mybest
Minyak

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024)

Sunflower oil adalah minyak biji bunga matahari yang memiliki banyak manfaat. Kandungan lemak jenuh pada sunflower oil ternyata lebih rendah dibandingkan minyak kelapa. Selain itu, smoking point-nya lebih tinggi dibandingkan minyak canola. Di artikel ini kami akan membahas minyak bunga matahari untuk menggoreng dan memanggang makanan.


Itulah sebabnya sunflower oil cocok untuk diet. Kami akan membagikan tips memilih serta merekomendasikan merek sunflower oil yang bagus untuk memasak. Ada Tropicana Slim, Golden Bridge, hingga Borges. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy. Selamat membaca!

Diperbaharui 14/07/2023
Mariska Tracy
Pakar
Home Cook, Influencer
Mariska Tracy

Mantan wartawan salah satu majalah remaja terbesar di Indonesia ini pernah menulis buku nonfiksi dan fiksi. Mariska juga pernah menjadi content writer di sebuah online travel agent. Setelah menikah, Mariska aktif memasak dan baking. Ia kerap berbagi resep masak dan baking di Instagram melalui foto dan video masak. Dari hobi tersebut, akhirnya Mariska aktif mengikuti aneka lomba fotografi makanan dan lomba memasak. Ia cukup sering pula meraih gelar juara. Mariska kemudian ikut MasterChef Indonesia dan berhasil menjadi finalis di MasterChef Indonesia season 7, hingga menduduki peringkat Top 10. Kini, Mariska aktif menjadi content creator di bidang memasak. Selain aktif berbagi resep, Mariska juga kerap me-review aneka jajanan, aneka produk memasak, cookware, dan aneka peralatan dapur.

Profil Mariska Tracy
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah sunflower oil menyehatkan?

Apakah sunflower oil menyehatkan?

Ya. Sunflower oil atau minyak bunga matahari menjadi salah satu pilihan tersehat pengganti minyak goreng sawit untuk memasak. Ketahuilah beberapa manfaat sunflower oil untuk kesehatan tubuh di bawah ini.


  • Sunflower oil mengandung lemak tak jenuh ganda untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menjaga saluran cerna. Selain itu, minyak ini juga mengandung vitamin E dan antioksidan seperti flavonoid serta asam fenolat.
  • Minyak ini lebih stabil dan memiliki titik asap yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk deep-fry. Bahkan, Anda bisa menggunakan sunflower oil sebagai pengganti mentega atau untuk dressing salad.
  • Menggunakan sunflower oil untuk memasak bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan strok.
  • Karena tinggi kandungan antioksidan, minyak biji bunga matahari bermanfaat pula untuk meningkatkan imun tubuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Ideal untuk diet. Namun, penggunaannya tetap harus memerhatikan asupan kalori supaya tidak berlebih. Diet juga akan optimal jika diimbangi dengan mengurangi makanan yang digoreng/berlemak tinggi.

Dengan berbagai manfaat dari kandungan di dalamnya, minyak bunga matahari terbukti menyehatkan bagi tubuh. Namun, ternyata sunflower oil tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kecantikan kulit serta rambut. Apabila Anda mencari sunflower oil khusus untuk kecantikan, kami telah membahasnya pada artikel berikut.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunflower oil untuk memasak

Supaya Anda mendapatkan sunflower oil yang baik untuk memasak, berikut ini kami akan berikan beberapa tips memilihnya. Gunakan panduan ini untuk mendapatkan produk sunflower oil terbaik yang sesuai kebutuhan Anda.

1

Pastikan bahan bakunya dari bunga matahari asli

Pastikan bahan bakunya dari bunga matahari asli

Sunflower oil yang baik adalah minyak yang diekstrak dari biji bunga matahari asli tanpa kandungan bahan lainnya. Dengan demikian, manfaat minyak tersebut bisa Anda dapatkan secara maksimal.


Biasanya, sunflower oil memiliki harga yang tinggi, sehingga jangan mudah tergiur dengan harga minyak yang murah. Anda bisa membaca komposisi sunflower oil yang selalu tertera di kemasan produknya. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui pemrosesan dan pengembangan biji bunga matahari tersebut melalui situs resmi produknya.

2

Ketahui berbagai kegunaan sunflower oil dan sesuaikan dengan kebutuhan

Sunflower oil bisa digunakan untuk deep-fry, menggoreng, serta menumis. Bahkan, tidak hanya untuk orang dewasa, minyak bunga matahari ini juga baik untuk anak-anak. Oleh karena itu, Anda bisa memilih sunflower oil sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk menggoreng: Titik asapnya tinggi sehingga lebih aman dan sehat

Untuk menggoreng: Titik asapnya tinggi sehingga lebih aman dan sehat

Sunflower oil memiliki titik asap yang tinggi pada suhu 232 derajat Celcius. Hal ini membuat sunflower oil cocok digunakan untuk menggoreng dan memanggang. Aromanya juga netral sehingga tidak mengubah rasa makanan. 


Anda bisa menggunakan minyak ini sebagai pengganti margarin tanpa mengubah cita rasanya. Jadi, untuk deep-fry yang membutuhkan minyak lebih banyak, pilihlah sunflower oil yang dikemas dalam botol besar. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena minyak ini aman berkat kandungan lemak tak jenuh ganda yang tinggi.

Untuk diet: Lebih sehat berkat kandungan lemak trans yang rendah

Untuk diet: Lebih sehat berkat kandungan lemak trans yang rendah

Lemak trans adalah sejenis lemak jenuh yang biasanya terdapat pada makanan hewani. Lemak trans buatan biasa ditambahkan pada minyak goreng untuk menambah cita rasa dan supaya minyak lebih awet. Namun, dalam penggunaan jangka panjang, lemak trans ini berbahaya bagi kesehatan tubuh.


Jika Anda sedang diet, sebaiknya hindari minyak goreng dengan kandungan lemak trans yang tinggi, contohnya minyak kelapa. Karena itu, pilihlah sunflower oil yang kandungan lemak transnya lebih rendah untuk mendukung program diet Anda.

Untuk MPASI: Tinggi kandungan omega-3 dan omega-6 untuk kesehatan bayi

Untuk MPASI: Tinggi kandungan omega-3 dan omega-6 untuk kesehatan bayi

Supaya nutrisinya terpenuhi, bayi membutuhkan tambahan lemak dalam menu MPASI-nya. Selain minyak zaitun, sunflower oil juga bisa dijadikan sebagai bahan MPASI.


Pada bayi, lemak berperan untuk perkembangan otak dan jaringan saraf. Selain itu, lemak juga bermanfaat untuk menaikkan berat badan bayi sehingga menunjang tumbuh kembangnya.


Anda bisa menyiapkan MPASI dengan menumis menunya menggunakan minyak bunga matahari. Kandungan omega-3 dan omega-6 di dalam lemak tak jenuh ini sehat dan berperan untuk menjaga kesehatan bayi. Daya tahan tubuh bayi pun akan menjadi lebih kuat dan perkembangan ototnya optimal.

3

Perhatikan kandungan nutrisi di dalamnya

Perhatikan kandungan nutrisi di dalamnya

Meskipun sunflower oil menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan, Anda tetap harus memperhatikan kandungan nutrisi di dalamnya. Pasalnya, nutrisi dalam sunflower oil bergantung pada varietas biji bunga matahari.


Anda perlu menyesuaikan nutrisinya dengan kebutuhan Anda. Ada biji bunga matahari yang lebih tinggi asam oleatnya, tetapi ada pula yang lebih tinggi asam linoleatnya. Keduanya sama-sama jenis asam lemak esensial yang baik untuk tubuh. Namun, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.


  • Sunflower oil yang tinggi asam linoleat atau omega-3 dapat menjaga kesehatan jantung dan mendukung perkembangan otak pada janin.

  • Sunflower oil yang tinggi asam oleat atau omega-6 bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker dan menjaga kadar gula darah.
4

Cek negara asal produk minyak bunga matahari

Cek negara asal produk minyak bunga matahari

Anda juga dapat memilih sunflower oil berdasarkan negara asalnya. Produk dari negara penghasil minyak bunga matahari terbesar tentunya memiliki kualitas yang sangat tepercaya. Negara seperti Ukraina merupakan produsen minyak bunga matahari terbesar di dunia dengan produksi hingga 4 juta ton per tahun. Sementara itu, Rusia berada di urutan kedua sebagai negara penghasil terbesar. 


Dilansir dari situs Bisnis Indonesia, Turki juga telah menjadi pengekspor minyak bunga matahari terbanyak sejak tahun 2015–2020. Saat ini Anda juga bisa menemukan cukup banyak produk minyak bunga matahari asal Malaysia di e-commerce.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi sunflower oil terbaik untuk memasak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunflower oil terbaik untuk memasak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mariska Tracy.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Nutrifood

Tropicana Slim Sunflower Oil

Nutrifood Tropicana Slim Sunflower Oil 1

Rp102.000

Menengah

Rasakan aroma kacang-kacangan untuk salad nikmat buatan Anda!

2

Borges

Sunflower Refined Oil

Borges Sunflower Refined Oil 1

Rp65.000

Menengah

Minyak bunga matahari yang mengantongi banyak sertifikasi dari badan keamanan makanan

3

Lily Flower

Sunflower Oil

Lily Flower Sunflower Oil 1

Rp88.000

Menengah

Jadikan masakan lezat alami dengan cita rasa yang tidak berubah

4

ACH Food

Mazola Sunflower Oil

ACH Food Mazola Sunflower Oil 1

Rp50.850

Agak Murah

Aromanya netral, tambahan lemak sehat yang pas untuk bayi

5

Orilia

Sunflower Oil

Orilia Sunflower Oil 1

Rp52.000

Agak Murah

Pilihan sehat dan ekonomis untuk memasak sehari-hari

6

Golden Bridge

Sunflower Oil

Golden Bridge  Sunflower Oil 1

Rp121.000

Agak Mahal

Dengan sifat antipiretik, atasi berbagai macam masalah kesehatan

7

Pietro Coricelli

Sunflower Oil

Pietro Coricelli Sunflower Oil 1

Rp66.500

Menengah

Kualitas terjaga dengan kemasan botol kaca

8

Bunge

FarmOrigin Sunflower Oil

Bunge FarmOrigin Sunflower Oil 1

Rp270.000

Lebih Mahal

Minyak sehat tepercaya sejak 1818, ada ukuran jerigen 18 liter!

9

Dyanas

Sunflower Cooking Oil

Dyanas Sunflower Cooking Oil 1

Rp45.700

Agak Murah

Hasilkan rasa panggangan roti yang lezat

10

Naturel

Premium Blend Canola & Sunflower Cooking Oil

Naturel Premium Blend Canola & Sunflower Cooking Oil 1

Rp165.000

Agak Mahal

Kombinasi kebaikan dari sunflower oil dan canola oil, sangat tinggi lemak baik!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

NutrifoodTropicana Slim Sunflower Oil

Tropicana Slim Sunflower Oil 1
Sumber: tropicanaslim.com
Harga referensi
Rp102.000
Menengah
Harga referensi
Rp102.000
Menengah

Rasakan aroma kacang-kacangan untuk salad nikmat buatan Anda!

Sajikan salad yang lezat dengan dressing minyak bunga matahari dari Tropicana Slim. Minyak ini akan memberikan aroma kacang-kacangan yang nikmat untuk campuran salad sayur Anda. Meskipun disimpan dalam kulkas selama dua hari, minyak biji bunga matahari ini tidak akan membeku. Sediakan saja minyak ini di rumah dan gunakan sewaktu-waktu saat Anda ingin menyajikan salad yang lezat.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

BorgesSunflower Refined Oil

Harga referensi
Rp65.000
Menengah

Minyak bunga matahari yang mengantongi banyak sertifikasi dari badan keamanan makanan

Anda mencari sunflower oil yang teruji dan terjamin aman? Produk inilah jawabannya. Sunflower oil dari Borges telah mengantongi banyak sertifikasi, seperti ISO, USDA Organic, FSSC 22000, IFS Food, BRC Food Safety, dan lain-lain. 


Walau berasal dari Spanyol, Borges juga telah mengantongi sertifikasi Halal. Berbagai sertifikasi ini menunjukkan bahwa produk ini terjamin mutunya. Anda pun bisa menggunakannya dengan aman dan nyaman.

No.3

Lily FlowerSunflower Oil

Harga referensi
Rp88.000
Menengah

Jadikan masakan lezat alami dengan cita rasa yang tidak berubah

Lily Flower memiliki banyak varian minyak goreng yang populer di e-commerce, terutama minyak bunga mataharinya. Tidak perlu khawatir cita rasa masakan berubah jika menggunakan minyak biji bunga matahari ini. Kualitas minyak ini terjaga alami karena minyak diproses secara higienis. Masakan Anda pun akan lezat dan akan selalu menjadi favorit keluarga.

No.4

ACH FoodMazola Sunflower Oil

Harga referensi
Rp50.850
Agak Murah

Aromanya netral, tambahan lemak sehat yang pas untuk bayi

Apabila Anda ingin menaikkan berat badan bayi dengan menu MPASI sehat, sunflower oil Mazola bisa dicoba. Minyak biji bunga matahari ini bisa menjadi lemak tambahan yang sehat dan baik untuk menambah kalori makanan. 


Selain itu, minyak ini menghasilkan rasa gurih alami pada makanan dan dapat membantu melancarkan pencernaan. Gunakanlah minyak ini untuk menggoreng atau menumis menu MPASI karena aromanya yang netral dan tidak menyengat.

No.5

OriliaSunflower Oil

Harga referensi
Rp52.000
Agak Murah

Pilihan sehat dan ekonomis untuk memasak sehari-hari

Minyak biji bunga matahari yang satu ini memiliki kandungan vitamin E dan omega-3 yang tinggi. Karena itu, sunflower oil Orilia patut dipertimbangkan untuk Anda yang ingin menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit kardiovaskular. Selain itu, minyak biji bunga matahari ini juga memiliki harga yang tergolong ekonomis di pasaran.

No.6

Golden Bridge Sunflower Oil

Harga referensi
Rp121.000
Agak Mahal

Dengan sifat antipiretik, atasi berbagai macam masalah kesehatan

Sunflower oil ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan strok saja. Anda bisa menggunakannya untuk menyamarkan bekas luka, mencerahkan kulit, pengobatan penyakit paru kronis, dan infeksi saluran kemih.


Seperti yang ditawarkan oleh produk satu ini, minyak biji bunga matahari memiliki sifat antipiretik atau antinyeri dan antidemam. Bagi Anda yang mencari minyak untuk mengatasi semua permasalahan kesehatan dan kecantikan, produk ini kami rekomendasikan.

No.7

Pietro CoricelliSunflower Oil

Harga referensi
Rp66.500
Menengah

Kualitas terjaga dengan kemasan botol kaca

Minyak goreng sebaiknya disimpan dalam botol kaca supaya lebih awet dan terjaga kualitasnya. Ketimbang repot-repot memindahkan sunflower oil Anda ke dalam botol kaca, mengapa tidak menggunakan produk ini saja?


Minyak biji bunga matahari asal Italia ini diwadahi dalam botol kaca yang tebal. Karena itu, meskipun disimpan lama, minyak tetap awet dan tidak terkontaminasi dengan bahan plastik yang mudah memuai.

No.8

BungeFarmOrigin Sunflower Oil

Harga referensi
Rp270.000
Lebih Mahal

Minyak sehat tepercaya sejak 1818, ada ukuran jerigen 18 liter!

Pilihlah minyak yang sudah terjamin kualitasnya sejak lama seperti produk ini. FarmOrigin yang berasal dari Ukraina dan Rusia ini berdiri sejak 1818 dan sudah memproduksi berbagai jenis minyak nabati. Bahkan, Asosiasi Chef Singapura sudah membuktikan bahwa minyak ini bisa membuat masakan tetap lezat, wangi, dan teksturnya tidak berubah. 


Anda tidak perlu ragu lagi untuk menjadikan sunflower oil ini sebagai minyak pilihan keluarga. Selain itu, FarmOrigin menyediakan ukuran 5 liter hingga 18 liter untuk kebutuhan memasak dalam jumlah besar.

No.9

DyanasSunflower Cooking Oil

Harga referensi
Rp45.700
Agak Murah

Hasilkan rasa panggangan roti yang lezat

Memiliki satu botol minyak untuk semua kebutuhan memasak tentunya akan lebih praktis. Untuk itu, miliki saja sunflower oil dari Dyanas yang bisa digunakan untuk dressing, menumis, marinasi, sekaligus memanggang roti. 


Minyak goreng Dyanas memiliki rasa yang lebih ringan dan sedikit manis karena terdapat tambahan gula. Hasil panggangan roti Anda akan terasa lezat seperti diolesi oleh margarin.

No.10

NaturelPremium Blend Canola & Sunflower Cooking Oil

Harga referensi
Rp165.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp165.000
Agak Mahal

Kombinasi kebaikan dari sunflower oil dan canola oil, sangat tinggi lemak baik!

Produk ini cocok untuk Anda yang ingin mencoba variasi minyak masak. Minyak goreng Naturel merupakan perpaduan dari minyak canola dan minyak bunga matahari. Minyak canola memiliki kadar lemak jenuh yang rendah sebanyak 7% sehingga baik untuk kesehatan tubuh. 


Ditambah dengan minyak bunga matahari, Naturel Premium Blend menjadi kaya akan MUFA atau monounsaturated fat acids. Jenis lemak baik ini sangat bagus dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol. Anda bisa menggunakan Naturel Premium Blend untuk menggoreng dan memanggang.

Apa perbedaan sunflower oil dan canola oil?

Apa perbedaan sunflower oil dan canola oil?

Jika dilihat dari kemasannya, kedua minyak ini mirip, padahal bahan bakunya berbeda. 


  • Sunflower oil dan canola oil sama-sama jenis minyak nabati. Sunflower oil berasal dari ekstrak biji bunga matahari, sedangkan canola oil diekstrak dari biji tanaman canola (Brassica napus). Nama canola merupakan singkatan dari Canada Oil, sebagai negara produsen utamanya.

  • Keduanya sama-sama minyak sehat yang mengandung rendah lemak jenuh dan tinggi lemak tak jenuh. Di dalam sunflower oil, kadar asam oleatnya berkisar 1440% dan asam linoleat berkisar 4874%. Sementara itu, canola oil memiliki kadar asam folat 61% dan asam linoleat 21%.

  • Perbedaan lainnya adalah sunflower oil memiliki titik asap tinggi hingga 232 ° C, sedangkan canola oil memiliki titik asap rendah sekitar 204 ° C. Sunflower oil lebih cocok untuk menggoreng atau deep-fry. Sebaliknya, canola tidak ideal untuk memasak di suhu tinggi, seperti menggoreng atau membakar. Anda bisa menggunakan canola oil untuk dressing salad.

Baca juga rekomendasi minyak lainnya untuk memasak di sini

Untuk memenuhi kebutuhan memasak, Anda mungkin tidak hanya membutuhkan sunflower oil saja, tetapi beberapa minyak lainnya. Kami telah mengulas rekomendasi minyak wijen, extra virgin olive oil, dan minyak alpukat. Semuanya bisa Anda pilih untuk menyajikan masakan yang sehat dan lezat. Bacalah artikel di bawah ini dan temukan minyak terbaik untuk masakan keluarga Anda.

Kesimpulan

Sunflower oil adalah minyak nabati yang patut dipertimbangkan demi menjaga kesehatan keluarga. Selain memperhatikan nilai gizi dan komposisi di dalamnya, Anda juga patut memperhatikan sertifikasi keamanan produknya, baik itu BPOM maupun Halal.


Selain itu, perhatikan juga kedaluwarsa produk yang selalu tertera di kemasan. Dengan demikian, Anda akan lebih tenang dalam menyiapkan masakan lezat bergizi untuk keluarga. Semoga ulasan kami ini bermanfaat. Selamat berkreasi dengan sunflower oil di dapur Anda!

5 Rekomendasi Sunflower Oil terbaik

No. 1: NutrifoodTropicana Slim Sunflower Oil

No. 2: BorgesSunflower Refined Oil

No. 3: Lily FlowerSunflower Oil

No. 4: ACH FoodMazola Sunflower Oil

No. 5: OriliaSunflower Oil

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.