• 10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Saat ini IP camera menjadi kamera pengawas yang populer untuk area outdoor ataupun indoor. IP camera menawarkan instalasi yang praktis, dapat terhubung ke Wi-Fi, serta bisa dikendalikan dengan ponsel. Bahkan, ada produk yang menggunakan penyimpanan cloud.


Di pasaran sudah banyak tersedia merek IP camera yang bagus, seperti Hikvision, Dahua, dan BARDI. Karena itu, kali ini kami akan mengulas tips memilih IP camera serta memberikan rekomendasi produknya untuk Anda. Jika Anda sedang mencari IP camera terbaik, bacalah artikel ini hingga tuntas!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 10 Agustus 2022
Daftar isi

Perbedaan IP camera dengan CCTV

Perbedaan IP camera dengan CCTV

Sama seperti CCTV, IP camera merupakan perangkat yang berfungsi sebagai kamera pengawas. Karena menggunakan jaringan internet, IP camera memungkinkan Anda mengawasi rumah dari jarak jauh. Meski fungsinya sama, ada beberapa perbedaan antara IP camera dan CCTV. Berikut beberapa contohnya.

 
  • Sistem operasi

CCTV bekerja dengan cara mengirimkan sinyal analog dari kamera ke digital video recorder (DVR). DVR kemudian mengubah video sinyal analog ke sinyal digital, lalu memadatkan data dan menyimpannya di hard drive.


IP camera mengandalkan koneksi internet untuk mengirim gambar ke perangkat switch yang disambungkan dengan network video recording (NVR). Di NVR terdapat software yang merekam video, mengubahnya menjadi format digital, lalu menyimpannya di perangkat penyimpanan atau cloud.


  • Resolusi video

CCTV umumnya memiliki resolusi video yang rendah, yakni 720p. Sementara itu, IP camera mampu merekam di resolusi 1.080p hingga 2K. Sudut perekaman CCTV juga terbatas, sedangkan IP camera punya angle of view yang lebih besar. Bahkan, ada produk yang kameranya bisa digerakkan lewat ponsel.


  • Sistem keamanan

CCTV analog tidak terenkripsi sehingga videonya bisa disadap. Sementara itu, video rekaman IP camera sudah dilindungi oleh enkripsi. Bahkan, Anda bisa membuat password yang hanya diketahui diri sendiri. Jadi, risiko penyadapan IP camera oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dapat diminimalkan.

Cara memilih IP camera

Kami akan menjelaskan beberapa poin yang harus Anda ketahui sebelum membeli IP camera. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui jenis dan spesifikasi IP camera yang dibutuhkan. Mari simak penjelasan tiap-tiap poinnya dari kami di bawah ini.

Pilih jenis IP camera berdasarkan sistem instalasinya

Ada dua jenis IP camera dilihat dari cara memasangnya, yakni yang menempel di dinding dan yang duduk. Kami akan membahas karakteristik dan keunggulan dari tiap tipe tersebut.

Dinding: Jangkauan area yang ditangkap kamera lebih luas

Dinding: Jangkauan area yang ditangkap kamera lebih luas

Layaknya CCTV analog, ada IP camera yang dipasang di dinding sehingga memiliki daya jangkau yang lebih luas. Jika daerah yang diawasi tidak terlalu luas, Anda tidak perlu memasang kamera tambahan di sudut lainnya.


Di sisi lain, proses instalasi kamera ini cukup rumit karena dipasang di sudut atas ruangan. Anda membutuhkan teknisi profesional agar kamera dapat terpasang kukuh dan tidak ada kabel yang berantakan.

Duduk: Fleksibilitas tinggi, praktis saat hendak dipindahkan

Duduk: Fleksibilitas tinggi, praktis saat hendak dipindahkan

Ada juga IP camera yang penempatannya lebih fleksibel, yakni jenis duduk yang bisa diletakkan di mana saja. IP camera ini biasanya digunakan di area indoor untuk mengawasi anak ketika sedang tidur atau bermain. Sistem instalasi IP camera ini tidak terlalu rumit sehingga dapat dipindahkan dengan mudah asalkan ada bidang datar dan sumber daya.

Ketahui luas bidang pandang yang bisa dijangkau IP camera

Ketahui luas bidang pandang yang bisa dijangkau IP camera

Luas bidang pandang dipengaruhi oleh ukuran lensa IP camera. Makin kecil lensanya, makin melebar sudut pandangnya sehingga daya jangkau objek dari kamera makin menurun. Sebaliknya, makin besar lensa, sudut pandangnya makin sempit dan kemampuan jarak pandang objeknya makin jauh. Sebab itu, Anda perlu menyesuaikan angle of view dari IP camera dengan lokasi penempatannya. Berikut rinciannya.


  • 110°: Jarak pandang ideal 8 meter
  • 100°: Jarak pandang ideal 10 meter
  • 90°: jarak pandang ideal 12 meter
  • 80°: Jarak pandang ideal 15 meter
  • 65°: Jarak pandang ideal 20 meter
  • 55°: Jarak pandang ideal 25 meter

Periksalah juga apakah IP camera mempunyai fitur pan, tilt, dan zoom. Fitur ini memungkinkan Anda menggerakkan kamera, baik secara vertikal maupun horizontal, serta memperbesar gambar objek. 

Cek kualitas audio dan video pada IP camera

Cek kualitas audio dan video pada IP camera

Anda tentu mengharapkan kualitas gambar yang bagus dari IP camera. Hal ini penting jika Anda ingin merekam bukti ketika ada tindak kejahatan. Karena itu, perhatikanlah resolusi dan format video dari IP camera. Simak uraiannya dari kami di bawah ini.


  • Resolusi kamera

Untuk mendapatkan tampilan yang jelas, kami menyarankan resolusi minimal HD (720p) atau Full HD (1.080p). Ada juga IP camera dengan resolusi yang lebih tinggi, yakni 2K hingga 4K. Selain itu, pastikan IP camera yang dipilih mempunyai audio yang minim noise sehingga dapat terdengar jelas.


  • Format video

Kualitas video dan audio rekaman juga dipengaruhi oleh format kompresi videonya. Saat ini ada tiga jenis format kompresi video pada IP camera, yakni M-JPEG, MPEG-4, dan H.264. Format M-JPEG hanya merekam video tanpa suara. Sementara itu, format MPEG-4 dan H.264 sudah didukung dengan audio. Perbedaannya, format H.264 mampu meminimalkan penggunaan bandwidth jaringan dan ruang penyimpanan. 

Periksa jenis sistem penyimpanan yang terpasang

Ada dua jenis media penyimpanan data pada IP camera, yakni local storage dan cloud storage. Ketahui sistem penyimpanan IP camera yang hendak Anda pilih agar makin mudah dikelola.

Local storage, harga terjangkau dan mudah didapat

Local storage, harga terjangkau dan mudah didapat

Local storage atau offline storage adalah sistem penyimpanan dengan SD card atau microSD. Anda dapat menemukan SD card dan microSD di toko offline atau online. Harganya juga terjangkau, tergantung kapasitas dan seri yang dipilih.

 
Di sisi lain, local storage memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas. Jika SD card sudah penuh, Anda harus memindahkannya ke komputer atau membeli yang baru. Ditambah dengan bentuknya yang kecil, SD card mudah hilang jika tidak disimpan dengan hati-hati.

Cloud storage, praktis dengan kapasitas menyimpan besar

Cloud storage, praktis dengan kapasitas menyimpan besar

Cloud storage adalah sistem penyimpanan yang menggunakan jaringan internet sehingga kapasitas yang ditawarkan lebih besar. Ada juga unlimited storage yang berbayar. Penyimpanan berbasis cloud memberikan kemudahan akses sehingga Anda dapat memantau rumah dari mana saja dan kapan saja.

 
Jika Anda membeli IP camera dengan sistem penyimpanan cloud, periksalah sistem keamanan yang terpasang. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hacking pada IP camera dan cloud Anda. Kami menyarankan Anda agar tidak memberikan username dan password untuk mengakses cloud kepada siapa pun.

Kenali berbagai fitur yang dimiliki IP camera

Ada beberapa fitur yang dimiliki IP camera, seperti motion detection dan two-way audio. Fitur-fitur ini tentu akan meningkatkan kinerjanya. Pilihlah IP camera dengan fitur yang akan sering Anda gunakan.

Motion detection, kamera lebih siaga mengawasi gerakan mencurigakan

Motion detection, kamera lebih siaga mengawasi gerakan mencurigakan

Motion detection atau sensor gerakan merupakan fitur yang membuat IP camera mampu mendeteksi gerakan yang tidak wajar. Saat ada aktivitas mencurigakan terdeteksi, IP camera akan memberikan peringatan ke ponsel Anda. Jadi, Anda dapat langsung melihat aktivitas yang mencurigakan di area rumah.

Two-way audio, berkomunikasi jarak jauh jadi lebih mudah

Two-way audio,  berkomunikasi jarak jauh jadi lebih mudah

Jika Anda menggunakan IP camera untuk mengawasi anak, fitur two-way audio akan banyak membantu. Dengan fitur ini, Anda dapat menggunakan IP camera untuk berkomunikasi jarak jauh dengan si kecil. Tak hanya Anda yang dapat mengirimkan pesan suara, si kecil juga dapat membalasnya. Fitur yang praktis, bukan?

Night vision, cocok untuk pengawasan di malam hari

Night vision, cocok untuk pengawasan di malam hari

Fitur night vision membuat area yang diawasi IP camera tetap jelas meskipun dalam kondisi minim cahaya. Ada dua jenis night vision pada IP camera, yakni yang memakai lampu LED dan infrared


Lampu LED memberikan cahaya tambahan sehingga objek yang terekam lebih jelas. Di sisi lain, infrared mampu mengambil video dalam keadaan gelap gulita. Karena tidak mengeluarkan cahaya, kamera ini tidak terlihat mencolok saat malam hari. 

Weatherproof, ampuh untuk dijadikan kamera outdoor

Weatherproof, ampuh untuk dijadikan kamera outdoor

Apakah Anda hendak memasang IP camera untuk memantau halaman atau area luar rumah? Jika iya, pilihlah produk yang weatherproof sehingga tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, terutama hujan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir produknya akan rusak. Untuk IP camera yang weatherproof, pilihlah produk dengan IP rating IP65 ke atas.

Pastikan IP camera kompatibel dengan perangkat Anda

Pastikan IP camera kompatibel dengan perangkat Anda

Rekaman IP camera bisa dilihat melalui berbagai perangkat, seperti smartphone, tablet, hingga komputer. Kemudahan tersebut memungkinkan Anda mengawasi rumah saat sedang berada di luar. Karena itu, periksalah kompatibilitas antara IP camera dan perangkat Anda.


Beberapa aplikasi IP camera sudah tersedia di Google Play dan App Store. Di sisi lain, Anda juga harus memastikan kemudahan penggunaan aplikasi dari IP camera. Anda bisa melihatnya dari review pengguna yang lain di internet. 

10 Rekomendasi IP camera terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk IP camera terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 28 Juli 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, EZVIZ C8C Outdoor menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa BARDI Smart Outdoor Static IP Camera memiliki angka penjualan tertinggi. 

10

Cleverdog Smart Camera Egg Cam PTZ With Call Button

Mulai dari Rp 850.000,00

Jenis instalasiDuduk
Resolusi gambar1.080p
Angle of view90°
Kompresi videoTidak disebutkan
Angle adjustmentPan: 340°・Tilt: 105°
PenyimpananMicroSD, cloud
FiturMotion detection, two-way audio, night vision
9

IMILAB EC4 Wireless Outdoor Camera 5200mAh

Mulai dari Rp 1.199.000,00

Jenis instalasiDinding
Resolusi gambar2K, 1.080p, 360p
Angle of view150°
Kompresi videoH.265/H.264
Angle adjustmentTidak disebutkan
PenyimpananMicroSD, cloud
FiturNight vision, two-way audio, motion detection, weatherproof
8
Jenis instalasiDuduk
Resolusi gambar1.080p
Angle of viewVertical: 45°・Horizontal: 80°・Diagonal: 92°
Kompresi videoH.264
Angle adjustmentPan: 350°・Tilt: 100°
PenyimpananMicroSD, cloud
FiturMotion detection, two-way audio, night vision
7

Hikvision2 MP Fixed Dome Network Camera

DS-2CD1121-I

Mulai dari Rp 585.000,00

Jenis instalasiDinding
Resolusi gambar1.080p
Angle of viewVertical: 58°・Horizontal: 105°
Kompresi videoH.264, H.264+, M-JPEG
Angle adjustmentPan: 355°・Tilt: 75°
PenyimpananTidak disebutkan
FiturNight vision, motion detection, weatherproof
6
Jenis instalasiDinding
Resolusi gambar1.080p
Angle of view60°, 108°, 120°
Kompresi videoH.265
Angle adjustment-
PenyimpananMicroSD, cloud, NVR
FiturNight vision, motion detection, weatherproof
5
Jenis instalasiDinding, duduk
Resolusi gambar1.080p
Angle of view107°
Kompresi videoH.264
Angle adjustment-
PenyimpananMicroSD, cloud
FiturMotion detection, two-way audio, night vision
4
Jenis instalasiDinding, duduk
Resolusi gambar1.080p
Angle of viewTidak disebutkan
Kompresi videoH.264
Angle adjustmentPan: 360°・Tilt: 144°
PenyimpananMicroSD
FiturMotion detection, two-way audio, night vision
3

XiaomiMi 360° Home Security Camera 2K

MJSXJ09CM

Mulai dari Rp 599.000,00

Jenis instalasiDuduk
Resolusi gambar2K
Angle of view110°
Kompresi videoH.265
Angle adjustmentPan: 360°・Tilt: 108°
PenyimpananMicroSD, Network Attached Storage (NAS), cloud
FiturMotion detection, night vision, two-way audio
2
Jenis instalasiDuduk
Resolusi gambar1.080p
Angle of viewVertical: 45°・Horizontal: 75°・Diagonal: 85°
Kompresi videoH.264
Angle adjustmentPan: 340°・Tilt: 55°
PenyimpananMicroSD, cloud, NVR
FiturMotion detection, two-way audio, night vision
1
Jenis instalasiDinding
Resolusi gambar1.080p
Angle of view130°
Kompresi videoTidak disebutkan
Angle adjustment-
PenyimpananMicroSD, NVR
FiturNight vision, two-way audio, weatherproof

Tabel perbandingan produk IP camera terbaik

Gambar produk
1
BARDI Smart Outdoor Static IP Camera 1

BARDI

2
EZVIZ C6N 1

EZVIZ

3
Xiaomi Mi 360° Home Security Camera 2K 1

Xiaomi

4
TP-Link Tapo C200 V2 1

TP-Link

5
YI Home Camera 3 1

YI

6
Dahua IMOU Bullet 2C 1

Dahua

7
Hikvision 2 MP Fixed Dome Network Camera 1

Hikvision

8
Vimtag CP2 Smart PTZ Cloud IP Camera 1

Vimtag

9
IMILAB  EC4 Wireless Outdoor Camera 5200mAh 1

IMILAB

10
Cleverdog  Smart Camera Egg Cam PTZ With Call Button  1

Cleverdog

Nama produk

Smart Outdoor Static IP Camera

C6N

Mi 360° Home Security Camera 2K

Tapo C200 V2

Home Camera 3

IMOU Bullet 2C

2 MP Fixed Dome Network Camera

CP2 Smart PTZ Cloud IP Camera

EC4 Wireless Outdoor Camera 5200mAh

Smart Camera Egg Cam PTZ With Call Button

Keunggulan

Tampil elegan dan tidak mudah kotor sebagai IP camera untuk outdoor

IP camera dengan harga yang ramah di kantong

Merekam gambar dengan jelas di siang dan malam hari

Aplikasinya user-friendly, bisa atur jadwal rekaman

Mudah diletakkan di mana pun berkat magnetic stand!

Sistem instalasi fleksibel dan daya jangkau bervariasi

Kukuh untuk menghadapi cuaca yang berubah-ubah

Hemat storage dan mampu merekam video lebih lama

Hemat daya karena dilengkapi panel tenaga surya

Bentuknya lucu dan unik, bisa jadi dekorasi

Harga mulai dariRp 528.000,00Rp 379.000,00Rp 599.000,00Rp 450.000,00Rp 429.000,00Rp 604.000,00Rp 585.000,00Rp 606.000,00Rp 1.199.000,00Rp 850.000,00
Jenis instalasiDindingDudukDudukDinding, dudukDinding, dudukDindingDindingDudukDindingDuduk
Resolusi gambar1.080p1.080p2K1.080p1.080p1.080p1.080p1.080p2K, 1.080p, 360p1.080p
Angle of view130°Vertical: 45°・Horizontal: 75°・Diagonal: 85°110°Tidak disebutkan107°60°, 108°, 120°Vertical: 58°・Horizontal: 105°Vertical: 45°・Horizontal: 80°・Diagonal: 92°150°90°
Kompresi videoTidak disebutkanH.264H.265H.264H.264H.265H.264, H.264+, M-JPEGH.264H.265/H.264Tidak disebutkan
Angle adjustment-Pan: 340°・Tilt: 55°Pan: 360°・Tilt: 108°Pan: 360°・Tilt: 144°--Pan: 355°・Tilt: 75°Pan: 350°・Tilt: 100°Tidak disebutkanPan: 340°・Tilt: 105°
PenyimpananMicroSD, NVRMicroSD, cloud, NVRMicroSD, Network Attached Storage (NAS), cloudMicroSD MicroSD, cloudMicroSD, cloud, NVRTidak disebutkanMicroSD, cloudMicroSD, cloudMicroSD, cloud
FiturNight vision, two-way audio, weatherproofMotion detection, two-way audio, night visionMotion detection, night vision, two-way audioMotion detection, two-way audio, night visionMotion detection, two-way audio, night visionNight vision, motion detection, weatherproofNight vision, motion detection, weatherproofMotion detection, two-way audio, night visionNight vision, two-way audio, motion detection, weatherproofMotion detection, two-way audio, night vision
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk pengamanan rumah lainnya di sini

Anda tidak hanya membutuhkan IP camera untuk meningkatkan keamanan rumah. Brankas, smart lock, dan alarm kebakaran juga perlu dipertimbangkan. Kami telah mengulas rekomendasi produknya untuk Anda di link berikut. Silakan dibaca semuanya!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dari kami, apakah Anda telah menemukan IP camera yang bagus? Di pasaran sudah tersedia beragam produknya. Silakan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Ada beberapa hal yang perlu diingat sebelum membeli IP camera, dari jenis instalasi, resolusi, fitur, hingga harga. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mencari spesifikasi produk yang sesuai dengan bujet. Semoga ulasan ini membantu Anda menemukan IP camera terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang suka mendokumentasikan kegiatan outdoor, action camera wajib Anda miliki. Kamera jenis ini sangat cocok digunakan untuk merekam berbagai kegiatan ekstrem termasuk di dalam air. Ada banyak merek produk action camera yang bagus di pasaran. Bahkan, saat ini Anda bisa menemukan action camera 360. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips memilih action camera yang cocok untuk Anda. Produk dari Xiaomi atau GoPro mungkin akan Anda sukai. Namun, bila Anda cari action camera murah, produk dari Kogan bisa jadi pilihan. Simak ulasan dari kami secara lengkap, ya!
    Kamera lainnya
  • 10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera instan adalah alat pengambil gambar yang dapat langsung mencetak foto. Dewasa ini mulai banyak anak muda yang kembali menggunakan instant camera. Hasil gambarnya terasa lebih retro, klasik, dan fashionable. Karena populer lagi, berbagai merek merilis kembali instant camera. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang bagus.Untuk itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi kamera instan terbaik yang bisa Anda pilih. Ada Fujifilm instax mini 11, Polaroid Now+ i-Type, dan lainnya. Kami pun menyertakan tips memilih produk yang tepat untuk Anda. Yuk, langsung dimulai saja pembahasannya!
    Kamera lainnya
  • 10 Rekomendasi Action Cam Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Action Cam Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Action cam merupakan jenis kamera yang mudah digunakan karena ukurannya kecil dan bobotnya ringan. Karena itu, kamera ini cocok untuk Anda yang hobi motovlogging atau traveling. Kini bahkan sudah banyak action cam murah yang bagus dengan resolusi 4K. Brica, Xiaomi, dan GoPro adalah sederet merek yang menawarkan action cam murah terbaik.Untuk itu, kali ini kami akan berbagi rekomendasi action cam murah dari berbagai merek. Anda bisa menemukan produk dengan fitur electronic image stabilization (EIS) sehingga hasil rekamannya stabil. Sebelum itu, simak tips memilihnya di bawah ini dari kami, yuk!
    Kamera lainnya
  • 10 Rekomendasi Instax Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Instax Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Instax Fujifilm menjadi salah satu merek kamera polaroid yang bagus dan populer di Indonesia. Saat ini, ada beberapa jenis kamera Instax Fujifilm yang bisa Anda temukan. Variasi produk kamera Instax ini dipengaruhi oleh harga, size, dan jenis film yang digunakan.Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kamera Instax terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi kamera Instax Fujifilm untuk pertimbangan Anda. Beberapa di antaranya, seperti Instax Mini 11, Instax Wide, dan lainnya. Bacalah hingga akhir dan temukan kamera Instax Fujifilm yang sesuai dengan keinginan Anda.
    Kamera lainnya
  • 10 Rekomendasi Kamera 360 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera 360 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera 360 adalah jenis kamera dengan beberapa lensa sehingga memiliki jangkauan yang besar. Efek dan mode perekamannya bervariasi sehingga Anda akan mendapatkan footage yang variatif. Jadi, produknya bisa dipertimbangkan apabila Anda senang membuat vlog saat mengendarai motor atau mobil. Anda akan menemukan beragam merek kamera 360 yang bagus di pasaran, seperti GoPro dan Insta360. Untuk itu, kali ini kami akan membagikan cara memilih kamera 360 dengan membandingkan harga dan spesifikasinya. Setelah itu, kami akan memberikan rekomendasi kamera 360 terbaik untuk Anda. Yuk, baca ulasan selengkapnya dari kami di bawah ini!
    Kamera lainnya
  • 10 Rekomendasi Kamera Polaroid Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera Polaroid Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera Polaroid adalah kamera instan pertama yang diciptakan di dunia. Ada beragam jenis kamera Polaroid yang dapat Anda miliki. Kamera Polaroid analog yang jadul menghasilkan foto penuh karakter, seperti SX-70. Ada pula kamera instan digital jika Anda ingin kepraktisan. Banyaknya pilihan ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produknya.Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera Polaroid terbaik dengan membandingkan harga dan fiturnya. Kami juga akan mengulas rekomendasi kamera dari merek ini untuk Anda. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan kamera Polaroid yang bagus!
    Kamera lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori