisa membeli produk yang desainnya selaras dengan tema desain rumah. Selamat berbelanja dan memasang kunci pintu rumah!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer