mybest
Cetakan & maker

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Alat masak khusus
  4. 10 Rekomendasi Mesin Sostel Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Mesin Sostel Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Sostel Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Sostel Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Sostel Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Sostel Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Mesin Sostel Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Sostel adalah makanan berbahan dasar sosis dan telur. Makanan berbentuk silinder ini biasanya disajikan memakai tusukan sate sehingga lebih mudah ketika dikonsumsi. Untuk membuat hidangan ini, Anda harus menggunakan mesin sostel. Apabila Anda tertarik membeli mesin sostel, silakan membaca tips memilih mesin sostel yang bagus di bawah ini.


Di artikel ini kami akan berbagi informasi mengenai mesin sostel gas, listrik, hingga mesin sostel mini. Kami juga akan memberikan review mesin sostel merk Getra, Ardin, dan Goto beserta harga mesin sostel terbaik di pasaran. Jadi, simak pembahasannya sampai tuntas, ya!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa itu mesin sostel?

Apa itu mesin sostel?
Sumber: rollieeggsmaster.com

Mesin sostel merupakan alat memasak yang dilengkapi dengan tabung silinder. Mesin ini memiliki beberapa nama, seperti egg sausage machine dan egg roll maker. Dengan menggunakan mesin sostel, Anda dapat membuat makanan yang enak dengan mudah dan cepat. Alhasil, waktu yang Anda gunakan untuk memasak pun lebih efisien.


Mesin sostel biasanya memiliki kemampuan mengeluarkan bahan makanan yang sudah masak secara otomatis. Dengan adanya fitur tersebut, Anda dapat melakukan aktivitas lain sambil menunggu bahan makanan selesai dimasak. Supaya proses mengeluarkan bahan makanan tidak terganggu, tabung silinder pada mesin sostel biasanya diberi lapisan antilengket. Proses membuat sostel pun jadi makin mudah.

Cara memilih mesin sostel

Anda dapat membeli mesin sostel dengan mudah melalui situs belanja online. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mesin sostel. Hal tersebut telah kami rangkum menjadi beberapa poin. Silakan Anda baca setiap poinnya dengan saksama. 

1

Perhatikan jumlah dan diameter cetakan

Perhatikan jumlah dan diameter cetakan
Sumber: gea-rsa.com

Beberapa jenis mesin sostel hanya memiliki satu atau dua buah cetakan berbentuk silinder. Di pihak lain, Anda juga pasti akan menemukan mesin sostel yang dilengkapi dengan sepuluh buah cetakan. Sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu mesin sostel di situs e-commerce, Anda sebaiknya mempertimbangkan tujuan penggunaannya terlebih dahulu.


Jika Anda berencana menggunakan mesin sostel untuk keperluan pribadi, mesin sostel dengan satu atau dua cetakan sepertinya sudah cukup. Apabila mesin sostelnya akan digunakan untuk berjualan, Anda bisa memilih produk yang dilengkapi dengan banyak cetakan. Dengan begitu, Anda bisa membuat banyak pesanan secara bersamaan.


Selain memperhatikan jumlah cetakan, Anda harus mencari tahu ukuran cetakannya. Cetakan pada mesin sostel biasanya memiliki diameter 30 mm. Akan tetapi, beberapa produk mungkin dilengkapi cetakan berdiameter lebih besar. Hal ini dapat disesuaikan dengan jenis sosis yang akan digunakan dan jumlah telur yang dibutuhkan. 

2

Pilih mesin sostel listrik atau mesin sostel gas

Mesin sostel memerlukan panas untuk mematangkan sosis dan telur yang ada di dalam cetakan. Panas tersebut bisa didapatkan dari listrik atau bahan bakar gas. Ketika Anda memilih mesin sostel, cari tahu apakah mesin sostelnya bekerja dengan bantuan listrik atau bahan bakar gas.

Listrik, hanya perlu disambungkan ke sumber daya

Listrik, hanya perlu disambungkan ke sumber daya

Mesin sostel yang memakai sumber energi listrik memang praktis. Anda hanya perlu menyambungkan kabel ke sumber daya dan menekan sakelar, lalu mesin pun siap digunakan. Jika Anda berencana membeli mesin sostel elektrik, Anda harus mencari tahu besaran daya yang dibutuhkan oleh mesin tersebut. Makin banyak cetakan pada mesin sostel, jumlah energi listrik yang dibutuhkan biasanya makin besar juga.

Gas, dapat digunakan di luar ruangan

Gas, dapat digunakan di luar ruangan

Mesin sostel yang menggunakan bahan bakar gas biasanya berukuran besar dan memerlukan regulator supaya bisa terhubung ke tabung gas. Hal tersebut mungkin terkesan merepotkan, tetapi Anda bisa menggunakan mesin sostel berbahan bakar gas kapan saja. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan mesin ini di dalam atau di luar ruangan karena mesinnya tidak harus terhubung dengan sumber daya listrik.

3

Ketahui juga bahan dari body mesinnya

Bagian cetakan pada mesin sostel biasanya terbuat dari logam antilengket. Sementara itu, bagian body-nya terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan plastik dan ada pula yang menggunakan aluminium. Kira-kira apa kelebihan dari kedua bahan tersebut?

Plastik, tersedia dalam beragam warna

Plastik, tersedia dalam beragam warna
Sumber: maksindo.com

Ada banyak bahan plastik yang dapat digunakan untuk membuat body mesin sostel. Akan tetapi, bahan plastik yang banyak digunakan adalah ABS (acrylonitrile butadiene styrene). Bahan ini kuat dan tahan terhadap suhu panas serta dingin. Di pihak lain, plastik ABS juga mudah untuk dicetak dan diwarnai.


Namun, plastik ABS tidak bisa bertahan dengan baik di bawah paparan sinar ultraviolet dan mudah mengalami pelapukan. Hal tersebut menyebabkan produk yang terbuat dari plastik ABS memerlukan perawatan ekstra. Meskipun demikian, bahan plastik ABS tetap difavoritkan karena mampu menjadi isolasi listrik.

Aluminium, ringan dan kuat

Aluminium, ringan dan kuat
Sumber: gea-rsa.com

Aluminium sering digunakan untuk membuat berbagai macam produk, salah satunya adalah mesin sostel. Bahan ini tahan terhadap panas, dingin, dan tidak terpengaruh gelombang cahaya sehingga tidak bermasalah apabila digunakan di luar ruangan. 


Aluminium juga kuat, tahan karat, dan lebih ringan jika dibandingkan dengan bahan logam jenis lain, seperti baja atau tembaga. Proses perawatannya pun mudah dan murah, tetapi Anda tetap harus berhati-hati karena bahan aluminium mudah tergores.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi mesin sostel terbaik

Kami telah menjabarkan poin-poin yang harus diperhatikan untuk Anda memilih mesin sostel. Selanjutnya, ada daftar rekomendasi mesin sostel dari beberapa merek. Silakan Anda lihat satu per satu dan pilihlah mesin sostel yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Maksindo

Ardin Egg Roll MakerARD-404

Maksindo Ardin Egg Roll Maker 1

Rp248.500

Agak Murah

Tersedia dalam 6 pilihan warna dan memiliki fitur menghangatkan

2

Rollie

EggmasterGR38892W

Rollie Eggmaster 1

Rp567.164

Agak Murah

Tunggu lampu hijaunya menyala dan mesin pun dapat digunakan

3

Goto

Pro 4 Hole Egg Roll Maker

Goto Pro 4 Hole Egg Roll Maker 1

Rp1.710.000

Agak Mahal

Thermal cover mencegah minyak terciprat ke sekitar cetakan

4

DMWD

Electric DIY Automatic Rising Egg Roll Maker

DMWD Electric DIY Automatic Rising Egg Roll Maker 1

Rp2.925.000

Lebih Mahal

Kualitas dan keamanan produk ini sudah terjamin dengan adanya label CE

5

Carlton

Eggs Sausage MachineSTG-10

Carlton Eggs Sausage Machine 1

Rp1.300.000

Menengah

Telah mengantongi label food grade sehingga aman untuk semua anggota keluarga

6

Royal Sultan Agung

Getra Mesin Sosis TelurET-DC10

Royal Sultan Agung Getra Mesin Sosis Telur 1

Rp600.000

Menengah

Dilengkapi 11 sakelar untuk memudahkan proses memasak sostel

7

Q2

Egg Roll Maker2888

Q2 Egg Roll Maker 1

Rp95.000

Lebih Murah

Mesin sostel mini, sumber daya yang dibutuhkan pun kecil

8

Cookmaster

Platform Egg Sausage Machine 12 Tube GasCMDCR12

Cookmaster Platform Egg Sausage Machine 12 Tube Gas 1

Rp1.500.000

Agak Mahal

Membuat sostel lebih cepat dengan mesin berkapasitas 12 cetakan

9

Maestro

Egg Sausage Machine MaestroMT-GES6

Maestro Egg Sausage Machine Maestro 1

Rp840.000

Menengah

Pegangan di sampingnya akan mempermudah Anda saat memindahkan alat

10

Sinar Himalaya

King Chef Gas Egg Roll MachineGER-101

Sinar Himalaya King Chef Gas Egg Roll Machine 1

Rp1.200.000

Menengah

Dilengkapi kaki, berjualan di tempat terbuka jadi lebih mudah

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

MaksindoArdin Egg Roll MakerARD-404

Ardin Egg Roll Maker 1
Sumber: maksindo.com
Ardin Egg Roll Maker 2
Sumber: maksindo.com
Ardin Egg Roll Maker 3
Sumber: maksindo.com
Harga referensi
Rp248.500
Agak Murah
Harga referensi
Rp248.500
Agak Murah

Tersedia dalam 6 pilihan warna dan memiliki fitur menghangatkan

Beberapa dari Anda mungkin menginginkan peralatan memasak yang berwarna supaya matching dengan dekorasi dapur. Oleh sebab itu, kami memasukkan mesin sostel ini ke dalam salah satu produk yang direkomendasikan. Alat ini tersedia dalam enam pilihan warna menarik. Anda bisa memilih warna yang paling cocok dengan interior dapur atau selera pribadi.


Alat ini tidak hanya memiliki beragam warna, tetapi juga memiliki fitur keepwarm yang berfungsi untuk menghangatkan sostel. Jadi, Anda bisa memasak sostel kapan pun dan menghangatkannya sebelum disantap oleh anggota keluarga yang lain.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

RollieEggmasterGR38892W

Harga referensi
Rp567.164
Agak Murah

Tunggu lampu hijaunya menyala dan mesin pun dapat digunakan

Mesin sostel harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini mungkin membuat Anda kebingungan dan ragu apakah mesinnya sudah dapat digunakan atau belum. Agar Anda bisa memasukkan telur dan sosis pada waktu yang tepat, pilihlah produk ini. Rollie melengkapi mesin sostel ini dengan lampu merah dan hijau.


Lampu merah menandakan mesin sedang dipanaskan, sedangkan lampu hijau merupakan tanda bahwa mesin sudah siap dipakai. Alat ini juga membuat telur dan sosis matang secara merata karena mampu menghantarkan panas ke semua sisi cetakan.

No.3

GotoPro 4 Hole Egg Roll Maker

Harga referensi
Rp1.710.000
Agak Mahal

Thermal cover mencegah minyak terciprat ke sekitar cetakan

Sebelum memasukkan telur dan sosis, Anda harus meneteskan minyak goreng ke dalam cetakan terlebih dahulu. Ketika proses memasak telur dan sosis berlangsung, minyak dapat memercik dan membuat mesin kotor. Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut jika menggunakan produk ini.


Mesin sostel ini dilengkapi dengan thermal cover yang dapat mencegah percikan minyak supaya tidak mengotori area di sekitar cetakan. Selain itu, tutup berbentuk bulat tersebut juga dapat membantu menahan panas supaya telur dan sosis matang secara merata. Saat mesin sostel sedang tidak digunakan, Anda bisa memanfaatkan fitur thermal cover untuk mencegah debu masuk ke dalam cetakan.

No.4

DMWDElectric DIY Automatic Rising Egg Roll Maker

Electric DIY Automatic Rising Egg Roll Maker 1
Sumber: shopee.co.id
Electric DIY Automatic Rising Egg Roll Maker 2
Sumber: shopee.co.id
Electric DIY Automatic Rising Egg Roll Maker 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp2.925.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp2.925.000
Lebih Mahal

Kualitas dan keamanan produk ini sudah terjamin dengan adanya label CE

Harga produk ini termasuk tinggi untuk sebuah mesin sostel yang memiliki empat buah cetakan. Walaupun demikian, mesin sostel ini layak untuk dipertimbangkan karena telah memiliki tanda CE. Artinya, mesin sostel ini telah melewati serangkaian pengujian untuk membuktikan bahwa tingkat keamanan dan kesehatannya sesuai dengan standar Eropa. 


Alat ini juga dilengkapi dengan fitur switch waterproof silicone sleeve yang akan melindungi tombol sakelar dari tetesan air dan bahan cair lainnya. Independent temperature control pada alat ini juga akan membantu mengatur penggunaan energi listrik.

No.5

CarltonEggs Sausage MachineSTG-10

Harga referensi
Rp1.300.000
Menengah

Telah mengantongi label food grade sehingga aman untuk semua anggota keluarga

Sosis telur merupakan salah satu olahan yang digemari oleh semua anggota keluarga, terutama anak-anak. Untuk menjaga kualitas telur dan sosis yang diolah, Anda bisa memilih mesin sostel yang berlabel food grade seperti produk ini. 


Alat masak berlabel food grade tidak akan menimbulkan reaksi ketika bersentuhan langsung dengan makanan. Karena itu, alat masak berlabel food grade dinyatakan aman untuk kesehatan tubuh Anda dan anggota keluarga lainnya.

No.6

Royal Sultan AgungGetra Mesin Sosis TelurET-DC10

Harga referensi
Rp600.000
Menengah

Dilengkapi 11 sakelar untuk memudahkan proses memasak sostel

Cetakan yang banyak membuat proses pembuatan sosis telur jadi lebih cepat. Akan tetapi, energi yang terpakai menjadi lebih boros jika sostel yang dibuat lebih sedikit dari jumlah cetakan yang tersedia. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, coba Anda lirik produk yang satu ini.


Mesin sostel ini dilengkapi dengan sebelas sakelar. Apabila Anda ingin menggunakan semua cetakan, Anda hanya perlu menekan sakelar yang berukuran paling besar. Sementara itu, jika Anda hanya menggunakan beberapa cetakan, tinggal tekan saja sakelar kecil sesuai dengan posisi cetakan yang akan dipakai. Dengan demikian, tidak ada lagi sumber daya listrik yang terbuang percuma. 

No.7

Q2Egg Roll Maker2888

Harga referensi
Rp95.000
Lebih Murah

Mesin sostel mini, sumber daya yang dibutuhkan pun kecil

Miliki produk ini jika Anda sering kesulitan membeli makan karena tinggal seorang diri di sebuah indekos. Dengan produk ini, Anda bisa membuat sarapan enak dalam waktu singkat. Setelah menggunakan alat ini, Anda hanya perlu menuangkan air ke dalam cetakan, menggosoknya dengan spons, dan membilasnya dengan air. Mesin pun akan kembali bersih.


Mesin sostel mini ini memiliki ukuran kecil sehingga tidak akan membuat kamar jadi sempit. Sumber daya listrik yang dibutuhkan oleh mesin ini termasuk kecil. Artinya, mesin ini tidak akan membuat token listrik Anda jebol. 

No.8

CookmasterPlatform Egg Sausage Machine 12 Tube GasCMDCR12

Harga referensi
Rp1.500.000
Agak Mahal

Membuat sostel lebih cepat dengan mesin berkapasitas 12 cetakan

Mesin pembuat sostel ini cocok sekali untuk Anda yang sering mengadakan acara kumpul keluarga atau menerima pesanan sostel dalam jumlah besar. Alat ini memiliki dua belas cetakan sostel dan dilengkapi dengan dua buah knob untuk menyalakan gas. Ketika kedua knob diputar, area kiri dan kanan mesin akan menerima panas. Alhasil, sostel pun matang secara merata dalam waktu yang bersamaan.

No.9

MaestroEgg Sausage Machine MaestroMT-GES6

Harga referensi
Rp840.000
Menengah

Pegangan di sampingnya akan mempermudah Anda saat memindahkan alat

Mesin sostel milik Anda sulit dipindahkan ke tempat lain karena licin dan berat? Hal tersebut pasti cukup mengganggu. Karena itu, coba ganti mesin lama Anda dengan produk ini. Pihak produsen melengkapi mesin sostel ini dengan pegangan di kedua sisinya. Memindahkan mesin sostel pasti terasa lebih mudah.


Pegangannya tidak hanya ada di body mesin, tetapi juga ada di sisi cetakan. Dengan adanya pegangan tersebut, Anda bisa mengangkat cetakan dan membersihkan area dalam body dengan mudah.

No.10

Sinar HimalayaKing Chef Gas Egg Roll MachineGER-101

Harga referensi
Rp1.200.000
Menengah

Dilengkapi kaki, berjualan di tempat terbuka jadi lebih mudah

Anda berencana membeli mesin sostel untuk dipakai berjualan? Anda sepertinya bisa mempertimbangkan produk ini. Mesin ini tidak hanya memiliki sepuluh cetakan, tetapi juga dilengkapi dengan kaki. Anda tak perlu repot membawa meja untuk meletakkan mesin sostel.


Alasan lain mengapa Anda harus memilih mesin ini adalah bahan bakar yang dipakai bukan listrik, melainkan bahan bakar gas. Dengan kata lain, Anda tidak perlu khawatir ketika berjualan di tempat yang jauh dari sumber daya listrik. Anda juga tetap bisa memproduksi sosis telur meski aliran listrik sedang padam.

Baca juga rekomendasi mesin pembuat sosis dan makanan lainnya di sini

Bagaimana tips dan rekomendasi mesin sostel yang kami berikan? Semoga bisa membantu Anda menemukan produk yang tepat, ya! Kami juga memiliki informasi mengenai mesin pembuat sosis dan mesin untuk membuat makanan jenis lainnya, lho! Apabila Anda tertarik membaca artikel tersebut, silakan buka tautan yang kami sediakan di bawah ini!

Kesimpulan

Mesin sostel memang memiliki fungsi yang sama. Namun, sumber energi yang dibutuhkan oleh mesin sostel berbeda-beda. Beberapa mesin sostel membutuhkan energi listrik, sedangkan beberapa lainnya memerlukan LPG.


Ketika memilih mesin sostel, Anda harus mencari tahu jumlah cetakannya. Mesin sostel dengan satu atau dua buah cetakan cocok untuk penggunaan pribadi. Sementara itu, mesin sostel dengan banyak cetakan cocok untuk digunakan berjualan. Selesai sudah pembahasan mengenai mesin sostel. Selamat memilih dan berbelanja.

5 Rekomendasi Mesin Sostel terbaik

No. 1: MaksindoArdin Egg Roll MakerARD-404

No. 2: RollieEggmasterGR38892W

No. 3: GotoPro 4 Hole Egg Roll Maker

No. 4: DMWDElectric DIY Automatic Rising Egg Roll Maker

No. 5: CarltonEggs Sausage MachineSTG-10

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Alat masak khusus
  4. 10 Rekomendasi Mesin Sostel Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.