• 10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Saat ini, IP camera menjadi kamera pengawas yang populer. Dibandingkan CCTV, IP camera diketahui lebih praktis dengan teknologi lebih modern. Anda dapat menyambungkan IP camera ke Wi-Fi agar dapat dikendalikan melalui ponsel. Resolusi gambar pada IP camera pun besar, hingga 4K. Selain itu, ada IP camera yang mampu merekam hingga 360 derajat.


Kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli IP camera. Kami juga memberikan rekomendasi merk IP camera yang bagus, seperti Hikvision dan Xiaomi. Jika Anda sedang mencari IP camera, silakan baca artikel ini hingga akhir.

  • Pembaharuan terakhir: 26 April 2021
  • 1.756 Views
Daftar isi

Apa itu IP camera?

Apa itu IP camera?

IP camera merupakan kependekan dari internet protocol camera. Sama seperti CCTV, jenis kamera ini digunakan sebagai kamera pengawas. Perbedaannya, IP camera memiliki banyak keunggulan dibandingkan CCTV. 


IP camera diketahui memiliki instalasi kabel yang lebih ringkas. Selain itu, dari segi harga kabel, konektor, dan perlengkapan tambahan lainnya, IP camera lebih terjangkau daripada CCTV. Kemudian, gambar yang direkam oleh IP camera diketahui lebih dapat meredam noise dan gangguan lainnya.


Saat Anda menyambungkan IP camera dengan ponsel, wireless pada IP camera dikenal lebih aman dari penyadapan. Keunggulan lainnya, perlengkapan untuk mengintegrasikan sistem pada IP camera juga lebih sedikit. 

Cara memilih IP camera

Pertama-tama, kami akan menjelaskan beberapa poin yang harus Anda ketahui sebelum membeli IP camera. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui jenis dan spesifikasi IP camera yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari simak tiap-tiap poin penjelasannya dari kami. 

Pilih jenis IP camera berdasarkan sistem instalasinya

Dilihat dari cara memasangnya, ada dua jenis IP camera, yakni yang menempel di dinding dan IP camera duduk. Kami akan membahas karakteristik dan keunggulan dari jenis instalasi dari tiap-tiap tipe tersebut.

Dinding, area jangkauan yang ditangkap kamera lebih luas

Dinding, area jangkauan yang ditangkap kamera lebih luas

Layaknya CCTV analog, IP camera yang dipasang di dinding berfungsi untuk mengawasi jika ada aktivitas yang mencurigakan. Biasanya, kamera pengawas jenis ini diletakkan di bagian outdoor pada sudut atas rumah. Dengan begitu, area yang dapat dijangkau oleh kamera ini pun menjadi lebih luas. Jika daerah yang diawasi tidak terlalu luas, Anda pun tidak perlu memasang kamera tambahan di sudut lainnya. 


Kemudian, karena dipasang di sudut atas ruangan, proses instalasi kamera ini cukup rumit. Anda membutuhkan teknisi profesional agar kamera dapat terpasang kukuh dan tidak ada kabel yang berantakan. 

Duduk, fleksibilitas tinggi, praktis saat hendak dipindahkan

Duduk, fleksibilitas tinggi, praktis saat hendak dipindahkan

Ada juga jenis IP camera yang lebih fleksibel, yakni jenis duduk yang bisa diletakkan di mana saja. IP camera duduk ini biasanya diletakkan di indoor untuk mengawasi anak ketika sedang tidur atau bermain. Keunggulannya, IP camera ini memiliki instalasi yang tidak terlalu rumit sehingga dapat dipindahkan dengan mudah. Asalkan ada bidang datar dan stopkontak, IP camera dapat digunakan.


Tidak hanya itu, jenis IP camera ini biasanya memiliki fitur two way audio. Dengan fitur tersebut, Anda dapat memberikan perintah suara dan berkomunikasi dengan si buah hati. Fitur lain yang tak kalah penting adalah sensor gerakan. Kamera akan memberikan Anda peringatan jika mendeteksi gerakan objek yang tidak wajar. Tipe IP camera ini lebih praktis, bukan?

Pilih IP camera yang kompatibel dengan perangkat Anda

Pilih IP camera yang kompatibel dengan perangkat Anda

Rekaman IP camera dapat dilihat melalui berbagai perangkat, seperti smartphone, tablet, hingga komputer. Berkat kemudahannya itu, Anda bisa mengawasi rumah Anda meskipun sedang berada di luar. Oleh karena itu, periksalah kompatibilitas antara IP camera dengan perangkat Anda. 


Beberapa aplikasi IP camera sudah tersedia di Google Play dan App Store. Anda pun harus memastikan kemudahan penggunaan aplikasi dari IP camera tersebut. Dengan begitu, Anda dapat memantau rumah Anda dengan lebih praktis.

Periksa luas bidang pandang yang mampu dijangkau oleh IP camera

 Periksa luas bidang pandang yang mampu dijangkau oleh IP camera

Luas bidang pandang IP camera merupakan poin penting yang harus Anda perhatikan. Luas bidang pandang ini dipengaruhi oleh ukuran lensa pada IP camera. Makin kecil ukuran lensanya, makin melebar sudut pandangnya. Daya jangkau objek dari kamera tersebut juga makin menurun. 


Sebaliknya, makin besar ukuran lensa, sudut pandangnya makin sempit dan kemampuan jarak pandang objeknya makin jauh. Maka dari itu, Anda perlu menyesuaikan jenis IP camera dengan lokasi penempatannya. Berikut rinciannya:


  • Sudut pandang 110° : jarak pandang ideal 8 meter
  • Sudut pandang 100° : jarak pandang ideal 10 meter
  • Sudut pandang 90° : jarak pandang ideal 12 meter
  • Sudut pandang 80° : jarak pandang ideal 15 meter
  • Sudut pandang 65° : jarak pandang ideal 20 meter
  • Sudut pandang 55° : jarak pandang ideal 25 meter

Periksalah juga apakah IP camera tersebut mempunyai fitur pan, tilt, dan zoom. Fitur ini memungkinkan Anda menggerakkan kamera, baik secara vertikal maupun horizontal, serta memperbesar gambar objek. Dengan begitu, area jangkauan yang dapat dilihat pun menjadi lebih luas. Anda pun dapat mengamati objek dengan lebih spesifik lagi. 

Cek kualitas audio dan video pada IP camera

Cek kualitas audio dan video pada IP camera

Tentu saja Anda mengharapkan kualitas gambar yang bagus dari IP camera. Terutama jika Anda ingin merekam bukti ketika ada tindak kejahatan. Oleh karena itu, kami menyarankan memilih IP camera dengan resolusi gambar HD (720p) atau Full HD (1080p).

 
Selain kualitas videonya, Anda juga bisa memeriksa audio yang dihasilkan oleh IP camera. Pastikan IP camera yang Anda pilih mempunyai audio yang bersih dan minim noise. Dengan demikian, suara yang mendistraksi, seperti suara angin tidak terdengar, audionya pun dapat terdengar jelas.


Kualitas video dan audio rekaman juga dipengaruhi oleh format video kompresinya. Saat ini, ada tiga jenis format video kompresi pada kamera pengawas, yakni M-JPEG, MPEG-4, dan H.264. Format M-JPEG hanya merekam video tanpa ada suaranya. Sementara itu, MPEG-4 dan H.264 sudah didukung dengan audio. Perbedaannya, format H.264 mampu meminimalkan penggunaan bandwidth jaringan dan ruang penyimpanan pada video beresolusi tinggi. 

Periksa jenis sistem penyimpanan yang terpasang

Ada dua jenis penyimpanan pada IP camera, yakni local storage dan cloud storage. Sesuaikan sistem penyimpanan IP camera yang hendak Anda pilih sehingga penggunaannya menjadi lebih mudah.

Local storage, harga terjangkau dan mudah didapat

Local storage, harga terjangkau dan mudah didapat

Local storage atau offline storage merupakan sistem penyimpanan yang paling mudah dikenali karena ada bentuk fisiknya. Jenis local storage yang ada pada IP camera adalah SD card dan microSD. Anda pun dapat menemukan SD card dan microSD di toko offline dan online. Harganya juga terjangkau, tergantung kapasitas dan seri yang dipilih.

 
Di sisi lain, local storage memiliki kapasitas menyimpan yang terbatas. Jika SD card sudah penuh, Anda harus memindahkannya ke komputer atau membeli SD card yang baru. Ditambah dengan bentuknya yang kecil, SD card ini mudah hilang jika tidak disimpan dengan hati-hati.

Cloud storage, praktis dengan kapasitas menyimpan besar

Cloud storage, praktis dengan kapasitas menyimpan besar

Cloud storage adalah sistem penyimpanan yang menggunakan jaringan internet. Dengan demikian, kapasitas yang ditawarkan juga besar. Ada juga unlimited storage yang berbayar. Penyimpanan berbasis cloud memberikan kemudahan mengakses data yang tersimpan. Jika ponsel Anda terhubung dengan internet, Anda dapat melihat video yang terekam dalam IP camera di mana saja.

 
Jika Anda membeli IP camera dengan sistem penyimpanan cloud, periksa sistem keamanan yang terpasang. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hacking pada IP camera dan cloud Anda. Kami menyarankan untuk tidak memberikan username dan password untuk mengakses cloud

Lihat juga berbagai fitur yang dimiliki IP camera

Ada beberapa fitur yang dimiliki oleh IP camera. Fitur-fitur ini tentu akan mendukung penggunaan IP camera. Beberapa fitur ini, misalnya motion detection, two way audio, dan lainnya. Pilihlah IP camera dengan fitur yang akan sering Anda gunakan.

Motion detection, camera lebih siaga mengawasi si kecil

Motion detection, camera lebih siaga mengawasi si kecil

Motion detection atau sensor gerakan merupakan fitur yang membuat IP camera mampu mendeteksi gerakan yang tidak wajar. Saat ada aktivitas mencurigakan terdeteksi, IP camera akan memberikan peringatan ke ponsel Anda. Anda pun dapat melihat jika ada aktivitas yang mencurigakan di rumah Anda.

Two way audio, berkomunikasi jarak jauh jadi lebih nyaman

Two way audio,  berkomunikasi jarak jauh jadi lebih nyaman

Jika Anda menggunakan IP camera untuk mengawasi anak Anda, fitur two way audio ini akan banyak membantu. Dengan fitur ini, Anda dapat menggunakan IP camera untuk berkomunikasi jarak jauh dengan anak Anda. Tidak hanya Anda yang dapat menyalurkan perintah suara, anak Anda pun dapat membalas pesan suara kepada Anda. Praktis, bukan?

Night vision, cocok untuk pengawasa di malam hari

Night vision, cocok untuk pengawasa di malam hari

Anda juga perlu memeriksa apakah ada fitur night vision pada IP camera. Fitur ini membuat area yang diawasi tetap jelas meskipun dalam kondisi minim cahaya. Ada dua jenis night vision pada IP camera, yakni yang menggunakan lampu LED dan infrared.


Lampu LED memberikan cahaya tambahan pada IP camera dengan begitu. Objek yang terekam pun masih berwarna. Jika Anda mencari IP camera jenis ini, periksa juga jumlah lampu LED yang terpasang. Makin banyak lampu LED-nya, makin terang juga objek yang terekam pada malam hari. Namun, IP camera jenis ini akan terlihat mencolok sehingga mungkin kurang cocok untuk mengawasi area depan rumah.


Di sisi lain, kamera infrared mampu mengambil video dalam keadaan gelap gulita. Karena tidak mengeluarkan cahaya, kamera ini juga tidak terlihat mencolok saat malam hari. Kekurangannya, video yang dihasilkan pun hanya terlihat hitam putih. Jika Anda tidak mempermasalahkan warna video, IP camera dengan infrared bisa Anda pertimbangkan.

Pertimbangkan IP camera yang waterproof untuk penggunaan outdoor

Pertimbangkan IP camera yang waterproof untuk penggunaan outdoor

Apakah Anda hendak meletakkan IP camera untuk memantau halaman atau area luar rumah? Pilihlah IP Camera yang waterproof sehingga tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, terutama saat hujan. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu khawatir IP camera akan rusak. 

10 Rekomendasi IP camera terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi produk untuk menjadi referensi Anda. Silakan pahami tiap-tiap produknya dan temukan IP camera dengan spesifikasi dan keunggulan yang cocok untuk Anda. 

10
Jenis instalasiDinding
Video CompressionUltra 265, H.265, H.264, MJPEG
Sensor1/2.7", 2.0 megapixel, progressive scan, CMOS
Resolusi gambar1080p
Angle of ViewTidak disebutkan
Pan, tilt, zoomAda
FiturMotion detection, night vision, waterproof, two way audio
PenyimpananTidak disebutkan
9

Baco Smart Mini IP Camera CCTV Spy Cam 1080P - A9

Mulai dari Rp 275.000,00

Jenis instalasiDinding
Video Compression H.264
SensorCMOS Sensor
Resolusi gambar1.920p x 1.080p
Angle of View150
Pan, tilt, zoomTidak disebutkan
FiturmicroSD
PenyimpananMotion detection, night vision
8
Jenis instalasiDuduk, dinding
Video CompressionH.264
SensorTidak disebutkan
Resolusi gambar1080p
Angle of View107°
Pan, tilt, zoomTidak disebutkan
FiturMotion detection, night vision, two way audio, abnormal sound detection
PenyimpananmicroSD, YI Cloud
7
Jenis instalasiDinding
Video CompressionTidak disebutkan
SensorTidak disebutkan
Resolusi gambar1080p
Angle of View130°
Pan, tilt, zoomAda
FiturNight vision, waterproof, two way audio
PenyimpananSD card
6
Jenis instalasiDuduk, dinding
Video CompressionH.264
Sensor1/4” HD CMOS Sensor
Resolusi gambar720p
Angle of View68°
Pan, tilt, zoomTidak disebutkan
FiturTidak disebutkan
PenyimpananSD card
5

XiaomiMi Home Security Camera 360° 1080P

Mulai dari Rp 599.000,00

Jenis instalasiDuduk
Video CompressionTidak disebutkan
SensorTidak disebutkan
Resolusi gambar1080p
Angle of View110°
Pan, tilt, zoomAda
FiturMotion detection, night vision, two way audio
PenyimpananSD card, Network Attached Storage (NAS)
4
Jenis instalasiDinding
Video Compression H.264
SensorTidak disebutkan
Resolusi gambar1080p
Angle of ViewTidak disebutkan
Pan, tilt, zoomTidak disebutkan
FiturMotion detection, night vision, waterproof, two way audio
PenyimpananSD card, cloud storage, CloudBox
3
Jenis instalasiDinding
Video CompressionH.264
Sensor1/2.7" CMOS
Resolusi gambar1080p
Angle of ViewTidak disebutkan
Pan, tilt, zoomAda
FiturMotion detection, night vision, waterproof, two way audio
PenyimpananSD card
2
Jenis instalasiDinding
Video CompressionH.265+, H.265, H.264+, H.264, MJPEG
Sensor1/2.5" Progressive Scan CMOS
Resolusi gambar1080p
Angle of View110°
Pan, tilt, zoomAda
FiturNight vision, waterproof
PenyimpananSD card, connect cloud service
1

EZVIZC8C Outdoor Pan/Tilt Camera

Mulai dari Rp 1.249.000,00

Jenis instalasiDinding
Video CompressionH.265, H.264
Sensor1/2.7" Progressive Scan CMOS
Resolusi gambar1080p
Angle of ViewTidak disebutkan
Pan, tilt, zoomAda
FiturMotion Detection, night vision, waterproof
PenyimpananSD card, EZVIZ CloudPlay Storage

Tabel perbandingan produk IP camera terbaik

Gambar produk
1
EZVIZ C8C Outdoor Pan/Tilt Camera 1

EZVIZ

2
Hikvision DS-2CD2T45FWD-I5/I8 1

Hikvision

4
Vimtag  IP White Light Security Camera 1

Vimtag

5
Xiaomi Mi Home Security Camera 360° 1080P 1

Xiaomi

7
BARDI IPCAM OUTDOOR STC 1

BARDI

8
Xiaomi Yi YI Home Camera 3 1

Xiaomi Yi

10
Uniview IPC2122LR3-PF40(60)M-D 1

Uniview

Nama produk

C8C Outdoor Pan/Tilt Camera

DS-2CD2T45FWD-I5/I8

IP White Light Security Camera

Mi Home Security Camera 360° 1080P

IPCAM OUTDOOR STC

YI Home Camera 3

IPC2122LR3-PF40(60)M-D

Keunggulan

IP camera supercanggih dengan banyak fitur!

Desain kukuh dengan pencitraan yang jelas di berbagai kondisi

Rekam video lebih lama, hingga 15 hari!

Jangkau area lebih luas dengan motorhead ganda!

Tidak mudah kotor di berbagai kondisi

Portabilitas tinggi, mudah diletakkan di mana saja

Pengawas rumah dengan harga terjangkau yang berkualitas

Harga mulai dariRp 1.249.000,00Rp 1.757.860,00Rp 599.000,00Rp 599.000,00Rp 693.000,00Rp 349.000,00Rp 285.000,00
Jenis instalasiDindingDindingDindingDudukDindingDuduk, dindingDinding
Video CompressionH.265, H.264H.265+, H.265, H.264+, H.264, MJPEG H.264Tidak disebutkanTidak disebutkanH.264Ultra 265, H.265, H.264, MJPEG
Sensor1/2.7" Progressive Scan CMOS1/2.5" Progressive Scan CMOSTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan1/2.7", 2.0 megapixel, progressive scan, CMOS
Resolusi gambar1080p1080p1080p1080p1080p1080p 1080p
Angle of ViewTidak disebutkan110°Tidak disebutkan110°130°107° Tidak disebutkan
Pan, tilt, zoomAdaAdaTidak disebutkanAdaAdaTidak disebutkanAda
FiturMotion Detection, night vision, waterproofNight vision, waterproofMotion detection, night vision, waterproof, two way audioMotion detection, night vision, two way audioNight vision, waterproof, two way audioMotion detection, night vision, two way audio, abnormal sound detectionMotion detection, night vision, waterproof, two way audio
PenyimpananSD card, EZVIZ CloudPlay StorageSD card, connect cloud serviceSD card, cloud storage, CloudBoxSD card, Network Attached Storage (NAS)SD cardmicroSD, YI CloudTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi jenis kamera lainnya di sini

Kami juga telah mengulas berbagai jenis kamera lainnya. Selain IP camera, ada kamera polaroid, kamera mirrorless, CCTV, dan lainnya telah kami ulas. Apabila Anda membutuhkan artikelnya, dapat membacanya pada tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dari kami, apakah Anda telah menemukan IP camera yang tepat? Ada berbagai jenis IP camera yang tersedia di pasaran. Silakan temukan IP camera yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Sebelum membeli, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat, mulai dari jenis instalasi, resolusi, fitur, hingga harga IP camera. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah mencari spesifikasi IP camera yang cocok dengan bujet yang sesuai. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika ingin mengabadikan keindahan alam bawah laut atau momen berenang anak, Anda dapat mengandalkan waterproof camera. Saat ini ada banyak produk waterproof camera yang tersebar di pasaran, seperti Olympus, Nikon, dan Fujifilm. Tipe yang tersedia pun beragam, mulai dari kamera pocket, kamera disposable, hingga kamera canggih dengan banyak fungsi.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih waterproof camera sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Temukan waterproof camera favorit dan abadikan foto underwater yang memesona!
    Kamera lainnya
    11.066 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    12.371 Views
  • 10 Rekomendasi Instax Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Instax Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Daya tarik dari kamera instan adalah Anda bisa mencetak foto secara langsung setelah mengambil gambar. Belakangan ini, Fujifilm sebagai salah satu produsen kamera instan yang terkemuka memproduksi kamera instan dengan berbagai warna, ukuran, dan karakter. Anda pasti bingung saat harus memilih yang terbaik, bukan?Jadi, kali ini kami akan merekomendasikan 10 kamera instan terbaik dari Fujifilm yang bisa Anda beli secara online dari e-commerce tepercaya, seperti Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak. Namun, sebelumnya mari simak cara memilih kamera instan secara saksama berikut ini!
    Kamera lainnya
    33.011 Views
  • 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang suka mendokumentasikan kegiatan outdoor, action camera wajib Anda miliki. Kamera jenis ini sangat cocok digunakan untuk merekam berbagai kegiatan ekstrem termasuk di dalam air. Ada banyak merek produk action camera yang bagus di pasaran. Bahkan, saat ini Anda bisa menemukan action camera 360. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips memilih action camera yang cocok untuk Anda. Produk dari Xiaomi atau GoPro mungkin akan Anda sukai. Namun, bila Anda cari action camera murah, produk dari Kogan bisa jadi pilihan. Simak ulasan dari kami secara lengkap, ya!
    Kamera lainnya
    44.445 Views
  • 10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Setelah digital camera dan smartphone semakin populer, jumlah pengguna instant camera menjadi kian berkurang. Namun, dewasa ini, mulai banyak anak muda yang kembali menggunakan kamera film, instant camera, dan polaroid. Hasil yang lebih terasa retro, klasik, dan fashionable dapat dihasilkan oleh kamera-kamera tersebut.Saat ini, berbagai produsen kamera seperti Fuji Film, Leica, dan lainnya, banyak merilis berbagai jenis instant camera. Karena itulah, kali ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi instant camera terbaik yang bisa Anda pilih. Tak lupa, kami juga menyertakan tips memilih produk yang tepat untuk Anda.
    Kamera lainnya
    20.677 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda memiliki hobi fotografi? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tidak dapat dibilang murah, ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk perlindungan lensa Anda, filter lensa merupakan solusinya.Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa, seperti K&F Concept, ZOMEi, dan Hoya. Tidak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa juga dapat berfungsi untuk efek fotografi. Barangkali Anda cukup kewalahan memilih filter lensa yang Anda butuhkan. Karena itu, simaklah tips serta rekomendasi dari kami.
    Lensa & aksesori
    12.368 Views
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
    2.419 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Polaroid Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Polaroid Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera Polaroid merupakan kamera instan pertama yang diciptakan di dunia. Ada beragam jenis kamera Polaroid yang dapat Anda miliki seperti kamera klasik tipe SX-70 atau kamera 600. Ada juga yang merupakan kamera digital instan seperti kamera Polaroid Mint atau Snap Touch. Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin akan kebingungan memilih kamera terbaik.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih kamera terbaik. Tak ketinggalan, kami juga mengulas rekomendasi kamera terbaik dari Polaroid. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan kamera Polaroid yang tepat untuk Anda!
    Kamera lainnya
    1.493 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera 360 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera 360 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda seorang petualang yang menyukai kegiatan outdoor? Bagi seorang traveler, kamera 360 menjadi perlengkapan dokumentasi yang wajib dimiliki. Kamera ini memiliki bentuk kecil sehingga praktis dibawa-bawa. Kemudian, kamera ini juga memiliki kelebihan lain, yakni mampu menangkap gambar 360 derajat dengan berbagai mode.Ada banyak jenis kamera 360, mulai dari yang memiliki harga murah hingga produk terbaik berspesifikasi tinggi. Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih kamera 360. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk, seperti Xiaomi, GoPro, Samsung, dan Insta360 sebagai referensi pilihan Anda. Selamat membaca!
    Kamera lainnya
    1.073 Views
  • 10 Rekomendasi Action Cam Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Action Cam Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Action cam merupakan salah satu perlengkapan fotografi yang mudah digunakan karena ukurannya kecil dan bobotnya ringan. Mendokumentasikan perjalanan pun jadi lebih gampang jika menggunakan action cam. Karena itu, kamera ini cocok untuk Anda yang senang traveling hingga melakukan motovlogging. Ada banyak merek action cam yang bagus, seperti Xiaomi, GoPro, dan YI Technology. Action cam murah tetapi bagus ini memiliki banyak fitur, salah satunya adalah image stabilization (EIS). Fitur ini membuat video yang direkam minim guncangan. Jika Anda sedang mencari rekomendasi action cam murah dan berkualitas, bacalah artikel ini sampai akhir!
    Kamera lainnya
    255 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang suka mendokumentasikan kegiatan outdoor, action camera wajib Anda miliki. Kamera jenis ini sangat cocok digunakan untuk merekam berbagai kegiatan ekstrem termasuk di dalam air. Ada banyak merek produk action camera yang bagus di pasaran. Bahkan, saat ini Anda bisa menemukan action camera 360. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips memilih action camera yang cocok untuk Anda. Produk dari Xiaomi atau GoPro mungkin akan Anda sukai. Namun, bila Anda cari action camera murah, produk dari Kogan bisa jadi pilihan. Simak ulasan dari kami secara lengkap, ya!
    Kamera lainnya
    44.445 Views
  • 10 Rekomendasi Instax Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Instax Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Daya tarik dari kamera instan adalah Anda bisa mencetak foto secara langsung setelah mengambil gambar. Belakangan ini, Fujifilm sebagai salah satu produsen kamera instan yang terkemuka memproduksi kamera instan dengan berbagai warna, ukuran, dan karakter. Anda pasti bingung saat harus memilih yang terbaik, bukan?Jadi, kali ini kami akan merekomendasikan 10 kamera instan terbaik dari Fujifilm yang bisa Anda beli secara online dari e-commerce tepercaya, seperti Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak. Namun, sebelumnya mari simak cara memilih kamera instan secara saksama berikut ini!
    Kamera lainnya
    33.011 Views
  • 10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Setelah digital camera dan smartphone semakin populer, jumlah pengguna instant camera menjadi kian berkurang. Namun, dewasa ini, mulai banyak anak muda yang kembali menggunakan kamera film, instant camera, dan polaroid. Hasil yang lebih terasa retro, klasik, dan fashionable dapat dihasilkan oleh kamera-kamera tersebut.Saat ini, berbagai produsen kamera seperti Fuji Film, Leica, dan lainnya, banyak merilis berbagai jenis instant camera. Karena itulah, kali ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi instant camera terbaik yang bisa Anda pilih. Tak lupa, kami juga menyertakan tips memilih produk yang tepat untuk Anda.
    Kamera lainnya
    20.677 Views
  • 10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika ingin mengabadikan keindahan alam bawah laut atau momen berenang anak, Anda dapat mengandalkan waterproof camera. Saat ini ada banyak produk waterproof camera yang tersebar di pasaran, seperti Olympus, Nikon, dan Fujifilm. Tipe yang tersedia pun beragam, mulai dari kamera pocket, kamera disposable, hingga kamera canggih dengan banyak fungsi.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih waterproof camera sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Temukan waterproof camera favorit dan abadikan foto underwater yang memesona!
    Kamera lainnya
    11.066 Views
  • 10 Rekomendasi Action Cam Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Action Cam Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Action cam merupakan salah satu perlengkapan fotografi yang mudah digunakan karena ukurannya kecil dan bobotnya ringan. Mendokumentasikan perjalanan pun jadi lebih gampang jika menggunakan action cam. Karena itu, kamera ini cocok untuk Anda yang senang traveling hingga melakukan motovlogging. Ada banyak merek action cam yang bagus, seperti Xiaomi, GoPro, dan YI Technology. Action cam murah tetapi bagus ini memiliki banyak fitur, salah satunya adalah image stabilization (EIS). Fitur ini membuat video yang direkam minim guncangan. Jika Anda sedang mencari rekomendasi action cam murah dan berkualitas, bacalah artikel ini sampai akhir!
    Kamera lainnya
    255 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera 360 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera 360 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda seorang petualang yang menyukai kegiatan outdoor? Bagi seorang traveler, kamera 360 menjadi perlengkapan dokumentasi yang wajib dimiliki. Kamera ini memiliki bentuk kecil sehingga praktis dibawa-bawa. Kemudian, kamera ini juga memiliki kelebihan lain, yakni mampu menangkap gambar 360 derajat dengan berbagai mode.Ada banyak jenis kamera 360, mulai dari yang memiliki harga murah hingga produk terbaik berspesifikasi tinggi. Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih kamera 360. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk, seperti Xiaomi, GoPro, Samsung, dan Insta360 sebagai referensi pilihan Anda. Selamat membaca!
    Kamera lainnya
    1.073 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori