• 10 Rekomendasi Raket Yonex Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Raket Yonex Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Raket Yonex Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Raket Yonex Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Raket Yonex Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Raket Yonex Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Salah satu perlengkapan utama dalam olahraga bulu tangkis dan tenis adalah raket. Merk raket yang cukup bagus dan populer di kalangan pemain profesional adalah Yonex. Ada berbagai seri raket, misalnya Astrox, Voltric, dan Astrel yang dapat dijumpai di pasaran. 


Di dalam artikel ini kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih raket Yonex baik untuk bulu tangkis maupun tenis. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa produk terbaik dan original untuk pemula dan profesional. Jika Anda ingin mendapatkan raket Yonex terbaik, baca artikel ini sampai tuntas, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Debby Susanto
  • Pembaharuan terakhir: 27 April 2021
  • 6.468 Views
Daftar isi

Keunggulan raket Yonex

Yonex didirikan pada tahun 1946 oleh Minoru Yoneyama. Saat itu, Yonex masih bernama Yoneyama Company dan hanya memproduksi kerajinan berbahan kayu. Pada tahun 1957, Yonex mulai membuat raket dan perlengkapan olahraga lainnya yang juga dibuat dari kayu.


Namun, saat itu Yonex hanya menjadi produsen untuk merek lain, yaitu Sanbata. Yonex memproduksi raket untuk mereknya sendiri sejak tahun 1960-an. Saat ini Yonex menjadi merek raket yang digunakan para atlet dunia, seperti Taufik Hidayat (Indonesia), Kento Momota (Jepang), dan Hyeon Chung (Korea). 


Salah satu teknologi yang dikembangkan oleh Yonex adalah teknologi ISOMETRIC™. Teknologi ini dapat memaksimalkan area sweet spot atau area senar di kepala raket agar lebih efektif digunakan. Dengan teknologi ini, Anda dapat memberikan pukulan maksimal saat shuttlecock mengenai area sweet spot.


Keunggulan lain dari raket Yonex adalah penggunaan mineral grafit pada bodinya. Yonex sendiri menggunakan bahan grafit terbaru di dunia, yaitu Namd. Bahan ini dapat meningkatkan daya rekat serat grafit dan resin dengan menempelkan bahan nano langsung ke serat grafit. Karena itu, raket buatan Yonex memiliki bobot yang ringan.


Selain itu, masih banyak teknologi baru yang terus dikembangkan oleh Yonex. Beberapa di antaranya adalah NANOMETRIC yang membuat raket menjadi ringan dan Oval Pressed Shaft yang meningkatkan spin dan kontrol.

Cara memilih raket Yonex

Sebelum membeli raket Yonex, terdapat beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini supaya raket yang Anda pilih dapat digunakan dengan maksimal. 

Pastikan keaslian produk

Di pasaran Anda akan menemukan banyak raket bulu tangkis dan tenis dengan merek Yonex. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam. Namun, jangan tergiur dengan harga murah karena belum tentu produk tersebut merupakan raket Yonex asli. Untuk itu, pastikan Anda sudah mengetahui ciri raket Yonex asli dan palsu. 


Produk raket Yonex asli ditandai dengan adanya stiker hologram yang ditempelkan oleh Yonex Sunrise Company, distributor resmi Yonex. Perhatikan juga lambang dan logonya. Lambang ‘YY’ dan logo YONEX tercetak dengan jelas pada produk asli. Selain itu, terdapat pula nomor produksi yang diukir dengan laser di bagian tutup atau cap raket. 


Jika Anda masih ragu, cek warna pada tutup pangkalnya. Raket Yonex asli biasanya memiliki warna hijau yang solid. Sementara itu, produk palsu memiliki warna yang terlalu terang atau terlalu gelap. 

Cek bahan dan ketebalan frame

Cek bahan dan ketebalan frame

Raket Yonex terbuat dari beragam jenis bahan. Ada yang terbuat dari serat grafit, titanium, aluminium, dan lainnya. Bahan yang digunakan tentunya akan berpengaruh pada bobot raket. Untuk itu, pertimbangkan sebaik mungkin bahan raket yang ingin Anda gunakan. 


Belakangan ini raket bulu tangkis dengan bahan full carbon dan titanium masih menjadi pilihan favorit. Raket berbahan full carbon memiliki karakter ringan, kuat, dan tidak mudah berkarat. Sementara itu, raket berbahan titanium memiliki stabilitas dan kekuatan yang baik untuk menunjang permainan bulu tangkis. 


Selain kedua bahan di atas, terdapat juga raket yang dibuat dari aluminium. Raket berbahan aluminium memiliki ketahanan terhadap benturan. Harganya juga lebih terjangkau daripada bahan lainnya. Untuk itu, raket berbahan aluminium sangat ideal untuk Anda yang ingin berlatih, tetapi budget terbatas. 


Untuk raket tenis Yonex, ketebalan frame pada raket sangat menentukan kenyamanan dalam bermain. Ketebalan frame pada raket tenis terbagi menjadi tiga jenis, yaitu tebal, sedang, dan tipis. Raket tenis dengan frame tipis sangat ideal untuk Anda yang menginginkan kendali penuh atas raket.


Di sisi lain, raket tenis dengan frame sedang memiliki keunggulan dalam ayunan pukulannya. Ada juga raket tenis dengan frame tebal yang bisa memberikan daya pukul kuat. Karena itu, sebelum membeli raket, sebisa mungkin cobalah langsung dengan cara mengayun-ayunkannya.

Perhatikan bobotnya

Bobot pada raket bulu tangkis dan tenis berbeda-beda tergantung bahan dan ukuran kepala. Simak penjelasan berikut ini agar raket yang dipilih dapat menunjang permainan Anda.

Raket bulu tangkis: Ditandai dengan kode huruf U

Bobot raket bulu tangkis umumnya terbagi menjadi beberapa kategori, seperti 5U, 4U, 3U, hingga U. Makin kecil angka yang mengikuti huruf U, makin berat pula raketnya. Selain itu, bobot dan kekuatan dari sebuah raket berbeda-beda tergantung jenis bahan yang digunakan.


Untuk Anda yang menginginkan ayunan kuat saat bermain, memilih raket berbobot 3U atau 2U tak akan jadi masalah. Bobot ini juga sangat cocok untuk pemain yang sering memberikan pukulan serangan. Namun, jika Anda terbiasa bermain dengan gaya bertahan atau rally panjang, ada baiknya Anda memilih raket yang ringan. Supaya tenaga tidak cepat habis, Anda dapat memilih raket bulu tangkis dengan bobot 4U atau 3U.

Raket tenis: Ukuran kepala raket menentukan berat

Sama halnya dengan raket bulu tangkis, Anda juga perlu menyesuaikan bobot raket tenis dengan level dan gaya permainan Anda. Umumnya, raket tenis tanpa senar memiliki bobot sekitar 300 gram. Namun, banyak juga raket tenis yang bobotnya kurang atau lebih dari 300 gram.


Bobot raket tenis ditentukan oleh ukuran kepala raket. Terdapat tiga jenis ukuran kepala raket tenis, yaitu mid size (<95 sq.in), mid-plus (95–105 sq.in), dan oversize (>105 sq.in). Jika Anda seorang pemula, ada baiknya Anda memilih raket mid-plus dengan bobot raket antara 280–300 gram. 


Jika Anda ingin menghasilkan pukulan yang kuat, gunakanlah raket tenis berukuran oversize dengan bobot lebih dari 300 gram. Namun, jika Anda ingin mengontrol raket lebih mudah, Anda dapat memilih raket mid size dengan bobot kurang dari 270 gram. Raket berukuran ini juga ideal untuk pemain wanita. 

Perhatikan senar yang digunakan

Poin berikutnya yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih raket adalah jenis dan tingkat tarikan senar yang digunakan. Tarikan senar pada raket bulu tangkis dan tenis ditandai dengan satuan lbs atau pound. Supaya Anda tidak salah dalam memilih senar yang akan digunakan, simak penjelasan di bawah ini!

Tarikan senar raket bulu tangkis menentukan kekuatan dan akurasi pukulan

Tarikan senar raket bulu tangkis menentukan kekuatan dan akurasi pukulan

Tarikan senar pada raket bulu tangkis akan menentukan kualitas permainan Anda. Makin tinggi tarikan senarnya, kontrol terhadap shuttlecock akan lebih baik. Akan tetapi, kekuatan pukulan akan menurun. Sebaliknya, tarikan senar yang rendah bisa membuat kekuatan pukulan meningkat, tetapi tingkat kontrol akan berkurang. Karena itu, tarikan senar tiap pemain bulu tangkis berbeda-beda tergantung gaya permainannya. 


Jika Anda menginginkan keakuratan dan kestabilan yang cukup baik, pilih raket dengan tarikan senar 18–22 lbs. Untuk Anda yang mengutamakan kekuatan, Anda bisa menggunakan tarikan senar 22–24 lbs. Jenis tarikan senar ini juga sangat cocok untuk Anda yang berada di level menengah. Apabila Anda membutuhkan keakuratan yang sangat baik, gunakanlah tarikan senar di atas 25 lbs

Gaya bermain menjadi penentu senar raket tenis

Gaya bermain menjadi penentu senar raket tenis

Tarikan senar pada raket tenis umumnya terbagi menjadi dua, yaitu tarikan senar tinggi dan rendah. Lantas, berapa tingkat tarikan senar yang sebaiknya dipilih?


Jika Anda memiliki ayunan yang pendek, ada baiknya Anda menggunakan raket dengan tarikan senar 50–54 lbs. Namun, jika ayunan Anda sudah panjang dan cepat, Anda bisa menggunakan tarikan senar 56–60 lbs. Anda pun dapat memilih tarikan senar 55 lbs apabila belum terlalu yakin pada gaya permainan Anda.


Selain tarikan senar, ukuran senar juga memberikan pengaruh terhadap kualitas raket tenis. Ukuran senar dijual menggunakan kode tertentu menurut diameternya, misalnya 15, 15L, 16, 16L, 17, 18, dan 19. Kode ukuran senar ini menunjukkan bahwa makin kecil angka, makin besar dan tebal diameternya.


Jika Anda menggunakan senar yang tebal, senar akan makin awet. Namun, senar yang tebal tidak dapat menghasilkan pukulan spin yang baik. Senar yang tipis memang lebih cepat putus, tetapi memiliki potensi untuk menghasilkan pukulan spin yang lebih baik.

Cek string pattern pada raket tenis

Cek string pattern pada raket tenis

String pattern atau susunan senar pada raket tenis juga menentukan kualitas permainan Anda. String pattern yang jarang akan menghasilkan tenaga yang lebih besar. Hal ini karena string pattern yang jarang dapat memantulkan bola lebih kuat. Dengan begitu, Anda juga akan lebih mudah melakukan spin. Namun, risiko dari string pattern yang jarang adalah lebih mudah putus.


String pattern pada raket yang umum dipakai biasanya memiliki 16 senar vertikal x 18 atau 19 senar horizontal. Sementara untuk pemain profesional, pertimbangkanlah untuk menggunakan string pattern 18 x 20 atau yang lebih rapat.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi raket Yonex terbaik

Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih raket, terutama saat membeli secara online. Jika Anda masih kesulitan dalam memilih raket Yonex yang bagus dan asli, kami telah menyiapkan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Dapatkan raket Yonex sesuai dengan spesifikasi dan harga yang diinginkan. 

10
Jenis olahragaTenis
BahanHM graphite, black micro core, Namd, VDM
BobotHG: 330 gram・G: 310 gram・LG: 290 gram
Ukuran kepala97 sq.in
Tarikan senar45–60 lbs
String pattern16 x 19
9
Jenis olahragaBulu tangkis
BahanFrame: graphite・Shaft: graphite, carbon nanotube
Bobot3U (88 gram)
Ukuran kepalaTidak disebutkan
Tarikan senar3U: 19–24 lbs
String patternx
8
Jenis olahragaTenis
BahanHM graphite, M40X, VDM
Bobot300 gram
Ukuran kepala100 sq.in
Tarikan senar45–60 lbs
String pattern16 x 19
7
Jenis olahragaBulu tangkis
BahanFrame: HM graphite, rexil fiber, nanometric, tungsten・Shaft: HM graphite, nanometric
Bobot4U (83 gram)
Ukuran kepalaTidak disebutkan
Tarikan senar4U: 17–22 lbs
String patternx
6
Jenis olahragaTenis
BahanHM graphite, nanocell neo, VDM
Bobot250 gram
Ukuran kepala102 sq.in
Tarikan senar40–55 lbs
String pattern16 x 18
5
Jenis olahragaBulu tangkis
BahanFrame: HM graphite, Namd, nanometric, tungsten・Shaft: HM graphite, Namd
Bobot4U (83 gram)・3U (88 gram)
Ukuran kepalaTidak disebutkan
Tarikan senar4U: 20–28 lbs・3U: 21–29 lbs
String patternx
4
Jenis olahragaTenis
BahanHP graphite, M40X, VDM
Bobot305 gram
Ukuran kepala98 sq.in
Tarikan senar45–60 lbs
String pattern16 x 19
3
Jenis olahragaBulu tangkis
BahanFrame: HM graphite, volume cut resin, tungsten・Shaft: HM graphite, Namd
Bobot4U (83 gram)・3U (88 gram)
Ukuran kepalaTidak disebutkan
Tarikan senar4U: 20–28 lbs・3U: 21–29 lbs
String patternx
2
Jenis olahragaTenis
BahanHM graphite, vibslayer carbon, react resin, VDM
Bobot265 gram
Ukuran kepala105 sq.in
Tarikan senar40–55 lbs
String pattern16 x 18
1
Jenis olahragaBulu tangkis
BahanFrame: HM graphite, sonic metal, EX-HMG・Shaft: HM graphite, nanometric, X-Fullerene
Bobot3U (88 gram)・2U (93 gram)
Ukuran kepalaTidak disebutkan
Tarikan senar3U: 20–27 lbs・2U: 20–28 lbs
String patternx

Tabel perbandingan produk raket Yonex terbaik

Gambar produk
1
Yonex Nanoray Z-Speed 1

Yonex

2
Yonex Astrel 105 1

Yonex

3
Yonex Astrox 88 S Pro 1

Yonex

4
Yonex Ezone 98 1

Yonex

5
Yonex Astrox 99 1

Yonex

6
Yonex Ezone Feel 1

Yonex

7
Yonex Voltric GlanZ 1

Yonex

8
Yonex Ezone 100 1

Yonex

9
Yonex Carbonex 8000 N 1

Yonex

10
Yonex Vcore Pro 97 1

Yonex

Nama produk

Nanoray Z-Speed

Astrel 105

Astrox 88 S Pro

Ezone 98

Astrox 99

Ezone Feel

Voltric GlanZ

Ezone 100

Carbonex 8000 N

Vcore Pro 97

Keunggulan

Dapatkan pukulan smash mematikan berkat teknologi X-Fullerene

Nyaman digunakan para pemain level intermediate

Mudah diayunkan berkat frame yang tipis

Pukulan menjadi lebih kuat dan bertenaga

Kontrol penuh permainan rally Anda dengan teknologi Solid Feel Core

Bermain tenis lebih tenang dengan raket minim cedera

Lakukan power smash lebih maksimal

Kontrol bola dengan kepala raket yang fleksibel

Kelenturan medium untuk mengontrol permainan

Hasilkan bola spin lebih mudah

Harga mulai dariRp 2.349.000,00Rp 3.299.000,00Rp 2.499.000,00Rp 2.849.000,00Rp 2.200.000,00Rp 1.799.000,00Rp 2.619.000,00Rp 2.399.000,00Rp 499.000,00Rp 2.399.000,00
Jenis olahragaBulu tangkisTenisBulu tangkisTenisBulu tangkisTenisBulu tangkisTenisBulu tangkisTenis
BahanFrame: HM graphite, sonic metal, EX-HMG・Shaft: HM graphite, nanometric, X-FullereneHM graphite, vibslayer carbon, react resin, VDMFrame: HM graphite, volume cut resin, tungsten・Shaft: HM graphite, NamdHP graphite, M40X, VDMFrame: HM graphite, Namd, nanometric, tungsten・Shaft: HM graphite, NamdHM graphite, nanocell neo, VDMFrame: HM graphite, rexil fiber, nanometric, tungsten・Shaft: HM graphite, nanometricHM graphite, M40X, VDMFrame: graphite・Shaft: graphite, carbon nanotubeHM graphite, black micro core, Namd, VDM
Bobot3U (88 gram)・2U (93 gram)265 gram4U (83 gram)・3U (88 gram)305 gram4U (83 gram)・3U (88 gram)250 gram4U (83 gram) 300 gram3U (88 gram)HG: 330 gram・G: 310 gram・LG: 290 gram
Ukuran kepalaTidak disebutkan105 sq.inTidak disebutkan98 sq.inTidak disebutkan102 sq.inTidak disebutkan100 sq.inTidak disebutkan97 sq.in
Tarikan senar3U: 20–27 lbs・2U: 20–28 lbs40–55 lbs4U: 20–28 lbs・3U: 21–29 lbs45–60 lbs4U: 20–28 lbs・3U: 21–29 lbs40–55 lbs4U: 17–22 lbs45–60 lbs3U: 19–24 lbs45–60 lbs
String patternx16 x 18x16 x 19x16 x 18 x16 x 19 x16 x 19
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan tenis dan bulu tangkis lainnya di sini

Selain raket dari Yonex, kami juga memiliki rekomendasi raket lain yang dapat Anda lihat. Selain raket, kami juga telah menyiapkan artikel mengenai perlengkapan tenis dan bulu tangkis yang dapat mendukung permainan Anda. Produk-produk yang telah kami ulas dapat digunakan oleh pemula maupun pemain profesional. Jadi, jangan lupa untuk mengeceknya juga, ya!

Kesimpulan

Yonex mengaplikasikan cukup banyak teknologi pada raket yang mereka produksi. Karena itu, jangan heran apabila harganya cukup menguras kantong. Namun, harga yang dipatok juga berbanding lurus dengan kualitas raketnya.


Anda dapat memilih raket Yonex sebagai andalan saat bermain bulu tangkis maupun tenis. Berbagai spesifikasi bisa menjadi pertimbangan Anda saat memilih raket. Untuk itu, perhatikan benar-benar spesifikasinya agar Anda mendapat raket impian.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Olahraga bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, semua memainkannya. Raket menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini kami akan menjelaskan poin-poin yang harus diperhatikan dalam memilih raket bulu tangkis, baik untuk pemula maupun profesional. Kami juga akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis terbaik, seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya. Tidak ketinggalan, mantan atlet bulu tangkis, Debby Susanto, juga ikut memberikan komentar mengenai cara memilihnya. Silakan disimak!
    Badminton
    308.382 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda lipat adalah sepeda yang dapat dilipat dan disimpan dalam bentuk yang ringkas. Banyak produsen sepeda lipat terkenal, seperti Polygon, United Bike, hingga Dahon yang menawarkan beragam model sepeda lipat. Masing-masing produk tentu saja memiliki karakter yang berbeda-beda.Nah, agar Anda tidak salah pilih, kami akan membahas cara memilih sepeda lipat yang tepat. Simak juga rekomendasi produknya dan temukan sepeda lipat yang sesuai kebutuhan Anda. Daripada berdiam diri saja di rumah, marilah bersepeda untuk jiwa dan raga yang lebih sehat!
    Sepeda
    590.709 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Li-Ning Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Raket Li-Ning Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sejak menjadi sponsor banyak atlet bulu tangkis Indonesia, popularitas raket Li-Ning mulai meledak di tanah air. Merek ini menyediakan raket yang bagus untuk pemula hingga atlet profesional. Variasi serinya mampu memenuhi kebutuhan berbagai gaya permainan.Tergantung pada kebutuhan, Anda bisa memilih raket Li-Ning SS 2020, Windstorm 72, Windstorm 75, atau lainnya. Tenang saja, kami akan memandu Anda memilih produk original demi mendapat performa terbaik. Rekomendasi dan ulasan produknya pun sudah kami siapkan khusus untuk Anda. Silakan disimak pembahasan selengkapnya dari kami berikut ini!
    Badminton
    26.287 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda balap atau road bike merupakan moda transportasi yang banyak disukai karena murah, menyehatkan, dan ramah lingkungan. Road bike yang saat ini beredar di pasaran tersedia dalam berbagai tipe. Sebut saja keluaran merk-merk ternama, seperti Polygon, United, Pacific, Element, dan sebagainya. Komponennya pun tergolong banyak sehingga acap kali membuat bingung, khususnya bagi para pemula.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih road bike. Kemudian, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan bersepeda Anda. Simak informasinya dan temukan road bike favorit Anda di sini!
    Sepeda
    292.783 Views
  • 10 Rekomendasi Shuttlecock Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shuttlecock Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk menikmati permainan bulu tangkis, Anda perlu memilih shuttlecock yang tepat. Kenyamanan shuttlecock saat dipukul bisa dinilai dari bahan yang digunakan serta bobotnya. Beberapa merek, seperti Yonex, Samurai, dan Victor sudah banyak memproduksi shuttlecock. Performa dan harganya pun bervariasi, mulai dari yang terjangkau hingga yang cukup tinggi untuk pertandingan resmi.Agar Anda tidak kebingungan, di artikel ini kami akan membahas rekomendasi produknya berserta cara memilih shuttlecock berdasarkan material sampai harganya. Mantan atlet bulu tangkis, Debby Susanto, juga ikut memberikan komentar mengenai cara memilihnya, lho. Jadi, jangan sampai dilewatkan!
    Badminton
    71.220 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sepatu lari merupakan perlengkapan yang sangat dibutuhkan untuk melakukan olahraga lari. Merk ternama seperti Nike, Asics, dan Adidas menyediakan sepatu lari yang bervariasi. Namun, setiap produk tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri.Anda akan sulit membedakan sepatu lari untuk pemula atau profesional jika hanya melihat dari desainnya saja. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu lari sekaligus memberikan rekomendasi produknya yang bagus. Produk-produk tersebut tentunya bisa dibeli melalui e-commerce favorit Anda. Semoga Anda mendapatkan sepatu lari yang tepat!
    Running
    136.324 Views
  • 10 Rekomendasi Hula Hoop Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hula Hoop Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hula hoop kini menjadi salah satu olahraga pilihan karena begitu mudah dilakukan. Jika menggunakannya dengan membentuk pose tertentu, abs dan leher yang indah otomatis akan menjadi milik Anda. Akan tetapi, produknya yang memiliki banyak variasi ukuran dan berat ini mungkin akan membuat Anda bingung.Oleh sebab itu, kali ini kami akan memberikan rekomendasi dan cara memilih hula hoop terbaik. Mulai dari produk keluaran Decathlon, Kettler, Luoke, dan sebagainya akan kami ulas untuk Anda. Tubuh indah kini tak hanya menjadi impian, bukan? Mari langsung baca pembahasannya berikut ini!
    Olahraga lainnya
    6.663 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori