• 10 Rekomendasi Gitar Fender Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Gitar Fender Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Gitar Fender Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Gitar Fender Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Gitar Fender Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Gitar Fender Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Fender adalah salah satu merek gitar yang banyak dipakai oleh musisi lokal maupun internasional, seperti Iga Massardi, Eros Chandra, Eric Clapton, dan Jimi Hendrix. Gitar Fender dapat digunakan untuk memainkan berbagai genre musik, mulai dari country, rock, ataupun pop. 


Banyaknya model dan seri gitar Fender mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Untuk itu, kami akan mengulas gitar Fender secara lengkap. Kami juga Akan memberikan cara memilih serta rekomendasi produk yang bagus dengan kualitas dan harga terbaik untuk Anda. Baca artikel ini sampai selesai, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 November 2022
Daftar isi

Bagaimana membedakan antara gitar Fender original dan KW?

Banyaknya gitar yang beredar di pasaran sering kali membuat kita mempertanyakan keaslian produk tersebut. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian gitar Fender yang dijual di pasaran.


  • Cek spesifikasi dan finishing gitar secara keseluruhan.
  • Periksa nomor seri gitar melalui situs web resmi.
  • Cobalah memainkan gitar secara langsung untuk mengetahui kualitas suaranya.
  • Beli melalui store resmi atau seller yang tepercaya.
  • Perhatikan juga harganya. Gitar KW biasanya memiliki harga yang sangat rendah jika dibandingkan dengan gitar original.

Cara memilih gitar Fender

Anda perlu mengetahui terlebih dahulu model gitar Fender dan karakteristik lainnya agar makin mantap saat membeli. Berikut ini kami bahas satu per satu cara memilih gitar Fender yang bagus. Simak dengan teliti, ya!

Ketahui model gitar Fender

Ada enam model gitar Fender yang diproduksi, yakni Stratocaster, Telecaster, Jaguar, Jazzmaster, Lead, dan Mustang. Setiap model tentunya memiliki karakteristik dan kelebihan masing-masing. Kami akan membahas tiga di antaranya untuk Anda. 

Telecaster, gitar Fender pertama yang legendaris

Leo Fender, kreator gitar Fender, mulai memperkenalkan Fender Telecaster pada tahun 1949. Fender Telecaster adalah gitar elektrik dengan bodi solid pertama yang dikomersilkan. Ciri-ciri dari gitar Fender Telecaster adalah sebagai berikut:


  • Memiliki satu lekukan di dekat leher gitar (cutaway)
  • Memiliki satu tanduk (horn) di bagian bawah gitar
  • Memiliki dua single-coil pickups.

Gitar ini menjadi ikon kunci dalam perubahan genre musik di Amerika dari country ke rock 'n' roll. Awalnya, musisi country seperti Luther Perkins mulai memperkenalkan gitar ini ke masyarakat. Kemudian, musisi rock seperti Keith Richards dan George Harrison juga ikut dan menyebarkannya. Musisi lain yang juga memakai gitar ini adalah Ron Wood dari Rolling Stones dan Chris Shiflett dari Foo Fighters.

Stratocaster, desain cantik dan tone suara yang lebih bervariasi

Fender Stratocaster dirilis pada tahun 1951. Gitar ini banyak dikagumi karena sangat cantik dari segi desainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri gitar Fender Stratocaster:


  • Memiliki dua tanduk dan dua cutaways
  • Memiliki tiga buah single-coil pickups
  • Memiliki tremolo-system di bagian bridge
  • Memiliki vibrato effect

Bagian headstock gitar ini sedikit lebih besar daripada model Telecaster. Bodinya juga dinilai lebih enak untuk dipegang dan dimainkan, bahkan untuk pemula sekalipunTone suara yang dimiliki juga lebih luas sehingga bisa mengakomodasi berbagai gaya permainan gitar Anda. Beberapa musisi terkenal yang menggunakan gitar ini adalah Jimmy Hendrix, Billy Corgan dari Smashing Pumpkins, dan Jim Root dari Slipknot.

Jaguar, memiliki fret lebih banyak daripada model lainnya

Jaguar adalah model gitar Fender keempat setelah Telecaster, Stratocaster, dan Jazzmaster. Desain bodi antara Fender Jaguar dan Jazzmaster sangat mirip. Berikut ini adalah ciri-cirinya:


  • Memiliki satu tanduk dengan cutaways yang tidak terlalu dalam seperti Telecaster dan Stratocaster
  • Memiliki 22 fret seperti gitar Gibson

Fender Jaguar pernah populer pada tahun 1960-an, kemudian meredup pada tahun 1975-an. Akhirnya, gitar ini kembali lagi ke pasaran sejak tahun 1985-an. Musisi grunge legendaris Kurt Cobain dari Nirvana pernah memakai Fender model ini.

Cek seri gitar Fender berdasarkan negara asal pembuatannya

Gitar Fender terdiri atas banyak seri. Salah satu yang memengaruhi hal tersebut adalah negara asal pembuatannya. Sekilas, gitar Fender dari negara mana pun terlihat sama bagusnya meskipun terdapat perbedaan mencolok dari segi harganya


  • Gitar buatan Amerika

Fender dari Amerika harganya bisa mencapai seribu dolar US. Bahan yang digunakan adalah tiga lapis kayu ash pada bodinya. Sejak tahun 80-an, Fender Amerika membuat gitar dengan 22 fret. Pada intinya, Fender Amerika menggunakan counterparts premium dengan harga yang cukup tinggi.


  • Gitar non-Amerika

Fender Mexico menggunakan bahan kayu alder pada bodinya. Harganya setengah dari harga seri Amerika. Jumlah fret-nya pun masih 21 fret. Seperti halnya seri Mexico, Fender Jepang juga memiliki keunikan. Bodinya cenderung lebih ramping dan harganya lebih terjangkau. Fender non-Amerika menggunakan counterparts yang tidak kalah bagusnya, tetapi harganya lebih terjangkau.


  • Seri Fender Squier

Fender juga mengakuisisi perusahaan Squier. Fender Squier dibuat untuk mengakomodasi permintaan dari pasar menengah ke bawah yang umumnya datang dari negara berkembang. Harganya lebih terjangkau daripada Fender lainnya, tetapi kualitasnya masih cukup bagus.

Pertimbangkan gitar akustik atau elektrik sesuai minat Anda

Meskipun lebih identik dengan gitar elektriknya, Fender juga memiliki produk gitar akustik. Anda bisa memilih sesuai gaya bermain dan genre musik yang akan Anda mainkan. Perbedaan utamanya adalah sensasi saat memainkan kedua jenis gitar tersebut.


  • Gitar akustik

Gitar akustik cocok untuk genre musik pop, folk, atau klasik. Bodinya lebih besar, tebal, dan senarnya lebih tegang. Anak-anak mungkin akan kesulitan saat memangku gitar ini karena bodinya yang besar.


  • Gitar elektrik

Gitar elektrik lebih mengarah ke musik-musik punk, rock, metal, dan sebagainya. Bodi gitar ini lebih ramping dan berkontur serta senarnya tidak terlalu menekan jari Anda. 


Bila tertarik dengan perpaduan gitar akustik dan elektrik, Anda bisa mengecek rekomendasinya di artikel berikut ini.

Sesuaikan dengan kemampuan dan target dalam menggunakan gitar Fender

Sesuaikan dengan kemampuan dan target dalam menggunakan gitar Fender

Setiap musisi atau reviewer memiliki opininya masing-masing mengenai gitar Fender. Oleh karena itu, langkah terbaik adalah Anda harus mencoba atau mengulik sendiri. Dengan begitu, Anda bisa merasakan sendiri perbedaan tone suara dan kenyamanannya saat dimainkan.


  • Tujuan bermain gitar

Apakah Anda bermain gitar untuk membentuk band, soloist, atau bermain di waktu senggang saja? Untuk Anda yang baru belajar, belilah gitar yang nyaman dipegang dan dimainkan. Mungkin Anda belum bisa membedakan kualitas suara antargitar saat awal belajar. Jadi, utamakanlah kenyamanannya.


  • Lebih selektif dalam memilih gitar jika sudah cukup mahir

Anda dapat lebih selektif dalam memilih gitar saat sudah lebih mahir bermain. Mulai perhatikan jenis kayu yang digunakan pada bodi dan fingerboard, model bodi solid atau berongga. Tak ketinggalan, perhatikan juga keseluruhan hardware-nya. 

10 Rekomendasi gitar Fender terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gitar Fender terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilihnya. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Tokopedia.


Update 23 Oktober 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Tokopedia, kami mendapati bahwa Fender Eric Clapton Stratocaster memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, setelah melakukan riset ulang, kami mendapati bahwa Fender Player Stratocaster HSS kini banyak diminati.

Gambar produk
1
Fender Player Stratocaster HSS 1

Fender

2
Fender Squier Contemporary Active Jazzmaster HH 1

Fender Squier

3
Fender Newporter Player 1

Fender

4
Fender Player Jaguar 1

Fender

5
Fender FA-125CE Dreadnought 1

Fender

6
Fender Malibu Player 1

Fender

7
Fender Squier 40th Anniversary Telecaster, Gold Edition 1

Fender Squier

8
Fender Squier 40th Anniversary Stratocaster, Gold Edition 1

Fender Squier

9
Fender American Performer Jazzmaster 1

Fender

10
Fender American Acoustasonic Stratocaster 1

Fender

Nama produk

Player Stratocaster HSS

Contemporary Active Jazzmaster HH

Newporter Player

Player Jaguar

FA-125CE Dreadnought

Malibu Player

40th Anniversary Telecaster, Gold Edition

40th Anniversary Stratocaster, Gold Edition

American Performer Jazzmaster

American Acoustasonic Stratocaster

Keunggulan

Tampil percaya diri saat di panggung berkat tone-nya yang lebih tajam

Teknik bending jadi lebih mantap dengan radius fingerboard yang lebih lebar

Gitar berbentuk unik yang cocok untuk pemula

Dapatkan nada tinggi hingga mencapai oktaf keempat!

Suara petikannya terdengar lebih dalam dan lebih hidup

Gitar simpel dan estetis yang cocok dimainkan dalam berbagai style

Berikan performa khas Fender dengan neck ramping yang nyaman

Hardware berlapis nuansa emas, cocok untuk penyuka gaya vintage yang mewah

Fret-nya yang jumbo cocok untuk yang bertangan besar

Dapatkan suara akustik dan elektrik sekaligus dengan acoustic engine-nya

Harga mulai dariRp 13.200.000,00Rp 7.800.000,00Rp 7.000.000,00Rp 14.900.000,00Rp 4.050.000,00Rp 6.400.000,00Rp 10.400.000,00Rp 10.400.000,00Rp 21.825.000,00Rp 33.900.000,00
ModelStratocasterJazzmasterNewporterJaguarDreadnoughtConcertTelecasterStratocasterJazzmasterStratocaster
JenisElektrikElektrikAkustikElektrikAkustikAkustikElektrikElektrikElektrikAkustik-elektrik
MaterialBody: Alder・Neck: Maple・Fingerboard: MapleBody: Poplar・Neck: Roasted maple・Fingerboard: Indian laurelBody: Mahogany・Neck: Mahogany・Fingerboard: WalnutBody: Alder・Neck: Maple・Fingerboard: Pau ferroBody: Laminated basswood・Neck: Nato・Fingerboard: WalnutBody: Mahogany Neck: Mahogany Fingerboard: WalnutBody: Nyatoh・Neck: Maple・Fingerboard: Indian laurelBody: Nyatoh・Neck: Maple・Fingerboard: Indian laurelBody: Alder・Neck: Maple・Fingerboard: RosewoodBody: Mahogany・Neck: Mahogany・Fingerboard: Ebony
Jumlah fret22222022202021212222
Tautan produk
10

FenderAmerican Acoustasonic Stratocaster

0972023206

Mulai dari Rp 33.900.000,00

ModelStratocaster
JenisAkustik-elektrik
MaterialBody: Mahogany・Neck: Mahogany・Fingerboard: Ebony
Jumlah fret22
9

FenderAmerican Performer Jazzmaster

0115210341

Mulai dari Rp 21.825.000,00

ModelJazzmaster
JenisElektrik
MaterialBody: Alder・Neck: Maple・Fingerboard: Rosewood
Jumlah fret22
8

Fender Squier40th Anniversary Stratocaster, Gold Edition

0379410502

Mulai dari Rp 10.400.000,00

ModelStratocaster
JenisElektrik
MaterialBody: Nyatoh・Neck: Maple・Fingerboard: Indian laurel
Jumlah fret21
7

Fender Squier40th Anniversary Telecaster, Gold Edition

0379400546

Mulai dari Rp 10.400.000,00

ModelTelecaster
JenisElektrik
MaterialBody: Nyatoh・Neck: Maple・Fingerboard: Indian laurel
Jumlah fret21
6

FenderMalibu Player

0970722080

Mulai dari Rp 6.400.000,00

ModelConcert
JenisAkustik
MaterialBody: Mahogany Neck: Mahogany Fingerboard: Walnut
Jumlah fret20
5

FenderFA-125CE Dreadnought

0971113221

Mulai dari Rp 4.050.000,00

ModelDreadnought
JenisAkustik
MaterialBody: Laminated basswood・Neck: Nato・Fingerboard: Walnut
Jumlah fret20
4

FenderPlayer Jaguar

0146303506

Mulai dari Rp 14.900.000,00

ModelJaguar
JenisElektrik
MaterialBody: Alder・Neck: Maple・Fingerboard: Pau ferro
Jumlah fret22
3

FenderNewporter Player

0970743009

Mulai dari Rp 7.000.000,00

ModelNewporter
JenisAkustik
MaterialBody: Mahogany・Neck: Mahogany・Fingerboard: Walnut
Jumlah fret20
2

Fender SquierContemporary Active Jazzmaster HH

0370335533

Mulai dari Rp 7.800.000,00

ModelJazzmaster
JenisElektrik
MaterialBody: Poplar・Neck: Roasted maple・Fingerboard: Indian laurel
Jumlah fret22
1

FenderPlayer Stratocaster HSS

0144522506

Mulai dari Rp 13.200.000,00

ModelStratocaster
JenisElektrik
MaterialBody: Alder・Neck: Maple・Fingerboard: Maple
Jumlah fret22

Baca juga rekomendasi gitar lainnya di sini

Selain gitar Fender, kami juga memberikan rekomendasi gitar lainnya untuk Anda. Mungkin Anda sedang mencari gitar mini, gitar akustik untuk pemula, atau merek gitar lainnya seperti Yamaha. Silakan baca melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Demikian ulasan kami tentang gitar Fender, cara-cara memilihnya, dan rekomendasi produk terbaik. Jadi, gitar Fender mana yang menjadi pilihan Anda? Perhatikan dengan cermat model, jenis, serta seri gitar sebelum memutuskan untuk membelinya. Jangan lupa pertimbangkan juga harganya sesuai dengan bujet dan target kemampuan bermain gitar Anda, ya. Selamat memilih gitar!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Microphone Terbaik Tipe Dynamic - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Microphone Terbaik Tipe Dynamic - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Mikrofon ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merek terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk yang tepat!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Mic Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mic Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Selain di tempat hiburan seperti studio musik, karaoke bisa dilakukan di rumah, bahkan saat melakukan perjalanan di dalam mobil. Supaya suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah mic karaoke. Nah, mic merek apa yang bagus untuk karaoke? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic yang bagus untuk karaoke, baik tipe wireless, Bluetooth, maupun kabel. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk mic karaoke terbaik yang dijual secara online, seperti Advance, Shure, dan Sony. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Terdapat beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Tergantung pada merek dan kualitasnya, harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal.Anda sedang mencari gitar listrik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih gitar listrik. Kami juga memberikan sederet produk rekomendasi. Jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum Anda membeli. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto.
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Gitar merupakan alat musik yang menarik untuk dipelajari. Suara merdunya dapat menjadi melodi utama sampai melodi pengisi dalam lagu. Di antara banyaknya merek gitar, Yamaha menjadi pilihan top of mind bagi konsumen. Gitar Yamaha original memiliki berbagai seri serta jenis gitar untuk kebutuhan Anda.Kami akan berbagi tips memilih gitar dari Yamaha, termasuk gitar akustik Yamaha terbaik. Simak juga daftar rekomendasi gitar Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Gitar Yamaha C315, Yamaha F310, dan Yamaha APX600 ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Condenser Microphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Condenser Microphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Condenser microphone adalah alat pengolah suara yang sering digunakan untuk rekaman studio ataupun live streaming. Produknya dapat menangkap suara dengan baik sehingga memberi audio output yang enak didengar. Namun, mikrofon tipe ini tersedia dalam beragam spesifikasi. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang bagus.Untuk itu, kali ini kami akan berbagi tips memilih condenser microphone terbaik. Kami juga akan merekomendasikan dan mengulas produk dari berbagai merek, seperti Maono, Audio-Technica dan Rode. Condenser Microphone BM 800 pun ada. Yuk, dilanjutkan membacanya!
    Musik
  • 10 Gitar Mini Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Mini Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Gitar mini memiliki senar 6 dan ukuran lebih compact sehingga lebih mudah dimainkan daripada gitar biasa. Sangat cocok digunakan oleh anak-anak atau wanita yang umumnya memiliki tangan berukuran kecil. Ada berbagai gitar mini akustik, elektrik, dan akustik elektrik dengan jumlah fret, ukuran neck, harga, dan desain berbeda.Gitar mini merek Yamaha, Fender, Cort, hingga Ibanez tersedia di pasaran. Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi gitar mini yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Selamat membaca!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori