1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Perlak Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Perlak Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Perlak Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Perlak Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Perlak Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Perlak Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Perlak Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023)

Menjelang kelahiran buah hati, apakah perlengkapan bayi yang Anda miliki sudah lengkap? Selain pakaian, perlengkapan lain yang tak kalah penting ialah perlak. Terdapat berbagai jenis dan ukuran perlak bayi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Anda akan menemukan perlak bayi meteran, perlak bayi polos, perlak bayi yang dingin, dan perlak bayi waterproof. Supaya Anda tidak salah memilih, kami akan membahas cara memilih perlak bayi yang bagus. Selain itu, rekomendasi perlak bayi terbaik dari merek Onemed, Sugarbaby, dan juga Cuddle Me akan direkomendasikan. Jadi, baca artikelnya sampai tuntas, ya.

Diperbaharui 02-06-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Fungsi perlak untuk bayi

Perlak atau underpad tergolong sebagai perlengkapan serbaguna sehingga memudahkan orang tua dalam merawat bayi. Karena bahannya tahan air atau waterproof, perlak memiliki beberapa fungsi sekaligus, antara lain:


  • Sebagai alas ompol agar tidak mengotori sprei dan kasur. 
  • Menghindari ruam pada bayi akibat terlalu sering menggunakan popok. 
  • Digunakan sebagai alas mandi dan mengganti popok bayi.


Para orang tua baru mungkin masih bingung mengenai cara menggunakan perlak bayi. Perlak hanya perlu dibentangkan di atas kasur bayi maupun baby tafel. Kain tambahan untuk melapisi perlak bisa dibutuhkan ataupun tidak, tergantung kondisi pemakaian. Meskipun multifungsi, sebaiknya Anda memiliki perlak bayi lebih dari satu supaya lebih nyaman untuk masing-masing penggunaan.

Cara memilih perlak untuk bayi

Sebelum membeli perlak untuk bayi, Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting berikut. Simak penjelasan lebih detailnya berikut ini!

① Tentukan berdasarkan jenis perlak

Terdapat dua jenis perlak bayi, yaitu reusable dan disposable. Untuk memahami keduanya, simaklah karakteristik dari setiap produk di bawah ini.

Perlak reusable, lebih irit biaya dan ramah lingkungan

Perlak reusable dapat digunakan berulang kali dan mudah dibersihkan. Anda dapat mencucinya menggunakan lap basah maupun mesin cuci, tergantung bahan dari perlak tersebut. Anda dapat menghemat biaya karena perlak reusable awet digunakan untuk jangka panjang. 


Anda pun dapat mengandalkan perlak ini saat si kecil sudah menjalani masa potty training atau toilet training. Selain itu, menggunakan perlak reusable tentu lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan sampah rumah tangga.

Perlak bayi sekali pakai atau disposable, praktis untuk dibawa bepergian

Perlak bayi sekali pakai atau disposable, praktis untuk dibawa bepergian

Jika tidak ingin repot mencuci perlak, gunakanlah perlak disposable atau perlak bayi sekali pakai. Anda dapat langsung membuang perlak setelah dipakai, lalu diganti dengan yang baru. Perlak disposable biasanya dijual per pack dan terdapat pilihan ukuran besar ataupun kecil. 


Ketika bepergian bersama bayi, perlak disposable lebih praktis untuk digunakan selama perjalanan. Material perlak ini adalah non woven fabric, kain sintetis yang dapat menyerap air. Namun, pastikan untuk melakukan penggantian secara rutin supaya perlak tidak bulky dan tetap nyaman untuk kulit bayi.

② Pilih berdasarkan ukuran perlak

Pilih berdasarkan ukuran perlak

Perlak bayi tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Selain ukuran kecil dan medium, terdapat juga perlak bayi jumbo yang bisa dibeli per meter sesuai keinginan.


  • Perlak ukuran maksimal 50 cm atau perlak pangku
Anda dapat menggunakannya sebagai alas dalam gendongan untuk menghindari rembesan ompol saat bayi sedang dipangku.


  • Perlak ukuran medium sekitar 70–90 cm

Perlak ini ideal untuk penggunaan sehari-hari. Jika Anda memiliki boks bayi, kami sarankan untuk menggunakan perlak ukuran medium karena cukup lebar.


  • Perlak bayi jumbo mulai dari 1 meter 

Perlak jumbo bisa dipasang di spring bed ataupun kasur lantai. Saat bayi sudah makin aktif bergerak, perlak dapat menjaga kasur tetap bersih dari ompol, kotoran, liur, atau muntah bayi.

③ Perhatikan bahan perlak yang nyaman untuk kulit bayi

Bayi menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Oleh sebab itu, pilih perlak yang nyaman saat bersentuhan dengan kulit bayi. Berikut ini beberapa jenis bahan yang dapat dipertimbangkan ketika memilih perlak bayi yang bagus.

Bahan karet, berikan Anda perlak bayi waterproof

Bahan karet, berikan Anda perlak bayi waterproof

Perlak bayi karet dapat dikatakan paling populer karena karakteristik waterproof yang dimiliki. Keunggulan lainnya ialah perlak tidak mudah bergeser meskipun bayi banyak bergerak saat tidur. Ciri khas dari perlak berbahan karet adalah permukaan yang bergelembung


Gelembung tersebut bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara saat digunakan. Saat dijadikan alas tidur, sebaiknya perlak dilapisi kain supaya pola gelembungnya tidak meninggalkan bekas pada kulit bayi. 


Namun, bahan karet tidak dapat menyerap air layaknya bahan kain. Saat bayi buang air atau muntah, air akan menggenang dan membasahi perlak sehingga perlu segera dibersihkan. Cara membersihkannya pun mudah, cukup dilap dengan kain atau tisu basah dan dijemur di tempat teduh.

Bahan fleece, lembut dan nyaman untuk tidur

Kain fleece dikenal juga sebagai bahan ramah lingkungan karena bisa diproduksi dari limbah daur ulang. Perlak bayi berbahan fleece memiliki kemampuan menyerap air dan keringat, serta mudah keringSaat disentuh, permukaannya terasa berbulu lembut sehingga hangat untuk dijadikan alas tidur. Sirkulasi udaranya yang baik juga akan membuat bayi dapat tidur dengan nyaman.


Perlak bayi berbahan kain memang mudah bergeser atau terlipat. Karena itu, Anda harus selalu mengawasi posisi tidur bayi supaya kasur tidak terkena ompol. Perlak ini ideal untuk dijadikan alas bagi bayi newborn karena belum terlalu aktif bergerak. Meskipun harus sering dicuci, Anda tidak perlu khawatir karena bahan fleece mudah kering.

④ Pastikan bahan perlak aman untuk bayi

Pastikan bahan perlak aman untuk bayi

Selain memastikan bayi nyaman diletakkan di atas perlak, Anda harus memastikan keamanannya. Perlak bayi haruslah bebas dari zat kimia berbahaya, contohnya BPA (bisphenol-A). Zat ini banyak terdapat dalam produk yang terbuat dari plastik polikarbonat. Sebut saja botol minum dan wadah makan bayi, termasuk juga perlak bayi berbahan karet.


Meskipun fungsinya sebagai alas, perlak juga tidak luput dari jangkauan mulut bayi. Ketika tummy time atau tengkurap, bayi kerap menundukkan kepala untuk mengemut benda di sekitarnya, tak terkecuali perlak. Untuk itu, pastikan perlak yang Anda beli berlabel BPA free dan SNI (Standar Nasional Indonesia). Jadi, Anda tak perlu ragu akan mutu dan keamanan dari produk yang Anda beli.

⑤ Pertimbangkan juga motifnya

Selain ukurannya yang beragam, perlak bayi juga tersedia dalam berbagai motif. Walaupun hanya dijadikan alas dan terkadang dilapisi kain, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan model perlak sebelum membeli. Untuk penggunaan sebagai alas ompol, mengganti popok, dan mandi, pilih perlak bayi polos


Sementara itu, perlak bayi bermotif cocok untuk dijadikan alas saat bayi sedang bermain. Bayi akan tertarik melihat gambar lucu serta warna cerah pada alas bermainnya. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan warna dan tema gambar sesuai gender bayi Anda, ya!

10 Rekomendasi perlak terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk perlak terbaik untuk bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Onemed

U Pad Underpad

Onemed U Pad Underpad 1枚目

Cegah kebocoran dengan lima lapis perlindungan

2

Renata

Perlak Meteran Lembut

Renata Perlak Meteran Lembut 1枚目

Mau jumbo atau mini, sesuaikan ukurannya sesuka Anda

3

Sugarbaby

Organic Healthy Cot Sheet

Sugarbaby Organic Healthy Cot Sheet  1枚目

Perlak organik yang adem, lembut, dan nyaman dipakai bayi berbaring

4

Cuddle Me

DryPad

Cuddle Me  DryPad 1枚目

Bisa dicuci dengan mesin cuci, perawatan jadi lebih mudah!

5

Obytobi by Obayito

Perlak Pangku

Obytobi by Obayito Perlak Pangku  1枚目

Perlak pangku kecil untuk stroller atau bouncer

6

Mama's Choice

Portable Changing Pad

Mama's Choice Portable Changing Pad  1枚目

Desainnya travel size, bisa dilipat jadi pouch cantik

7

Mastela

Smartstart Rubber Healthy Cot Sheet

Mastela Smartstart Rubber Healthy Cot Sheet 1枚目

Bahannya tebal dan tidak mudah sobek

8

Little Palmerhaus

Wonderpad 13.0

Little Palmerhaus Wonderpad 13.0 1枚目

Beri perlindungan maksimal pada kulit bayi

9

Kottonville

Bello Baby Dry Set Ukuran L

Kottonville Bello Baby Dry Set Ukuran L 1枚目

Perlak polos ukuran besar, pas dipakai saat anak sedang toilet training

10

Sumimo

Dorai Pad

Sumimo  Dorai Pad 1枚目

Perlak katun halus yang lembut dan waterproof

Perincian produk
Close
No.1

Cegah kebocoran dengan lima lapis perlindungan

Kelebihan:

  • Bahannya kuat, tidak mudah robek, dan tentunya lembut di kulit
  • Mudah menyerap air, cepat kering, dan juga tidak bocor
  • Ukuran yang kecil membuatnya mudah dibawa saat bepergian

Kekurangan:

  • Lebih cocok dijadikan alas popok, tidak bisa digunakan sebagai alas kasur
  • Hanya bisa digunakan satu kali

Bayi yang memiliki kulit sensitif berisiko terkena ruam popok akibat pemakaian popok yang terlalu lama. Untuk mencegah hal tersebut, ada kalanya bayi dibiarkan tidak memakai popok. Namun, jika Anda berencana pergi ke suatu tempat bersama si bayi, menggunakan perlak atau alas popok sekali pakai adalah solusi ampuh.


Nah, alas popok U Pad layak dipertimbangkan. Onemed membuatnya dari lima lapis material dengan daya serap tinggi dan mampu menahan kebocoran. Material tersebut adalah lapisan non woven, lapisan tissue, lapisan fluff pulp + SAP, lapisan tissue kedua, dan lapisan PE film. Tambahan lagi, alas popok ini juga diklaim lembut sehingga nyaman di kulit.

No.2

RenataPerlak Meteran Lembut

Mulai dari Rp45.000,00

Mau jumbo atau mini, sesuaikan ukurannya sesuka Anda

Kelebihan:

  • Bahan lembut dan lentur
  • Tidak berbunyi gemerisik sehingga nyaman dipakai saat anak bergerak

Kekurangan:

  • Hanya ada satu warna polos saja

Bagi Anda yang ingin menyesuaikan ukuran perlak bayi sendiri, produk ini adalah opsi sempurna. Perlak bayi meteran polos ini dijual dengan ukuran custom mulai dari satu meter. Anda dapat membelinya per meter secara terpisah maupun beberapa meter tanpa dipotong oleh seller. Tinggal tentukan sesuai kebutuhan.


Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan, baik ukuran besar ataupun kecil, Anda dapat memotongnya sendiri di rumah. Anda dapat memasangnya pada boks bayi, kasur, baby tafel, atau bahkan di stroller-nya. Karena bahannya yang lembut dan tidak bersuara gemerisik, tidak heran jika perlak meteran ini banyak dipilih orang tua.

No.3

SugarbabyOrganic Healthy Cot Sheet

Mulai dari Rp109.000,00

Perlak organik yang adem, lembut, dan nyaman dipakai bayi berbaring

Kelebihan:

  • Motifnya lucu dan memiliki beragam warna
  • Dibuat dengan teknologi steam wash sehingga lebih higienis
  • Mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu ukuran 90 cm x 60 cm sehingga lebih cocok dipakai di rumah saja

Bayi banyak menghabiskan waktunya sambil berbaring ataupun tengkurap. Jadi, memilih perlak yang aman dan nyaman merupakan sebuah keharusan. Nah. perlak dari Sugarbaby ini terbuat dari 100% karet alami dan organik. Karena itu, perlak terasa lembut dan tidak lengket saat menyentuh kulit si kecil.

 
Permukaan perlak yang bergelembung berisi sirkulasi udara sehingga membuatnya terasa dingin. Menariknya lagi adalah perlak buatan Sugarbaby memiliki beragam motif serta warna, lho. Semua motifnya bisa menarik perhatian si kecil dan pastinya aman karena sudah BPA free dan tersertifikasi EN 71-3.

No.4

Bisa dicuci dengan mesin cuci, perawatan jadi lebih mudah!

Kelebihan:

  • Tersedia dalam banyak pilihan motif dan warna
  • Berkualitas waterproof
  • Cukup tipis untuk dilipat dan dibawa bepergian

Kekurangan:

  • Menurut customer bahannya agak berat
  • Supaya cepat kering harus segera dilap

Perlak bayi Cuddle Me terbuat dari bahan micro polar fleece yang halus saat bersentuhan dengan kulit bayi. Bagian dalamnya dilapisi polyurethane yang membuat perlak ini antibocor dan waterproof. Tak hanya itu, lapisan poly woven pada bagian bawah tidak menimbulkan suara gemerisik saat bayi bergeser ketika tidur.


Menariknya lagi, perlak ini dapat dipakai secara bolak-balik menjadi polos dan bermotif. Untuk Anda yang memiliki aktivitas padat, perlak ini sangat ideal untuk dimiliki. Pasalnya, perlak bayi ini dapat dicuci menggunakan mesin cuci sehingga hemat waktu dalam hal perawatan.

No.5

Obytobi by ObayitoPerlak Pangku

Mulai dari Rp15.500,00

Perlak pangku kecil untuk stroller atau bouncer

Kelebihan:

  • Tersedia banyak pilihan motif untuk bayi perempuan dan laki-laki
  • Bahan adem di kulit bayi

Kekurangan:

  • Menurut beberapa customer bahannya terlalu tipis

Jika Anda berencana berjalan-jalan bersama si kecil menggunakan stroller, Anda pasti membutuhkan perlak yang ukurannya lebih kecil. Karena itu, kami merekomendasikan perlak pangku yang satu ini. Ukurannya hanya 34 cm x 45 cm sehingga pas diletakkan di stroller bayi.


Selain itu, perlak pangku ini juga bisa diletakkan di bouncer saat bayi sedang bersantai, lho. Kalau bayi Anda sering berjemur, letakkan saja perlaknya di pangkuan. Dengan begitu, rembesan ompol ataupun gumoh si kecil pun tidak akan mengotori pakaian Anda.

No.6

Mama's ChoicePortable Changing Pad

Mulai dari Rp139.000,00

Desainnya travel size, bisa dilipat jadi pouch cantik

Kelebihan:

  • Ringkas dan praktis dibawa bepergian
  • Tidak mudah terkena noda
  • Mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Pilihan motifnya terbatas, hanya dua macam

Apakah Anda memiliki rencana untuk traveling bersama bayi? Pastikan Anda membawa perlak merek Mama's Choice ukuran travel size yang praktis ini. Perlak ini dapat dilipat menjadi pouch dengan dua pilihan motif yang cantik, lho.


Perlak untuk alas ganti bayi ini bobotnya ringan, tetapi memiliki bantalan yang empuk untuk menjaga bayi tetap nyaman. Saat dibentangkan, terdapat kantung pada sisi perlak sebagai area penyimpanan tisu, popok, atau perlengkapan lain. Setelah dilipat, terdapat tali pada pouch sehingga bisa digantungkan di stroller maupun diaper bag. Praktis!

No.7

MastelaSmartstart Rubber Healthy Cot Sheet

Mulai dari Rp82.000,00

Bahannya tebal dan tidak mudah sobek

Kelebihan:

  • Tersedia dalam berbagai macam motif lucu yang disukai bayi
  • Terbuat dari 100% karet alami
  • Double layer sehingga tidak mudah robek

Kekurangan:

  • Ada customer yang menyatakan bagian ujung kurang rapi dan masih berbau karet

Memiliki perlak bayi yang awet dan tidak mudah robek tentunya menjadi keuntungan tersendiri. Anda dapat menghemat pengeluaran karena perlak bisa dipakai dalam jangka waktu lama, bahkan hingga anak selanjutnya. Karena itu, kami merekomendasikan perlak dengan beragam motif ini.


Perlak yang terbuat dari karet alami ini memiliki dua lapisan sehingga lebih tebal dan tidak mudah robek. Selain itu, Mastela membuatnya dengan teknologi terkini dan melakukan treatment tanpa tepung jagung dalam kemasan. Alhasil, perlak tidak lengket dan nyaman saat menyentuh kulit si kecil.

No.8

Little PalmerhausWonderpad 13.0

Mulai dari Rp150.000,00

Beri perlindungan maksimal pada kulit bayi

Kelebihan:

  • Bagian bawah dilengkapi antiselip
  • Bahan tipis, tetapi tidak berat sehingga mudah dilipat dan dibawa bepergian

Kekurangan:

  • Warna dasar perlak putih dengan motif ilustrasi minimalis yang kurang ceria untuk anak-anak

Jika Anda menggunakan baby tafel atau meja ganti popok, jangan lupa gunakan perlak bayi Little Palmerhaus. Permukaan perlak ini terbuat dari kain fleece yang lembut dan nyaman untuk kulit bayi. Selain itu, terdapat pula lapisan waterproof di bagian belakang untuk menjaga matras pada baby tafel tetap bersih.


Keunggulan lain dari perlak ini ialah memiliki ketahanan terhadap bakteri, jamur, serta tungau. Wonderpad juga memberikan perlindungan terhadap kulit yang alergi karena tidak menggunakan pewarna kain yang tidak beracun. Jadi, kulit bayi tetap aman dan nyaman saat menggunakan perlak ini.

No.9

KottonvilleBello Baby Dry Set Ukuran L

Mulai dari Rp449.000,00

Perlak polos ukuran besar, pas dipakai saat anak sedang toilet training

Kelebihan:

  • Sudah tersertifikasi dengan standar OEKO Tex
  • Daya serap bagus, hanya dalam waktu 5 menit  langsung kering
  • Waterproof atau tidak mudah bocor

Kekurangan:

  • Bahan tipis dan mudah berantakan, terutama saat anak banyak bergerak

Bayi Anda bertambah besar dan sudah waktunya toilet training? Anda tentu membutuhkan perlak yang ukurannya lebih besar sehingga dapat menutup area kasur lebih luas selagi anak bergerak. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan perlak dari Bello Baby ukuran L atau sekitar 140 cm x 100 cm.

 
Perlak premium ini terbuat dari bahan yang telah teruji OEKO Tex Standard Certification yang dapat menyerap air lebih cepat. Bahkan hanya dalam waktu 5 menit, permukaannya langsung kering. Tak hanya itu, perlak ini juga antitungau dan antibakteri sehingga aman untuk kulit bayi dan anak-anak.

No.10

Perlak katun halus yang lembut dan waterproof

Kelebihan:

  • Cepat menyerap dan cepat kering
  • Bahannya ringan, waterproof, dan tidak tembus
  • Bisa dijadikan alas tidur ataupun alas gumoh

Kekurangan:

  • Motif lembut dan minimalis yang kurang colorful untuk anak-anak

Bahan perlak yang terbuat dari karet mungkin kurang nyaman dijadikan alas tidur. Nah, perlak yang satu ini berbeda karena terbuat dari kain katun yang lembut, halus, dan ringan. Meskipun demikian, perlak ini termasuk perlak waterproof karena dapat menyerap air dengan cepat dan tidak tembus.


Jika Anda sesekali ingin membiarkan bayi tidur nyenyak tanpa menggunakan diapers, bisa gunakan Dorai Pad dari Sumimo ini. Karena terbuat dari 100% katun premium dan teruji hypoallergenic, bayi pasti akan merasa nyaman tidur di atasnya.

Baca juga rekomendasi perlengkapan tidur bayi dan popok bayi di sini

Selain sebagai alas ompol, perlak juga dapat difungsikan sebagai alas tidur bayi. Tidur yang nyaman bagi bayi akan membawa pengaruh baik terhadap pertumbuhannya. Selain itu, popok yang tepat juga akan membuat si kecil dapat tertidur lebih nyaman. Dapatkan informasi mengenai produk-produk tersebut pada artikel berikut ini.

Kesimpulan

Tuntas sudah pembahasan mengenai perlak terbaik untuk bayi. Tidak sulit untuk menemukan merek dan jenis perlak yang bagus, bukan? Semoga tips yang sudah kami jelaskan dapat membantu Anda mendapatkan perlak yang tepat. 


Tambahan lagi, memilih perlak haruslah teliti dengan memeriksa bahan yang aman digunakan bayi. Selain itu, pilih juga model yang bagus serta lucu untuk digunakan si kecil. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer