mybest
Mesin cuci

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Mesin cuci
  4. 10 Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik [Ditinjau oleh Product Reviewer]
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik  [Ditinjau oleh Product Reviewer] 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik  [Ditinjau oleh Product Reviewer] 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik  [Ditinjau oleh Product Reviewer] 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik  [Ditinjau oleh Product Reviewer] 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik  [Ditinjau oleh Product Reviewer] 5

10 Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik [Ditinjau oleh Product Reviewer]

Dari sekian jenis mesin cuci, mesin cuci 2 tabung tetap menjadi primadona bagi sebagian orang. Jangan salah, mesin cuci 2 tabung memiliki keunggulan yang tidak dimiliki jenis lain. Kapasitas besar serta konsumsi daya listrik yang cenderung lebih hemat adalah dua di antara beberapa kelebihannya.

Sharp, Polytron, dan LG adalah beberapa merek mesin cuci terbaik 2 tabung yang populer di pasaran. Lalu, bagaimana cara menemukan mesin cuci 2 tabung yang bagus dan awet? Nah, kami dan Awan Feri Sulaeman, retail home appliances product reviewer, akan membagikan tips memilihnya. Selamat membaca!

Diperbaharui 29/11/2023
Awan Feri Sulaeman
Pakar
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Awan Feri Sulaeman merupakan praktisi pada bidang retail elektronik rumah tangga yang berpengalaman lebih dari 13 tahun. Awan mengawali karir profesionalnya pada perusahan multinasional sebagai Product Consultant. Ia kemudian mendapatkan promosi setelah menyelesaikan pendidikan pascasarjana. Dengan pengalaman yang dimilikinya terkait produk elektronik rumahan, Awan aktif melakukan review serta membagikan tips & trick pada channel YouTube-nya, "Awan Feris”.

Profil Awan Feri Sulaeman
Lanjut membaca
Dominiko Dhany
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dominiko Dhany

Sejak 2020, Dominiko menikmati berkarya di mybest sambil menyortir barang unik yang layak masuk keranjang belanjanya. Petualangan bersama mybest membawanya menjelajah bermacam kategori produk, dari komputer, olahraga, outdoor gear, otomotif, hingga elektronik rumah tangga. Pengalaman itu menjadi catatan manis dalam kariernya di bidang content creation selama 8 tahun. Ia bahkan tak mengira kalau berkontribusi di mybest memberinya pengetahuan soal skincare dan alat musik. Mungkin fashion atau bumbu masak akan menjadi pelabuhan berikutnya? Siapa tahu!

Profil Dominiko Dhany
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa keunggulan mesin cuci 2 tabung dari mesin cuci 1 tabung?

Apa keunggulan mesin cuci 2 tabung dari mesin cuci 1 tabung?

Mesin cuci dua tabung atau twin tub merupakan mesin cuci yang memiliki dua tabung yaitu tabung pencuci dan tabung pengering. Lantas, apa keunggulan mesin cuci dua tabung dibandingkan mesin cuci satu tabung? Simak pemaparannya di bawah ini.


  • Harganya lebih terjangkau daripada mesin cuci satu tabung. Hal ini karena mesin cuci dua tabung umumnya memiliki fitur lebih sederhana dan dibuat dari bahan plastik.

  • Dayanya konstan selama digunakan dan tergolong rendah. Itu sebabnya mesin cuci dua tabung cocok untuk rumah yang daya listriknya terbatas.

  • Mesin cuci dua tabung idak butuh tekanan air yang kencang, bahkan bisa dituang air secara manual. Hal ini berbeda dengan mesin cuci satu tabung yang tidak berfungsi pada tekanan air rendah.

  • Cara penggunaan mudah. Hanya dengan sekali putar, mesin cuci dua tabung sudah bisa beroperasi. Twin tub bahkan tidak dibekali tombol ON/OFF.

  • Biaya perawatan lebih ekonomis. Mesin cuci dua tabung memiliki risiko kerusakan kecil. Kalaupun terjadi kerusakan, spare part mesin cuci dua tabung mudah didapat dan harganya relatif terjangkau. Sementara itu, harga spare part mesin cuci satu tabung tergolong tinggi, terutama pada tipe front loading.
Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Twin tub juga bisa menjadi mesin cuci tambahan untuk baju-baju yang tidak terlalu kotor. Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan baju dari penggunaan sehari-hari atau keringat. Hal ini karena twin tub bisa mencuci dengan cepat sehingga lebih hemat waktu dan energi.

Cara memilih Mesin Cuci 2 Tabung

Terdapat lima poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli mesin cuci dua tabung. Tentukanlah pilihan Anda berdasarkan kapasitas, material, mode pencucian, fitur, dan layer-nya. Yuk, langsung saja disimak!

1

Sesuaikan kapasitasnya dengan jumlah orang dan kebiasaan mencuci, misalnya kapasitas 10 kg cocok untuk 5 orang

Sesuaikan kapasitasnya dengan jumlah orang dan kebiasaan mencuci, misalnya kapasitas 10 kg cocok untuk 5 orang

Kapasitas berhubungan dengan jumlah anggota keluarga di rumah, kebiasaan berganti pakaian, dan jenis cucian. Gambarannya adalah sebagai berikut.


  • Untuk 1-2 orang, cukup gunakan kapasitas 6-7 kg
  • Untuk 3-4 orang, kapasitas idealnya adalah 8-9 kg
  • Untuk 5 orang atau lebih, pilih 10 kg ke atas

Perlu dicatat, kapasitas tersebut lebih cocok untuk pengguna yang berganti pakaian maksimal dua kali sehari. Jadi, kebiasaan berganti pakaian bisa meningkatkan kebutuhan kapasitas. Misalnya, pengguna 1-2 orang yang banyak berganti pakaian karena cuaca atau kegiatan outdoor bisa memilih kapasitas 8 kg. 


Sebagai informasi, kapasitas mesin cuci 2 tabung merupakan berat basah. Kapasitas pada spesifikasi produk biasanya sudah termasuk volume air. Karena itu, Anda tidak disarankan mencuci pakaian kering dengan berat 8 kg pada mesin cuci 2 tabung berkapasitas 8 kg.


Bobot pakaian kering yang akan dicuci harus lebih sedikit dari kapasitas mesin cuci 2 tabung. Jika dipaksakan lebih dari kapasitas maksimum, mesin cuci tidak akan bekerja dengan optimal sehingga cucian tidak bersih. Panduan kapasitas minimal hingga maksimum umumnya bisa ditemukan di dalam tabung mesin cuci. 

Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Kapasitas mesin cuci juga bisa dihitung dari bobot pakaian yang rata-rata adalah 200-300 gram. Misalnya, bobot cucian 3 orang dalam sehari kira-kira adalah 4 kg dengan perhitungan 2 kali ganti pakaian. Bobot tersebut bisa bertambah 4-5 kg bila ditambahkan cucian lainnya, seperti sarung bantal, bed cover, dan selimut.


Oleh karena itu, kapasitas 8-9 kg bisa dipertimbangkan sebagai angka yang aman. Namun, rumus ini hanya merupakan perkiraan. Anda bisa menghitung sendiri beban cuci harian untuk menemukan kapasitas yang lebih tepat.

2

Utamakan material antikarat seperti fiber bila Anda menyimpan mesin cuci di kamar mandi; Lebih nyaman lagi yang ukurannya compact

Utamakan material antikarat seperti fiber bila Anda menyimpan mesin cuci di kamar mandi; Lebih nyaman lagi yang ukurannya compact

Bila Anda akan menempatkan mesin cuci di area yang lembap seperti kamar mandi, pastikan materialnya tidak mudah berkarat. Plastik fiber merupakan salah satu material yang digunakan produsen untuk membuat bodi mesin cuci yang tahan karat. Namun, tidak semua mesin cuci yang bodinya diklaim tahan karat menggunakan plastik fiber. Ada juga yang menggunakan material lain, misalnya polipropilena. Intinya, Anda perlu memeriksa klaim antikarat pada sebuah produk.

Selain material yang tahan karat, ukuran yang compact juga bisa dipertimbangkan untuk penempatan mesin cuci di kamar mandi. Kini, produsen sudah banyak mengedepankan ukuran compact sebagai keunggulan produk. Dengan kapasitas yang sama, ukuran tiap produk bisa berbeda. Bila Anda memperhitungkan ukuran, sebaiknya bandingkan ukuran mesin cuci berdasarkan kapasitas yang dipilih untuk menemukan produk yang paling compact.

Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Twin tub juga perlu diperhatikan bagian bawahnya karena ada beberapa produk yang masih bisa dimasuki tikus kecil atau celurut. Pastikan saja bagian bawahnya benar-benar rapat dan rapi. Produk dengan bagian bawah yang tipis dan berongga dapat menjebak binatang di dalamnya.

3

Jika Anda ingin mencuci beragam pakaian, pertimbangkan mesin cuci dengan tambahan mode pencucian lembut

Jika Anda ingin mencuci beragam pakaian, pertimbangkan mesin cuci dengan tambahan mode pencucian lembut

Twin tub pada umumnya hanya dilengkapi mode mencuci normal dan heavy. Mode mencuci normal biasanya digunakan untuk pakaian sehari-hari. Sementara itu, mode heavy digunakan untuk mencuci pakaian dengan noda atau pakaian yang tebal. Oleh karena itu, pakaian yang perlu dicuci secara lembut kurang cocok dicuci dengan menggunakan twin tub.

Jika Anda ingin menggunakan twin tub untuk membersihkan pakaian tersebut, sebaiknya pilih produk dengan mode gentle atau soft. Mode ini cocok untuk mencuci baju bayi, hijab, dan baju batik yang tidak bisa dicuci kasar. Mode pencucian lembut juga bisa mengurangi risiko kerutan pada baju tipis sehingga lebih mudah disetrika. Mode ini biasanya ada pada tombol pemutar yang sama dengan mode normal dan heavy.

4

Apabila Anda mengutamakan kemudahan pemakaian, pilih mesin cuci dengan filter plastik dan fitur pada tabung pengering seperti air ventilation

Mesin cuci dengan filter yang mudah dibersihkan adalah poin yang perlu diperhatikan jika Anda mengutamakan kepraktisan. Selain itu, pastikan mesin cuci Anda memiliki fitur-fitur yang dapat meningkatkan tingkat pengeringan pakaian. Yuk, baca terus informasinya di bawah ini.

Filter plastik lebih mudah dibersihkan dan tahan lama

Filter plastik lebih mudah dibersihkan dan tahan lama

Ada dua jenis filter yang biasa digunakan mesin cuci yaitu filter plastik dan filter kain. Namun, filter plastik lebih diunggulkan oleh produsen saat pengguna mencari mesin cuci. Berikut ini kelebihan dari filter plastik:


  • Filter plastik cenderung lebih mudah dibersihkan, biasanya cukup dengan dilap saja. Sementara itu, filter kain harus dicuci total saat dibersihkan.


  • Filter plastik lebih tahan lama. Di sisi lain, filter kain biasanya sudah merenggang atau berlubang setelah sekitar setahun penggunaan sehingga harus diganti.


Setelah mengetahui kelebihan di atas, Anda sebaiknya memilih filter plastik saat membeli mesin cuci dua tabung. Sebagai informasi tambahan, filter kain biasanya sudah tidak bisa diganti dengan filter plastik karena soketnya berbeda.

Hasil cuci lebih tiris dengan air ventilation

Hasil cuci lebih tiris dengan air ventilation
Rasio kapasitas tabung pengering pada twin tub kurang lebih serupa untuk kapasitas yang sama. Kapasitasnya sekitar separuh dari kapasitas tabung pencuci sehingga perlu 2x mengeringkan jika mencuci dalam kapasitas penuh. Performanya pun tidak jauh berbeda. Spin speed pada twin tub umumnya adalah 600 rpm sehingga tingkat kekeringannya di bawah 60% atau masih terbilang basah. Hasil cucian tersebut perlu terpapar sinar matahari saat dijemur.

Untuk mendapatkan performa lebih tinggi, pertimbangkanlah tabung pengering dengan lubang untuk air masuk agar bisa digunakan untuk membilas. Meski sudah dibilas di mesin, Anda bisa membilas lagi jika dirasa masih ada sisa busa. Beberapa brand juga menawarkan tabung pengering dengan sirkulasi udara di bagian atas yang diklaim membuat pakaian lebih tiris. Fitur ini biasanya disebut dengan air ventilation.
Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Desain lubang air di bagian bawah pun memengaruhi sirkulasi pembersihan saat mesin cuci bekerja. Makin banyak lubangnya, makin kuat pula tekanan airnya sehingga tidak ada pakaian yang mengendap di bawah.

5

Cari mesin cuci dengan bodi 2 layer dan garansi motor minimal 5 tahun jika Anda mengutamakan pemakaian jangka panjang

Cari mesin cuci dengan bodi 2 layer dan garansi motor minimal 5 tahun jika Anda mengutamakan pemakaian jangka panjang
Twin tub umumnya menggunakan bodi 1 layer yaitu lapisan yang sama pada bagian terluar dan bagian dalam. Pada 1 layer, bodi dan tabung menggunakan layer yang sama. Ingin yang daya tahannya lebih tinggi? Pilih mesin cuci dengan bodi 2 layer. Pada 2 layer, terdapat lapisan tambahan dalam tabung sehingga lapisan terlihat terpisah dan terasa saat dipegang karena lebih tebal. Layer tambahan tersebut bisa memengaruhi durability dan menghasilkan tingkat kebisingan lebih rendah.

Faktor lain yang mendukung penggunaan jangka panjang tentu adalah garansi. Produsen umumnya menawarkan garansi motor 1-3 tahun, sedangkan garansi spare part waktunya lebih pendek. Oleh karena itu, garansi motor 5 tahun bisa dipilih bila Anda ingin yang jaminannya lebih lama. Bahkan, ada juga produsen yang menjamin garansi motor hingga 10 tahun. Meskipun demikian, garansi motor 5 tahun sudah cukup panjang untuk twin tub.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 31 Oktober 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe
Kapasitas
Kapasitas pencuci
Spin speed
Fungsi pengering
Kapasitas pengering
Level pengeringan
Rating
Tinggi
Lebar
Kedalaman
Konsumsi daya
Automatic cleaning
Child lock
Teknologi inverter
Fitur steam/vapour
Fitur pencucian cepat
Fitur pencucian lembut
Fitur antibakteri
Fitur Fuzzy
Antikarat
Jenis filter
Fitur sensor pintar (fuzzy logic)
Body layer
Motor
Autodose
Pemanas air
Garansi
Smartphone cooperation
Material
Bobot
1

Denpoo

Washing Machine Semi AutoDW 8908 4P

Denpoo Washing Machine Semi Auto 1

Rp1.599.000

Agak Murah

Harga paling ekonomis dengan fitur mumpuni!

Dua tabung

8 kg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

96 cm

73 cm

45 cm

Wash: 370 watt・Spin: 150 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak disebutkan

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5 tahun

Fiber dan antikarat

Tidak diketahui

2

Sanken

Mesin Cuci 2 Tabung TW-882NP

Sanken Mesin Cuci 2 Tabung TW-882NP 1

Rp2.156.000

Agak Mahal

X-Tor technology dan super spin dry untuk pakaian bersih dan kering maksimal

Dua tabung

9 kg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7 kg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

100 cm

46 cm

81 cm

Cuci: 230 Watt・Mengeringkan: 130 Watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5 tahun

Tidak diketahui

Berat bersih: 22,85 kg・Berat kotor: 24,95 kg

3

LG

Mesin Cuci 2 Tabung P9050R

LG Mesin Cuci 2 Tabung P9050R 1

Rp2.799.000

Lebih Mahal

Mesin cuci 2 tabung 9 kg dengan fitur lengkap, beban kerjaan pun berkurang

Dua tabung

9 kg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

97,5 cm

80,5 cm

47,8 cm

350 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Pintu: plastik・Display: crystal panel dan chrome knob

Tidak diketahui

4

Samsung

Twin Tub dengan Dynamic PulsatorWT12J4200MB/SE

Samsung Twin Tub dengan Dynamic Pulsator 1

Rp2.769.000

Agak Mahal

Mengucek pakaian lebih mudah dengan bak cuci ekstra

Dua tabung

12 kg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

105,2 cm

93,1 cm

55,3 cm

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Plastik

Berat bersih: 31 kg

5

Sharp

Hijab SeriesES-T79SJ-BL/PK

Sharp Hijab Series 1

Rp1.406.000

Agak Murah

Rawat hijab dengan mesin cuci cantik warna pastel

Dua tabung

7,5 kg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3 kg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

43,7 cm

78,3 cm

93,4 cm

330 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

1 tahun

Plastik

Berat bersih: 19 kg

6

Sharp

Dolphinwave SeriesES-T1090-BK-VK-PK

Sharp Dolphinwave Series 1

Rp2.044.000

Menengah

Pulsatornya menyerupai sirip lumba-lumba, hasilkan cucian bersih maksimal

Dua tabung

10 kg

Tidak diketahui

Tidak disebutkan

105,2 cm

86,3 cm

56,3 cm

Cuci: 275 watt・Mengeringkan: 110 watt

Plastik

Berat bersih: 25,5 kg・Berat kotor: 28 kg

7

Aqua Japan

Twin Tub Mesin CuciQW-770XT

Aqua Japan Twin Tub Mesin Cuci 1

Rp1.339.000

Lebih Murah

Mesin cuci compact yang cocok untuk hunian minimalis

Dua tabung

7 kg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

88,8 cm

74 cm

42 cm

Cuci: 350 watt・Mengeringkan: 160 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7 tahun

Plastik

Berat bersih: 19 kg・Berat kotor: 22 kg

8

Polytron

Mesin Cuci 2 Tabung Giant Series HijabPWM 8072N

Polytron Mesin Cuci 2 Tabung Giant Series Hijab 1

Rp1.649.000

Agak Murah

Menghemat pemakaian listrik hingga 30% berkat magic gear

Dua tabung

8 kg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

95,8 cm

83 cm

51,2 cm

Cuci: 250 watt・Mengeringkan: 130 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3 tahun

Plastik

Berat bersih: 22 kg・Berat kotor: 25,7 kg

9

Toshiba

Mesin Cuci Twin Tub E06 SeriesVH-H85MN

Toshiba Mesin Cuci Twin Tub E06 Series 1

Rp1.999.000

Menengah

Pusaran air kuat untuk menghilangkan kotoran di pakaian Anda

Dua tabung

7,5 kg

Tidak diketahui

1.350 rpm

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

88,5 cm

76,1 cm

44,8 cm

Cuci: 120 watt・Mengeringkan: 320 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3 tahun

Plastik

Berat bersih: 19 kg

10

Panasonic

Mesin Cuci Twin TubNA-W76BBZ

Panasonic Mesin Cuci Twin Tub 1

Rp1.807.000

Menengah

Makin mudah menakar air dengan adanya water level indicator!

Dua tabung

7,5 kg

7,5 kg

1.400 rpm

5,5 kg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

102,3 cm

79,1 cm

52,5 cm

Cuci: 250 watt・Mengeringkan: 130 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5 tahun

Polypropylene

Berat bersih: 23 kg・Berat kotor: 27 kg

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

DenpooWashing Machine Semi AutoDW 8908 4P

Washing Machine Semi Auto 1
Sumber: shopee.co.id
Washing Machine Semi Auto 2
Sumber: shopee.co.id
Washing Machine Semi Auto 3
Sumber: shopee.co.id
Washing Machine Semi Auto 4
Sumber: shopee.co.id
Washing Machine Semi Auto 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.599.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp1.599.000
Agak Murah

Harga paling ekonomis dengan fitur mumpuni!

Anda memiliki budget yang terbatas untuk membeli mesin cuci? Kalau begitu, mesin cuci Denpoo DW-898W bisa menjadi pilihan yang tepat. Meskipun dijual dengan harga yang terjangkau, mesin cuci ini sudah dibekali fitur-fitur mumpuni. Salah satunya adalah teknologi 4 Pulsator yang membuat putaran berlawanan arah dengan pulsator utama sehingga cucian menjadi lebih bersih.


Tak hanya itu saja, mesin cuci Denpoo DW-898W sudah dilengkapi teknologi Air Pancur. Fungsinya adalah untuk melarutkan detergen, membersihkan kotoran, dan mencegah pakaian terlilit. Hasil cucian pun akan menjadi lebih higienis berkat fitur antibakteri pada pulsator-nya. Daya listriknya juga di bawah 200 W sehingga bisa menghemat biaya listrik. 

TipeDua tabung
Kapasitas8 kg
Kapasitas pencuciTidak diketahui
Spin speedTidak diketahui
Fungsi pengering
Kapasitas pengeringTidak diketahui
Level pengeringanTidak diketahui
RatingTidak diketahui
Tinggi96 cm
Lebar73 cm
Kedalaman45 cm
Konsumsi dayaWash: 370 watt・Spin: 150 watt
Automatic cleaning
Child lock
Teknologi inverter
Fitur steam/vapourTidak diketahui
Fitur pencucian cepat
Fitur pencucian lembut
Fitur antibakteri
Fitur FuzzyTidak diketahui
Antikarat
Jenis filterTidak diketahui
Fitur sensor pintar (fuzzy logic)
Body layerTidak diketahui
MotorTidak disebutkan
AutodoseTidak diketahui
Pemanas airTidak diketahui
Garansi5 tahun
Smartphone cooperation
MaterialFiber dan antikarat
BobotTidak diketahui
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SankenMesin Cuci 2 Tabung TW-882NP

Harga referensi
Rp2.156.000
Agak Mahal

X-Tor technology dan super spin dry untuk pakaian bersih dan kering maksimal

Untuk Anda yang menyukai produk Sanken, mesin cuci ini bisa dipertimbangkan. Mesin cuci Sanken TW-882NP sudah dilengkapi X-tor Technology pada pulsator-nya. Teknologi tersebut membuat putaran arus lebih kuat dan detergen larut sempurna. Pakaian pun menjadi lebih bersih secara optimal. 


Tak hanya itu saja, super spin dry juga membuat cucian menjadi lebih kering karena aliran udara yang supercepat. Mesin cuci ini juga dilengkapi silver ion filter sehingga air yang digunakan untuk mencuci lebih bersih. 

TipeDua tabung
Kapasitas9 kg
Kapasitas pencuciTidak diketahui
Spin speedTidak diketahui
Fungsi pengering
Kapasitas pengering7 kg
Level pengeringanTidak diketahui
RatingTidak diketahui
Tinggi100 cm
Lebar46 cm
Kedalaman81 cm
Konsumsi dayaCuci: 230 Watt・Mengeringkan: 130 Watt
Automatic cleaning
Child lock
Teknologi inverter
Fitur steam/vapourTidak diketahui
Fitur pencucian cepatTidak diketahui
Fitur pencucian lembutTidak diketahui
Fitur antibakteriTidak diketahui
Fitur Fuzzy
Antikarat
Jenis filterTidak diketahui
Fitur sensor pintar (fuzzy logic)
Body layerTidak diketahui
MotorTidak diketahui
AutodoseTidak diketahui
Pemanas airTidak diketahui
Garansi5 tahun
Smartphone cooperation
MaterialTidak diketahui
BobotBerat bersih: 22,85 kg・Berat kotor: 24,95 kg
View all
No.3

LGMesin Cuci 2 Tabung P9050R

Mesin Cuci 2 Tabung P9050R 1
Sumber: lg.com
Mesin Cuci 2 Tabung P9050R 2
Sumber: lg.com
Mesin Cuci 2 Tabung P9050R 3
Sumber: lg.com
Mesin Cuci 2 Tabung P9050R 4
Sumber: lg.com
Mesin Cuci 2 Tabung P9050R 5
Sumber: lg.com
Harga referensi
Rp2.799.000
Lebih Mahal

Mesin cuci 2 tabung 9 kg dengan fitur lengkap, beban kerjaan pun berkurang

Produk LG ini bisa menjadi pilihan yang pas jika Anda mencari mesin cuci dua tabung yang fiturnya lengkap. Ada Roller Jet Pulsator dan Punch+3 yang memastikan semua kotoran terangkat dan pakaian bersih merata. Selain itu, fitur Wind Jet Dry juga mengurangi kelembapan hasil cucian dan membuatnya bebas jamur. Anda juga bisa memilih tiga program pencucian, yakni gentle, normal, dan strong, sesuai dengan kebutuhan Anda. Berkat pintu transparannya, Anda pun dapat dengan mudah mengontrol seluruh proses pencucian. 

TipeDua tabung
Kapasitas9 kg
Kapasitas pencuciTidak diketahui
Spin speedTidak diketahui
Fungsi pengering
Kapasitas pengeringTidak diketahui
Level pengeringanTidak diketahui
RatingTidak diketahui
Tinggi97,5 cm
Lebar80,5 cm
Kedalaman47,8 cm
Konsumsi daya350 watt
Automatic cleaning
Child lock
Teknologi inverter
Fitur steam/vapourTidak diketahui
Fitur pencucian cepat
Fitur pencucian lembut
Fitur antibakteriTidak diketahui
Fitur FuzzyTidak diketahui
Antikarat
Jenis filterTidak diketahui
Fitur sensor pintar (fuzzy logic)
Body layerTidak diketahui
MotorTidak diketahui
AutodoseTidak diketahui
Pemanas airTidak diketahui
GaransiTidak diketahui
Smartphone cooperation
MaterialPintu: plastik・Display: crystal panel dan chrome knob
BobotTidak diketahui
View all
No.4

SamsungTwin Tub dengan Dynamic PulsatorWT12J4200MB/SE

Harga referensi
Rp2.769.000
Agak Mahal

Mengucek pakaian lebih mudah dengan bak cuci ekstra

Noda membandel di area yang sulit dijangkau mesin cuci memang perlu dikucek dengan tangan supaya lebih optimal hasilnya. Untuk Anda yang terbiasa melakukan hal tersebut, pilih mesin cuci ini. Produk ini sudah dibekali EZ Wash Tray atau bak cuci ekstra sehingga Anda lebih mudah mengucek pakaian dalam posisi berdiri. 


Selain itu, pakaian juga akan kering lebih cepat dan tidak berbau lembap berkat teknologi pengering Air Turbo Spin. Teknologi tersebut akan membuat tabung pengering berotasi dengan kecepatan tinggi. Kapasitas mesin cuci ini juga tergolong besar, sehingga pas untuk Anda yang suka mencuci dalam jumlah banyak. 

TipeDua tabung
Kapasitas12 kg
Kapasitas pencuciTidak diketahui
Spin speedTidak diketahui
Fungsi pengering
Kapasitas pengeringTidak diketahui
Level pengeringan
Rating
Tinggi105,2 cm
Lebar93,1 cm
Kedalaman55,3 cm
Konsumsi dayaTidak diketahui
Automatic cleaning
Child lock
Teknologi inverter
Fitur steam/vapourTidak diketahui
Fitur pencucian cepat
Fitur pencucian lembut
Fitur antibakteri
Fitur FuzzyTidak diketahui
Antikarat
Jenis filterTidak diketahui
Fitur sensor pintar (fuzzy logic)
Body layerTidak diketahui
MotorTidak diketahui
AutodoseTidak diketahui
Pemanas airTidak diketahui
GaransiTidak diketahui
Smartphone cooperation
MaterialPlastik
BobotBerat bersih: 31 kg
View all
No.5

SharpHijab SeriesES-T79SJ-BL/PK

Harga referensi
Rp1.406.000
Agak Murah

Rawat hijab dengan mesin cuci cantik warna pastel

Kami merekomendasikan mesin cuci dari Sharp ini untuk para wanita berhijab. Mesin cuci ini dirancang khusus supaya para wanita berhijab bisa merawat koleksi hijabnya dengan mudah. Cukup atur kenop ke mode hijab untuk mencegah serat halus hijab Anda rusak.


Setiap pembelian mesin cuci ini juga dilengkapi hijab pouch atau laundry nett untuk mencuci hijab berbahan superlembut. Hijab Anda jadi tidak mudah robek atau terlilit baju-baju lainnya, deh! Bagaimana? Anda tertarik untuk memiliki mesin cuci dua tabung yang tidak merusak hijab ini?

TipeDua tabung
Kapasitas7,5 kg
Kapasitas pencuciTidak diketahui
Spin speedTidak diketahui
Fungsi pengering
Kapasitas pengering3 kg
Level pengeringanTidak diketahui
RatingTidak diketahui
Tinggi43,7 cm
Lebar78,3 cm
Kedalaman93,4 cm
Konsumsi daya330 watt
Automatic cleaning
Child lock
Teknologi inverter
Fitur steam/vapourTidak diketahui
Fitur pencucian cepat
Fitur pencucian lembut
Fitur antibakteri
Fitur FuzzyTidak diketahui
AntikaratTidak diketahui
Jenis filterTidak diketahui
Fitur sensor pintar (fuzzy logic)
Body layerTidak diketahui
MotorTidak diketahui
AutodoseTidak diketahui
Pemanas airTidak diketahui
Garansi1 tahun
Smartphone cooperation
MaterialPlastik
BobotBerat bersih: 19 kg
View all
No.6

SharpDolphinwave SeriesES-T1090-BK-VK-PK

Harga referensi
Rp2.044.000
Menengah

Pulsatornya menyerupai sirip lumba-lumba, hasilkan cucian bersih maksimal

Siapa bilang mesin cuci kapasitas besar pasti butuh daya besar juga? Dengan mesin cuci dari seri Dolphinwave ini, rumah tangga pengguna daya listrik kecil tak perlu khawatir lagi.


Dengan daya 200 watt saja, Anda sudah bisa mencuci dengan mode dan suhu air normal. Mesin cuci ini juga sudah dibekali fitur putaran air Dolphinwave yang kuat, serta filter air. Jangan ragu untuk memilihnya jika Anda mencari mesin cuci yang hemat listrik.

TipeDua tabung
Kapasitas
Kapasitas pencuci10 kg
Spin speedTidak diketahui
Fungsi pengering
Kapasitas pengeringTidak disebutkan
Level pengeringan
Rating
Tinggi105,2 cm
Lebar86,3 cm
Kedalaman56,3 cm
Konsumsi dayaCuci: 275 watt・Mengeringkan: 110 watt
Automatic cleaning
Child lock
Teknologi inverter
Fitur steam/vapour
Fitur pencucian cepat
Fitur pencucian lembut
Fitur antibakteri
Fitur Fuzzy
Antikarat
Jenis filter
Fitur sensor pintar (fuzzy logic)
Body layer
Motor
Autodose
Pemanas air
Garansi
Smartphone cooperation
MaterialPlastik
BobotBerat bersih: 25,5 kg・Berat kotor: 28 kg
View all
No.7

Aqua JapanTwin Tub Mesin CuciQW-770XT

Harga referensi
Rp1.339.000
Lebih Murah

Mesin cuci compact yang cocok untuk hunian minimalis

Tidak semua mesin cuci dua tabung memiliki ukuran yang besar, lho. Mesin cuci Aqua QW-770XT memiliki bodi yang tergolong compact jika dibanding dengan produk lain. Meski begitu, kapasitasnya pun tetap tergolong besar, yakni 7 kg. 


Selain itu, mesin cuci ini juga dibekali berbagai fitur yang dapat mempermudah pekerjaan Anda. Salah satunya adalah soak function untuk merendam pakaian sebelum dicuci. Tak ketinggalan, ada fitur water selector untuk mempermudah Anda menentukan kapasitas air sebelum mencuci pakaian. 

TipeDua tabung
Kapasitas7 kg
Kapasitas pencuciTidak diketahui
Spin speedTidak diketahui
Fungsi pengering
Kapasitas pengeringTidak diketahui
Level pengeringanTidak diketahui
RatingTidak diketahui
Tinggi88,8 cm
Lebar74 cm
Kedalaman42 cm
Konsumsi dayaCuci: 350 watt・Mengeringkan: 160 watt
Automatic cleaning
Child lock
Teknologi inverter
Fitur steam/vapourTidak diketahui
Fitur pencucian cepat
Fitur pencucian lembut
Fitur antibakteriTidak diketahui
Fitur FuzzyTidak diketahui
Antikarat
Jenis filterTidak diketahui
Fitur sensor pintar (fuzzy logic)
Body layerTidak diketahui
MotorTidak diketahui
AutodoseTidak diketahui
Pemanas airTidak diketahui
Garansi7 tahun
Smartphone cooperation
MaterialPlastik
BobotBerat bersih: 19 kg・Berat kotor: 22 kg
View all
No.8

PolytronMesin Cuci 2 Tabung Giant Series HijabPWM 8072N

Harga referensi
Rp1.649.000
Agak Murah

Menghemat pemakaian listrik hingga 30% berkat magic gear

Konsumsi listrik memang menjadi kekhawatiran para pengguna elektronik rumah tangga. Anda harus bijak memilih elektronik rumah tangga, seperti halnya mesin cuci yang satu ini. Polytron menghadirkan PWM 8072N, mesin cuci dua tabung yang dilengkapi magic gear. Dengan begitu, mesin cuci ini bisa menghemat pemakaian listrik sampai dengan 30%. 


Tak hanya itu, mesin cuci ini juga sudah dilengkapi water filter yang dapat menyaring kotoran. Jadi, baju-baju Anda bisa bersih dengan maksimal. Selain itu, ada fitur water selector untuk menakar kapasitas air yang digunakan saat mencuci. Wah, sangat praktis, ya!

TipeDua tabung
Kapasitas8 kg
Kapasitas pencuciTidak diketahui
Spin speedTidak diketahui
Fungsi pengering
Kapasitas pengeringTidak diketahui
Level pengeringanTidak diketahui
RatingTidak diketahui
Tinggi95,8 cm
Lebar83 cm
Kedalaman51,2 cm
Konsumsi dayaCuci: 250 watt・Mengeringkan: 130 watt
Automatic cleaning
Child lock
Teknologi inverter
Fitur steam/vapourTidak diketahui
Fitur pencucian cepatTidak diketahui
Fitur pencucian lembut
Fitur antibakteriTidak diketahui
Fitur FuzzyTidak diketahui
AntikaratTidak diketahui
Jenis filterTidak diketahui
Fitur sensor pintar (fuzzy logic)
Body layerTidak diketahui
MotorTidak diketahui
AutodoseTidak diketahui
Pemanas airTidak diketahui
Garansi3 tahun
Smartphone cooperation
MaterialPlastik
BobotBerat bersih: 22 kg・Berat kotor: 25,7 kg
View all
No.9

ToshibaMesin Cuci Twin Tub E06 SeriesVH-H85MN

Harga referensi
Rp1.999.000
Menengah

Pusaran air kuat untuk menghilangkan kotoran di pakaian Anda

Toshiba menyematkan teknologi Super Jet Spin pada produk mesin cuci dua tabung seri VH-H85MN ini. Dengan teknologi ini, pusaran air lebih kuat sehingga proses mencuci lebih efektif untuk menghilangkan kotoran pada pakaian Anda. Selain itu, mesin cuci ini juga dibekali double water inlets yang bisa menghemat waktu pencucian. Meskipun putaran mesinnya kuat, mesin ini tidak berisik, lho! Anda pun tidak perlu khawatir jika harus mencuci di malam hari.

TipeDua tabung
Kapasitas7,5 kg
Kapasitas pencuciTidak diketahui
Spin speed1.350 rpm
Fungsi pengering
Kapasitas pengeringTidak diketahui
Level pengeringanTidak diketahui
RatingTidak diketahui
Tinggi88,5 cm
Lebar76,1 cm
Kedalaman44,8 cm
Konsumsi dayaCuci: 120 watt・Mengeringkan: 320 watt
Automatic cleaning
Child lock
Teknologi inverterTidak diketahui
Fitur steam/vapourTidak diketahui
Fitur pencucian cepatTidak diketahui
Fitur pencucian lembutTidak diketahui
Fitur antibakteriTidak diketahui
Fitur FuzzyTidak diketahui
Antikarat
Jenis filterTidak diketahui
Fitur sensor pintar (fuzzy logic)
Body layerTidak diketahui
MotorTidak diketahui
AutodoseTidak diketahui
Pemanas airTidak diketahui
Garansi3 tahun
Smartphone cooperation
MaterialPlastik
BobotBerat bersih: 19 kg
View all
No.10

PanasonicMesin Cuci Twin TubNA-W76BBZ

Harga referensi
Rp1.807.000
Menengah

Makin mudah menakar air dengan adanya water level indicator!

Menakar air untuk mencuci memang cukup sulit untuk dilakukan, apalagi bagi orang yang belum terbiasa memakai mesin cuci. Apabila Anda merasa sebagai salah satunya, coba pertimbangkan mesin cuci ini. 


Produk ini dilengkapi water level indicator pada bagian tabung pencuci. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan jumlah air yang dibutuhkan saat mencuci. Ada empat level yang disematkan sehingga Anda bisa lebih leluasa mengatur banyaknya cucian yang ingin dicuci. Sepele, tetapi bermanfaat!

TipeDua tabung
Kapasitas7,5 kg
Kapasitas pencuci7,5 kg
Spin speed1.400 rpm
Fungsi pengering
Kapasitas pengering5,5 kg
Level pengeringanTidak diketahui
RatingTidak diketahui
Tinggi102,3 cm
Lebar79,1 cm
Kedalaman52,5 cm
Konsumsi dayaCuci: 250 watt・Mengeringkan: 130 watt
Automatic cleaning
Child lock
Teknologi inverter
Fitur steam/vapourTidak diketahui
Fitur pencucian cepatTidak diketahui
Fitur pencucian lembut
Fitur antibakteri
Fitur FuzzyTidak diketahui
AntikaratTidak diketahui
Jenis filterTidak diketahui
Fitur sensor pintar (fuzzy logic)
Body layerTidak diketahui
MotorTidak diketahui
AutodoseTidak diketahui
Pemanas airTidak diketahui
Garansi5 tahun
Smartphone cooperation
MaterialPolypropylene
BobotBerat bersih: 23 kg・Berat kotor: 27 kg
View all

Bagaimana cara menggunakan mesin cuci 2 tabung dengan benar?

Bagaimana cara menggunakan mesin cuci 2 tabung dengan benar?
Cara menggunakan mesin cuci 2 tabung yang benar:

1. Pastikan jenis dan warna pakaian tidak tercampur. Tiap jenis pakaian membutuhkan perawatan yang berbeda. Di sisi lain, warna dari pakaian lain bisa saja luntur ke pakaian putih jika disatukan.

2. Cek saku baju dan periksa ada tidaknya uang, koin, atau kancing. Barang-barang kecil yang dibiarkan tercuci akan mengganggu performa mesin cuci.

3. Rebahkan pakaian agar tidak tergulung. Pakaian yang tergulung tidak akan bisa dibersihkan secara maksimal oleh mesin cuci.

4. Pastikan cucian tidak melebihi kapasitas. Kapasitas yang berlebihan dapat menyebabkan mesin cuci menjadi berisik saat bekerja, bahkan bergetar.

5. Gunakan detergen dengan takaran yang pas. Detergen yang berlebihan bisa mempercepat terbentuknya residu. Pengaruhnya adalah hasil cuci yang tidak bersih atau muncul bercak-bercak putih. Produk juga bisa pampat atau berkarat pada bagian logam.

6. Pilih mode mencuci yang tepat. Misalnya, katun dengan mode normal, jeans dengan mode heavy, dan baju tipis dengan mode gentle.

7. Pastikan pakaian rata di tabung pengering karena bisa bergoyang jika tidak rata.

Bagaimana cara membersihkan mesin cuci 2 tabung?

Bagaimana cara membersihkan mesin cuci 2 tabung?

Selain digunakan dengan benar, twin tub juga perlu dibersihkan dengan tepat. Twin tub biasanya tidak dibekali fitur drum clean sehingga harus dibersihkan secara manual. Anda bisa memakai air hangat atau air panas, lalu cuci kosong selama 15-20 menit. Selain air, Anda bisa juga menambahkan pembersih mesin cuci. Pembersihan bisa dilakukan 1-3 bulan sekali.

Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Selain bagian tabung, Anda juga perlu membersihkan bagian bawah pulsator dengan lap. Bagian tersebut bisa diakses dengan membuka sekrupnya.

5 Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung terbaik

No. 1: DenpooWashing Machine Semi AutoDW 8908 4P

No. 2: SankenMesin Cuci 2 Tabung TW-882NP

No. 3: LGMesin Cuci 2 Tabung P9050R

No. 4: SamsungTwin Tub dengan Dynamic PulsatorWT12J4200MB/SE

No. 5: SharpHijab SeriesES-T79SJ-BL/PK

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Mesin cuci
  4. 10 Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik [Ditinjau oleh Product Reviewer]

Produk populer

Emily and Bear Air Fryer 3L
Paninti Hub | EAF-17201Emily and Bear Air Fryer 3L

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.