• 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)  1
  • 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)  2
  • 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)  3
  • 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)  4
  • 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)  5

10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)

Selain membuat tidak nyaman, kotoran telinga yang menumpuk juga berisiko memicu terjadinya infeksi. Karena itu, telinga perlu dibersihkan secara rutin, salah satunya memakai cairan pembersih telinga. Anda perlu memilih produk yang aman supaya tidak muncul komplikasi akibat pembersihan yang keliru.


Di antara merek cairan pembersih telinga, seperti Forumen, Vital Ear Oil, serta Santadex, manakah yang sebaiknya dipilih? Untuk memudahkan Anda menemukan cairan pembersih telinga yang bagus, kami telah menyiapkan tips memilih dan rekomendasi produknya. Kami berkolaborasi dengan dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus Purba, dalam penulisan artikel ini.  Selamat menyimak!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Agustinus Purba
  • Pembaharuan terakhir: 29 Agustus 2021
  • 11.223 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus HW Purba, M.Ked. (ORL-HNS), Sp.THT-KL

Profil pakar: Dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus HW Purba, M.Ked. (ORL-HNS), Sp.THT-KL

dr. Agustinus adalah dokter spesialis telinga hidung tenggorok kepala leher lulusan Universitas Sumatera Utara tahun 2018. Beliau berpengalaman menangani sinusitis, rinitis alergi, polip hidung, tonsilitis, snoring, serumen prop, dan sebagainya.


Saat ini beliau berpraktik pribadi di THT BEATRIX Medan dan RS Siloam Dhirga Surya Medan. Beliau memiliki prestasi sebagai runner-up Photo Competition International Sound Hearing 2019 Bali. Beliau juga menjadi juara tiga di Video Tiktok Competition Kongres Nasional PERHATI-KL 2020.

Apa itu cairan pembersih telinga?

Apa itu cairan pembersih telinga?

Di dalam saluran telinga, biasanya terdapat earwax atau cerumen yang teksturnya menyerupai lilin. Kita lebih mengenal zat yang satu ini sebagai kotoran telinga. Zat ini sebetulnya terbentuk dari kulit mati, rambut, serta sebum yang dikeluarkan oleh kelenjar sebaceous di telinga. 


Keberadaannya bermanfaat untuk melindungi kulit di saluran telinga, memberikan lubrikasi, serta melindungi telinga dari masuknya air. Meskipun begitu, kotoran telinga dapat menumpuk dan menutup saluran telinga sehingga berpotensi menekan gendang telinga. Jika sudah demikian, fungsi pendengaran dapat terganggu.


Cairan pembersih telinga merupakan produk obat yang dapat digunakan untuk mengatasi penumpukan kotoran telinga. Bahan obat ini umumnya melepaskan oksigen yang berubah menjadi busa saat bersentuhan dengan kulit. Busa tersebut akan menjadikan kotoran telinga lebih lembek dan membantu mengeluarkannya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua ear drop berisi bahan untuk membersihkan telinga.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Cairan pembersih telinga adalah cairan untuk membawa kotoran telinga keluar dari liang telinga. Di samping itu, cairan pembersih telinga juga melunakkan kotoran telinga baik yang keras maupun lengket yang menumpuk di liang telinga.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cairan pembersih telinga

Kebanyakan cairan pembersih telinga berbentuk obat tetes. Namun, tidak semua obat tetes telinga merupakan cairan pembersih telinga. Agar Anda lebih mudah menemukan produk yang tepat, beberapa poin di bawah ini dapat menjadi pertimbangan. 

Pilih berdasarkan bentuk produk

Di pasaran Anda akan menemukan cairan pembersih telinga bentuk spray dan drops. Ketahui karakteristik masing-masing untuk menemukan produk yang sesuai kebutuhan Anda. 

Bentuk spray, opsi yang lebih aman dari cotton bud

Bentuk spray, opsi yang lebih aman dari cotton bud

Salah satu bentuk cairan pembersih telinga yang dapat Anda pilih adalah spray. Umumnya, bentuk spray tidak mengandung bahan aktif, tetapi didesain sedemikian rupa sehingga efektif membersihkan kotoran telinga. Karena tidak ada kandungan bahan aktif, bentuk spray relatif aman untuk anak-anak. 


Selain itu, bentuk ini juga merupakan pilihan yang lebih aman dibandingkan pembersihan dengan memakai cotton bud. Sayangnya, produk cairan pembersih telinga dalam bentuk spray masih sulit ditemukan di marketplace.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Bentuk spray adalah model kemasan yang jarang ditemukan di Indonesia. Namun, bila tersedia, model ini disarankan untuk digunakan pada kotoran telinga penuh menutupi gendang telinga. 


Namun, gendang telinga yang tidak tertutup oleh kotoran akan terkena beberapa risiko jika cairan spray mengenai gendang telinga. Cairan spray bisa mengiritasi hingga melukai dan menyebabkan gendang telinga luka, telinga rasa berdenging, dan tidak nyaman.

Bentuk drops, efektif dengan kandungan bahan aktif

Bentuk drops, efektif dengan kandungan bahan aktif

Selanjutnya, Anda juga akan menemukan cairan pembersih telinga berbentuk tetes atau lebih umum disebut obat tetes telinga. Walaupun begitu, istilah obat tetes telinga terbilang terlalu umum sebab mencakup obat telinga selain cairan pembersih.


Berbeda dengan bentuk spray, cairan pembersih telinga berbentuk drops biasanya mengandung bahan aktif tertentu. Berkat kandungan bahan aktif tersebut, proses pembersihan bisa lebih efektif. Akan tetapi, Anda perlu mengamati dengan saksama kesesuaian bahan aktif, kontraindikasi, serta kesesuaian usia pengguna.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Salah satu bahan aktif yang digunakan untuk membersihkan kotoran telinga adalah H202 (hidrogen peroksida) 3%. Bahan ini sifatnya cukup kuat untuk memaksa kotoran keluar. Namun, penggunaannya pada telinga sensitif dapat menyebabkan iritasi pada kulit liang telinga.


Bahan lain yaitu natrium docusate. Bahan ini lebih aman untuk telinga sensitif dan risiko mengiritasi liang telinga lebih kecil.


Boric acid solution berfungsi melunakkan kotoran lengket. Bahan ini juga aman dan tidak mengiritasi telinga bagian dalam.

Temukan produk dengan bahan aktif yang tepat

Temukan produk dengan bahan aktif yang tepat

Adapun bahan aktif yang terkandung di dalam cairan pembersih telinga cukup beragam. Beberapa bahan yang umum dan relatif aman, antara lain hidrogen peroksida, fenol gliserol, serta natrium docusate


Ada pula produk yang menggunakan bahan lain seperti oleum menthol dan paraffin liquid. Produk dengan bahan aktif tersebut memiliki logo lingkaran bulat berwarna hijau pada kemasannya. Dengan kata lain, produk termasuk ke dalam obat yang bisa Anda beli secara bebas.


Sementara itu, sebaiknya Anda tidak memakai obat tetes yang mengandung antibiotik untuk membersihkan telinga. Bila Anda kesulitan mengidentifikasi bahan aktif berupa antibiotik, lihat saja logo pada kemasan.


Umumnya, obat yang mengandung antibiotik ditandai dengan logo huruf "K" di atas lingkaran berwarna merah. Logo tersebut menjelaskan bahwa Anda tidak dapat membelinya tanpa resep dari dokter.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Sesuaikan obat tetes yang digunakan dengan model, letak, tekstur, serta volume kotoran telinga. Pilih juga yang mengandung bahan yang aman untuk telinga sensitif, misalnya pada bayi/anak atau pada telinga orang dewasa yang sensitif.

Perhatikan kontraindikasi dari produk

Perhatikan kontraindikasi dari produk

Secara sederhana, kontraindikasi didefinisikan sebagai suatu kondisi yang tidak diperbolehkan untuk menggunakan obat tertentu. Misalnya, terdapat cairan pembersih telinga yang tidak boleh digunakan oleh seseorang yang mengalami pembengkakan telinga.


Ada pula produk yang tidak diperuntukkan bagi seseorang dengan keluhan kebocoran gendang telinga. Menimbang hal tersebut, kontraindikasi merupakan hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli cairan pembersih telinga.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Beberapa obat tetes telinga mempunyai durasi atau batas waktu penggunaan. Pemakaian terlalu lama berisiko mengiritasi liang dan gendang telinga. Jumlah tetesan yang digunakan juga sebaiknya mengikuti anjuran dokter.


Bila berlebihan, cairan akan merembes ke luar liang telinga dan mengenai mata. Bila hal ini terjadi, segera alirkan air minum ke mata untuk membersihkan sisa cairan tetes telinga. Apabila telinga nyeri saat menggunakan obat tetes, segera stop, buang cairan dari telinga, dan laporkan pada dokter yang meresepkan. Anda juga bisa langsung periksakan diri ke dokter spesialis THT.

10 Rekomendasi cairan pembersih telinga

Kini Anda sudah mengetahui cara memilih cairan pembersih telinga. Selanjutnya, kami akan membagikan rekomendasi produknya agar Anda makin mudah menemukan produk yang sesuai kebutuhan. Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Agustinus Purba.

Otosan SRL Otosan Spray

50 ml

Mulai dari Rp 250.000,00

Bentuk produk Spray
Bahan aktif Tea tree oil, Aloe vera, lemon, chamomile, marigold, mallow
Fungsi Membersihkan kotoran telinga
Kontraindikasi Tidak disebutkan
Bentuk produk Drops
Bahan aktif Arachis oil, chlorbutanol
Fungsi Melunakkan kotoran telinga, membersihkan saluran telinga
Kontraindikasi Hipersensitif terhadap bahan dalam produk ini, radang telinga luar (otitis externa), dermatitis sebhorreic atau eksem (eczema) pada telinga, perforasi gendang telinga, inflamasi atau infeksi telinga

Squip Inc NeilMed Kyrosol All-Natural Earwax Removal Aid

15 ml

Mulai dari Rp 210.000,00

Bentuk produk Drops
Bahan aktif Glycerin, sodium bicarbonate
Fungsi Melunakkan dan mengeluarkan kotoran telinga yang menyumbat, melarutkan serta mengeluarkan kotoran telinga yang kering dan keras
Kontraindikasi Cedera telinga, iritasi telinga, setelah operasi telinga, bayi, timbul kondisi tidak nyaman usai memakai produk
Bentuk produk Drops
Bahan aktif Phenol glycerol
Fungsi Membersihkan telinga bagian luar dan bagian tengah
Kontraindikasi Hipersensitif terhadap bahan dalam produk ini

Medikon Prima Laboratories Vital Ear Oil

10 ml

Mulai dari Rp 13.500,00

Bentuk produk Drops
Bahan aktif Thymol, oleum menthae, oleum camphora
Fungsi Melunakkan kotoran telinga, mencegah infeksi telinga
Kontraindikasi Hipersensitif terhadap bahan dalam produk ini, perforasi atau kebocoran gendang telinga

Prestige Consumer Healthcare Debrox Earwax Removal Kit

15 ml

Mulai dari Rp 415.000,00

Bentuk produk Drops
Bahan aktif Carbamide peroxide
Fungsi Membantu membersihkan kotoran telinga dengan aman
Kontraindikasi Tidak disebutkan
Bentuk produk Drops
Bahan aktif Boric acid, zinc sulphate
Fungsi Membantu melunakkan kotoran agar mudah dikeluarkan, mengobati iritasi pada telinga, membantu mengobati infeksi
Kontraindikasi Hipersensitif terhadap bahan dalam produk ini

Noru Pharma Audisol Ear Cleansing Spray

50 ml

Mulai dari Rp 369.000,00

Bentuk produk Spray
Bahan aktif Tidak ada
Fungsi Membersihkan kotoran telinga yang menumpuk
Kontraindikasi Tidak disebutkan
Bentuk produk Drops
Bahan aktif Natrium docusate
Fungsi Membantu melunakkan kotoran telinga
Kontraindikasi Perforasi atau kebocoran membran timpani, inflamasi pada telinga

Laboratoire De La MerAudiclean Ear Wax Remover

12 ml

Mulai dari Rp 225.000,00

Bentuk produk Drops
Bahan aktif Apricot kernel oil, eucalyptus globulus essential oil
Fungsi Melarutkan kotoran telinga dan melindungi telinga dengan antiseptik alami
Kontraindikasi Tidak disebutkan

Tabel perbandingan produk cairan pembersih telinga

Gambar produk
Laboratoire De La Mer Audiclean Ear Wax Remover 1

Laboratoire De La Mer

Sanbe Farma Forumen 1

Sanbe Farma

Noru Pharma  Audisol Ear Cleansing Spray  1

Noru Pharma

Sandai Farma  Santadex 1

Sandai Farma

Prestige Consumer Healthcare  Debrox Earwax Removal Kit  1

Prestige Consumer Healthcare

Medikon Prima Laboratories  Vital Ear Oil  1

Medikon Prima Laboratories

Lucas Djaja  Phenol Glycerol 10%  1

Lucas Djaja

Squip Inc  NeilMed Kyrosol All-Natural Earwax Removal Aid 1

Squip Inc

STADA Cerumol Ear Drops 1

STADA

Otosan SRL  Otosan Spray 1

Otosan SRL

Nama produk

Audiclean Ear Wax Remover

Forumen

Audisol Ear Cleansing Spray

Santadex

Debrox Earwax Removal Kit

Vital Ear Oil

Phenol Glycerol 10%

NeilMed Kyrosol All-Natural Earwax Removal Aid

Cerumol Ear Drops

Otosan Spray

Keunggulan

Kebaikan bahan alam yang dapat menjaga kebersihan telinga keluarga Anda

Telinga terasa lega dan bersih berkat kandungan natrium docusate

Pilihan aman untuk membersihkan telinga si kecil

Tak hanya membersihkan ear wax, penyebab infeksi pun turut teratasi

Cara aman dan lembut membersihkan telinga di rumah

Membersihkan sekaligus mencegah risiko infeksi pada telinga

Membersihkan telinga tanpa menimbulkan iritasi

Solusi untuk kotoran telinga yang keras dan menumpuk

Dual action formula untuk membersihkan saluran telinga

Miliki telinga yang lebih bersih dan sehat

Harga mulai dariRp 225.000,00Rp 30.400,00Rp 369.000,00Rp 14.900,00Rp 415.000,00Rp 13.500,00Rp 5.200,00Rp 210.000,00Rp 230.000,00Rp 250.000,00
Bentuk produk Drops DropsSpray DropsDropsDropsDrops DropsDropsSpray
Bahan aktif Apricot kernel oil, eucalyptus globulus essential oilNatrium docusate Tidak ada Boric acid, zinc sulphateCarbamide peroxideThymol, oleum menthae, oleum camphoraPhenol glycerol Glycerin, sodium bicarbonateArachis oil, chlorbutanol Tea tree oil, Aloe vera, lemon, chamomile, marigold, mallow
Fungsi Melarutkan kotoran telinga dan melindungi telinga dengan antiseptik alami Membantu melunakkan kotoran telingaMembersihkan kotoran telinga yang menumpuk Membantu melunakkan kotoran agar mudah dikeluarkan, mengobati iritasi pada telinga, membantu mengobati infeksi Membantu membersihkan kotoran telinga dengan aman Melunakkan kotoran telinga, mencegah infeksi telingaMembersihkan telinga bagian luar dan bagian tengah Melunakkan dan mengeluarkan kotoran telinga yang menyumbat, melarutkan serta mengeluarkan kotoran telinga yang kering dan kerasMelunakkan kotoran telinga, membersihkan saluran telingaMembersihkan kotoran telinga
Kontraindikasi Tidak disebutkan Perforasi atau kebocoran membran timpani, inflamasi pada telingaTidak disebutkan Hipersensitif terhadap bahan dalam produk iniTidak disebutkan Hipersensitif terhadap bahan dalam produk ini, perforasi atau kebocoran gendang telinga Hipersensitif terhadap bahan dalam produk ini Cedera telinga, iritasi telinga, setelah operasi telinga, bayi, timbul kondisi tidak nyaman usai memakai produk Hipersensitif terhadap bahan dalam produk ini, radang telinga luar (otitis externa), dermatitis sebhorreic atau eksem (eczema) pada telinga, perforasi gendang telinga, inflamasi atau infeksi telingaTidak disebutkan
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba

Tips dari dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba

Jumlah dan tekstur kotoran telinga berbeda pada setiap orang. Bahkan pada satu orang, kondisi telinga kanan dan kiri bisa berbeda. Liang telinga tiap orang mempunyai lekukan dan model yang berbeda. Model tersebut mulai dari liang telinga sempit dan menanjak, lapang dan lurus, sempit dan berkelok.


Tekstur kotoran telinga tiap orang juga berbeda, di antaranya lengket, kering, dan lunak basah. Tekstur lunak basah yaitu tekstur lengket dan lunak yang akan cenderung mudah terdorong otomatis ke dalam telinga meskipun tidak dikorek. Kotoran dengan tekstur lunak basah akan mudah mengembang apabila terkena air, misalnya saat mandi atau berenang.


Normalnya, kotoran akan dibawa oleh bulu telinga untuk keluar. Namun, pada telinga yang memproduksi banyak kotoran atau tekstur lengket, proses pembuangan kotoran sulit terjadi sehingga kotoran menumpuk. Pada kondisi ini, sebaiknya ke dokter spesialis THT untuk dibersihkan. 


Terkadang untuk beberapa model, kotoran akan makin lengket dan menumpuk setelah ditetesi. Hindari mengorek dan mengucek telinga, apalagi memasukkan air ke telinga. Hal tersebut cenderung membuat kotoran telinga makin mengembang dan tertutup. Sebaiknya periksakan telinga 6–7 bulan sekali.

Baca juga produk perawatan telinga lainnya di sini

Telinga termasuk anggota tubuh yang mungkin sering luput dari perhatian. Padahal, seperti bagian badan lainnya, telinga juga perlu dirawat bila ingin tetap sehat. Selain menggunakan cairan pembersih telinga, kebersihan organ ini dapat dirawat dengan alat. Jika Anda tertarik mencari tahu lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Mengingat pentingnya peranan telinga, Anda perlu cermat memilih cairan pembersihnya supaya terhindar dari reaksi yang tidak diinginkan. Sebelum membeli cairan pembersih telinga, Anda dapat mempertimbangkan poin-poin cara memilih di atas. Harapannya, Anda dapat menemukan produk pembersih telinga yang aman dan efektif. 


Selamat memilih cairan pembersih telinga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika muncul perasaan tidak nyaman usai memakai cairan pembersih telinga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, atau meriang? Jika ya, mungkin Anda sedang terkena flu. Anda perlu segera mengonsumsi obat flu yang bagus. Anda bisa menemukan beragam obat flu di pasaran. Ada jenis obat flu biasa, obat flu dan batuk, hingga obat flu yang tidak menyebabkan kantuk.Kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli obat flu. Anda juga dapat menyimak rekomendasi obat flu, mulai dari produk dari merek Panadol, Bodrex, Procold, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
    552.791 Views
  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak bisa lebih sering mengalami pilek. Pilek biasanya menjadi alasan utama anak berobat ke dokter atau tidak masuk sekolah. Sebagai orang tua, penting sekali bagi Anda mengenali pilihan obat pilek untuk anak.Di pasaran tersedia berbagai merek obat pilek, antara lain Rhinos Junior, Proris, serta Purekids. Supaya memudahkan Anda memilih obat pilek untuk anak, berikut ini kami berikan tips memilihnya. Simak sampai akhir karena kami juga akan memberikan rekomendasi obat pilek yang dapat Anda pilih. Selain itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
    82.305 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021)
    Nyeri otot dan sendi, pegal linu, serta otot kaku merupakan kondisi umum yang bisa menyerang seluruh bagian tubuh. Pada umumnya, kondisi ini bisa diobati dengan terapi atau dengan obat pegal linu di apotik. Namun, apakah Anda tahu cara memilih obat penghilang nyeri otot yang tepat?Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Counterpain, Panadol, dan Salonpas. Temukan juga tips tambahan dari dokter spesialis kedokteran dan olahraga, dr. Andhika Raspati. Baca juga cara memilih obat pereda nyeri otot yang sesuai dengan kondisi Anda. Silakan disimak!
    Obat-obatan
    270.930 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Produk-produk dari merk ternama, seperti Insto, Rohto, serta Visine pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
    163.520 Views
  • 10 Rekomendasi Lotion Anti Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lotion Anti Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Denging suara nyamuk yang beterbangan bisa mengganggu tidur. Apalagi ditambah gigitannya yang menyebabkan bentol dan gatal. Tak hanya itu, nyamuk juga bisa menjadi sumber penyakit seperti malaria atau demam berdarah. Salah satu cara untuk mengusir nyamuk pergi adalah dengan memakai losion antinyamuk.Ada banyak losion antinyamuk yang memiliki keunggulannya masing-masing, sebut saja Soffel, Autan, atau Caladine. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih losion antinyamuk serta merekomendasikan beberapa produk terbaik. Jadikanlah artikel ini sebagai acuan untuk menemukan losion antinyamuk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Obat-obatan
    45.678 Views
  • 10 Obat Diare - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Diare - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    Ada berbagai jenis gejala diare yang umum dialami orang, seperti mencret, mual, dan sakit perut. Obat diare biasanya ampuh mengatasi gejala-gejala tersebut. Untungnya, kini Anda bisa mendapatkan obat diare di warung ataupun di apotik. Agar tidak salah pilih, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat diare terbaik untuk dewasa dan anak.Produk-produk dari sejumlah merk terkenal, seperti Norit, Diatabs, Entrostop, dan Diapet juga akan kami rekomendasikan. Tidak lupa, temukan juga tips tambahan dari dokter umum, Annisa, di artikel ini. Pastikan Anda menyimaknya karena informasi ini akan berguna untuk Anda!
    Obat-obatan
    213.675 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Kimia Farma (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Kimia Farma (Terbaru Tahun 2021)
    Obat-obatan dan suplemen merupakan produk penting untuk menunjang kesehatan sehari-hari. Di antara banyaknya produsen obat-obatan yang ada, Kimia Farma merajai pasar di Indonesia. Produk-produk dari Kimia Farma dapat Anda temukan di apotek Kimia Farma terdekat sampai e-commerce.Kali ini kami akan memberikan tips dalam memilih produk Kimia Farma. Agar Anda lebih mengenal produknya, simaklah rekomendasi produk yang kami sajikan. Marcks, Venus, Asifit, Magasida, sampai Fituno ada dalam rekomendasi kami. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya.
    Obat-obatan
    2.607 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori