• 10 Rekomendasi Casing Pelindung HP Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Casing Pelindung HP Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Casing Pelindung HP Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Casing Pelindung HP Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Casing Pelindung HP Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Casing Pelindung HP Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Casing HP menjadi salah satu aksesori HP yang tak boleh Anda lewatkan. Banyak pilihan casing HP dengan desain yang menggemaskan. Namun, apakah casing tersebut dapat melindungi HP Anda? Nah, kami akan berbagi tips memilih casing HP yang dapat melindungi HP Anda.


Temukan beragam pilihan jenis bahan casing HP softcase dan hardcase yang bagus di artikel ini. Berbagai merek casing pelindung HP terbaik, seperti Spigen, Ringke, dan Otterbox, ada dalam rekomendasi kami. Kami juga akan merekomendasikan berbagai casing HP yang bagus, tidak mudah kotor, tidak panas, serta tidak licin. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 September 2022
Daftar isi

Cara memilih casing pelindung HP

Ada banyak jenis casing HP yang dijual di pasaran. Selain desain casing, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih casing pelindung HP. Simak tips dari kami berikut ini dan dapatkan casing HP yang tepat untuk melindungi smartphone Anda. 

Cari tahu jenis bahan casing HP

Secara umum, terdapat dua jenis casing HP berdasarkan jenis bahannya, yaitu softcase dan hardcase. Anda harus mengenali keunggulan tiap-tiap jenis bahan casing pelindung HP tersebut. Pertimbangkan pemilihan jenis bahan casing pelindung HP agar Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Softcase, punya bentuk yang lentur dan elastis

Softcase biasanya terbuat dari bahan silicone ataupun TPU (thermoplastic polyurethane) yang merupakan turunan dari plastik. Softcase memiliki karakteristik elastis, fleksibel, dan bisa ditekuk tanpa mengubah bentuk aslinya. Casing jenis ini umumnya cukup tipis dengan ketebalan yang beragam, seperti 0,2 mm dan 0,3 mm.


Bahannya yang tipis akan membuat bentuk smartphone Anda tetap ramping dan nyaman dipegang. Softcase sayangnya kurang baik dalam menghantarkan panas. Jadi, Anda harus sering-sering melepaskannya dari HP untuk mengeluarkan panas. 


Risiko lainnya adalah bahannya akan cepat longgar jika sering dilepas-pasang. Softcase yang transparan juga sering kali menjadi kekuningan setelah lama dipakai. Meski begitu, casing softcase biasanya berharga lebih murah dibandingkan casing hardcase

Hardcase, kukuh dan tahan banting

Hardcase memiliki karakteristik yang kukuh, keras, dan kuat. Casing jenis ini biasanya dibuat dari bahan metal ataupun polycarbonate. Tentunya semua bahan ini memiliki fungsi yang ideal untuk melindungi smartphone dari benturan.


Hardcase berbahan metal cukup sulit ditemukan di Indonesia. Bahan polycarbonate lebih banyak digunakan sebagai bahan hardcase karena lebih ringan dari metal. Bahan polycarbonate juga tergolong ringan, tidak mudah patah, dan tidak penyok.

 

Berbeda dengan casing softcase, casing hardcase jauh lebih baik dalam menghantarkan panas dan tidak merusak HP. Bagi Anda yang hobi bermain game, casing jenis ini sangat tepat untuk dimiliki. Harga hardcase biasanya lebih mahal dibandingkan softcase serta pilihan warnanya kurang beragam.

Hybrid case, gabungan softcase dan hardcase

Jenis casing HP lainnya adalah hybrid case. Jenis hybrid case adalah gabungan dari softcase dan hardcase. Bagian sampingnya menggunakan bahan karet, sedangkan bagian belakangnya menggunakan bahan polycarbonate. Desain ini memudahkan Anda untuk memasang casing HP.

Cek keunggulan desain casing pelindung HP

Selain model dan bahan, Anda juga perlu menetapkan tujuan utama memakai casing. Anda bisa memilih fitur casing berdasarkan pada tujuan perlindungan yang diinginkan. Anda bisa memilih casing antigores, anti-crack, atau waterproof. Pilih fungsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing. 

Tahan benturan, berteknologi shockproof atau anti-crack

Tidak selamanya Anda bisa menjaga smartphone agar selalu terhindar dari benturan. Terkadang kejadian tak terduga bisa menyebabkan smartphone terjatuh, lecet, bahkan rusak. Anda bisa meminimalkan kerusakan jika menggunakan casing dengan fitur anti-crack atau shookproof


Casing shockproof memiliki bantalan di bagian sisinya untuk mengurangi risiko benturan. Selain itu, bagian bezel casing lebih tinggi dibandingkan HP Anda untuk menjaga layar atau kamera langsung terbentur permukaan.


Selain itu, pertimbangkan juga casing dengan military grade yang lebih kokoh. Casing dengan military grade bersifat anti-crack untuk menjaga HP Anda dari keretakan. Casing pelindung HP dengan military grade memang lebih mahal dibandingkan casing biasa. Meski begitu, Anda akan mendapatkan perlindungan ekstra.

Waterproof dan dustproof, menjaga HP saat beraktivitas outdoor

Memang kebanyakan casing HP bersifat waterproof. Salah satu merek casing HP yang waterproof adalah LifeProf. Jenis casing HP ini memberikan perlindungan dari belakang dan depan. Selain itu, bagian port-nya juga tertutup untuk mencegah kotoran dan air masuk ke dalamnya. Casing dengan desain ini akan menjaga HP saat Anda beraktivitas outdoor.


Jika Anda sedang mencari casing yang waterproof, cek di artikel kami berikut ini, ya. Kami sudah mengumpulkan produk casing HP waterproof terbaik yang bisa Anda gunakan!

Desain flip case, melindungi bagian depan belakang

Desain flip case, melindungi bagian depan belakang

Ada juga casing tipe flip case yang bentuknya seperti buku. Casing jenis ini tak hanya melindungi bagian bodi smartphone, tetapi juga untuk melindungi bagian layar. Ada dua model flip case, yaitu dengan penutup magnet atau perekat. Dari segi kemudahan, casing dengan penutup magnet lebih disarankan karena bisa Anda buka hanya dengan satu tangan. 


Berikut adalah beberapa model flip case:

  • Flip case yang bisa digunakan sebagai penyangga handphone. Untuk Anda yang hobi menonton dari model ini akan memudahkan Anda. 
  • Flip case dengan fitur call window. Fitur ini memungkinkan Anda melihat notifikasi atau panggilan masuk tanpa perlu membukanya. 
  • Flip case yang dilengkapi dengan slot untuk kartu. Model seperti ini membuatnya praktis untuk menyimpan kartu-kartu penting Anda saat bepergian.

Penasaran dengan berbagai rekomendasi flip case yang bagus? Anda bisa langsung saja menuju tautan berikut ini!

Ring kickstand, memudahkan Anda menggunakan HP dengan satu tangan

Ada juga casing dengan tambahan finger loop atau ring kickstand di bagian belakang. Item ini sangat berguna terutama untuk Anda yang memiliki handphone berukuran besar. Anda jadi lebih mudah menggenggam dan mengoperasikan handphone hanya dengan satu tangan. Selain itu, Anda bisa menggunakannya untuk menyangga HP saat menonton.

Pertimbangkan casing pelindung HP yang mendukung wireless charging

Teknologi wireless charging mulai banyak digunakan dalam berbagai smartphone. Fitur tersebut mungkin saja tidak berfungsi jika terhalang benda, seperti casing. Untuk itu, Anda bisa memilih casing HP yang mendukung wireless charging.


Beberapa casing iPhone sudah memiliki fitur built in magnet yang bersifat MagSafe friendly. Alhasil, Anda tak perlu repot melepas casing saat menggunakan wireless charging.


Selain wireless charging, Anda juga dapat memilih casing yang mendukung NFC (near field communication). Anda tak perlu melepas casing smartphone untuk menggunakan fitur NFC dari smartphone Anda.

10 Rekomendasi casing pelindung HP terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk casing pelindung HP terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 28 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Cafele PP Ultra Thin Case memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Lifeproof FRĒ yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 10 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Cafele PP Ultra Thin Case 1

Cafele

2
Cassion Premium Hybrid Crystal Case Polos 1

Cassion

3
Rearth Ringke Fusion-X 1

Rearth

4
Spigen Rugged Armor 1

Spigen

5
Nillkin CamShield Armor Case 1

Nillkin

6
SwitchEasy MagSkin Protective Case MagSafe 1

SwitchEasy

7
Urban Armor Gear Civilian Series 1

Urban Armor Gear

8
Nomad Rugged Folio Leather Flip Casing  1

Nomad

9
Otterbox Defender Series Pro 1

Otterbox

10
LifeProof FRĒ 1

LifeProof

Nama produk

PP Ultra Thin Case

Premium Hybrid Crystal Case Polos

Ringke Fusion-X

Rugged Armor

CamShield Armor Case

MagSkin Protective Case MagSafe

Civilian Series

Rugged Folio Leather Flip Casing

Defender Series Pro

FRĒ

Keunggulan

Bahannya tidak mudah kotor dan supertipis

Hybrid case HP transparan yang tidak cepat menguning

Desain casing HP ergonomis asal Korea

Softcase Spigen yang bagus dengan military grade

Paket lengkap dengan ring kickstand, camera shield, dan tidak licin

Silicone softcase dengan built in magnet yang MagSafe friendly

Hardcase anti-crack dengan bobot yang sangat ringan

Flip case premium berbahan kulit khusus untuk iPhone

Casing pelindung HP heavy duty dengan bahan antibakteri

Casing pelindung HP depan belakang yang tahan air

Harga mulai dariRp 65.000,00Rp 69.000,00Rp 205.989,00Rp 175.000,00Rp 360.091,00Rp 350.000,00Rp 640.000,00Rp 775.000,00Rp 1.312.000,00Rp 1.716.000,00
Jenis casingHardcaseHybrid caseHybrid caseSoftcaseHybrid caseSoftcaseHardcaseHybrid caseHardcaseHardcase
BahanPolypropenePolycarbonate, TPUPolycarbonate, TPUTPUPolycarbonate, TPUSiliconeTidak disebutkanTPU, polycarbonate, Horween LeatherPolycarbonateRecycled plastic
BobotTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan±30 gramTidak disebutkan±28 gram±30 gramTidak disebutkan±130 gram±40 gram
Tersedia untukiPhoneiPhone, Samsung, Xiaomi, OppoiPhone, Samsung, OnePlus, Sony, Xiaomi, LG, Pixel, HuaweiiPhone, Samsung, Xiaomi, OppoiPhone, SamsungiPhoneiPhone, SamsungiPhoneiPhone, SamsungiPhone, Samsung
Tautan produk
10
Jenis casingHardcase
BahanRecycled plastic
Bobot±40 gram
Tersedia untukiPhone, Samsung
9
Jenis casingHardcase
BahanPolycarbonate
Bobot±130 gram
Tersedia untukiPhone, Samsung
8
Jenis casingHybrid case
BahanTPU, polycarbonate, Horween Leather
BobotTidak disebutkan
Tersedia untukiPhone
7

Urban Armor GearCivilian Series

Mulai dari Rp 640.000,00

Jenis casingHardcase
BahanTidak disebutkan
Bobot±30 gram
Tersedia untukiPhone, Samsung
6

SwitchEasyMagSkin Protective Case MagSafe

Mulai dari Rp 350.000,00

Jenis casingSoftcase
BahanSilicone
Bobot±28 gram
Tersedia untukiPhone
5
Jenis casingHybrid case
BahanPolycarbonate, TPU
BobotTidak disebutkan
Tersedia untukiPhone, Samsung
4
Jenis casingSoftcase
BahanTPU
Bobot±30 gram
Tersedia untukiPhone, Samsung, Xiaomi, Oppo
3
Jenis casingHybrid case
BahanPolycarbonate, TPU
BobotTidak disebutkan
Tersedia untukiPhone, Samsung, OnePlus, Sony, Xiaomi, LG, Pixel, Huawei
2
Jenis casingHybrid case
BahanPolycarbonate, TPU
BobotTidak disebutkan
Tersedia untukiPhone, Samsung, Xiaomi, Oppo
1
Jenis casingHardcase
BahanPolypropene
BobotTidak disebutkan
Tersedia untukiPhone

Baca juga rekomendasi casing HP lainnya di sini

Berbagai macam casing kini dapat Anda temukan di marketplace. Anda bisa memilih casing berdasarkan merek smartphone ataupun berdasarkan fungsinya. Selain produk yang kami rekomendasikan kali ini, masih ada banyak produk casing HP lainnya yang bagus. Jika Anda masih mencari casing yang cocok, langsung saja klik tautan berikut ini!

Kesimpulan

Casing memang bermanfaat untuk melindungi HP Anda. Pilihlah beragam casing HP yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkan keunggulan desain yang ditawarkan agar Anda dapat menemukan casing yang tepat.


Kotoran dan debu tetap dapat masuk ke sela-sela casing dan HP Anda. Karena itu, jangan lupa membersihkan casing HP secara rutin agar casing dan HP Anda tetap terjaga kebersihannya. Selamat memilih casing HP yang bagus di artikel ini!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai daya cadangan, penting untuk memilih power bank yang bagus agar penggunaannya lebih awet dan tahan lama. Kapasitas power bank bervariasi, mulai dari 10.000 mAh, 20.000 mAh, hingga 30.000 mAh. Fiturnya pun beragam, seperti fast charging dan wireless charging. Harga power bank sangat berpengaruh dari kapasitas dan fiturnya.  Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih power bank yang bagus dan awet. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek power bank terbaik, seperti Robot, Samsung, dan Xiaomi. Ada produk yang kompatibel dengan iPhone, lho. Simak terus artikel ini sampai habis!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Earphone Bluetooth ada yang berupa TWS dan ada yang masih menggunakan kabel penghubung ear piece. Banyaknya produk earphone Bluetooth di pasaran mungkin membuat Anda bingung.Kali ini kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, Samsung, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds atau TWS. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Banyaknya merek yang bersaing mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds yang bagus. Temukan beragam wireless earbuds no delay terbaik yang dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda ingin mendengarkan musik dengan nyaman, bukankah lebih praktis bila Anda menggunakan headphone wireless? Sekarang ini, banyak brand terkenal seperti Bose, JBL, dan Sony yang meluncurkan Bluetooth headphone dengan berbagai macam spesifikasi.Kali ini, kami akan membahas cara memilih produk yang bagus dan rekomendasi merk headphone Bluetooth terbaik yang dapat Anda beli secara online. Terdapat rekomendasi headphone Bluetooth mulai dari yang berspesifikasi sederhana sampai yang mumpuni. Silakan Anda jadikan artikel ini sebagai bahan referensi dalam menentukan Bluetooth headphone terbaik yang sesuai dengan kebutuhan!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    Tempered glass atau kaca antigores merupakan pelindung layar handphone yang terbuat dari kaca. Fungsinya untuk melindungi layar handphone agar tidak tergores ataupun pecah. Saat handphone tidak sengaja terjatuh, biasanya bagian yang retak adalah tempered glass yang menempel di layar handphone.Kami kali ini akan membahas tentang tempered glass khusus iPhone. Ada beberapa jenis tempered glass yang bagus dari merek Spigen, Otterbox, Nillkin, dan Mocolo. Kami akan memberikan tips memilih tempered glass terbaik agar Anda tidak salah pilih. Yuk, langsung saja simak artikel ini!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    In-ear headphone atau earphone adalah perangkat audio yang praktis Anda bawa ke mana saja. Ada beragam model dan spesifikasi in-ear headphone yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilih wired earphone, earphone Bluetooth, sampai TWS. Harganya pun beragam, mulai dari yang 50 ribu-an sampai jutaan rupiah.Kami akan merekomendasikan beragam produk in-ear headphone terbaik untuk Anda. JBL, Audio Technica, dbE, dan Sennheiser adalah beberapa merek earphone yang bagus. Agar Anda tidak bingung memilih produknya, simak dahulu tips dari kami kali ini. Langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Speaker Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Speaker Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Speaker outdoor sangat berguna saat Anda ingin mendengarkan musik di luar ruangan. Baru-baru ini, telah hadir banyak merk speaker outdoor dengan kualitas suara yang bagus. Akan tetapi, banyak orang yang masih bingung memilih saat hendak membelinya. Apakah Anda salah satunya?Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih serta memperkenalkan rekomendasi speaker outdoor terbaik. Anda akan menemukan jenis speaker outdoor berkualitas keluaran merk sound system outdoor terbaik, seperti JBL, Sony, Anker, dan sebagainya. Bagi Anda penikmat musik atau kegiatan outdoor, silakan simak terus artikel ini hingga selesai!
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori