• 10 Jeruk Santang Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Jeruk Santang Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Jeruk Santang Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Jeruk Santang Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Jeruk Santang Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Jeruk Santang Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Jeruk santang madu adalah jenis jeruk asal Tiongkok yang sering dikonsumsi saat perayaan Imlek karena dipercaya dapat mendatangkan kemakmuran. Ciri-ciri jeruk santang madu yakni ukuran buahnya kecil serta rasanya manis, baik yang berwarna orange maupun hijau. Jeruk ini juga dapat berbuah dalam pot sehingga budi dayanya tidak membutuhkan lahan yang besar.


Karena keunggulan jeruk santang madu tersebut, kali ini kami ingin membahas cara memilihnya. Anda bisa membaca tips memilih buah, pohon, hingga bibit jeruk santang madu. Sepuluh rekomendasi jeruk santang madu yang bagus juga sudah kami siapkan. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 02 November 2022
Daftar isi

Apa itu jeruk santang madu?

Apa itu jeruk santang madu?

Jeruk santang madu dikenal dengan berbagai sebutan, misalnya jeruk santang atau jeruk madu. Selain itu, ada pula nama latin jeruk santang madu yaitu Citrus sp. Buah ini nyaris tak berbiji. Warnanya bervariasi, mulai dari hijau tua hingga oranye terang.


Ciri lain dari jeruk santang madu adalah bentuknya kecil, gepeng, dan kulitnya lebih tebal daripada jeruk siam. Sementara itu, bentuk daun jeruk santang madu sedikit sedikit lonjong. Rasa jeruk santang madu terkenal manis. Aromanya pun tergolong harum.


Dalam budaya Tionghoa, jeruk santang menjadi simbol kemakmuran sehingga sering dikonsumsi pada waktu Imlek. Selama 10 tahun terakhir, tanaman ini juga telah naik daun dalam dunia agrobisnis karena mudah dikembangkan secara lokal. Selain untuk dimakan, jeruk santang madu pun terkenal sebagai tanaman hias.

Cara memilih jeruk santang madu

Pada bagian ini, kami akan membagi cara memilih jeruk santang madu berdasarkan jenisnya. Mulai dari buah kiloan, pohon, hingga bibit jeruk santang madu, semua akan kami ulas. Langsung saja simak penjelasannya, yuk!

Periksa kematangannya jika membeli buah kiloan

Periksa kematangannya jika membeli buah kiloan

Jeruk santang madu tidak hanya manis, tetapi juga juicy dan mudah dikupas. Buah ini kaya akan vitamin C sehingga membantu menjaga kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh. Selain mendukung produksi kolagen yang membuat kulit terlihat muda, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan.


Anda bisa mendapatkan vitamin C yang cukup dengan cara mengonsumsi dua buah jeruk santang madu setiap hari. Anda dapat memakan langsung atau mengolahnya menjadi jus agar lebih mudah diminum oleh anak-anak. Rasanya yang manis juga cocok dijadikan sebagai topping untuk aneka hidangan penutup.


Saat memilih buah jeruk santang madu, jangan terpaku pada warna kulit saja. Warna kulit jeruk bukanlah indikator tingkat kematangan satu-satunya. Pasalnya, jeruk santang madu berwarna hijau pun bisa memiliki rasa manis.

Pilih yang tingginya di atas 1 meter jika ingin membeli pohonnya

Pilih yang tingginya di atas 1 meter jika ingin membeli pohonnya

Pohon jeruk santang madu sering dicari karena penampilannya yang menarik. Buahnya yang cerah serta daun hijaunya yang lebat dan indah menjadikan tanaman ini pas untuk menghias taman.


Pohon ini jarang ditemukan di toko online. Meskipun ada, produknya disebut sebagai “bibit berbuah”. Bagi Anda yang ingin membelinya untuk dijadikan pajangan, pilihlah yang sudah berbunga atau berbuah. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih yang tingginya lebih dari 1 meter sebab daunnya sudah cukup banyak. 


Satu pohon dewasa dapat menghasilkan lima ratus buah jeruk santang madu per tahunnya. Pada saat panen, Anda bisa mendapatkan sekitar 20 kilogram jeruk. Anda juga dapat menggunakan rantingnya untuk membuat bibit jeruk santang madu.

Pertimbangkan media penanamannya jika membeli dalam bentuk bibit

Pertimbangkan media penanamannya jika membeli dalam bentuk bibit

Bibit jeruk santang madu sering dipakai dalam bisnis budi daya tanaman karena harganya lebih terjangkau daripada pohon utuh. Tipe ini juga lebih kuat terhadap penyakit serta tidak mudah rusak ketika dipindahkan dari pot. Selain itu, membesarkan pohon dari benih buah lebih berisiko untuk gagal.


Bibit jeruk santang madu juga memiliki kemampuan untuk tetap tumbuh subur hingga berbuah meski diletakkan dalam pot. Karena itu, jeruk santang madu dalam pot sangat disarankan untuk Anda yang ingin membudidayakannya, tetapi memiliki lahan yang terbatas.


Namun, satu pot hanya boleh menampung satu atau dua bibit jeruk santang madu. Dengan begitu, bibit dapat tumbuh dengan subur. Selain itu, seiring pertumbuhan bibit, pot perlu diganti secara berkala ke ukuran yang lebih besar. Tujuannya untuk menjaga kandungan hara dalam tanah sekaligus mencegah terjadinya kerusakan pot.


Dengan menggunakan bibit, Anda bisa mendapatkan buah jeruk santang madu yang manis dan berkualitas. Tinggi bibit jeruk santang madu juga cukup beragam, mulai dari 30 cm hingga lebih dari 1 m. Kami merekomendasikan bibit yang sedikit tua dengan tinggi 80 cm.

10 Rekomendasi jeruk santang madu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jeruk santang madu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 1 November 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Bibit Jeruk Santang Madu Super memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Bibit Jeruk Santang Madu Hasil Okulasi Kondisi Siap Berbuah yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 3 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Bibit Jeruk Santang Madu Super 1

2
Bibit Jeruk Santang Madu Kondisi Berbuah 1

3
Bibit Jeruk Santang Madu Hasil Okulasi Kondisi Siap Berbuah 1

4
Bibit Jeruk Santang Madu Tambulapot 1

5
Buah Jeruk Santang Madu Fresh 1

6
Jeruk Santang Birma 1

7
Bibit Jeruk Santang Madu Lampung 1

8
Bibit Jeruk Santang Madu Sudah Berbuah Tinggi 1 Meter 1

9
Jeruk Santang Australia  1

10
Bibit Jeruk Santang Madu Hijau 1

Nama produk

Bibit Jeruk Santang Madu Super

Bibit Jeruk Santang Madu Kondisi Berbuah

Bibit Jeruk Santang Madu Hasil Okulasi Kondisi Siap Berbuah

Bibit Jeruk Santang Madu Tambulapot

Buah Jeruk Santang Madu Fresh

Jeruk Santang Birma

Bibit Jeruk Santang Madu Lampung

Bibit Jeruk Santang Madu Sudah Berbuah Tinggi 1 Meter

Jeruk Santang Australia

Bibit Jeruk Santang Madu Hijau

Keunggulan

Jadikan rumah lebih cantik dengan buah dalam pot

Rasakan manisnya jeruk santang madu dengan perawatan sendiri

Awali usaha jeruk santang madu dengan bibit super ini!

Harga bibit termurah, ramah di kantong

Camilan manis untuk si buah hati

Rasanya sangat manis, cocok dibuat selai!

Bibit siap tanam dengan daun rimbun

Sudah ada buahnya, bisa cepat panen!

Tanpa biji, si kecil pun dapat makan sendiri

Bibit jeruk santang madu yang tangguh dalam segala kondisi

Harga mulai dariRp 30.000,00Rp 80.000,00Rp 20.000,00Rp 5.900,00Rp 44.000,00Rp 60.000,00Rp 34.000,00Rp 66.500,00Rp 45.000,00Rp 14.000,00
BentukBibitBibitBibitBibitBuahBuahBibitPohonBuahBibit
Tinggi70–80 cm70–90 cm30–80 cm±30 cm××50–80 cm100 cm×40–60 cm
BeratTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan1 kg1 kgTidak ada keteranganTidak ada keterangan1 kg400 gram
Tautan produk
10

Bibit Jeruk Santang Madu Hijau

Mulai dari Rp 14.000,00

BentukBibit
Tinggi40–60 cm
Berat400 gram
9

Jeruk Santang Australia

Mulai dari Rp 45.000,00

BentukBuah
Tinggi×
Berat1 kg
8

Bibit Jeruk Santang Madu Sudah Berbuah Tinggi 1 Meter

Mulai dari Rp 66.500,00

BentukPohon
Tinggi100 cm
BeratTidak ada keterangan
7

Bibit Jeruk Santang Madu Lampung

Mulai dari Rp 34.000,00

BentukBibit
Tinggi50–80 cm
BeratTidak ada keterangan
6
BentukBuah
Tinggi×
Berat1 kg
5
BentukBuah
Tinggi×
Berat1 kg
4

Bibit Jeruk Santang Madu Tambulapot

Mulai dari Rp 5.900,00

BentukBibit
Tinggi±30 cm
BeratTidak ada keterangan
3

Bibit Jeruk Santang Madu Hasil Okulasi Kondisi Siap Berbuah

Mulai dari Rp 20.000,00

BentukBibit
Tinggi30–80 cm
BeratTidak ada keterangan
2

Bibit Jeruk Santang Madu Kondisi Berbuah

Mulai dari Rp 80.000,00

BentukBibit
Tinggi70–90 cm
BeratTidak ada keterangan
1
BentukBibit
Tinggi70–80 cm
BeratTidak ada keterangan

Pertanyaan umum seputar jeruk santang madu

Pertanyaan umum seputar jeruk santang madu

Selanjutnya, kami akan menjawab satu pertanyaan populer mengenai jeruk santang madu. Mungkin Anda termasuk salah satu yang penasaran dengan jawabannya? Mari disimak!

Berapa lama jeruk santang madu dapat berbuah?

Waktu yang dibutuhkan bibit jeruk santang madu untuk menghasilkan buah bervariasi. Ada yang memerlukan 6 bulan, ada pula yang menghabiskan waktu 1 tahun sampai 2 tahun.

Cara merawat jeruk santang madu

Cara merawat jeruk santang madu

Apakah Anda ingin mengembangkan bibit jeruk santang madu untuk usaha budi daya? Jika iya, simaklah dari tips kami di bawah ini.

  • Setelah membeli bibit, Anda perlu memasukkannya ke dalam pot berdiameter 45 cm.
  • Gunakan media tanam andosol atau latosol, lalu berikan pupuk setiap 4 bulan agar bibit tumbuh dengan sehat.
  • Beri air dua kali per hari.
  • Pastikan bibit terkena sinar matahari langsung selama minimal 5 jam setiap hari. Kondisi lain yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya adalah lingkungan yang lembap dan suhu 25–30 ºC.

Pohon jeruk santang madu biasanya tumbuh pada ketinggian 500–1.000 kilometer di atas permukaan laut. Ketika ditanam di dataran rendah, warna buah yang dihasilkan tidak terlalu cerah. Karena itu, perhatikan ketinggian lokasi tanam untuk menghasilkan buah jeruk santang madu dengan warna menarik.

Baca juga rekomendasi camilan buah lainnya di sini

Nikmatnya buah jeruk santang madu sudah tidak diragukan lagi. Selain manis, buah ini juga juicy sehingga pas untuk menghilangkan rasa haus pada cuaca panas. Namun, bagi Anda yang lebih menyukai camilan buah lainnya, jangan lupa mengecek artikel kami melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Jeruk santang madu adalah jeruk kecil asal Tiongkok yang dapat Anda temukan di pasar lokal. Seperti jeruk medan, buah santang madu terkenal akan rasanya yang manis dan baunya yang harum. Oleh karena itu, harganya sedikit tinggi.


Jika sering mengonsumsinya, Anda bisa membeli pohon jeruk santang madu yang berbuah. Untuk lebih menghemat uang, Anda juga bisa menanam bibitnya dalam pot. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menikmati jeruk santang madu!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari tiga jenis coklat, yaitu dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate, dark chocolate menjadi jenis coklat yang paling banyak diminati. Pasalnya, dark chocolate memberikan manfaat baik untuk tubuh, termasuk saat diet. Tak hanya rasa pahit, dark chocolate juga sangat kaya akan cita rasa.Dalam artikel kali ini kami akan memberikan tips memilih dark chocolate yang enak dijadikan camilan atau bahan masakan. Jangan ketinggalan juga melihat rekomendasi produk dark chocolate terbaik dari Indonesia, mulai dari merek Chocolate Monggo, SilverQueen, Tulip, dan Pipiltin Cocoa. Yuk, simak artikel ini sampai habis!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Merk Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan ringan atau snack tentu sangat nikmat dimakan kapan saja, baik saat kerja maupun saat santai. Snack juga wajib dibawa saat Anda pergi piknik. Ada banyak pilihan snack Indonesia sampai snack impor yang dapat Anda nikmati. Camilan yang renyah, gurih, manis, sampai pedas bisa Anda pilih.Kali ini kami akan merekomendasikan berbagai snack terenak yang kekinian dan viral di TikTok. Tak ketinggalan juga kami akan merekomendasikan snack rendah kalori dan snack jadul yang lezat. Sebelumnya, simak dahulu tips dari kami untuk memilih snack yang enak disantap kapan saja. Selamat membaca!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Menjalankan program diet bukan berarti Anda tidak boleh ngemil. Anda bisa ngemil, hanya saja tidak boleh sembarangan. Jika ingin menikmati camilan, konsumsilah biskuit diet rendah kalori. Biskuit diet memiliki kadar kalori serta kandungan gula yang rendah sehingga tidak akan menambah berat badan.Ada banyak produk biskuit untuk diet yang enak, seperti merek WRP, Tropicana Slim, atau Ladang Lima. Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terpopuler dan membahas tentang biskuit untuk diet. Tidak lupa, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga memberikan komentarnya di sini. Yuk, baca sampai selesai!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Rekomendasi Basreng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Basreng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bakso goreng atau basreng adalah salah satu camilan khas yang berasal dari Sunda. Bentuk basreng bukanlah bulat seperti bakso, melainkan berbentuk irisan tipis. Rasa basreng juga bermacam-macam, mulai dari gurih, pedas, hingga pedas dengan sentuhan segar daun jeruk.Nah, kali ini kami akan memberikan tips memilih basreng yang enak sekaligus rekomendasi produk terbaiknya. Merek basreng yang bagus, seperti Maicih dan Ginding, bisa Anda temukan di sini. Ada basreng siap makan, ada pula basreng mentah. Ukurannya pun bervariasi, mulai dari 50 gram, 100 gram, sampai di atas 250 gram. Yuk, disimak!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Rekomendasi Es Krim Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Es Krim Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Dingin, lembut, dan creamy. Siapa yang dapat menolak sensasi es krim? Es krim adalah makanan favorit semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain bergizi karena mengandung mineral, vitamin, dan protein, varian rasanya pun banyak. Ada es krim cokelat, stroberi, vanila, bahkan tiramisu. Es krim rendah kalori, low sugar, dan tidak mengandung susu pun ada!Pada artikel ini kami akan me-review sepuluh es krim yang enak. Merek es krim terbaik, mulai dari Wall's, Campina, Aice, sampai Häagen-Dazs ada dalam rekomendasi kami. Temukan review es krim terenak berikut ini!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Merk Wafer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Wafer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Wafer adalah camilan berupa biskuit yang tipis, renyah, dan ringan. Selain rasanya yang variatif, jenis-jenis wafer juga cukup beragam. Ada wafer stick rasa krim vanila, wafer bersalut coklat, hingga wafer honeycomb klasik kegemaran banyak orang.Agar lebih memudahkan pembaca menemukan wafer terbaik, kami akan menjabarkan tips memilih wafer paling enak untuk Anda. Merek wafer enak, seperti wafer Loacker, Tango, Nissin, Nabati, Astor, dan Twister ada dalam rekomendasi kami. Bila Anda adalah penggemar wafer, silakan simak review wafer terbaik berikut ini. Selamat menemukan wafer terenak untuk Anda dan keluarga!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Merk Keripik Pisang Coklat Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Keripik Pisang Coklat Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Kelezatan keripik pisang coklat mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Oleh-oleh yang terkenal khas Lampung ini mengombinasikan gurihnya keripik pisang dan manisnya coklat dalam tiap gigitan. Kini Anda bisa dengan mudah mendapatkan keripik pisang paling enak melalui e-commerce.Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih, serta mengulas sepuluh produk keripik pisang coklat terenak. Merek populer seperti Askha Jaya dan Aneka Yen-Yen ada dalam rekomendasi kami. Ada juga merek pisang coklat lumer seperti Melte Vanana. Jika penasaran, simak terus artikel ini sampai habis!
    Makanan kecil & snack
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori