mybest
Obat-obatan lainnya

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Obat-obatan
  4. 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2024)

Selain membuat tidak nyaman, kotoran telinga yang menumpuk juga berisiko memicu terjadinya infeksi. Karena itu, telinga perlu dibersihkan secara rutin, salah satunya memakai cairan pembersih telinga. Anda perlu memilih produk yang aman supaya tidak muncul komplikasi akibat pembersihan yang keliru.


Di antara merek cairan pembersih telinga, seperti Debrox, Vital Ear Oil, serta Audisol, manakah yang sebaiknya dipilih? Untuk memudahkan Anda menemukan cairan pembersih telinga yang bagus, kami telah menyiapkan tips memilih dan rekomendasi produknya. Kami berkolaborasi dengan dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus Purba, dalam penulisan artikel ini.  Selamat menyimak!

Diperbaharui 14/07/2023
dr. Agustinus Purba
Pakar
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

dr. Agustinus adalah dokter spesialis telinga hidung tenggorok kepala leher lulusan Universitas Sumatera Utara tahun 2018. Beliau berpengalaman menangani sinusitis, rinitis alergi, polip hidung, tonsilitis, snoring, serumen prop, dan sebagainya. Saat ini beliau berpraktik pribadi di THT BEATRIX Medan dan RS Siloam Dhirga Surya Medan. Beliau memiliki prestasi sebagai runner-up Photo Competition International Sound Hearing 2019 Bali. Beliau juga menjadi juara tiga di Video Tiktok Competition Kongres Nasional PERHATI-KL 2020.

Profil dr. Agustinus Purba
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu cairan pembersih telinga?

Apa itu cairan pembersih telinga?

Di dalam saluran telinga, biasanya terdapat earwax atau serumen yang teksturnya menyerupai lilin. Anda mungkin lebih mengenal zat yang satu ini sebagai kotoran telinga. Zat ini sebetulnya terbentuk dari kulit mati serta sebum yang dikeluarkan oleh kelenjar sebaceous di telinga. Manfaat kotoran telinga, yaitu:

  • Melindungi kulit di saluran telinga
  • Memberikan lubrikasi
  • Melindungi telinga dari masuknya air

Namun, kotoran telinga dapat menumpuk dan menutup saluran telinga sehingga berpotensi menekan gendang telinga. Jika sudah demikian, fungsi pendengaran dapat terganggu.


Cairan pembersih telinga merupakan produk obat yang dapat digunakan untuk mengatasi penumpukan kotoran telinga. Bahan obat ini umumnya melepaskan oksigen yang berubah menjadi busa saat bersentuhan dengan kulit.


Busa tersebut akan menjadikan kotoran telinga lebih lembek dan membantu mengeluarkannya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua ear drop berisi bahan untuk membersihkan telinga.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Cairan pembersih telinga adalah cairan untuk membawa kotoran telinga keluar dari liang telinga. Di samping itu, cairan pembersih telinga juga melunakkan kotoran telinga baik yang keras maupun lengket yang menumpuk di liang telinga.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cairan pembersih telinga

Kebanyakan cairan pembersih telinga berbentuk obat tetes. Namun, tidak semua obat tetes telinga merupakan cairan pembersih telinga. Agar Anda lebih mudah menemukan produk yang tepat, beberapa poin di bawah ini dapat menjadi pertimbangan.

1

Pilih berdasarkan bentuk produk

Di pasaran Anda akan menemukan cairan pembersih telinga berbentuk spray dan drops. Ketahui karakteristik masing-masing untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bentuk spray, opsi yang lebih aman dari cotton bud

Bentuk spray, opsi yang lebih aman dari cotton bud

Salah satu bentuk cairan pembersih telinga yang dapat Anda pilih adalah spray. Umumnya, bentuk spray tidak mengandung bahan aktif, tetapi didesain sedemikian rupa sehingga efektif membersihkan kotoran telinga. Karena tidak ada kandungan bahan aktif, bentuk spray relatif aman untuk anak-anak.


Selain itu, bentuk ini juga merupakan pilihan yang lebih aman dibandingkan memakai cotton bud. Sayangnya, produk cairan pembersih telinga dalam bentuk spray masih sulit ditemukan di marketplace.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Bentuk spray adalah model kemasan yang jarang ditemukan di Indonesia. Namun, bila tersedia, model ini disarankan untuk digunakan pada kotoran telinga penuh menutupi gendang telinga.


Namun, gendang telinga yang tidak tertutup oleh kotoran akan terkena beberapa risiko jika cairan spray mengenai gendang telinga. Cairan spray bisa mengiritasi hingga melukai dan menyebabkan gendang telinga luka, telinga rasa berdenging, dan tidak nyaman.

Bentuk drops, efektif dengan kandungan bahan aktif

Bentuk drops, efektif dengan kandungan bahan aktif

Selanjutnya, Anda juga akan menemukan cairan pembersih telinga berbentuk tetes atau lebih umum disebut obat tetes telinga. Walaupun begitu, istilah obat tetes telinga terbilang terlalu umum sebab mencakup obat telinga selain cairan pembersih.


Berbeda dengan bentuk spray, cairan pembersih telinga berbentuk drops biasanya mengandung bahan aktif tertentu. Berkat kandungan bahan aktif tersebut, proses pembersihan bisa lebih efektif. Akan tetapi, Anda perlu mengamati dengan saksama kesesuaian bahan aktif, kontraindikasi, serta kesesuaian usia pengguna.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Salah satu bahan aktif yang digunakan untuk membersihkan kotoran telinga adalah H202 (hidrogen peroksida) 3%. Bahan ini sifatnya cukup kuat untuk memaksa kotoran keluar. Namun, penggunaannya pada telinga sensitif dapat menyebabkan iritasi pada kulit liang telinga.


Bahan lain yaitu natrium docusate. Bahan ini lebih aman untuk telinga sensitif dan risiko mengiritasi liang telinga lebih kecil. Ada juga boric acid solution yang berfungsi melunakkan kotoran lengket. Bahan ini juga aman dan tidak mengiritasi telinga bagian dalam.

2

Temukan produk dengan bahan aktif yang tepat

Temukan produk dengan bahan aktif yang tepat

Adapun bahan aktif yang terkandung di dalam cairan pembersih telinga cukup beragam. Beberapa bahan yang umum dan relatif aman, antara lain:

  • Hidrogen peroksida
  • Fenol gliserol
  • Natrium docusate

Ada pula produk yang menggunakan bahan lain seperti oleum menthol dan paraffin liquid. Produk dengan bahan aktif tersebut memiliki logo lingkaran bulat berwarna hijau pada kemasannya. Dengan kata lain, produk termasuk ke dalam obat yang bisa Anda beli secara bebas.


Sebaiknya Anda tidak memakai obat tetes yang mengandung antibiotik untuk membersihkan telinga. Bila Anda kesulitan mengidentifikasi bahan aktif berupa antibiotik, lihat saja logo pada kemasan.


Umumnya, obat yang mengandung antibiotik ditandai dengan logo huruf "K" di atas lingkaran berwarna merah. Logo tersebut menjelaskan bahwa Anda tidak dapat membelinya tanpa resep dari dokter.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Sesuaikan obat tetes yang digunakan dengan model, letak, tekstur, serta volume kotoran telinga. Pilih juga yang mengandung bahan yang aman untuk telinga sensitif, misalnya pada bayi/anak atau pada telinga orang dewasa yang sensitif.

3

Perhatikan kontraindikasi dari produk

Perhatikan kontraindikasi dari produk

Secara sederhana, kontraindikasi didefinisikan sebagai suatu kondisi yang tidak diperbolehkan untuk menggunakan obat tertentu. Misalnya, terdapat cairan pembersih telinga yang tidak boleh digunakan oleh seseorang yang mengalami pembengkakan telinga.


Ada pula produk yang tidak diperuntukkan bagi seseorang dengan keluhan kebocoran gendang telinga. Menimbang hal tersebut, kontraindikasi merupakan hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli cairan pembersih telinga.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Beberapa obat tetes telinga mempunyai durasi atau batas waktu penggunaan. Pemakaian terlalu lama berisiko mengiritasi liang dan gendang telinga. Jumlah tetesan yang digunakan juga sebaiknya mengikuti anjuran dokter.


Bila berlebihan, cairan akan merembes ke luar liang telinga dan mengenai mata. Bila hal ini terjadi, segera alirkan air minum ke mata untuk membersihkan sisa cairan tetes telinga.


Apabila telinga nyeri saat menggunakan obat tetes, segera stop, buang cairan dari telinga, dan laporkan pada dokter yang meresepkan. Anda juga bisa langsung periksakan diri ke dokter spesialis THT.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi cairan pembersih telinga

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cairan pembersih telinga yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller.
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin

Otosan Spray

 Otosan Spray 1

Rp250.000

Agak Mahal

Miliki telinga yang lebih bersih dan sehat

Thornton & Ross

Cerumol Ear Drops

Thornton & Ross Cerumol Ear Drops 1

Rp240.000

Agak Mahal

Dual action formula untuk membersihkan saluran telinga

Squip

NeilMed Kyrosol All-Natural Earwax Removal Aid

Squip NeilMed Kyrosol All-Natural Earwax Removal Aid 1

Rp250.000

Agak Mahal

Solusi untuk kotoran telinga yang keras dan menumpuk

Lucas Djaja

Phenol Glycerol 10%

Lucas Djaja  Phenol Glycerol 10%  1

Rp4.850

Lebih Murah

Membersihkan telinga tanpa menimbulkan iritasi

Medikon Prima Laboratories

Vital Ear Oil

Medikon Prima Laboratories  Vital Ear Oil  1

Rp15.500

Agak Murah

Membersihkan sekaligus mencegah risiko infeksi pada telinga

Prestige Consumer Healthcare

Debrox Earwax Removal Kit

Prestige Consumer Healthcare  Debrox Earwax Removal Kit  1

Rp279.000

Agak Mahal

Cara mudah membersihkan telinga di rumah

Sandai Farma

Santadex

Sandai Farma  Santadex 1

Rp14.500

Agak Murah

Tak hanya membersihkan ear wax, penyebab infeksi pun turut teratasi

Noru Pharma

Audisol Ear Cleansing Spray

Noru Pharma  Audisol Ear Cleansing Spray  1

Rp350.000

Agak Mahal

Bersihkan telinga dengan semprotan yang lembut

Sanbe Farma

Forumen

Sanbe Farma Forumen 1

Rp32.069

Agak Murah

Telinga terasa lega dan bersih berkat kandungan natrium docusate

Naveh Pharma

Audiclean Ear Wax Remover

Naveh Pharma Audiclean Ear Wax Remover 1

Rp225.000

Agak Mahal

Cairan pembersih telinga yang aman untuk bayi dan anak-anak

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

Otosan Spray

Otosan Spray 1
Sumber: shopee.co.id
Otosan Spray 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp250.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp250.000
Agak Mahal

Miliki telinga yang lebih bersih dan sehat

Khusus bagi Anda yang sedang mencari cairan pembersih telinga untuk pemakaian harian, produk ini dapat Anda pertimbangkan. Alasannya, produk ini berasal dari bahan alami, seperti jintan hitam dan minyak zaitun. Dengan begitu, produk ini relatif aman Anda gunakan secara rutin dalam keseharian.


Jika telinga sudah bersih, tetap gunakan produk ini secara teratur untuk mencegah kotoran menumpuk kembali di saluran telinga. Jadi, Anda akan memiliki telinga yang sehat dan terhindar dari gangguan telinga akibat menumpuknya kotoran.

Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

Thornton & RossCerumol Ear Drops

Cerumol Ear Drops 1
Sumber: shopee.co.id
Cerumol Ear Drops 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp240.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp240.000
Agak Mahal

Dual action formula untuk membersihkan saluran telinga

Kami merekomendasikan produk ini bagi Anda yang mau membersihkan telinga tanpa harus repot mengorek kotoran telinga. Cukup dengan menggunakan beberapa tetes produk ini, kotoran telinga akan terlepas dengan sendirinya keesokan hari. Hal tersebut bisa terjadi karena produk ini memiliki dual action formula yang dapat melunakkan kotoran sekaligus membersihkan saluran telinga. Praktis!

SquipNeilMed Kyrosol All-Natural Earwax Removal Aid

Harga referensi
Rp250.000
Agak Mahal

Solusi untuk kotoran telinga yang keras dan menumpuk

Ear wax yang menumpuk di saluran telinga terdiri dari jenis yang lembap dan kering. Jenis kotoran telinga yang kering biasanya cenderung menjadi keras dan menempel di saluran telinga. Akibatnya, kotoran tersebut sulit sekali dikeluarkan.


Jika Anda mengalaminya, atasilah masalah tersebut dengan produk yang satu ini. Cairan pembersih telinga ini akan membantu melunakkan kotoran telinga yang keras. Tidak hanya itu, produk ini dilengkapi alat untuk membilas saluran telinga sehingga kotoran dapat dikeluarkan dengan mudah.

Lucas Djaja Phenol Glycerol 10%

Harga referensi
Rp4.850
Lebih Murah

Membersihkan telinga tanpa menimbulkan iritasi

Apabila kulit Anda mudah mengalami kemerahan atau iritasi, kemungkinan kulit di saluran telinga pun demikian. Karena itu, saat akan membersihkan telinga dengan tetes telinga, Anda perlu mencari produk yang minim risiko iritasi.


Phenol Glycerol 10% merupakan rekomendasi pembersih telinga yang bisa Anda pilih tanpa khawatir akan timbulnya iritasi. Dengan sifat antiseptik dan emolien yang dimilikinya, telinga Anda justru akan terlindungi dari timbulnya infeksi dan iritasi.

Medikon Prima Laboratories Vital Ear Oil

Harga referensi
Rp15.500
Agak Murah

Membersihkan sekaligus mencegah risiko infeksi pada telinga

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tumpukan ear wax berisiko memicu terjadinya infeksi. Apabila telinga Anda mulai terasa sakit akibat adanya penumpukan kotoran, bersihkanlah dengan produk ini. Rasa sakit yang timbul bisa menjadi tanda awal munculnya inflamasi akibat infeksi.


Karena itu, cairan pembersih telinga dengan kandungan thymol sebagai antiseptik, seperti produk ini, dapat dijadikan andalan. Jadi, produk ini bukan hanya melunakkan kotoran telinga, melainkan juga mencegah terjadinya infeksi. Yuk, bersihkan telinga secara rutin dengan Vital Ear Oil!

Prestige Consumer Healthcare Debrox Earwax Removal Kit

Harga referensi
Rp279.000
Agak Mahal

Cara mudah membersihkan telinga di rumah

Kotoran telinga yang menumpuk dapat membuat telinga tidak nyaman, terasa gatal, bahkan kehilangan pendengaran. Nah, produk ini dapat diandalkan jika Anda membutuhkan ear drops yang membersihkan telinga dengan aman dan mudah.


Bahan carbamide peroxide yang terkandung di dalamnya akan membentuk foam saat diteteskan di telinga. Foam tersebut bisa membuat kotoran telinga lebih lunak dan terlepas dari dinding saluran telinga. Namun, produk ini hanya boleh digunakan pada anak di atas usia 12 tahun, ya.

Sandai Farma Santadex

Harga referensi
Rp14.500
Agak Murah

Tak hanya membersihkan ear wax, penyebab infeksi pun turut teratasi

Meskipun tidak termasuk ke dalam kelompok antibiotik, boric acid memiliki daya antiseptik. Oleh sebab itu, bahan aktif ini dapat membantu mengatasi infeksi yang terjadi di telinga, terutama telinga bagian tengah.


Terlebih lagi, kombinasinya dengan zinc sulphate dapat membantu melunakkan kotoran telinga. Jadi, jika Anda mencari cairan pembersih telinga yang membantu meredakan gejala infeksi telinga, produk ini dapat menjadi jawaban.

Noru Pharma Audisol Ear Cleansing Spray

Audisol Ear Cleansing Spray  1
Sumber: noru.com.au
Harga referensi
Rp350.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp350.000
Agak Mahal

Bersihkan telinga dengan semprotan yang lembut

Produk ini didesain secara khusus untuk menghasilkan semprotan yang lembut dan konstan di saluran telinga. Dengan begitu, kotoran di dalam telinga dapat dibersihkan dengan aman.


Jadi, untuk Anda yang memerlukan cairan pembersih telinga terbaik bagi si kecil, cobalah produk ini. Pembersihan kotoran telinga benar-benar mengandalkan semprotan dan tidak ada kandungan bahan aktif sehingga relatif aman untuk anak.

Sanbe FarmaForumen

Harga referensi
Rp32.069
Agak Murah

Telinga terasa lega dan bersih berkat kandungan natrium docusate

Bagi Anda yang memiliki keluhan penumpukan kotoran telinga, tanpa adanya pembengkakan, inilah rekomendasi obat tetes telinga untuk Anda. Kandungan bahan aktif natrium docusate dalam produk ini akan membantu melunakkan dan memecah kotoran telinga yang mengeras.


Dengan begitu, ear wax menjadi lebih mudah dikeluarkan. Usai memakai cairan pembersih ini, telinga Anda akan terasa lebih lega dan bersih. Namun, karena rawan memicu iritasi, produk ini tidak ditujukan untuk anak-anak, ya.

Naveh PharmaAudiclean Ear Wax Remover

Harga referensi
Rp225.000
Agak Mahal

Cairan pembersih telinga yang aman untuk bayi dan anak-anak

CleanEars merupakan salah satu merek obat tetes telinga anak untuk mengeluarkan kotoran telinga yang menumpuk. Anda bisa mempertimbangkan produk ini karena bentuknya berupa spray yang praktis digunakan.


Menariknya lagi, produk ini sudah boleh digunakan oleh bayi berusia di atas 2 bulan, lho! Karena tanpa pengawet dan terbuat dari bahan alami, produk ini aman digunakan oleh buah hati Anda. Namun, tetap perhatikan petunjuk penggunaannya, ya.

Tips dari dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba

Tips dari dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba

Jumlah kotoran telinga berbeda pada setiap orang. Bahkan, pada satu orang yang sama, kondisi telinga kanan dan kiri bisa berbeda. Liang telinga tiap orang mempunyai lekukan dan model yang berbeda. Model tersebut mulai dari liang telinga sempit dan menanjak, lapang dan lurus, sempit dan berkelok.


Tekstur kotoran telinga tiap orang juga berbeda, misalnya lengket, kering, dan lunak basah. Tekstur lunak basah yaitu tekstur lengket dan lunak yang cenderung terdorong otomatis ke dalam telinga meskipun tidak dikorek. Kotoran dengan tekstur lunak basah akan mudah mengembang apabila terkena air, misalnya saat mandi atau berenang.


Normalnya, kotoran akan dibawa oleh bulu telinga untuk keluar. Namun, pada telinga yang memproduksi banyak kotoran atau tekstur lengket, proses pembuangan kotoran sulit terjadi sehingga kotoran menumpuk. Pada kondisi ini, sebaiknya ke dokter spesialis THT untuk dibersihkan.


Terkadang, pada beberapa kasus, kotoran akan makin lengket dan menumpuk setelah ditetesi. Hindari mengorek dan mengucek telinga, apalagi memasukkan air ke telinga. Hal tersebut cenderung membuat kotoran telinga makin mengembang dan tertutup. Sebaiknya periksakan telinga 6–7 bulan sekali.

Baca juga perawatan telinga lainnya di sini

Telinga termasuk anggota tubuh yang mungkin sering luput dari perhatian. Padahal, seperti bagian badan lainnya, telinga juga perlu dirawat bila ingin tetap sehat. Selain menggunakan cairan pembersih telinga, kebersihan organ ini dapat dirawat dengan alat. Jika Anda tertarik mencari tahu lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Mengingat pentingnya peranan telinga, Anda perlu cermat memilih cairan pembersihnya supaya terhindar dari reaksi yang tidak diinginkan. Sebelum membeli cairan pembersih telinga, Anda dapat mempertimbangkan poin-poin cara memilih di atas. Harapannya, Anda dapat menemukan produk pembersih telinga yang aman dan efektif. 


Selamat memilih cairan pembersih telinga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika muncul perasaan tidak nyaman usai memakai cairan pembersih telinga!

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Obat-obatan
  4. 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.