• 10 Rekomendasi Gitar Fender Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Gitar Fender Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Gitar Fender Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Gitar Fender Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Gitar Fender Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Gitar Fender Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Fender adalah salah satu merk gitar yang banyak dipakai oleh musisi lokal, seperti Iga Massardi dan Eros Chandra, hingga musisi internasional seperti Eric Clapton. Gitar Fender bisa digunakan untuk memainkan genre musik yang luas, mulai dari country, rock, ataupun pop. Banyaknya model dan seri gitar Fender mungkin membuat Anda bingung saat memilih.


Kami akan mengulas gitar Fender secara lengkap serta memberikan rekomendasi produk dengan kualitas dan harga terbaik untuk Anda. Mau gitar Fender model Telecaster, Stratocaster, atau Jaguar? Buatan Amerika, Jepang, atau Mexico? Simak artikel ini sampai habis, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 April 2022
Daftar isi

Cara memilih gitar Fender

Anda perlu mengetahui dahulu model gitar Fender dan karakteristik lainnya agar makin mantap saat membeli. Kami akan membahasnya satu per satu untuk Anda.

Kenali model gitar Fender

Ada enam model gitar Fender yang diproduksi, yakni Stratocaster, Telecaster, Jaguar, Jazzmaster, Lead, dan Mustang. Setiap model tentunya memiliki karakteristik dan kelebihan masing-masing. Kami akan membahas tiga di antaranya untuk Anda. 

Telecaster: Gitar Fender pertama yang legendaris

Sang kreator jenius, Leo Fender, mulai memperkenalkan Fender Telecaster pada 1949. Fender Telecaster adalah gitar elektrik dengan bodi solid pertama yang dikomersilkan. Gitar ini turut menjadi ikon kunci dalam perubahan genre musik di Amerika dari country ke rock n roll. Awalnya, musisi country seperti Luther Perkins mulai memperkenalkan Fender Telecaster ke masyarakat.


Kemudian, musisi rock seperti Keith Richards dan George Harrison terpengaruh dan ikut menyebarkannya. Musisi lain yang memakai gitar ini adalah Joe Strummer dari The Clash dan Chris Shiflett dari Foo Fighters.


Fender Telecaster memiliki bodi dengan satu lekukan di dekat leher gitar (cutaway) dan satu tanduk (horn) di bagian bawah gitar. Ciri khas lainnya adalah memiliki dua buah single-coil pickups. Banyak yang bilang gitar Fender Telecaster lebih mudah dimainkan dibandingkan gitar Fender lainnya. Gitar ini juga lebih serbaguna untuk memainkan berbagai genre musik.

Stratocaster: Desainnya cantik dan tone suaranya lebih bervariasi

Belum usai kekaguman masyarakat terhadap model Telecaster, Leo Fender sudah merilis Fender Stratocaster pada 1951. Banyak yang bilang gitar ini sangat cantik dari segi desainnya. Gitar ini memilik dua tanduk dan dua cutaways yang membuatnya terkesan lebih nge-rock. Bagian headstock atau kepala gitarnya juga sedikit lebih besar dibandingkan Fender Telecaster. 


Bodi Stratocaster dinilai lebih enak untuk dipegang dan dimainkan, bahkan untuk pemula sekalipun. Dari segi hardware-nya, Fender Stratocaster dilengkapi tiga buah single-coil pickups dan dua tremolo-system di bagian bridge-nya. Sementara itu, Fender Telecaster hanya punya dua single-coil pickups dan satu bridge. Perbedaan ini membuat Fender Stratocaster memiliki vibrato effect. 


Tone suara Fender Stratocaster juga dinilai lebih luas sehingga bisa mengakomodasi berbagai gaya permainan gitar Anda. Beberapa musisi terkenal yang menggunakan Fender Stratocaster adalah Jimmy Hendrix, Eric Clapton, dan Billy Corgan dari Smashing Pumpkins. Musisi Jim Root dari band heavy metal Slipknot juga memakai gitar yang satu ini. 

Jaguar: Memiliki fret lebih banyak dibandingkan model lainnya

Jaguar adalah model gitar Fender yang keempat setelah Telecaster, Stratocaster, dan Jazzmaster. Desain bodi antara Fender Jaguar dan Jazzmaster sangat mirip. Sekilas gitar ini memiliki satu tanduk seperti Telecaster, tetapi cutaways-nya tidak terlalu dalam seperti Telecaster dan Stratocaster. 


Keunikan gitar ini adalah gitar Fender pertama yang memiliki satu fret, lebih banyak dari model lainnya, yakni 22 buah. Jumlah fret tersebut mirip dengan gitar Gibson. Fret adalah deretan logam di leher gitar yang berguna untuk menentukan nada.


Fender Jaguar pernah populer tahun 60-an, sebelum akhirnya meredup di tahun 1975-an. Akhirnya gitar ini kembali lagi ke pasaran sejak tahun 85-an. Musisi grunge legendaris Kurt Cobain dari Nirvana pernah memakai Fender Jaguar.

Ketahui seri gitar Fender berdasarkan negara asal pembuatannya

Gitar Fender terdiri dari banyak seri. Salah satu yang memengaruhi hal tersebut adalah negara asal pembuatannya. Mungkin Anda sudah pernah mendengar American Fender, Mexican Fender, dan Japanese Fender. Sekilas, gitar Fender dari negara mana pun terlihat sama bagusnya, meskipun terdapat perbedaan mencolok dari segi harganya. Fender dari Amerika harganya bisa mencapai seribu dolar US.


Sementara itu, Fender dari Mexico dan Jepang mungkin hanya setengah dari harga tersebut. Gitar Fender dari Amerika menggunakan tiga lapis kayu ash pada bodinya, sedangkan Fender Mexico menggunakan kayu alder. Jumlah fret-nya juga berbeda. Sejak tahun 80-an, Fender Amerika membuat gitar dengan 22 fret, sedangkan Fender Mexico masih 21 fret seperti model lama. 


Mirip seperti Fender Mexico, Fender Jepang juga memiliki keunikannya sendiri. Bodinya cenderung lebih ramping dan pastinya harganya lebih terjangkau. Intinya, Fender Amerika bisa dibilang menggunakan counterparts premium, tetapi harganya cukup tinggi. Sementara itu, Fender lainnya menggunakan counterparts yang tidak kalah bagusnya, tetapi harganya lebih terjangkau.


Fender juga mengakuisisi perusahaan Squier. Fender Squier dibuat untuk mengakomodasi permintaan dari pasar menengah ke bawah yang umumnya datang dari negara berkembang. Harganya jelas lebih terjangkau dibandingkan Fender lainnya, tetapi kualitasnya masih cukup bagus.

Gitar akustik atau elektrik? Pilih sesuai minat Anda

Meskipun lebih identik dengan gitar elektriknya, Fender juga memiliki produk gitar akustik dan bass. Kali ini kami akan membahas gitar akustik dan elektrik saja. Anda bisa menemukan produk bass terbaik dari Fender di artikel 10 Rekomendasi Bass Terbaik dan 10 Rekomendasi Bass Terbaik untuk Pemula


Nah, di antara gitar akustik atau elektrik, mana yang harus Anda pilih? Jawabannya mungkin tergantung gaya bermain dan genre musik apa yang akan Anda mainkan. Gitar akustik cocok untuk genre musik pop, folk, atau klasik. Sementara itu, gitar elektrik lebih mengarah ke musik-musik punk, rock, metal, dan sebagainya. Perbedaannya utamanya adalah sensasi yang Anda rasakan saat memainkan kedua jenis gitar tersebut.


Gitar akustik bodinya lebih besar, lebih tebal, dan senarnya lebih tegang. Anak-anak mungkin akan kesulitan saat memangku gitar akustik karena bodinya yang besar. Sementara itu, gitar elektrik bodinya lebih ramping dan berkontur, serta senarnya tidak terlalu menekan jari Anda. Keduanya sama baiknya jika sesuai dengan gaya bermain dan genre musik Anda.

Sesuaikan dengan kemampuan dan target Anda dalam memakai gitar Fender

Sesuaikan dengan kemampuan dan target Anda dalam memakai gitar Fender

Banyaknya model dan seri gitar Fender mungkin membuat Anda makin bingung. Ditambah lagi, setiap musisi atau reviewer memiliki opininya masing-masing. Oleh karena itu, langkah terbaik sebenarnya Anda harus mencoba atau mengulik sendiri. Dengan begitu, Anda bisa merasakan sendiri perbedaan tone suara dan kenyamanannya saat dimainkan.


Ketahui apa tujuan Anda dalam bermain gitar, apakah untuk membentuk band, soloist, atau sekadar genjrang-genjreng di waktu senggang. Untuk pemula yang baru belajar, belilah gitar yang nyaman dipegang dan dimainkan. Saat awal-awal belajar main gitar, mungkin Anda belum bisa membedakan kualitas suara antargitar. Jadi, hal yang terpenting adalah kenyamanannya.


Jika Anda sudah cukup mahir bermain gitar, mulailah selektif dalam memilih. Jenis kayu yang digunakan pada bodi dan fingerboard, model bodi solid atau berongga, hingga hardware-nya. Mungkin Anda akan merogoh kocek lebih dalam karena biasanya harganya lebih mahal. 

10 Rekomendasi gitar Fender terbaik

Berikut ini sepuluh produk gitar Fender terbaik yang sudah kami pilihkan untuk Anda. Pilih yang paling sesuai dengan gaya permainan dan bujet Anda, ya.

10

FenderFA-125S Acoustic Pack

0950870021

Mulai dari Rp 3.700.000,00

ModelAkustik (FA-125S)
BodiBagian depan: kayu cemara・Bagian belakang & samping: kayu mahoni yang dilaminasi
FingerboardKayu rosewood
BridgeRosewood dengan Compensated Graph Tech® Nubone™ Saddle
Neck"C" Shape berbahan nato dengan finishing gloss urethane
Jumlah fret20
9

FenderTim Armstrong Hellcat-12

0968312021

Mulai dari Rp 6.285.000,00

ModelAkustik–elektrik
BodiSeluruh bodi berbahan mahoni
FingerboardRosewood fingerboard dengan “Hellcat” dan double-skull inlays
BridgeRosewood bridge dengan compensated Graph Tech® NuBone™ saddle
NeckMaple neck dengan satin finish
Jumlah fret20
8

Fender SquierAffinity Series Telecaster

0310202506

Mulai dari Rp 3.300.000,00

ModelGitar elektrik Telecaster
BodiSeluruh bodi terbuat dari bahan poplar
FingerboardMaple
Bridge 6-saddle Tele bridge
NeckSlim and comfortable “C”-shaped, satin finish
Jumlah fret21
7

FenderCD-60S All-Mahogany

0961702021

Mulai dari Rp 1.600.000,00

ModelGitar akustik (CD-60S)
BodiBodi belakang dan samping: laminated mahogany・Bodi depan: solid mahogany
FingerboardRosewood
BridgeRosewood
NeckMahoni dengan finishing urethane
Jumlah fret20
6

FenderAmerican Original '50S Telecaster Left-Hand

0110133850

Mulai dari Rp 22.000.000,00

ModelGitar elektrik Telecaster
BodiSeluruh bodi berbahan ash yang dilapisi Gloss Nitrocellulose Lacquer
FingerboardMaple
BridgePure Vintage '52 Single-Coil Tele®
Neck1952 "U" berbahan maple
Jumlah fret21
5

FenderVintera '60S Jaguar Modified HH

0149813372

Mulai dari Rp 19.470.000,00

ModelGitar elektrik Jaguar
BodiAlder dengan finishing gloss polyester
FingerboardPau Ferro
BridgeAtomic™ humbucking, Adjusto-Matic™ bridge dengan vintage style "floating" tremolo tailpiece
NeckModern "C" berbahan maple dengan finishing satin urethane
Jumlah fret22
4

FenderJim Root Jazzmaster

0115300706

Mulai dari Rp 24.250.000,00

ModelGitar elektrik Jazzmaster
BodiMahogany body dengan contoured neck heel
FingerboardEbony
BridgeEMG® 81, 6-saddle string-through-body hardtail dengan block saddles
Neck“C”-shaped berbahan maple, headstock berukuran besar
Jumlah fret22
3

FenderAlkaline Trio Malibu

0968325021

Mulai dari Rp 2.510.000,00

ModelGitar akustik
BodiSeluruh bodi terbuat dari laminated mahogany dengan finishing glossy polyurethane
FingerboardRosewood
BridgeRosewood dengan Compensated Graph Tech® Nubone™ Saddle
NeckVintage "V" berbahan maple dengan finishing gloss urethane
Jumlah fret20
2

FenderPlayer Telecaster HH

0145233500

Mulai dari Rp 10.450.000,00

ModelGitar elektrik Telecaster
BodiAlder dengan finishing glossy
FingerboardMaple
BridgePlayer series Alnico 2 humbucking, 6-saddle string-through-body Tele® dengan bent steel saddles
NeckModern "C" berbahan maple dengan finishing satin urethane di belakang dan gloss urethane di depan
Jumlah fret22
1

FenderEric Clapton Stratocaster

0117602806

Mulai dari Rp 20.150.000,00

ModelGitar listrik Stratocaster
BodiAdler dengan finishing urethane
FingerboardMaple
BridgeVintage Noiseless™ Single-Coil Strat®, 6-Saddle American Vintage Synchronized Tremolo
NeckSoft "V" berbahan maple dengan finishing urethane
Jumlah fret22

Tabel perbandingan produk gitar Fender terbaik

Gambar produk
1
Fender Eric Clapton Stratocaster 1

Fender

2
Fender Player Telecaster HH 1

Fender

3
Fender Alkaline Trio Malibu 1

Fender

4
Fender Jim Root Jazzmaster 1

Fender

5
Fender Vintera '60S Jaguar Modified HH 1

Fender

6
Fender American Original '50S Telecaster Left-Hand 1

Fender

7
Fender CD-60S All-Mahogany 1

Fender

8
Fender Squier Affinity Series Telecaster 1

Fender Squier

9
Fender Tim Armstrong Hellcat-12 1

Fender

10
Fender FA-125S Acoustic Pack 1

Fender

Nama produk

Eric Clapton Stratocaster

Player Telecaster HH

Alkaline Trio Malibu

Jim Root Jazzmaster

Vintera '60S Jaguar Modified HH

American Original '50S Telecaster Left-Hand

CD-60S All-Mahogany

Affinity Series Telecaster

Tim Armstrong Hellcat-12

FA-125S Acoustic Pack

Keunggulan

Miliki gitar milik musisi legendaris Eric Clapton

Rentang tone yang luas bisa melibas berbagai genre musik

Bentuk hati di bagian bodinya memberikan kesan girly

Tampilan metal, fret-nya jumbo, cocok untuk pemilik tangan besar!

Perpaduan ciamik tampilan klasik dengan fitur-fitur modern

Tampilan klasik untuk Anda gitaris bertangan kidal

Akustikan bersama gitar berbahan mahoni

Bujet ekonomis, kualitas suara halus

Suara lebih menggema, jernih, dan bisa masuk ke berbagai genre berkat 12 senarnya

Gitar folk untuk Anda yang baru belajar!

Harga mulai dariRp 20.150.000,00Rp 10.450.000,00Rp 2.510.000,00Rp 24.250.000,00Rp 19.470.000,00Rp 22.000.000,00Rp 1.600.000,00Rp 3.300.000,00Rp 6.285.000,00Rp 3.700.000,00
ModelGitar listrik StratocasterGitar elektrik TelecasterGitar akustikGitar elektrik JazzmasterGitar elektrik JaguarGitar elektrik TelecasterGitar akustik (CD-60S)Gitar elektrik TelecasterAkustik–elektrikAkustik (FA-125S)
BodiAdler dengan finishing urethaneAlder dengan finishing glossy Seluruh bodi terbuat dari laminated mahogany dengan finishing glossy polyurethane Mahogany body dengan contoured neck heel Alder dengan finishing gloss polyester Seluruh bodi berbahan ash yang dilapisi Gloss Nitrocellulose LacquerBodi belakang dan samping: laminated mahogany・Bodi depan: solid mahoganySeluruh bodi terbuat dari bahan poplarSeluruh bodi berbahan mahoniBagian depan: kayu cemara・Bagian belakang & samping: kayu mahoni yang dilaminasi
FingerboardMapleMapleRosewoodEbonyPau Ferro MapleRosewoodMapleRosewood fingerboard dengan “Hellcat” dan double-skull inlaysKayu rosewood
BridgeVintage Noiseless™ Single-Coil Strat®, 6-Saddle American Vintage Synchronized TremoloPlayer series Alnico 2 humbucking, 6-saddle string-through-body Tele® dengan bent steel saddles Rosewood dengan Compensated Graph Tech® Nubone™ SaddleEMG® 81, 6-saddle string-through-body hardtail dengan block saddlesAtomic™ humbucking, Adjusto-Matic™ bridge dengan vintage style "floating" tremolo tailpiece Pure Vintage '52 Single-Coil Tele®Rosewood 6-saddle Tele bridgeRosewood bridge dengan compensated Graph Tech® NuBone™ saddleRosewood dengan Compensated Graph Tech® Nubone™ Saddle
NeckSoft "V" berbahan maple dengan finishing urethaneModern "C" berbahan maple dengan finishing satin urethane di belakang dan gloss urethane di depanVintage "V" berbahan maple dengan finishing gloss urethane“C”-shaped berbahan maple, headstock berukuran besarModern "C" berbahan maple dengan finishing satin urethane1952 "U" berbahan mapleMahoni dengan finishing urethaneSlim and comfortable “C”-shaped, satin finishMaple neck dengan satin finish"C" Shape berbahan nato dengan finishing gloss urethane
Jumlah fret22222022222120212020
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan gitar lainnya di sini

Untuk bermain gitar, tentu saja ada perlengkapan lainnya yang harus Anda gunakan, misalnya case, stand, senar, dan lain-lain. Kami sudah pernah mengulas beberapa di antaranya. Anda bisa mengeklik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Kesimpulan

Jadi, gitar Fender mana yang Anda pilih? Membeli gitar Fender untuk meningkatkan skill ataupun kado adalah pilihan tepat. Produk-produk Fender sudah dibuat dengan kualitas kayu yang bagus sehingga tahan lama. Selain itu, kualitas suaranya juga mantap, baik untuk pemula ataupun profesional. 


Gitar Fender dibuat dengan rentang harga yang luas, mulai dari entry level seperti Fender Squire hingga American Fender yang harganya cukup tinggi. Pilih sesuai bujet yang Anda siapkan, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Mic Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mic Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Selain di tempat hiburan seperti studio musik, karaoke bisa dilakukan di rumah, bahkan saat melakukan perjalanan di dalam mobil. Supaya suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah mic karaoke. Nah, mic merek apa yang bagus untuk karaoke? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic yang bagus untuk karaoke, baik tipe wireless, Bluetooth, maupun kabel. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk mic karaoke terbaik yang dijual secara online, seperti Advance, Shure, dan Sony. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Microphone Terbaik Tipe Dynamic - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Microphone Terbaik Tipe Dynamic - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Mikrofon ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merek terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk yang tepat!
    Musik
  • 10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Terdapat beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Tergantung pada merek dan kualitasnya, harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal.Anda sedang mencari gitar listrik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih gitar listrik. Kami juga memberikan sederet produk rekomendasi. Jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum Anda membeli. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto.
    Musik
  • 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Pianika adalah jenis alat musik tiup yang biasanya digunakan oleh siswa TK hingga SMP. Sebagai alat musik yang mudah dimainkan, pianika merupakan pilihan tepat bagi Anda yang baru mulai belajar bermain alat musik. Kali ini, kami akan membahas cara memilih pianika yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasi produk pianika terbaik bagi Anda. Berbagai merek terkenal seperti Yamaha dan Suzuki akan kami hadirkan di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Tetaplah membaca dan temukan pianika yang paling pas untuk anak Anda!
    Musik
  • 10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Gitar merupakan alat musik yang menarik untuk dipelajari. Suara merdunya dapat menjadi melodi utama sampai melodi pengisi dalam lagu. Di antara banyaknya merek gitar, Yamaha menjadi pilihan top of mind bagi konsumen. Gitar Yamaha original memiliki berbagai seri serta jenis gitar untuk kebutuhan Anda.Kami akan berbagi tips memilih gitar dari Yamaha, termasuk gitar akustik Yamaha terbaik. Simak juga daftar rekomendasi gitar Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Gitar Yamaha C315, Yamaha F310, dan Yamaha APX600 ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Senar memberikan pengaruh pada kualitas suara gitar akustik sehingga penting untuk memilih senar terbaik. Senar gitar akustik sendiri terdiri dari beberapa jenis. Ada senar nylon yang digunakan pada gitar klasik. Ada juga senar baja antikarat untuk memainkan musik genre rock, blues, dan country.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih senar untuk menemukan senar terbaik yang original untuk gitar akustik Anda. Kami juga merekomendasikan beragam merek senar gitar akustik yang bagus, seperti Elixir, D'addario, Yamaha, dan Martin & Co. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori