• 10 Flute Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Flute Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Flute Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Flute Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Flute Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Flute Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2021)

Flute merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Mungkin Anda sering memainkannya waktu kecil atau pernah mendengarnya pada pertunjukan gamelan. Setiap budaya memiliki flute atau seruling khas tersendiri. Saking banyaknya variasi flute, Anda mungkin bingung ketika memilihnya.


Kami akan memperkenalkan aneka macam flute beserta karakteristiknya. Selain itu, kami akan berbagi tips cara memilih flute yang bagus, serta produk rekomendasinya. Anda bisa memilih dari merek terkenal, seperti Yamaha dan Conn-Selmer, juga seruling produk asli Nusantara! Artikel ini sudah ditinjau oleh music composer kami, Joshua Pandu.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Joshua Pandu
  • Pembaharuan terakhir: 21 Oktober 2021
Daftar isi

Profil pakar: Music composer dan arranger, Joshua Pandu

Profil pakar: Music composer dan arranger, Joshua Pandu
Joshua Pandu
Music composer dan tech & audio enthusiast
Joshua Pandu

Joshua mulai bermain piano klasik sejak usia 6 tahun. Ia berpengalaman kerja mengajar piano di Yamaha sebelum melanjutkan studi bidang music composing and arranging di Jepang.

Joshua sudah mengenal dan merakit komputer pertamanya ketika masih di bangku SD secara otodidak. Ia juga mempunyai hobi overclocking dan jual beli parts komputer di waktu senggangnya. Pria yang merupakan seorang tech enthusiast ini juga hobi mengikuti perkembangan teknologi, mulai dari smartphone hingga VR.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih flute

Flute dibuat dengan menggunakan beberapa macam bahan, seperti logam, bambu, kayu, dan plastik. Masing-masing bahan menentukan karakter suara dan kecocokannya dengan jenis melodi tertentu. Untuk dapat menemukan flute yang tepat, pahamilah terlebih dahulu karakternya. Yuk, kita mulai pembahasannya!

Sesuaikan bahan flute dengan gaya musik yang akan Anda mainkan

Setiap flute mengeluarkan suara khas yang mewakili gaya musik dari tempat asal flute tersebut. Contohnya, flute yang digunakan untuk orkestra belum tentu bisa menghasilkan musik tradisional India sebaik suling bansuri. Oleh karena itu, pilihlah sesuai dengan jenis musik yang ingin Anda mainkan.

Untuk musik orkestra Barat, pilih flute berbahan logam

Pada zaman dahulu, flute terbuat dari tulang hewan dan tanaman. Namun, pada abad ke-19, seorang pria bernama Theobald Boehm berhasil menginovasikan flute logam yang kita kenal sekarang. Flute logam ada lima macam, yaitu piccolo, concert flute (C flute), alto flute, bass flute, dan contrabass. Lima flute ini juga disebut sebagai Western concert flute dan dipakai untuk musik orkestra, jazz, dan lainnya.


Sebagai tambahan, pilihlah flute logam yang dilengkapi lubang tertutup serta split E mechanism. Terkadang sulit untuk memastikan apakah lubang kunci sepenuhnya tertutup dengan jari. Fitur lubang tertutup memudahkan Anda saat bermain karena Anda hanya perlu menekan sedikit untuk menutup lubang tersebut. Sementara itu, split E mechanism membantu Anda untuk memainkan not High E.

Untuk memainkan melodi khas Asia, gunakan flute berbahan bambu

Untuk memainkan melodi khas Asia, gunakan flute berbahan bambu

Bamboo flute biasanya ditemukan di negara tropis, tetapi tipe ini juga cukup terkenal di negara-negara Asia. Bansuri, shakuhachi, dan shinobue adalah beberapa contoh suling bambu. Chinese flutes, seperti dizi dan xiao, juga masuk dalam kategori ini.


Bansuri flute merupakan alat musik khas dari negara India. Suling ini sering disebut sebagai suling dewa Krishna sehingga dipercaya memiliki kekuatan mistis. Tipe ini cocok bagi Anda yang suka mendengar musik klasik India utara dan musik Bollywood.


Shakuhachi dan shinobue berasal dari Jepang dan menghasilkan melodi menenangkan yang pas untuk meditasi. Sejarah shakuhachi pun cukup unik karena alat ini bukan hanya sebuah instrumen, melainkan senjata! Sementara itu, shinobue sering menemani musik drum untuk merayakan mulainya musim tanam padi.


Xiao adalah salah satu instrumen tertua di Tiongkok. Ribuan tahun yang lalu, suling ini dibuat dengan tulang burung, tetapi sekarang menggunakan bambu. Di sisi lain, dizi adalah alat musik yang sering dipakai dalam musik opera Tiongkok.

Untuk musik etnis Eropa dan Amerika utara, utamakan flute berbahan kayu

Untuk musik etnis Eropa dan Amerika utara, utamakan flute berbahan kayu

Tiga contoh wooden flutes yang terkenal adalah Native American flute, Irish flute, dan pan flute atau panpipes. Native American flute adalah suling yang digunakan oleh orang suku Indian. Bunyinya yang menenangkan dipercaya dapat menyehatkan tubuh dan jiwa.


Kata Irish flute merujuk pada dua jenis instrumen yang berbeda, yaitu wooden Irish flute dan tin whistle. Tin whistle sebenarnya terbuat dari logam, tetapi lebih mudah dimainkan. Harganya tak terlalu tinggi sehingga cocok bagi Anda yang sedang belajar memainkan gaya musik Irlandia dan Skotlandia.


Pan flute terdiri dari beberapa pipa bambu atau kayu dengan satu ujung tertutup. Alat musik ini tidak memiliki lubang pada bodinya sehingga bunyinya bergantung pada cara Anda meniupnya. Selain itu, makin panjang pipanya, makin rendah nada yang dihasilkan.


Di sisi lain, cukup sulit untuk mendapatkan produk yang benar-benar terbuat dari kayu. Untuk mendapatkan suling khas suku Indian yang asli, mungkin Anda perlu berkunjung langsung ke tempat asalnya. Sementara itu, Irish flute yang terbuat dari logam juga lebih mudah didapatkan di toko-toko alat musik, baik yang online maupun yang konvensional.

Telitilah kualitas bahan yang digunakan untuk bodinya

Bahan dasar flute tak hanya berpengaruh pada tampilannya, tetapi juga karakter suara yang dihasilkannya. Saat memilih produk, pastikan juga kualitas dari bahan-bahan tersebut. Untuk selengkapnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Untuk flute berbahan logam, pilihlah yang terbuat dari perak

Untuk flute berbahan logam, pilihlah yang terbuat dari perak
Concert flute untuk para pemula biasanya terbuat dari bahan nikel lapis perak karena lebih mudah dimainkan. Bagi Anda yang sudah berpengalaman, pilihlah flute berbahan perak karena suaranya lebih merdu meskipun harganya sedikit lebih tinggi.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa memilih produk dengan lip plate-nya saja yang terbuat dari perak. Selain perak, ada juga concert flute yang memiliki bodi emas maupun platinum. 

Pastikan flute bambu Anda bebas goresan dan tidak lentur

Pastikan flute bambu Anda bebas goresan dan tidak lentur

Saat memilih bamboo flute, pastikan bahwa suling bebas goresan dan lekukan. Selain itu, ada baiknya Anda memverifikasi jenis bambu yang dipakai untuk membuat suling tersebut. Bambu dengan kualitas yang rendah lebih rentan lentur. Jika bambu ini digunakan, flute Anda akan mulai melengkung dan suaranya dapat berubah. Pilihlah flute yang terbuat dari bambu berkualitas.

10 Rekomendasi flute terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk flute terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Joshua Pandu.

10
Bahan fluteBambu
Gaya musikTradisional Indonesia
Tangga nadaTidak disebutkan
9
Bahan flutePlastik PVC
Gaya musikTradisional Timur Tengah
Tangga nadaTidak disebutkan
8

Traditional Handmade Chinese Dizi Bamboo Flute

Mulai dari Rp 175.500,00

Bahan fluteBitter bamboo
Gaya musikTradisional Tiongkok
Tangga nadaMayor
7

Shakuhachi_inaShakuhachi 1.8 Bamboo Flute 5 Lubang

Mulai dari Rp 783.300,00

Bahan fluteBambu
Gaya musikTradisional Jepang
Tangga nadaMinor
6
Bahan fluteKuningan
Gaya musikTradisional Celtic
Tangga nadaMayor
5

Jupiter700 Series C Flute

JFL700/JFL511S

Mulai dari Rp 8.060.000,00

Bahan fluteNikel lapis perak
Gaya musikBarat
Tangga nadaMayor
4

Conn-Selmer Prelude Piccolo

PC710

Mulai dari Rp 4.990.000,00

Bahan fluteNikel lapis perak dan plastik
Gaya musikBarat
Tangga nadaMayor
3
Bahan fluteBambu
Gaya musikTradisional Indonesia
Tangga nadaTidak disebutkan
2
Bahan fluteABS Resin
Gaya musikBarat
Tangga nadaMayor
1
Bahan fluteNikel lapis perak
Gaya musikBarat
Tangga nadaMayor

Tabel perbandingan produk flute terbaik

Gambar produk
1
Yamaha Student Flute 1

Yamaha

2
Yamaha Recorder 1

Yamaha

3
Suling Bansi Minang 1

4
Conn-Selmer  Prelude Piccolo 1

Conn-Selmer

5
Jupiter 700 Series C Flute 1

Jupiter

6
Feadóg Brass D Whistle 1

Feadóg

7
Shakuhachi_ina Shakuhachi 1.8 Bamboo Flute 5 Lubang 1

Shakuhachi_ina

8
Traditional Handmade Chinese Dizi Bamboo Flute 1

9
Suling Ney 1

10
Suling Bambu Bali Motif Wayang 1

Nama produk

Student Flute

Recorder

Suling Bansi Minang

Prelude Piccolo

700 Series C Flute

Brass D Whistle

Shakuhachi 1.8 Bamboo Flute 5 Lubang

Traditional Handmade Chinese Dizi Bamboo Flute

Suling Ney

Suling Bambu Bali Motif Wayang

Keunggulan

Dilengkapi tiga fitur untuk memudahkan penempatan jari

Recorder yang nyaman dan mudah dimainkan

Suling khas Indonesia dengan bunyi harmonis

Piccolo flute yang tahan lama untuk musisi berpengalaman

Susah meniup flute? Produk ini solusinya!

Mainkan musik yang ceria untuk menghidupkan suasana!

Shakuhachi lapis pernis untuk nada yang seimbang

Suara jernih yang menyatu baik dalam ansambel

Bunyi mellow yang pas untuk pembacaan puisi

Bermotif wayang, cocok juga sebagai suvenir

Harga mulai dariRp 6.999.000,00Rp 29.500,00Rp 308.000,00Rp 4.990.000,00Rp 8.060.000,00Rp 225.000,00Rp 783.300,00Rp 175.500,00Rp 70.000,00Rp 24.000,00
Bahan fluteNikel lapis perakABS ResinBambuNikel lapis perak dan plastikNikel lapis perakKuninganBambuBitter bambooPlastik PVCBambu
Gaya musikBaratBaratTradisional IndonesiaBaratBaratTradisional CelticTradisional JepangTradisional TiongkokTradisional Timur TengahTradisional Indonesia
Tangga nadaMayorMayorTidak disebutkanMayorMayorMayorMinorMayorTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk recorder lainnya di sini

Satu jenis flute yang populer dalam kalangan pemain pemula adalah recorder. Bagi Anda yang tertarik belajar, jangan lupa untuk mengunjungi artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Flute termasuk alat musik melodis yang ditiup untuk mengeluarkan suara. Alat musik berbentuk silinder ini bisa terbuat dari kayu, bambu, logam, atau bahan lainnya. Ukuran serta tangga nada yang bisa dimainkannya pun bervariasi.


Instrumen ini bisa dipakai untuk beraneka ragam gaya musik dari penjuru dunia. Dari musik tradisional hingga orkestra, ada banyak style yang bisa Anda explore. Jadi, pilihlah jenis flute yang sesuai dengan kategori musik favorit Anda. 

Artikel terkait

  • 10 Piano Digital Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Piano Digital Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2021)
    Dengan piano digital, Anda bisa menggunakan headphone untuk berlatih sehingga suara piano tidak akan mengganggu orang lain. Harganya juga lebih terjangkau sehingga bisa cocok untuk anak-anak yang ingin belajar piano. Anda juga bisa explore berbagai genre musik.Nah, kami akan mengulas cara memilih piano digital. Setelah itu, kami juga akan mengulas sepuluh produk piano digital yang bagus. Ada piano digital dari merek terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Artikel ini sudah ditinjau oleh music composer kami, Joshua Pandu. Jadikan artikel ini sebagai referensi Anda saat memilih!
    Musik
  • 10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2021)
    10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda bercita-cita menjadi seorang musisi terutama gitaris, Anda tentunya membutuhkan perlengkapan musik yang memadai. Salah satu benda yang sangat penting saat bermain gitar adalah amplifier. Amplifier merupakan peralatan untuk memperkuat sinyal sehingga hasil suara lebih baik dan lebih keras.Ada beberapa merek amplifier yang terkenal seperti Marshall, Roland, dan Fender. Untuk Anda yang seorang pemula tentunya akan sulit untuk menemukan amplifier yang bagus. Oleh karena itu, kali ini kami memberikan Anda tips memilih amplifier terbaik serta merekomendasikan beberapa produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan.
    Musik
  • 10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2021)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi gitar akustik yang bagus untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Simak sampai akhir, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Harmonika merupakan alat musik tiup berukuran kecil, tetapi bersuara impresif. Meski bentuknya sederhana, harmonika menghasilkan nada yang kaya sehingga banyak digunakan di berbagai genre musik. Bagi Anda yang pemula, Anda mungkin masih bingung dalam mencari harmonika yang tepat.Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih harmonika terbaik dan merekomendasikan beberapa produknya. Di antaranya adalah Hohner, Seydel, Suzuki dan sebagainya. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bass Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Gitar bass merupakan gitar untuk mendukung musik pada satu band. Ada berbagai merk gitar bass berkualitas seperti Fender, Ibanez, Yamaha, dan lainnya. Akan tetapi, sebagai pemula Anda tentunya akan kebingungan untuk menentukan pilihan. Ada banyak yang harus dipertimbangkan ketika memilih gitar bass.Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih bass untuk pemula. Selain itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi bass yang bagus untuk pemula. Kami juga berkolaborasi dengan sound engineer sekaligus bassist, Dennis Novriandi, dalam artikel ini. Mari mainkan lagu favorit Anda dengan bass yang tepat!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ukulele merupakan alat musik petik sehingga untuk memainkannya Anda memerlukan senar yang baik dan sesuai. Akan tetapi, semakin lama senar ukulele akan menurun kualitasnya baik rutin digunakan maupun tidak. Karena itu, Anda perlu mengganti senar ukulele secara berkala. Namun, memilih pun sulit karena ada banyak jenis senar berdasarkan material dan suaranya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih senar ukulele. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk, seperti Aquila, Ibanez, D'Addario, dan sebagainya. Tak perlu menunggu lama, yuk langsung simak penjelasan kami selengkapnya!
    Musik
  • 10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    Musical instrument digital interface keyboard atau MIDI keyboard adalah alat musik digital yang dapat terhubung langsung dengan PC atau alat musik digital lainnya. MIDI keyboard atau MIDI controller berguna bila ingin memproduksi musik secara digital dengan PC atau tablet. Beberapa merk MIDI keyboard antara lain adalah M-Audio, Akai, dan Novation.Kami akan memperkenalkan cara memilih MIDI keyboard dan merekomendasikan beberapa produk yang bagus untuk Anda. Kami juga berkolaborasi dengan sound engineer Dennis Novriandi dalam artikel ini. Untuk yang baru pertama ingin membeli MIDI keyboard, jadikanlah artikel kami sebagai rujukan Anda!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Gitar Ibanez Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gitar Ibanez Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ingin mencari gitar elektrik dengan harga bersahabat, tetapi kualitasnya top? Gitar Ibanez adalah pilihan yang menarik. Gitar Ibanez dijual dengan harga yang bervariasi karena memiliki sub-brand berbeda-beda, misalnya Ibanez Prestige, Premium, atau Gio. Penasaran apa bedanya? Di artikel ini kami akan membahas tuntas tentang gitar buatan Jepang ini, mulai dari tips membelinya, ciri-ciri gitar Ibanez asli, bedanya Ibanez Jepang dan Indonesia, hingga rekomendasi produk original terbaiknya. Seri terkenal dari Ibanez seperti RG, Custom, dan S juga akan kami rekomendasikan di sini. Simak, yuk!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, ada beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, ada yang murah ada juga yang mahal. Hal ini tergantung dari merek dan kualitas dari gitar listrik itu sendiri.Apakah Anda sedang mencari gitar listrik terbaik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Kami juga memberikan sederet produk yang direkomendasikan. Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai panduan sebelum membeli. 
    Musik
  • 10 Drum Set Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Drum Set Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2021)
    Drum disebut sebagai jantung dari musik karena fungsinya untuk memberikan ritme. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih drum set yang bagus dan berkualitas. Anda juga bisa memilih drum set akustik ataupun drum set electric. Rentang harganya mulai dari jutaan sampai puluhan juta rupiah.Kali ini kami akan berbagi tips memilih drum set yang bagus untuk anak-anak, orang dewasa, pemula, bahkan expert. Yamaha, Sonor, dan Pearl adalah beberapa merek drum terkenal yang banyak dicari. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Simak sampai akhir, ya!
    Musik
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merk terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk terbaik, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
  • 10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Bukan hanya  di tempat hiburan atau studio musik saja, kini Anda pun dapat karaoke di rumah. Agar suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah microphone karaoke.Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih microphone karaoke yang bagus dari berbagai merk. Kami juga akan memberikan rekomendasi microphone karaoke mulai dari tipe wireless, Bluetooth, kabel, dan tipe kids atau anak. Microphone karaoke buatan Behringer, Sennheiser, dan SHURE pun akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2021)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi gitar akustik yang bagus untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Simak sampai akhir, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, ada beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, ada yang murah ada juga yang mahal. Hal ini tergantung dari merek dan kualitas dari gitar listrik itu sendiri.Apakah Anda sedang mencari gitar listrik terbaik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Kami juga memberikan sederet produk yang direkomendasikan. Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai panduan sebelum membeli. 
    Musik
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2021)
    10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2021)
    Senar berperan penting dalam hasil suara gitar akustik. Jenisnya pun beragam, ada yang berbahan phosphor bronze, 80/20 bronze, dengan ketebalan yang juga berbeda-beda. Bingung harus memilih yang mana?Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan Anda cara memilih senar untuk gitar akustik. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan kepada Anda rekomendasi produk yang bagus seperti merek Martin, Elixir, dan D'Addario. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Memilih senar yang tepat akan membuat pertunjukan Anda makin istimewa!
    Musik
  • 10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2021)
    10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda bercita-cita menjadi seorang musisi terutama gitaris, Anda tentunya membutuhkan perlengkapan musik yang memadai. Salah satu benda yang sangat penting saat bermain gitar adalah amplifier. Amplifier merupakan peralatan untuk memperkuat sinyal sehingga hasil suara lebih baik dan lebih keras.Ada beberapa merek amplifier yang terkenal seperti Marshall, Roland, dan Fender. Untuk Anda yang seorang pemula tentunya akan sulit untuk menemukan amplifier yang bagus. Oleh karena itu, kali ini kami memberikan Anda tips memilih amplifier terbaik serta merekomendasikan beberapa produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan.
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori