• 10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Double cleansing adalah istilah untuk dua tahapan membersihkan kulit wajah. Metode ini bisa dilakukan pada semua jenis kulit, baik kulit berminyak, kering, maupun sensitif. Dengan menggunakan produk double cleansing, kotoran di kulit, seperti debu, minyak, keringat, serta makeup, dapat dibersihkan secara tuntas. Kulit pun bisa bebas jerawat, beruntusan, dan komedo.


Artikel ini berisi poin-poin penting dalam memilih produk double cleansing. Anda juga akan menemukan rekomendasi produk double cleansing yang bagus dari berbagai merek, seperti Wardah dan Nivea. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 06 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Apa itu double cleansing?

Apa itu double cleansing?

Double cleansing adalah cara membersihkan wajah menggunakan dua tipe pembersih agar hasilnya maksimal. Dengan begitu, tidak akan ada sisa makeup, debu, polusi, dan keringat yang menempel di kulit. Hasilnya, kulit pun akan terbebas dari jerawat ataupun kekusaman. Tak heran bila para pakar kecantikan menyarankan metode membersihkan dengan menggunakan double cleanser.


Langkah-langkah dalam melakukan proses double cleansing adalah:

  • Tahap pertama, mengaplikasikan pembersih yang tidak memerlukan air.
  • Tahap kedua, menggunakan pembersih yang perlu dibilas dengan air.

Double cleansing tidak hanya ditujukan untuk wanita saja, para pria juga dapat melakukannya. Terlebih, kulit pria cenderung memiliki pori-pori yang lebih besar. Produksi minyak dan sebumnya pun lebih tinggi. Alhasil, kulit pria lebih rentan muncul jerawat. Sebagai informasi, kini sudah banyak produk skincare yang bisa digunakan oleh semua gender dari berbagai rentang usia.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih produk double cleansing

Sebelum membeli produk untuk double cleansing, ada beberapa hal yang perlu Anda cermati. Di bawah ini terdapat tips untuk memilih produk double cleansing yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ketahui perbedaan first cleanser dan second cleanser

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, double cleansing adalah proses membersihkan wajah yang terdiri dari dua tahap. Pembersih untuk tiap-tiap tahap terbuat dari bahan yang berbeda. Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

First cleanser, menghapus makeup dan kotoran di kulit

First cleanser, menghapus makeup dan kotoran di kulit

Sebagai tahap pertama dalam membersihkan wajah, Anda perlu menggunakan pembersih yang tergolong kategori first cleanserPenggunaan first cleanser dimaksudkan untuk mengangkat makeup, polusi udara, debu, serta minyak yang menempel di kulit setelah beraktivitas


Produk first cleanser dapat berbahan dasar air, minyak, dan susu

  • First cleanser berbahan dasar air adalah micellar water. Micellar water diaplikasikan dengan cara dituang ke kapas, kemudian diusapkan di wajah hingga bersih.
  • First cleanser berbahan dasar susu disebut milk cleanser. Milk cleanser diaplikasikan dengan kapas. Namun, Anda juga bisa langsung mengaplikasikannya di wajah, lalu diusap dengan kapas. 
  • First cleanser yang berbahan dasar minyak antara lain cleansing oil dan cleansing balm. Keduanya diaplikasikan dengan cara diusapkan ke wajah dengan gerakan memutar, kemudian dibilas dengan air. 

Second cleanser, membersihkan kulit secara tuntas

Second cleanser, membersihkan kulit secara tuntas

Setelah membersihkan wajah menggunakan first cleanser, Anda dapat melanjutkan ke tahap kedua dengan second cleanser. Tujuan penggunaan second cleanser adalah untuk memaksimalkan terangkatnya kotoran dan sisa produk first cleanser di wajah. Pada tahap ini, produk yang digunakan umumnya berupa sabun cuci muka


Sabun cuci muka sebagai second cleanser hadir dalam bentuk yang sangat beragam, mulai dari gel hingga sabun batang. Agar kulit wajah tidak terasa kering, sebaiknya Anda memilih sabun cuci muka atau facial wash yang lembut dan melembapkan. Selain itu, pastikan Anda membilasnya hingga bersih, lalu keringkan wajah sebelum lanjut ke tahapan skincare berikutnya. 

Pilih berdasarkan teksturnya

Pilih berdasarkan teksturnya

Double cleanser tersedia dalam beragam tekstur. Pemilihan tekstur produk dapat berpengaruh terhadap kondisi kulit setelah menggunakannya. Produk dengan tekstur cair memang dikenal praktis dan dapat melembapkan, tetapi terkadang penggunaan kapas dapat menimbulkan sensasi kesat.


Nah, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan pembersih wajah bertekstur gel atau krim. Dengan begitu, wajah akan terasa lebih lembap dan kenyal, bahkan setelah menggunakannya. 


Untuk menghapus makeup yang tergolong berat dan waterproof, sebaiknya Anda memilih produk bertekstur minyak atau balm. Produk tersebut dipercaya dapat melelehkan makeup dengan mudah dan cepat tanpa perlu digosok kuat. 

Sesuaikan dengan tipe kulit Anda

Poin penting dalam memilih produk double cleansing adalah menyesuaikannya dengan tipe kulit Anda. Dengan begitu, kulit Anda akan ditangani secara tepat. 

Kulit kering: Pertimbangkan kandungan tinggi pelembap

Kulit kering: Pertimbangkan kandungan tinggi pelembap

Kulit kering biasanya ditandai dengan kurangnya kadar kelembapan di wajah. Kurangnya kadar kelembapan ini menyebabkan kulit tampak pucat, terasa kasar, mudah memerah, dan kurang elastis


Jika kulit Anda termasuk kering, Anda perlu menjaga pola makan dan memperbanyak minum air. Dalam memilih produk double cleansing untuk kulit kering, pastikan kandungannya memiliki klaim melembapkan dan menghidrasi. 


Kandungan dalam skincare yang patut dipertimbangkan antara lain glycerin, asam laktat, petrolatum, ceramide, hyaluronic acid, squalane, dan lidah buaya. Selain itu, penting bagi Anda untuk memilih skincare yang tidak membuat kulit terasa tertarik setelah menggunakannya.

Kulit berminyak dan rentan berjerawat: Pastikan ketiadaan bahan komedogenik

Kulit berminyak dan rentan berjerawat: Pastikan ketiadaan bahan komedogenik

Sejumlah orang memiliki kulit yang memproduksi kadar minyak berlebih sehingga pori-pori wajah terlihat besar. Wajah pun jadi tampak mengilap, licin, dan kusam, 


Produksi minyak atau sebum berlebih dapat menimbulkan komedo dan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. Karena itu, Anda sebaiknya memilih produk yang dapat membersihkan secara menyeluruh, juga mengontrol produksi minyak di wajah.


Kandungan yang sebaiknya terdapat pada skincare Anda di antaranya salicylic acid, clay, tea tree oil, niacinamide, sulfur, dan witch hazel. Agar tidak makin berminyak, hindarilah cleanser untuk kulit berminyak dengan kandungan minyak kelapa, cocoa butter, serta bahan bersifat komedogenik. 

Kulit sensitif, utamakan produk yang lembut dan minim kandungan kimia

Kulit sensitif, utamakan produk yang lembut dan minim kandungan kimia

Ciri-ciri kulit sensitif antara lain adalah sering terasa gatal, muncul ruam atau iritasi, serta mudah memerah akibat matahari. Kulit sensitif juga sangat mudah bereaksi terhadap produk skincare


Hindari produk yang mengandung retinol, salicylic acid, alkohol, dan minyak esensial. Produk dengan bahan kimia aktif yang terlalu banyak, seperti wewangian dan pewarna, juga sebaiknya Anda jauhi.


Anda dapat mempertimbangkan produk double cleansing untuk kulit sensitif yang mengandung bakuchiol, minyak jojoba, squalane, dan ceramide. Sebelum menggunakannya pada seluruh wajah, sebaiknya Anda melakukan uji coba di bagian belakang telinga atau lengan. Bila kulit Anda tidak menampakkan reaksi alergi, seperti gatal atau kemerahan, Anda dapat menggunakan produk tersebut.

Agar hasil lebih maksimal, disarankan memilih set dari merk yang sama

Kini sudah banyak produsen yang menyediakan produk pembersih first cleanser dan second cleanser dalam satu paket. Selain lebih praktis, harga yang ditawarkan juga lebih ekonomis. Bila Anda telah memiliki merek skincare favorit yang cocok di kulit, periksalah apakah merek tersebut menyediakan double cleansing bundle


Sebagian produsen memang tidak menyediakan paket bundling. Namun, ada beberapa seller di e-commerce yang menjual paket berisi first cleanser dan second cleanser dari merek yang sama. Produk seperti itu tentu bisa menjadi opsi yang menarik. 


Memakai produk dari merek yang sama lebih bermanfaat karena kandungan dan efeknya kurang lebih seimbang dan saling melengkapi. Dengan begitu, hasilnya lebih maksimal. 

10 Rekomendasi produk double cleansing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk double cleansing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 31 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa L'oreal Revitalift Crystal Purifying Micellar Water + Revitalift Hyaluronic Acid Hydrating Gel Cleanser memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Nivea Hokkaido Rose Double Cleansing Set yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 5 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Gambar produk
1
L'oreal Revitalift Crystal Purifying Micellar Water + Revitalift Hyaluronic Acid Hydrating Gel Cleanser 1

L'oreal

2
Garnier Micellar Water Vitamin C + Bright Complete Brightening Face Wash 1

Garnier

3
Unilever Pond's Bright Beauty  Brightening Micellar Water + Facial Foam 1

Unilever

4
Somethinc Omega Butter Deep Cleansing Balm + Low pH Gentle Jelly Cleanser 1

Somethinc

5
Nivea Hokkaido Rose Double Cleansing Set 1

Nivea

6
Safi White Expert Double Cleansing Package 1

Safi

7
Wardah Crystallure Double Cleansing Set 1

Wardah

8
SENKA Double Cleansing Kit 1

SENKA

9
Bioderma Sensibio Double Cleansing 1

Bioderma

10
SASC Bundle - Smart Double Cleansing Kit 1

SASC

Nama produk

Revitalift Crystal Purifying Micellar Water + Revitalift Hyaluronic Acid Hydrating Gel Cleanser

Micellar Water Vitamin C + Bright Complete Brightening Face Wash

Pond's Bright Beauty Brightening Micellar Water + Facial Foam

Omega Butter Deep Cleansing Balm + Low pH Gentle Jelly Cleanser

Hokkaido Rose Double Cleansing Set

White Expert Double Cleansing Package

Crystallure Double Cleansing Set

Double Cleansing Kit

Sensibio Double Cleansing

Bundle - Smart Double Cleansing Kit

Keunggulan

Bye-bye kulit berminyak dan berjerawat!

Kembalikan kecerahan kulit dengan double cleanser

Kembalikan kesehatan kulit setelah beraktivitas

Bersihkan makeup secara menyeluruh dalam dua puluh detik!

Nikmati aroma menenangkan saat melakukan double cleansing

Pembersih 2-in-1 yang memberikan sensasi menyegarkan

Rawat kulit wajah agar senantiasa awet muda

Wajah lebih cerah merona sejak pemakaian pertama

Tingkatkan hidrasi alami kulit sensitif

Jaga kelembapan dan tekstur kulit setelah pemakaian

Harga mulai dariRp 41.100,00Rp 35.100,00Rp 15.000,00Rp 45.000,00Rp 138.943,00Rp 118.500,00Rp 245.000,00Rp 133.000,00Rp 340.000,00Rp 458.000,00
JenisMicellar water, facial washMicellar water, facial washMicellar water, facial washCleansing balm, facial washMicellar water, facial washFace cleanser & toner, facial washMicellar gel, facial foamMicellar water, facial washMicellar water, gel moussantCleansing oil, cleansing gel
TeksturCair, gelCair, creamyCair, creamyOily, gelCair dan oily, creamyGel, creamy scrubGel, foamCair, creamyCair, creamyOily, gel
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit, terutama kulit berminyakKulit kusam dan sensitifSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit kusamKulit sensitifSemua jenis kulit
Bahan aktifMicellar water: glycerin・Facial wash: hyaluronic acidVitamin CMicellar water: vitamin A, vitamin B3 & B5, vitamin C, vitamin E, organic natural French roses・Facial wash: ProVitamin B3, rosehip seed extractCleansing balm: Japanese mugwort, sea buckthorn, apple seed, sunflower seed, Centella asiatica・Facial wash: Japanese mugwort, tea tree, Centella asiatica, calendula, peppermintHyaluron serum, vitamin C, Hokkaido Rose serumEkstrak habbatussaudaPeptide, chamomile extractFuji sakura essence, hyaluronic acidCucumber fruit extractCleansing oil: kombucha, jojoba, moringa seed oil・Facial wash: salicylic acid, papaya, majorana leaf oil
Tautan produk
10
JenisCleansing oil, cleansing gel
TeksturOily, gel
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Bahan aktifCleansing oil: kombucha, jojoba, moringa seed oil・Facial wash: salicylic acid, papaya, majorana leaf oil
9
JenisMicellar water, gel moussant
TeksturCair, creamy
Rekomendasi kulitKulit sensitif
Bahan aktifCucumber fruit extract
8
JenisMicellar water, facial wash
TeksturCair, creamy
Rekomendasi kulitKulit kusam
Bahan aktifFuji sakura essence, hyaluronic acid
7
JenisMicellar gel, facial foam
TeksturGel, foam
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Bahan aktifPeptide, chamomile extract
6

SafiWhite Expert Double Cleansing Package

Mulai dari Rp 118.500,00

JenisFace cleanser & toner, facial wash
TeksturGel, creamy scrub
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Bahan aktifEkstrak habbatussauda
5

NiveaHokkaido Rose Double Cleansing Set

Mulai dari Rp 138.943,00

JenisMicellar water, facial wash
TeksturCair dan oily, creamy
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Bahan aktifHyaluron serum, vitamin C, Hokkaido Rose serum
4

SomethincOmega Butter Deep Cleansing Balm + Low pH Gentle Jelly Cleanser

Mulai dari Rp 45.000,00

JenisCleansing balm, facial wash
TeksturOily, gel
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Bahan aktifCleansing balm: Japanese mugwort, sea buckthorn, apple seed, sunflower seed, Centella asiatica・Facial wash: Japanese mugwort, tea tree, Centella asiatica, calendula, peppermint
3

UnileverPond's Bright Beauty Brightening Micellar Water + Facial Foam

Mulai dari Rp 15.000,00

JenisMicellar water, facial wash
TeksturCair, creamy
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Bahan aktifMicellar water: vitamin A, vitamin B3 & B5, vitamin C, vitamin E, organic natural French roses・Facial wash: ProVitamin B3, rosehip seed extract
2

GarnierMicellar Water Vitamin C + Bright Complete Brightening Face Wash

Mulai dari Rp 35.100,00

JenisMicellar water, facial wash
TeksturCair, creamy
Rekomendasi kulitKulit kusam dan sensitif
Bahan aktifVitamin C
1

L'orealRevitalift Crystal Purifying Micellar Water + Revitalift Hyaluronic Acid Hydrating Gel Cleanser

Mulai dari Rp 41.100,00

JenisMicellar water, facial wash
TeksturCair, gel
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit, terutama kulit berminyak
Bahan aktifMicellar water: glycerin・Facial wash: hyaluronic acid

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi

Tips double cleansing untuk pemula adalah pemilihan waktu yang tepat. Double cleansing tidak perlu dilakukan setiap kali Anda mencuci muka. 


Waktu terbaik untuk melakukan double cleansing adalah saat malam hari setelah beraktivitas seharian. Tujuannya untuk memastikan seluruh makeup, debu, kotoran, minyak, bakteri, ataupun kuman yang menempel seharian selama beraktivitas menjadi hilang. Kulit wajah pun akan bersih dan siap menerima serta menyerap nutrisi dari skincare saat malam. Hasilnya tentu lebih optimal.

Baca juga rekomendasi pembersih wajah lainnya di sini

Setelah membaca artikel ini, Anda mungkin tertarik untuk mengeksplorasi pembersih wajah lainnya. Kami telah menyediakan artikel yang berisi tips memilih pembersih wajah disertai dengan rekomendasi produk terbaik. Jika Anda tertarik, silakan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel ini? Sudahkah Anda menemukan produk double cleansing yang paling sesuai dengan kondisi kulit Anda?


Membersihkan wajah merupakan tahapan pertama yang penting dilakukan dalam rangkaian perawatan kulit. Bila dilakukan dengan benar, kulit dapat menjadi lebih bersih dan siap menerima skincare selanjutnya. Jadi, pilihlah double cleanser yang tepat demi memperoleh hasil maksimal. Selamat memilih dan merawat kesehatan kulit wajah Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing oil adalah pembersih berbahan dasar minyak yang efektif membersihkan riasan dan kotoran di wajah. Sekarang ini banyak cleansing oil yang bagus beredar di pasaran, seperti merek Bioré, DHC, Hada Labo, dan Shu Umera. Selain itu, jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari tipe deep cleansing oil sampai yang non-comedogenic.Kali ini kami akan mengulas tips memilih cleansing oil. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi cleansing oil untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit kering, sensitif, komedo, berminyak, dan berjerawat. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih cleansing oil terbaik, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing balm adalah produk pembersih yang dapat menghapus makeup secara lembut tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Kini tersedia cleansing balm yang bagus untuk kulit berminyak, sensitif, kering, berjerawat, dan lainnya. Banyaknya pilihan ini mungkin membuat Anda kebingungan saat memilih.Nah, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cleansing balm terbaik, baik yang noncomedogenic maupun cleansing balm untuk jerawat. Agar lebih yakin, baca juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Produk dari merek lokal terkenal, seperti Somethinc, Dear Me Beauty, hingga Wardah juga akan kami ulas.
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water merupakan produk pembersih yang mengombinasikan minyak dan air. Kombinasi ini dapat mengangkat kotoran pada wajah tanpa membuatnya kering. Keunggulan ini membuat micellar water menjadi pilihan pembersih wajah yang populer. Apakah Anda juga tertarik menggunakannya?Ada banyak produk micellar water, misalnya saja produk merek Garnier, Wardah, atau Emina. Selain ketiganya, masih banyak merek micellar water yang bagus lainnya. Anda tak perlu bingung memilihnya karena kami akan memberikan tips memilih micellar water dalam artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk micellar water terbaik di pasaran. Baca sampai selesai, ya.
    Pembersih makeup
  • 10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water adalah pembersih wajah berbahan dasar air yang ringan dan dikenal nyaman untuk semua jenis kulit. Produk ini telah menjadi pelengkap double cleansing yang praktis. Dari banyaknya produk micellar water, manakah yang paling recommended untuk Anda dengan kulit berminyak?Di artikel ini, kami telah menyiapkan rekomendasi micellar water yang bagus untuk Anda. Merek micellar water terbaik, seperti Garnier, SOMETHINC, L’Oréal, dan Biore juga telah kami review. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK. Simak terus ulasan kami!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari berbagai jenis skincare pembersih muka, cleansing milk atau susu pembersih adalah yang paling lembut di kulit. Cleansing milk berfungsi untuk membersihkan wajah dari kotoran dan sisa makeup ringan sekaligus memberikan kelembapan. Oleh karena itu, cleansing milk atau susu pembersih sangat bagus untuk kulit, terutama untuk kulit kering dan sensitif. Beberapa merek skincare yang bagus, seperti Wardah, Pond's, Viva, dan Emina telah mengeluarkan produk susu pembersih terbaik mereka. Namun, produk manakah yang cocok untuk Anda? Simak artikel berikut ini dan dapatkan susu pembersih terbaik yang sesuai kebutuhan kulit Anda!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu pembersih wajah yang populer digunakan adalah micellar water. Produk pembersih berbahan dasar air ini mampu membersihkan makeup serta kotoran secara mudah dan cepat. Namun, tidak semua produk micellar water dapat digunakan untuk kulit sensitif. Terlebih lagi bila kulit sensitif disertai dengan masalah jerawat, berminyak, kering, dan beruntusan.Sebab itu, kali ini kami akan memberikan rekomendasi micellar water untuk kulit sensitif. Ada berberbagai merek yang bagus dan berkualitas, seperti Wardah, Garnier, dan Simple. Namun sebelum itu, kami akan mengulas cara memilihnya terlebih dahulu. Simak sampai habis, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Cleansing Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cleansing Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing cream atau cream cleanser mampu membersihkan sisa makeup sembari melembapkan kulit. Ada beragam jenis cleansing cream dengan klaim yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan kulit Anda. Di artikel ini kami akan membahas cara memilih cleansing cream agar Anda dapat menemukan produk yang tepat.Kami juga akan merekomendasikan sepuluh merk cleansing cream terbaik untuk memudahkan Anda dalam menentukan pilihan. Anda bisa menemukan produk yang bagus dari Make Over, SK-II, Sukin, dan lainnya dalam artikel ini. Temukan produk terbaik untuk wajah Anda dan selamat membaca!
    Pembersih makeup
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori