• 10 Rumput Sintetis Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rumput Sintetis Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rumput Sintetis Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rumput Sintetis Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rumput Sintetis Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rumput Sintetis Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)

Rumput sintetis adalah kumpulan serat plastik yang berbentuk seperti rumput alami. Produk ini bisa dipakai dalam lingkungan outdoor ataupun indoor untuk membuat rumah terlihat lebih indah. Anda bisa menemukan karpet rumput sintetis dengan tipe, ukuran, dan harga yang beragam di pasaran.


Kami akan berbagi cara memilih rumput sintetis yang bagus. Anda juga bisa pertimbangkan sepuluh produk rekomendasi kami untuk mendekorasi taman ataupun aquarium Anda. Sumara Artificial, Fantasy, dan merek terkenal lainnya tentu hadir dalam daftar kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek lanskap kami, Setia Permana. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Setia Permana
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Arsitek lanskap, Setia Permana

Profil pakar: Arsitek lanskap, Setia Permana
Setia Permana
Landscape architect
Setia Permana

Setia adalah lulusan Arsitektur Lanskap, Institut Pertanian Bogor. Ia sudah menjadi seorang praktisi lanskap selama tiga tahun khususnya di bidang desain dan maintenance lanskap. Sebelum wisuda, Setia sudah mulai bekerja sebagai pedestrian way designer di suatu perusahaan swasta di Jakarta. Perusahaan tersebut bekerja sama dengan Dinas Bina Marga.


Setia melanjutkan kariernya membuat perancangan/redesain taman-taman yang ada di Sudirman Central Business District (SCBD) sebagai arsitek lanskap. Ia membuat rencana perawatan hingga mengevaluasi hasil perawatannya sebagai bentuk perawatan keberlanjutan.

Kelebihan dan kekurangan rumput sintetis

Rumput sintetis adalah rumput buatan yang terbuat dari serat sintetis sehingga menyerupai warna dan bentuk rumput asli. Rumput sintetis sudah dipakai di lapangan olahraga untuk menggantikan rumput asli. Anda bisa menemukan rumput sintetis di marketplace.


Akan tetapi, sebelum memutuskan membeli rumput sintetis, alangkah baiknya Anda mengetahui karakteristik rumput sintetis dibanding rumput asli. Berikut ini kelebihan rumput sintetis:


  • Pemasangan dan perawatannya mudah
  • Tahan terhadap cuaca
  • Rumput tampak hijau sepanjang musim
  • Tidak perlu khawatir tentang hama dan perawatan seperti rumput asli

Selain berbagai kelebihan yang ditawarkan, ternyata rumput sintetis memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan penggunaan rumput sintetis:


  • Memerlukan biaya pemasangan
  • Memiliki masa pakai tertentu
  • Rumput sintetis memiliki tekstur yang lebih kasar dibanding rumput asli
  • Beberapa elemen rumput sintetis tidak ramah bagi manusia dan lingkungan

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih rumput sintetis

Sebelum membeli, Anda perlu mengenali terlebih dahulu tipe-tipe rumput sintetis yang tersedia. Selain itu, ada baiknya Anda memastikan keamanan produk serta fungsinya. Untuk selengkapnya, langsung saja simak bagian di bawah ini!

Ketahui tipe-tipe rumput sintetis

Ketahui tipe-tipe rumput sintetis

Rumput sintetis memiliki beberapa tipe dengan karakternya masing-masing. Rumput sintetis yang dapat Anda temukan di pasaran bisa dibagi menjadi tiga tipe, yaitu:


  • Rumput Golf, memiliki tingi permukaan yang relatif lebih rata dibanding rumput lainnya. Rumput ini biasanya memiliki tinggi 10 mm agar tidak menghambat jalannya bola golf.

  • Rumput Jepang, memiliki tekstur yang mirip seperti rumput Jepang alami. Rumput ini memiliki karakteristik lebih rapat dari rumput lainnya. Tingginya beragam, mulai dari 20–40 mm. Rumput ini cocok untuk area yang sering dilewati orang.

  • Rumput Swiss, bertekstur lebih halus dibanding jenis rumput lainnya. Tinggi ideal rumput ini adalah 30 mm, tetapi Anda juga bisa menemui tinggi 20–40 mm. Teksturnya yang lembut dan waktu pemakaiannya yang lama menjadikan tipe ini pilihan yang populer untuk lapangan futsal.

Sesuaikan tingginya dengan tujuan pemakaian

Tinggi rumput sintetis berkisar 3–80 mm. Namun, cara terbaik untuk menentukan tinggi yang pas adalah berdasarkan tujuan penggunaannya.

9–20 mm, cocok untuk lapangan olahraga dan area bermain

9–20 mm, cocok untuk lapangan olahraga dan area bermain
Rumput sintetis dengan ketebalan 9–20 mm cocok dipasang di lapangan olahraga atau area bermain. Berdasarkan keperluan tersebut, kami membagi penggunaannya sebagai berikut:

  • 9–13 mm, ideal untuk lapangan olahraga

Ketinggian rumput pada lapangan olahraga memengaruhi laju bola dan kenyamanan pemain. Rumput yang terlalu tinggi akan memperlambat laju bola, memengaruhi pantulan, dan mempersulit mobilitas pemain.


Karena itu, rumput sintetis dengan ketinggian ini cocok untuk berbagai macam olahraga. Kami merekomendasikan rumput sintetis tinggi 9–11 mm untuk lapangan tenis dan 10 mm untuk lapangan golf.


  • 20 mm, ideal untuk area bermain

Area bermain anak memerlukan rumput yang lebih tinggi dibandingkan area olahraga untuk mencegah benturan saat si kecil bermain. Selain sebagai bantalan, rumput sintetis juga turut melatih sensorik anak dengan teksturnya yang lembut.

20–30 mm, cocok untuk area keluarga

20–30 mm, cocok untuk area keluarga

Rumput sintetis untuk area kumpul keluarga harus nyaman untuk beraktivitas. Jika terlalu pendek, rumput akan terasa runcing dan tajam. Namun, bila rumput sintetis terlalu tinggi, seratnya akan mulai melengkung ke bawah dan membuat halaman terlihat datar.


Hal ini akan makin kentara jika banyak orang sering menginjaknya. Maka dari itu, rumput dengan ketinggian20–30 mm adalah tinggi yang ideal untuk area keluarga. Jika rumput mulai melengkung, Anda bisa menggunakan sapu untuk menegakkannya kembali.

30–40 mm, cocok untuk memperindah taman dan halaman rumah

30–40 mm, cocok untuk memperindah taman dan halaman rumah

Rumput sintetis untuk area taman berbeda dengan area keluarga. Untuk taman dan halaman rumah, rumput sintetis dengan ketinggian lebih dari 30 mm akan terlihat lebat dan natural.


Rumput sintetis ini masih bisa tahan terhadap pijakan kaki asalkan tidak terlalu sering. Makin tinggi rumputnya, shading warna pada permukaan pun makin hijau. Dengan demikian, rumput memperindah permukaan halaman dan memberikan kenyamanan saat melihatnya.

Perhatikan jumlah jahitannya

Selain tinggi rumput sintetis, densitas atau kepadatan rumput juga menjadi indikasi kualitas rumput sintetis. Densitas diukur berdasarkan jumlah jahitan dalam satu meter persegi rumput. Rumput sintetis yang berkualitas biasanya memiliki setidaknya 16.750 jahitan per meter persegi. Makin tinggi densitasnya, makin lebat dan awet rumputnya.

Pertimbangkan kelebihan lainnya

Rumput sintetis memiliki tiga komponen, yakni serat, backing, dan infill. Sebelum memilih produk, pastikan bahwa masing-masing komponen telah terjamin keamanannya. Ingin mengetahui cara membedakan rumput sintetis yang berkualitas? Simak penjelasan berikut ini!

Tahan sinar UV dan api, mencegah rumput sintetis pudar dan terbakar

Panas dapat memudarkan warna dan bahkan melelehkan rumput sintetis. Sinar matahari juga dapat merusak bagian backing yang menopang semua serat rumput. Untuk itu, pastikan rumput sintetis Anda tahan terhadap UV. Beberapa rumput sintetis bahkan ada yang tahan api yang tidak mudah terbakar sehingga lebih aman.

Tanpa karsinogenik, menghindarkan tubuh Anda dari bahaya karsinogen

Tanpa karsinogenik, menghindarkan tubuh Anda dari bahaya karsinogen

Seperti plastik pada umumnya, rumput sintetis dikelompokkan dalam beberapa grade. Grade tersebut menentukan sifat karsinogenik jika bereaksi dengan paparan sinar matahari.


Rumput sintetis dari pabrik yang menggunakan plastik atau karet daur ulang yang murah cenderung mengandung karsinogen. Karsinogen merupakan senyawa yang merusak sel tubuh dan meningkatkan risiko Anda terkena kanker. Karena itu, hindarilah produk yang memiliki bau tak sedap, keras, pudar warnanya, dan sulit dibersihkan.


Selain rumputnya, pastikan juga komposisi infill atau bahan pengisinya aman. Infill berfungsi menjaga agar serat rumput tetap tegak dan melindungi backing dari sinar UV. Komponen ini membantu membuat rumput sintetis Anda terasa lembut dan sedikit elastis.


Infill hadir dalam berbagai tipe, salah satunya adalah karet remah. Bahan ini terbuat dari ban bekas yang sudah didaur ulang dan dicampur dengan pasir. Karet remah dicurigai mengandung senyawa berbahaya sehingga perlu dihindari. Jadi, pastikan bahan infill yang akan dipakai tidak mengandung karet remah, ya.

Pastikan shade warna rumput cocok dengan lokasi pemasangan

Pastikan shade warna rumput cocok dengan lokasi pemasangan

Untuk mendapatkan tampilan rumput yang alami, pilihlah produk dengan shade warna yang bervariasi. Beberapa rumput sintetis juga dilengkapi dengan serat berwarna cokelat agar rumput terlihat lebih realistis. Sebaiknya, pertimbangkan juga lokasi penempatan rumput sintetis Anda. Untuk area:


  • Outdoor, sebaiknya pilih rumput sintetis dengan shade yang lebih gelap. Selain membuat warna permukaan lebih indah, shade gelap juga memperlambat warna rumput untuk cepat memudar.

  • Indoor, sebaiknya pilih rumput sintetis dengan shade terang. Karena tidak terpapar oleh sinar matahari secara langsung, rumput sintetis tidak akan cepat memudar. Selain itu, shade terang pada rumput sintetis memberikan kesan warna yang hidup di dalam rumah.

Dalam memilih warna, Anda juga harus berhati-hati. Usahakan agar warna jangan terlalu terang atau terlalu gelap. Hal tersebut akan dapat mengurangi kesan alami dari rumput sintetis tersebut.

10 Rekomendasi rumput sintetis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rumput sintetis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 7 Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa AMD Grass Rumput Sintetis Taman Indoor dan Outdoor memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Sumara Artificial Rumput Sintetis Swiss 3 cm yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan kelima berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Setia Permana.

10

HappyFamilyRumput Sintetis Full Hijau 10 mm

Mulai dari Rp 28.000,00

Tipe rumputGolf
Tinggi rumput10 mm
Fitur keamananTahan UV
Ukuran25 mm x 25 mm
9

Varnesse FloorGrass Floor Nature 25

JZ012-2

Mulai dari Rp 450.000,00

Tipe rumputSwiss dan Jepang
Tinggi rumput25 mm
Fitur keamanan-
Ukuran1 m x 1 m
8

Rumput Sintetis Import Golf Standar Tebal 1 cm

Mulai dari Rp 92.500,00

Tipe rumputGolf
Tinggi rumput10 mm
Fitur keamananTahan UV
Ukuran1 m x 1 m
7

InhouseFantasy Karpet Rumput Sintetis 7 mm

Mulai dari Rp 102.000,00

Tipe rumputSwiss
Tinggi rumput7 mm
Fitur keamananTahan UV dan api
Ukuran1 m x 1 m
6

Classic CarpetsGrasse Rumput Sintetis Swiss Premium Tebal 3 cm

Mulai dari Rp 117.000,00

Tipe rumputSwiss
Tinggi rumput30 mm
Fitur keamananTahan UV
Ukuran50 mm x 2.000 mm
5

Sumara Global IndonesiaSumara Artificial Rumput Sintetis Swiss 3 cm

SW03

Mulai dari Rp 155.000,00

Tipe rumputSwiss
Tinggi rumput30 mm
Fitur keamananTahan UV dan api
Ukuran1 m x 1 m
4

Kerajaan KarpetRumput Sintetis Jepang Premium Tebal 35 mm

Mulai dari Rp 12.500,00

Tipe rumputJepang
Tinggi rumput35 mm
Fitur keamananTahan UV
Ukuran25 cm x 25 cm
3

KunatarumaRumput Dinding Alaska Findlove

Mulai dari Rp 29.800,00

Tipe rumput-
Tinggi rumput-
Fitur keamanan-
Ukuran40 cm x 60 cm
2

Bright CrownRumput Sintesis Full Hijau Ketebalan 10 mm

Mulai dari Rp 300.000,00

Tipe rumput-
Tinggi rumput10 mm
Fitur keamananTahan UV dan api
Ukuran2 m x 1 m
1

AMD GrassRumput Sintetis Taman Indoor dan Outdoor

Mulai dari Rp 125.000,00

Tipe rumputSwiss dan Jepang
Tinggi rumput15–50 mm
Fitur keamanan-
Ukuran1 m x 1 m

Tabel perbandingan produk rumput sintetis terbaik

Gambar produk
1
AMD Grass Rumput Sintetis Taman Indoor dan Outdoor 1

AMD Grass

2
Bright Crown Rumput Sintesis Full Hijau Ketebalan 10 mm 1

Bright Crown

3
Kunataruma Rumput Dinding Alaska Findlove 1

Kunataruma

4
Kerajaan Karpet Rumput Sintetis Jepang Premium Tebal 35 mm 1

Kerajaan Karpet

5
Sumara Global Indonesia Sumara Artificial Rumput Sintetis Swiss 3 cm 1

Sumara Global Indonesia

6
Classic Carpets Grasse Rumput Sintetis Swiss Premium Tebal 3 cm 1

Classic Carpets

7
Inhouse Fantasy Karpet Rumput Sintetis 7 mm 1

Inhouse

8
Rumput Sintetis Import Golf Standar Tebal 1 cm 1

9
Varnesse Floor Grass Floor Nature 25 1

Varnesse Floor

10
HappyFamily Rumput Sintetis Full Hijau 10 mm 1

HappyFamily

Nama produk

Rumput Sintetis Taman Indoor dan Outdoor

Rumput Sintesis Full Hijau Ketebalan 10 mm

Rumput Dinding Alaska Findlove

Rumput Sintetis Jepang Premium Tebal 35 mm

Sumara Artificial Rumput Sintetis Swiss 3 cm

Grasse Rumput Sintetis Swiss Premium Tebal 3 cm

Fantasy Karpet Rumput Sintetis 7 mm

Rumput Sintetis Import Golf Standar Tebal 1 cm

Grass Floor Nature 25

Rumput Sintetis Full Hijau 10 mm

Keunggulan

Banyak varian, lebih leluasa menghias taman indoor atau outdoor

Main mini golf di rumah sendiri, yuk!

Hias dinding Anda dengan rumput sintetis yang cantik!

Karpet rumput yang lembut dan empuk

Lebat dan tahan UV, cocok untuk taman Anda

Rumput sintetis dengan lubang pori untuk aliran air

Rumput sintetis tipis dengan pilihan ukurannya sangat banyak!

Lingkungan menjadi makin positif dengan rumput sintetis

Miliki ruangan hijau dengan rumput sintetis yang natural

Ukurannya beragam sehingga mudah disesuaikan untuk segala penempatan

Harga mulai dariRp 125.000,00Rp 300.000,00Rp 29.800,00Rp 12.500,00Rp 155.000,00Rp 117.000,00Rp 102.000,00Rp 92.500,00Rp 450.000,00Rp 28.000,00
Tipe rumputSwiss dan Jepang--JepangSwissSwissSwissGolfSwiss dan JepangGolf
Tinggi rumput15–50 mm10 mm-35 mm30 mm30 mm7 mm10 mm25 mm10 mm
Fitur keamanan-Tahan UV dan api-Tahan UVTahan UV dan apiTahan UVTahan UV dan apiTahan UV-Tahan UV
Ukuran1 m x 1 m2 m x 1 m40 cm x 60 cm25 cm x 25 cm1 m x 1 m50 mm x 2.000 mm1 m x 1 m1 m x 1 m1 m x 1 m25 mm x 25 mm
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar rumput sintetis

Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait rumput sintetis. Berikut ini pertanyaan-pertanyaan umum seputar rumput sintetis.

Berapa lama usia rumput sintetis?

Rumput sintetis golf mampu bertahan hingga 4 tahun di area outdoor dan 7–8 tahun indoor. Sementara itu, rumput sintetis Jepang mampu bertahan 5–8 tahun di area outdoor, dan 9–10 indoor. Untuk rumput sintetis Swiss, bisa bertahan hingga 8 tahun.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk memperindah taman di sini

Selain rumput sintetis, Anda bisa menambahkan beberapa produk untuk memperindah taman Anda. Ada meja taman, bangku taman, dan tanaman hias yang mudah dirawat yang bisa Anda pilih. Silakan klik tautan berikut ini untuk mendapatkan ulasan dan produk-produk terbaik!

Kesimpulan

Rumput sintetis merupakan solusi antirepot dan ramah lingkungan untuk masalah perawatan rumput rumah Anda. Selain untuk properti, rumput sintetis juga bisa dipakai untuk memperindah dinding, aquarium, bahkan ruang tamu. Sebelum membeli, kenali dulu tipe-tipe rumput sintetis serta keamanannya.


Pilihlah warna yang Anda suka dan sesuaikan tingginya berdasarkan aktivitas yang ingin Anda lakukan. Perhatikan juga densitasnya untuk mendapatkan produk yang tahan lama. Selamat menikmati halaman baru Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.  Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Harga bibit strawberry beserta jenis strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selang air menjadi salah satu benda yang wajib ada di rumah Anda. Perannya cukup penting untuk membersihkan halaman rumah dari debu atau menyiram tanaman untuk berkebun. Jenis selang air bermacam-macam. Selain selang taman, ada juga selang untuk mengalirkan air panas. Fitur selang pun beragam, misalnya selang antitekuk, selang dengan penggulung otomatis, hingga selang yang dilengkapi fitur semprotan. Kali ini, kami akan membantu Anda memilih selang air di artikel ini. Beberapa merek yang bagus dan terkenal, seperti Krisbow, Kenmaster, dan Westpex juga ada dalam daftar rekomendasi kami. Simak artikelnya sampai selesai!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Tak sedikit orang yang ragu menanam tanaman hias karena perawatannya. Padahal, tanaman hias tak selalu susah untuk dirawat, lho. Jika Anda tertarik menanam tanaman hias, tetapi bingung memilih tanaman yang mudah dirawat, inilah artikel untuk Anda.  Dalam artikel ini, kami akan membagikan tips memilih tanaman hias yang mudah untuk dirawat bahkan oleh pemula sekalipun. Kami juga akan memberikan rekomendasi berbagai jenis tanaman hias yang bagus dan mudah dirawat seperti sirih gading, peace lily, juga Calathea lutea. Baca artikelnya sampai habis, ya.
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori