• 10 Rekomendasi Roof Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Roof Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Roof Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Roof Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Roof Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Roof Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Berencana bepergian atau mudik menggunakan mobil bersama keluarga atau kerabat? Wah, pasti seru! Namun, keseruan bisa berkurang kalau mobil penuh barang dan penumpang tak nyaman. Salah satu solusinya, Anda dapat menggunakan roof carrier atau roof box untuk menyimpan barang-barang di atas mobil.


Kali ini kami akan memaparkan cara memilih roof box yang bagus untuk berbagai jenis mobil, seperti Avanza, Innova, hingga Fortuner. Beberapa merk terkenal, seperti Thule, Otorack, dan Auto Box juga ada di daftar rekomendasi produknya. Yuk, temukan roof box terbaik sesuai kebutuhan Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 19 April 2022
Daftar isi

Apa itu roof box?

Apa itu roof box?

Bicara tentang penyimpanan bagasi tambahan untuk mobil, roof box adalah salah satu sebutan yang paling melekat di kepala orang. Perlu diketahui, roof box sebenarnya adalah kotak bagasi pada atap yang merupakan salah satu jenis roof carrier. 


Agar lebih jelas, mari kita pahami dulu struktur roof carrier. Secara umum, roof carrier terbagi menjadi dua bagian, yaitu tapak dasar (base carrier) dan pelengkap tambahan (attachment). Tapak dasar digunakan untuk menautkan pengait dan ia terdiri dari tiga bagian. 


Tiga bagian itu adalah palang untuk menautkan pengait dan kaki sebagai dasar landasan palang. Terakhir, ada bagian bracket atau dudukan untuk mematenkan kaki ke atap mobil.


Bagian lainnya adalah attachment. Ada banyak attachment di pasaran, seperti roof box, roof rack, attachment untuk papan selancar, alat ski, sepeda, dan lainnya. Sesuaikan attachment ini dengan kebutuhan agar ruang dalam mobil lebih lapang dan penumpang lebih nyaman.

Cara memilih roof box

Jadi, apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih roof box atau roof carrier? Mari telisik lebih dalam lagi untuk tahu mana yang Anda butuhkan!

Kenali merek roof box yang populer

Untuk memilih roof box, kami sarankan Anda untuk mengenali merek populernya. Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan kelebihan dari tiap-tiap produsen tersebut. 

Thule, produsen roof carrier ternama di dunia

Thule adalah pembuat roof carrier ternama di dunia. Perusahaan asal Swedia ini menghadirkan beragam roof carrier yang bisa digunakan oleh beragam tipe mobil. Tentu saja, produk-produknya bisa juga digunakan untuk beragam jenis mobil keluaran Jepang yang banyak digunakan di Indonesia. 


Karena diimpor dari Eropa, harga produk Thule umumnya cukup tinggi. Perlu dicatat, merek ini juga memiliki banyak jenis attachment untuk olahraga sepeda dan air yang populer. Sama seperti produk mereka lainnya, produk-produk tersebut kemungkinan juga diproduksi di Swedia.

Otorack, menawarkan produk berkualitas dengan harga yang sepadan

Otorack merupakan bagian dari Otoproject. Otoproject adalah perusahaan penyedia aksesori eksterior dan interior mobil. Otoproject merupakan importir dan distributor aneka macam aksesori untuk berbagai tipe kendaraan, seperti Daihatsu, Mitsubishi, Honda, Suzuki, dan sebagainya.


Otorack, secara khusus, menghadirkan beragam jenis dan ukuran tempat penyimpanan barang tambahan untuk mobil. Produknya berupa roof box, roof bar, dan roof rack. Roof box dari Otorack ini menggunakan bahan-bahan yang sama dengan bahan koper. Secara garis besar, produk Otorack cukup baik dan dipasarkan dengan harga yang masuk akal.

Auto Box, modelnya bisa berbaur dengan bentuk mobil di Indonesia

Auto Box, modelnya bisa berbaur dengan bentuk mobil di Indonesia

Merek yang satu ini mungkin lebih jarang ada di pasaran. Meskipun begitu, bukan berarti produk dari merek ini tidak cukup baik. Roof box dari Auto Box terbuat dari bahan plastik ABS yang kuat dan tidak mudah penyok. Karena itu, produk mereka bisa dipakai untuk waktu yang lama. Model dan warnanya pun cukup umum sehingga cocok untuk gaya mobil di Indonesia. 

Ketahui metode pemasangan yang sesuai atap mobil

Metode pemasangan roof box bergantung pada bentuk atap mobil. Pastikan untuk mengecek dahulu model mobil yang ingin dipasangi roof box. Cek bentuk tapak dasar bagasi (base carrier) apa yang paling pas untuk tipe mobil Anda.

Tipe roof-on untuk atap mobil datar

Tipe roof-on untuk atap mobil datar

Tipe ini ditujukan untuk mobil yang memiliki atap datar tanpa rel atau area penampung air hujan pada atapnya. Gunakanlah bracket untuk menempelkan besi penyangga bagasi dan bagian kaki yang menyangga besinya.


Ada dua tipe roof-on mobil. Pertama, tipe yang bisa dipasang pada atap mobil hanya dengan dikaitkan menggunakan pengait aslinya. Kedua, tipe yang dipasang dengan memanfaatkan celah antarlapisan atap mobil dan karet untuk mengaitkannya. Jadi, pastikan untuk memeriksa metode mounting mobil Anda. 

Tipe rel atap dan penampung aliran air hujan

Tipe rel atap dan penampung aliran air hujan

Bagi mobil yang sudah memiliki rel pada atap, besi penyangga dan kaki penyangga besinya bisa dijadikan tapak bagasi. Cukup gunakan kaki dan besi penyangga dengan cara yang sama saat Anda memasang ceruk penampung air hujan. Pemasangan tipe ini tentunya lebih mudah karena Anda tidak memerlukan mounting bracket. 

Periksa bentuk besi penyangga dan fungsi tapak bagasi

Periksa bentuk besi penyangga dan fungsi tapak bagasi

Besi penyangga tapak bagasi atap mobil memiliki beberapa bentukan. Ada yang menyilang berbentuk kotak atau besi melintang yang berbentuk bundar lonjong (elips). Selain itu, ada yang bentuk besinya dibuat khusus untuk menahan benda. Untuk itu, pilihlah tipe besi penyangga yang sesuai keinginan Anda.


Besi yang bentuknya menyilang bisa dipasang dengan posisi rendah. Jadi, produk ini disarankan bagi Anda yang ingin menjaga tinggi kendaraan serendah mungkin. Untuk tipe ini, resistensi terhadap angin cukup rendah sehingga suara angin tidak akan mengganggu penumpang mobil.


Bagian besi penyangga yang menyilang berbentuk persegi menjadi tipe yang populer sejak lama. Ada banyak produk yang tersedia dengan harga yang relatif terjangkau. Jadi, tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang mencari tapak bagasi atap mobil dengan harga yang ekonomis.

Tentukan attachment berdasarkan tujuan penggunaan

Ada banyak tipe pelengkap tambahan (attachment) untuk melengkapi tapak bagasi atap mobil. Pilihlah pelengkap tambahan yang paling memenuhi tujuan serta kebutuhan Anda. 

Tipe roof box: Bisa menampung banyak barang dan bisa digunakan di kala hujan

Tipe roof box: Bisa menampung banyak barang dan bisa digunakan di kala hujan

Bila Anda ingin menyimpan banyak barang di bagasi atap mobil, tipe boks atau roof box sangat direkomendasikan. Karena berupa bak bertutup, barang-barang di dalamnya tak akan basah ketika terkena hujan. Selain itu, barang Anda tak akan terkena paparan panas matahari atau polusi secara langsung. Hasilnya, Anda tak perlu khawatir barang di dalamnya akan rusak karena cuaca.


Jenis ini sangat membantu dan cocok untuk Anda yang punya banyak barang bawaan. Semua bisa Anda lakukan, mulai dari berkemah, barbeku, sampai bepergian. Boks penyimpanan ini juga sangat berguna untuk Anda yang ingin area dalam mobil terasa lebih luas. 

Tipe roof rack: Cocok untuk berbagai jenis barang dan lebih serbaguna

Tipe roof rack: Cocok untuk berbagai jenis barang dan lebih serbaguna

Rak atap (roof rack) direkomendasikan bagi Anda yang punya pertimbangan khusus terhadap tinggi kendaraan. Tipe ini juga baik untuk Anda yang merasa tipe roof box terlalu besar. Rak atap bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang bawaan yang dikaitkan menggunakan net atau sabuk khusus.


Rak atap bisa dimanfaatkan untuk membawa beragam jenis barang. Ia juga bisa digunakan untuk membawa barang-barang yang diperlukan saat Anda melakukan kegiatan outdoor. Tipe ini juga bisa digunakan untuk membawa barang-barang yang tak ingin Anda simpan di dalam mobil atau bagasi mobil. 

Tipe roof bike carrier: Untuk Anda yang ingin bersepeda di berbagai medan

Tipe roof bike carrier: Untuk Anda yang ingin bersepeda di berbagai medan

Bila Anda suka bersepeda di berbagai medan maka penyangga sepeda di atap mobil adalah pilihan yang bagus. Pastinya, membawa sepeda di dalam mobil adalah hal yang tidak mudah. Karena itu, sepeda akan lebih mudah dibawa bila diikat di atap mobil dengan pengait khusus sepeda. 

Tipe surfboard car rack: Membantu Anda membawa papan selancar dengan lebih ringkas

Tipe surfboard car rack: Membantu Anda membawa papan selancar dengan lebih ringkas

Suka berburu ombak untuk berselancar di berbagai daerah? Jika iya, penyangga papan selancar di atap mobil adalah hal yang wajib Anda miliki. Papan selancar akan sangat sulit dibawa dan memakan banyak tempat di dalam mobil. 


Tidak sampai situ, pasir dan air laut yang asin biasanya menempel pada papan selancar yang membuatnya sangat kotor. Papan akan lebih ringkas apabila disimpan di atas mobil. Tentunya, Anda juga lebih mudah mengambil dan menaruhnya saat harus pindah tempat selancar. 

Pilih semua komponen dari satu merek

Kami merekomendasikan Anda untuk membeli seperangkat besi penyangga dan pelengkapnya dari produsen yang sama. Hal ini ditujukan agar pengaitnya tepat dan tidak ada risiko salah ukuran atau tipe yang salah. Umumnya, produsen akan mengetes dan mencoba ketahanan produknya dalam satu paket.


Bila beda merek, ada kemungkinan salah ukuran, dudukan tidak pas, pengait kurang pas, dan lain sebagainya. Selain itu, tak ada garansi untuk memastikan alatnya aman dan kuat. Jadi, jaminan kekuatan dan keamanan akan lebih tinggi bila besi penyangga serta pelengkapnya berasal dari satu merek.

10 Rekomendasi roof box terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi bagasi untuk atap mobil, seperti roof carrier, roof box, dan juga roof bike carrier. Yuk, tentukan pilihan!

10

JSLRoof Rack Universal Rak Bagasi Atas Mobil

Mulai dari Rp 535.000,00

Tipe produkRoof rack
Ukuran80 cm x 110 cm
Kapasitas maksimal 75 kg
WarnaHitam
9
Tipe produkRoof rack
Ukuran125 cm x 95 cm x 9 cm
Kapasitas maksimal Tidak diketahui
WarnaPutih
8
Tipe produkRoof box
Ukuran180 cm x 80 cm x 35 cm
Kapasitas maksimal 130 kg
WarnaHitam dan putih
7
Tipe produkRoof box
Ukuran176 cm x 80 cm x 45 cm
Kapasitas maksimal 100 kg
WarnaHitam
6

ThuleRanger 500

603500

Mulai dari Rp 7.200.000,00

Tipe produkRoof box
Ukuran190 cm x 50 cm x 30 cm
Kapasitas maksimal 50 kg
WarnaHitam
5
Tipe produkRoof rack
Ukuran118 cm x 92 cm x 18 cm
Kapasitas maksimal 100 kg
WarnaHitam
4
Tipe produkRoof rack
Ukuran130 cm x 90 cm x 10 cm
Kapasitas maksimal 50 kg
WarnaHitam
3
Tipe produkRoof rack
Ukuran115 cm x 90 cm x 15 cm
Kapasitas maksimal Tidak diketahui
WarnaHitam
2

ThuleRoof Bike Rack FreeRide

532002

Mulai dari Rp 2.200.000,00

Tipe produkBike carrier
Ukuran149 cm x 21 cm x 8,4 cm
Kapasitas maksimal 17 kg
WarnaPerak
1
Tipe produkRoof box
Ukuran206 cm x 84 cm x 34 cm
Kapasitas maksimal 75 kg
WarnaHitam

Tabel perbandingan produk roof box terbaik

Gambar produk
1
Otorack Roof Box Limitless 5

Otorack

2
Thule Roof Bike Rack FreeRide  1

Thule

3
BUZZRACK Roof Basket 1

BUZZRACK

4
Otorack Roof Rack Montana 1

Otorack

5
Otorack Luggage Rack Universal 1

Otorack

6
Thule Ranger 500  1

Thule

7
Otorack Roof Box Elite Glossy 1

Otorack

8
Auto Box Roof Box 650L 1

Auto Box

9
Platinum Roof Rack  1

Platinum

10
JSL Roof Rack Universal Rak Bagasi Atas Mobil 1

JSL

Nama produk

Roof Box Limitless

Roof Bike Rack FreeRide

Roof Basket

Roof Rack Montana

Luggage Rack Universal

Ranger 500

Roof Box Elite Glossy

Roof Box 650L

Roof Rack

Roof Rack Universal Rak Bagasi Atas Mobil

Keunggulan

Fungsional sekaligus elegan dengan finishing mengilat

Dilengkapi frame yang stabil untuk membawa sepeda ke berbagai medan

Menggunakan besi hollow yang kukuh, tetapi tidak berat

Terbuat dari plastik yang awet, tahan terhadap segala cuaca!

Roof rack yang mampu menampung hingga 100 kg!

Roof box berbahan kain waterproof yang bisa dilipat

Ukuran boleh kecil, tetapi manfaatnya besar!

Produk fungsional dengan harga yang sepadan

Desain sporty, fungsi beragam, dan mudah dipasang

Roof rack berbahan ABS yang mampu menahan beban hingga 75 kg

Harga mulai dariRp 6.800.000,00Rp 2.200.000,00Rp 1.000.000,00Rp 850.000,00Rp 2.200.000,00Rp 7.200.000,00Rp 6.825.000,00Rp 3.250.000,00Rp 650.000,00Rp 535.000,00
Tipe produkRoof boxBike carrierRoof rackRoof rackRoof rackRoof box Roof boxRoof boxRoof rackRoof rack
Ukuran206 cm x 84 cm x 34 cm149 cm x 21 cm x 8,4 cm115 cm x 90 cm x 15 cm130 cm x 90 cm x 10 cm118 cm x 92 cm x 18 cm 190 cm x 50 cm x 30 cm176 cm x 80 cm x 45 cm180 cm x 80 cm x 35 cm125 cm x 95 cm x 9 cm80 cm x 110 cm
Kapasitas maksimal 75 kg17 kgTidak diketahui50 kg100 kg50 kg100 kg130 kgTidak diketahui75 kg
WarnaHitamPerakHitamHitamHitamHitamHitamHitam dan putihPutihHitam
Tautan produk

Hal-hal yang perlu diperhatikan terkait penggunaan roof box

Hal-hal yang perlu diperhatikan terkait penggunaan roof box

Karena roof box atau roof carrier termasuk dalam aksesori tambahan mobil, Anda perlu memastikan keamanannya. Bagasi tambahan pada atap mobil juga bisa memengaruhi gerak kendaraan. Karena itu, penting untuk Anda menjaga kecepatan mobil selama perjalanan. 


Hindari mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi ketika membawa bagasi atap mobil. Hal ini ditujukan untuk menghindari masalah gerak mobil atau agar barang tidak terlontar.  Selain itu, selalu pastikan tinggi kendaraan masih dalam batas wajar setelah pemasangan roof box atau roof carrier


Pastikan mobil tidak melebihi batas ketinggian ketika akan melewati area parkir atau melebihi palang batas ketinggian kendaraan. Tidak lupa, lepas bagasi atap mobil ketika tidak digunakan atau saat Anda akan mencuci mobil agar roof box awet dan tahan lama.

Baca juga rekomendasi aksesori lainnya untuk mobil di sini

Bagi Anda yang suka mendandani kendaraan roda empat, pasti Anda penasaran dan ingin lihat rekomendasi aksesori lainnya untuk mobil. Silakan baca artikel-artikel berikut ini sebagai inspirasi Anda untuk mencari aksesori mobil menarik lainnya.

Kesimpulan

Ada banyak jenis tapak bagasi atap mobil beserta pelengkap tambahannya. Dari semua pilihan yang ada, apakah Anda berhasil menemukan yang paling tepat untuk kendaraan Anda? 


Roof box juga bisa digunakan sebagai alat pembeda kendaraan Anda dari mobil lainnya. Hal ini terutama ketika mobil diparkir di area yang luas dan padat. Semoga Anda bisa menemukan roof box paling tepat untuk kebutuhan Anda. Mari gunakan alat ini sebaik dan seaman mungkin, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Kenaikan suhu dalam kabin mobil karena paparan sinar matahari dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Terlebih, sinar matahari yang menyilaukan mata dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Karena itu, penting untuk memasang kaca film yang bagus, baik di kaca depan, samping, maupun belakang. Kali ini, kami akan membahas cara memilih kaca film, mulai dari yang murah sampai premium. Kami juga akan mengulas beberapa pilihan kaca film mobil terbaik dari merek-merek ternama, seperti 3M, V-Kool, dan Solar Gard. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Selamat membaca!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Charger Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Charger Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Di masa seperti ini, kehabisan daya baterai gadget bisa menimbulkan masalah. Terlebih saat ada pembicaraan atau urusan penting, kehabisan daya baterai fatal akibatnya. Untuk mencegah terjadinya hal-hal demikian, charger mobil sangat tepat Anda miliki.Anda akan menemukan charger mobil berkualitas keluaran Baseus, Xiaomi, Aukey, dan sebagainya dalam artikel ini. Tenang saja, cara memilih charger mobil juga akan kami berikan untuk Anda. Dengan begitu, Anda bisa dengan cepat dan mudah menemukan produk terbaik. Silakan baca artikel ini sampai tuntas!
    Aksesori mobil
  • 10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Speaker mobil berperan penting dalam menghasilkan suara audio yang jernih di dalam mobil. Selain untuk mengusir kantuk, sebuah kepuasan tersendiri jika Anda dapat menikmati lagu kesayangan dengan kualitas suara terbaik. Adanya berbagai macam produk speaker mobil di luar sana pastinya membuat Anda kebingungan dalam memilih.Untuk membantu Anda, di bawah ini kami membagikan poin-poin penting dalam hal pemilihan speaker mobil. Simak juga rekomendasi merek mulai dari Pioneer, JBL, dan Kenwood. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Mari temukan speaker mobil untuk menemani Anda berkendara!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover mobil dapat melindungi mobil Anda dari berbagai kondisi. Misalnya paparan air hujan, debu, dan kotoran yang dapat menggores permukaan cat mobil. Selain itu, cover mobil juga mampu melindungi mobil dari sinar UV. Dengan demikian, cat mobil Anda lebih terlindungi dan tidak cepat kusam.Untuk mendapatkan cover mobil yang bagus, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek cover mobil terbaik. Anda akan menemukan cover mobil Krisbow, Durable, Urban dan sebagainya. Semoga Anda menemukan cover mobil yang tepat setelah membaca artikel ini, ya.
    Aksesori mobil
  • 10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Wiper mobil adalah alat yang memiliki peran penting bagi pengendara agar pandangan tetap maksimal kala hujan turun. Di gerai online, Anda dapat menemukan variasi wiper mobil dengan berbagai bentuk dan merek. Akan tetapi, di antara bermacam-macam wiper yang dijual di pasaran, produk manakah yang tepat untuk Anda?Kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wiper mobil yang bagus, seperti Bosch, HELLA, dan yang lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Simak informasinya sampai akhir, ya!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover jok mobil berguna untuk mencegah kotoran menempel, serta mempercantik interior mobil. Produknya juga dikenal sebagai sarung jok mobil. Anda bisa memilih tipe universal atau yang khusus untuk mobil Anda, misalnya Avanza atau Brio. Meskipun demikian, material dan fiturnya beragam. Jadi, produk seperti apa yang bagus untuk mobil Anda?Simak artikel ini agar Anda memahami cara memilih cover jok mobil terbaik. Rekomendasi beserta ulasan produknya juga sudah kami siapkan untuk Anda. Ada produk dari merk Nobleman, Sparco, dan lainnya. Baik untuk Xenia, Calya, atau Sigra, semuanya ada. Yuk, dimulai!
    Aksesori mobil
  • 10 Subwoofer Kolong Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Subwoofer Kolong Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Menikmati musik di dalam mobil bisa membuat Anda relaks, terlebih saat terjebak kemacetan. Nah, ada aksesori tambahan pada mobil yang bisa Anda gunakan untuk menikmati musik dengan maksimal, yaitu subwoofer kolong. Subwoofer kolong yang bagus akan membuat suara musik dalam mobil lebih jernih dan berkualitas.Terdapat banyak merek subwoofer kolong yang patut dipertimbangkan, seperti Pioneer, JBL, dan Venom. Kami akan merekomendasikan sepuluh produk unggulan untuk Anda. Tak lupa, kami juga menyiapkan panduan cara memilih subwoofer kolong terbaik. Yuk, disimak! Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Aksesori mobil
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori