• 10 Pedal Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pedal Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pedal Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pedal Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pedal Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pedal Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)

Pedal adalah bagian yang terhubung dengan crank arm dan bertugas menumpu kaki saat mengendarai sepeda. Ketika pedal menerima tekanan dari kaki, crank arm akan bergerak dan membuat crank berputar. Akhirnya, rantai akan tertarik dan roda belakang pun berputar.


Pedal sepeda biasanya terbuat dari plastik atau logam dan dirancang khusus untuk sepeda lipat, BMX, dan MTB. Untuk membantu Anda memilih pedal sepeda yang bagus, kami akan merekomendasikan produk dari merek Shimano, B'Twin, dan brand lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling enthusiast kami, Reza Fitriyanto. Simak pembahasan di bawah ini, yuk!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Reza Fitriyanto
  • Pembaharuan terakhir: 17 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Cycling enthusiast, Reza Fitriyanto

Profil pakar: Cycling enthusiast, Reza Fitriyanto
Reza Fitriyanto
Cycling sport photographer dan cycling enthusiast
Reza Fitriyanto

Reza adalah seorang fotografer olahraga yang berfokus dan spesifik pada jenis olahraga bersepeda. Ia juga seorang cycling enthusiast. Reza pernah bekerja sebagai jurnalis foto di beberapa media nasional.


Reza juga pernah ikut serta menjadi official photographer untuk ajang ASIAN GAMES 2018. Sejak awal 2020, Reza menginisiasi dan memimpin tim kolektif yang berisi kumpulan fotografer dan videografer dalam akun Instagram @demakijo.cc.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pedal sepeda

Pedal memang hanya bagian kecil dari sebuah sepeda, tetapi pedal memiliki peran yang penting bagi para pengendara sepeda. Oleh sebab itu, jangan lupa perhatikan poin-poin berikut ini ketika membeli pedal sepeda.

Kenali jenis pedal yang ada di pasaran terlebih dahulu

Pedal sepeda memang beragam. Namun, Anda dapat mengelompokkannya menjadi tiga, yakni flat, toe clip, dan clipless. Ketiga jenis pedal tersebut memiliki keunggulan yang berbeda. Kira-kira pedal mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda?

Flat, paling banyak digunakan oleh pesepeda

Flat, paling banyak digunakan oleh pesepeda

Pedal flat adalah pedal yang paling mudah ditemui dan paling banyak digunakan. Ketika menggunakan pedal ini, Anda bisa meletakkan dan melepaskan kaki dari pedal dengan mudah. Anda juga dapat mengubah letak kaki ke posisi yang paling nyaman.


Namun, karena tidak mengikat di telapak kaki, dibutuhkan tenaga yang cukup besar untuk memutar crank. Anda juga harus hati-hati ketika memutar pedal saat posisi berdiri atau out of the saddle. Pijakan kaki bisa saja terlepas saat mengayuh dan menyebabkan area tulang kering atau betis tergores.


Pedal jenis flat sangat mengandalkan tekanan dari kaki. Oleh karena itu, Anda harus memberikan tekanan yang kuat ketika pedal berada di posisi paling atas dan paling bawah. Alhasil, kaki harus mengeluarkan tenaga yang lebih besar agar tekanan pada pedal sepeda tetap stabil. Meskipun begitu, pedal ini tetap disukai banyak orang (terutama yang hobi melakukan gerakan bunny hop atau J-hop memakai sepeda BMX).

Toe clip, kaki tidak mudah terlepas saat mengayuh

Toe clip, kaki tidak mudah terlepas saat mengayuh

Sebenarnya, pedal toe clip mirip seperti pedal flat, tetapi ada tali di bagian atasnya dan lengkungan di bagian depannya. Tali dan lengkungan tersebut bertugas menjaga kaki supaya tidak mudah terpeleset dari pedal ketika bersepeda. Selain itu, pedal jenis ini juga membuat kayuhan jadi lebih maksimal.


Tak hanya memberikan casual look, pedal toe clip juga bisa membuat putaran dan power transfer menjadi cukup efektif. Anda pun tak perlu memakai sepatu cleat khusus yang dikenal kurang nyaman untuk berjalan kaki saat aktivitas sehari-hari.


Pedal ini biasanya digunakan untuk sepeda balap. Pada tahun 1990-an, pedal ini banyak digunakan oleh para pembalap sepeda road bike di berbagai ajang pro tour. Hal ini disebabkan oleh belum ditemukannya teknologi pedal cleat pada saat itu. Namun, saat ini pedal toe clip sudah jarang digunakan pada sepeda balap. Meski begitu, Anda tetap bisa menjumpai pedal ini pada pengguna sepeda fixed gear dan urban cyclist di jalanan perkotaan.


Pedal jenis ini mempunyai kekurangan, salah satunya bisa menimbulkan lecet di bagian punggung kaki. Di pihak lain, pedal ini juga sulit untuk dilepaskan dan lebih berisiko membuat Anda terjatuh ketika berhenti secara mendadak. Hal tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda membeli pedal jenis ini.

Clipless, harus digunakan bersama sepatu khusus

Clipless, harus digunakan bersama sepatu khusus

Pedal clipless memiliki ukuran yang lebih kecil dan bentuknya berbeda dengan pedal flat. Untuk menggunakan pedal ini, Anda harus memiliki sepatu yang telah dipasangi cleat di bagian bawahnyaCleat tersebut akan membuat sepatu mengait pada pedal.


Jadi, ketika Anda menarik kaki ke atas, pedal akan ikut terangkat. Laju sepeda pun terasa makin efisien tanpa Anda perlu membuang power yang cukup banyak. Proses mengayuh sepeda terasa lebih ringan dan laju sepeda juga jadi lebih konsisten.


Pedal clipless juga dikenal sebagai pedal cleat MTB. Pedal jenis ini cukup efektif untuk mengunci posisi telapak kaki di pedal dan cukup mudah pula untuk dilepaskan. Penggunaan yang benar akan membuat otot kaki bekerja secara baik. Risiko cedera dan terjatuh saat memutar pedal dalam posisi berdiri atau out of the saddle juga dapat dihindari.


Untuk mengaitkan cleat dengan pedal clipless, Anda harus menekan cleat pada pedal hingga terdengar bunyi klik. Jika Anda ingin melepaskan cleat dari pedal, geser tumit ke arah luar dan sepatu pun akan terlepas dari pedal. Proses mengaitkan cleat pada pedal memang terasa sulit pada awalnya, tetapi Anda akan terbiasa jika sering berlatih. Untuk mengurangi risiko cedera, Anda dapat berlatih di lapangan rumput yang tidak ramai.

Jangan lupa cari tahu bahannya

Pedal sepeda biasanya terbuat dari logam. Akan tetapi, ada juga pedal sepeda yang terbuat dari plastik. Sebelum Anda menjatuhkan pilihan, Anda sebaiknya mengetahui kelebihan dari kedua bahan tersebut terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda tahu mana yang paling pas untuk Anda.

Plastik, bahannya ringan

Plastik, bahannya ringan

Sepeda yang ada di pasaran biasanya dilengkapi dengan pedal plastik karena harganya lebih terjangkau. Selain itu, bahan plastik juga lebih mudah dicetak, memiliki banyak warna, serta berbobot ringan. Sayangnya, ketahanannya cukup rendah untuk pemakaian jangka panjang.


Ada beberapa bahan plastik yang dapat dipakai untuk membuat pedal sepeda, salah satunya adalah nilon. Pedal berbahan nilon biasanya digunakan oleh pengguna sepeda BMX karena ringan dan kuat.

Logam, bahannya lebih kokoh

Logam, bahannya lebih kokoh

Pedal berbahan logam biasanya memiliki harga yang lebih mahal dan bobotnya lebih berat dibandingkan pedal plastik. Namun, Anda tidak perlu meragukan kekuatannya. Pedal dari bahan ini lebih kokoh dan cukup kuat untuk pemakaian jangka panjang.


Aloi merupakan salah satu jenis logam yang sering digunakan untuk membuat pedal sepeda. Aloi biasanya dibuat dari campuran dua jenis bahan logam atau lebih. Pedal berbahan aloi tidak hanya kuat, tetapi juga lebih tahan terhadap korosi.


Selain itu, bahan lain yang sering digunakan untuk membuat pedal sepeda adalah aluminium. Bahan ini terkenal ringan, tahan lama, dan juga tidak mudah mengalami korosi. Beberapa produsen juga menggabungkan bahan aluminium dan aloi untuk membuat pedal sepeda.

Perhatikan juga jenis pinnya

Perhatikan juga jenis pinnya

Pin adalah bagian yang bertugas menahan outsole sepatu supaya tidak mengalami selip. Pin pada pedal sepeda ada yang dicetak dan dipasang. Pin yang dicetak tidak terlalu mencengkeram sehingga tidak akan merusak bagian outsole sepatu. Pin ini cocok untuk Anda yang ingin bersepeda santai dan mengutamakan kenyamanan. Namun, Anda harus mengganti pedal jika ada beberapa pin yang rusak.


Selanjutnya, ada pin jenis sekrup yang terbuat dari logam. Pin ini biasanya dipasang terbalik (bagian spiralnya di atas dan kepala di bawah). Hal tersebut dilakukan supaya sekrup dapat mencengkeram outsole sepatu dengan baik. Akan tetapi, sekrup dalam posisi seperti itu akan menimbulkan sedikit kerusakan pada outsole sepatu dan celana ketika terkait. Jadi, Anda harus lebih berhati-hati saat mengayuh sepeda.


Pin jenis sekrup ada yang tipis dan lebar. Pin yang tipis biasanya memiliki tinggi 3,5 mm dan 5,5 mm (tanpa spacer). Sementara itu, ada pin yang tebal tingginya mencapai 4,5 mm (jika bolt-nya dipasang di atas). Jika Anda memasang bolt-nya di bawah, ketinggian pin dapat mencapai 5,5 mm. Pin yang tebal biasanya lebih tahan terhadap benturan benda keras, contohnya batu yang ada di jalanan.

Produk rekomendasi pakar

Favero ElectronicsAssioma DUO Power Meter Pedals

Mulai dari Rp 9.500.000,00

JenisClipless
BahanTidak disebutkan
Jenis pinTidak ada
Direkomendasikan untukRoad bike

10 Rekomendasi pedal sepeda terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pedal sepeda terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Reza Fitriyanto.

10
JenisFlat
BahanNilon
Jenis pinDapat diganti
Direkomendasikan untukMTB
9
JenisFlat
BahanAloi
Jenis pinDapat diganti
Direkomendasikan untukRoad bike, MTB
8

B'TwinRockrider Spd-compatible Clipless Mountain Bike Pedals 520

8486972

Mulai dari Rp 440.000,00

JenisClipless
BahanAxle: chromoly steel・Body: aluminium・Cage: aluminium
Jenis pinTidak ada
Direkomendasikan untukMTB
7
JenisFlat
BahanAluminium
Jenis pinDicetak
Direkomendasikan untukMTB, sepeda lipat
6
JenisToe clip
BahanBody: aluminium・Straps: nilon
Jenis pinTidak ada
Direkomendasikan untukRoad bike, fixie
5
JenisToe clip
BahanAloi
Jenis pinDicetak
Direkomendasikan untukSepeda fixie
4
JenisClipless
BahanStainless steel
Jenis pinTidak ada
Direkomendasikan untukRoad bike
3
JenisClipless
BahanAluminium
Jenis pinTidak ada
Direkomendasikan untukGravel bike, cros-country MTB
2

LOOKKEO Blade Carbon Ceramic TI

22008

Mulai dari Rp 3.199.000,00

JenisClipless
BahanBody: karbon・Spindel: titanium
Jenis pinTidak ada
Direkomendasikan untukRoad bike
1

RockbrosBike Aluminum Ultralight Pedals

JT410

Mulai dari Rp 525.000,00

JenisFlat
BahanAluminium aloi
Jenis pinDapat diganti
Direkomendasikan untukMTB, BMX, road bike

Tabel perbandingan produk pedal sepeda terbaik

Gambar produk
1
Rockbros Bike Aluminum Ultralight Pedals 1

Rockbros

2
LOOK KEO Blade Carbon Ceramic TI 1

LOOK

3
Crankbrothers Candy 2 1

Crankbrothers

4
Shimano Tiagra 4700 Series 1

Shimano

5
United Alloy Toe Clip Sepeda Fixie 1

United

6
VP Components Strap Pedals 1

VP Components

7
Wellgo F265DU 1

Wellgo

8
B'Twin Rockrider Spd-compatible Clipless Mountain Bike Pedals 520 1

B'Twin

9
GUB Pedal 1

GUB

10
Racework Flat MTB Mountain Bicycle Pedals 1

Racework

Nama produk

Bike Aluminum Ultralight Pedals

KEO Blade Carbon Ceramic TI

Candy 2

Tiagra 4700 Series

Alloy Toe Clip Sepeda Fixie

Strap Pedals

F265DU

Rockrider Spd-compatible Clipless Mountain Bike Pedals 520

Pedal

Flat MTB Mountain Bicycle Pedals

Keunggulan

Produk ini tidak hanya tahan air, tetapi juga tahan debu

As rodanya diklaim tahan air dan bobot bodinya ringan

Eggbeater-nya membuat proses mengaitkan cleat lebih cepat

Permukaannya lebih lebar sehingga bisa mentransfer energi lebih banyak

Tetap aman dan nyaman ketika mengayuh dalam kecepatan tinggi

Pijakannya dapat dilipat dan dilengkapi dengan reflector

Kedua sisinya dapat dikaitkan pada cleat sepatu

Pin-nya tidak tajam sehingga aman bagi outsole sepatu

Tersedia dalam 7 pilihan warna yang menarik

Harga mulai dariRp 525.000,00Rp 3.199.000,00Rp 1.369.000,00Rp 635.000,00Rp 75.000,00Rp 155.000,00Rp 210.000,00Rp 440.000,00Rp 150.000,00Rp 250.000,00
JenisFlatCliplessCliplessCliplessToe clipToe clipFlatCliplessFlatFlat
BahanAluminium aloiBody: karbon・Spindel: titaniumAluminiumStainless steel AloiBody: aluminium・Straps: nilonAluminiumAxle: chromoly steel・Body: aluminium・Cage: aluminiumAloiNilon
Jenis pinDapat digantiTidak adaTidak adaTidak adaDicetakTidak adaDicetakTidak adaDapat digantiDapat diganti
Direkomendasikan untukMTB, BMX, road bikeRoad bikeGravel bike, cros-country MTBRoad bikeSepeda fixieRoad bike, fixieMTB, sepeda lipatMTBRoad bike, MTBMTB
Tautan produk

Tips dari cycling enthusiast kami, Reza Fitriyanto

Tips dari cycling enthusiast kami, Reza Fitriyanto

Penentuan pilihan pedal sepeda sebaiknya disesuaikan dengan tujuan bersepeda, jenis sepeda, dan fungsi terlebih dahulu. Berbeda jenis pedal, berbeda pula fungsi dan peruntukannya. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan budget untuk belanja pedal sesuai keinginan dan kebutuhan.

Baca juga rekomendasi aksesori sepeda lainnya di sini

Bagaimana rekomendasi pedal sepeda yang kami berikan? Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan? Pembahasan kami di artikel ini memang fokus pada pedal sepeda. Apabila Anda membutuhkan informasi mengenai aksesori sepeda lainnya, silakan Anda buka tautan artikel yang ada di bawah ini.

Kesimpulan

Pedal sepeda ternyata sangat beragam. Ada pedal flat yang banyak digunakan para pesepeda dan pedal toe clip yang dilengkapi straps. Selain itu, ada pula pedal clipless yang harus digunakan dengan sepatu khusus dan folding pedals yang dapat dilipat. 


Pedal sepeda memang terlihat sepele. Walaupun demikian, pedal sepeda memberikan pengaruh yang besar terhadap kenyamanan Anda ketika mengayuh. Jadi, Anda sebaiknya memilih pedal yang paling sesuai dengan kebutuhan. Selamat memilih dan berbelanja.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda hybrid adalah jenis sepeda olahraga yang mudah dikendarai. Hal tersebut membuatnya sangat populer di kalangan wanita yang ingin bersepeda dengan santai. Dahulu, untuk mendapatkan sepeda hybrid berkualitas Anda harus merogoh kocek yang dalam. Namun, saat ini banyak sepeda hybrid berkualitas yang harganya terjangkau.Kali ini kami akan menjelaskan panduan cara memilih sepeda hybrid yang bagus untuk Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepeda hybrid terbaik untuk wanita dengan harga terjangkau. Anda akan menemukan sepeda hybrid merek Polygon, Giant, Thrill, United, dan sebagainya dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Statis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Statis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ingin bersepeda, tetapi takut kehujanan atau terhambat kemacetan? Menggunakan sepeda statis di rumah atau gym adalah solusinya! Selain memiliki banyak manfaat, berolahraga dengan sepeda statis juga lebih aman untuk lansia dan orang yang ingin terapi kaki. Bersepeda statis selama 30 menit hingga 1 jam setiap harinya sudah cukup ideal untuk menjaga kesehatan.Sepeda statis memiliki banyak jenis dan fitur yang bisa Anda pilih. Kami akan membahas tips memilihnya di artikel ini agar memudahkan Anda. Beberapa rekomendasi dari merek terkenal, seperti Kettler, Berwyn, dan Jaco pun akan kami ulas!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Helm Sepeda MTB Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Helm Sepeda MTB Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bersepeda sambil merasakan udara gunung yang segar memang menyenangkan. Namun, wilayah pegunungan biasanya memiliki trek yang cukup terjal dan tidak rata. Karena itu, Anda tidak boleh lupa memakai helm sepeda gunung atau mountain bike (MTB) supaya keamanan selalu terjaga.Helm sepeda MTB memiliki model full face dan open face. Supaya Anda tidak salah memilih produk, kami sudah menyiapkan tips memilih helm sepeda MTB. Selain itu, ada juga beberapa rekomendasi helm sepeda MTB dari merk FOX, Cairbull, Polygon, dan Lixada. Harga murah dengan kualitas terbaik bisa Anda dapatkan. Simak pembahasannya!
    Sepeda
  • 10 Speedometer Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Speedometer Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak aksesori yang dapat dipasang pada sepeda, salah satunya speedometer. Alat yang punya nama lain cycle computer atau cyclocomputers ini menampilkan kecepatan laju sepeda ketika digunakan. Beberapa merek speedometer sepeda bahkan dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti LED backlight dan waterproof. Anda tertarik membeli speedometer sepeda? Bacalah artikel ini sampai tuntas! Kami akan membagikan tips memilih speedometer sepeda yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk terbaik dari merek CATEYE, Garmin, Lixada, Sunding, hingga Magene. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling enthusiast kami, Reza Fitriyanto. Mari kita mulai pembahasannya!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Pacific Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Pacific Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini bersepeda sudah menjadi gaya hidup kaum urban. Selain baik untuk kesehatan, bersepeda juga berperan dalam menjaga lingkungan. Anda dapat menemukan berbagai jenis sepeda di pasaran. Salah satu jenis sepeda yang praktis dan ringkas dipakai untuk berolahraga ataupun mengantarkan Anda bekerja adalah sepeda lipat. Ada banyak merek sepeda lipat di pasaran, salah satunya adalah Pacific. Merek sepeda lokal ini sangat populer di kalangan penggemar sepeda. Karena itu, kami akan mengulas sepeda lipat Pacific yang bagus dari berbagai seri, seperti Noris, Flux, 2980, dan sebagainya. Anda penasaran? Yuk, disimak!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bersepeda menjadi pilihan banyak orang untuk mengisi waktu dan tetap sehat selama masa pandemi COVID-19. Tak ada kata terlambat untuk mulai bersepeda, apalagi sekarang sudah banyak sepeda bagus dengan harga murah. Bahkan, kini banyak sepeda lipat yang bagus dengan harga 1 jutaan saja!Pada artikel ini, kami akan mengulas tentang sepeda lipat murah yang kualitasnya baik. Ada juga review dari merek sepeda lipat yang bagus, seperti Pacific, London Taxi, dan BNB. Keuntungan menggunakan sepeda lipat, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk terbaiknya juga akan kami ulas untuk Anda. Simak pembahasannya, yuk!
    Sepeda
  • 10 Sepeda Gravel Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepeda Gravel Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Tren bersepeda makin banyak diminati sejak masa pandemi. Bersepeda memang baik untuk tubuh, tetapi Anda perlu memilih sepeda yang tepat sesuai dengan medan perjalanan. Sepeda gravel adalah jenis sepeda yang mantap digunakan di jalan on-road dan off-road.Supaya Anda bisa menemukan sepeda gravel yang bagus, simak dahulu tips dari kami. Kami juga akan merekomendasikan berbagai merek sepeda gravel yang bagus, seperti Polygon, United Bike, dan Marin. Anda juga bisa memilih Genio untuk sepeda gravel murah. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling enthusiast kami, Reza Fitriyanto. Simak dan temukan produk impian!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Jersey Sepeda Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jersey Sepeda Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda, para wanita, mulai ingin menekuni hobi bersepeda, lengkapi diri Anda dengan baju jersey khusus bersepeda. Baju jersey sepeda melindungi Anda dari sinar UV serta membuat Anda lebih nyaman saat bersepeda. Anda pun bisa menemukan jersey sepeda untuk para pengguna hijab.Kini ada banyak merek lokal yang menawarkan baju jersey sepeda yang bagus dan murah untuk wanita. Duraking, Cortiger, Twelve Squared, dan Common Spot adalah beberapa merek lokal yang menyediakan baju jersey sepeda terbaik untuk wanita. Yuk, langsung saja simak artikel ini sampai habis!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Pedal Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pedal Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda lipat kini makin digemari karena karakternya yang ringkas dan hemat tempat penyimpanan. Salah satu bagian terpenting yang memengaruhi kenyamanan bersepeda ialah bagian pedal. Pada sepeda lipat, pedal juga memengaruhi seberapa praktis sepeda saat dibawa bepergian dalam kondisi terlipat.Dalam artikel ini, kami akan menjabarkan cara memilih pedal sepeda lipat beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Merk pedal sepeda lipat terbaik, seperti ION, Litepro, dan Promend akan Anda jumpai ulasannya. Yuk, temukan produk pedal sepeda lipat yang bagus untuk dewasa dan anak-anak dengan membaca artikel ini sampai tuntas!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Setang Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Setang Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setang, stang, atau disebut juga handlebar merupakan komponen utama sepeda lipat. Fungsinya sangat penting, yakni mengendalikan arah jalan sepeda lipat Anda. Anda bisa memodifikasi sepeda lipat atau seli Anda dengan cara mengganti setang sesuai keinginan. Di marketplace Shopee, Lazada, dan Blibli sudah bertebaran berbagai jenis setang sepeda lipat.Anda barangkali bingung memilih setang yang cocok untuk sepeda lipat. Karena itu, kami akan memaparkan cara memilih setang sepeda lipat yang bagus. Setang sepeda lipat terbaik dari merek Litepro, Pacific, dan United ada dalam rekomendasi kami. Pastikan Anda membaca artikel ini, ya!
    Sepeda
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pada masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merk sepeda listrik buatan lokal maupun luar negeri yang dijual di pasaran.Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan sepuluh merk sepeda listrik terkenal, misalnya Xiaomi, Polygon Bikes, dan Jarvis. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!
    Sepeda
  • 9 Rekomendasi Sepeda Fixie Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    9 Rekomendasi Sepeda Fixie Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bersepeda adalah cara yang bagus untuk beraktivitas di luar rumah dan menikmati udara segar. Untuk melakukan kegiatan tersebut tentu Anda membutuhkan sebuah sepeda. Jika Anda menyukai sepeda dengan gaya simpel, sepeda fixie adalah pilihan yang pas. Bentuknya yang ramping dan bobotnya yang ringan membuat sepeda ini banyak diminati oleh kalangan muda. Nah, agar mendapatkan produk yang tepat, Anda perlu menyimak beberapa tips yang akan kami berikan dalam artikel ini. Kami juga akan mengulas sembilan merk sepeda fixie terkeren, seperti sepeda fixie United dan Litus. Selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda roda tiga merupakan mainan yang mendukung perkembangan anak-anak usia balita. Merek-merek seperti IIMO, Jefferys, dan Fisher Price sudah terkenal dalam produk sepeda roda tiga. Namun, mungkin Anda masih bingung dalam memilih produk terbaik untuk anak Anda.Dari sekian banyak pertimbangan yang dilakukan saat memilih produk, ada beberapa yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah keamanan dan kenyamanan. Di artikel ini, kami akan memberikan tips tentang cara memilih sepeda roda tiga terbaik dan juga produk rekomendasinya. Selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah anak laki-laki Anda sangat aktif? Bersepeda bisa menjadi aktivitas yang seru untuk menyalurkan energinya. Tampilan sepeda yang menarik tentu membuat pengalaman bersepeda lebih menyenangkan. Terdapat produk dari banyak merek terkenal, seperti Polygon Bikes, United Bike, dan Wimcycle yang modelnya maskulin. Sesuai dengan kesukaan anak laki-laki Anda, bukan?Selain desain, tentu Anda juga perlu memperhatikan segi keamanan sepeda. Agar memudahkan Anda memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda untuk anak laki-laki. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produknya yang bagus. Jadi, simak artikel ini sampai habis dan selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Anda mungkin pernah melihat sepeda tanpa pedal yang banyak digunakan oleh anak-anak. Sepeda yang dikenal dengan istilah balance bike atau kick bite ini memang cukup populer dan banyak diminati. Jika Anda sedang mencari informasi tentang balance bike, Anda wajib membaca artikel ini! Kami akan membahas secara lengkap mengapa Anda harus membeli balance bike dan hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek balance bike, seperti London Taxi, Strider, atau Maynine. Langsung saja scroll ke bawah untuk informasi lebih lanjut! 
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Pacific Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Pacific Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini bersepeda sudah menjadi gaya hidup kaum urban. Selain baik untuk kesehatan, bersepeda juga berperan dalam menjaga lingkungan. Anda dapat menemukan berbagai jenis sepeda di pasaran. Salah satu jenis sepeda yang praktis dan ringkas dipakai untuk berolahraga ataupun mengantarkan Anda bekerja adalah sepeda lipat. Ada banyak merek sepeda lipat di pasaran, salah satunya adalah Pacific. Merek sepeda lokal ini sangat populer di kalangan penggemar sepeda. Karena itu, kami akan mengulas sepeda lipat Pacific yang bagus dari berbagai seri, seperti Noris, Flux, 2980, dan sebagainya. Anda penasaran? Yuk, disimak!
    Sepeda
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori