mybest
Carabiner

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Perlengkapan outdoor
  4. 10 Rekomendasi Carabiner Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Carabiner Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Carabiner Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Carabiner Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Carabiner Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Carabiner Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Carabiner Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Meski berukuran tidak terlalu besar, carabiner memiliki segudang manfaat. Anda bisa menggunakan carabiner untuk climbing, mengaitkan gantungan kunci, atau bahkan menyelesaikan rescue mission. Ukuran dan bahannya beragam, ada carabiner mini hingga carabiner besar, ada juga carabiner aluminium dan baja.


Cara memilih dan rekomendasi carabiner terbaik akan kami berikan untuk Anda melalui artikel ini. Carabiner yang bagus dari merk EIGER, Petzl, KONG, dan sebagainya akan Anda temukan. Tidak hanya itu, carabiner screw-lock dan auto-lock juga bisa Anda miliki. Selamat membaca dan memilih produk!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa itu carabiner dan fungsinya?

Apa itu carabiner dan fungsinya?

Apa itu carabiner? Selain itu, apa fungsi dari carabiner? Sebenarnya, carabiner adalah peralatan keamanan yang dilengkapi pengunci atau gate. Fungsi carabiner adalah untuk menghubungkan dua benda, misalnya tali dengan tali, botol dengan tas, dan sebagainya. Tidak hanya itu, carabiner juga berguna untuk mengunci lokasi benda tersebut semaksimal mungkin agar tidak berpindah.


Dengan karakteristik tersebut, tidak heran carabiner memiliki rentang penggunaan yang luas. Anda bisa memakainya untuk kegiatan sehari-hari, misalnya menggantung botol minum atau kunci rumah.


Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk kegiatan outdoor, mulai dari panjat tebing hingga misi penyelamatan di jurang. Pekerja profesional seperti pemadam kebakaran atau pembersih kaca gedung pun menggunakan carabiner saat memanjat atau turun dari tempat tinggi.

Cara memilih carabiner

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli carabiner. Simak penjelasan kami selengkapnya agar Anda bisa mendapatkan produk yang tepat!

1

Pilih berdasarkan modelnya

Meski sekilas terlihat mirip, sebenarnya ada empat model carabiner jika dibedakan berdasarkan bentuknya. Berikut akan kami jelaskan lebih saksama.

Oval-shape, serbaguna dan minim terjadi pergeseran beban

Oval-shape, serbaguna dan minim terjadi pergeseran beban

Berkat bentuknya yang oval dan simetris, carabiner oval-shape muat dipasangkan ke beberapa benda sekaligus. Selain itu, bentuk oval tersebut juga membuat kemungkinan pergeseran beban minim terjadi. Hasilnya, Anda pun dapat memanjat atau turun dengan lebih stabil. Meski kekuatannya bukanlah yang terbaik, carabiner oval-shape tetap banyak digunakan untuk berbagai kegiatan.

D-shape, paling kuat menahan beban berat

D-shape, paling kuat menahan beban berat

Di antara ketiga bentuk lainnya, carabiner D-shape adalah yang terbaik dalam menanggung beban berat. Desainnya yang menyerupai huruf D membuat beban lebih terpusat pada area yang lebih durable, yakni area yang tidak berpengunci. Dengan begitu, carabiner D-shape berukuran kecil sekalipun memiliki kekuatan yang sama baiknya dengan carabiner oval-shape besar.

Asymmetric D-shape, enteng dengan bukaan yang besar

Asymmetric D-shape, enteng dengan bukaan yang besar

Bentuk asimetris membuat carabiner model ini lebih ringan bobotnya daripada carabiner D-shape biasa. Akan tetapi, hal tersebut juga membuat carabiner asymmetric D-shape kalah kuat dibandingkan carabiner D-shape. Carabiner model ini menawarkan bukaan yang lebih lega. Dengan kedua keunggulan tersebut, tidak heran carabiner asymmetric D-shape menjadi model yang paling populer di pasaran.

Pear-shape, belaying dan rappelling jadi kian mudah

Pear-shape, belaying dan rappelling jadi kian mudah

Saat memanjat, ada kalanya Anda perlu melakukan rappelling atau turun secara vertikal. Selain itu, teknik belaying atau melindungi teman pendaki menggunakan tali saat jatuh juga perlu dilakukan.


Untuk itu, carabiner pear-shape wajib Anda miliki. Carabiner model ini didesain khusus untuk membantu Anda melakukan belaying dan rappelling. Jadi, menuruni tebing atau lokasi pendakian lainnya pun bisa makin cepat dan aman dilakukan.

2

Cek sistem penguncinya

Berdasarkan sistem penguncinya, carabiner dibedakan menjadi dua jenis, yaitu carabiner screw-lock dan carabiner auto-lock. Tipe manakah yang paling sesuai untuk Anda? Simak ulasan kami di bawah ini.

Screw-lock, penguncian manual untuk keamanan ekstra

Screw-lock, penguncian manual untuk keamanan ekstra

Anda memang perlu meluangkan waktu lebih untuk mengunci carabiner screw-lock secara manual. Namun, carabiner jenis ini juga akan memberikan Anda rasa lebih aman saat berpetualang.


Berkat mekanisme screw-lock, carabiner akan terkunci dengan sempurna. Bahkan, saat tubuh Anda tergantung di ketinggian atau carabiner tertimpa benda berat, carabiner akan tetap tertutup rapat. Dengan begitu, benda yang dikaitkan ke carabiner jenis ini pun hampir mustahil terlepas.

Auto-lock, mampu mengunci secara otomatis

Auto-lock,  mampu mengunci secara otomatis

Sesuai namanya, jenis ini memiliki gate yang akan menutup kembali secara otomatis saat dibuka. Anda yang mengutamakan kepraktisan dan tidak ingin membuang waktu untuk mengunci carabiner tentu cocok memilih jenis auto-lock.


Namun, jika tidak sengaja tertekan, misalnya oleh tubuh atau tebing, gate pada carabiner auto-lock bisa tidak sengaja terbuka. Selain itu, seiring dengan waktu dan pemakaian, gate bisa menjadi longgar sehingga kemampuan menguncinya berkurang.

3

Ketahui jenis gate-nya

Ketahui jenis gate-nya

Carabiner dengan gate jenis straight adalah carabiner yang paling umum ditemukan di pasaran. Bentuknya yang lurus membuatnya mudah digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun.


Sementara itu, ada juga carabiner yang gate-nya bengkok. Carabiner ini sering juga disebut sebagai jenis bend. Bentuk gate yang agak menekuk membuat carabiner jenis ini bisa lebih cepat dan gampang dipasangkan ke tali.


Di sisi lain, carabiner wire gate menggunakan dua kawat berbahan stainless steel sebagai gate. Hal tersebut menjadikan carabiner wire gate sulit beku saat ada di tempat dingin sehingga tetap mudah dibuka dan ditutup. Tidak hanya itu, pengunci jenis wire gate juga membuat carabiner berbobot lebih ringan. Akan tetapi, kekuatannya cenderung inferior daripada kedua jenis lainnya.

4

Periksa ukurannya

Periksa ukurannya

Bagaimanakah cara Anda menggunakan carabiner? Apakah Anda hendak menggunakannya untuk menggantung benda-benda kecil seperti kumpulan kunci atau mengunci ritsleting tas? Jika demikian, carabiner kecil berukuran kurang dari 7 cm adalah pilihan yang tepat.


Di sisi lain, mungkin Anda juga berencana menggunakannya untuk dikaitkan ke tali tambang, tali baja, atau benda tebal lainnya. Untuk kebutuhan tersebut, sebaiknya Anda memilih carabiner besar yang ukurannya lebih dari 8 cm. Makin besar ukurannya, makin banyak pula benda yang bisa Anda kaitkan ke carabiner. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda!

5

Pastikan bahan yang digunakan

Baja dan aluminium adalah bahan yang lazim digunakan untuk membuat carabiner. Kenali karakteristik tiap bahan dan pilihlah produk yang paling cocok untuk Anda.

Aluminium, perpaduan bobot ringan plus ketahanan mumpuni

Aluminium, perpaduan bobot ringan plus ketahanan mumpuni

Di antara berbagai jenis metal, aluminium memiliki bobot yang paling ringan. Hal tersebut membuat carabiner aluminium makin mudah dibawa, terlebih bila Anda membawa beberapa carabiner sekaligus.


Meski ringan, jangan ragukan ketahanannya. Aluminium memiliki daya tahan tinggi dan tidak mudah patah. Tergantung racikan masing-masing produsen, ada juga carabiner aluminium yang siap digunakan untuk kegiatan outdoor ekstrem, misalnya rock climbing.

Baja, memiliki kekuatan yang stabil dan sangat durable

Baja, memiliki kekuatan yang stabil dan sangat durable

Jika Anda ingin menggunakan carabiner bertahun-tahun untuk berbagai aktivitas berat, carabiner dari baja wajib dipertimbangkan. Dibandingkan aluminium, baja lebih tahan lama. Tidak hanya itu, baja juga hampir tidak memiliki selisih nilai muai dan susut. Hal tersebut membuatnya memiliki kekuatan yang stabil dan tidak mudah rusak, bahkan saat digunakan pada cuaca yang sangat panas.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi carabiner terbaik

Sepuluh carabiner terbaik dalam daftar rekomendasi ini siap menemani Anda berpetualang. Kenali keunggulan tiap produk dan pilihlah carabiner sesuai preferensi Anda.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

KONG

Ovalone Screw SleeveKNG-712-A1

KONG Ovalone Screw Sleeve 1

Rp250.000

Agak Mahal

Siap dampingi berbagai kegiatan heavy-duty!

2

Petzl

WilliamM36A SL

Petzl William 1

Rp400.000

Lebih Mahal

Dirancang khusus untuk kekuatan dan rotasi optimal

3

EIGER

A712NB Al Car w/ Bend Bar Climbing Equipment910002557

EIGER A712NB Al Car w/ Bend Bar Climbing Equipment 1

Rp149.000

Agak Mahal

Ringan dan mudah dilepas pasang

4

Dhaulagiri

Carabiner Tools 502 Multitools Camping Outdoor

Dhaulagiri Carabiner Tools 502 Multitools Camping Outdoor 1

Rp100.000

Agak Mahal

Dilengkapi beragam peralatan tambahan

5

Nite Ize

S-Biner® Microlock® Stainless Steel

Nite Ize S-Biner® Microlock® Stainless Steel 1

Rp79.900

Menengah

Dapat dua carabiner supermini dalam satu produk

6

Naturehike

2 pcs D Shape Camping Carabiner 4 cmNH15A004-H

Naturehike  2 pcs D Shape Camping Carabiner 4 cm 1

Rp16.000

Agak Murah

Portabel dan tidak mengganggu pergerakan

7

3 in 1 Kompas Carabiner Termometer Key Ring

 3 in 1 Kompas Carabiner Termometer Key Ring 1

Rp14.000

Agak Murah

Kompasnya meminimalkan kemungkinan tersasar

8

Naturehike

Carabiner D-Utility 8 cm LockNH15A008-D

Naturehike Carabiner D-Utility 8 cm Lock 1

Rp25.000

Agak Murah

Penguncinya berulir, lebih lekat di tangan

9

Mountaineering Buckle Belt Scale

 Mountaineering Buckle Belt Scale 1

Rp12.000

Agak Murah

Mudahkan Anda membuka botol di perjalanan

10

Carabiner Screw Lock Oval Shape

 Carabiner Screw Lock Oval Shape 1

Rp40.000

Menengah

Menawarkan kapasitas beban besar dengan harga ekonomis

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

KONGOvalone Screw SleeveKNG-712-A1

Ovalone Screw Sleeve 1
Sumber: kong.it
Harga referensi
Rp250.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp250.000
Agak Mahal

Siap dampingi berbagai kegiatan heavy-duty!

Apakah Anda ingin menggunakan carabiner untuk beragam kegiatan, mulai dari olahraga hingga misi penyelamatan krusial? Jika iya, carabiner ini wajib Anda miliki. Berdesain simetris dan memiliki bukaan besar, Anda bisa lebih mudah menemukan posisi pemasangan yang pas.


Produk ini sudah melalui berbagai pengetesan sehingga memiliki ketahanan yang sangat teruji. Untuk rock climbing maupun pengerjaan bangunan bertingkat, produk ini sangatlah mumpuni. Bahkan, carabiner ini siap menemani Anda dalam misi penyelamatan penting, seperti mountain atau civilian rescue. Nice!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

PetzlWilliamM36A SL

Harga referensi
Rp400.000
Lebih Mahal

Dirancang khusus untuk kekuatan dan rotasi optimal

Dibuat dengan konsep fluid interior, bagian dalam carabiner buatan Petzl ini memiliki permukaan yang sangat halus. Hasilnya, tali, kunci, atau benda lainnya yang dipasangkan bisa bergeser dengan mulus.


H-shaped cross-section juga membuat carabiner ini memiliki power to weight ratio yang mumpuni sekaligus bebas abrasi. Untuk memperoleh keseimbangan antara rotasi dan kekuatan yang sama-sama maksimal, pilihlah carabiner asimetris ini.

No.3

EIGERA712NB Al Car w/ Bend Bar Climbing Equipment910002557

Harga referensi
Rp149.000
Agak Mahal

Ringan dan mudah dilepas pasang

Bagi Anda yang mengutamakan kepraktisan penggunaan, carabiner ini jangan sampai dilewatkan, ya! Bahan aluminium menjadikan produk ini kuat sekaligus berbobot hanya 50 gram saja. Adanya gate jenis bend membuat carabiner buatan EIGER ini cepat dan mudah dilepas pasang. Melihat kedua keunggulannya, produk ini praktis digunakan untuk quickdraw.

No.4

DhaulagiriCarabiner Tools 502 Multitools Camping Outdoor

Harga referensi
Rp100.000
Agak Mahal

Dilengkapi beragam peralatan tambahan

Lebih dari sekadar carabiner, Dhaulagiri memberi Anda beragam peralatan sekaligus dalam satu produk. Ada pisau lipat, kikir kuku, pembuka botol, gunting, dan masih banyak benda lainnya dalam produk ini. Selain itu, penggunaan bahan stainless steel berkualitas menjadikan produk ini makin awet. Jika Anda membutuhkan peralatan outdoor yang multifungsi, carabiner ini adalah opsi terbaik.

No.5

Nite IzeS-Biner® Microlock® Stainless Steel

Harga referensi
Rp79.900
Menengah

Dapat dua carabiner supermini dalam satu produk

Dalam satu set, Anda akan mendapatkan dua buah carabiner sekaligus. Anda pun bisa menggunakannya untuk menyatukan dua benda kecil, misalnya sebagai pengunci ritsleting koper. Tenang saja, adanya twist lever memungkinkan carabiner tetap terkunci sempurna sehingga barang Anda tetap aman.


Meski kurang cocok digunakan untuk climbing, carabiner berukuran supermini ini durable digunakan sehari-hari. Jika Anda butuh carabiner sebagai pengunci benda-benda kecil untuk kegiatan kasual, tak perlu ragu membeli produk ini.

No.6

Naturehike 2 pcs D Shape Camping Carabiner 4 cmNH15A004-H

Harga referensi
Rp16.000
Agak Murah

Portabel dan tidak mengganggu pergerakan

Bila Anda mengutamakan portabilitas, carabiner mini ini adalah partner terbaik. Berukuran hanya sebesar 4 cm, produk ini begitu mudah disimpan dan diselipkan di dalam tas. Berkat ukurannya yang kecil pula carabiner ini tidak akan mengganggu pergerakan Anda saat dikaitkan di celana. Penggunaan bahan aluminium alloy membuat produk ini awet digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

No.7

3 in 1 Kompas Carabiner Termometer Key Ring

Harga referensi
Rp14.000
Agak Murah

Kompasnya meminimalkan kemungkinan tersasar

Carabiner gantungan kunci yang satu ini sudah dilengkapi dengan termometer. Rentang suhunya pun memadai untuk lingkungan tropis Indonesia, yaitu 30–50 derajat Celsius. Hebatnya lagi, produk ini juga memiliki kompas agar Anda makin mudah menentukan arah. Untuk mencegah Anda tersesat saat berada dalam penjelajahan, produk ini patut diperhitungkan.

No.8

NaturehikeCarabiner D-Utility 8 cm LockNH15A008-D

Harga referensi
Rp25.000
Agak Murah

Penguncinya berulir, lebih lekat di tangan

Kesulitan membuka carabiner akibat tangan yang licin rasanya menyebalkan, bukan? Nah, produk ini adalah solusi tepat untuk mengatasi hal tersebut. Karena penguncinya berulir, Anda pun tetap bisa membuka atau menutupnya dengan mudah meski tangan sedang basah. Namun, penting untuk diingat bahwa kapasitas beban maksimalnya hanyalah 45 kg. Jadi, jangan dipakai untuk panjat tebing, ya.

No.9

Mountaineering Buckle Belt Scale

Harga referensi
Rp12.000
Agak Murah

Mudahkan Anda membuka botol di perjalanan

Terbuat dari besi yang kokoh, carabiner berukuran kecil ini tidak akan mudah patah. Siap untuk digantungkan berbagai benda! Tidak cukup sampai di situ, salah satu sisi produk ini juga dilengkapi dengan pembuka botol. Agar bisa membuka botol dengan cepat saat perjalanan, rasanya produk ini tidak boleh Anda lewatkan.

No.10

Carabiner Screw Lock Oval Shape

Harga referensi
Rp40.000
Menengah

Menawarkan kapasitas beban besar dengan harga ekonomis

Memiliki carabiner climbing berkapasitas beban berat tidak harus memerlukan banyak dana, lho. Cobalah membeli produk ini. Carabiner baja ini diklaim mampu menahan beban hingga 2,5 ton! Menariknya lagi, produk ini memiliki harga yang sangat ramah di kantong. Membeli beberapa carabiner sekaligus pun tidak akan membuat dompet Anda langsung kempis.

Kesimpulan

Carabiner dapat Anda gunakan untuk sekadar menggantungkan minuman atau benda kecil lainnya hingga misi penyelamatan. Cek dahulu model sekaligus sistem penguncinya untuk memastikan kemudahan pemakaian carabiner.


Selain itu, ketahui juga ukuran, jenis gate, dan bahan yang digunakan. Semua poin tersebut akan memengaruhi karakteristik carabiner. Baik bagi pemula maupun Anda yang sudah ahli melakukan olahraga ekstrem, carabiner tepat untuk dijadikan teman bertualang!

5 Rekomendasi Carabiner terbaik

No. 1: KONGOvalone Screw SleeveKNG-712-A1

No. 2: PetzlWilliamM36A SL

No. 3: EIGERA712NB Al Car w/ Bend Bar Climbing Equipment910002557

No. 4: DhaulagiriCarabiner Tools 502 Multitools Camping Outdoor

No. 5: Nite IzeS-Biner® Microlock® Stainless Steel

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Perlengkapan outdoor
  4. 10 Rekomendasi Carabiner Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.