• 10 Rekomendasi Perlak Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Perlak Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Perlak Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Perlak Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Perlak Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Perlak Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Menjelang kelahiran buah hati, apakah perlengkapan bayi yang Anda miliki sudah lengkap? Selain pakaian, perlengkapan lain yang juga penting ialah perlak. Di pasaran, terdapat berbagai jenis dan ukuran perlak untuk bayi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


Anda akan menemukan perlak bayi meteran, perlak bayi polos, dan perlak bayi anti air atau waterproof dari bahan karet. Jadi, pertama kami akan membahas perlak terbaik untuk bayi beserta cara memilihnya. Merk perlak bayi yang bagus, seperti Sugar Baby, Little Palmerhause, dan Dodo dapat dijumpai juga dalam rekomendasi kami. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 19 April 2022
Daftar isi

Fungsi perlak untuk bayi

Perlak atau underpad tergolong sebagai perlengkapan serbaguna sehingga memudahkan pekerjaan orang tua dalam merawat bayi. Berkat bahan tahan air, perlak berfungsi sebagai alas ompol agar tidak mengotori sprei dan kasur. Penggunaan perlak juga dapat membuat kulit bayi terhindar dari ruam akibat terlalu sering menggunakan popok. Selain itu, perlak dapat digunakan sebagai alas mandi dan mengganti popok bayi.


Para orang tua baru mungkin masih bingung mengenai cara menggunakan perlak bayi. Perlak hanya perlu dibentangkan di atas kasur bayi maupun baby tafel. Kain tambahan untuk melapisi perlak bisa dibutuhkan ataupun tidak, tergantung kondisi pemakaian. Meskipun multifungsi, sebaiknya Anda memiliki perlak bayi lebih dari satu supaya lebih nyaman untuk masing-masing penggunaan.

Cara memilih perlak untuk bayi

Sebelum membeli perlak untuk bayi, Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting berikut. Simak penjelasannya lebih detail berikut ini!

Pilih berdasarkan jenis perlak

Terdapat dua jenis perlak bayi untuk bayi, yaitu reusable dan disposable. Untuk memahaminya, mari simak karakteristik masing-masing produk di bawah ini.

Perlak reusable, lebih irit biaya dan ramah lingkungan

Perlak reusable dapat digunakan berulang kali dan mudah dibersihkan. Anda dapat mencucinya menggunakan lap basah maupun mesin cuci, tergantung bahan dari perlak tersebut. Anda dapat menghemat biaya karena perlak reusable awet digunakan untuk jangka panjang. 


Anda pun dapat mengandalkan perlak ini saat si kecil sudah menjalani masa potty training atau toilet training. Selain itu, menggunakan perlak reusable tentu lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan sampah rumah tangga.

Perlak bayi sekali pakai atau disposable, praktis untuk dibawa bepergian

Jika tidak ingin repot mencuci perlak, gunakanlah perlak disposable atau perlak bayi sekali pakai. Anda dapat langsung membuang perlak setelah dipakai, lalu diganti dengan yang baru. Perlak disposable biasanya dijual per pack dan terdapat pilihan ukuran besar ataupun kecil. 


Saat bepergian bersama bayi, perlak disposable juga lebih praktis untuk digunakan selama perjalanan. Material pada perlak ini ialah non woven fabric, yaitu kain sintetis yang dapat menyerap air. Namun, pastikan untuk melakukan penggantian secara rutin supaya perlak tidak bulky dan tetap nyaman untuk kulit bayi.

Pilih berdasarkan ukuran perlak

Perlak bayi tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Selain ukuran kecil dan medium, terdapat juga perlak bayi jumbo yang bisa dibeli per meter sesuai keinginan. Perlak dengan ukuran panjang maksimal 50 cm biasanya disebut dengan perlak pangku. Anda dapat menggunakannya sebagai alas dalam gendongan untuk menghindari rembesan ompol saat bayi sedang dipangku.


Kemudian, terdapat perlak berukuran medium sekitar 70–90 cm yang ideal untuk digunakan sehari-hari. Jika Anda memiliki boks bayi, kami sarankan untuk menggunakan perlak ukuran medium karena cukup lebar. Untuk perlak bayi jumbo, yaitu mulai dari 1 meter, dapat dipasang di spring bed ataupun kasur lantai. Saat bayi sudah makin aktif bergerak, perlak dapat menjaga kasur tetap bersih dari ompol, kotoran, liur, atau muntah bayi.

Perhatikan bahan perlak yang nyaman untuk kulit bayi

Bayi menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Untuk itu, pilihlah perlak yang nyaman saat bersentuhan dengan kulit bayi. Berikut ini beberapa jenis bahan yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih perlak bayi yang bagus.

Bahan karet, berikan Anda perlak bayi waterproof

Bahan karet, berikan Anda perlak bayi waterproof

Perlak bayi karet dapat dikatakan paling populer karena karakteristik waterproof yang dimiliki. Keunggulan lainnya ialah perlak tidak mudah bergeser meskipun bayi banyak bergerak saat tidur. Ciri khas dari perlak ini ialah memiliki permukaan yang bergelembung. 


Gelembung tersebut bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara saat digunakan. Saat dijadikan alas tidur, sebaiknya perlak dilapisi kain agar pola gelembung tidak meninggalkan bekas pada kulit bayi. Namun, bahan karet tidak dapat menyerap air layaknya bahan kain. Saat bayi buang air atau muntah, air akan menggenang dan membasahi perlak sehingga perlu segera dibersihkan. Cara membersihkannya pun mudah, yaitu cukup dilap dengan kain atau tisu basah dan dijemur di tempat teduh.

Bahan fleece, lembut dan nyaman untuk tidur

Kain fleece dikenal juga sebagai bahan ramah lingkungan karena bisa diproduksi dari limbah daur ulang. Perlak bayi berbahan fleece memiliki keunggulan mampu menyerap air dan keringat, serta mudah kering. Saat disentuh, permukaannya terasa berbulu lembut sehingga hangat untuk dijadikan alas tidur. Sirkulasi udaranya yang baik juga akan membuat bayi dapat tidur dengan nyaman.


Perlak bayi berbahan kain memang mudah bergeser atau terlipat. Untuk itu, Anda harus selalu mengawasi posisi tidur bayi supaya kasur tidak terkena ompol. Perlak ini ideal untuk dijadikan alas bagi bayi newborn karena belum terlalu aktif bergerak. Meskipun harus sering dicuci, Anda tak perlu khawatir saat musim hujan karena bahan fleece mudah kering.

Pastikan bahan perlak aman untuk bayi

Pastikan bahan perlak aman untuk bayi

Selain memastikan bayi nyaman diletakkan di atas perlak, Anda juga harus memastikan keamanannya. Perlak bayi haruslah bebas dari zat kimia berbahaya seperti BPA (bisphenol-A). Zat tersebut banyak terdapat pada produk yang terbuat plastik polikarbonat. Sebut saja botol minum dan wadah makan bayi, termasuk juga perlak bayi berbahan karet.


Meskipun fungsinya sebagai alas, perlak juga tidak luput dari jangkauan mulut bayi. Ketika tummy time atau tengkurap, bayi kerap menundukkan kepala untuk mengemut benda di sekitarnya, tak terkecuali perlak. Untuk itu, pastikan perlak yang Anda beli berlabel BPA free dan SNI (Standar Nasional Indonesia). Jadi, Anda tak perlu ragu akan mutu dan keamanan dari produk yang Anda beli.

Pertimbangkan juga modelnya

Selain ukurannya yang beragam, perlak bayi juga tersedia dalam berbagai motif. Walaupun hanya dijadikan alas dan terkadang dilapisi kain, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan model perlak sebelum membeli. Untuk penggunaan sebagai alas ompol, mengganti popok, dan mandi, pilihlah perlak bayi polos. 


Sementara itu, pilihlah perlak bayi bermotif untuk dijadikan alas saat bayi sedang bermain. Bayi akan tertarik melihat gambar lucu dan warna cerah pada alas bermainnya. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan warna dan tema gambar sesuai gender bayi Anda, ya!

10 Rekomendasi perlak terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan mengulas rekomendasi produk perlak terbaik untuk bayi. Silakan pilih sesuai selera dan kebutuhan Anda.

10
JenisReusable
Ukuran35 cm x 45 cm
BahanPlastik waterproof
Jaminan keamananTidak disebutkan
ModelMotif
9
JenisReusable
Ukuran70 cm x 90 cm
BahanFleece with waterproof anti-slip backing
Jaminan keamananHygienic & non-allergenic, non toxic dyes
ModelMotif (Flower and Rainbow, Rabbit and Carrots, Ocean Whale, Marie, dan sebagainya)
8
JenisReusable
Ukuran70 cm x 100 cm
BahanMicro polar fleece, polyurethane, poly woven
Jaminan keamananNon-allergenic
ModelMotif (Aztec Grey, Wonderland Blue, Check Blue, Check Grey, Swirl Pink, dan sebagainya)
7
JenisReusable
UkuranCustom (lebar: 135–138 cm)
BahanTidak disebutkan
Jaminan keamananTidak disebutkan
ModelPolos (warna ivory)
6

Lusty BunnyBaby Sheet Perlak Bayi

Mulai dari Rp 40.200,00

JenisReusable
Ukuran55 cm x 80 cm
BahanSpon (karet sintetis)
Jaminan keamananTidak disebutkan
ModelPolos
5
JenisReusable
UkuranS (70 cm x 50 cm), M (100 cm x 70 cm), L (140 cm x 100 cm)
BahanWaterproof fabric
Jaminan keamananOEKO Tex Standard Certification
ModelPolos (Pink, Yellow, Blue, Green)
4
JenisReusable
Ukuran90 cm x 70 cm
BahanFleece waterproof
Jaminan keamananSNI
ModelMotif (Clothes Yellow, Cloud Blue, Clothes Blue, Mickey Bear Blue, Pollar Bear Blue, dan sebagainya)
3

Mama's ChoicePortable Changing Pad

Mulai dari Rp 149.000,00

JenisReusable
UkuranDilipat: 17 cm x 28 cm ・Dibuka: 50 x 70 cm
BahanPolyester
Jaminan keamananBPA free, lead free, dan phthalates free
ModelMotif (Cat Blue, Cat Pink, Dino, House, Panda)
2
JenisDisposable
Ukuran60 cm x 60 cm
BahanNon-woven, America fluff pulp, Japan SAP, PE back sheet
Jaminan keamananISO 9001
ModelPolos
1

Sugar BabyOrganic Healthy Cot Sheet (Perlak Organic)

Mulai dari Rp 92.800,00

JenisReusable
Ukuran90 cm x 60 cm
Bahan100% karet organik
Jaminan keamananBPA free, SNI, sertifikasi Eropa EN 71-3
ModelMotif (Blue Coco, Blue Rabbit, Blue Toys, Green Dino, Blue Star, Yellow Lion, dan sebagainya)

Tabel perbandingan produk perlak terbaik untuk bayi

Gambar produk
1
Sugar Baby Organic Healthy Cot Sheet (Perlak Organic) 1

Sugar Baby

2
Baby Safe  Alas Popok 1

Baby Safe

3
Mama's Choice Portable Changing Pad 1

Mama's Choice

4
Kuma Kuma Protector Pad (Perlak) 1

Kuma Kuma

5
Bello Baby  Baby Mat 1

Bello Baby

6
Lusty Bunny Baby Sheet Perlak Bayi 1

Lusty Bunny

7
Renata Perlak Meteran Lembut 1

Renata

8
Cuddle Me DryPad 1

Cuddle Me

9
Palmerhause Wonderpad 1

Palmerhause

10
Obytobi by Obayito Perlak Pangku 1

Obytobi by Obayito

Nama produk

Organic Healthy Cot Sheet (Perlak Organic)

Alas Popok

Portable Changing Pad

Protector Pad (Perlak)

Baby Mat

Baby Sheet Perlak Bayi

Perlak Meteran Lembut

DryPad

Wonderpad

Perlak Pangku

Keunggulan

Motif lucu dan warna-warni, buat si kecil makin asyik bermain

Material empat lapisnya mampu cegah kebocoran dengan optimal

Desainnya travel size, bisa dilipat jadi pouch cantik

Dua motif berbeda dalam satu perlak, bisa dipakai bergantian

Perlak premium yang mampu kering dalam 10 menit

Alas mandi bayi waterproof yang lembut dan fleksibel

Mau jumbo atau mini, sesuaikan ukurannya sesuka Anda

Bisa dicuci dengan mesin cuci, perawatan jadi lebih mudah!

Beri perlindungan maksimal pada kulit bayi

Harganya ramah di kantong

Harga mulai dariRp 92.800,00Rp 40.000,00Rp 149.000,00Rp 99.000,00Rp 89.000,00Rp 40.200,00Rp 45.000,00Rp 77.000,00Rp 80.000,00Rp 12.500,00
JenisReusableDisposableReusableReusableReusableReusableReusableReusableReusableReusable
Ukuran90 cm x 60 cm60 cm x 60 cmDilipat: 17 cm x 28 cm ・Dibuka: 50 x 70 cm90 cm x 70 cmS (70 cm x 50 cm), M (100 cm x 70 cm), L (140 cm x 100 cm)55 cm x 80 cmCustom (lebar: 135–138 cm)70 cm x 100 cm70 cm x 90 cm35 cm x 45 cm
Bahan100% karet organikNon-woven, America fluff pulp, Japan SAP, PE back sheetPolyesterFleece waterproofWaterproof fabricSpon (karet sintetis)Tidak disebutkanMicro polar fleece, polyurethane, poly wovenFleece with waterproof anti-slip backingPlastik waterproof
Jaminan keamananBPA free, SNI, sertifikasi Eropa EN 71-3ISO 9001BPA free, lead free, dan phthalates freeSNIOEKO Tex Standard CertificationTidak disebutkanTidak disebutkanNon-allergenicHygienic & non-allergenic, non toxic dyesTidak disebutkan
ModelMotif (Blue Coco, Blue Rabbit, Blue Toys, Green Dino, Blue Star, Yellow Lion, dan sebagainya)PolosMotif (Cat Blue, Cat Pink, Dino, House, Panda)Motif (Clothes Yellow, Cloud Blue, Clothes Blue, Mickey Bear Blue, Pollar Bear Blue, dan sebagainya)Polos (Pink, Yellow, Blue, Green)PolosPolos (warna ivory)Motif (Aztec Grey, Wonderland Blue, Check Blue, Check Grey, Swirl Pink, dan sebagainya)Motif (Flower and Rainbow, Rabbit and Carrots, Ocean Whale, Marie, dan sebagainya)Motif
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan tidur bayi dan popok bayi di sini

Selain sebagai alas ompol, perlak juga dapat difungsikan sebagai alas tidur bayi. Tidur yang nyaman bagi bayi akan membawa pengaruh baik terhadap pertumbuhannya. Selain itu, popok yang tepat juga akan membuat si kecil dapat tertidur lebih nyaman. Dapatkan informasi mengenai produk-produk tersebut pada artikel berikut ini.

Kesimpulan

Tuntas sudah pembahasan mengenai perlak terbaik untuk bayi dari kami. Tidak sulit untuk menemukan merek dan jenis perlak yang bagus, bukan? Semoga tips yang sudah kami jelaskan dapat membantu Anda untuk mendapatkan produk yang tepat. 


Memilih perlak haruslah teliti dengan memeriksa bahan yang aman digunakan bayi. Pilih juga model yang bagus serta lucu untuk digunakan si kecil. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perawatan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah merawat rambut. Namun, merawat rambut bayi tidak cukup dengan keramas teratur saja. Untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambutnya, bayi perlu memakai hair lotion khusus bayi.Ada beberapa merek hair lotion bayi yang bisa Anda pilih, seperti Tropee Bebe, Beauty Barn, atau Zwitsal. Nah, agar mendapatkan hair lotion bayi yang bagus, simaklah rekomendasi dari kami dan tips memilihnya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Kasur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang sedang menantikan kelahiran sang buah hati, membeli perlengkapan bayi adalah hal yang utama. Salah satu perlengkapan yang sangat penting adalah kasur bayi. Namun, memilih kasur bayi tentu harus berhati-hati dan penuh pertimbangan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips mengenai cara memilih kasur bayi yang bagus. Beberapa merk kasur bayi terbaik seperti Baby Joy, BabySafe, dan Dialogue Baby juga masuk ke dalam daftar rekomendasi kami. Sudah siap menyambut kehadiran sang buah hati? Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori