• 10 Rekomendasi Saxophone Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Saxophone Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Saxophone Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Saxophone Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Saxophone Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Saxophone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Saxophone termasuk alat musik melodis yang dimainkan dengan cara ditiup. Instrumen ini dipopulerkan oleh artis-artis ternama dalam dunia musik jazz, seperti Sidney Bechet dan Kenny G. Saxophone yang dijual di Indonesia hadir dalam berbagai jenis ukuran, harga, serta fitur. Namun, manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda?


Kali ini, kami akan mengulas cara memilih alat musik saxophone yang bagus. Kami juga akan membagi sepuluh rekomendasi produk saxophone dari merk terkenal, seperti Yamaha, Conn-Selmer, dan lainnya. Simaklah artikel ini sampai akhir untuk mendapatkan produk yang paling tepat untuk Anda.

  • Pembaharuan terakhir: 09 April 2021
Daftar isi

Cara memilih saxophone terbaik

Ada empat tipe saxophone yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Saat memilih saxophone, selain tipenya, Anda juga perlu memperhatikan komponennya. Yuk, ikuti ulasan berikut ini untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap!

Pilihlah berdasarkan tipenya

Empat tipe saxophone yang akan sering Anda temukan adalah sopran, alto, tenor, dan baritone. Ada pula saxophone yang berukuran kecil untuk memudahkan pembawaannya. Berikut ini, kami akan menjelaskan perbedaan dari masing-masing tipe.

Saxophone sopran: Untuk musisi yang berpengalaman

Saxophone sopran: Untuk musisi yang berpengalaman

Keempat tipe saxophone memiliki sistem penempatan jari yang mirip. Perbedaannya hanya ada pada nada suara yang dihasilkan. Saxophone sopran adalah tipe yang paling kecil dan memiliki nada yang paling tinggi. Oleh karena itu, tipe ini sering disebut sebagai baby saxophone. Ukurannya yang kecil juga membuatnya sulit untuk dimainkan.


Anda perlu mengontrol otot muka dengan baik untuk bisa meniup ke dalam mini mouthpiece-nya. Pemain yang belum bisa menguasai teknik pernapasan akan kesulitan untuk membuat bunyi yang konsisten dengan saxophone ini. Oleh sebab itu, tipe ini direkomendasikan untuk musisi yang sudah berpengalaman.


Saxophone ini kurang cocok untuk penggunaan di luar musik klasik dan jazz karena nadanya yang tinggi. Selain itu, bentuknya juga ada tiga macam, yakni lurus, melengkung, atau lurus dengan leher yang melengkung.

Saxophone alto: Instrumen favorit pemain pemula

Saxophone alto: Instrumen favorit pemain pemula

Saxophone alto adalah tipe yang paling populer. Saxophone ini mudah dibawa dan tidak membutuhkan tenaga yang banyak untuk menghasilkan suara. Tipe ini juga lebih terjangkau, baik dari segi harga maupun ketersediaannya. Ukurannya pun pas untuk anak kecil.


Faktor-faktor tersebut menjadikan saxophone ini instrumen favorit pemain pemula. Saxophone alto juga memiliki nada yang lebih rendah daripada saxophone sopran. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakannya untuk beragam genre musik, seperti rock dan pop.

Saxophone tenor: Suaranya pas untuk musik jazz

Saxophone tenor: Suaranya pas untuk musik jazz

Ini dia saxophone yang paling pas untuk penggemar musik jazz. Saxophone tenor memiliki bobot dan ukuran yang lebih besar daripada saxophone alto. Nadanya pun lebih rendah. Beberapa tokoh penting dalam dunia musik jazz, seperti John Coltrane, menggunakan tipe ini sebagai instrumen utama mereka.


Saat memilih tipe ini, pastikan bahwa bodinya terbuat dari bahan yang tahan lama. Akan lebih baik lagi jika ada lapisan pernis pada bodinya sebab tipe ini mudah tergores.

Saxophone baritone: Melengkapi orkestra dan drumben

Saxophone baritone: Melengkapi orkestra dan drumben

Bagi Anda yang menyukai bunyi yang mellow, seperti pada gitar bass, tipe ini cocok untuk Anda. Saxophone baritone adalah tipe yang paling besar dengan nada terendah dari keempat tipe yang telah dibahas.


Tingkat kesulitan bermainnya tidak beda jauh dengan saxophone tenor. Akan tetapi, bobot serta ukurannya yang besar menjadi tantangan untuk pemain pemula. Instrumen ini biasanya dipakai dalam orkestra, drumben, dan musik jazz.


Nadanya yang rendah membuatnya sulit untuk diterapkan pada jenis musik lainnya. Namun, ada sejumlah musisi modern yang telah memilih saxophone baritone sebagai instrumen utama mereka, seperti Leo P. Jika Anda tertarik dengan tipe ini, beberapa merek saxophone baritone bisa Anda temukan di toko-toko online.

Saxophone mini: Lebih portabel dan praktis

Saxophone mini adalah alat musik yang berbeda total dengan keempat saxophone di atas. Ukuran serta cara memainkannya sama seperti recorder. Namun, suaranya mirip dengan saxophone. Instrumen ini bisa menjadi alternatif jika Anda tidak ingin repot membawa alat musik yang berat ke mana-mana.

Cek bagian tombol jari

Sistem tombol jari pada saxophone memiliki beragam komponen, seperti pegas dan tombol klep. Komponen-komponen tersebut berdampak pada pengalaman bermain Anda. Oleh karena itu, simaklah bagian di bawah ini untuk mengetahui cara memilih saxophone yang enak dipakai.

Pastikan bahan pegas yang digunakan

Tombol jari pada saxophone dikendalikan dengan pegas. Pegas bisa terbuat dari beraneka macam bahan, seperti blue steel, stainless steel, hardened steel, dan lainnya. Bahan pegas sangatlah penting karena ketegangannya berdampak pada kemudahan bermain. Ketegangan pegas yang kurang optimal membuat tombol sulit untuk dipencet.


Dari segi ketegangan, pegas blue steel atau blue needle adalah pilihan terbaik. Tipe ini juga tidak mudah karatan. Sementara itu, stainless steel antikarat, tetapi kurang elastis. Hardened steel juga cukup bagus untuk dipilih karena tidak rentan terhadap karatan dan elastis.

Pilihlah tombol klep berbahan mutiara untuk tampilan yang elegan

Bahan tombol klep tidak hanya membuat saxophone Anda terlihat lebih indah, tetapi juga meningkatkan kenyamanan bermain. Dua tipe tombol klep yang paling sering ditemukan adalah polyester dan mother of pearl atau mutiara.


Bahan mutiara memiliki permukaan yang mulus dan sedikit dingin saat disentuh. Jari tidak akan terasa lengket meskipun Anda bermain untuk waktu yang lama.

Pertimbangkan gaya penempatan tombol jari

Gaya penempatan tombol jari saxophone bisa dibagi menjadi dua macam, yakni ribbed construction dan post to body construction. Pada ribbed construction, semua tombol jari diamankan ke sebuah pelat kuningan sebelum dipasang ke bodi saxophone.


Pelat tersebut menambahkan bobot saxophone, tetapi juga menghasilkan timbre yang lebih hangat. Jika semua tombol jari dibuatkan langsung pada bodi saxophone, ini disebut sebagai post to body construction. Tipe ini lebih ringan sehingga cocok untuk anak kecil dan pemain pemula.

Pilihlah reed yang berkualitas

Instrumen, seperti saxophone dan trombone termasuk alat musik tiup. Kategori ini bisa dibagi lagi menjadi dua keluarga, yakni alat musik woodwind (kayu) dan brass (logam). Saxophone adalah alat musik woodwind meskipun terbuat dari logam. Hal ini dikarenakan saxophone membutuhkan reed untuk bisa mengeluarkan suara.


Reed adalah sebuah serpihan yang terbuat dari tebu, plastik, atau logam dan dimasukkan ke dalam mouthpiece. Serpihan ini akan bergetar ketika ditiup dan berdampak pada karakteristik suara yang dihasilkan saxophone Anda. Reed bisa dibagi menjadi sembilan tingkat (1, 1,5, hingga 5) berdasarkan ketebalannya.


Reed yang tipis (tingkat 2 atau 2,5) lebih mudah dipakai dan menghasilkan warna suara yang terang. Sementara itu, reed yang tebal (tingkat 4 hingga 5) membuat suara yang hangat dan keras. Selalu gunakan reed yang berkualitas dan jangan lupa untuk menggantikannya secara reguler. Sesuaikan juga ketebalan reed dengan bentuk mouthpiece pada saxophone Anda.

Perhatikan bahan pernis yang dipakai

Bahan pernis adalah topik yang sering diperdebatkan dalam komunitas pemain saxophone. Ada yang percaya bahwa bahan pernis akan berdampak pada timbre yang dihasilkan. Ada pula yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan antara saxophone dengan pernis dan yang tanpa pernis. 


Kami merekomendasikan produk dengan pernis karena dapat melindungi saxophone dari goresan sehingga lebih tahan lama. Pilihlah bahan pernis sesuai preferensi warna dan timbre Anda. Bahan pernis yang paling sering ditemukan adalah emas, nikel, kuningan, vintage, dan antique. Anda juga bisa pertimbangkan bahan pernis premium dengan warna-warna yang menarik, seperti hitam, maroon, dan putih.


Mayoritas saxophone untuk pemula menggunakan pernis emas karena menghasilkan bunyi yang kaya akan overtone. Sementara itu, saxophone dengan lapisan pernis hitam akan memberikan suara dengan nada yang lebih rendah serta timbre yang gelap.

10 Rekomendasi saxophone terbaik

Apakah Anda sudah memahami fitur-fitur dari saxophone? Jika sudah, selanjutnya kami akan memperkenalkan sepuluh produk saxophone untuk pertimbangan Anda. Bacalah dengan saksama dan pilihlah yang paling tepat!

10
Tipe saxophoneMini
KunciG
Bahan pernisTidak ada
Bahan tombol klepTidak ada
Bahan pegasTidak ada
Gaya penempatan tombol jariTidak ada
9

Roy BensonBb-Soprano Saxophone

SG-302

Mulai dari Rp 9.870.000,00

Tipe saxophoneSoprano
KunciBb
Bahan pernisTidak disebutkan
Bahan tombol klepTidak disebutkan
Bahan pegasHardened steel
Gaya penempatan tombol jariRibbed
8

MandalikaAlto Saxophone

MASG-01

Mulai dari Rp 5.700.000,00

Tipe saxophoneAlto
KunciTidak disebutkan
Bahan pernisEmas
Bahan tombol klepTidak disebutkan
Bahan pegasTidak disebutkan
Gaya penempatan tombol jariTidak disebutkan
7

JupiterBaritone Saxophone

JBS-593GL/JBS1000

Mulai dari Rp 58.900.000,00

Tipe saxophoneBaritone
KunciEb
Bahan pernisEmas
Bahan tombol klepTidak disebutkan
Bahan pegasBlue steel
Gaya penempatan tombol jariTidak disebutkan
6
Tipe saxophoneAlto
KunciEb
Bahan pernisKuningan
Bahan tombol klepTidak disebutkan
Bahan pegasTidak disebutkan
Gaya penempatan tombol jariTidak disebutkan
5

Conn-SelmerPrelude Tenor Saxophone

TS710

Mulai dari Rp 6.300.000,00

Tipe saxophoneTenor
KunciTidak disebutkan
Bahan pernisEmas
Bahan tombol klepTidak disebutkan
Bahan pegasTidak disebutkan
Gaya penempatan tombol jariRibbed
4

JupiterTenor Saxophone

JTS500

Mulai dari Rp 19.836.000,00

Tipe saxophoneTenor
KunciBb
Bahan pernisEmas
Bahan tombol klepTidak disebutkan
Bahan pegasStainless steel
Gaya penempatan tombol jariTidak disebutkan
3
Tipe saxophoneRecorder Saxophone
KunciC
Bahan pernisTidak ada
Bahan tombol klepTidak ada
Bahan pegasTidak ada
Gaya penempatan tombol jariTidak ada
2

ChateauValencay Alto Sax Obsidian

CAS-22

Mulai dari Rp 5.440.400,00

Tipe saxophoneAlto
KunciEb
Bahan pernisNikel
Bahan tombol klepMother of Pearl
Bahan pegasTidak disebutkan
Gaya penempatan tombol jariRibbed
1
Tipe saxophoneAlto
KunciEb
Bahan pernisEmas
Bahan tombol klepPolyester
Bahan pegasStainless steel
Gaya penempatan tombol jariPost to body

Tabel perbandingan produk saxophone terbaik

Gambar produk
1
Yamaha Alto Saxophone 1

Yamaha

2
Chateau Valencay Alto Sax Obsidian 1

Chateau

3
Yamaha Venova 1

Yamaha

4
Jupiter Tenor Saxophone 1

Jupiter

5
Conn-Selmer Prelude Tenor Saxophone 1

Conn-Selmer

6
Ida Maria Grassi School Eb Alto Sax 1

Ida Maria Grassi

7
Jupiter Baritone Saxophone 1

Jupiter

8
Mandalika Alto Saxophone 1

Mandalika

9
Roy Benson Bb-Soprano Saxophone 1

Roy Benson

10
LittleSax 11-Hole LittleSax 1

LittleSax

Nama produk

Alto Saxophone

Valencay Alto Sax Obsidian

Venova

Tenor Saxophone

Prelude Tenor Saxophone

School Eb Alto Sax

Baritone Saxophone

Alto Saxophone

Bb-Soprano Saxophone

11-Hole LittleSax

Keunggulan

Produk paling populer di kalangan pemain pemula

Tampil elegan dengan warna abu-abu metalik, why not?

Bermain saxophone kini semudah memainkan recorder!

Tampilan glamor dengan suara yang kaya akan overtone

Wajib dicoba oleh para newbie saxophone tenor

Suaranya jernih dengan timbre yang terang

Kuat dan tahan lama, cocok untuk drumben

Solusi antirepot untuk Anda yang membutuhkan saxophone

Tombolnya responsif, lebih mudah dimainkan!

Gaya penempatan jari dan bentuk yang praktis

Harga mulai dariRp 13.499.000,00Rp 5.440.400,00Rp 11.990.000,00Rp 19.836.000,00Rp 6.300.000,00Rp 5.340.000,00Rp 58.900.000,00Rp 5.700.000,00Rp 9.870.000,00Rp 295.000,00
Tipe saxophoneAltoAltoRecorder SaxophoneTenorTenorAltoBaritoneAltoSopranoMini
KunciEbEbCBbTidak disebutkanEbEbTidak disebutkanBbG
Bahan pernisEmasNikelTidak adaEmasEmasKuninganEmasEmasTidak disebutkanTidak ada
Bahan tombol klepPolyesterMother of PearlTidak adaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak ada
Bahan pegasStainless steelTidak disebutkanTidak adaStainless steelTidak disebutkanTidak disebutkanBlue steelTidak disebutkanHardened steelTidak ada
Gaya penempatan tombol jariPost to bodyRibbedTidak adaTidak disebutkanRibbedTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanRibbedTidak ada
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk instrumen jazz lainnya di sini!

Saxophone adalah salah satu alat musik esensial dalam musik jazz. Namun, ada juga instrumen lain, seperti gitar dan piano, yang membuat musik jazz menjadi makin dinamis. Jika Anda tertarik untuk mencoba instrumen jazz lainnya, jangan lupa untuk mengecek link di bawah ini!

Kesimpulan

Saxophone adalah instrumen yang bisa Anda temukan dalam musik orkestra, drumben, dan jazz. Ada empat tipe yang sering dipakai, yaitu sopran, alto, tenor, dan baritone. Sekarang ini, juga mulai muncul saxophone yang berukuran mini untuk Anda yang suka bepergian.


Dua bagian saxophone yang paling penting adalah reed dan tombol jari. Sesuaikan fitur tombol jari dengan lingkungan serta preferensi Anda. Jangan lupa untuk menggunakan reed yang berkualitas. Selamat bermain!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merk terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk terbaik, ya!
    Musik
  • 10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2021)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi gitar akustik yang bagus untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Simak sampai akhir, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2021)
    10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2021)
    Senar berperan penting dalam hasil suara gitar akustik. Jenisnya pun beragam, ada yang berbahan phosphor bronze, 80/20 bronze, dengan ketebalan yang juga berbeda-beda. Bingung harus memilih yang mana?Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan Anda cara memilih senar untuk gitar akustik. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan kepada Anda rekomendasi produk yang bagus seperti merek Martin, Elixir, dan D'Addario. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Memilih senar yang tepat akan membuat pertunjukan Anda makin istimewa!
    Musik
  • 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2021)
    Pianika adalah jenis alat musik tiup yang biasanya digunakan oleh siswa TK hingga SMP. Sebagai alat musik yang mudah dimainkan, pianika merupakan pilihan tepat bagi Anda yang baru mulai belajar bermain alat musik. Kali ini, kami akan membahas cara memilih pianika yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasi produk pianika terbaik bagi Anda. Berbagai merek terkenal seperti Yamaha dan Suzuki akan kami hadirkan di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Tetaplah membaca dan temukan pianika yang paling pas untuk anak Anda!
    Musik
  • 10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda pencinta musik, Anda pasti pernah terpikir untuk memiliki MP3 player. Ada banyak merk MP3 player yang bagus beredar di pasaran, seperti Sony, HIDIZS, dan Pioneer. Anda tentu menginginkan MP3 player yang kualitas suaranya mumpuni, baterainya tahan lama, dan kapasitasnya besar, bukan? Kira-kira, Anda akan membeli MP3 Bluetooth atau MP3 dengan tipe koneksi yang lain?Untuk membantu Anda, kali ini kami memperkenalkan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh produk MP3 player. Kami akan mengulas produk dari segi fitur, harga, dan yang lainnya. Simak dan temukan MP3 player terbaik idaman Anda!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Tamborin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tamborin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tamborin adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul atau digoyang. Instrumen ini sering dipakai dalam berbagai genre musik, seperti pop, folk, rock, R&B, klasik, bahkan musik rohani. Namun, karena bentuknya yang sederhana, terkadang sulit untuk menentukan tamborin mana yang berkualitas. Apakah Anda merasa bingung saat harus memilihnya?Kali ini, kami akan membagi tips cara memilih tamborin yang bagus. Setelah itu, Anda bisa pertimbangkan sepuluh produk rekomendasi kami dari Remo, Meinl, dan merk terkenal lainnya. Simak sampai akhir untuk menemukan tamborin yang Anda butuhkan!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori