1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Badminton
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Raket Yonex Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Raket Yonex Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Raket Yonex Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Raket Yonex Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Raket Yonex Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Raket Yonex Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Raket Yonex Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Salah satu perlengkapan utama dalam olahraga bulu tangkis dan tenis adalah raket. Salah satu merek raket yang bagus dan populer adalah Yonex. Di pasaran, Anda bisa menjumpai berbagai seri raket Yonex, seperti Astrox, Voltric, dan Ezone. 


Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih raket Yonex terbaik untuk jenis olahraga badminton dan tenis. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi raket Yonex terbaru dan original untuk pemain pemula dan profesional. Jika Anda ingin mendapatkan raket Yonex yang bagus, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!

Diperbaharui 08-29-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Keunggulan raket Yonex

Keunggulan raket Yonex
Sumber: yonexusa.com

Yonex merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 1946 oleh Minoru Yoneyama. Keunggulan raket Yonek terletak pada salah satu teknologi bernama ISOMETRIC™. Teknologi ini dapat memaksimalkan area sweet spot atau area senar di kepala raket agar lebih efektif digunakan. Dengan teknologi ini, Anda dapat memberikan pukulan maksimal saat shuttlecock mengenai area sweet spot


Selain itu, masih banyak kelebihan raket Yonex dibanding merek lainnya. Berikut ini adalah beberapa teknologi yang dikembangkan pada raket Yonex, baik untuk olahraga badminton maupun tenis. 


  • Teknologi Nanometric dan penggunaan mineral grafit Namd pada bodi yang membuat raket memiliki bobot ringan

  • Karena bobotnya ringan, raket Yonex mudah dikontrol oleh penggunanya

  • Teknologi Energy Boost Cap yang membuat poros raket menjadi lebih lentur, tetapi tetap stabil.

  • Teknologi Oval Pressed Shaft yang meningkatkan spin dan kontrol.

Dengan segala keunggulannya, raket Yonex berhasil mengantarkan para atlet dunia menjuarai berbagai pertandingan. Sebut saja Taufik Hidayat dan Anthony Ginting (Indonesia), hingga Kento Momota (Jepang).

Cara memilih raket Yonex

Sebelum membeli raket Yonex, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini supaya raket yang Anda pilih dapat digunakan dengan maksimal.

① Cek keaslian produknya

Cek keaslian produknya
Sumber: yonex.com

Mengingat cukup banyak raket Yonex imitasi yang beredar di pasaran, Anda harus berhati-hati saat membelinya. Pertama, tentu saja jangan sampai tergiur dengan harga raket yang murah karena belum tentu produk tersebut merupakan raket Yonex asli. Selain itu, perhatikan beberapa poin di bawah ini untuk membedakan antara raket Yonex asli dan tiruan. 

  • Produk raket Yonex asli ditandai dengan adanya stiker hologram yang ditempelkan oleh Yonex Sunrise Company, distributor resmi Yonex. 

  • Lambang ‘YY’ dan logo YONEX tercetak dengan jelas pada produk asli.

  • Terdapat nomor produksi yang diukir dengan laser di bagian tutup atau cap raket

  • Warna tutup pangkal raket Yonex asli biasanya memiliki warna hijau solid. Sementara produk palsu memiliki warna yang terlalu terang atau terlalu gelap. 

  • Jika disertai tas cover, cek kualitas cetakan logo dan hurufnya. Untuk raket asli, tas cover memiliki hasil cetakan yang bagus dan kontras

  • Raket Yonex asli selalu dilengkapi dengan barcode yang dicetak tersembunyi pada bagian pegangan. Namun, untuk mengeceknya, Anda harus melepas grip terlebih dahulu. 

② Cek bahan dan ketebalan frame

Raket Yonex terbuat dari beragam jenis bahan. Ada yang terbuat dari serat grafit, titanium, aluminium, dan lainnya. Bahan yang digunakan tentunya akan berpengaruh pada bobot raket. 

Raket bulu tangkis: pertimbangkan bahan full carbon dan titanium

Raket bulu tangkis: pertimbangkan bahan full carbon dan titanium

Raket Yonex untuk bulu tangkis yang berbahan full carbon memiliki karakter ringan, kuat, dan tidak mudah berkarat. Sementara raket berbahan titanium memiliki stabilitas dan kekuatan yang baik untuk menunjang permainan bulu tangkis. Selain full carbon dan titanium, terdapat juga raket yang dibuat dari aluminium.


Raket berbahan aluminium memiliki ketahanan terhadap benturan. Dari sisi harga, bahan aluminium tentu saja lebih terjangkau dibanding lainnya. Untuk itu, raket berbahan aluminium cocok untuk Anda yang baru pertama kali ingin berlatih bulu tangkis. Namun, supaya permainan lebih maksimal, pertimbangkan untuk menggunakan raket Yonex yang berbahan full carbon atau titanium. 

Raket tenis: ketebalan frame menentukan kekuatan pukulan

Raket tenis: ketebalan frame menentukan kekuatan pukulan

Ketebalan frame pada raket tenis Yonex terbagi menjadi tiga jenis, yaitu tebal, sedang, dan tipis. Untuk memudahkan Anda saat memilih raket tenis Yonex, silakan simak panduan berikut ini. 


  • Frame tipis: Ideal untuk Anda yang menginginkan kendali penuh atas raket.

  • Frame sedang: Memiliki keunggulan dalam ayunan pukulan sehingga ideal untuk Anda yang memiliki gaya permainan bertahan. 

  • Frame tebal: Memiliki daya pukul kuat dan cocok untuk Anda yang ingin memberikan serangan keras. 

③ Perhatikan bobotnya

Bobot pada raket bulu tangkis dan tenis berbeda-beda tergantung bahan dan ukurannya. Jika Anda masih kesulitan untuk mengetahui ukuran raket yang ideal, silakan simak penjelasan berikut ini. 

Raket bulu tangkis: ditandai kode huruf U

Raket bulu tangkis: ditandai kode huruf U

Tentu Anda sudah tahu bahwa bobot dan kekuatan sebuah raket berbeda-beda tergantung material frame yang digunakan. Di samping itu, bobot raket bulu tangkis terbagi menjadi beberapa kategori, seperti 5U, 4U, 3U, hingga U. Makin kecil angka yang mengikuti huruf U, makin berat pula raketnya


Supaya Anda mendapatkan gambaran mengenai bobot raket bulu tangkis Yonex, silakan ikuti panduan berikut ini. 


  • U (95–99 gram)
  • 2U (90–94,9 gram)
  • 3U (85–89,9 gram)
  • 4U (80–84,9 gram)
  • 5U (75–79,9 gram)

Jika Anda memiliki ayunan kuat saat bermain, pilihlah raket Yonex dengan kode bobot 3U atau 2U. Namun, jika Anda memiliki gaya bermain bertahan atau rally panjang, sebaiknya pilih raket yang ringan, yakni 4U atau 5U. 

Raket tenis: ukuran kepala raket menentukan kelas permainan

Raket tenis: ukuran kepala raket menentukan kelas permainan

Ukuran kepala raket sangat menentukan kenyamanan dalam bermain tenis. Ukuran kepala pada raket tenis terbagi menjadi tiga jenis, yaitu mid, mid-plus, dan oversize. Dari sisi bobot, raket tenis tanpa senar biasanya memiliki bobot sekitar 300 gram. Namun, banyak juga raket tenis yang bobotnya kurang atau lebih dari 300 gram.


  • Mid size (<95 sq.in): Memiliki ukuran 95 inci persegi atau kurang. Raket tenis ukuran mid dengan bobot kurang dari 300 gram sangat direkomendasikan untuk pemain pemula dan wanita

  • Mid-plus (95–105 sq.in): Memiliki ukuran 100 inci persegi. Raket tenis ini direkomendasikan untuk Anda yang sudah terbiasa bermain tenis. Kelebihan raket berukuran mid-plus adalah mampu memberi pukulan yang lebih bertenaga

  • Oversize (>105 sq.in): Memiliki ukuran sekitar 105 inci persegi atau lebih. Ukuran ini sangat pas untuk pemain profesional yang memiliki ayunan kuat. Supaya menghasilkan pukulan yang kuat, gunakan raket tenis ukuran oversize dengan bobot lebih dari 300 gram. 

④ Perhatikan tarikan senar pada raket

Poin berikutnya yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih raket adalah jenis dan tingkat tarikan senar yang digunakan. Tarikan senar pada raket bulu tangkis dan tenis ditandai dengan satuan lbs atau pound

Raket bulu tangkis: tarikan senar menentukan kekuatan pukulan

Raket bulu tangkis: tarikan senar menentukan kekuatan pukulan

Makin tinggi tarikan senarnya, kontrol terhadap shuttlecock akan lebih baik. Namun, kekuatan pukulan akan menurun. Sebaliknya, tarikan senar yang rendah bisa membuat kekuatan pukulan meningkat, tetapi tingkat kontrol akan berkurang. 


Jika Anda menginginkan keakuratan dan kestabilan yang cukup baik, pilih raket dengan tarikan senar 18–22 lbs. Sementara untuk Anda yang mengutamakan kekuatan, Anda bisa menggunakan tarikan senar 22–24 lbs. Jenis tarikan senar ini juga sangat cocok untuk Anda yang berada di level menengah. Sedangkan jika Anda membutuhkan keakuratan yang sangat baik, gunakanlah tarikan senar di atas 25 lbs

Raket tenis: tarikan senar menentukan gaya permainan

Raket tenis: tarikan senar menentukan gaya permainan

Sama seperti raket bulu tangkis. Tarikan senar pada raket tenis umumnya terbagi menjadi dua, yaitu tarikan senar tinggi dan rendah. Jika Anda memiliki ayunan yang pendek, ada baiknya menggunakan raket tenis dengan tarikan senar 50–54 lbs. Namun, jika ayunan Anda sudah panjang dan cepat, Anda bisa menggunakan tarikan senar 56–60 lbs. Anda pun dapat memilih tarikan senar 55 lbs jika Anda sering mengombinasikan keduanya. 


Selain tarikan senar, ukuran senar juga memberikan pengaruh terhadap kualitas raket tenis. Ukuran senar dijual menggunakan kode tertentu menurut diameternya, seperti 15, 15L, 16, 16L, 17, 18, dan 19. Kode ukuran senar ini menunjukkan bahwa makin kecil angka, makin besar dan tebal diameternya.


Jika Anda menggunakan senar yang tebal, senar akan makin awet, tetapi tidak dapat menghasilkan pukulan spin yang baik. Senar yang tipis memang lebih cepat putus, tetapi memiliki potensi untuk menghasilkan pukulan spin yang lebih baik.

⑤ Cek string pattern pada raket tenis

Cek string pattern pada raket tenis

String pattern atau susunan senar pada raket tenis juga menentukan kualitas permainan Anda. String pattern yang jarang akan menghasilkan tenaga yang lebih besar. Hal ini karena string pattern yang jarang dapat memantulkan bola lebih kuat. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah melakukan spin. Namun, risiko dari string pattern yang jarang adalah lebih mudah putus.


String pattern pada raket tenis yang sering digunakan biasanya memiliki 16 senar vertikal x 18 atau 19 senar horizontal. Sementara untuk pemain profesional, pertimbangkanlah untuk menggunakan string pattern 18 x 20 atau yang lebih rapat.

10 Rekomendasi raket Yonex terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh raket Yonex terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yonex

Vcore Pro 97

Yonex Vcore Pro 97 1枚目

Menghasilkan bola spin lebih mudah dan terarah

2

Yonex

Arcsaber/Arc Saber 71

Yonex Arcsaber/Arc Saber 71 1枚目

Super ringan dan akurat untuk bergaya ala pemain pro

3

Yonex

Astrox Lite

Yonex Astrox Lite  1枚目

Siap manuver balik berkat material NANOMESH NEO

4

Yonex

Vcore Ace

Yonex Vcore Ace  1枚目

Partner untuk bermain dengan mudah dan menghemat tenaga

5

Yonex

Ezone 98

Yonex Ezone 98  1枚目

Pukulan tetap powerful dan under control

6

Yonex

Voltric Lite

Yonex Voltric Lite 1枚目

Frame aerodinamis untuk ayunan powerful

7

Yonex

Ezone 100

Yonex Ezone 100 1枚目

Bola under control untuk pukulan balik yang pesat

8

Yonex

Astrox 88 D Pro

Yonex Astrox 88 D Pro 1枚目

Hasilkan ayunan tangkas dan kuat berkat frame ringan

9

Yonex

Smash Heat 100

Yonex Smash Heat 100 1枚目

Makin percaya diri dengan desain yang fashionable

10

Yonex

Voltric 80 E-tune

Yonex Voltric 80 E-tune  1枚目

Teknologi Tri-Voltage System untuk smash yang keras

Perincian produk
Close
No.1

YonexVcore Pro 9703VP97

Mulai dari Rp2.399.000,00

Menghasilkan bola spin lebih mudah dan terarah

Kelebihan:

  • Material gagang atau shaft yang lentur untuk menghasilkan pukulan terarah
  • Vibrasi atau getaran dapat berkurang sehingga nyaman digenggam

Kekurangan:

  • Bobot lumayan berat sehingga harus mengeluarkan tenaga lebih besar

Salah satu teknologi yang diusung oleh produk ini ialah Flexcon System. Teknologi tersebut terletak pada bentuk gagang atau shaft yang memanjang lalu meruncing. Shaft ini membantu Anda mengendalikan bola dengan arah yang presisi. 


Tak hanya itu, terdapat pula teknologi Flex Fuse yang membuat gerakan raket terasa mulus dan lentur. Raket ini juga akan mencegah getaran sehingga Anda bisa mengembalikan pukulan dengan kekuatan optimal. Jika Anda sudah berpengalaman dan ingin menggunakan raket tenis yang fleksibel, produk ini pilihan tepat.

No.2

YonexArcsaber/Arc Saber 71

Mulai dari Rp409.000,00

Super ringan dan akurat untuk bergaya ala pemain pro

Kelebihan:

  • Harga cukup terjangkau
  • Tidak membuat tangan pegal dalam permainan berdurasi lama

Kekurangan: 

  • Karena terlalu ringan, kurang pas untuk pemain yang butuh banyak latihan fisik

Raket ini hadir dengan varian bobot 5U yang tentunya super ringan. Bagi Anda yang memiliki gaya bermain bertahan atau rally panjang, pilihlah produk ini. Dengan bobot 76 gram, tangan Anda jadi tak mudah pegal meskipun bermain lama. Tak hanya itu, tarikan senarnya mencapai 30 lbs yang berarti tingkat keakuratannya sangat tinggi.

No.3

Siap manuver balik berkat material NANOMESH NEO

Kelebihan:

  • Bagian frame lentur dan ringan sehingga memungkinkan ayunan yang lebih maksimal

Kekurangan:

  • Kurang bisa diandalkan untuk permainan tunggal dan netting

Produk ini dilengkapi material NANOMESH NEO yang mengembalikan bentuk frame seperti semula dengan cepat setelah menyentuh shuttlecock. Jadi, Anda dapat langsung bersiap melakukan pukulan selanjutnya atau menyerang balik. Untuk Anda yang bermain double atau ganda, produk ini dapat dijadikan opsi. Didukung aero-box frame, Anda bisa menghasilkan pukulan cepat dan bertenaga.

No.4

YonexVcore Ace 06VCA

Mulai dari Rp1.500.000,00

Partner untuk bermain dengan mudah dan menghemat tenaga

Kelebihan:

  • Bobotnya sangat ringan sehingga nyaman untuk pemula
  • Harganya terjangkau untuk pemain non-profesional

Kekurangan:

  • String pattern terlalu padat atau rapat sehingga kurang maksimal untuk gerakan spin

Produk ini memiliki bobot yang tergolong sangat ringan sehingga tangan Anda tak mudah pegal saat bermain. Dengan teknologi ISOMETRIC™, area sweet spot raket ini lebih lebar hingga 7%. Jadi, Anda dapat memegang kendali tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang bermain tenis sebagai hobi.

No.5

Pukulan tetap powerful dan under control

Kelebihan:

  • Frame tipis dan dilengkapi teknologi yang dapat meredam getaran

Kekurangan:

  • String pattern terlalu renggang

Jika Anda merupakan pemain profesional dan ingin menghasilkan pukulan keras yang stabil, gunakanlah raket tenis ini. Teknologi VDM dan Oval Pressed Shaft akan membantu menghasilkan ayunan bola yang powerful, tetapi terkontrol.


Teknologi VDM atau Vibration Dampening Mesh juga akan mengurangi getaran pada raket sehingga lebih nyaman digunakan. Sementara itu, Oval Pressed Shaft membuat kepala raket lebih fleksibel.

No.6

Frame aerodinamis untuk ayunan powerful

Kelebihan: 

  • Berbobot sangat ringan sehingga mudah melakukan smash
  • Tipe raket Yonex yang cocok untuk permainan bertahan dan menyerang

Kekurangan:

  • Material frame hanya full graphite sehingga ketahanannya kurang maksimal

Jika Anda mencari raket yang nyaman digunakan untuk berbagai gaya permainan, cobalah memilih produk ini. Dengan pola frame yang aerodinamis, udara akan menerobos dengan cepat melalui bagian raket yang melengkung. Anda pun dapat mengayunkan raket dengan cepat dan bertenaga.


Selain itu, bobotnya yang ringan membuat gerakan raket ini stabil saat melakukan pukulan dan diayun. Bagian grip-nya juga didesain mudah digenggam agar dapat melakukan manuver tajam. Menariknya lagi, senar raket vertikal dan horizontal dibuat sama panjang sehingga sweet spot-nya lebar.

No.7

YonexEzone 100

Mulai dari Rp3.499.000,00

Bola under control untuk pukulan balik yang pesat

Kelebihan:

  • Dapat meredam getaran sehingga pukulan lebih stabil
  • Tarikan senar rendah hingga tinggi, fleksibel untuk semua gaya permainan

Kekurangan:

  • Ukuran kepala relatif besar sehingga harus bergerak lebih cepat

Aero shaped design pada bagian frame-nya membuat raket ini bergerak dengan halus, tetapi tetap powerful. Teknologi peredam getaran seperti O.P.S dan VDM akan memudahkan Anda untuk meluncurkan pukulan yang deras.


Menariknya lagi, raket ini juga digunakan oleh atlet dunia asal Norwegia, yakni Casper Ruud. Bagi Anda yang suka bermain dengan tempo cepat, produk ini dapat dijadikan pilihan. Meskipun menerima serangan bertubi-tubi, Anda dapat mengontrol bola dengan baik berkat shaft yang lentur.

No.8

YonexAstrox 88 D ProAX88D-P

Mulai dari Rp2.900.000,00

Hasilkan ayunan tangkas dan kuat berkat frame ringan

Kelebihan:

  • Tarikan senar mampu memberikan pukulan smash keras
  • Shaft raket slim sehingga ringan diayunkan

Kekurangan:

  • Pilihan warna gold kurang terlihat sporty

Berkat kombinasi AERO+BOX frame, Anda dapat menghasilkan pukulan yang kuat dengan pola ayunan cepat. Hal tersebut didukung dengan material Namd yang membuat bagian shaft menjadi lentur. Selain itu, sweet spot pada raket ini didesain lebih lebar berkat teknologi ISOMETRIC terbaru pada bagian head.


Raket badminton yang juga digunakan oleh Anthony Ginting ini memiliki frame yang ringan sehingga kontrol keseimbangannya sangat baik. Jika Anda ingin menguasai permainan netting, pilihlah produk ini untuk membuat lawan Anda kewalahan.

No.9

Makin percaya diri dengan desain yang fashionable

Kelebihan:

  • Ekonomis untuk menunjang kegiatan tenis sebagai hobi
  • Bobotnya pas sehingga tidak terlalu berat saat dimainkan

Kekurangan:

  • Ukuran kepala raket relatif besar, kurang nyaman untuk menghasilkan pukulan keras

Produk ini hadir dengan pola dan perpaduan warna hitam, putih, dan merah yang stylish. Bagian grip-nya dibekali dengan material peredam benturan dan antislip. Bagian permukaan frame pun mampu bergerak secara stabil sehingga menghasilkan pukulan yang kuat.


Selain dapat tampil lebih bergaya, Anda juga tak akan kecewa dengan performa raket ini. Untuk Anda yang memiliki kemampuan bermain dalam level intermediate atau menengah, produk ini dapat dipertimbangkan. 

No.10

YonexVoltric 80 E-tune VT80ETN

Mulai dari Rp2.000.000,00

Teknologi Tri-Voltage System untuk smash yang keras

Kelebihan:

  • Frame ringan dan memiliki ketahanan yang baik
  • Pilihan tarikan senar raketnya menawarkan pukulan yang keras dan akurat

Kekurangan:

  • Bagian gagang kaku sehingga kontrol shuttlecock kurang maksimal 

Saat bermain bulu tangkis, perpaduan kecepatan dan kekuatan pada tangan serta raket tentu paling dibutuhkan. Pada produk ini, struktur atas frame-nya didesain kaku dan tipis untuk menghasilkan kekuatan yang maksimal. Hal tersebut didukung dengan teknologi NANOPREME™ yang menghadirkan gerakan lentur dan nyaman untuk membalas pukulan lawan.


Bagi Anda yang ingin melakukan smash dengan mantap, produk ini dapat diandalkan. Dengan teknologi Tri-Voltage System, Anda bahkan dapat menguasai pukulan smash keras dengan gerakan yang cepat. Salah satu atlet yang dapat menaklukkan lawan dengan gaya permainan tersebut ialah Tomy Sugiarto.

Baca juga rekomendasi raket lainnya di sini

Selain raket merek Yonex, kami juga memiliki rekomendasi raket lain yang dapat Anda lihat, baik untuk bulu tangkis maupun tenis. Jika Anda tertarik, silakan klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Yonex mengaplikasikan banyak teknologi pada raket yang diproduksi. Karena itu, jangan heran apabila harganya cukup mahal. Namun, harga tersebut tentunya berbanding lurus dengan kualitasnya. Bahkan, raket Yonex menjadi salah satu merek yang dipercaya oleh banyak atlet juara dunia.  


Tuntas sudah ulasan kami mengenai rekomendasi raket badminton dan tenis merek Yonex. Kami berharap Anda sudah menemukan raket yang tepat. Jangan lupa untuk mengecek kembali spesifikasi pada raket Yonex pilihan Anda, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer