1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Dekorasi ruangan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Boneka Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Boneka Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Boneka Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Boneka Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Boneka Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Boneka Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Boneka Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Bagi beberapa orang, boneka kayu mungkin identik dengan boneka seram atau boneka yang dapat hidup dan berjalan. Namun, boneka kayu sebenarnya dapat menghadirkan suasana hangat dan menyenangkan bila Anda menemukan produk yang tepat. Apakah Anda berencana untuk membeli boneka kayu?


Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips memilih boneka kayu yang bagus untuk dijadikan dekorasi hingga mainan anak. Setelahnya, akan ada rekomendasi produk terbaik, seperti boneka kayu Pinokio, boneka kayu Rusia, dan boneka kayu Jepang. Ada juga produk dari merk Miniso. Penasaran? Simak artikel ini sampai habis, yuk!

Diperbaharui 04-17-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih boneka kayu

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli boneka kayu. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini, ya!

① Pilih berdasarkan tipe boneka kayu

Secara umum, ada tiga tipe boneka kayu yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Dengan mengetahui tipe boneka kayu yang tersedia, Anda tentu lebih mudah menemukan produk yang paling sesuai. 

Boneka kayu tradisional berbagai daerah, pas dijadikan souvenir

Boneka kayu tradisional berbagai daerah, pas dijadikan souvenir

Sejumlah daerah menjadikan boneka kayu sebagai kesenian khas yang sering dijadikan oleh-oleh. Boneka kayu tradisional ini dapat menjadi pilihan menarik untuk dijadikan pajangan di rumah.  


Salah satu boneka kayu tradisional yang paling populer adalah boneka matryoshka dari Rusia. Boneka matryoshka biasanya digambarkan berbentuk wanita gemuk dengan ornamen khas Rusia seperti bunga atau pakaian tradisional Rusia. Uniknya, matryoshka dapat diisi oleh boneka lain dalam ukuran yang lebih kecil sehingga menyerupai susunan bertingkat. Keberadaan matryoshka sering dikaitkan dengan kesuburan dan kekeluargaan oleh sejumlah generasi.


Jepang juga memiliki boneka kayu yang populer dengan sebutan kokeshi. Konon, boneka kokeshi berbahan kayu dengan detail sederhana sudah ada sejak zaman Edo (sekitar tahun 1600-an). Boneka kokeshi disimbolkan sebagai keberkahan atas kelahiran anak sehingga sering digambarkan dalam bentuk anak-anak. 


Indonesia pun memiliki boneka kayu tradisional yang tidak kalah menarik untuk dikoleksi yakni wayang golek. Wayang golek merupakan wayang berbahan kayu yang merupakan perkembangan dari wayang kulit. Selain dipajang, wayang golek juga dapat dimainkan dan dipentaskan pada siang atau malam hari. Ada banyak sekali karakter yang dapat ditampilkan dalam wayang golek, mulai dari tokoh Cepot sampai tokoh modern.

Boneka kayu modern, biasanya terinspirasi dari dongeng atau film

Boneka kayu modern, biasanya terinspirasi dari dongeng atau film

Selain boneka kayu dengan nuansa tradisional khas daerah, banyak pula boneka kayu modern. Sejumlah buku dan film mengadopsi dongeng klasik yang memunculkan karakter dari boneka kayu. Beberapa di antaranya adalah Pinocchio dan Nutcracker yang mungkin tidak asing lagi bagi Anda.


Pinocchio atau Pinokio adalah dongeng klasik yang menceritakan petualangan boneka kayu ciptaan Geppeto. Suatu hari, ada peri baik hati yang menghidupkannya sehingga Pinocchio dapat bergerak dan berbicara seperti anak laki-laki. Namun, saat dia berbohong, hidungnya akan memanjang. Pada tahun 1904, Disney mengangkat dongeng klasik ini ke dalam animasi yang masih digemari hingga sekarang.


Sementara itu, Nutcracker merupakan dongeng klasik dari Jerman yang sering diceritakan saat Natal. Nutcracker digambarkan sebagai prajurit kayu pemberani yang berhasil mengalahkan Raja Tikus. Kisah Nutcracker sudah diadaptasi ke dalam film Disney, berbagai animasi, hingga pertunjukan balet. Selain itu, masih banyak karakter modern yang dibuat dalam versi boneka kayunya. 

Boneka kayu untuk kesenian, mendorong Anda jadi lebih kreatif

Boneka kayu untuk kesenian, mendorong Anda jadi lebih kreatif

Boneka kayu juga tidak jarang digunakan sebagai media kesenian oleh para seniman. Salah satu yang paling populer adalah penggunaan manekin kayu sebagai alat bantu gambar. Boneka kayu dirancang menyerupai manusia dengan engsel yang bisa diatur layaknya persendian manusia. Dengan begitu, seniman akan lebih mudah mengatur pose dan menirunya untuk dilukis kembali. 


Di sisi lain, banyak juga penjual yang menyediakan boneka kayu untuk dilukis sendiri atau dilukis sesuai permintaan. Untuk produk DIY (do it yourself), Anda biasanya akan diberikan boneka kayu polos dengan cat warna. Jadi, Anda bebas melukis boneka sesuai keinginan. Bila Anda ingin yang lebih praktis, sejumlah seniman juga menawarkan boneka kayu customize yang dapat dipesan sesuai keinginan.

② Sesuaikan fungsinya dengan kebutuhan

Sesuaikan fungsinya dengan kebutuhan

Dalam memilih boneka kayu, pertimbangkan juga mengenai fungsi yang ditawarkan. Mayoritas boneka kayu menawarkan fungsi estetis yang berguna sebagai dekorasi ruangan. Karena itu, Anda perlu menyesuaikan boneka kayu yang akan dipilih sebagai pajangan dengan nuansa yang ingin dihadirkan. 


Sejumlah boneka kayu hadir dalam bentuk imut yang dapat mempercantik benda lain, seperti tas, kunci, ponsel, dan sebagainya. Jika boneka kayu sudah dilengkapi tali atau pengait tambahan, Anda dapat menggunakannya sebagai gantungan.


Banyak pula boneka kayu yang cocok untuk mainan anak dan media mendongeng. Anda dapat membantu mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak dengan memilihkan bonekan kayu yang tepat. Namun, pastikan boneka kayu pilihan Anda tidak memiliki bentuk yang menyeramkan bagi si kecil, ya. 

③ Pertimbangkan juga mengenai ukurannya

Pertimbangkan juga mengenai ukurannya

Selain tipenya, Anda juga perlu memperhatikan ukuran boneka kayu. Di pasaran, Anda dapat menemukan boneka kayu dalam ukuran yang cukup beragam. Pastikan ukuran boneka kayu yang dipilih sesuai dengan kebutuhan, ya!


Jika Anda ingin menggunakan boneka kayu sebagai gantungan, sebaiknya ukurannya tidak terlalu besar. Sesuaikanlah dengan ukuran benda yang akan Anda pasang gantungannya agar lebih seimbang. 


Sementara itu, bila ingin memajang boneka kayu, pastikan ukurannya pas dengan tempat Anda akan memajangnya. Boneka kayu berukuran kecil sebaiknya diletakkan di depan agar tidak terhalang pajangan lainnya.


Di sisi lain, untuk Anda yang menginginkan boneka kayu sebagai mainan si kecil, pilihlah ukuran yang pas di tangan anak. Sebaiknya Anda tidak memilih boneka kayu yang terlalu kecil karena rentan hilang atau dimasukkan ke dalam mulut. Namun, Anda juga sebaiknya tidak memilih boneka kayu yang terlalu besar karena akan menyulitkan anak saat memainkannya.

10 Rekomendasi boneka kayu terbaik

Setelah mengetahui poin-poin pertimbangan dalam memilih boneka kayu, kini saatnya bagi Anda untuk memilih produknya. Kami telah menyiapkan sepuluh produk terbaik beserta ulasannya untuk Anda. Pilih yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda, ya!
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Wimpy Craftstore

Paket Wooden Doll KIT

Wimpy Craftstore Paket Wooden Doll KIT 1枚目

Bebas berkreasi melukis sendiri di boneka kayu

2

Boneka Kayu Babushka Matryoshka Chibi Cuby Isi 5

 Boneka Kayu Babushka Matryoshka Chibi Cuby Isi 5 1枚目

Bentuknya chubby, harganya tidak menguras kantong

3

Boneka Kayu Keluarga

 Boneka Kayu Keluarga 1枚目

Kenalkan konsep keluarga pada anak dengan lebih seru, yuk!

4

Manekin Kayu

 Manekin Kayu 1枚目

Membantu Anda menggambar pose tubuh manusia

5

Miniso

Marvel Small Wooden Toy - Dr. Strange

Miniso Marvel Small Wooden Toy - Dr. Strange 1枚目

Karakter pahlawan super dalam bentuk yang lebih imut

6

Wayang Golek Mini Cepot

 Wayang Golek Mini Cepot 1枚目

Bisa jadi pajangan, bisa juga jadi mainan untuk edukasi budaya lokal

7

Boneka Matryoshka Heidi and Friends

 Boneka Matryoshka Heidi and Friends 1枚目

Dibuat dan dilukis secara manual. Ruang tamu Anda bakal makin cantik dibuatnya

8

Hagihara

Boneka Kayu Jepang Kokeshi

Hagihara Boneka Kayu Jepang Kokeshi 1枚目

Hadirkan nuansa Jepang di rumah Anda dengan boneka kayu berkimono

9

Boneka Pinokio Gantung Tali

 Boneka Pinokio Gantung Tali 1枚目

Sudah dilengkapi tali. Boneka kayu Pinokio siap diajak berjalan-jalan!

10

Nutcracker Natal Isi 4

 Nutcracker Natal Isi 4  1枚目

Set nutcracker klasik untuk meramaikan pohon natal

Perincian produk
Close
No.1

Wimpy CraftstorePaket Wooden Doll KIT

Mulai dari Rp79.000,00

Bebas berkreasi melukis sendiri di boneka kayu

Boneka kayu ini hadir dalam kondisi polos dan siap untuk Anda lukis sendiri. Dengan membeli paket produk ini, Anda tidak perlu bingung lagi untuk membeli bahan dan alat yang dibutuhkan. Paket ini telah dilengkapi pensil 2B, rautan, penghapus, cat akrlilik 12 warna, serta petunjuk pemakaian. 


Selain itu, Anda akan mendapatkan dua buah boneka kayu dalam siluet pria dan wanita. Permukaan boneka kayu ini diklaim halus sehingga aman bagi anak-anak. Ukurannya pun pas untuk segala usia. Cocok dijadikan aktivitas kreatif saat senggang, nih!

No.2

Boneka Kayu Babushka Matryoshka Chibi Cuby Isi 5

Mulai dari Rp80.000,00

Bentuknya chubby, harganya tidak menguras kantong

Tidak perlu jauh-jauh ke Rusia untuk merasakan suasananya. Pajang saja set matryoshka ini di ruangan Anda. Berkat ukuran dan bentuknya yang chubby, boneka ini tampak lebih imut dengan motif klasik. Memajang set yang berisi lima boneka kayu ini akan membuat ruangan Anda tampak makin berwarna. Harganya pun relatif terjangkau, bukan?

No.3

Kenalkan konsep keluarga pada anak dengan lebih seru, yuk!

Jika Anda membutuhkan alat peraga yang dapat membantu mengenalkan konsep keluarga pada anak, cobalah produk ini. Satu set boneka kayu ini berisi enam boneka yang terdiri dari kakek, nenek, ayah, ibu, kakak, dan adik. Setiap boneka sudah lengkap dengan baju yang mendukung perannya masing-masing. Selain pas dijadikan alat bantu mendongeng, si kecil pasti akan menyukainya karena bentuknya yang menggemaskan.

No.4

Membantu Anda menggambar pose tubuh manusia

Belakangan ini, manekin kayu sering digunakan sebagai properti foto karena dianggap terlihat estetis. Di samping itu, produk ini akan sangat membantu Anda membuat sketsa pose tubuh manusia. 


Manekin kayu ini dirancang dengan engsel yang bisa diputar seperti sendi pada tubuh manusia. Dengan begitu, Anda bebas mengatur pose manekin sesuka hati. Anda bisa membeli manekin kayu yang sesuai kebutuhan. Ada yang berupa siluet pria, ada yang wanita.

No.5

MinisoMarvel Small Wooden Toy - Dr. Strange

Mulai dari Rp83.167,00

Karakter pahlawan super dalam bentuk yang lebih imut

Miniso tidak mau ketinggalan menyediakan boneka kayu untuk dikoleksi. Kali ini, boneka kayu Miniso hadir dalam karakter pahlawan super Marvel, salah satunya adalah Doctor Strange. 


Produk ini dibuat dengan detail menyerupai karakter di filmnya. Bahan yang digunakan adalah bahan kayu premium. Uniknya lagi, sejumlah titik persendian boneka dapat ditekuk. Jadi, anak Anda bisa turut berimajinasi saat memainkannya. Jika Anda atau si kecil penggemar karakter Marvel, jangan sampai ketinggalan, ya!

No.6

Bisa jadi pajangan, bisa juga jadi mainan untuk edukasi budaya lokal

Wayang golek merupakan salah satu kesenian tradisional di sejumlah daerah Indonesia. Anda dapat membeli boneka kayu ini sebagai sarana untuk memperkenalkan budaya nusantara kepada si kecil. 


Salah satu tokoh wayang golek yang populer dari Sunda adalah Cepot. Tokoh Cepot yang identik dengan gigi putih dan kulit merah ini dikenal memiliki karakter yang humoris. Anak-anak pasti senang mendengarkan cerita tentang Cepot sambil memainkan tokohnya. 

No.7

Boneka Matryoshka Heidi and Friends

Mulai dari Rp650.000,00

Dibuat dan dilukis secara manual. Ruang tamu Anda bakal makin cantik dibuatnya

Boneka kayu tradisional Rusia ini akan menambah suasana ceria bila dijadikan dekorasi rumah Anda. Matryoshka Heidi and Friends yang terdiri dari lima boneka berbeda ukuran ini melambangkan semangat persahabatan lintas generasi. Jadi, Anda juga bisa menjadikannya sebagai hadiah unik untuk kerabat dan saudara.


Satu set boneka dibuat dengan peralatan konvensional dan dilukis secara manual oleh seniman lokal. Karena dibuat secara handmade, hasilnya lebih detail. Alhasil, harganya terbilang relatif mahal. 

No.8

HagiharaBoneka Kayu Jepang Kokeshi

Mulai dari Rp112.000,00

Hadirkan nuansa Jepang di rumah Anda dengan boneka kayu berkimono

Jika Anda menyukai dekorasi ruangan bernuansa negeri sakura, inilah produk yang patut dipertimbangkan. Hagihara menghadirkan boneka kayu dengan detail kimono dan model rambut pendek layaknya kokeshi dari Jepang. Sebagai informasi, produk ini memiliki tiga varian warna kimono yang bisa Anda pilih. Selain itu, ekspresi boneka kayu ini sangat cute, ya.

No.9

Boneka Pinokio Gantung Tali

Mulai dari Rp45.000,00

Sudah dilengkapi tali. Boneka kayu Pinokio siap diajak berjalan-jalan!

Produk ini sangat pas digunakan sebagai media edukasi dan untuk mendongeng. Desainnya mengadopsi Pinocchio atau Pinokio yang diproduksi oleh Disney, lengkap dengan kostum dan tali. Dengan bantuan tali, boneka kayu ini dapat digerakan untuk membuat kegiatan bermain si kecil menjadi lebih asyik. 


Anda juga dapat menggunakannya sebagai sarana mendongeng agar lebih berkesan dan seru. Saat menceritakan kisah Pinocchio, Anda bisa sekaligus mengedukasi anak agar tidak sering berbohong. 

No.10

Set nutcracker klasik untuk meramaikan pohon natal

Anda sedang mencari boneka kayu untuk dijadikan hiasan pohon natal? Produk inilah jawabannya. Dalam satu set, Anda akan memperoleh empat prajurit kecil atau yang biasa disebut nutcracker. 


Tiap nutcracker dilengkapi kostum dan topi khas yang menggemaskan, serta telah memiliki tali pengait. Dijamin, pohon natal Anda akan makin cantik dan meriah. Selain itu, Anda juga bisa menjadikannya gantungan kunci, lho!

Baca juga rekomendasi boneka lainnya di sini

Kesimpulan

Wah, ternyata ada banyak boneka kayu yang sangat menarik untuk dikoleksi, ya. Di antara rekomendasi kami, produk manakah yang paling mencuri perhatian Anda?


Boneka kayu tidak hanya dapat mempercantik ruangan Anda, tetapi juga bisa dijadikan media mendongeng dan teman bermain anak. Sebelum membeli boneka kayu, perhatikan tipe, ukuran, dan fungsinya sesuai kebutuhan. Semoga Anda merasa terbantu dalam menentukan boneka kayu terbaik! Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer