• 10 Rekomendasi Sukajan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sukajan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sukajan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sukajan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sukajan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sukajan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sukajan adalah jaket yang berasal dari Jepang dengan desain gambar yang khas. Mengusung model bomber atau varsity, jaket sukajan memiliki ornamen gambar yang sangat beragam, seperti motif naga, harimau, dan lainnya. Namun, banyaknya jaket sukajan yang tersedia di pasaran mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.


Kali ini, kami akan menjelaskan apa itu jaket sukajan beserta cara memilihnya. Kami pun turut merekomendasikan produk terbaik dengan beragam desain dan merk, seperti Erigo, Memphis Origins, Dailybased, dan lainnya. Sudah siap tampil keren dan stylish dengan jaket sukajan?

  • Pembaharuan terakhir: 05 Agustus 2021
  • 8.396 Views
Daftar isi

Apa itu jaket sukajan?

Jaket sukajan adalah jaket bermodel jaket bisbol, bomber, atau varsity dengan bordiran berciri khas Jepang. Pada jaket sukajan, Anda akan menemukan motif-motif bernuansa Negeri Sakura, seperti naga, harimau, burung bangau, bunga sakura, dan sebagainya. Embroidery jaket sukajan yang dinilai unik, catchy, dan artistik membuat banyak orang menyukai jaket ini. 


Berkat desainnya tersebut, jaket sukajan juga kerap dijadikan sebagai souvenir atau oleh-oleh yang wajib dibeli jika berkunjung ke Jepang. Kesan berbeda yang dihadirkan jaket sukajan pun membuat jaket ini kian terkenal, bahkan turut dipopulerkan melalui film-film gangster Jepang. Sebut saja film High and Low, di mana tokohnya yaitu Murayama dan Cobra turut menggunakan jaket sukajan dalam adegan action-nya. 


Kini, jaket sukajan juga telah banyak diminati oleh muda-mudi di Indonesia. Harga jaket sukajan produksi Jepang yang cukup fantastis mendorong merek-merek lokal turut memproduksi jaket sukajan dengan harga lebih terjangkau. Selain mampu memberi tampilan stylish, jaket ini juga terasa nyaman dan mudah dipadukan dengan berbagai bawahan. 

Sejarah perkembangan jaket sukajan

Jaket sukajan pertama kali dibuat pada akhir masa perang dunia kedua. Kala itu, tentara Amerika harus angkat kaki dari pangkalan militernya di Yokosuka. Sebagai kenang-kenangan bertugas di Jepang, mereka meminta penjahit di Yokosuka menyulamkan beberapa gambar yang merefleksikan Jepang di jaket bomber militernya. Kemudian, istilah sukajan pun muncul dan mulai dikenal. Sukajan sendiri berasal dari kata Yokosuka dan jan yang berarti jaket dalam bahasa Jepang.


Awalnya, motif jaket sukajan cenderung lebih sederhana karena disulam secara handmade oleh para penjahit di masa itu. Desain jaket sukajan tradisional umumnya berupa percampuran budaya barat dan timur dengan warna yang cenderung cerah. Namun, seiring perkembangan zaman, motif jaket sukajan sudah dikerjakan dengan mesin jahit dan komputer sehingga ornamennya pun lebih kompleks.


Pada tahun 1960-an, jaket sukajan telah ramai menghiasi street fashion di Jepang, bahkan banyak dikenakan oleh para Yakuza. Di tahun yang sama, anak-anak muda di Amerika mengadopsi jaket sukajan sebagai bagian dari gaya preppy look yang memiliki kesan rebel ala gangster. Saat ini, jaket sukajan sudah begitu populer dan bisa dengan mudah ditemukan di seluruh dunia.

Cara memilih sukajan

Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting yang perlu Anda ketahui saat hendak membeli jaket sukajan. Mulai dari motif, bahan, sampai bordiran, semuanya wajib diperhatikan supaya mendapatkan produk terbaik. Berikut penjelasannya!

Kenali makna dan motif populer jaket sukajan

Kebanyakan jaket sukajan mengusung motif khas Negeri Sakura yang membuatnya terlihat unik dan antimainstream. Dari sekian banyak motif yang tersedia, terdapat beberapa motif yang paling populer. Motif apa sajakah itu? Kami akan membahasnya di bawah ini. 

Ryu atau naga, melambangkan kemurahan hati dalam kesan garang

Naga atau ryu dalam bahasa Jepang merupakan salah satu motif jaket sukajan yang paling banyak ditemui. Dalam four legendary creatures atau empat makhluk mitologi, naga disebut sebagai perlambang kebijaksanaan dan kemurahan hati. Selain itu, jaket sukajan bermotif naga ini juga mampu memberikan kesan garang pada penggunanya. 

Tora atau harimau, simbol keberanian yang gagah

Masih dari salah satu four legendary creatures, tora atau harimau dipercaya menjadi representatif keberanian serta ketangguhan. Beberapa orang juga percaya bahwa harimau merupakan simbol dari perlindungan terhadap penyakit, roh jahat, dan kesialan. Desain jaket sukajan dengan motif harimau dapat membuat Anda tampak lebih gagah. 

Koi, perlambang keberuntungan menuju keberhasilan

Motif berikutnya yang banyak ditemui di jaket sukajan ialah ikan koi. Ikan dengan corak warna yang indah ini dipercaya sebagai simbol keberuntungan atau kemakmuran menuju keberhasilan. Koi juga menjadi perlambang anak laki-laki dan usaha yang pantang menyerah. Umumnya, motif ikan koi ini kerap dipadukan dengan motif lainnya, seperti bunga sakura, air, dan lain-lain.

Bunga sakura, mewakili keindahan dan fananya kehidupan

Jepang dikenal juga sebagai Negeri Sakura. Tidak heran, bunga khas negara Jepang ini turut menjadi motif yang sering ditemui di jaket sukajan. Bermekaran sebagai tanda masuknya musim semi, bunga sakura mewakili keindahan dan kecantikan. 


Meski indah, waktu mekarnya bunga sakura yang hanya sekitar satu minggu membuat bunga ini juga menjadi simbol kehidupan yang fana. Biasanya, motif sakura ini menjadi pelengkap motif lainnya dan jarang berdiri sendiri.

Pertimbangkan juga beragam motif stylish lainnya

Selain empat motif populer di atas, jaket sukajan juga memiliki beragam motif lainnya yang keren dan menarik untuk Anda koleksi. Sebut saja jaket sukajan motif phoenix, geisha, samurai, bahkan ada yang bermotif karakter lokal seperti Rangda. 


Selain itu, ada pula jaket sukajan yang memiliki perpaduan antara beberapa motif sekaligus. Kelangkaan motif juga dapat menjadi daya tarik tambahan pada sebuah produk jaket sukajan. Jadi, silakan pilihlah motif jaket sukajan yang paling disukai dan mewakili diri Anda. 

Pilihlah berdasarkan bahannya

Ada beberapa bahan yang digunakan untuk membuat jaket sukajan. Namun, saat ini kami akan menjelaskan dua bahan yang sering digunakan untuk jaket sukajan, yakni bahan satin dan bahan paragon. Mari simak karakteristik masing-masing bahan dan pilihlah yang paling nyaman bagi Anda.

Satin, terlihat berkilau dan memberi kesan mewah

Salah satu bahan yang banyak dijumpai sebagai bahan jaket sukajan adalah kain satin. Kain satin merupakan kain yang ditenun dengan teknik serat filamen. Teknik ini membuat bahan satin memiliki karakteristik permukaan bahan yang lembut, berkilau, serta terlihat mewah dan mahal. 


Karakteristik lain dari kain satin ialah tidak terasa panas, ringan, serta cukup kuat untuk waktu yang lama. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jaket sukajan berbahan satin ialah harganya yang relatif mahal. Meski begitu, jaket sukajan berbahan satin memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan dan layak dijadikan koleksi.

Paragon, terasa halus tanpa tampilan glossy berlebih

Kain paragon adalah kain yang terbuat dari 100% bahan poliester. Berbeda dari kain satin yang menggunakan teknik serat filamen, kain paragon menggunakan teknik wrap knit jenis tricot. Teknik ini menghasilkan kain dengan dua sisi kain yang berbeda, satu lebih mengilap dan satunya lagi tidak terlalu mengilap. Kedua sisi kain ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan produsen. 


Jaket sukajan berbahan paragon umumnya dapat dijumpai dengan harga ramah kantong. Teksturnya yang terasa halus dan tidak memberi tampilan glossy berlebih menjadi daya tarik tersendiri. Namun, kekurangan dari bahan ini ialah sulit untuk menyerap keringat sehingga terasa gerah atau panas ketika digunakan dalam waktu lama. 


Selain kain paragon, ada juga kain lotto yang memiliki karakteristik material serupa. Kain lotto juga digunakan sebagai bahan dasar pada beberapa jaket sukajan. Tidak hanya jaket sukajan, bahan kain lotto umumnya kerap dijadikan bahan baju bola atau pakaian olahraga. 

Full bordir atau full print? Sesuaikan dengan selera Anda

Kebanyakan jaket sukajan yang beredar di Indonesia ialah produksi lokal atau yang disebut sebagai fan made. Berbeda dari jaket sukajan original produksi Jepang, terdapat dua istilah tipe desain jaket sukajan yang banyak ditemui di Indonesia. 


Pertama ialah full bordir, yakni keseluruhan gambar yang menghiasi jaket sukajan terbuat dari sulaman atau bordiran benang. Tipe ini memiliki kesan yang lebih spesial dan berkelas. Jika dibandingkan jaket sukajan print, tentu saja harga jaket sukajan full bordir akan lebih tinggi. Namun, Anda tidak akan kecewa dengan kesan eksklusif yang diberikan.  


Tipe kedua ialah full print, yakni keseluruhan gambar pada jaket sukajan berasal dari hasil printing. Permukaan jaket sukajan ini terlihat halus dan rata karena tidak ada gambar yang timbul. Berhubung tingkat kesulitan pembuatannya tidaklah rumit, Anda bisa menemukan jaket sukajan ini dengan harga yang ekonomis. Masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. 

10 Rekomendasi sukajan terbaik

Sekarang, tiba saatnya kami memperkenalkan sepuluh rekomendasi jaket sukajan terbaik yang telah kami rangkum untuk Anda. Silakan mengacu pada poin-poin memilih di atas dan temukanlah jaket sukajan yang paling sesuai selera. 

10
MotifTora/harimau dan samurai
BahanLotto elpana impor
Tipe desainFull print
9

HighestGrus Japonensis

HSJ3

Mulai dari Rp 575.000,00

MotifBurung dan pemandangan laut
BahanBahan luar: Premium satin silk ・ Bahan dalam: Premium quilted
Tipe desainFull bordir
8

X-UrbandJaket Bomber Sukajan Pria

A079

Mulai dari Rp 210.000,00

MotifBurung bangau dan bunga sakura
BahanBahan luar: RZN waterproof ・ Bahan dalam: Tafeta 170
Tipe desainFull bordir
7
MotifGeisha
BahanHigh quality paragon
Tipe desainFull bordir
6

SAINANGELSukajan Dragon Tiger

Mulai dari Rp 340.000,00

MotifRyu/naga dan tora/harimau
BahanSoft satin velvet
Tipe desainFull bordir
5

Peery MakerJaket Sukajan Black Rangda Nusantara Series Reversible

Mulai dari Rp 285.000,00

MotifRangda
BahanSoft satin
Tipe desainFull bordir
4
MotifHouou/phoenix
BahanSoft satin
Tipe desainFull bordir
3

Jaket Sukajan Bordir Retro Style

Mulai dari Rp 590.000,00

MotifBurung dan bunga
BahanPoliester
Tipe desainFull bordir
2

DailybasedSukajan New Black Mizuchi

Mulai dari Rp 289.000,00

MotifRyu/naga
BahanHigh quality taslan
Tipe desainFull bordir
1

Memphis OriginsSukajan Jacket - Okinawa

Mulai dari Rp 450.000,00

MotifIkan koi dan burung
BahanSatin
Tipe desainFull bordir

Tabel perbandingan produk sukajan terbaik

Gambar produk
1
Memphis Origins Sukajan Jacket - Okinawa 1

Memphis Origins

2
Dailybased Sukajan New Black Mizuchi 1

Dailybased

3
Jaket Sukajan Bordir Retro Style 1

4
Erigo Sukajan Houou Black 1

Erigo

5
Peery Maker Jaket Sukajan Black Rangda Nusantara Series Reversible 1

Peery Maker

6
SAINANGEL Sukajan Dragon Tiger 1

SAINANGEL

7
Dailybased Sukajan Hanamachi 1

Dailybased

8
X-Urband Jaket Bomber Sukajan Pria 1

X-Urband

9
Highest Grus Japonensis 1

Highest

10
Jaket Sukajan Motif Harimau 1

Nama produk

Sukajan Jacket - Okinawa

Sukajan New Black Mizuchi

Jaket Sukajan Bordir Retro Style

Sukajan Houou Black

Jaket Sukajan Black Rangda Nusantara Series Reversible

Sukajan Dragon Tiger

Sukajan Hanamachi

Jaket Bomber Sukajan Pria

Grus Japonensis

Jaket Sukajan Motif Harimau

Keunggulan

Perpaduan warna merah dan ikan koi, dobel makna keberuntungan!

Naga emas di atas jaket hitam berikan tampilan gagah dan berkelas

Tampil catchy dengan bordiran yang menutupi hampir seluruh permukaan jaket

Salah satu jaket sukajan terlaris dari brand lokal!

Jaket sukajan reversibel dengan motif Rangda khas Bali

Mengisahkan pertarungan naga dan harimau yang sengit

Perpaduan geisha dengan hannya mask yang memukau dan sarat makna

Sukajan ala bomber dengan bordiran bunga dan burung yang bernuansa klasik

Tersedia dalam ukuran besar, tak bingung lagi mencari jaket sukajan big size

Harga terjangkau dengan perpaduan motif harimau dan samurai yang unik

Harga mulai dariRp 450.000,00Rp 289.000,00Rp 590.000,00Rp 270.000,00Rp 285.000,00Rp 340.000,00Rp 219.000,00Rp 210.000,00Rp 575.000,00Rp 110.000,00
MotifIkan koi dan burungRyu/nagaBurung dan bungaHouou/phoenixRangdaRyu/naga dan tora/harimauGeishaBurung bangau dan bunga sakuraBurung dan pemandangan lautTora/harimau dan samurai
BahanSatinHigh quality taslanPoliesterSoft satinSoft satinSoft satin velvetHigh quality paragonBahan luar: RZN waterproof ・ Bahan dalam: Tafeta 170Bahan luar: Premium satin silk ・ Bahan dalam: Premium quiltedLotto elpana impor
Tipe desainFull bordirFull bordirFull bordirFull bordirFull bordirFull bordirFull bordirFull bordirFull bordirFull print
Tautan produk

Baca juga rekomendasi jaket untuk pria lainnya di sini

Selain jaket sukajan, mungkin Anda juga sedang mencari jaket lainnya untuk melengkapi fashion Anda sehari-hari. Karena itu, kami juga sudah menyiapkan artikel rekomendasi beragam jaket untuk pria, seperti jaket parka, jaket hoodie, dan lainnya. Penasaran apa saja produk rekomendasi pilihan kami? Baca informasi selengkapnya pada tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan jaket sukajan favorit? Mengusung model jaket bisbol, jaket sukajan memiliki karakteristik yang khas bagi para penggemarnya. Cukup menggunakan jaket asal Jepang ini, tampilan outfit Anda pun akan langsung berubah. 


Berbeda motif dan bahan, berbeda pula kesan yang dihadirkan oleh jaket sukajan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan jaket sukajan yang sesuai selera dan image Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Kemeja Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kemeja Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini, kemeja pria hadir dalam berbagai model sehingga tidak terbatas untuk acara formal saja. Ada kemeja pria lengan panjang dan lengan pendek, hingga kemeja pria polos maupun bermotif. Sebagai contoh, merek kemeja pria terbaik, seperti UNIQLO, Jobb, dan Alisan berlomba-lomba mengeluarkan produk berdesain kasual.Kemeja yang Anda gunakan cukup berperan penting dalam membentuk karakter dan menciptakan kesan pertama. Untuk itu, jangan sampai salah dalam memilih dan membeli kemeja. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih baju kemeja pria branded yang bagus dan sesuai untuk Anda. Silakan disimak!
    Pakaian pria
    23.047 Views
  • 10 Merk Celana Chino Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Celana Chino Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda diminta memilih satu celana yang bisa diandalkan untuk setiap kesempatan, celana chino-lah jawabannya. Awalnya, celana chino terbuat dari katun twill yang kemudian disebut “chino” dalam bahasa Spanyol. Saat ini, celana chino menjadi celana favorit pria karena bahannya yang kuat dan lentur.Tersedia dalam berbagai warna, celana chino juga mudah dikombinasikan untuk berbagai gaya. Kami akan membahas cara memilih celana chino serta merekomendasikan produk yang bagus untuk Anda. Merek terkenal, seperti Erigo, Edwin Jeans, dan VENGOZ ada dalam daftar rekomendasi kami, lho. Mari temukan celana chino terbaik untuk Anda!
    Pakaian pria
    34.082 Views
  • 10 Merk Kemeja Batik Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kemeja Batik Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Kemeja batik adalah pakaian pria dengan corak khas Indonesia yang menjadi fashion item wajib untuk pergi ke undangan perkawinan atau acara resmi. Namun, saat ini banyak juga corak batik yang menarik untuk bisa digunakan hangout atau acara santai.Jika Anda sedang mencari kemeja batik, sebaiknya simak artikel ini hingga akhir. Kami akan membagikan tips memilih kemeja batik dengan bahan yang bagus dan sesuai untuk Anda. Simak juga rekomendasi beberapa merek batik pria terbaik, seperti Batik Keris, Danar Hadi, dan Batik Trusmi. Jangan lewatkan informasinya!
    Pakaian pria
    25.801 Views
  • 10 Merk Celana Pendek Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Celana Pendek Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Celana pendek kini tidak hanya sekadar dipakai untuk bersantai di rumah. Celana pendek atau shorts telah bertransformasi menjadi salah satu fashion item yang bisa dikenakan dalam berbagai kesempatan. Selain antigerah, celana pendek juga bisa membuat pemakainya bergerak lebih bebas dan tampil lebih kasual. Banyaknya bahan, model, dan merk celana pendek mungkin membuat Anda bingung. Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih celana pendek pria yang bagus untuk Anda. Tidak ketinggalan, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk branded, seperti adidas, Billabong, dan Consina. Teruslah membaca sampai akhir, ya!
    Pakaian pria
    25.641 Views
  •  10 Rekomendasi T-shirt Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi T-shirt Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    T-shirt atau yang dikenal juga dengan kaus oblong merupakan salah satu outfit favorit pria dalam urusan fashion. Berbeda dengan wanita, pria memang cenderung memilih pakaian yang simpel dan tidak ribet. Di pasaran sendiri ada banyak sekali jenis dan model T-shirt yang bisa dipilih.Untuk mempermudah Anda menemukan T-shirt terbaik, kami memberikan tips cara memilih T-shirt yang bisa dijadikan referensi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik, seperti dari Hush Puppies, Deus ex Machina, atau Carvil. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Pakaian pria
    14.770 Views
  • 10 Merk Sweater Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Sweater Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Sweater merupakan jenis baju luaran dengan bahan tebal dan biasanya dipakai saat cuaca dingin. Selain melindungi tubuh dari udara dingin, sweater sanggup menunjang penampilan Anda. Modelnya pun beragam, seperti pullover sweater polos dengan crewneck, v-neck cardigan, sampai vest sweater.Dalam artikel ini kami akan membahas sweater khusus pria. Berbagai merek pakaian ternama, seperti Marks & Spencer dan Tommy Hilfiger, ada dalam rekomendasi kami. Merek distro lokal pun tak kalah menariknya, contohnya Reclays, Kale, dan Gomuda. Yuk, simak sampai akhir dan temukan model sweater pria dengan harga yang cocok di kantong!
    Pakaian pria
    25.919 Views
  • 10 Celana Training Merk Nike Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Celana Training Merk Nike Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Nike tak hanya menghadirkan koleksi pakaian olahraga (sportswear) yang fungsional, tetapi juga penuh gaya. Tak heran jika merk Nike banyak diminati untuk tampilan sporty. Dari berbagai produk Nike, celana training untuk pria menjadi incaran konsumen. Nike menawarkan beragam model celana training yang bagus untuk Anda.Kami akan memberikan tips memilih celana training Nike terbaik untuk pria. Kami juga merekomendasikan berbagai celana training Nike original, seperti Nike Air Jordan, Nike Pro, Nike Phenom Elite, dan banyak lainnya. Temukan juga model celana olahraga panjang dan pendek dengan harga yang sesuai. Selamat membaca!
    Pakaian pria
    318 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori