• 10 Rekomendasi Pedal Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Pedal Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Pedal Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Pedal Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Pedal Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Pedal Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Pedal adalah bagian yang terhubung dengan crank arm dan bertugas menumpu kaki saat mengendarai sepeda. Ketika pedal menerima tekanan dari kaki, crank arm akan bergerak dan membuat crank berputar. Akhirnya, rantai akan tertarik dan roda belakang pun berputar.


Pedal sepeda biasanya terbuat dari plastik atau logam dan dirancang khusus untuk sepeda lipat, BMX, dan MTB. Untuk membantu Anda memilih pedal sepeda yang bagus, kami akan merekomendasikan pedal sepeda dari merk Shimano, B'Twin, dan brand lainnya. Sebelum Anda melihat rekomendasi produk dari kami, simak pembahasan di bawah ini terlebih dahulu, yuk!

  • Pembaharuan terakhir: 16 April 2021
  • 3.295 Views
Daftar isi

Cara memilih pedal sepeda

Pedal memang hanya bagian kecil dari sebuah sepeda, tetapi pedal memiliki peran yang penting bagi para pengendara sepeda. Oleh sebab itu, jangan lupa perhatikan poin-poin berikut ini ketika membeli pedal sepeda.

Kenali jenis pedal yang ada di pasaran terlebih dahulu

Pedal sepeda memang beragam. Namun, Anda dapat mengelompokkannya menjadi tiga, yakni flat, toe clip, dan clipless. Ketiga jenis pedal tersebut memiliki keunggulan yang berbeda. Kira-kira pedal mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda?

Flat, paling banyak digunakan oleh pesepeda

Flat, paling banyak digunakan oleh pesepeda

Pedal flat adalah pedal yang paling mudah ditemui dan paling banyak digunakan. Ketika menggunakan pedal ini, Anda bisa meletakkan dan melepaskan kaki dari pedal dengan mudah. Anda juga dapat mengubah letak kaki ke posisi yang paling nyaman. Namun, Anda tetap harus berhati-hati karena pijakan kaki bisa terlepas saat mengayuh dan menyebabkan area tulang kering atau betis tergores.


Pedal jenis flat sangat mengandalkan tekanan dari kaki. Oleh karena itu, Anda harus memberikan tekanan yang kuat ketika pedal berada di posisi paling atas dan paling bawah. Alhasil, kaki harus mengeluarkan tenaga yang lebih besar agar tekanan pada pedal sepeda tetap stabil. Meskipun begitu, pedal ini tetap disukai banyak orang (terutama yang hobi melakukan gerakan bunny hop atau J-hop memakai sepeda BMX).

Toe clip, kaki tidak mudah terlepas saat mengayuh

Toe clip, kaki tidak mudah terlepas saat mengayuh

Sebenarnya, pedal toe clip mirip seperti pedal flat, tetapi ada tali di bagian atasnya dan lengkungan di bagian depannya. Tali dan lengkungan tersebut bertugas menjaga kaki supaya tidak mudah terpeleset dari pedal ketika bersepeda. Selain itu, pedal jenis ini juga membuat kayuhan jadi lebih maksimal. Pedal ini biasanya digunakan untuk sepeda balap. Namun, pada saat ini pedal toe clip sudah jarang digunakan pada sepeda balap.


Pedal jenis ini mempunyai kekurangan, salah satunya bisa menimbulkan lecet di bagian punggung kaki. Di pihak lain, pedal ini juga sulit untuk dilepaskan dan lebih berisiko membuat Anda terjatuh ketika berhenti secara mendadak. Hal tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda membeli pedal jenis ini.

Clipless, harus digunakan bersama sepatu khusus

Clipless, harus digunakan bersama sepatu khusus

Pedal clipless memiliki ukuran yang lebih kecil dan bentuknya berbeda dengan pedal flat. Untuk menggunakan pedal ini, Anda harus memiliki sepatu yang telah dipasangi cleat di bagian bawahnya. Cleat tersebut akan membuat sepatu mengait pada pedal. Dengan demikian, ketika Anda menarik kaki ke atas, pedal akan ikut terangkat. Proses mengayuh sepeda terasa lebih ringan dan laju sepeda pun jadi lebih konsisten.


Untuk mengaitkan cleat dengan pedal clipless, Anda harus menekan cleat pada pedal hingga terdengar bunyi klik. Jika Anda ingin melepaskan cleat dari pedal, geser tumit ke arah luar dan sepatu pun akan terlepas dari pedal. Proses mengaitkan cleat pada pedal memang terasa sulit pada awalnya, tetapi Anda akan terbiasa jika sering berlatih. Untuk mengurangi risiko cedera, Anda dapat berlatih di lapangan rumput yang tidak ramai.

Jangan lupa cari tahu bahannya

Pedal sepeda biasanya terbuat dari logam. Akan tetapi, ada juga pedal sepeda yang terbuat dari plastik. Sebelum Anda menjatuhkan pilihan, Anda sebaiknya mengetahui kelebihan dari kedua bahan tersebut terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda tahu mana yang paling pas untuk Anda.

Plastik, bahannya ringan

Plastik, bahannya ringan

Sepeda yang ada di pasaran biasanya dilengkapi dengan pedal plastik karena harganya lebih terjangkau. Selain itu, bahan plastik juga lebih mudah dicetak dan memiliki banyak warna. Ada beberapa bahan plastik yang dapat dipakai untuk membuat pedal sepeda, salah satunya adalah nilon. Pedal berbahan nilon biasanya digunakan oleh pengguna sepeda BMX karena ringan dan kuat sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang.

Logam, bahannya lebih kokoh

Logam, bahannya lebih kokoh

Pedal berbahan logam biasanya memiliki harga yang lebih mahal dan bobotnya lebih berat dibandingkan pedal plastik. Namun, Anda tidak perlu meragukan kekuatannya. Aloi merupakan salah satu jenis logam yang sering digunakan untuk membuat pedal sepeda. Aloi biasanya dibuat dari campuran dua jenis bahan logam atau lebih. Pedal berbahan aloi tidak hanya kuat, tetapi juga lebih tahan terhadap korosi.


Selain itu, bahan lain yang sering digunakan untuk membuat pedal sepeda adalah aluminium. Bahan ini terkenal ringan, tahan lama, dan juga tidak mudah mengalami korosi. Beberapa produsen juga menggabungkan bahan aluminium dan aloi untuk membuat pedal sepeda.

Perhatikan juga jenis pinnya

Perhatikan juga jenis pinnya

Pin adalah bagian yang bertugas menahan outsole sepatu supaya tidak mengalami selip. Pin pada pedal sepeda ada yang dicetak dan dipasang. Pin yang dicetak tidak terlalu mencengkeram sehingga tidak akan merusak bagian outsole sepatu. Pin ini cocok untuk Anda yang ingin bersepeda santai dan mengutamakan kenyamanan. Namun, Anda harus mengganti pedal jika ada beberapa pin yang rusak.


Selanjutnya, ada pin jenis sekrup yang terbuat dari logam. Pin ini biasanya dipasang terbalik (bagian spiralnya di atas dan kepala di bawah). Hal tersebut dilakukan supaya sekrup dapat mencengkeram outsole sepatu dengan baik. Akan tetapi, sekrup dalam posisi seperti itu akan menimbulkan sedikit kerusakan pada outsole sepatu dan celana ketika terkait. Jadi, Anda harus lebih berhati-hati saat mengayuh sepeda.


Pin jenis sekrup ada yang tipis dan lebar. Pin yang tipis biasanya memiliki tinggi 3,5 mm dan 5,5 mm (tanpa spacer). Sementara itu, ada pin yang tebal tingginya mencapai 4,5 mm (jika bolt-nya dipasang di atas). Jika Anda memasang bolt-nya di bawah, ketinggian pin dapat mencapai 5,5 mm. Pin yang tebal biasanya lebih tahan terhadap benturan benda keras, contohnya batu yang ada di jalanan.

10 Rekomendasi pedal sepeda terbaik

Pembahasan mengenai cara memilih pedal sepeda telah kami jabarkan. Sekarang tiba saatnya bagi kami untuk merekomendasikan beberapa produk pedal sepeda. Silakan Anda lihat satu per satu dan bandingkan keunggulan serta harganya. Setelah itu, pilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10

RaceworkFlat MTB Mountain Bicycle Pedals

Mulai dari Rp 250.000,00

JenisFlat
BahanNilon
Jenis pinDapat diganti
Direkomendasikan untukMTB
9
JenisFlat
BahanAloi
Jenis pinDapat diganti
Direkomendasikan untukRoad bike, MTB
8

B'TwinRockrider Spd-compatible Clipless Mountain Bike Pedals 520

8486972

Mulai dari Rp 440.000,00

JenisClipless
BahanAxle: chromoly steel・Body: aluminium・Cage: aluminium
Jenis pinTidak ada
Direkomendasikan untukMTB
7
JenisFlat
BahanAluminium
Jenis pinDicetak
Direkomendasikan untukMTB, sepeda lipat
6
JenisToe clip
BahanBody: aluminium・Straps: nilon
Jenis pinTidak ada
Direkomendasikan untukRoad bike, fixie
5
JenisToe clip
BahanAloi
Jenis pinDicetak
Direkomendasikan untukSepeda fixie
4
JenisClipless
BahanStainless steel
Jenis pinTidak ada
Direkomendasikan untukRoad bike
3
JenisClipless
BahanAluminium
Jenis pinTidak ada
Direkomendasikan untukGravel bike, cros-country MTB
2

LOOKKEO Blade Carbon Ceramic TI

22008

Mulai dari Rp 3.199.000,00

JenisClipless
BahanBody: karbon・Spindel: titanium
Jenis pinTidak ada
Direkomendasikan untukRoad bike
1

RockbrosBike Aluminum Ultralight Pedals

JT410

Mulai dari Rp 525.000,00

JenisFlat
BahanAluminium aloi
Jenis pinDapat diganti
Direkomendasikan untukMTB, BMX, road bike

Tabel perbandingan produk pedal sepeda terbaik

Gambar produk
1
Rockbros Bike Aluminum Ultralight Pedals 1

Rockbros

2
LOOK KEO Blade Carbon Ceramic TI 1

LOOK

3
Crankbrothers Candy 2 1

Crankbrothers

4
Shimano Tiagra 4700 Series 1

Shimano

5
United Alloy Toe Clip Sepeda Fixie 1

United

6
VP Components Strap Pedals 1

VP Components

7
Wellgo F265DU 1

Wellgo

8
B'Twin Rockrider Spd-compatible Clipless Mountain Bike Pedals 520 1

B'Twin

9
GUB Pedal 1

GUB

10
Racework Flat MTB Mountain Bicycle Pedals 1

Racework

Nama produk

Bike Aluminum Ultralight Pedals

KEO Blade Carbon Ceramic TI

Candy 2

Tiagra 4700 Series

Alloy Toe Clip Sepeda Fixie

Strap Pedals

F265DU

Rockrider Spd-compatible Clipless Mountain Bike Pedals 520

Pedal

Flat MTB Mountain Bicycle Pedals

Keunggulan

Produk ini tidak hanya tahan air, tetapi juga tahan debu

As rodanya diklaim tahan air dan bobot bodinya ringan

Eggbeater-nya membuat proses mengaitkan cleat lebih cepat

Permukaannya lebih lebar sehingga bisa mentransfer energi lebih banyak

Tetap aman dan nyaman ketika mengayuh dalam kecepatan tinggi

Pijakannya dapat dilipat dan dilengkapi dengan reflector

Kedua sisinya dapat dikaitkan pada cleat sepatu

Pin-nya tidak tajam sehingga aman bagi outsole sepatu

Tersedia dalam 7 pilihan warna yang menarik

Harga mulai dariRp 525.000,00Rp 3.199.000,00Rp 1.369.000,00Rp 635.000,00Rp 75.000,00Rp 155.000,00Rp 210.000,00Rp 440.000,00Rp 150.000,00Rp 250.000,00
JenisFlatCliplessCliplessCliplessToe clipToe clipFlatCliplessFlatFlat
BahanAluminium aloiBody: karbon・Spindel: titaniumAluminiumStainless steel AloiBody: aluminium・Straps: nilonAluminiumAxle: chromoly steel・Body: aluminium・Cage: aluminiumAloiNilon
Jenis pinDapat digantiTidak adaTidak adaTidak adaDicetakTidak adaDicetakTidak adaDapat digantiDapat diganti
Direkomendasikan untukMTB, BMX, road bikeRoad bikeGravel bike, cros-country MTBRoad bikeSepeda fixieRoad bike, fixieMTB, sepeda lipatMTBRoad bike, MTBMTB
Tautan produk

Baca juga rekomendasi aksesori sepeda lainnya di sini

Bagaimana rekomendasi pedal sepeda yang kami berikan? Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan? Pembahasan kami di artikel ini memang fokus pada pedal sepeda. Apabila Anda membutuhkan informasi mengenai aksesori sepeda lainnya, silakan Anda buka tautan artikel yang ada di bawah ini.

Kesimpulan

Pedal sepeda ternyata sangat beragam. Ada pedal flat yang banyak digunakan para pesepeda dan pedal toe clip yang dilengkapi straps. Selain itu, ada pula pedal clipless yang harus digunakan dengan sepatu khusus dan folding pedals yang dapat dilipat. 


Pedal sepeda memang terlihat sepele. Walaupun demikian, pedal sepeda memberikan pengaruh yang besar terhadap kenyamanan Anda ketika mengayuh. Jadi, Anda sebaiknya memilih pedal yang paling sesuai dengan kebutuhan. Selamat memilih dan berbelanja.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda hybrid adalah kombinasi antara sepeda gunung (mountain bike) dan sepeda balap (road bike). Sepeda ini banyak digemari karena cukup tangguh dan dapat digunakan di berbagai medan. Selain Polygon, ada juga Pacific Bike dan United Bike yang menjual sepeda hybrid dengan berbagai model. Nah, untuk Anda yang masih baru dalam dunia sepeda pasti bingung memilih mana yang tepat. Jadi, kami akan memperkenalkan cara memilih sepeda hybrid yang tepat untuk pemula. Simak pula rekomendasi produknya dan temukan sepeda hybrid yang siap dibawa melenggak-lenggok di jalanan!
    Sepeda
    149.206 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan!
    Sepeda
    513.387 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
    604.772 Views
  • 10 Rekomendasi Kacamata Hitam Terbaik untuk Road Bike (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kacamata Hitam Terbaik untuk Road Bike (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk melakukan kegiatan outdoor, seperti road bike, Anda memerlukan kacamata hitam sebagai salah satu alat pendukung. Dengan memakainya, mata akan terlindung dari sinar UV, angin, debu, dan lain sebagainya. Produk ini tersedia dalam beragam model dan merek sehingga mungkin akan menyulitkan Anda ketika hendak memilih.Untuk itu, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk kacamata hitam yang populer. Adapun mereknya, seperti Oakley, ALBA OPTICS, dan lainnya. Sebelum itu, simak dulu poin-poin dalam memilihnya berikut ini. Selamat membaca dan temukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Sepeda
    20.985 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Sepeda BMX Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Helm Sepeda BMX Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini, penggemar sepeda BMX semakin meningkat. Hal tersebut turut membuat permintaan akan helm sepeda BMX meningkat. Baik helm untuk orang dewasa maupun anak-anak banyak beredar di pasaran. Model dan spesifikasi masing-masing produk juga sangatlah beragam.Untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilihnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi helm sepeda BMX terbaik. Anda akan menemukan beragam helm berkualitas keluaran Rockbros, Gub, Cairbull, dan sebagainya dalam artikel ini. Bagaimana, sudah siap menemukan helm sepeda BMX favorit Anda?
    Sepeda
    3.693 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda United Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda United Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baru-baru ini, tren bersepeda menjadi aktivitas yang disenangi banyak orang. Selain ramah lingkungan, bersepeda secara rutin dapat membuat tubuh menjadi sehat. Salah satu merek sepeda buatan negeri yang sudah cukup terkenal adalah United. Produk pabrikan Jawa Barat ini bahkan sudah diekspor sampai ke luar negeri. Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih produk sepeda United terbaik. Tipe seperti Kyross, Stygma, dan Callister juga masuk ke dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simak artikel ini sampai tuntas dan pilihlah produk yang paling Anda sukai!
    Sepeda
    4.970 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Statis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Statis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ingin bersepeda, tetapi takut kehujanan atau terhambat kemacetan? Menggunakan sepeda statis di rumah atau gym adalah solusinya! Selain memiliki banyak manfaat, berolahraga dengan sepeda statis juga lebih aman untuk lansia dan orang yang ingin terapi kaki. Bersepeda statis selama 30 menit hingga 1 jam setiap harinya sudah cukup ideal untuk menjaga kesehatan.Sepeda statis memiliki banyak jenis dan fitur yang bisa Anda pilih. Kami akan membahas tips memilihnya di artikel ini agar memudahkan Anda. Beberapa rekomendasi dari merek terkenal, seperti Kettler, Berwyn, dan Jaco pun akan kami ulas!
    Sepeda
    1.176 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bersepeda menjadi pilihan banyak orang untuk mengisi waktu dan tetap sehat selama masa pandemi COVID-19. Tak ada kata terlambat untuk mulai bersepeda, apalagi sekarang sudah banyak sepeda bagus dengan harga murah. Bahkan, kini banyak sepeda lipat yang bagus dengan harga 1 jutaan saja!Pada artikel ini, kami akan mengulas tentang sepeda lipat murah yang kualitasnya baik. Ada juga review dari merek sepeda lipat yang bagus, seperti Pacific, London Taxi, dan BNB. Keuntungan menggunakan sepeda lipat, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk terbaiknya juga akan kami ulas untuk Anda. Simak pembahasannya, yuk!
    Sepeda
    129 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Gravel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Gravel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tren bersepeda makin banyak diminati sejak masa pandemi. Bersepeda memang baik untuk tubuh, tetapi Anda perlu memilih sepeda yang tepat sesuai dengan medan perjalanan. Sepeda gravel adalah jenis sepeda yang mantap digunakan di jalan on-road dan off-road.Supaya Anda bisa menemukan sepeda gravel yang bagus, simak dahulu tips dari kami. Kami juga akan merekomendasikan berbagai merek sepeda gravel yang bagus, seperti Polygon, United Bike, dan Marin. Anda juga bisa memilih Genio untuk sepeda gravel murah. Simak artikel ini dan temukan sepeda gravel impian Anda yang harganya pas di kantong!
    Sepeda
    194 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik Ukuran 16 Inch (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik Ukuran 16 Inch (Terbaru Tahun 2021)
    Bersepeda merupakan kegiatan yang digemari banyak orang. Di pasaran sendiri, banyak jenis sepeda yang dapat Anda temukan, salah satunya adalah sepeda lipat atau folding bike. Adapun keunggulan sepeda lipat adalah ukurannya yang lebih ringkas sehingga mudah dibawa ke mana pun. Umumnya, sepeda lipat tersedia dalam dua ukuran ban yaitu 16 dan 20 inch. Kami akan membahas tips memilih sepeda lipat 16 inch yang bagus, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Kami juga akan merekomendasikan produk sepeda lipat 16 inch terbaik, seperti merek Element, Pacific, dan United. 
    Sepeda
    90 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
    604.772 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda balap atau road bike merupakan moda transportasi yang banyak disukai karena murah, menyehatkan, dan ramah lingkungan. Road bike yang saat ini beredar di pasaran tersedia dalam berbagai tipe. Sebut saja keluaran merk-merk ternama, seperti Polygon, United, Pacific, Element, dan sebagainya. Komponennya pun tergolong banyak sehingga acap kali membuat bingung, khususnya bagi para pemula.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih road bike. Kemudian, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan bersepeda Anda. Simak informasinya dan temukan road bike favorit Anda di sini!
    Sepeda
    299.932 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan!
    Sepeda
    513.387 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pada masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merk sepeda listrik buatan lokal maupun luar negeri yang dijual di pasaran.Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan sepuluh merk sepeda listrik terkenal, misalnya Xiaomi, Polygon Bikes, dan Jarvis. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!
    Sepeda
    8.035 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda hybrid adalah kombinasi antara sepeda gunung (mountain bike) dan sepeda balap (road bike). Sepeda ini banyak digemari karena cukup tangguh dan dapat digunakan di berbagai medan. Selain Polygon, ada juga Pacific Bike dan United Bike yang menjual sepeda hybrid dengan berbagai model. Nah, untuk Anda yang masih baru dalam dunia sepeda pasti bingung memilih mana yang tepat. Jadi, kami akan memperkenalkan cara memilih sepeda hybrid yang tepat untuk pemula. Simak pula rekomendasi produknya dan temukan sepeda hybrid yang siap dibawa melenggak-lenggok di jalanan!
    Sepeda
    149.206 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda roda tiga merupakan mainan yang mendukung perkembangan anak-anak usia balita. Merek-merek seperti IIMO, Jefferys, dan Fisher Price sudah terkenal dalam produk sepeda roda tiga. Namun, mungkin Anda masih bingung dalam memilih produk terbaik untuk anak Anda.Dari sekian banyak pertimbangan yang dilakukan saat memilih produk, ada beberapa yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah keamanan dan kenyamanan. Di artikel ini, kami akan memberikan tips tentang cara memilih sepeda roda tiga terbaik dan juga produk rekomendasinya. Selamat membaca!
    Sepeda
    80.908 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bersepeda adalah salah satu kegiatan yang banyak digemari orang dari berbagai kalangan dan usia. Sama seperti mengendarai sepeda motor, helm adalah benda penting yang wajib digunakan saat mengendarai sepeda. Khususnya dalam kegiatan bersepeda dengan jarak yang jauh, helm akan melindungi kepala Anda jika terjatuh.Berbagai brand terkenal seperti Endura, Limar, dan Rockbros berlomba membuat helm sepeda yang ringan, modis, dan berharga terjangkau. Kami akan menjelaskan kepada Anda poin penting dalam memilih helm sepeda. Kami pun akan memberikan rekomendasi helm sepeda terbaik yang layak Anda miliki. Yuk, disimak!
    Sepeda
    105.902 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori