• 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)  1
  • 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)  2
  • 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)  3
  • 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)  4
  • 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)  5

10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)

Selain membuat tidak nyaman, kotoran telinga yang menumpuk juga berisiko memicu terjadinya infeksi. Karena itu, telinga perlu dibersihkan secara rutin, salah satunya memakai cairan pembersih telinga. Anda perlu memilih produk yang aman supaya tidak muncul komplikasi akibat pembersihan yang keliru.


Di antara merek cairan pembersih telinga, seperti Debrox, Vital Ear Oil, serta Audisol, manakah yang sebaiknya dipilih? Untuk memudahkan Anda menemukan cairan pembersih telinga yang bagus, kami telah menyiapkan tips memilih dan rekomendasi produknya. Kami berkolaborasi dengan dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus Purba, dalam penulisan artikel ini.  Selamat menyimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Agustinus Purba
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus HW Purba, M.Ked. (ORL-HNS), Sp.THT-KL

Profil pakar: Dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus HW Purba, M.Ked. (ORL-HNS), Sp.THT-KL
dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

dr. Agustinus adalah dokter spesialis telinga hidung tenggorok kepala leher lulusan Universitas Sumatera Utara tahun 2018. Beliau berpengalaman menangani sinusitis, rinitis alergi, polip hidung, tonsilitis, snoring, serumen prop, dan sebagainya.


Saat ini beliau berpraktik pribadi di THT BEATRIX Medan dan RS Siloam Dhirga Surya Medan. Beliau memiliki prestasi sebagai runner-up Photo Competition International Sound Hearing 2019 Bali. Beliau juga menjadi juara tiga di Video TikTok Competition Kongres Nasional PERHATI-KL 2020.

Apa itu cairan pembersih telinga?

Apa itu cairan pembersih telinga?

Di dalam saluran telinga, biasanya terdapat earwax atau serumen yang teksturnya menyerupai lilin. Anda mungkin lebih mengenal zat yang satu ini sebagai kotoran telinga. Zat ini sebetulnya terbentuk dari kulit mati serta sebum yang dikeluarkan oleh kelenjar sebaceous di telinga. Manfaat kotoran telinga, yaitu:

  • Melindungi kulit di saluran telinga
  • Memberikan lubrikasi
  • Melindungi telinga dari masuknya air

Namun, kotoran telinga dapat menumpuk dan menutup saluran telinga sehingga berpotensi menekan gendang telinga. Jika sudah demikian, fungsi pendengaran dapat terganggu.


Cairan pembersih telinga merupakan produk obat yang dapat digunakan untuk mengatasi penumpukan kotoran telinga. Bahan obat ini umumnya melepaskan oksigen yang berubah menjadi busa saat bersentuhan dengan kulit.


Busa tersebut akan menjadikan kotoran telinga lebih lembek dan membantu mengeluarkannya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua ear drop berisi bahan untuk membersihkan telinga.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Cairan pembersih telinga adalah cairan untuk membawa kotoran telinga keluar dari liang telinga. Di samping itu, cairan pembersih telinga juga melunakkan kotoran telinga baik yang keras maupun lengket yang menumpuk di liang telinga.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cairan pembersih telinga

Kebanyakan cairan pembersih telinga berbentuk obat tetes. Namun, tidak semua obat tetes telinga merupakan cairan pembersih telinga. Agar Anda lebih mudah menemukan produk yang tepat, beberapa poin di bawah ini dapat menjadi pertimbangan.

Pilih berdasarkan bentuk produk

Di pasaran Anda akan menemukan cairan pembersih telinga berbentuk spray dan drops. Ketahui karakteristik masing-masing untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bentuk spray, opsi yang lebih aman dari cotton bud

Bentuk spray, opsi yang lebih aman dari cotton bud

Salah satu bentuk cairan pembersih telinga yang dapat Anda pilih adalah spray. Umumnya, bentuk spray tidak mengandung bahan aktif, tetapi didesain sedemikian rupa sehingga efektif membersihkan kotoran telinga. Karena tidak ada kandungan bahan aktif, bentuk spray relatif aman untuk anak-anak.


Selain itu, bentuk ini juga merupakan pilihan yang lebih aman dibandingkan memakai cotton bud. Sayangnya, produk cairan pembersih telinga dalam bentuk spray masih sulit ditemukan di marketplace.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Bentuk spray adalah model kemasan yang jarang ditemukan di Indonesia. Namun, bila tersedia, model ini disarankan untuk digunakan pada kotoran telinga penuh menutupi gendang telinga.


Namun, gendang telinga yang tidak tertutup oleh kotoran akan terkena beberapa risiko jika cairan spray mengenai gendang telinga. Cairan spray bisa mengiritasi hingga melukai dan menyebabkan gendang telinga luka, telinga rasa berdenging, dan tidak nyaman.

Bentuk drops, efektif dengan kandungan bahan aktif

Bentuk drops, efektif dengan kandungan bahan aktif

Selanjutnya, Anda juga akan menemukan cairan pembersih telinga berbentuk tetes atau lebih umum disebut obat tetes telinga. Walaupun begitu, istilah obat tetes telinga terbilang terlalu umum sebab mencakup obat telinga selain cairan pembersih.


Berbeda dengan bentuk spray, cairan pembersih telinga berbentuk drops biasanya mengandung bahan aktif tertentu. Berkat kandungan bahan aktif tersebut, proses pembersihan bisa lebih efektif. Akan tetapi, Anda perlu mengamati dengan saksama kesesuaian bahan aktif, kontraindikasi, serta kesesuaian usia pengguna.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Salah satu bahan aktif yang digunakan untuk membersihkan kotoran telinga adalah H202 (hidrogen peroksida) 3%. Bahan ini sifatnya cukup kuat untuk memaksa kotoran keluar. Namun, penggunaannya pada telinga sensitif dapat menyebabkan iritasi pada kulit liang telinga.


Bahan lain yaitu natrium docusate. Bahan ini lebih aman untuk telinga sensitif dan risiko mengiritasi liang telinga lebih kecil. Ada juga boric acid solution yang berfungsi melunakkan kotoran lengket. Bahan ini juga aman dan tidak mengiritasi telinga bagian dalam.

Temukan produk dengan bahan aktif yang tepat

Temukan produk dengan bahan aktif yang tepat

Adapun bahan aktif yang terkandung di dalam cairan pembersih telinga cukup beragam. Beberapa bahan yang umum dan relatif aman, antara lain:

  • Hidrogen peroksida
  • Fenol gliserol
  • Natrium docusate

Ada pula produk yang menggunakan bahan lain seperti oleum menthol dan paraffin liquid. Produk dengan bahan aktif tersebut memiliki logo lingkaran bulat berwarna hijau pada kemasannya. Dengan kata lain, produk termasuk ke dalam obat yang bisa Anda beli secara bebas.


Sebaiknya Anda tidak memakai obat tetes yang mengandung antibiotik untuk membersihkan telinga. Bila Anda kesulitan mengidentifikasi bahan aktif berupa antibiotik, lihat saja logo pada kemasan.


Umumnya, obat yang mengandung antibiotik ditandai dengan logo huruf "K" di atas lingkaran berwarna merah. Logo tersebut menjelaskan bahwa Anda tidak dapat membelinya tanpa resep dari dokter.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Sesuaikan obat tetes yang digunakan dengan model, letak, tekstur, serta volume kotoran telinga. Pilih juga yang mengandung bahan yang aman untuk telinga sensitif, misalnya pada bayi/anak atau pada telinga orang dewasa yang sensitif.

Perhatikan kontraindikasi dari produk

Perhatikan kontraindikasi dari produk

Secara sederhana, kontraindikasi didefinisikan sebagai suatu kondisi yang tidak diperbolehkan untuk menggunakan obat tertentu. Misalnya, terdapat cairan pembersih telinga yang tidak boleh digunakan oleh seseorang yang mengalami pembengkakan telinga.


Ada pula produk yang tidak diperuntukkan bagi seseorang dengan keluhan kebocoran gendang telinga. Menimbang hal tersebut, kontraindikasi merupakan hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli cairan pembersih telinga.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Beberapa obat tetes telinga mempunyai durasi atau batas waktu penggunaan. Pemakaian terlalu lama berisiko mengiritasi liang dan gendang telinga. Jumlah tetesan yang digunakan juga sebaiknya mengikuti anjuran dokter.


Bila berlebihan, cairan akan merembes ke luar liang telinga dan mengenai mata. Bila hal ini terjadi, segera alirkan air minum ke mata untuk membersihkan sisa cairan tetes telinga.


Apabila telinga nyeri saat menggunakan obat tetes, segera stop, buang cairan dari telinga, dan laporkan pada dokter yang meresepkan. Anda juga bisa langsung periksakan diri ke dokter spesialis THT.

10 Rekomendasi cairan pembersih telinga

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cairan pembersih telinga yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Agustinus Purba.

Gambar produk
Medikon Prima Laboratories  Vital Ear Oil  1

Medikon Prima Laboratories

Sanbe Farma Forumen 1

Sanbe Farma

Sandai Farma  Santadex Ear Drops 1

Sandai Farma

Noru Pharma  Audisol Ear Cleansing Spray  1

Noru Pharma

Prestige Consumer Healthcare  Debrox Earwax Removal Kit  1

Prestige Consumer Healthcare

Lucas Djaja  Phenol Glycerol 10%  1

Lucas Djaja

Thornton & Ross Cerumol Ear Wax Softener 1

Thornton & Ross

Naveh Pharma CleanEars Kids Earwax Removal Spray  1

Naveh Pharma

Squip Kyrosol Ear Wax Removal Kit 1

Squip

Earplus 1

Nama produk

Vital Ear Oil

Forumen

Santadex Ear Drops

Audisol Ear Cleansing Spray

Debrox Earwax Removal Kit

Phenol Glycerol 10%

Cerumol Ear Wax Softener

CleanEars Kids Earwax Removal Spray

Kyrosol Ear Wax Removal Kit

Earplus

Keunggulan

Membersihkan sekaligus mencegah risiko infeksi pada telinga

Telinga terasa lega dan bersih berkat kandungan natrium docusate

Tak hanya membersihkan ear wax, penyebab infeksi pun turut teratasi

Bersihkan telinga dengan semprotan yang lembut

Cara mudah membersihkan telinga di rumah

Membersihkan telinga tanpa menimbulkan iritasi

Dual action formula untuk membersihkan saluran telinga

Cairan pembersih telinga yang aman untuk bayi dan anak-anak

Solusi untuk kotoran telinga yang keras dan menumpuk

Miliki telinga yang lebih bersih dan sehat

Harga mulai dariRp 15.500,00Rp 32.069,00Rp 14.500,00Rp 350.000,00Rp 279.000,00Rp 4.850,00Rp 240.000,00Rp 225.000,00Rp 250.000,00Rp 250.000,00
Bentuk produk DropsDropsDropsSpray DropsDrops DropsSprayDropsDrops
Bahan aktif Thymol, Oleum menthae, camphoraDocusate sodiumBoric acid, zinc sulfateNatural seawater (diluted to isotonic physiological level 0,9% with purified water)Carbamide peroxide 6,5%Phenol glycerol 10%Propylene glycol, dicaprylocaprate, butoxyl, turpentine oilSqualene (derived from olive oil), mineral oil, dan spearmint oilGlycerinAllium sativum, Olea europaea, Nigella sativa
Fungsi Melunakkan kotoran telinga, mencegah infeksi telingaMembantu melunakkan kotoran telingaMembantu melunakkan kotoran agar mudah dikeluarkan, mengobati iritasi pada telinga, membantu mengobati infeksi Membersihkan kotoran telinga yang menumpuk Membantu membersihkan kotoran telinga dengan aman Membersihkan telinga bagian luar dan bagian tengah Melunakkan kotoran telinga, membersihkan saluran telingaMelarutkan kotoran telinga Melunakkan dan mengeluarkan kotoran telinga yang menyumbat, melarutkan serta mengeluarkan kotoran telinga yang kering dan kerasMelunakkan kotoran telinga
Kontraindikasi Hipersensitif terhadap bahan dalam produk ini, perforasi atau kebocoran gendang telinga Perforasi atau kebocoran membran timpani, inflamasi pada telingaHipersensitif terhadap bahan dalam produk iniTidak disebutkan Tidak disebutkan Hipersensitif terhadap bahan dalam produk ini Gendang telinga yang pecah, meradang, eksim, alergi terhadap kacang tanah atau kedelaiGendang telinga yang lukaCedera telinga, iritasi telinga, setelah operasi telinga, bayi, timbul kondisi tidak nyaman usai memakai produk Tidak disebutkan
Isi10 ml 10 ml20 ml 50 ml 15 ml 5 ml10 ml 30 ml15 ml10 ml
Tautan produk
Bentuk produk Drops
Bahan aktif Allium sativum, Olea europaea, Nigella sativa
Fungsi Melunakkan kotoran telinga
Kontraindikasi Tidak disebutkan
Isi10 ml

Thornton & RossCerumol Ear Wax Softener

Mulai dari Rp 240.000,00

Bentuk produk Drops
Bahan aktif Propylene glycol, dicaprylocaprate, butoxyl, turpentine oil
Fungsi Melunakkan kotoran telinga, membersihkan saluran telinga
Kontraindikasi Gendang telinga yang pecah, meradang, eksim, alergi terhadap kacang tanah atau kedelai
Isi10 ml
Bentuk produk Drops
Bahan aktif Glycerin
Fungsi Melunakkan dan mengeluarkan kotoran telinga yang menyumbat, melarutkan serta mengeluarkan kotoran telinga yang kering dan keras
Kontraindikasi Cedera telinga, iritasi telinga, setelah operasi telinga, bayi, timbul kondisi tidak nyaman usai memakai produk
Isi15 ml
Bentuk produk Drops
Bahan aktif Phenol glycerol 10%
Fungsi Membersihkan telinga bagian luar dan bagian tengah
Kontraindikasi Hipersensitif terhadap bahan dalam produk ini
Isi5 ml

Medikon Prima Laboratories Vital Ear Oil

Mulai dari Rp 15.500,00

Bentuk produk Drops
Bahan aktif Thymol, Oleum menthae, camphora
Fungsi Melunakkan kotoran telinga, mencegah infeksi telinga
Kontraindikasi Hipersensitif terhadap bahan dalam produk ini, perforasi atau kebocoran gendang telinga
Isi10 ml

Prestige Consumer Healthcare Debrox Earwax Removal Kit

Mulai dari Rp 279.000,00

Bentuk produk Drops
Bahan aktif Carbamide peroxide 6,5%
Fungsi Membantu membersihkan kotoran telinga dengan aman
Kontraindikasi Tidak disebutkan
Isi15 ml
Bentuk produk Drops
Bahan aktif Boric acid, zinc sulfate
Fungsi Membantu melunakkan kotoran agar mudah dikeluarkan, mengobati iritasi pada telinga, membantu mengobati infeksi
Kontraindikasi Hipersensitif terhadap bahan dalam produk ini
Isi20 ml

Noru Pharma Audisol Ear Cleansing Spray

Mulai dari Rp 350.000,00

Bentuk produk Spray
Bahan aktif Natural seawater (diluted to isotonic physiological level 0,9% with purified water)
Fungsi Membersihkan kotoran telinga yang menumpuk
Kontraindikasi Tidak disebutkan
Isi50 ml
Bentuk produk Drops
Bahan aktif Docusate sodium
Fungsi Membantu melunakkan kotoran telinga
Kontraindikasi Perforasi atau kebocoran membran timpani, inflamasi pada telinga
Isi10 ml

Naveh PharmaCleanEars Kids Earwax Removal Spray

Mulai dari Rp 225.000,00

Bentuk produk Spray
Bahan aktif Squalene (derived from olive oil), mineral oil, dan spearmint oil
Fungsi Melarutkan kotoran telinga
Kontraindikasi Gendang telinga yang luka
Isi30 ml

Tips dari dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba

Tips dari dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba

Jumlah kotoran telinga berbeda pada setiap orang. Bahkan, pada satu orang yang sama, kondisi telinga kanan dan kiri bisa berbeda. Liang telinga tiap orang mempunyai lekukan dan model yang berbeda. Model tersebut mulai dari liang telinga sempit dan menanjak, lapang dan lurus, sempit dan berkelok.


Tekstur kotoran telinga tiap orang juga berbeda, misalnya lengket, kering, dan lunak basah. Tekstur lunak basah yaitu tekstur lengket dan lunak yang cenderung terdorong otomatis ke dalam telinga meskipun tidak dikorek. Kotoran dengan tekstur lunak basah akan mudah mengembang apabila terkena air, misalnya saat mandi atau berenang.


Normalnya, kotoran akan dibawa oleh bulu telinga untuk keluar. Namun, pada telinga yang memproduksi banyak kotoran atau tekstur lengket, proses pembuangan kotoran sulit terjadi sehingga kotoran menumpuk. Pada kondisi ini, sebaiknya ke dokter spesialis THT untuk dibersihkan.


Terkadang, pada beberapa kasus, kotoran akan makin lengket dan menumpuk setelah ditetesi. Hindari mengorek dan mengucek telinga, apalagi memasukkan air ke telinga. Hal tersebut cenderung membuat kotoran telinga makin mengembang dan tertutup. Sebaiknya periksakan telinga 6–7 bulan sekali.

Baca juga perawatan telinga lainnya di sini

Telinga termasuk anggota tubuh yang mungkin sering luput dari perhatian. Padahal, seperti bagian badan lainnya, telinga juga perlu dirawat bila ingin tetap sehat. Selain menggunakan cairan pembersih telinga, kebersihan organ ini dapat dirawat dengan alat. Jika Anda tertarik mencari tahu lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Mengingat pentingnya peranan telinga, Anda perlu cermat memilih cairan pembersihnya supaya terhindar dari reaksi yang tidak diinginkan. Sebelum membeli cairan pembersih telinga, Anda dapat mempertimbangkan poin-poin cara memilih di atas. Harapannya, Anda dapat menemukan produk pembersih telinga yang aman dan efektif. 


Selamat memilih cairan pembersih telinga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika muncul perasaan tidak nyaman usai memakai cairan pembersih telinga!

Artikel terkait

  • 10 Obat Sakit Kepala yang juga Ampuh untuk Migrain - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Sakit Kepala yang juga Ampuh untuk Migrain - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Stres dan kelelahan dapat membuat sakit kepala datang secara tiba-tiba. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan obat sakit kepala yang bekerja sebagai penghilang rasa sakit. Namun, Anda juga perlu memperhatikan efek samping obat agar tidak mengganggu aktivitas ataupun kesehatan Anda. Karena itu, kami akan membahas cara memilih obat sakit kepala yang juga ampuh untuk meredakan migrain. Simak juga rekomendasi produk yang bisa Anda pilih dari berbagai merek, mulai dari Panadol, Paramex, hingga Bodrex. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Yuk, ikuti pembahasannya!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Nyeri Otot - Ditinjau oleh Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Nyeri Otot - Ditinjau oleh Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Nyeri otot dan sendi, pegal linu, serta otot kaku merupakan kondisi umum yang bisa menyerang seluruh bagian tubuh. Pada umumnya kondisi ini bisa diobati dengan terapi atau dengan obat pereda pegal linu di apotek. Namun, apakah Anda tahu cara memilih obat penghilang nyeri otot yang tepat?Kami akan memberikan tips memilih obat nyeri otot yang bagus. Pereda nyeri otot terbaik dari berbagai merek, seperti Counterpain, Voltaren, dan Salonpas ada dalam rekomendasi kami. Temukan juga tips tambahan dari dokter spesialis kedokteran dan olahraga, dr. Andhika Raspati. Simak sampai habis, ya!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Diare - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Diare - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Ada berbagai jenis gejala diare yang umum dialami orang, seperti mencret, mual, dan sakit perut. Obat diare biasanya ampuh mengatasi gejala-gejala tersebut. Untungnya, kini Anda bisa mendapatkan obat diare secara online. Agar tidak salah pilih, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat diare yang bagus dan ampuh untuk dewasa dan anak.Produk-produk dari sejumlah merek terkenal, seperti Norit, Diatabs, Entrostop, dan Diapet juga akan kami rekomendasikan. Temukan juga tips tambahan dari dokter umum, Annisa, di akhir artikel ini. Pastikan Anda menyimaknya karena informasi ini akan berguna untuk Anda!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Obat sakit perut dikonsumsi untuk meredakan gangguan perut, seperti mules, nyeri, perut melilit, diare, dan sebagainya. Tidak hanya orang dewasa, banyak juga anak-anak yang membutuhkan obat sakit perut khusus anak. Anda bisa membeli obat sakit perut tersebut di apotek atau secara online. Namun, Anda tidak boleh sembarangan memilihnya. Karena itu. kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih obat sakit perut. Kami juga akan mengulas berbagai merek obat sakit perut yang bagus, seperti Mylanta, Tay Pin San, dan Polysilane. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Annisa. Mari disimak!
    Obat-obatan
  • 10 Bedak untuk Meredakan Gatal di Kulit - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak untuk Meredakan Gatal di Kulit - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Tinggal di negara tropis yang cenderung panas membuat kulit rentan mengalami gatal-gatal. Nah, rasa gatal akibat biang keringat, alergi, atau jamur yang mengangggu aktivitas dapat diatasi dengan bedak untuk gatal. Namun, bedak seperti apa yang sebaiknya Anda pilih?Kami akan memberikan tips cara memilih bedak yang dapat meredakan gatal di kulit. Ada pula rekomendasi bedak gatal dari merek yang bagus, seperti Herocyn, Caladine, dan Salicyl KF. Anda pun bisa menemukan bedak antipanas yang nyaman dipakai. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Selamat menyimak!
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2022)
    Penyakit maag atau lambung bukanlah gangguan medis yang asing dan cenderung dekat dengan masyarakat Indonesia. Tidak heran apabila di pasaran tersedia berbagai merek obat maag yang bagus, antara lain Mylanta, Promag, atau Inpepsa. Jenisnya pun cukup bervariasi, seperti obat maag cair dan obat maag tablet.Meskipun tersedia dalam beragam pilihan, tidak semua orang dapat menemukan obat maag yang dibutuhkan dengan mudah. Beberapa di antara Anda mungkin kebingungan saat memilihnya. Untuk itu, berikut ini kami akan memberikan rekomendasi obat maag paling ampuh beserta penjelasan singkat tentang cara memilihnya. Selamat menyimak!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak bisa lebih sering mengalami pilek. Pilek biasanya menjadi alasan utama anak berobat ke dokter atau tidak masuk sekolah. Sebagai orang tua, penting sekali bagi Anda mengenali pilihan obat pilek untuk anak.Di pasaran tersedia berbagai merek obat pilek yang bagus, seperti Hufagripp dan Bodrexin. Supaya memudahkan Anda memilih obat pilek untuk anak, berikut ini kami berikan tips memilihnya. Simak sampai akhir karena kami juga akan memberikan rekomendasi obat pilek yang dapat Anda pilih. Selain itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
  • 10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)
    10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)
    Cairan pembersih luka adalah cairan untuk mensterilkan serta membersihkan kotoran dari area luka. Cairan ini penting karena dapat membantu pemulihan luka Anda. Anda bisa menemukan berbagai produk cairan pembersih luka di pasaran. Namun, beberapa di antaranya justru bisa membuat luka Anda makin parah, lho!Agar Anda mendapatkan cairan pembersih luka yang bagus dan aman, simak cara memilihnya di bawah ini. Kami juga akan membahas sepuluh cairan pembersih luka dari berbagai merek, seperti Hansaplast, Betadine, KILLBAC, dan lainnya. Tentunya, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. 
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Salep Bisul - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Salep Bisul - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Paparan bakteri dapat menimbulkan ragam penyakit, salah satunya bisul. Ketika hal tersebut terjadi, Anda tentu mencari cara mengobati bisul agar cepat kempes. Beberapa dari Anda mungkin memilih obat bisul alami, sedangkan sebagian lain memutuskan menggunakan salep bisul. Di pasaran tersedia aneka merek yang cukup bagus, seperti Salep 88, Salep Ichtyol, dan Nosib. Manakah yang sebaiknya Anda pilih? Supaya Anda lebih mudah menemukan salep bisul yang dibutuhkan, simak tips memilih berikut ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Afriyani Khusna.
    Obat-obatan
  • 10 Plester Mata Ikan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Plester Mata Ikan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Plester mata ikan menjadi sahabat bagi Anda yang sedang diserang mata ikan. Plester ini dibubuhi obat di bagian tengah yang bertujuan melunakkan mata ikan dan jaringan kulit di sekitarnya. Prosesnya bisa memakan waktu seminggu atau bahkan lebih. Kami akan memaparkan cara memilih plester mata ikan yang bagus dan merekomendasikan sejumlah merek. Anda akan menjumpai plester mata ikan populer dari Ji Yan Gao, Hansaplast, hingga Sumifun. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Lanjutkan membaca dan temukan produk yang tepat untuk masalah Anda.
    Obat-obatan
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    Kondisi lingkungan saat musim kemarau menjadi kering dan berdebu sehingga dapat memicu mata gatal dan berair. Jika Anda mengalaminya, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Selain kondisi lingkungan, ada bermacam-macam penyebab mata gatal. Oleh karena itu, produk obat tetes mata gatal juga beragam.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan informasi cara memilih obat tetes mata yang bagus. Beberapa rekomendasi merek obat tetes mata gatal juga akan kami berikan. Misalnya saja, ada obat tetes mata merek Insto, Rohto, dan Braito. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan baca artikel ini.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah yang bagus sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Berbagai merek ternama, seperti Insto, Rohto, serta Cendo pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2022)
    Di zaman serba digital seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada penggunaan gadget, misalnya smartphone dan laptop. Belum lagi penggunaan lensa kontak juga semakin populer. Ketergantungan pada gadget dan lensa kontak dapat memengaruhi kesehatan mata, salah satunya adalah mata kering.Cara mengatasi kondisi tersebut adalah Anda perlu menggunakan obat tetes mata. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih obat tetes mata untuk mengatasi mata kering. Beberapa produk terkenal dari berbagai merek yang bagus, seperti Insto, Rohto, dan Cendo akan kami rekomendasikan. Yuk, simak selengkapnya!
    Obat-obatan
  • 10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Saat beraktivitas, Anda bisa saja mengalami kecelakaan, seperti terkena setrika, tersiram air atau minyak panas, dan terkena knalpot. Karena itu, penting untuk menyediakan salep luka bakar yang aman di kotak obat. Namun, salep luka bakar apa yang sebaiknya Anda beli?Untuk mengetahui tentang salep luka bakar, bacalah artikel ini sampai habis. Anda akan mendapatkan tips memilih salep luka bakar yang bagus, serta rekomendasi produknya. Salep dari berbagai merek terkenal, seperti Bioplacenton, Burnazin, dan Mebo, juga akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. Selamat membaca!
    Obat-obatan
  • 10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)
    10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)
    Cairan pembersih luka adalah cairan untuk mensterilkan serta membersihkan kotoran dari area luka. Cairan ini penting karena dapat membantu pemulihan luka Anda. Anda bisa menemukan berbagai produk cairan pembersih luka di pasaran. Namun, beberapa di antaranya justru bisa membuat luka Anda makin parah, lho!Agar Anda mendapatkan cairan pembersih luka yang bagus dan aman, simak cara memilihnya di bawah ini. Kami juga akan membahas sepuluh cairan pembersih luka dari berbagai merek, seperti Hansaplast, Betadine, KILLBAC, dan lainnya. Tentunya, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. 
    Obat-obatan
  • 7 Lotion Calamine Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    7 Lotion Calamine Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Lotion calamine adalah obat oles yang bermanfaat untuk meredakan gatal dan biduran. Selain itu, calamine lotion juga ampuh mengatasi cacar air, scabies, hingga meringankan reaksi kulit terhadap racun tanaman. Karena memiliki banyak manfaat, lotion calamine tak hanya digunakan orang dewasa, bayi dan ibu hamil juga dapat memakainya.Supaya Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih lotion calamine terbaik. Rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Caladine, juga telah kami siapkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Jadi, mari disimak!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Sariawan yang Ampuh Mengatasi Sariawan - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Sariawan yang Ampuh Mengatasi Sariawan - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa pun pasti merasa terganggu dengan stomatitis atau yang dikenal sebagai sariawan. Sariawan biasanya muncul di bibir, gusi, langit-langit mulut, bahkan tenggorokan. Tidak hanya orang dewasa, sariawan juga bisa menyerang anak kecil. Salah satu cara menyembuhkannya adalah dengan obat. Namun, banyaknya pilihan obat sariawan di apotik tentu membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat sariawan dan membagikan rekomendasi produk terbaik. Ada berbagai jenis obat sariawan dari merek yang bagus, seperti Kuldon, Enkasari, BETADINE, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima.
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori