• 10 Rekomendasi Gitar Ibanez Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Gitar Ibanez Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Gitar Ibanez Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Gitar Ibanez Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Gitar Ibanez Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Gitar Ibanez Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Ingin mencari gitar elektrik dengan harga bersahabat, tetapi kualitasnya top? Gitar Ibanez adalah pilihan yang menarik. Gitar Ibanez dijual dengan harga yang bervariasi karena memiliki sub-brand berbeda-beda, misalnya Ibanez Prestige, Premium, atau Gio. Penasaran apa bedanya? 


Di artikel ini kami akan membahas tuntas tentang gitar buatan Jepang ini, mulai dari tips membelinya, ciri-ciri gitar Ibanez asli, bedanya Ibanez Jepang dan Indonesia, hingga rekomendasi produk original terbaiknya. Seri terkenal dari Ibanez seperti RG, Custom, dan S juga akan kami rekomendasikan di sini. Simak, yuk!

  • Pembaharuan terakhir: 26 April 2021
Daftar isi

Ibanez, gitar yang cocok untuk para pemula

Memilih gitar bukanlah hal mudah bagi orang yang baru belajar main gitar, apalagi jika pertama kali membeli gitar. Salah satu merek gitar yang banyak disarankan untuk pemula adalah Ibanez. Brand asal Jepang ini dinilai memiliki harga yang bersahabat untuk gitar entry-level, tetapi kualitasnya sudah cukup mumpuni. Gitarnya mudah dimainkan, bodinya tipis sehingga mudah dipegang, serta fitur-fiturnya cukup lengkap.


Bicara soal bodi gitar, model Superstrat sangat identik dengan Ibanez. Bisa dibilang tipe ini mirip dengan Stratocaster milik Fender. Tak heran banyak yang mengindentikkan gitar Ibanez dengan musik-musik keras, seperti metal, rock, dan musik cadas lainnya. Meskipun demikian, gitar Ibanez juga cocok untuk berbagai genre musik, kok.


Selain faktor harga dan kualitasnya, daya tarik gitar Ibanez adalah modelnya yang beragam, mulai dari seri RG, S, atapun Signature Collection. Anda jadi bisa memilih model gitar yang paling sesuai dengan karakter permainan Anda di atas panggung. Tak hanya para pemula, musisi terkenal seperti George Benson, John Christ gitaris Danzig, dan Adam Clayton bassist dari U2 pun pernah memakai produk Ibanez!

Cara memilih gitar Ibanez

Sebelum membeli gitar Ibanez yang cocok untuk Anda, inilah beberapa tips yang perlu Anda ketahui. Ketahuilah sub-brand gitar Ibanez yang Anda pilih, lalu sesuaikan model gitarnya dengan gaya Anda, dan pastikan beli yang original, ya!

Pilih berdasarkan tipe gitar Ibanez

Ada sekiranya sepuluh model atau seri gitar Ibanez yang bisa Anda pilih, misalnya AZ, RG, S, RGS, Signature Collection, dan sebagainya. Kami akan membahas tipe gitar Ibanez yang bagus dan paling terkenal, yakni seri RG dan S. Tak ketinggalan, gitar akustik dari Ibanez juga akan kami bahas secara singkat.

RG Series: Identik dengan musik metal dan rock

Ibanez RG (Roadstar Guitar) adalah salah satu seri yang paling terkenal dan banyak dicari oleh gitaris di seluruh dunia. Modelnya mirip Fender Stratocaster dengan bodi yang tajam, cutaways yang dalam, dan bentuk Wizard neck. Bentuk bodi gitar yang tajam memang sangat identik dengan musik metal dan rock. Gitaris Kiko Loureiro dari Megadeth, Paul Gilbert, dan John Petrucci pernah memakai gitar ini.

S Series: Bodi lebih lebar dari RG, tetapi lebih ringan

Gitar Ibanez seri S adalah singkatan dari Saber yang populer sekitar tahun 1980-an akhir. Secara bodi, bentuknya mirip dengan tipe RG, tetapi tanduknya lebih tidak lancip, ukurannya lebih lebar, tetapi ringan. Bodinya terbuat dari kayu mahoni. Bentuknya yang ergonomis dan ringan membuat Anda bisa bergerak lincah di atas panggung. Ibanez seri S dibuat untuk para performer sejati!

Akustik: Finishing yang eye-catching

Ibanez sudah memproduksi gitar akustik sejak 1930-an. Kualitasnya tidak kalah dengan produsen gitar akustik lainnya seperti Yamaha. Dengan harga yang bersahabat, tetapi memiliki kualitas suara dan desain yang bagus, rasanya Anda tidak akan salah memilih gitar akustik Ibanez.


Ada banyak seri gitar akustik dari Ibanez, misalnya Classical, Advance Acoustic, Artwood Vintage, dan lain-lain. Setiap seri dari gitar akustik Ibanez memiliki finishing yang detail dan bagus sehingga sangat eye-catching. Gitar akustik Ibanez adalah pilihan tepat untuk anak yang pertama kali belajar gitar. Selain versi akustiknya, ada juga versi akustik elektroniknya, lho!

Ketahui sub-brand setiap produk yang ingin Anda beli

Nah, dari setiap seri tadi, gitar Ibanez masih dibagi lagi berdasarkan sub-brand-nya, lho! Ada Ibanez J-Custom, Prestige, Standard, Gio, dan sebagainya. Tentunya setiap sub-brand memiliki kelebihan dan target pasarnya masing-masing. Kami akan membahas beberapa di antaranya. Informasi sub-brand gitar Ibanez terletak di kepala gitar atau headstock-nya.

J-Custom: Terkenal sebagai "The finest Japan-made guitar in history"

J-Custom adalah sub-brand Ibanez yang dibuat di Jepang, menggunakan sumber daya dari Jepang, dan hanya dibuat dalam jumlah terbatas. Bahan premium, jumlah terbatas, serta desain yang sempurna membuatnya lebih eksklusif. Gitar-gitar dengan brand J-Custom dibuat oleh desainer ternama. Karena itulah, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkannya.


Beberapa keistimewaan gitar dari J-Custom adalah menggunakan fingerboard berbahan rosewood, Edge Zero tremolo system, lima lapis kayu maple, dan masih banyak lagi. Jika bicara tentang tipe gitar Ibanez yang bagus, jawabannya mungkin tergantung pada gaya permainan Anda, bujet, skill, dan sebagainya. Namun, jika mencari gitar Ibanez yang otentik serta classy, seri J-Custom adalah pilihan tepat.

Ibanez Prestige: Dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi

Sama seperti J-Custom, Ibanez Prestige juga dibuat di Jepang. Jika J-Custom lebih mengutamakan eksklusivitas, Ibanez Prestige mengutamakan kualitas bahan. Ibanez Prestige hanya menggunakan bahan-bahan premium berkualitas tinggi pada produknya. 


Dilansir dari laman webnya, Ibanez Prestige mengutamakan tiga prinsip dalam membuat karyanya, yakni Precision, Performace, dan Playablity. Untuk Anda yang mencari gitar berkualitas high-end, produk dari Ibanez Prestige bisa jadi incaran.

Ibanez Premium: Dibuat di Indonesia

Demi menjangkau pasar Asia dengan kebutuhan gitar entry-level, Ibanez membangun sub-brand Premium. Produk-produk Ibanez Premium dibuat di Indonesia. Kualitasnya mirip dengan gitar-gitar Ibanez lainnya dan sub-brand ini dibuat sebagai komplemen Ibanez Prestige.


Jika Anda bertanya-tanya, apa bedanya Ibanez Jepang vs Indonesia? Jawabannya adalah dari segi harga serta tempat produksinya. Soal performa dan desainnya, kedua sub-brand ini cukup mirip dan berkualitas. Untuk Anda yang terkendala bujet dan mencari gitar Ibanez dengan harga yang lebih terjangkau, ada sub-brand Gio. Namun, tentu saja bahan yang digunakan kualitasnya tidak sebaik sub-brand lainnya.

Periksa keaslian gitar Ibanez pilihan Anda

Periksa keaslian gitar Ibanez pilihan Anda

Gitar Ibanez memiliki banyak seri dan sub-brand yang dijual dengan rentang harga yang bervariasi. Dengan begitu, tak ada alasan lagi untuk membeli Ibanez yang palsu. Barang-barang palsu akan menghambat progress Anda dalam belajar gitar karena kualitas suaranya tidak sebagus produk aslinya. Jadi, pastikan Anda membeli gitar Ibanez original, ya. Lalu, bagaimana cara mengeceknya?


Pertama-tama, tentu saja dari reputasi toko serta kualitas barang yang dijual. Pilih toko yang reputasinya bagus, ramai pembeli, serta ulasan tokonya positif. Selain itu, Anda juga bisa mengecek serial number-nya. Setiap sub-brand Ibanez memiliki serial number yang mendeskripsikan kualitas produknya.


Contohnya adalah gitar Ibanez dengan serial number RG652AHMNGB. RG menunjukkan gitar tersebut termasuk seri RG, 6 adalah jumlah string, AH adalah kode untuk ash sebagai bahan bodinya, dan seterusnya. Ada lagi versi serial number yang lebih simpel, misalnya Ibanez GRX40 I010104822. G untuk sub-brand Gio, RX adalah nama serinya, I adalah Indonesia sebagai tempat pabriknya, dan sebagainya.

10 Rekomendasi gitar Ibanez terbaik

Kami sudah memilihkan rekomendasi tipe gitar Ibanez yang bagus untuk Anda. Semoga ada yang menarik perhatian dan sesuai dengan gaya bermain Anda, ya!

10
Sub-brandGio
Bahan bodiPoplar
Tipe neck1-piece GRXv Maple
FingerboardJatoba
Tipe fretMedium fret
Jumlah fret22
BridgeFAT6 tremolo
9
Sub-brandGio
Bahan bodiPoplar
Tipe neckMaple
FingerboardJatoba
Tipe fretMedium fret
Jumlah fret22
BridgeT106 tremolo
8
Sub-brandTidak ada keterangan
Bahan bodiCutaway dreadnought, terbuat dari kayu okoume
Tipe neckNyatoh
FingerboardLaurel
Tipe fretTidak ada keterangan
Jumlah fret20
BridgeLaurel
7
Sub-brandTidak ada keterangan
Bahan bodiTop: spruce・back & sides: sapele
Tipe neckOkoume
FingerboardPurpleheart
Tipe fretMedium
Jumlah fret20
BridgePurpleheart
6
Sub-brandTidak ada keterangan
Bahan bodiBasswood
Tipe neck5-piece Super Wizard
FingerboardMaple
Tipe fretJumbo fret
Jumlah fret24
BridgeEdge
5
Sub-brandStandard
Bahan bodiNyatoh
Tipe neckWizard III berbahan roasted maple
FingerboardPau Ferro
Tipe fretJumbo fret
Jumlah fret24
BridgeMono-rail
4
Sub-brandPrestige
Bahan bodiTop: flamed maple・Bodi: alder
Tipe neckAZ Oval C S-TECH WOOD, roasted maple
FingerboardS-TECH WOOD Roasted Maple
Tipe fretJumbo fret
Jumlah fret22
BridgeGotoh® T1802 tremolo
3
Sub-brandJ-Custom
Bahan bodiAlder
Tipe neck5-piece Wizard
FingerboardEbony
Tipe fretJumbo
Jumlah fret24
BridgeEdge tremolo
2
Sub-brandPrestige
Bahan bodiMahogany
Tipe neckArtstar, African mahogany
FingerboardEbony
Tipe fretMedium fret
Jumlah fret22
BridgeFixed
1
Sub-brandPrestige
Bahan bodiTop: koa・body: alder
Tipe neck1-Piece S-Tech Roasted Maple
FingerboardS-Tech Roasted Maple
Tipe fretJumbo fret
Jumlah fret24
BridgeGotoh T1802 2-Point Synchronised Tremolo

Tabel perbandingan produk gitar Ibanez terbaik

Gambar produk
1
Ibanez AZ2402K-NT 1

Ibanez

2
Ibanez AM200-BK 1

Ibanez

3
Ibanez JEM7VP-WH 1

Ibanez

4
Ibanez AZ2204F 1

Ibanez

5
Ibanez FR800-BKF 1

Ibanez

6
Ibanez  RG550 1

Ibanez

7
Ibanez AEG7TN-NT 1

Ibanez

8
Ibanez PF12MHCE 1

Ibanez

9
Ibanez GRX20Z 1

Ibanez

10
Ibanez GRX22EX-RD 1

Ibanez

Nama produk

AZ2402K-NT

AM200-BK

JEM7VP-WH

AZ2204F

FR800-BKF

RG550

AEG7TN-NT

PF12MHCE

GRX20Z

GRX22EX-RD

Keunggulan

Limited edition! Gitar sekaligus mahakarya seni dari Ibanez

Desain semi-hollow untuk sang maestro jazz!

Miliki gitar signature dari Steve Vai

Tampilan simpel, tetapi bahan-bahannya berkualitas tinggi

Gitar langka buatan Indonesia

Ibanez RG yang banyak dicari-cari masyarakat!

Gitar dengan sinar nilon untuk para pemula

Gitar bernuansa woody dengan senar yang lebih mudah di-setting

Gitar rock dengan medium fret yang friendly untuk remaja

Harga bersahabat, kualitas boleh diadu

Harga mulai dariRp 57.630.000,00Rp 33.652.800,00Rp 29.610.000,00Rp 33.738.750,00Rp 19.710.000,00Rp 13.550.000,00Rp 2.699.100,00Rp 3.384.000,00Rp 2.623.750,00Rp 2.900.000,00
Sub-brandPrestigePrestigeJ-CustomPrestigeStandardTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganGioGio
Bahan bodiTop: koa・body: alderMahoganyAlder Top: flamed maple・Bodi: alderNyatoh Basswood Top: spruce・back & sides: sapeleCutaway dreadnought, terbuat dari kayu okoumePoplarPoplar
Tipe neck1-Piece S-Tech Roasted MapleArtstar, African mahogany5-piece Wizard AZ Oval C S-TECH WOOD, roasted mapleWizard III berbahan roasted maple5-piece Super WizardOkoume NyatohMaple 1-piece GRXv Maple
FingerboardS-Tech Roasted MapleEbonyEbonyS-TECH WOOD Roasted MaplePau Ferro Maple Purpleheart Laurel JatobaJatoba
Tipe fretJumbo fretMedium fretJumboJumbo fretJumbo fretJumbo fretMediumTidak ada keteranganMedium fretMedium fret
Jumlah fret24222422242420202222
BridgeGotoh T1802 2-Point Synchronised TremoloFixed Edge tremoloGotoh® T1802 tremoloMono-rail Edge Purpleheart Laurel T106 tremoloFAT6 tremolo
Tautan produk

Baca juga rekomendasi gitar lainnya di sini

Tak hanya gitar Ibanez, ada beberapa merek lainnya yang juga terkenal, misalnya Fender dan Yamaha. Selain itu, jika Anda adalah pemain bass, kami sudah pernah mengulas dan memberikan rekomendasi bass terbaik juga. Anda bisa mengaksesnya dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah sudah ada gitar Ibanez yang tertarik untuk Anda miliki? Gitar Ibanez termasuk gitar yang versatile sehingga bisa dimainkan oleh para pemula hingga musisi internasional. Jadi, Anda bisa menjadikannya hadiah untuk anak atau kerabat yang pemula sekalipun. 


Selain itu, sesuaikan juga dengan bujet Anda, ya. Ibanez Prestige memang prestisius seperti namanya, tetapi versi lainnya seperti Premium dan Gio tidak kalah enak untuk dimainkan, kok!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merk terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk terbaik, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2021)
    10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2021)
    Senar berperan penting dalam hasil suara gitar akustik. Jenisnya pun beragam, ada yang berbahan phosphor bronze, 80/20 bronze, dengan ketebalan yang juga berbeda-beda. Bingung harus memilih yang mana?Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan Anda cara memilih senar untuk gitar akustik. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan kepada Anda rekomendasi produk yang bagus seperti merek Martin, Elixir, dan D'Addario. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Memilih senar yang tepat akan membuat pertunjukan Anda makin istimewa!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Bukan hanya  di tempat hiburan atau studio musik saja, kini Anda pun dapat karaoke di rumah. Agar suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah microphone karaoke.Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih microphone karaoke yang bagus dari berbagai merk. Kami juga akan memberikan rekomendasi microphone karaoke mulai dari tipe wireless, Bluetooth, kabel, dan tipe kids atau anak. Microphone karaoke buatan Behringer, Sennheiser, dan SHURE pun akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2021)
    Pianika adalah jenis alat musik tiup yang biasanya digunakan oleh siswa TK hingga SMP. Sebagai alat musik yang mudah dimainkan, pianika merupakan pilihan tepat bagi Anda yang baru mulai belajar bermain alat musik. Kali ini, kami akan membahas cara memilih pianika yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasi produk pianika terbaik bagi Anda. Berbagai merek terkenal seperti Yamaha dan Suzuki akan kami hadirkan di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Tetaplah membaca dan temukan pianika yang paling pas untuk anak Anda!
    Musik
  • 10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2021)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi gitar akustik yang bagus untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Simak sampai akhir, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bass Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Gitar bass merupakan gitar untuk mendukung musik pada satu band. Ada berbagai merk gitar bass berkualitas seperti Fender, Ibanez, Yamaha, dan lainnya. Akan tetapi, sebagai pemula Anda tentunya akan kebingungan untuk menentukan pilihan. Ada banyak yang harus dipertimbangkan ketika memilih gitar bass.Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih bass untuk pemula. Selain itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi bass yang bagus untuk pemula. Kami juga berkolaborasi dengan sound engineer sekaligus bassist, Dennis Novriandi, dalam artikel ini. Mari mainkan lagu favorit Anda dengan bass yang tepat!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori