• 10 Merk Sandal Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Sandal Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Sandal Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Sandal Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Sandal Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Sandal Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Salah satu alas kaki yang disukai pria adalah sandal kulit. Selain terasa nyaman dan mudah digunakan, sandal kulit juga dapat membuat penampilan terlihat maksimal pada saat santai. Ada banyak sandal kulit branded untuk pria dengan model terbaru di pasaran, tetapi sandal kulit seperti apa yang terbaik untuk Anda?


Untuk mengetahui jawabannya, Anda dapat menyimak pembahasan berikut ini sebelum membeli sandal kulit untuk pria. Kami ingin membantu Anda menemukan sandal kulit yang bagus. Karena itu, kami menyiapkan rekomendasi sandal kulit untuk pria dari merk Carvil, Bata, Pakalolo, hingga Cardinal. Silakan disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 April 2022
Daftar isi

Kelebihan sandal kulit

Kelebihan sandal kulit

Sandal kulit tampak seperti sandal biasa. Namun, ketika Anda menggunakannya, tekstur kulit yang lembut akan memberikan rasa nyaman pada kaki. Makin lama Anda memakai sandal kulit, tekstur kulitnya akan terasa lebih lentur. Hal tersebut membuat sandal kulit makin nyaman untuk digunakan. Selain memberikan kenyamanan yang tinggi, sandal kulit juga memiliki daya tahan yang baik sehingga dapat digunakan dalam waktu lama.


Harga sandal kulit memang lebih tinggi dibandingkan harga sandal lain, seperti kanvas dan karet. Meskipun begitu, sandal kulit tetap disukai banyak orang karena modelnya tidak termakan oleh waktu dan warnanya juga sangat khas. Di pihak lain, sandal kulit juga mudah dipadukan dengan berbagai jenis pakaian, seperti pakaian sehari-hari hingga pakaian untuk hangout bagi para pria.

Cara memilih sandal kulit untuk pria

Kami telah memberi tahu Anda beberapa kelebihan sandal kulit. Sekarang kami akan memberikan tips memilih sandal kulit untuk pria. Silakan Anda baca setiap poinnya dengan saksama!

Perhatikan modelnya terlebih dahulu

Model sandal kulit untuk pria terus berkembang. Namun, ada dua model sandal kulit untuk pria yang populer, yakni sandal slip on dan flip flops. Kedua model sandal tersebut memiliki keunggulan yang berbeda. Sandal kulit model apa yang pas untuk Anda?

Sandal slip on, mudah untuk dipakai dan dilepas

Sandal slip on, mudah untuk dipakai dan dilepas

Sandal slip on sering disebut juga dengan slides. Ciri khas dari sandal slip on adalah strap yang lebar dan menutupi punggung kaki. Desainnya membuat sandal kulit slip on untuk pria mudah digunakan serta dilepaskan. Akan tetapi, sandal kulit slip on bisa menyebabkan Anda tersandung ketika digunakan berjalan cepat. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati ketika berjalan cepat menggunakan sandal ini.


Jika Anda berencana membeli sandal slip on, Anda harus berhati-hati saat memilih ukuran. Kesalahan memilih ukuran sandal akan membuat jari kaki melewati area sol. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat penampilan Anda kurang maksimal. Agar tidak salah memilih ukuran, Anda sebaiknya mengukur jari yang paling panjang hingga ke tumit. Setelah itu, hasil pengukurannya ditambah sebesar 1,5–2,5 cm.


Selain memperhatikan ukuran, Anda juga harus memperhatikan desain permukaan sol. Desain sol yang direkomendasikan harus pas dengan lengkungan telapak kaki. Dengan demikian, kaki akan terhindar dari kelelahan otot, kram, hingga nyeri punggung.

Flip flops, tidak mudah terlepas saat dipakai

Flip flops, tidak mudah terlepas saat dipakai

Perbedaan utama antara sandal model flip flops dengan sandal slip on terletak pada strap-nya. Sandal model flip flops menggunakan strap tipis berbentuk V. Strap tersebut biasanya dimasukkan ke dalam lubang yang ada di bagian depan, sisi kiri, dan juga sisi kanan sol. Desain strap yang seperti itu akan menjaga sandal supaya tidak mudah terlepas ketika digunakan berjalan di area basah sekalipun.


Sandal model flip flops yang terbuat dari karet dapat menyebabkan lecet hingga iritasi. Namun, Anda tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut jika menggunakan sandal flip flops berbahan dasar kulit. Bahan kulit yang lembut bisa meminimalkan risiko iritasi dan lecet di area kaki. Di pihak lain, sandal kulit flip flops juga dapat mengalirkan udara dengan baik karena desainnya cenderung terbuka.


Apabila Anda membutuhkan alas kaki yang cocok digunakan pada saat cuaca panas, sandal kulit model flip flops dapat dipertimbangkan. Meskipun demikian, sandal flip flops sebaiknya tidak dipakai dalam waktu lama karena bantalannya tak mendukung hal tersebut.

Cari tahu jenis kulit yang digunakan

Ada banyak brand yang memproduksi sandal kulit untuk pria. Tiap-tiap brand tersebut pasti menggunakan jenis kulit yang berbeda. Dua jenis kulit berikut ini merupakan yang paling sering digunakan untuk membuat sandal kulit.

Kulit asli (genuine leather), terasa lebih nyaman dan lembut

Kulit asli (genuine leather), terasa lebih nyaman dan lembut

Bahan kulit asli mempunyai permukaan yang lebih keras sehingga lebih tahan terhadap goresan, peregangan, dan tekukan. Di sisi lain, kulit asli juga nyaman digunakan karena seratnya lembut.


Beberapa jenis sandal biasanya terasa lembap saat digunakan pada siang hari. Keadaan seperti itu pasti membuat kaki terasa tidak nyaman. Anda tak perlu mengkhawatirkan permasalahan tersebut jika menggunakan sandal dari kulit asli.


Kulit asli yang sering digunakan untuk membuat sandal kulit memiliki cara kerja yang unik dalam menangani permasalahan kelembapan. Pada saat ada udara lembap di dalam bahan kulit, pori-pori pada bahan kulit akan mengeluarkannya. Kemampuan tersebut sangat menguntungkan karena dapat meminimalkan pertumbuhan jamur. Oleh sebab itu, bahan kulit asli sering dipilih untuk membuat sandal.

Kulit sintetis (synthetic leather/PU leather), harganya cenderung lebih murah

Kulit sintetis (synthetic leather/PU leather), harganya cenderung lebih murah

Beberapa produsen sandal kulit lebih memilih untuk menggunakan kulit sintetis. Harga yang terjangkau adalah salah satu alasan utama mengapa beberapa produsen memilih untuk menggunakan kulit sintetis. Di samping itu, kulit sintetis mudah dirawat dan dibersihkan.


Salah satu bahan kulit sintetis yang sering digunakan untuk membuat bahan sandal adalah PU (polyurethane). Bahan ini cukup lentur karena bahannya lebih tipis. Namun, bahan PU memiliki pori-pori lebih banyak sehingga lebih mungkin menyerap noda.

Ketahui juga bahan outsole-nya

Ketahui juga bahan outsole-nya

Setiap sandal pasti memiliki outsole. Akan tetapi, outsole pada sandal kulit untuk pria biasanya terbuat dari bahan yang berbeda (bukan kulit). Ada banyak bahan yang dapat digunakan untuk membuat outsole sandal, seperti PVC, EVA, dan rubber. Bahan PVC terkenal tahan abrasi, sedangkan rubber terkenal elastis serta fleksibel. Sementara itu, bahan EVA terkenal karena bobotnya yang ringan.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Birkenstock Milano Birko-Flor Black

0034791/0034793

Mulai dari Rp 1.799.000,00

Spesialis
mybest

Hi Jack SandalsKyoto Noire

Mulai dari Rp 300.000,00

10 Rekomendasi sandal kulit untuk pria terbaik

Kami telah menjabarkan poin-poin yang harus diperhatikan ketika memilih sandal kulit untuk pria. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan beberapa produk sandal kulit untuk pria. Silakan Anda cek produknya satu per satu dan pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10
JenisFlip flops
BahanOuter: synthetic leather・Outsole: rubber
Ukuran39–43
Pilihan warnaBrown, black
9
JenisSlip on
BahanUpper: synthetic leather・Outsole: PVC
Ukuran39–44
Pilihan warnaBlack, brown, stone
8

BataSandal Pria Energyzer Brown

8734077

Mulai dari Rp 179.900,00

JenisFlip flops
BahanUpper: synthetic leather (PU leather)・Insole: genuine leather・Outsole: PVC
Ukuran39–45
Pilihan warnaBrown (dengan beberapa pilihan warna strap berbeda)
7
JenisFlip flops
BahanOuter: imitation leather・Outsole: thermo plastic rubber (TPR)
Ukuran35 –43
Pilihan warnaNavy
6

Footstep FootwearSandal Slide Pria Octa

Mulai dari Rp 350.000,00

JenisSlip on
BahanUpper: neo leather・Midsole: synthetic cork・Upper sole: suede layer・Outsole: solid rubber
Ukuran39–44
Pilihan warnaBrown, black
5

CevanySandal Pria Kulit Asli

SC01

Mulai dari Rp 275.000,00

JenisKombinas
BahanOuter: cow leather・Outsole: rubber
Ukuran39–44
Pilihan warnaBrown, black, tan
4
JenisSlip on
BahanUpper: cow leather・Lining: synthetic・Insole: synthetic・Outsole: thermo plastic rubber (TPR)
Ukuran39–44
Pilihan warnaBlack, brown
3
JenisSlip on
BahanGenuine leather/suede
Ukuran39–43
Pilihan warnaBlack
2
JenisSlip on
BahanUpper: Genuine leather
Ukuran39–43
Pilihan warnaBrown
1
JenisSlip on
BahanUpper: synthetic leather grade A・Insole: microfiber・Outsole: EVA
Ukuran39–43
Pilihan warnaTan brown, tan blue, tan black

Tabel perbandingan produk sandal kulit untuk pria terbaik

Gambar produk
1
Kingman Sandal Pria Moscow 1

Kingman

2
Borsa Kimbay Camel 1

Borsa

3
Jim Joker Beta 1ZA 1

Jim Joker

4
Pakalolo Santiago 1

Pakalolo

5
Cevany Sandal Pria Kulit Asli 1

Cevany

6
Footstep Footwear Sandal Slide Pria Octa 1

Footstep Footwear

7
Cardinal Nando 1  1

Cardinal

8
Bata Sandal Pria Energyzer Brown 1

Bata

9
Carvil Sandal Pria Giano 03M 1

Carvil

10
Brandy's Sandal Kulit Pria Dejon 1

Brandy's

Nama produk

Sandal Pria Moscow

Kimbay Camel

Beta 1ZA

Santiago

Sandal Pria Kulit Asli

Sandal Slide Pria Octa

Nando 1

Sandal Pria Energyzer Brown

Sandal Pria Giano 03M

Sandal Kulit Pria Dejon

Keunggulan

Perpaduan insole dan outsole-nya membuat langkah jadi makin nyaman

Bagian depannya mampu melindungi kaki ketika tersandung

Minimalkan risiko nyeri tumit dengan sol yang tebal dan dalam

Tetap nyaman ketika melewati jalanan licin dan terjal

Sandal kulit asli dengan desain strap yang tidak akan membuat jari kaki kelelahan

Dilengkapi dengan rip tie, mengencangkan strap jadi lebih mudah

Bagian depannya melengkung, bagus untuk Anda yang berjalan jinjit

Strap berbentuk Y membuat sandal tak mudah terlepas

Kaki bebas lembap berkat adanya ventilasi tambahan

Terlihat beda dengan strap dua warna yang dianyam

Harga mulai dariRp 479.000,00Rp 339.900,00Rp 799.000,00Rp 649.900,00Rp 275.000,00Rp 350.000,00Rp 389.900,00Rp 179.900,00Rp 239.000,00Rp 250.000,00
JenisSlip onSlip onSlip onSlip onKombinasSlip onFlip flopsFlip flopsSlip onFlip flops
BahanUpper: synthetic leather grade A・Insole: microfiber・Outsole: EVAUpper: Genuine leatherGenuine leather/suedeUpper: cow leather・Lining: synthetic・Insole: synthetic・Outsole: thermo plastic rubber (TPR) Outer: cow leather・Outsole: rubberUpper: neo leather・Midsole: synthetic cork・Upper sole: suede layer・Outsole: solid rubberOuter: imitation leather・Outsole: thermo plastic rubber (TPR) Upper: synthetic leather (PU leather)・Insole: genuine leather・Outsole: PVCUpper: synthetic leather・Outsole: PVCOuter: synthetic leather・Outsole: rubber
Ukuran39–4339–4339–4339–4439–4439–4435 –4339–4539–4439–43
Pilihan warnaTan brown, tan blue, tan blackBrownBlackBlack, brownBrown, black, tanBrown, blackNavyBrown (dengan beberapa pilihan warna strap berbeda)Black, brown, stoneBrown, black
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alas kaki lainnya untuk pria di sini

Poin-poin cara memilih sandal kulit telah kami jabarkan. Rekomendasi sandal kulit dari beberapa merek pun telah kami berikan. Namun, apabila Anda masih membutuhkan informasi mengenai alas kaki jenis lain untuk pria, silakan Anda buka tautan berikut ini. Ada beberapa artikel mengenai sandal outdoor, sandal pria yang modis, dan artikel sepatu dari beberapa merek. 

Kesimpulan

Sandal kulit untuk pria ternyata sangat beragam. Ada model slip on yang mudah digunakan dan flip flops yang nyaman dipakai saat terik. Anda bisa memilih sandal yang sesuai dengan selera. Namun, untuk urusan insole dan outsole, pilihlah yang sesuai kebutuhan. 


Jika Anda sering beraktivitas di area yang licin, pilihlah sandal dengan outsole antiselip. Namun, jika Anda sering mengalami nyeri tumit, sandal dengan insole yang tebal dan empuk adalah jawabannya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Sneakers Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sneakers Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Gerakan menggunakan sneakers lokal makin gencar terdengar belakangan ini. Banyak orang mulai percaya diri memakai sneakers dari brand lokal, seperti Ventela, Compass, atau Brodo. Ditambah lagi, komunitas pencinta sepatu merek lokal gencar menggaungkan hashtag #LocalPrideIndonesia sehingga membuat banyak orang makin tertarik. Di beberapa kesempatan, launching produk sneakers lokal dipadati orang-orang yang mengantre untuk membeli. Ini memperlihatkan betapa besarnya antusiasme publik terhadap brand lokal, bahkan tidak kalah dengan sneakers luar. Di artikel kali ini, kami akan membahas tips memilih sneakers lokal yang bagus dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Yuk, ikuti pembahasannya! 
    Sepatu pria
  • 10 Merk Sepatu Sneakers Pria Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sepatu Sneakers Pria Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2022)
    Sneakers sudah menjadi bagian dari gaya berpakaian sehari-hari karena kenyamanannya di kaki. Dahulu, sneakers mungkin identik dengan harga yang tinggi. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak brand yang menghadirkan sneakers dengan harga terjangkau dan berkualitas.Agar tidak salah pilih, simak artikel ini untuk mengetahui tips memilih sneakers terbaik dengan harga yang terjangkau. Temukan juga berbagai rekomendasi merek sneakers yang bagus untuk pria, seperti NAH Project, Reebok, dan Bata. Ikuti terus pembahasannya dan tentukan sneakers favorit Anda di sini!
    Sepatu pria
  • 10 Rekomendasi Sepatu Pantofel Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Pantofel Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu pantofel adalah jenis sepatu bermodel formal sehingga cocok digunakan saat menghadiri acara resmi. Perkembangan sepatu pantofel pria makin berkembang. Desainnya makin trendi serta pilihan warnanya beragam. Beberapa sepatu pantofel pria bahkan dilengkapi keunggulan tambahan, contohnya antiselip. Hal tersebut mungkin membuat Anda dilema dalam menentukan pilihan. Karena itu, kami akan membagikan poin-poin tentang cara memilih sepatu pantofel terbaik untuk pria. Selain itu, kami pun akan merekomendasikan sepatu pantofel yang bagus dari merek houseofcuff, Keeve, dan lainnya. Jadi, simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Sepatu pria
  • 10 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik Merek Nike (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik Merek Nike (Terbaru Tahun 2022)
    Nike menjadi salah satu brand yang memproduksi sepatu running yang bagus, baik sepatu untuk pria maupun wanita. Hal ini dibuktikan dengan beragamnya pilihan model sepatu serta teknologi yang dibuat Nike. Ada pula sepatu running model terbaru dengan teknologi yang juga lebih canggih.Teknologi pada sepatu running Nike ini terletak pada bantalan dan upper-nya. Dari sisi bantalan, ada berbagai teknologi yang disematkan Nike, seperti Air Max, Zoom Air, Free, dan lainnya. Untuk upper-nya, ada teknologi Flyknit, Flymesh, dan Flywire. Jika Anda sedang mencari sepatu running Nike, bacalah dahulu ulasan dari kami!
    Sepatu pria
  • 10 Rekomendasi Nike Air Jordan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Nike Air Jordan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Nike merupakan salah satu merek sepatu yang bagus dan berkualitas. Inovasi terus dilakukan oleh Nike, mulai dari segi teknologi, tampilan, hingga model yang ditawarkan. Sneaker Air Jordan merupakan salah satu bentuk inovasi Nike dalam memproduksi sepatu basket. Namun, kini produksi sepatu Air Jordan tidak hanya terbatas pada sepatu basket saja, lho! Semua sepatu Air Jordan memiliki keunggulan tersendiri. Untuk itu, kami akan menghadirkan informasi berupa beragam cara memilih sepatu Nike Air Jordan. Terdapat pula rekomendasi produk Air Jordan terbaik bagi Anda. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini. 
    Sepatu pria
  • 10 Rekomendasi Sandal Pria Terbaik yang Modis (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sandal Pria Terbaik yang Modis (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya wanita, pria pun ingin tampil modis dari ujung kepala hingga ke ujung kaki. Salah satu penunjangnya adalah sandal yang modis. Namun, berbagai macam sandal modis pria yang dijual di berbagai gerai online mungkin membuat Anda bingung saat memilih.Untuk itu, kami akan membagikan beberapa tips memilih sandal pria yang bagus dan tentunya modis. Tak lupa, kami juga akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Berbagai merek, seperti Crocs, Fipper, Eiger, dan lainnya dengan beragam bahan yang nyaman pun akan kami ulas. Simak terus, ya!
    Sepatu pria
  • 10 Merk Sepatu Kanvas Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sepatu Kanvas Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Sampai sekarang, sepatu kanvas pria tidak pernah kehilangan popularitasnya karena memiliki model yang bagus dan sederhana. Mulai dari sepatu kanvas polos, tanpa tali, model retro, sampai sepatu ala Korea dapat membuat Anda tampak fashionable. Bahan adem dan bobot ringan juga membuat kaki tetap nyaman saat beraktivitas. Saat ini, banyak sekali produsen sepatu yang memproduksi sepatu kanvas. Selain Converse dan Vans, koleksi sepatu kanvas terbaru dari merk Bata, Compass, dan Ventela juga patut dilirik. Supaya tidak kebingungan memilih sepatu kanvas yang tepat, simak tips memilih serta rekomendasi produknya berikut. Selamat membaca!
    Sepatu pria
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori