• 10 Merk Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merk Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merk Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merk Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merk Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merk Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2021)

Sunflower oil adalah minyak biji bunga matahari yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Ada sunflower oil yang bisa dipakai sebagai serum kulit dan ada pula sunflower oil khusus untuk memasak. Di artikel ini kami akan membahas tentang sunflower oil untuk memasak.


Kandungan lemak jenuh pada sunflower oil lebih rendah dibandingkan minyak kelapa. Itulah sebabnya sunflower oil sering dijadikan pilihan untuk diet. Jika Anda bingung memilihnya, berikut ini beberapa merk sunflower oil yang bagus untuk memasak. Temukan berbagai merk, mulai dari Tropicana Slim, Golden Bridge, sampai Borges!

  • Pembaharuan terakhir: 12 April 2021
Daftar isi

Manfaat sunflower oil untuk memasak

Manfaat sunflower oil untuk memasak

Sunflower oil mengandung lemak tak jenuh ganda untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menjaga saluran cerna. Selain itu, minyak ini juga mengandung vitamin E dan antioksidan seperti flavonoid serta asam fenolat.


Minyak ini lebih stabil dan memiliki titik asap yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk deep-fry. Bahkan, Anda bisa menggunakan sunflower oil sebagai pengganti mentega atau untuk dressing salad.


Menggunakan sunflower oil untuk memasak bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan strok. Karena tinggi kandungan antioksidan, minyak ini bermanfaat pula untuk meningkatkan imun tubuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Cara memilih sunflower oil untuk memasak

Supaya Anda mendapatkan sunflower oil yang baik untuk memasak, berikut ini kami akan berikan beberapa tips memilihnya. Gunakan panduan ini untuk mendapatkan produk sunflower oil terbaik yang sesuai kebutuhan Anda.

Pastikan bahan bakunya dari bunga matahari asli

Pastikan bahan bakunya dari bunga matahari asli

Sunflower oil yang baik adalah minyak yang diekstrak dari biji bunga matahari asli tanpa kandungan bahan lainnya. Dengan demikian, manfaat minyak tersebut bisa Anda dapatkan secara maksimal. Anda bisa membaca komposisi sunflower oil yang selalu tertera di kemasan produknya. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui pemrosesan dan pengembangan biji bunga matahari tersebut melalui situs resmi produknya.

Pilih minyak sesuai dengan kebutuhan

Sunflower oil bisa digunakan untuk deep-fry, menggoreng, serta menumis. Bahkan, tidak hanya untuk orang dewasa, minyak bunga matahari ini juga baik untuk anak-anak. Oleh karena itu, Anda bisa memilih sunflower oil sesuai dengan kebutuhan Anda.

Minyak bunga matahari untuk menggoreng

Minyak bunga matahari untuk menggoreng

Sunflower oil memiliki titik asap yang tinggi, yaitu berada pada suhu 232 derajat Celcius. Hal ini membuat sunflower oil cocok digunakan untuk menggoreng dan memanggang. Anda bisa menggunakan minyak ini sebagai pengganti margarin tanpa mengubah cita rasanya.


Jadi, untuk deep-fry yang membutuhkan minyak lebih banyak, pilihlah sunflower oil yang dikemas dalam botol besar. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena minyak ini aman berkat kandungan lemak tak jenuh ganda yang tinggi.

Minyak bunga matahari untuk diet

Minyak bunga matahari untuk diet

Lemak trans adalah sejenis lemak jenuh yang biasanya terdapat pada makanan hewani. Lemak trans buatan biasa ditambahkan pada minyak goreng untuk menambah cita rasa dan supaya minyak lebih awet. Namun, dalam penggunaan jangka panjang, lemak trans ini berbahaya bagi kesehatan tubuh.


Terlebih untuk Anda yang sedang diet, sebaiknya hindari minyak goreng kelapa karena kandungan lemak transnya yang tinggi. Sebaliknya, pilihlah sunflower oil untuk mendukung program diet Anda karena kandungan lemak transnya yang lebih rendah.

Minyak bunga matahari untuk MPASI

Minyak bunga matahari untuk MPASI

Supaya nutrisinya terpenuhi, bayi membutuhkan tambahan lemak dalam menu MPASI-nya. Pada bayi, lemak berperan untuk perkembangan otak dan jaringan saraf. Selain itu, lemak juga bermanfaat untuk menaikkan berat badan bayi sehingga menunjang tumbuh kembangnya.


Anda bisa menyiapkan MPASI dengan menumis menunya menggunakan minyak bunga matahari. Kandungan omega-3 dan omega-6 di dalam lemak tak jenuh ini sehat dan berperan untuk menjaga kesehatan bayi. Daya tahan tubuh bayi pun akan menjadi lebih kuat dan perkembangan ototnya optimal.

Perhatikan kandungan nutrisi di dalamnya

Perhatikan kandungan nutrisi di dalamnya

Meskipun sunflower oil menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan, Anda tetap harus memperhatikan kandungan nutrisi di dalamnya. Pasalnya, nutrisi dalam sunflower oil bergantung pada varietas biji bunga matahari.


Ada biji bunga matahari yang lebih tinggi asam oleatnya, tetapi ada pula yang lebih tinggi asam linoleatnya. Keduanya sama-sama jenis asam lemak esensial yang baik untuk tubuh. Namun, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.


Pilihlah sunflower oil tinggi asam linoleat atau omega-3 untuk menjaga kesehatan jantung dan mendukung perkembangan otak pada janin. Sementara itu, sunflower oil tinggi asam oleat atau omega-6 bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker dan menjaga kadar gula darah.

10 Rekomendasi sunflower oil terbaik untuk memasak

Ada berbagai merek sunflower oil yang dijual di Indonesia, baik lokal maupun impor. Berikut ini kami akan berikan sepuluh rekomendasi sunflower oil terbaik yang bisa Anda pakai. Semoga salah satunya adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10
Isi1 liter
NutrisiOmega-6, vitamin E
9
Isi450 ml, 900 ml, 1,5 liter, 3,5 liter
NutrisiOmega-6, omega-9, vitamin E
8
Isi1 liter
NutrisiLemak total
7
Isi1 liter, 2 liter
NutrisiTidak ada keterangan
6
Isi2 liter, 5 liter
NutrisiLemak total
5
Isi1 liter, 2 liter
Nilai giziTidak ada keterangan
4
Isi5 liter, 18 liter
Nilai giziOmega-3, omega-6, vitamin E
3
Isi1 liter, 2 liter
NutrisiLemak total
2
Isi946 ml
Nilai gizi1% omega-3, 36% omega-6, 30% vitamin E, 5% lemak jenuh, 14% lemak total
1

Borges Agricultural & Industrial Edible OilsSunflower Oil

Mulai dari Rp 65.000,00

Isi1 liter, 2 liter
NutrisiLemak total

Tabel perbandingan produk sunflower oil terbaik untuk memasak

Gambar produk
1
Borges Agricultural & Industrial Edible Oils Sunflower Oil 1

Borges Agricultural & Industrial Edible Oils

2
Nutrifood Tropicana Slim Minyak Sunflower 1

Nutrifood

3
Golden Bridge  Sunflower Oil 1

Golden Bridge

4
Bunge FarmOrigin Sunflower Oil 1

Bunge FarmOrigin

5
Sayınlar Turna Sunflower Oil 1

Sayınlar

6
Lily Flower Sunflower Oil 1

Lily Flower

7
Duogo Sunflower Oil 1

Duogo

8
Pietro Coricelli Sunflower Oil 1

Pietro Coricelli

9
ACH Food Mazola Sunflower Oil 1

ACH Food

10
Orilia Sunflower Oil 1

Orilia

Nama produk

Sunflower Oil

Tropicana Slim Minyak Sunflower

Sunflower Oil

Sunflower Oil

Turna Sunflower Oil

Sunflower Oil

Sunflower Oil

Sunflower Oil

Mazola Sunflower Oil

Sunflower Oil

Keunggulan

Minyak berkualitas yang mengantongi banyak sertifikasi dari badan keamanan makanan

Rasakan aroma kacang-kacangan untuk salad nikmat buatan Anda!

Dengan sifat antipiretik, atasi berbagai macam masalah kesehatan

Minyak sehat tepercaya sejak 1818

Minyak asal Turki dari 100% bunga matahari pilihan

Jadikan masakan lezat alami dengan cita rasa yang tidak berubah

Serbaguna untuk semua kebutuhan memasak Anda

Kualitas terjaga dengan kemasan botol kaca

Aromanya netral, tambahan lemak sehat yang pas untuk bayi

Kaya omega-3 dan vitamin E, pilihan sehat untuk memasak!

Harga mulai dariRp 65.000,00Rp 74.400,00Rp 51.000,00Rp 145.000,00Rp 38.000,00Rp 88.000,00Rp 81.300,00Rp 66.500,00Rp 47.000,00Rp 55.000,00
Isi1 liter, 2 liter946 ml1 liter, 2 liter5 liter, 18 liter1 liter, 2 liter2 liter, 5 liter1 liter, 2 liter1 liter450 ml, 900 ml, 1,5 liter, 3,5 liter1 liter
NutrisiLemak total1% omega-3, 36% omega-6, 30% vitamin E, 5% lemak jenuh, 14% lemak totalLemak totalOmega-3, omega-6, vitamin ETidak ada keteranganLemak totalTidak ada keteranganLemak totalOmega-6, omega-9, vitamin EOmega-6, vitamin E
Tautan produk

Perbedaan sunflower oil dan canola oil

Perbedaan sunflower oil dan canola oil

Jika dilihat dari kemasannya, kedua minyak ini mirip, padahal bahan bakunya berbeda. Sunflower oil dan canola oil sama-sama jenis minyak nabati. Sunflower oil berasal dari ekstrak biji bunga matahari, sedangkan canola oil diekstrak dari rapeseed.


Keduanya sama-sama minyak sehat yang mengandung rendah lemak jenuh dan tinggi lemak tak jenuh. Di dalam sunflower oil, kadar asam oleatnya berkisar 1440% dan asam linoleat berkisar 4874%. Sementara itu, canola oil memiliki kadar asam folat 61% dan asam linoleat 21%.


Perbedaan lainnya, sunflower oil memiliki titik asap tinggi, yaitu 232 derajat Celcius sehingga cocok untuk menggoreng atau deep-fry. Sementara itu, canola oil memiliki titik asap rendah, yaitu 204 derajat Celcius sehingga tidak bisa untuk menggoreng. Sebaliknya, Anda bisa menggunakan canola oil untuk dressing salad.

Baca juga rekomendasi produk minyak goreng lainnya di sini

Untuk memenuhi kebutuhan memasak, Anda mungkin tidak hanya membutuhkan sunflower oil saja, tetapi beberapa minyak lainnya. Kami telah mengulas rekomendasi minyak goreng, minyak kelapa, extra virgin olive oil, dan minyak alpukat. Semuanya bisa Anda pilih untuk menyajikan masakan yang lezat. Bacalah artikel di bawah ini dan temukan minyak terbaik untuk masakan keluarga Anda.

Baca juga rekomendasi produk sunflower oil untuk kecantikan di sini

Sunflower oil tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kecantikan kulit serta rambut. Bila Anda mencari sunflower oil khusus untuk kecantikan, kami telah membahasnya pada artikel berikut ini. 

Kesimpulan

Sunflower oil adalah minyak nabati yang patut dipertimbangkan demi menjaga kesehatan keluarga. Selain memperhatikan nilai gizi dan komposisi di dalamnya, Anda juga patut memperhatikan sertifikasi keamanan produknya, baik itu BPOM maupun Halal.


Selain itu, perhatikan juga kedaluwarsa produk yang selalu tertera di kemasan. Dengan demikian, Anda akan lebih tenang dalam menyiapkan masakan lezat bergizi untuk keluarga. Semoga ulasan kami ini bermanfaat. Selamat berkreasi dengan sunflower oil di dapur Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar bolu, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, salted butter dan unsalted butter.Kali ini kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Simak terus artikel ini dan temukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?   Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik yang dijual di pasaran. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Produk seperti kaldu non MSG Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda pasti sudah tidak asing dengan salah satu jenis gorengan ini, bukan? Bakwan dibuat dari campuran tepung terigu, sayuran, jagung, dan bumbu. Kini membuat bakwan tidaklah sulit berkat adanya tepung bakwan instan. Tepung bakwan ini sudah diracik dengan bumbu-bumbu lengkap, Anda hanya perlu menyiapkan bahan, kemudian bakwan siap digoreng.Kobe, Sasa, Mamasuka dan Sajiku adalah beberapa merek tepung bakwan yang populer. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih tepung bakwan untuk Anda. Rekomendasi produk terbaik dan tips membuat bakwan goreng juga akan kami bagikan. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori