1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Ruang tamu & keluarga
  6. >
  7. 10 Meja Lipat Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Meja Lipat Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Meja Lipat Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Meja Lipat Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Meja Lipat Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Meja Lipat Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Meja Lipat Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023)

Jika Anda memiliki luas ruangan terbatas, akan lebih nyaman jika menggunakan meja dinding lipat. Meja serbaguna ini hemat tempat dan bisa dimanfaatkan sebagai meja belajar, meja kerja, hingga meja dapur. Desainnya juga minimalis sehingga dapat memperindah ruangan.


Produk meja lipat dinding juga bervariasi, mulai dari yang harganya murah hingga mahal. Ukuran meja dan materialnya juga beragam. Kami akan berbagi tips memilih meja dinding lipat yang bagus. Temukan juga rekomendasi produk meja lipat dari beragam merek, seperti IKEA dan Pira. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Adil Mochtar. Selamat membaca!

Diperbaharui 12-09-2022
Pakar
Arsitek
Adil Mochtar

Adil adalah seorang Arsitek Prinsipal kreatif di HADE (PT Hasta Asri Dharma) dan AMA Studio. Ia memiliki 7 tahun pengalaman dalam perancangan bangunan gedung negara, swasta dan rumah tinggal. Seluruh konsep rancangan Adil selalu mengedepankan arsitektur yang berwawasan lingkungan dan inovasi. Selain itu, Adil juga turut aktif dalam organisasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia Wilayah Bekasi. Untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai arsitektur, Anda bisa menyapa Adil melalui akun Instagram-nya.

Profil Adil Mochtar
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih meja lipat dinding

Kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang bisa menjadi acuan Anda sebelum membeli meja lipat dinding. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah mengetahui tipe meja lipat yang sesuai kebutuhan. 

① Periksa jenis material dari daun meja

Ada beberapa jenis kayu yang sering menjadi bahan meja lipat dinding, yakni particle board, plywood, hingga kayu solid. Jenis kayu tersebut memiliki karakteristik dan keunggulan yang bervariasi. Oleh karena itu, Anda perlu memahaminya dengan baik agar tidak salah membeli.

Particle board, bobot ringan dengan harga lebih terjangkau

Particle board, bobot ringan dengan harga lebih terjangkau

Particle board adalah kayu olahan yang berasal dari serpihan kayu yang dipadatkan. Jenis kayu particle board memiliki kepadatan medium sehingga tidak mudah patah atau bengkok. Keunggulan lainnya adalah kayu particle board memiliki bobot yang lebih ringan dan harganya pun lebih murah.


Namun, permukaan material particle board dirasa kurang halus, tidak tahan air, dan kelembapan. Meja dari material particle board akan lebih awet jika diletakkan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik. Selama tidak terkena percikan air atau berada di area lembap, meja particle board bisa digunakan dalam waktu lama.

Plywood, material kuat dan tahan terhadap kelembapan

Plywood, material kuat dan tahan terhadap kelembapan

Plywood atau multipleks merupakan kayu olahan yang terdiri dari beberapa lembaran tipis kayu (veneer). Veneer tersebut disatukan dengan cara direkatkan dan ditekan menggunakan mesin press. Hasilnya, veneer yang disatukan membentuk lembaran dengan ketebalan tertentu, seperti 6 mm, 9 mm, 15 mm, 18 mm, dan 24 mm.


Material plywood memiliki beberapa keunggulan. Secara tampilan, kayu plywood mirip dengan kayu solid. Kualitas kayunya juga cukup mumpuni karena plywood dikenal kuat terhadap cuaca, air, dan kelembapan. Meski begitu, permukaan plywood tidak selalu mulus dan halus. Jika memungkinkan, periksalah permukaannya untuk memastikan tidak ada yang bergelombang.

Kayu solid, kualitas terjamin dan awet hingga belasan tahun

Kayu solid, kualitas terjamin dan awet hingga belasan tahun

Kayu solid adalah jenis kayu murni yang langsung digunakan sebagai bahan untuk membuat furnitur. Ada beberapa jenis kayu solid, yakni kayu jati, mahoni, trembesi, pinus, dan lainnya. Kualitas kayu solid sudah tidak perlu diragukan lagi.


Biasanya meja yang terbuat dari kayu solid lebih kokoh dan tahan lama. Bahkan, kayu solid dapat bertahan hingga lebih dari 15 tahun, tergantung pada jenis kayu, kondisi cuaca, dan perawatannya.


Jika Anda memilih meja lipat dinding dari kayu solid, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Perawatan kayu solid ini cukup rumit. Agar lebih awet, kayu solid sebaiknya tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu lama. Hal tersebut bisa membuat meja cepat rusak.


Kemudian, kelembapan udara yang tinggi bisa membuat kayu memuai dan retak. Sebaliknya, ruang dengan kelembapan yang terlalu rendah akan menyebabkan kayu mengerut. Di ruang yang terlalu lembap, meja Anda bisa ditumbuhi jamur sehingga mudah rusak. Maka dari itu, pertimbangkanlah kondisi ruangan yang akan dipasangi meja lipat dinding.

② Pilihlah meja lipat dinding dengan rangka berbahan baja ringan, stainless steel, atau besi

Pilihlah meja lipat dinding dengan rangka berbahan baja ringan, stainless steel, atau besi

Selain memeriksa material daun meja, periksa juga bagian rangka meja lipat dinding. Bagian-bagian rangka ini terdiri dari bracket (penyangga), engsel siku, dan sekrup. Ada tiga jenis material rangka untuk meja lipat, yakni baja ringan, stainless steel, dan besi. Tiap jenis material ini dikenal cukup kuat sehingga mampu menahan beban yang berat.


Dari tiga jenis material rangka tersebut, stainless steel memiliki keunggulan antikarat sehingga tampilannya lebih awet. Stainless steel sendiri merupakan jenis baja yang memiliki lapisan pelindung. Hal itulah yang membuat meja lipat stainless steel lebih unggul dari segi tampilan.


Selain jenis material yang digunakan, Anda perlu memeriksa engsel mejanya. Hal ini akan memengaruhi kemudahan, kestabilan, dan kekokohan meja lipat saat dibuka tutup. Jika Anda ingin membeli meja secara online, baca juga review dari konsumen yang sudah membelinya.

③ Sesuaikan ukuran dan ketinggian meja dengan kebutuhan

Sesuaikan ukuran dan ketinggian meja dengan kebutuhan

Ada dua jenis meja lipat dinding, yakni yang menggunakan kaki meja dan yang digantung tanpa kaki meja. Meja lipat dengan kaki mempunyai tumpuan tambahan sehingga lebih kuat menahan beban dibandingkan meja lipat tanpa kaki. Jika Anda memilih meja lipat dengan kaki, periksa juga ketinggian kaki meja tersebut. Pilih meja dengan tinggi kaki yang nyaman dengan postur Anda saat duduk.


Sesuaikan juga ukuran meja dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda membutuhkan meja untuk bekerja menggunakan laptop, memasak, atau sekadar untuk menyimpan buku dan aksesori lainnya? Tak jarang meja lipat dinding juga diletakkan di dapur mungil untuk menghemat tempat sekaligus dijadikan meja makan.


Intinya, jika ruangan Anda terbatas, pilihlah meja dengan ukuran yang lebih kecil. Kemudian, jika ingin meletakkan beberapa perlengkapan kerja, akan lebih nyaman jika Anda menggunakan meja yang lebih besar.

④ Ketahui daya beban maksimal yang bisa ditahan meja

Ketahui daya beban maksimal yang bisa ditahan meja

Selain ukuran, Anda juga perlu mengecek daya beban maksimal yang bisa diampu oleh meja lipat. Daya beban meja biasanya tertera pada tabel spesifikasinya. Ada meja yang mempunyai daya beban hanya 10 kg dan ada juga meja berdaya beban mencapai 75 kg. 


Saat Anda menggunakan meja lipat dinding dengan daya beban yang pas, meja menjadi lebih stabil. Anda pun tidak perlu khawatir meja kelebihan beban dan jatuh. Oleh karena itu, pikirkanlah dahulu barang-barang yang hendak diletakkan di atas meja dengan perkiraan bobotnya. 

⑤ Cek juga kemudahannya saat dirakit

Cek juga kemudahannya saat dirakit

Meja lipat dinding adalah jenis meja yang dirakit sendiri sehingga lebih compact dan ergonomis. Karena dirakit sendiri, meja ini memiliki beberapa bagian, seperti badan meja, frame meja, hingga penyangga. Selain itu, masih ada perlengkapan yang tak kalah penting, yakni engsel, sekrup, dan lainnya. 


Sebelum membeli, periksa dengan teliti bagian-bagian meja dan perlengkapan pendukung lainnya. Pastikan produk yang Anda beli mencantumkan panduan untuk merakitnya. Dengan begitu, Anda pun diharapkan tidak kesulitan merakit meja lipat dinding.

⑥ Utamakan yang awet dan mudah dirawat

Utamakan yang awet dan mudah dirawat

Agar meja lipat dinding awet dan dapat dipakai dalam waktu lama, meja harus dibersihkan secara rutin. Dengan begitu, meja akan bebas dari debu dan kotoran serta lebih tahan lama. Maka dari itu, pilihlah meja dengan material yang mudah dirawat dan dibersihkan. 


Anda bisa memilih meja lipat dari material kayu solid, seperti kayu jati, mahoni, pinus, dan lainnya. Meja lipat berbahan kayu solid tergolong mudah dibersihkan. Anda hanya membutuhkan kain lembut, air bersih, dan sabun cair untuk membersihkannya. Selain itu, meja lipat berbahan WPC (wood plastic composite) bisa dipertimbangkan karena perawatannya juga mudah.


Hindari memilih meja lipat dengan material yang sulit dibersihkan, contohnya meja lipat yang dilapisi vinyl. Meskipun memiliki kelebihan antiair, antirayap, dan jamur, meja jenis ini membutuhkan cairan khusus untuk membersihkannya. Kami tidak menyarankan Anda menggunakan meja dengan material ini. Selain repot, Anda harus mengeluarkan bujet tambahan untuk membeli cairan khusus tersebut. 

10 Rekomendasi meja lipat dinding terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk meja lipat dinding terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adil Mochtar.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kinbar

Meja Lipat Dinding Ambalan

Kinbar Meja Lipat Dinding Ambalan  1枚目

Ramah lingkungan dengan tampilan eksklusif

2

Decorunic

Floating Desk

Decorunic Floating Desk 1枚目

Berani tampil beda dengan desain antimainstream!

3

GUNINCO

Meja Bracket Siku Lipat

GUNINCO  Meja Bracket Siku Lipat 1枚目

Ukurannya bervariasi, bisa dipilih sesuai kebutuhan

4

Pira

AVON HD60

Pira AVON HD60 1枚目

Meja lipat dengan rak di bagian atas dan bawah meja

5

Wahana Lentera Raya

Cubic Meja Kerja Lipat / YAGI FT 60

Wahana Lentera Raya Cubic Meja Kerja Lipat / YAGI FT 60 1枚目

Warna French Walnut dan Sonoma Oak bernuansa rustic yang cantik

6

Pira

CASABRAS DC

Pira CASABRAS DC  1枚目

Lebih praktis dengan kombinasi meja lipat dan kabinet

7

Varnesse

Meja Lipat Dinding Fast Decor

Varnesse  Meja Lipat Dinding Fast Decor 1枚目

Top table antiair dan tahan panas, untuk Anda si morning coffee person

8

Wooden Projects

Meja Belajar Tempel Dinding Serbaguna

Wooden Projects Meja Belajar Tempel Dinding Serbaguna 1枚目

Finishing sticker taco-nya membuat meja ini mudah dibersihkan dari noda

9

Me-Doo

Meja Lipat Dinding

Me-Doo  Meja Lipat Dinding  1枚目

Kokoh! Mampu menahan beban hingga 75 kg

10

IKEA

NORBERG

IKEA NORBERG 1枚目

Percantik ruangan Anda dengan meja minimalis yang elegan

Perincian produk
Close
No.1

KinbarMeja Lipat Dinding Ambalan K879

Mulai dari Rp110.000,00

Ramah lingkungan dengan tampilan eksklusif

Kelebihan:

  • Meja menggunakan material WPC yang antiair dan ramah lingkungan
  • Memiliki finishing cat modern yang eksklusif

Kekurangan:

  • Ukuran meja terbatas, hanya cukup untuk meletakkan laptop dan sedikit benda lain

Meja lipat dinding dari Kinbar ini terbuat dari material WPC yang antiair dan ramah lingkungan. Selain itu, material WPC juga dikenal memberikan tampilan yang eksklusif dan menarik. Hal ini karena WPC memiliki finishing dari cat yang modern. Agar terlihat lebih menawan, Anda dapat memadukan dengan rak dinding minimalis di atas meja ini.

No.2

DecorunicFloating Desk

Mulai dari Rp295.000,00

Berani tampil beda dengan desain antimainstream!

Kelebihan:

  • Desain unik dan antimainstream
  • Meja dilengkapi tablet holder dan cup holder


Kekurangan:

  • Bahan PVC kurang ramah lingkungan dan biasanya memiliki aroma yang mengganggu


Sebagian besar meja lipat dinding berbentuk persegi panjang dengan kesan sedikit monoton. Apabila Anda mencari produk dengan desain yang berbeda, pertimbangkanlah produk ini! Tidak seperti produk pada umumnya, terdapat aksen lekukan yang membuat lebar meja ini tidak sama. Hal itu membuat tampilan meja ini terlihat dinamis!

No.3

GUNINCO Meja Bracket Siku Lipat

Mulai dari Rp56.500,00

Ukurannya bervariasi, bisa dipilih sesuai kebutuhan

Kelebihan:

  • Penggunaan material kayu solid dengan banyak pilihan warna dan ukuran
  • Meja mudah dibersihkan karena finishing permukaannya menggunakan taco sheet
  • Sudut meja dibuat tidak tajam

Kekurangan:

  • Meja dan bracket dijual secara terpisah, belum satu set

Apakah Anda mencari meja lipat dinding untuk dapur Anda? Sepertinya produk ini pas dipilih. GUNINCO memproduksi meja lipat dinding yang bisa menjadi meja tambahan di dapur Anda. Meja ini mudah dibersihkan berkat finishing permukaan meja yang menggunakan taco sheet. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika ada noda atau bekas minyak yang menempel di atas meja ini.

No.4

Meja lipat dengan rak di bagian atas dan bawah meja

Kelebihan:

  • Tersedia dalam tiga pilihan warna yang menarik
  • Meja lipat dilengkapi rak sehingga lebih serbaguna

Kekurangan:

  • Desain produk sedikit rumit sehingga membutuhkan waktu untuk perakitan
  • Daya beban meja lipat hanya 10 kg, tidak disarankan meletakkan banyak barang di atas meja

Satu lagi produk meja lipat dinding dari Pira! Kali ini, Pira menawarkan produk yang lebih simpel dan minimalis. Produk ini dilengkapi rak di sisi atas dan bawah meja lipat. Anda bisa meletakkan buku-buku favorit di rak bagian bawah. Sementara itu, rak bagian atasnya bisa Anda gunakan untuk meletakkan jam atau pajangan. Area kerja atau belajar Anda pun jadi lebih cantik dan tidak monoton!

No.5

Wahana Lentera RayaCubic Meja Kerja Lipat / YAGI FT 60

Mulai dari Rp262.290,00

Warna French Walnut dan Sonoma Oak bernuansa rustic yang cantik

Kelebihan:

  • Memiliki dua pilihan warna rustic yang cantik
  • Sudut meja didesain tumpul agar lebih aman digunakan

Kekurangan:

  • Beban maksimal hanya 10 kg sehingga Anda tidak bisa meletakkan banyak barang di atas meja

Jika Anda memiliki ruangan dengan interior bernuansa rustic, meja ini sepertinya akan pas untuk Anda. YAGI FT 60 ini memiliki warna layaknya warna alami kayu. Warna tersebut tentunya akan cocok dengan interior rumah Anda. Kualitas mejanya juga tidak perlu diragukan lagi. Meja ini diklaim menggunakan particle board dengan kualitas terbaik.

No.6

Lebih praktis dengan kombinasi meja lipat dan kabinet

Kelebihan:

  • Lebih fungsional karena terdapat kabinet
  • Memiliki kaki penyangga sehingga bebannya lebih merata

Kekurangan:

  • Desain produk sedikit kompleks, perakitan dan pemasangannya mungkin sedikit tricky

Meja lipat dinding ini direkomendasikan untuk Anda yang mencari produk multifungsi. Hal itu karena produk ini merupakan kombinasi meja lipat dan kabinet. Ketika mejanya dilipat, Anda pun dapat menyimpan berbagai barang, seperti buku, aksesori, atau berbagai perlengkapan dapur.


Materialnya menggunakan hardwood particle board kualitas terbaik yang membuat konstruksi meja ini cukup tangguh. Meja lipat dinding ini juga dilengkapi penyangga sehingga daya bebannya lebih merata. Meski demikian, proses pemasangan meja ini mungkin akan sedikit tricky.

No.7

Varnesse Meja Lipat Dinding Fast Decor

Mulai dari Rp300.000,00

Top table antiair dan tahan panas, untuk Anda si morning coffee person

Kelebihan:

  • Permukaan meja dilapisi HPL sehingga antiair dan tahan terhadap panas
  • Bracket sudah terpasang pada meja, Anda tinggal memasang sekrup pada dinding

Kekurangan:

  • Tingkat kelenturan HPL rendah sehingga rawan retak atau patah

Untuk Anda yang sering mengonsumsi minuman hangat saat bekerja, kami merekomendasikan Varnesse Meja Lipat Dinding. Bagian atas meja ini dilengkapi dengan HPL yang antiair dan tahan panas. Saat minuman Anda tidak sengaja tumpah, tekstur permukaan meja tetap aman. Terlebih jika Anda khawatir bisa ceroboh, cobalah memilih meja ini. 

No.8

Wooden ProjectsMeja Belajar Tempel Dinding SerbagunaMJD1

Mulai dari Rp250.000,00

Finishing sticker taco-nya membuat meja ini mudah dibersihkan dari noda

Kelebihan:

  • Meja ini menggunakan finishing sticker taco yang mudah dibersihkan
  • Bracket dari besi yang kokoh dan awet
  • Sudut meja dibuat tumpul sehingga lebih aman

Kekurangan:

  • Sticker taco mudah menggelembung jika terkena panas
  • Daya tahan beban meja ini tidak disebutkan, lebih baik tidak meletakkan terlalu banyak barang di atas meja

Warna putih memang cenderung cepat kotor, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Meja ini menggunakan finishing sticker taco sehingga mudah dibersihkan dari noda. Selain itu, material mejanya terbuat dari triplek tebal berukuran 12 mm yang cukup kokoh dan kuat. Ditambah lagi, bracket penyangganya terbuat dari besi. Jika Anda mencari produk yang mudah dibersihkan, meja satu ini layak dipilih.

No.9

Me-Doo Meja Lipat Dinding

Mulai dari Rp450.000,00

Kokoh! Mampu menahan beban hingga 75 kg

Kelebihan:

  • Meja kokoh, tahan gores dan antiair
  • Bracket meja dilengkapi pencetan tangan sehingga melipat meja jadi lebih mudah
  • Tersedia banyak pilihan warna

Kekurangan:

  • Tingkat kelenturan HPL rendah sehingga rawan retak atau patah

Apakah Anda mencari meja lipat dinding yang kokoh? Produk satu ini bisa Anda pertimbangkan. Meja dinding dari Me-Doo ini mampu menahan beban hingga 75 kg yang setara dengan berat pria dewasa.


Selain itu, bagian bracket meja ini dilengkapi dengan pencetan tangan. Berkat itu, Anda dapat membuka dan melipat meja ini dengan mudah. Sudut meja ini juga berbentuk oval sehingga aman untuk anak-anak. Tidak hanya itu, permukaan meja ini juga dilapisi HPL sehingga antiair dan tahan gores.

No.10

Percantik ruangan Anda dengan meja minimalis yang elegan

Kelebihan:

  • Permukaan meja dilapisi melamin sehingga mudah dibersihkan dan lebih tahan lama

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu varian warna
  • Warna putih cenderung cepat kotor sehingga harus dibersihkan dengan saksama

Apakah rumah Anda memiliki interior dengan nuansa minimalis? Sepertinya produk ini akan cocok untuk Anda. IKEA NORBERG memiliki desain yang simpel, tetapi tampilannya terlihat elegan dan aesthetic. Dengan begitu, meja ini akan memperindah tema ruangan Anda yang memiliki nuansa clean. Bagian atas meja ini dilapisi dengan melamin sehingga mudah dibersihkan dan tahan lama.

Tips dari arsitek kami, Adil Mochtar

Tips dari arsitek kami, Adil Mochtar

Meja lipat menjadi solusi untuk Anda yang memiliki kebutuhan ruang yang banyak, tetapi memiliki luas ruangan terbatas. Hal ini mengakibatkan kita menjadi lebih selektif dalam memilih perabotan di dalam rumah.


Pertimbangkan juga tampilan meja lipat pada saat dalam kondisi terlipat. Apakah tetap estetis atau tidak? Meja lipat yang didesain dengan baik akan terlihat menarik dalam kondisi terlipat ataupun saat dibuka untuk digunakan. 

Baca juga rekomendasi produk meja lainnya di sini

Apakah Anda sedang mencari furnitur lain untuk mengisi rumah Anda? Kami juga telah mengulas berbagai jenis meja yang mungkin sedang Anda cari. Jika Anda tertarik, silakan buka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas secara detail cara memilih meja lipat untuk menjadi panduan Anda. Ada juga sederet produk meja lipat dinding yang kami rekomendasikan. Apakah Anda telah menemukan produk yang sesuai?


Menemukan meja lipat terbaik memang membutuhkan ketelitian. Jika tidak, penggunaan meja menjadi tidak efisien. Maka dari itu, bacalah dan pahami artikel ini dengan baik. Kemudian, temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer