mybest
Skincare ibu hamil

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Skincare untuk Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Skincare untuk Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Skincare untuk Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Skincare untuk Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Skincare untuk Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Skincare untuk Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Skincare untuk Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Ibu menyusui perlu menggunakan skincare agar kulit tetap terawat. Namun, busui mungkin sedikit waswas ketika memilih skincare karena khawatir memengaruhi ASI. Terlebih, jenis skincare di pasaran sangat bervariasi. Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih skincare untuk ibu menyusui?


Bersama dermatovenereologist, Dokter Rahma Evasari, mybest menyusun cara memilih skincare yang bagus untuk ibu menyusui. Jangan lewatkan juga ulasan produk-produk skincare yang bagus dari berbagai merek, seperti Wardah, NPURE, dan Sensatia Botanicals. Produk-produk yang kami review sudah disesuaikan dengan cara memilih yang akan kami paparkan berikut ini. Selamat membaca!

Diperbaharui 27/03/2024
dr. Rahma Evasari
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

dr. Rahma Evasari, Sp.D.V.E menyelesaikan pendidikan kedokteran serta pendidikan spesialis dermatologi, venereologi, dan estetika di Universitas Indonesia. Dokter Eva memiliki ketertarikan khusus di bidang dermatologi kosmetik dan laser, infeksi menular seksual, serta alergi dan imunologi. Sehari-hari, dr. Eva berpraktik di RSIA Tambak, ZAP Premiere Kota Kasablanka, dan Skin 3 Clinic. Dokter kulit yang memiliki hobi membaca dan diving ini bisa Anda sapa melalui akun instagram-nya @dermatologist.id.

Profil dr. Rahma Evasari
Lanjut membaca
Nisa Destiana
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Nisa Destiana

Nisa Destiana adalah seorang apoteker yang sudah gemar menulis sedari kecil dan bercita-cita menjadikan hobi tersebut sebagai karier profesional. Usai bekerja di perusahaan farmasi multinasional selama hampir lima tahun, ia memutuskan untuk memulai karier sebagai content writer. Nisa banyak menulis artikel-artikel kesehatan untuk start-up telemedisin sebelum akhirnya menulis dan menjadi editor untuk mybest Indonesia. Di mybest Indonesia, Nisa banyak terhubung dengan pakar untuk menulis berbagai artikel perawatan tubuh, kecantikan, dan kesehatan sesuai latar belakang pendidikannya.

Profil Nisa Destiana
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah boleh pakai skincare saat menyusui?

Pakar
Pakar

Setelah melahirkan, sebetulnya kondisi wanita kembali seperti saat sebelum mengandung. Dengan kata lain, kondisi ibu menyusui sudah seperti wanita yang tidak menyusui sehingga boleh memakai skincare secara rutin.

Apakah boleh pakai skincare saat menyusui?

Ibu menyusui boleh menggunakan skincare seperti wanita lainnya. Tentu saja, vagina, otot perut, dan panggul ibu menyusui membutuhkan waktu untuk pulih seusai melahirkan. Akan tetapi, kondisi ibu menyusui sebenarnya hampir sama dengan wanita lain yang tidak sedang menyusui. Jadi, ibu menyusui bisa menggunakan skincare seperti biasa segera setelah melahirkan. Bahkan, skincare juga boleh digunakan sejak masih mengandung meskipun pemilihannya harus lebih waspada.


Meskipun demikian, kekhawatiran terkait efek skincare terhadap ASI adalah hal yang wajar dan dapat dipahami. Sebagian besar skincare sebenarnya hanya bekerja pada permukaan kulit dan tidak terserap ke dalam darah, apalagi ASI. Namun, ibu menyusui tetap perlu memilih skincare dengan lebih cermat daripada saat sedang tidak menyusui.


Kami juga telah menyiapkan artikel yang membahas tips memilih skincare yang aman untuk ibu hamil beserta rekomendasi produknya. Jika Anda tertarik, Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut di artikel tersebut dengan mengeklik tautan berikut ini.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Risiko bahan aktif skincare terserap ke ASI sangat kecil, kecuali produk dioles di sekitar payudara dan tidak sengaja tertelan oleh bayi.

Jenis skincare apa saja yang perlu diutamakan untuk ibu menyusui?

Pakar
Pakar

Utamakan penggunaan basic skincare, yaitu sabun wajah, pelembap, dan sunscreen. Ketiga hal tersebut termasuk dalam perawatan dasar yang idealnya dilakukan oleh setiap orang.

Jenis skincare apa saja yang perlu diutamakan untuk ibu menyusui?
Basic skincare adalah perawatan mendasar yang dibutuhkan oleh kulit setiap orang, termasuk ibu menyusui. Ketika basic skincare tidak diaplikasikan dalam waktu yang lama, kulit bisa mengalami kerusakan yang sulit diperbaiki. Lebih dari itu, basic skincare yang tepat umumnya tidak mengandung bahan aktif yang terlalu keras. Sebagian dari Anda mungkin sudah mengetahui bahwa tahapan basic skincare terdiri dari: 

  • Sabun wajah: Agar sehat, kulit perlu dijaga kebersihan dan kelembapannya. Jika tidak bersih, kulit jadi mudah ditumbuhi bakteri sehingga rentan infeksi.
    • Pelembap: Bila kelembapan tidak terjaga, kulit bisa dehidrasi, kering, iritasi, atau malah jadi berminyak sebagai upaya agar tetap lembap.
    • Sunscreen: Kulit juga perlu dilindungi dari sinar matahari yang punya banyak efek, mulai dari sunburn sampai flek hitam.

Bila ada masalah kulit tertentu, Anda bisa memberikan perawatan ekstra pada wajah. Selain perawatan wajah, perawatan ekstra diperlukan untuk badan, terutama area perut yang banyak mengalami stretch. Anda bisa memakai bahan-bahan untuk memperbaiki kondisi kulit perut yang stretch, misalnya pelembap dengan kandungan shea butter atau oil.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari
Produk skincare tidak boleh ada klaim 'breastfeeding-friendly' atau 'untuk ibu menyusui', kecuali ada data yang didukung oleh penelitian. Namun, pengujian untuk memperoleh data tersebut kemungkinan besar sulit dilakukan terkait etik.

Tidak mungkin melakukan riset dengan subjek penelitian ibu menyusui

Cara memilih Skincare untuk Ibu Menyusui

Agar Anda menemukan produk yang tepat, kami telah menyusun beberapa poin memilih skincare untuk ibu menyusui. Apa saja poin-poinnya? Cermati satu per satu penjelasannya di bawah ini, yuk!

1

Untuk facial wash, prioritaskan yang memiliki pH 4,5-6,5 dan tidak mengandung terlalu banyak detergen agar skin barrier terjaga

Pada pembahasan kali ini, kami akan memaparkan betapa pentingnya perawatan kulit yang memprioritaskan keseimbangan pH. Tak hanya itu, kami juga membahas mengenai pentingnya menghindari kandungan detergen berlebih. Simak detailnya di bawah ini, ya!

Facial wash dengan kadar pH 4,7-5,7 untuk menjaga kesehatan kulit

Pakar
Pakar

Derajat keasaman (pH) alami kulit ialah 4,7-5,7. Jika pH terlalu asam atau basa, acidity kulit akan terganggu sehingga skin barrier juga terganggu.

Facial wash dengan kadar pH 4,7-5,7 untuk menjaga kesehatan kulit
Perlu diketahui, kadar pH alami kulit wajah sebetulnya tidak netral. Jika pH netral bernilai 7, pH alami wajah cenderung asam, yaitu berkisar antara 4,7-5,7. Oleh sebab itu, facial wash yang ideal adalah produk dengan kadar pH yang mendekati pH alami kulit

Sabun dengan rentang pH antara 4,5-6,5 biasanya masih bisa ditoleransi oleh kulit. Supaya aman, Anda bisa memilih produk sabun muka kulit sensitif yang mencantumkan informasi pH-nya secara jelas pada kemasan. Pada beberapa produk, Anda juga dapat menemukan informasi pH tersebut pada deskripsi produk di website resminya.


Mengapa pH yang sesuai sangat penting bagi kulit? Jika kulit wajah terpapar bahan yang terlalu basa, acidity kulit akan terganggu sehingga skin barrier juga terganggu. Alhasil, kulit akan menjadi kering dan iritasi. Sebaliknya, penggunaan sabun wajah dengan pH terlalu asam dapat mengganggu ikatan antarsel kulit. Hal ini juga berpotensi merusak skin barrier dan menyebabkan kulit kering serta iritasi.
dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Mungkin tidak mudah mencari sabun dengan pH tepat seperti pH alami kulit. Akan tetapi, Anda bisa mencari produk dengan pH yang mendekati (4,5-6,5). Kadar tersebut masih bisa ditoleransi dan tidak terlalu mengganggu skin barrier.

Facial wash dengan sedikit detergen agar kulit tidak kering dan tidak kaku

Pakar
Pakar

Anda juga perlu mencegah pengangkatan minyak alami kulit yang terlalu banyak dengan memilih sabun rendah detergen atau surfaktan. Dengan begitu, kulit tidak akan terasa kering dan kaku.

Facial wash dengan sedikit detergen agar kulit tidak kering dan tidak kaku

Ada banyak orang yang merasakan sensasi 'ketarik' setelah mencuci wajah. Sensasi 'ketarik' dirasakan saat kulit kehilangan kandungan minyak alaminya. Detergen dengan sifat kimia basa yang terlalu banyak dalam sabun bisa mengangkat minyak alami kulit dan mengganggu skin barrier. Akibatnya, kulit jadi lebih kering dan terkesan kesat atau kaku.


Untuk menghindari sensasi kulit kering dan kaku, sebaiknya Anda memilih facial wash yang mengandung sedikit surfaktan atau detergen. Salah satu ciri facial wash dengan kandungan detergen yang rendah biasanya tidak menghasilkan busa yang berlebihan.


Perlu diketahui juga bahwa facial wash dengan kandungan surfaktan yang rendah dapat memiliki daya pembersih yang relatif rendah. Jadi, bila kulit terasa sangat kotor, terutama setelah menggunakan makeup tebal, Anda bisa melakukan double cleansingFace wash yang umumnya dianggap aman memiliki tekstur bening dan cair, bukan gel, serta tidak berbau. Jika Anda menginginkan kemudahan dalam memilih facial wash, silakan mencari produk yang diberi label 'for sensitive skin'.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Ada beberapa jenis pembersih yang bisa Anda pilih sebelum mencuci wajah dengan facial wash yang formulanya ringan, yaitu:


  • Cleansing oil
  • Cleansing milk
  • Cleansing balm
2

Pilih pelembap bertekstur gel untuk kulit berminyak dan cari pelembap bertekstur krim untuk kulit kering

Di pasaran, Anda mungkin menemukan produk pelembap yang bertekstur gel atau krim. Pemilihan tekstur pelembap perlu disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Tak perlu berlama-lama, mari simak ulasannya berikut ini!

Moisturizer gel dengan pelembap humektan untuk kulit berminyak: Tekstur ringan dan kandungan hidrasi optimal

Pakar
Pakar

Supaya tidak makin berminyak, oily skin sebaiknya pakai pelembap bertekstur gel atau water-based. Pastikan produk mengandung bahan aktif humektan yang tidak berisiko menyumbat pori-pori seperti, glycerin atau hyaluronic acid.

Moisturizer gel dengan pelembap humektan untuk kulit berminyak: Tekstur ringan dan kandungan hidrasi optimal
Moisturizer gel memiliki tekstur lebih ringan karena termasuk water-based moisturizer yang mengandung lebih banyak air daripada minyak. Produk pelembap yang terbuat dari air juga mengurangi risiko penyumbatan pori-pori yang sering terjadi pada kulit berminyak.

Selain membutuhkan tekstur ringan, kulit berminyak juga memerlukan bahan aktif yang tidak berat dan tidak menyumbat pori-pori, seperti humektan. Produksi minyak berlebih sering terjadi bukan hanya karena jenis kulit seseorang berminyak, tetapi juga karena kulit mengalami dehidrasiUntuk mencegah dehidrasi, glycerin dan hyaluronic acid dapat menjadi pilihan yang tepat. Alasannya:

  • Glycerin dan hyaluronic acid memiliki kemampuan yang bisa menarik air dari lingkungan atau lapisan dalam kulit.
  • Hyaluronic acid memiliki kemampuan menarik air yang sangat tinggi, yaitu satu berat molekul dapat menarik 1000 kali air. Oleh sebab itu, kandungan hyaluronic acid sangat efektif dalam menghidrasi kulit.

Krim pelembap dengan ceramide untuk kulit kering: Untuk memperbaiki skin barrier

Pakar
Pakar

Kulit kering dengan skin barrier terganggu memerlukan pelembap yang bisa mengisi celah-celah pada lapisan pelindung kulit. Nah, ceramide dan minyak bekerja sinergis untuk memperbaiki skin barrier

Krim pelembap dengan ceramide untuk kulit kering: Untuk memperbaiki skin barrier

Seperti yang telah disebut sebelumnya, perawatan kulit yang tidak tepat dapat mengganggu atau merusak skin barrier. Salah satu contohnya adalah menggunakan sabun yang kurang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Terganggunya skin barrier dan kurangnya sebum atau minyak alami menjadi dua faktor utama yang membuat kulit kering. Oleh karena itu, pemilik kulit kering disarankan untuk menggunakan pelembap yang berbasis minyak, seperti krim.


Selain mengatasi kekurangan minyak, krim tersebut juga harus mampu mengisi "celah-celah" pada skin barrier agar pertahanan kulit kembali utuh. Nah, ceramide adalah lemak alami yang membentuk barrier kulit. Oleh sebab itu, penggunaan ceramide dapat membantu memperbaiki dan mengembalikan skin barrier

Jika kulit kering rentan terhadap iritasi, pertimbangkan untuk menggunakan bahan aktif yang melembapkan dan menenangkan kulit, seperti allantoin. Lalu, bagaimana bila jenis kulit Anda normal? Pemilik kulit normal bebas memilih tekstur pelembap yang paling dirasa nyaman. Bahan-bahan aktif di atas juga dapat dipilih oleh kulit normal.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Ibu menyusui perlu banyak air untuk produksi ASI. Bila asupan airnya tidak cukup, biasanya persediaan air di badan ibu yang akan 'diambil'. Akibatnya, kulit akan jadi benar-benar kering. Jadi, setelah melahirkan, utamakan skincare yang gentle dan moisturizing, serta konsumsi banyak air.

3

Pertimbangkan physical sunscreen untuk perlindungan kulit Anda; Namun, chemical sunscreen pilihan lebih optimal jika kulit Anda berjerawat

Pakar
Pakar

Physical sunscreen bekerja di permukaan kulit. Dibandingkan chemical sunscreen, opsi ini lebih aman sebab tidak ada bahan aktif yang terserap ke dalam kulit. Akan tetapi, pembentukan lapisan di permukaan kulit berisiko menutupi pori-pori dan memicu jerawat. Karena itu, bila Anda berjerawat, chemical sunscreen adalah pilihan yang lebih baik.

Pertimbangkan physical sunscreen untuk perlindungan kulit Anda; Namun, chemical sunscreen pilihan lebih optimal jika kulit Anda berjerawat

Physical sunscreen adalah jenis tabir surya yang bekerja dengan cara membentuk lapisan di atas kulit untuk memantulkan sinar UV. Metode ini dianggap lebih aman karena bahan aktifnya tidak meresap ke dalam kulit. Meskipun demikian, penggunaan chemical atau hybrid sunscreen juga diperbolehkan jika kondisi kulit Anda baik (intact/tidak sensitif). 


Physical sunscreen dapat menjadi pilihan utama bagi ibu menyusui, terlebih bila Anda khawatir tentang penyerapan bahan aktif. Hal ini karena cara kerja physical sunscreen betul-betul hanya sebagai "tameng" di permukaan kulit. Walaupun cocok untuk berbagai jenis kulit, penggunaan physical sunscreen sebaiknya dihindari jika ibu menyusui memiliki kulit acne prone.


Jerawat atau komedo sering kali disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Nah, physical sunscreen sebaiknya dihindari karena membentuk lapisan dan berpotensi menyumbat pori-pori. Sebagai gantinya, chemical sunscreen yang diserap oleh kulit dan tidak memicu penyumbatan pori-pori mungkin lebih tepat untuk kulit berjerawat.


Anda tidak perlu bingung membedakan kedua jenis sunscreen ini karena produsen biasanya dengan jelas mencantumkan jenisnya pada label produk. Jika Anda ingin lebih yakin, periksa kandungannya:

 

  • Physical sunscreen umumnya mengandung bahan aktif zinc oxide atau titanium dioxide 
  • Chemical sunscreen kebanyakan hanya disebut sebagai "sunscreen" dan mengandung bahan aktif seperti ethylhexyl salicylate, ethylhexy triazone, diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate

Yuk, temukan perbedaan serta manfaat physical sunscreen dan chemical sunscreen untuk kulit Anda. Kami telah menyiapkan pembahasannya pada tautan berikut ini.

4

Bila muncul jerawat ringan dalam periode menyusui, silakan cari kandungan salicylic acid <2% dan benzoyl peroxide <2,5% atau bahan yang lebih mild seperti niacinamide, dan Centella asiatica

Pakar
Pakar

Bahan-bahan di atas merupakan bahan aktif yang diketahui memiliki efek antiradang dan relatif aman. Namun, penggunaan skincare dengan kandungan salicylic acid dan benzoyl peroxide harus di bawah persentase yang disarankan. Alasannya, kadar kedua bahan aktif di atas persentase tersebut berisiko tinggi memicu iritasi.

Bila muncul jerawat ringan dalam periode menyusui, silakan cari kandungan salicylic acid <2% dan benzoyl peroxide <2,5% atau bahan yang lebih mild seperti niacinamide, dan Centella asiatica

Pada sebagian ibu hamil, ada beberapa hal yang memicu munculnya jerawat, yaitu: 


  • Perubahan hormon 
  • Asupan suplemen, seperti vitamin yang umumnya dikonsumsi dalam dosis tinggi selama kehamilan


Ada beberapa bahan yang dapat dipertimbangkan dalam produk over the counter untuk meredakan jerawat selama kehamilan. Meskipun demikian, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan dan dermatologist saat Anda mengalami masalah jerawat dalam periode kehamilan. Bahan-bahan tersebut, antara lain: 


  • Salicylic acid <2%

Salicylic acid diketahui efektif untuk meredakan peradangan jerawat. Kadar salicylic acid yang masih relatif aman adalah kurang dari 2%. Kandungan ini dianggap aman digunakan dalam periode menyusui karena kecil kemungkinan bahan aktifnya terserap ke dalam ASI. Meskipun demikian, hindari menggunakan skincare pada area yang terkena kontak langsung dengan bayi, seperti jerawat pada dada. 


  • Benzoyl peroxide <2,5%
Benzoyl peroxide juga efektif sebagai antiradang untuk jerawat. Akan tetapi, penggunaannya pada ibu hamil sebaiknya dibatasi hingga 2,5% untuk menghindari risiko iritasi.

  • Niacinamide

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang memiliki sejumlah manfaat untuk kulit. Penggunaan niacinamide pada ibu menyusui umumnya dianggap aman. Kandungan niacinamide yang relatif aman dalam formula skincare untuk ibu menyusui adalah 5%.


  • Centella asiatica 

Centella asiatica, atau pegagan, juga memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan ini biasanya digunakan untuk membantu meredakan jerawat, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan kulit.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Selain itu, ibu menyusui juga bisa menggunakan clay mask seminggu sekali. Hasilnya, kulit Anda akan terbebas dari minyak berlebih dan risiko munculnya jerawat menjadi lebih kecil.

5

Untuk membantu mencerahkan kulit kusam atau flek hitam bekas jerawat, pertimbangkan kandungan kojic acid, tranexamic acid, AHA, dan vitamin C

Pakar
Pakar

Brightening agent tersebut terbukti efektif mencerahkan kulit dan relatif aman. Kojic acid, tranexamic acid, dan vitamin C mencerahkan kulit dengan menghambat produksi pigmen warna kulit. AHA akan melonggarkan ikatan antar sel sehingga sel kulit mati lepas dan memunculkan kulit baru yang sehat dan cerah.

Untuk membantu mencerahkan kulit kusam atau flek hitam bekas jerawat, pertimbangkan kandungan kojic acid, tranexamic acid, AHA, dan vitamin C
Hingga saat ini, hydroquinone masih dianggap sebagai gold standard agen pencerah kulit dalam bidang dermatologi. Bahan ini memiliki tingkat penyerapan yang tinggi, mencapai sekitar 45%. Oleh karena potensi dan efek sampingnya yang cukup tinggi, hydroquinone termasuk dalam kategori obat keras. Penggunaannya pun harus di bawah pengawasan dokter. 

Pada produk skincare over the counter (OTC) di pasaran terdapat bahan aktif turunan hydroquinone, yaitu alpha arbutin. Alpha arbutin relatif efektif untuk mencerahkan dan lebih aman dari hyroquinone. Namun, jika khawatir tentang penyerapan alpha arbutin karena keterkaitannya dengan hydroquinone, Anda disarankan untuk menghindari penggunaannya saat menyusui. Meskipun demikian, masih ada beberapa bahan aktif lain sebagai pengganti yang dapat Anda pertimbangkan untuk mencerahkan kulit, di antaranya:


  • Kojic acid dan tranexamic acid
Kojic acid relatif aman sebab sumbernya natural, yaitu dari fermentasi beras, anggur, dan lain-lain. Sementara itu, tranexamic acid dibuat dari sintetis asam amino lysine sehingga aman juga untuk ibu menyusui. Kedua bahan ini bekerja dengan cara menghambat produksi pigmen melanin dalam kulit. Anda dapat mempertimbangkannya untuk membantu mengatasi noda hitam, seperti bekas jerawat. Produk skincare yang mengandung kojic acid dan tranexamic acid dapat diintegrasikan ke dalam rutinitas perawatan kulit pada malam hari.

  • Vitamin C
Seperti kojic acid dan tranexamic acid, vitamin C juga menghambat produksi pigmen warna melanin. Keunggulannya, vitamin C memiliki efek antioksidan. Oleh karena itu, skincare dengan kandungan vitamin C cocok digunakan pada pagi hari. Fungsinya adalah untuk melindungi kulit Anda dari radikal bebas dan efek sinar matahari.

  • AHA (alpha hydroxy acid)

Jika masalah utama Anda adalah kulit kusam, AHA adalah opsi yang lebih tepat. Kulit kusam sering disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati dan dapat diatasi dengan eksfoliasi. AHA efektif melonggarkan ikatan antar sel kulit sehingga memudahkan pengangkatan sel kulit mati. Pilihlah AHA dengan konsentrasi <10% untuk menghindari iritasi. Beberapa contoh bahan AHA yang dapat dipilih, yaitu glycolic acid, lactic acid, dan citric acid

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari
Agar efeknya optimal, sebaiknya Anda memilih skincare pencerah dalam bentuk gel atau krim. Namun, pastikan Anda tidak memakai krim racikan yang tidak jelas dokter peraciknya berpraktik di mana. Selain itu, mengingat keamanannya masih dipertanyakan, produk dengan label 'krim pemutih' tidak boleh digunakan oleh siapa pun.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Skincare untuk Ibu Menyusui Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Skincare untuk Ibu Menyusui terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 27 Maret 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis
Kandungan pelembap
Isi
Aman untuk kulit sensitif
Kandungan antibakteri
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan lainnya
Fungsi/manfaat
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisiko
Varian produk lain
1

Wardah

UV Shield Essential Gel Sunscreen Serum SPF 35 PA+++

Wardah UV Shield Essential Gel Sunscreen Serum SPF 35 PA+++ 1

Rp37.500

Agak Murah

Teksturnya ringan dan cepat meresap, tidak membuat wajah makin berminyak

Sunscreen

Niacinamide, butylene glycol, glycerin, glucose, Scutellaria baicalensis root extract

40 ml

Tidak diketahui

Chlorphenesin, Scutellaria baicalensis root extract

Allantoin, Scutellaria baicalensis root extract

Arbutin, citric acid, Saxifraga sarmentosa extract, Paeonia suffruticosa Rroot extract, aminopropyl ascorbyl phosphate, glutathione

Membantu mengatasi kulit kusam dari paparan blue light, mencegah penuaan dini, menghindari munculnya bintik hitam di wajah, melindungi dari risiko kanker kulit

(Octocrylene)

2

NPURE

Noni Probiotics "Cleanse Me Softly" Gel Cleanser

NPURE Noni Probiotics "Cleanse Me Softly" Gel Cleanser 1

Rp45.500

Agak Murah

Membersihkan kulit wajah sembari menjaga skin barrier

Cleanser

Glycerin, betaine, butylene glycol, Quillaja saponaria bark extract, ceramide NP

50 ml, 100 ml

Ya

Leuconostoc/radish root ferment Filtrate

Bisabolol, Anthemis nobilis flower extract, allantoin, Lactobacillus ferment

Morinda citrifolia fruit extract, citric acid, caffeine, Lactobacillus/​soybean ferment extract, Lactobacillus/​acerola cherry ferment, Lactococcus ferment, bifida ferment filtrate, Lactococcus ferment lysate, Lactobacillus/​Punica granatum fruit ferment extract, Lactobacillus ferment lysate

Mmbersihkan kulit wajah dari debu dan kotoran tanpa mengganggu keutuhan barrier kulit

3

Sensatia Botanicals

Cleopatra's Rose Facial Cleanser

Sensatia Botanicals Cleopatra's Rose Facial Cleanser 1

Rp150.000

Menengah

Rasakan kelembutan alami dan kesegaran mawar setiap hari

Cleanser

Aloe barbadensis leaf juice, glycerin (vegetable), wheat germ oil

220 ml

Ya

Tidak diketahui

Aloe barbadensis leaf juice

Strawberry extract, Pelargonium graveolens oil, tocopherol, citric acid, lemon peel oil, Hibiscus sabdariffa flower extract, rose extract

Membersihkan sembari melembutkan dan menguatkan lapisan kulit

Tidak diketahui

4

Mama's Choice

Daily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++

Mama's Choice Daily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++ 1

Rp139.000

Menengah

Atasi kulit kering pada bumil dan busui dengan kandungan pelembapnya

Pelembap

Shea butter, glycerin, butylene glycol, sodium hyaluronate, hyaluronic acid

30 ml

Ya

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Ethyl lauroyl arginate HCL, citric acid, tocopheryl acetate, rice extract, orange oil

Melembapkan, mencerahkan, sekaligus melindungi dari efek buruk sinar UV

Tidak diketahui

5

LABORÉ

BiomeProtect™ Physical Sunscreen

LABORÉ BiomeProtect™ Physical Sunscreen 1

Rp64.000

Agak Murah

100% mineral filter, lebih minim risiko alergi

Sunscreen

Biosaccharide gum-1, propanediol, saccharide isomerate

10 ml, 30 ml

Ya

Tidak diketahui

Biosaccharide gum-1, bisabolol

Cyclopentasiloxane, dimethicone, bifida ferment lysate, citric acid, Artemisia capillaris flower extract

Efektif menangkal sinar UVA UVB, blue light, dan radikal bebas dari polusi hingga 98%

Tidak diketahui

6

Beeme

Honey Sunscreen Lotion with Niacinamide SPF 50

Beeme Honey Sunscreen Lotion with Niacinamide SPF 50 1

Rp129.000

Menengah

Sunscreen yang aman untuk semua usia, bahkan untuk bayi umur 6 bulan!

Sunscreen

Niacinamide, honey extract, Aloe vera barbadensis leaf extract

20 g

Ya

Tidak diketahui

Aloe vera barbadensis leaf extract

Propylene glycol, olive oil

Melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari dan menjaga kelembapan kulit sepanjang hari

Tidak diketahui

7

Harletté

Oatmilk Gentle Facial Wash

Harletté Oatmilk Gentle Facial Wash 1

Rp19.900

Lebih Murah

Dengan oat, susu, dan rice bran yang efektif menjaga kelembapan

Cleanser

Glycerin, butylene glycol, Avena sativa (oat) kernel extract, inositol, sodium hyaluronate, sodium lactate

10 g, 100 g

Ya

Tidak diketahui

Avena sativa (oat) kernel extract, Avena sativa (oat) kernel flour, rice bran extract, bisabolol

Chamomilla recutita (matricaria) extract, citric acid

Membersihkan kulit wajah dari debu dan kotoran, menjaga kelembapan alami kulit dan kesehatan skin barrier

Tidak diketahui

8

RIVYA

Backhousia Sleep Care Infused Serum

RIVYA Backhousia Sleep Care Infused Serum 1

Rp159.000

Menengah

Dapatkan kulit yang lembut dan cerah tanpa risiko iritasi

Serum

Glycerin, Aloe barbadensis leaf extract, Avena sativa (oat) kernel extract, propanediol

20 ml

Ya

Tidak diketahui

Aloe barbadensis leaf extract, allantoin, Avena sativa (oat) kernel extract, Camellia sinensis leaf extract

Artemisia vulgaris extract, Backhousia citriodora leaf extract, Nelumbo nucifera leaf extract, Psidium guajava leaf extract, Angelica gigas extract, Citrus aurantifolia oil, pentaerythrityl tetra-di-t-butyl hydroxyhydrocinnamate, Cymbopogon citratus leaf oil

Memberi kelembapan maksimal ke kulit wajah, melembutkan, dan mengandung bahan anti-acne yang membantu merawat kulit berjerawat

Tidak diketahui

9

ClickHouse

Pregnant and Nursing Skin Care Series

ClickHouse Pregnant and Nursing Skin Care Series 1

Rp209.000

Agak Mahal

Paket perawatan kulit yang aman dan efektif untuk ibu hamil dan menyusui

Cleanser, sunscreen, night cream

Tidak diketahui

100 ml (cleanser), 10 g (sunscreen), 10 g (night cream)

Ya

Tidak diketahui

Tidak diketahui

AHA

Paket skincare yang dibuat khusus untuk membantu ibu hamil dan menyusui dalam membersihkan wajah, melembapkan, meremajakan kulit, dan meliindungi dari sinar UV

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

10

Bening's Skincare

Acne Skincare Mother Edition

Bening's Skincare Acne Skincare Mother Edition 1

Rp500.000

Lebih Mahal

Empaskan masalah jerawat dan beruntusan pada bumil dan busui

Cleanser, toner, day cream, night cream

Tidak diketahui

100 ml (cleanser), 100 ml (toner), 12,5 g (day cream), 12,5 g (night cream)

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Menghilangkan jerawat dan beruntusan khusus ibu hamil dan menyusui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

WardahUV Shield Essential Gel Sunscreen Serum SPF 35 PA+++

UV Shield Essential Gel Sunscreen Serum SPF 35 PA+++ 1
Sumber: wardahbeauty.com
UV Shield Essential Gel Sunscreen Serum SPF 35 PA+++ 2
Sumber: shopee.co.id
UV Shield Essential Gel Sunscreen Serum SPF 35 PA+++ 3
Sumber: shopee.co.id
UV Shield Essential Gel Sunscreen Serum SPF 35 PA+++ 4
Sumber: shopee.co.id
UV Shield Essential Gel Sunscreen Serum SPF 35 PA+++ 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp37.500
Agak Murah
Harga referensi
Rp37.500
Agak Murah
JenisSunscreen
Kandungan pelembapNiacinamide, butylene glycol, glycerin, glucose, Scutellaria baicalensis root extract
Aman untuk kulit sensitif
Tidak diketahui

Teksturnya ringan dan cepat meresap, tidak membuat wajah makin berminyak

Salah satu mitos menyesatkan mengenai sunscreen adalah dapat membuat wajah makin berminyak sehingga banyak pemilik kulit berminyak menghindarinya. Padahal, Anda hanya perlu memilih sunscreen yang bertekstur ringan dan noncomedogenic. Salah satu contoh produknya adalah suncreen gel dari Wardah ini.


Sunscreen gel dari seri UV Shield ini tidak hanya memiliki tekstur yang ringan, tetapi juga bebas alkohol. Produk ini juga mengandung bisabolol yang dapat meredakan kemerahan akibat paparan sinar matahari. Dengan teknologi SkinBoost DNA™, sunscreen ini akan melindungi dari sinar UVA/UVB dan blue light. Produk ini cocok bagi Anda yang mencari sunscreen untuk wajah berminyak.

Isi40 ml
Kandungan antibakteri Chlorphenesin, Scutellaria baicalensis root extract
Kandungan anti-inflamasiAllantoin, Scutellaria baicalensis root extract
Kandungan lainnyaArbutin, citric acid, Saxifraga sarmentosa extract, Paeonia suffruticosa Rroot extract, aminopropyl ascorbyl phosphate, glutathione
Fungsi/manfaatMembantu mengatasi kulit kusam dari paparan blue light, mencegah penuaan dini, menghindari munculnya bintik hitam di wajah, melindungi dari risiko kanker kulit
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisiko(Octocrylene)
Varian produk lain
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

NPURENoni Probiotics "Cleanse Me Softly" Gel Cleanser

Harga referensi
Rp45.500
Agak Murah
JenisCleanser
Kandungan pelembapGlycerin, betaine, butylene glycol, Quillaja saponaria bark extract, ceramide NP
Aman untuk kulit sensitif
Ya

Membersihkan kulit wajah sembari menjaga skin barrier

Sabun wajah ini diciptakan tanpa SLS, paraben, maupun bahan alergen yang berpotensi memicu iritasi. Sabun ini juga memiliki formula pH seimbang dan probiotik untuk menjaga keseimbangan microbiome kulit. Alhasil, skin barrier lebih terjaga dan terhindar dari jerawat, kemerahan, atau kulit mengelupas.


Untuk kelembapan dan efek menenangkan, produk ini juga dilengkapi ceramide. Pembersih wajah ini diklaim dapat dipakai untuk semua usia, bahkan aman untuk bumil dan busui. Jadi, satu pembersih dapat dipakai untuk satu keluarga!

Isi50 ml, 100 ml
Kandungan antibakteriLeuconostoc/radish root ferment Filtrate
Kandungan anti-inflamasiBisabolol, Anthemis nobilis flower extract, allantoin, Lactobacillus ferment
Kandungan lainnyaMorinda citrifolia fruit extract, citric acid, caffeine, Lactobacillus/​soybean ferment extract, Lactobacillus/​acerola cherry ferment, Lactococcus ferment, bifida ferment filtrate, Lactococcus ferment lysate, Lactobacillus/​Punica granatum fruit ferment extract, Lactobacillus ferment lysate
Fungsi/manfaatMmbersihkan kulit wajah dari debu dan kotoran tanpa mengganggu keutuhan barrier kulit
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisiko
Varian produk lain
View all
No.3

Sensatia BotanicalsCleopatra's Rose Facial Cleanser

Harga referensi
Rp150.000
Menengah
JenisCleanser
Kandungan pelembapAloe barbadensis leaf juice, glycerin (vegetable), wheat germ oil
Aman untuk kulit sensitif
Ya

Rasakan kelembutan alami dan kesegaran mawar setiap hari

Rasakan kelembutan alami dengan Sensatia Botanicals Cleopatra's Rose Facial Cleanser! Diformulasikan dengan bahan-bahan alami dan ramah lingkungan, pembersih wajah ini membersihkan kulit tanpa mengeringkannya. Formula lembut dengan aroma mawarnya menenangkan kulit dan memberikan pengalaman pembersihan yang menyegarkan.


Produk ini cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif, yang membutuhkan perawatan lembut dan alami. Bebas dari sulfat, paraben, phthalate, maupun silikon, cleanser ini diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Isi220 ml
Kandungan antibakteriTidak diketahui
Kandungan anti-inflamasiAloe barbadensis leaf juice
Kandungan lainnyaStrawberry extract, Pelargonium graveolens oil, tocopherol, citric acid, lemon peel oil, Hibiscus sabdariffa flower extract, rose extract
Fungsi/manfaatMembersihkan sembari melembutkan dan menguatkan lapisan kulit
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisikoTidak diketahui
Varian produk lain
View all
No.4

Mama's ChoiceDaily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++

Harga referensi
Rp139.000
Menengah
JenisPelembap
Kandungan pelembapShea butter, glycerin, butylene glycol, sodium hyaluronate, hyaluronic acid
Aman untuk kulit sensitif
Ya

Atasi kulit kering pada bumil dan busui dengan kandungan pelembapnya

Kulit yang cenderung kering dan kusam cukup sering dialami ibu hamil dan menyusui akibat perubahan hormon. Jika Anda sedang mengalaminya, gunakan sunscreen produksi Mama's Choice ini. Produk ini diperkaya dengan banyak bahan pelembap aktif, antara lain, hyaluronic acid, sodium hyaluronate, glycerin, dan shea butter.


Daily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++ juga mengandung rice extract yang ampuh untuk membuat kulit lebih bercahaya. Bisa dibilang produk ini adalah gabungan antara pelembap dan sunscreen yang aman untuk ibu hamil. Mengandung SPF 20 dan PA++, produk ini cocok dipakai saat Anda perlu keluar rumah sebentar.

Isi30 ml
Kandungan antibakteriTidak diketahui
Kandungan anti-inflamasiTidak diketahui
Kandungan lainnyaEthyl lauroyl arginate HCL, citric acid, tocopheryl acetate, rice extract, orange oil
Fungsi/manfaatMelembapkan, mencerahkan, sekaligus melindungi dari efek buruk sinar UV
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisikoTidak diketahui
Varian produk lain
View all
No.5

LABORÉBiomeProtect™ Physical Sunscreen

Harga referensi
Rp64.000
Agak Murah
JenisSunscreen
Kandungan pelembapBiosaccharide gum-1, propanediol, saccharide isomerate
Aman untuk kulit sensitif
Ya

100% mineral filter, lebih minim risiko alergi

Sunscreen LABORÉ berisi 100% mineral filter, yaitu zinc oxide dan titanium oxide, yang minim risiko alergi pada kulit sensitif. Tak hanya itu, produk ini juga memiliki formulasi yang hypoallergenic, non-comedogenic, dan non-acnegenic. Jadi, kulit yang rentan berjerawat pun bisa memakainya.


Produk ini dibuat dengan microbiome technology yang membantu menjaga kekuatan skin barrier. Selain itu, sunscreen ini juga dilengkapi broad spectrum protection sehingga dapat menangkal radiasi sinar biru. Tak perlu khawatir lagi dengan blue light dari gadget!

Isi10 ml, 30 ml
Kandungan antibakteriTidak diketahui
Kandungan anti-inflamasiBiosaccharide gum-1, bisabolol
Kandungan lainnyaCyclopentasiloxane, dimethicone, bifida ferment lysate, citric acid, Artemisia capillaris flower extract
Fungsi/manfaatEfektif menangkal sinar UVA UVB, blue light, dan radikal bebas dari polusi hingga 98%
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisikoTidak diketahui
Varian produk lain
View all
No.6

BeemeHoney Sunscreen Lotion with Niacinamide SPF 50

Harga referensi
Rp129.000
Menengah
JenisSunscreen
Kandungan pelembapNiacinamide, honey extract, Aloe vera barbadensis leaf extract
Aman untuk kulit sensitif
Ya

Sunscreen yang aman untuk semua usia, bahkan untuk bayi umur 6 bulan!

Memiliki nilai SPF yang cukup tinggi, sunscreen yang satu ini  cocok digunakan pada pagi hari sebelum Anda mulai beraktivitas. Tekstur lotion-nya sangat lembut sehingga terasa nyaman saat Anda gunakan. Produk ini juga memberikan efek tone up atau menaikkan warna kulit satu tingkat dari warna kulit asli.


Produk ini terbuat dari bahan-bahan alami. Oleh karena itu, sunscreen ini aman digunakan untuk segala usia. Dari bayi usia 6 bulan, anak-anak, bahkan ibu hamil dan menyusui, semua bisa menggunakannya. 

Isi20 g
Kandungan antibakteriTidak diketahui
Kandungan anti-inflamasiAloe vera barbadensis leaf extract
Kandungan lainnyaPropylene glycol, olive oil
Fungsi/manfaatMelindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari dan menjaga kelembapan kulit sepanjang hari
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisikoTidak diketahui
Varian produk lain
View all
No.7

HarlettéOatmilk Gentle Facial Wash

Harga referensi
Rp19.900
Lebih Murah
JenisCleanser
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol, Avena sativa (oat) kernel extract, inositol, sodium hyaluronate, sodium lactate
Aman untuk kulit sensitif
Ya

Dengan oat, susu, dan rice bran yang efektif menjaga kelembapan

Jika Anda mencari sabun wajah yang lembut, cobalah Harletté Oatmilk Gentle Facial Wash. Kandungan utamanya berupa oat, susu, dan rice bran yang bisa menenangkan, melembapkan, dan menjaga keseimbangan pH kulit. Kulit akan tetap terasa lembap dan bebas rasa tertarik setelah menggunakannya.

Di dalam sabun ini terdapat butiran halus oat yang berguna mengeksfoliasi sekaligus menenangkan kulit. Formulasinya bebas SLS, alkohol, dan paraben sehingga bisa digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Isi10 g, 100 g
Kandungan antibakteriTidak diketahui
Kandungan anti-inflamasiAvena sativa (oat) kernel extract, Avena sativa (oat) kernel flour, rice bran extract, bisabolol
Kandungan lainnyaChamomilla recutita (matricaria) extract, citric acid
Fungsi/manfaatMembersihkan kulit wajah dari debu dan kotoran, menjaga kelembapan alami kulit dan kesehatan skin barrier
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisikoTidak diketahui
Varian produk lain
View all
No.8

RIVYABackhousia Sleep Care Infused Serum

Harga referensi
Rp159.000
Menengah
JenisSerum
Kandungan pelembapGlycerin, Aloe barbadensis leaf extract, Avena sativa (oat) kernel extract, propanediol
Aman untuk kulit sensitif
Ya

Dapatkan kulit yang lembut dan cerah tanpa risiko iritasi

Dirancang khusus untuk kulit sensitif, produk ini memberikan kelembapan ekstra dan memperbaiki skin barrier untuk mengurangi iritasi. Formulanya juga diklaim aman bagi ibu hamil dan menyusui. Karena itu, serum ini cocok untuk para ibu yang ingin menjaga kulit tetap sehat dan terawat tanpa mengkhawatirkan bahan-bahan berbahaya. Dapatkan manfaat perbaikan kulit yang sempurna dengan RIVYA Backhousia Sleep Care Infused Serum.

Isi20 ml
Kandungan antibakteriTidak diketahui
Kandungan anti-inflamasiAloe barbadensis leaf extract, allantoin, Avena sativa (oat) kernel extract, Camellia sinensis leaf extract
Kandungan lainnya Artemisia vulgaris extract, Backhousia citriodora leaf extract, Nelumbo nucifera leaf extract, Psidium guajava leaf extract, Angelica gigas extract, Citrus aurantifolia oil, pentaerythrityl tetra-di-t-butyl hydroxyhydrocinnamate, Cymbopogon citratus leaf oil
Fungsi/manfaatMemberi kelembapan maksimal ke kulit wajah, melembutkan, dan mengandung bahan anti-acne yang membantu merawat kulit berjerawat
Alkohol
Pewangi kimia
Paraben
Kandungan bahan yang berisikoTidak diketahui
Varian produk lain
View all
No.9

ClickHousePregnant and Nursing Skin Care Series

Harga referensi
Rp209.000
Agak Mahal
JenisCleanser, sunscreen, night cream
Kandungan pelembapTidak diketahui
Aman untuk kulit sensitif
Ya

Paket perawatan kulit yang aman dan efektif untuk ibu hamil dan menyusui

Dapatkan perawatan kulit yang aman dan efektif selama kehamilan dan menyusui dengan Pregnant and Nursing Skin Care Series. Rangkaian produk ini diciptakan khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Bahan-bahannya yang alami dan lembut tetap efektif dalam merawat kulit sensitif.


Paket produk ini pas untuk ibu hamil dan menyusui yang mengutamakan kepraktisan dan keamanan dalam menjaga kulit tetap sehat. Tak perlu lagi repot membeli produk satu per satu karena paket lengkap ini sudah menyediakan semua kebutuhan kulit Anda. 

Isi100 ml (cleanser), 10 g (sunscreen), 10 g (night cream)
Kandungan antibakteriTidak diketahui
Kandungan anti-inflamasiTidak diketahui
Kandungan lainnyaAHA
Fungsi/manfaatPaket skincare yang dibuat khusus untuk membantu ibu hamil dan menyusui dalam membersihkan wajah, melembapkan, meremajakan kulit, dan meliindungi dari sinar UV
AlkoholTidak diketahui
Pewangi kimiaTidak diketahui
Paraben Tidak diketahui
Kandungan bahan yang berisikoTidak diketahui
Varian produk lain
View all
No.10

Bening's SkincareAcne Skincare Mother Edition

Harga referensi
Rp500.000
Lebih Mahal
JenisCleanser, toner, day cream, night cream
Kandungan pelembapTidak diketahui
Aman untuk kulit sensitif
Tidak diketahui

Empaskan masalah jerawat dan beruntusan pada bumil dan busui

Ibu hamil dan menyusui tidak boleh sembarang menggunakan skincare khusus jerawat. Padahal, hormon kehamilan terkadang membuat kulit kerap beruntusan. Coba atasi dengan paket khusus dari Bening's Skincare ini. Berisi cleanser, toner, day cream, dan night cream, masalah jerawat dan beruntusan pada bumil dan busui akan teratasi. Anda bisa menjalani kehamilan dengan tenang tanpa merisaukan masalah jerawat.

Isi100 ml (cleanser), 100 ml (toner), 12,5 g (day cream), 12,5 g (night cream)
Kandungan antibakteriTidak diketahui
Kandungan anti-inflamasiTidak diketahui
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Fungsi/manfaatMenghilangkan jerawat dan beruntusan khusus ibu hamil dan menyusui
AlkoholTidak diketahui
Pewangi kimiaTidak diketahui
Paraben Tidak diketahui
Kandungan bahan yang berisikoTidak diketahui
Varian produk lain
View all

5 Rekomendasi Skincare untuk Ibu Menyusui terbaik

No. 1: WardahUV Shield Essential Gel Sunscreen Serum SPF 35 PA+++

No. 2: NPURENoni Probiotics "Cleanse Me Softly" Gel Cleanser

No. 3: Sensatia BotanicalsCleopatra's Rose Facial Cleanser

No. 4: Mama's ChoiceDaily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++

No. 5: LABORÉBiomeProtect™ Physical Sunscreen

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Skincare untuk Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.