mybest
Kamus

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Buku
  3. Buku akademik
  4. 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Prancis Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Prancis Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Prancis Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Prancis Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Prancis Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Prancis Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Kamus Bahasa Prancis Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Ingin jalan-jalan ke menara Eiffel atau melanjutkan studi ke Prancis? Setidaknya, Anda harus menguasai dasar-dasar bahasa Prancis terlebih dahulu. Meskipun sudah banyak aplikasi dan kamus online, kamus berbentuk buku masih relevan sebagai alat bantu belajar, lho! Terlebih, banyak penerbit yang meluncurkan kamus bahasa Prancis yang bagus dengan harga bersaing.

Di artikel ini, kami akan membahas keuntungan mempelajari bahasa Prancis, juga sertifikasi bahasa Prancis. Tak lupa, kami juga akan memberikan tips memilih dan rekomendasi kamus bahasa Prancis terbaik. Kamus terbitan Gramedia dan penerbit lainnya akan kami bahas juga. Yuk, disimak!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Mengapa Anda perlu belajar bahasa Prancis?

Di antara banyak pilihan bahasa asing, bahasa Prancis menjadi salah satu yang paling kami rekomendasikan untuk Anda pelajari. Tak hanya karena terdengar seksi, bahasa Prancis ternyata juga memiliki kelebihan yang patut Anda pertimbangkan. C'est la raison pour laquelle nous devons apprendre le Français. Artinya, berikut inilah alasan Anda harus belajar bahasa Prancis.

Bahasa Prancis adalah salah satu bahasa diplomatik dengan penutur terbanyak

Bahasa Prancis adalah salah satu bahasa diplomatik dengan penutur terbanyak

Bahasa Prancis adalah salah satu bahasa resmi PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa). Hal ini tak mengherankan karena penutur bahasa Prancis di dunia sangatlah banyak. Setidaknya, di dunia ini terdapat 50 negara yang menggunakan bahasa Prancis.


Beberapa negara yang menggunakan bahasa Prancis antara lain Belgia, Swiss, Aljazair, Vietnam, dan kota Quebec di Kanada. Oleh sebab itu, akan sangat menguntungkan jika Anda bisa berbahasa Prancis. Selain lebih mudah saat berwisata, peluang melebarkan sayap karir Anda juga akan makin besar!

Sertifikat keahlian bahasanya berlaku seumur hidup

Sertifikat keahlian bahasanya berlaku seumur hidup

Tiap bahasa pasti memiliki sertifikasi keahliannya. Jika bahasa Inggris memiliki TOEFL dan IELTS, bahasa prancis memiliki DELF dan DALF. Menariknya, sertifikasi bahasa Prancis tersebut diakui di 165 negara dan berlaku seumur hidup, lho!

DELF terdiri dari empat level, yaitu A1, A2, B1, dan B2. Sementara itu, terdapat dua level DALF, yaitu C1 dan C2. Perbedaan mendasar dari kedua sertifikasi tersebut adalah DALF lebih digunakan untuk penutur bahasa Prancis tingkat lanjut atau profesional. Jika Anda belajar bahasa Prancis untuk mencari beasiswa, setidaknya sertifikat DELF B2 harus Anda kantongi


Seperti tes kecakapan bahasa pada umumnya, DELF dan DALF juga menguji peserta dalam empat aspek, yaitu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Untuk jadwal pelaksanaannya, DELF-DALF dilaksanakan tiga kali dalam setahun. Maret, Juni, dan November adalah waktu pelaksanaan ujian DELF-DALF. Jadwal ini tentu dapat berubah sewaktu-waktu. Agar lebih jelas, Anda dapat melihat info resminya di sini.

Cara memilih kamus bahasa Prancis

Sebelum ke bagian rekomendasi produk, kami akan memberikan Anda tips memilih kamus bahasa Prancis. Dengan begitu, Anda jadi punya referensi ketika memilih kamus bahasa Prancis dan tidak salah pilih.

1

Ketahui macam-macam kamus bahasa Prancis

Ketahui macam-macam kamus bahasa Prancis

Berdasarkan kosakatanya, terdapat beberapa jenis kamus bahasa Perancis yang beredar di pasaran. Beberapa jenis tersebut dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Jika mau, Anda dapat memilih semuanya supaya lebih mantap. Perhatikan penjelasan berikut ini.


  • Kamus bahasa satu arah

Kamus bahasa satu arah menerjemahkan satu bahasa asal ke satu bahasa sasaran. Dalam satu buku kamus, Anda hanya akan menemukan terjemahan bahasa Prancis ke bahasa Indonesia saja atau sebaliknya. Kamus satu arah biasanya memiliki kosakata yang lebih lengkap dengan materi yang juga lebih mendalam.


  • Kamus bahasa dua arah

Kamus dua arah umumnya dibagi ke dalam dua bagian. Bagian pertama berisi terjemahan dari bahasa asal ke bahasa sasaran. Sementara itu, bagian kedua berisi sebaliknya. Dengan kata lain, bagian pertama berisi terjemahan bahasa Prancis ke bahasa Indonesia. Lalu, terjemahan bahasa Indonesia ke bahasa Prancis ada di bagian kedua kamus. Sayangnya, materi terjemahan kamus dua arah biasanya kurang mendalam.

2

Tentukan ukuran yang paling sesuai dengan kebutuhan

Kamus bahasa terbaik adalah kamus yang dibaca dan digunakan sesuai kebutuhan. Meski isinya lengkap, kamus akan jadi percuma jika Anda biarkan di rumah karena sulit dibawa-bawa atau terlalu berat. Oleh karena itu, ukuran kamus sangat perlu diperhatikan.

Kamus saku, cocok untuk pemula dan mudah dibawa ke mana saja

Kamus saku, cocok untuk pemula dan mudah dibawa ke mana saja

Kamus saku atau pocket adalah kamus berukuran kecil yang umumnya bisa Anda masukkan ke dalam kantong baju, celana, atau tas kecil. Ukurannya yang ringkas sangat membantu Anda saat bepergian ke daerah yang menggunakan bahasa Prancis. Isi kamus saku memang tidak terlalu lengkap, kosakatanya pun terbatas. Namun, kamus saku cukup praktis untuk mempelajari percakapan sehari-hari


Mungkin Anda menganggap membawa kamus saku saat jalan-jalan adalah hal kuno karena sudah ada internet dan aplikasi kamus digital. Namun, kamus saku akan membantu Anda saat smartphone Anda kehabisan baterai. Anda jadi punya kamus cadangan dan tidak tersesat di jalan. Kekurangan kamus saku adalah ukuran hurufnya kecil sehingga kurang bersahabat untuk Anda yang sudah berusia lanjut. 

Kamus besar, paling pas untuk persiapan tes DELF dan DALF

Kamus besar, paling pas untuk persiapan tes DELF dan DALF

Bisa dibilang kamus tipe ini adalah tipe klasik. Isinya lebih lengkap, mulai dari arti kata, persamaan kata, cara merangkai kalimat, cara pelafalannya, dan masih banyak lagi. Anda yang serius belajar bahasa Prancis sebaiknya memiliki kamus berukuran besar ini. Terutama jika Anda sedang mempersiapkan ujian DELF atau DALF, kamus besar akan sangat membantu.


Isi yang lengkap berbanding lurus dengan ukurannya yang besar. Sayangnya, hal tersebut juga menjadi kekurangan kamus ini. Ukurannya yang besar dan bobotnya yang berat membuatnya sulit dibawa ke mana-mana. Jika kamus saku sebaiknya dibawa saat bepergian, kamus besar lebih cocok untuk dibaca-baca di rumah saat sedang mendalami bahasa Prancis.

3

Pilih berdasarkan kelengkapan isi kamusnya

Pilih berdasarkan kelengkapan isi kamusnya

Saat belajar bahasa Prancis, khususnya bagi Anda yang pemula, tentu rasanya serba bingung dan sulit. Anda akan membutuhkan materi yang jelas dan mudah dipahami. Kebutuhan ini juga harus ada dalam sebuah kamus bahasa Prancis yang Anda pilih. Agar tak salah beli, pastikan Anda mengecek kelengkapan kamus berikut ini.


  • Simbol fonetik. Dalam ilmu linguistik, fonetik adalah bidang yang membahas tentang pengucapan/bunyi sebuah bahasa. Fonetik pada kamus diwujudkan dengan simbol-simbol tertentu yang menjadi panduan dalam memahami cara baca sebuah kata. Simbol ini tentu krusial adanya untuk menghindari kesalahan baca. Terlebih lagi, pengucapan kata bahasa Prancis sering berbeda dari tulisannya.

  • Kategori kata dan contoh kalimat. Pada kamus besar, kedua unsur ini hampir selalu ada. Namun, tak jarang juga kamus saku yang memilikinya. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memahami makna dan konteks dari sebuah kata.

  • Materi tambahan. Bagian ini biasanya terletak terpisah dari kumpulan kosakata. Materi tambahan memang tidak wajib dimiliki oleh setiap kamus. Namun, dengan adanya pelengkap ini akan menjadikan kegiatan belajar bahasa menjadi lebih efisien. Beberapa contoh materi tambahan yang sering ada pada kamus bahasa Prancis adalah daftar konjugasi dan percakapan sehari-hari.
4

Pertimbangkan asal kamus, penulis, dan penerjemahnya

Pertimbangkan asal kamus, penulis, dan penerjemahnya

Seperti buku pada umumnya, kamus juga berasal dari berbagai penerbit. Sering kali, faktor penerbit ini menjadi pertimbangan utama dalam memilih kamus. Padahal, sekarang banyak juga kamus berkualitas dari penerbit yang mungkin belum Anda kenal.


Untuk kamus bahasa Prancis, selain Gramedia, Anda dapat memilih kamus dari penerbit lokal lain, seperti Pustaka Widyatama atau Charissa PublisherSementara itu, untuk kamus impor, Anda dapat mempertimbangkan kamus dari Barron's Educational Series.


Selain penerbit, Anda juga perlu memperhatikan kualitas terjemahannya. Jika Anda membeli secara online, Anda dapat mencari ulasan atau pengalaman dari pengguna. Kualitas tersebut biasanya bergantung pada penulis dan penerjemah kamus. Dalam hal ini, latar belakang pendidikan mungkin berpengaruh, tetapi bukan segalanya. Pengalaman penulislah yang biasanya lebih menentukan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi produk kamus bahasa Prancis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kamus bahasa Prancis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Antonius William, S.Pd

New Pocket Kamus Prancis978–602–50100–4–0

Antonius William, S.Pd New Pocket Kamus Prancis 1

Rp70.000

Menengah

Salah satu kamus saku bahasa Prancis paling up to date!

2

Nora Endita, S.Spd

Kamus Kantong Perancis Superkomplet978-602-1659-29-8

Nora Endita, S.Spd Kamus Kantong Perancis Superkomplet 1

Rp55.000

Menengah

Kamus mini untuk belajar di mana pun dan kapan pun

3

Frank Lefort & Isna Fatmawati

Kamus Besar Bahasa Prancis978–602–0874–67–8

Frank Lefort & Isna Fatmawati Kamus Besar Bahasa Prancis 1

Rp120.000

Agak Mahal

Semua yang Anda cari tentang bahasa Prancis ada di sini

4

Marliza Arsiyana, S.Pd.

Kamus Pintar bahasa Perancis

Marliza Arsiyana, S.Pd. Kamus Pintar bahasa Perancis 1

Rp65.000

Menengah

Kamus praktis dengan materi yang sangat lengkap

5

Difara Uswatun K & Paryatun

Kamus 3 Bahasa Prancis Indonesia Inggris978–979–620–153–2

Difara Uswatun K & Paryatun Kamus 3 Bahasa Prancis Indonesia Inggris 1

Rp68.000

Menengah

Kuasai tiga bahasa sekaligus!

6

Stevany Merisa

Kamus Lengkap Prancis

Stevany Merisa Kamus Lengkap Prancis 1

Rp55.000

Menengah

Isinya cukup lengkap dengan ukuran yang nyaman di tangan

7

Farida Soemargono

Kamus Saku Perancis Indonesia979–22–0561–6

Farida Soemargono Kamus Saku Perancis Indonesia 1

Rp44.000

Agak Murah

Lengkap dan mudah dibawa-bawa!

8

Christopher Kendris, Ph.D. & Theodore N. Kendris, Ph.D.

French Vocabulary9780764119996

Christopher Kendris, Ph.D. & Theodore N. Kendris, Ph.D.  French Vocabulary 1

Rp135.000

Agak Mahal

Makin mahir bahasa Prancis dan Inggris hanya dengan satu kamus

9

M. Rizak Wanianse & Anatoly Fransisca, MA

Kamus Perancis Modern

M. Rizak Wanianse & Anatoly Fransisca, MA Kamus Perancis Modern 1

Rp23.000

Lebih Murah

Dilengkapi indeks, kamus ekonomis ini cocok untuk pelajar sekolah

10

Farida Soemargono & Winarsih Arifin

Kamus Perancis Indonesia9789795112860

Farida Soemargono & Winarsih Arifin Kamus Perancis Indonesia 1

Rp380.000

Lebih Mahal

Kosakata terlengkap dari kamus besar Prancis - Indonesia

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Antonius William, S.PdNew Pocket Kamus Prancis978–602–50100–4–0

New Pocket Kamus Prancis 1
Sumber: shopee.co.id
New Pocket Kamus Prancis 2
Sumber: shopee.co.id
New Pocket Kamus Prancis 3
Sumber: shopee.co.id
New Pocket Kamus Prancis 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp70.000
Menengah
Harga referensi
Rp70.000
Menengah

Salah satu kamus saku bahasa Prancis paling up to date!

Buku dari Antonius William, S.Pd. ini adalah salah satu kamus saku bahasa Prancis yang terbaru. Buku ini baru dicetak pada 2018 lalu sehingga kosakata di dalamnya masih fresh dan sesuai zamannya. Di dalam buku ini terdapat ribuan kosakata yang familier digunakan sehari-hari. Ukurannya yang kecil membuatnya bisa dibawa ke mana pun Anda pergi. Cocok untuk para traveller!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Nora Endita, S.SpdKamus Kantong Perancis Superkomplet978-602-1659-29-8

Harga referensi
Rp55.000
Menengah

Kamus mini untuk belajar di mana pun dan kapan pun

Bagi Anda yang bermobilitas tinggi, tetapi ingin selalu menyempatkan waktu untuk belajar bahasa Prancis, kamus saku ini jawabannya. Ukurannya yang sangat mini dapat masuk ke kantong Anda sehingga praktis dibawa bepergian. Meski begitu, kamus ini memiliki kosakata yang sudah sangat cukup untuk bahasa Prancis dasar. Selain itu, tambahan materinya juga tak kalah komplet dari kamus berukuran besar, lho.  

No.3

Frank Lefort & Isna FatmawatiKamus Besar Bahasa Prancis978–602–0874–67–8

Harga referensi
Rp120.000
Agak Mahal

Semua yang Anda cari tentang bahasa Prancis ada di sini

Kamus ini bisa dibilang salah satu buku sakti dalam belajar bahasa Prancis. Isinya sangat lengkap, mulai dari kosakata, cara pelafalan, hingga penggunaan kalimatnya. Anda bisa menerjemahkan dari bahasa Prancis ke Indonesia atau sebaliknya. Kamus ini akan sangat membantu Anda saat mengerjakan esai panjang berbahasa Prancis.

No.4

Marliza Arsiyana, S.Pd.Kamus Pintar bahasa Perancis

Harga referensi
Rp65.000
Menengah

Kamus praktis dengan materi yang sangat lengkap

Bagi Anda yang ingin lekas cakap berbahasa Prancis, kamus satu ini mungkin dapat dijadikan pilihan. Selain sudah terdapat terjemahan dua arah, kamus ini juga memiliki materi tambahan yang terbilang lengkap. Bukan hanya kosakata, Anda juga akan mendapatkan ilmu terkait diakritik, kategori kata, berbagai bentuk kalimat, hingga simulasi percakapan harian. Dengan begitu, Anda dijamin akan makin luwes saat praktik berbahasa Prancis.

No.5

Difara Uswatun K & ParyatunKamus 3 Bahasa Prancis Indonesia Inggris978–979–620–153–2

Harga referensi
Rp68.000
Menengah

Kuasai tiga bahasa sekaligus!

Untuk Anda yang punya ketertarikan lebih dalam mempelajari bahasa asing, buku ini wajib Anda miliki. Isinya tentang kosakata yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Setiap kata diterjemahkan dalam bahasa Inggris, Prancis, dan Indonesia. Anda jadi lebih cepat belajar dan bisa membandingkan perbedaan dari ketiga bahasa tersebut. Isinya disusun secara lengkap, praktis, dan terstruktur.

No.6

Stevany MerisaKamus Lengkap Prancis

Harga referensi
Rp55.000
Menengah

Isinya cukup lengkap dengan ukuran yang nyaman di tangan

Sesuai judulnya, isi kamus ini memang terbilang cukup lengkap. Anda tidak akan hanya mendapatkan ribuan kosakata, tetapi juga ulasan mengenai tata bahasa Prancis. Hal itu tentu akan membantu Anda yang baru mulai belajar bahasa Prancis. Selain itu, kamus ini sangat nyaman digenggam meski ukurannya termasuk besar. Jadi, belajar di mana saja tak akan menjadi masalah.

No.7

Farida SoemargonoKamus Saku Perancis Indonesia979–22–0561–6

Harga referensi
Rp44.000
Agak Murah

Lengkap dan mudah dibawa-bawa!

Kamus saku biasanya tidak begitu lengkap karena lebih mengutamakan kepraktisannya. Namun, Kamus Saku Perancis - Indonesia dari Farida Soemargono ini cukup lengkap. Isinya lebih dari 10 ribu kosakata dalam bahasa Prancis dan Indonesia. Ukurannya juga cukup ringkas, yakni 11 x 18 cm. Anda bisa membawanya saat sedang bepergian atau ke tempat les bahasa Prancis.

No.8

Christopher Kendris, Ph.D. & Theodore N. Kendris, Ph.D. French Vocabulary9780764119996

French Vocabulary 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp135.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp135.000
Agak Mahal

Makin mahir bahasa Prancis dan Inggris hanya dengan satu kamus

Kamus impor yang satu ini berisi lebih dari lima ribu kosakata dalam bahasa Prancis yang diterjemahkan ke bahasa Inggris. Untuk itu, pastikan dahulu Anda juga memahami bahasa Inggris jika ingin membelinya.


Kosakatanya dikelompokkan menjadi banyak kategori yang sangat relevan untuk kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah travelling, kata sapaan, transportasi, dan lain-lain. Buku ini sangat cocok untuk Anda yang berniat untuk tinggal di Prancis dalam waktu lama.

No.9

M. Rizak Wanianse & Anatoly Fransisca, MAKamus Perancis Modern

Kamus Perancis Modern 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp23.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp23.000
Lebih Murah

Dilengkapi indeks, kamus ekonomis ini cocok untuk pelajar sekolah

Kamus dua arah satu ini memiliki ukuran yang sangat pas untuk masuk ke tas ransel. Sampulnya yang soft juga membuat bobotnya lebih ringan. Oleh karena itu, bagi Anda yang masih bersekolah kami sarankan untuk memiliki kamus ini. Selain itu, kamus ini juga memiliki indeks huruf yang jelas. Hal itu akan memudahkan Anda menemukan kosakata yang diperlukan. 

No.10

Farida Soemargono & Winarsih ArifinKamus Perancis Indonesia9789795112860

Harga referensi
Rp380.000
Lebih Mahal

Kosakata terlengkap dari kamus besar Prancis - Indonesia

Kamus karya Farida Soemargono dan Winarsih Arifin ini paling sering direkomendasikan oleh para pengajar bahasa Prancis. Hal itu karena kamus ini memiliki isi yang komplet dengan keakuratan maksimal. Itulah mengapa kamus ini cocok bagi Anda yang serius belajar bahasa Prancis. Terlepas dari berat dan ukurannya yang besar, kamus ini siap menjawab segala kosakata Prancis yang membuat Anda bingung. 

Baca juga rekomendasi kamus bahasa lainnya di sini

Selain bahasa Prancis, ada juga kamus bahasa lainnya yang mungkin Anda butuhkan. Kami sudah pernah mengulas dan merekomendasikan kamus bahasa Indonesia, Jerman, Inggris, Mandarin, dan sebagainya. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Kesimpulan

Mempelajari bahasa Prancis mungkin awalnya sulit, tetapi lama-kelamaan Anda akan terbiasa. Ingatlah bahwa butuh proses setidaknya 6 bulan sampai 1 tahun agar Anda terbiasa berbicara, menulis, dan memahami kalimat dalam bahasa Prancis.


Ulasan cara memilih beserta rekomendasi kamus bahasa Prancis terbaik telah kami bagikan. Bagaimana menurut Anda? Apakah artikel ini membantu? Semoga setelah ini Anda dapat menemukan kamus bahasa Prancis yang tepat dan lekas menjadi ahli. Semangat!

5 Rekomendasi Kamus Bahasa Prancis terbaik

No. 1: Antonius William, S.PdNew Pocket Kamus Prancis978–602–50100–4–0

No. 2: Nora Endita, S.SpdKamus Kantong Perancis Superkomplet978-602-1659-29-8

No. 3: Frank Lefort & Isna FatmawatiKamus Besar Bahasa Prancis978–602–0874–67–8

No. 4: Marliza Arsiyana, S.Pd.Kamus Pintar bahasa Perancis

No. 5: Difara Uswatun K & ParyatunKamus 3 Bahasa Prancis Indonesia Inggris978–979–620–153–2

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Buku
  3. Buku akademik
  4. 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Prancis Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.