1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 Flute Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Flute Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Flute Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Flute Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Flute Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Flute Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Flute Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2023)

Flute merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Mungkin Anda sering memainkannya waktu kecil atau pernah mendengarnya pada pertunjukan gamelan. Setiap budaya memiliki flute atau seruling khas tersendiri. Saking banyaknya variasi flute, Anda mungkin bingung ketika hendak memilihnya.


Kami akan memperkenalkan aneka macam flute beserta karakteristiknya. Selain itu, kami akan berbagi tips cara memilih flute yang bagus serta produk rekomendasinya. Anda bisa memilih dari merek terkenal, seperti Yamaha dan Conn-Selmer, juga seruling produk asli Nusantara! Artikel ini sudah ditinjau oleh music composer kami, Joshua Pandu.
Diperbaharui 08-15-2022
Joshua Pandu
Pakar
Music composer dan tech & audio enthusiast
Joshua Pandu

Joshua mulai bermain piano klasik sejak usia 6 tahun. Ia berpengalaman kerja mengajar piano di Yamaha sebelum melanjutkan studi bidang music composing and arranging di Jepang. Joshua sudah mengenal dan merakit komputer pertamanya ketika masih di bangku SD secara otodidak. Ia juga mempunyai hobi overclocking dan jual beli parts komputer di waktu senggangnya. Pria yang merupakan seorang tech enthusiast ini juga hobi mengikuti perkembangan teknologi, mulai dari smartphone hingga VR.

Profil Joshua Pandu
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih flute

Alat musik flute dibuat dengan menggunakan beberapa macam bahan, seperti logam, bambu, kayu, dan plastik. Tiap-tiap bahan menentukan karakter suara dan kecocokannya dengan jenis melodi tertentu. Untuk dapat menemukan flute yang tepat, pahamilah terlebih dahulu karakternya. Yuk, mulai pembahasannya!

① Sesuaikan bahan flute dengan gaya musik yang akan Anda mainkan

Setiap flute mengeluarkan suara khas yang mewakili gaya musik dari tempat asal flute tersebut. Contohnya, flute yang digunakan untuk orkestra belum tentu bisa menghasilkan musik tradisional India sebaik suling bansuri. Oleh karena itu, pilihlah sesuai dengan jenis musik yang ingin Anda mainkan.

Untuk musik orkestra Barat, pilih flute berbahan logam

Pada zaman dahulu, flute terbuat dari tulang hewan dan tanaman. Namun, pada abad ke-19, seorang pria bernama Theobald Boehm berhasil menginovasikan flute logam yang kita kenal sekarang. Flute logam ada lima macam, yaitu piccolo, concert flute (C flute), alto flute, bass flute, dan contrabass. Lima flute ini juga disebut sebagai Western concert flute dan dipakai untuk musik orkestra, jazz, dan lainnya.


Sebagai tambahan, pilihlah flute logam yang dilengkapi lubang tertutup serta split E mechanism. Terkadang sulit untuk memastikan apakah lubang kunci sepenuhnya tertutup dengan jari. Fitur lubang tertutup memudahkan Anda saat bermain karena Anda hanya perlu menekan sedikit untuk menutup lubang tersebut. Sementara itu, split E mechanism membantu Anda untuk memainkan not High E.

Untuk memainkan melodi khas Asia, gunakan flute berbahan bambu

Untuk memainkan melodi khas Asia, gunakan flute berbahan bambu

Bamboo flute biasanya ditemukan di negara tropis, tetapi tipe ini juga cukup terkenal di negara-negara Asia. Bansuri, shakuhachi, dan shinobue adalah beberapa contoh suling bambu. Chinese flutes, seperti dizi dan xiao, juga masuk dalam kategori ini.


Bansuri flute merupakan alat musik khas dari negara India. Suling ini sering disebut sebagai suling dewa Krishna sehingga dipercaya memiliki kekuatan mistis. Tipe ini cocok bagi Anda yang suka mendengar musik klasik India utara dan musik Bollywood.


Shakuhachi dan shinobue berasal dari Jepang dan menghasilkan melodi menenangkan yang pas untuk meditasi. Sejarah shakuhachi pun cukup unik karena alat ini bukan hanya sebuah instrumen, melainkan senjata! Sementara itu, shinobue sering menemani musik drum untuk merayakan mulainya musim tanam padi.


Xiao adalah salah satu instrumen tertua di Tiongkok. Ribuan tahun yang lalu, suling ini dibuat dengan tulang burung, tetapi sekarang menggunakan bambu. Di sisi lain, dizi adalah alat musik yang sering dipakai dalam musik opera Tiongkok.

Untuk musik etnis Eropa dan Amerika utara, utamakan flute berbahan kayu

Untuk musik etnis Eropa dan Amerika utara, utamakan flute berbahan kayu

Tiga contoh wooden flutes yang terkenal adalah Native American flute, Irish flute, dan pan flute atau panpipes. Native American flute adalah suling yang digunakan oleh orang suku Indian. Bunyinya yang menenangkan dipercaya dapat menyehatkan tubuh dan jiwa.


Kata Irish flute merujuk pada dua jenis instrumen yang berbeda, yaitu wooden Irish flute dan tin whistle. Tin whistle sebenarnya terbuat dari logam, tetapi lebih mudah dimainkan. Harganya tak terlalu tinggi sehingga cocok bagi Anda yang sedang belajar memainkan gaya musik Irlandia dan Skotlandia.


Pan flute terdiri dari beberapa pipa bambu atau kayu dengan satu ujung tertutup. Alat musik ini tidak memiliki lubang pada bodinya sehingga bunyinya bergantung pada cara Anda meniupnya. Selain itu, makin panjang pipanya, makin rendah nada yang dihasilkan.


Di sisi lain, cukup sulit untuk mendapatkan produk yang benar-benar terbuat dari kayu. Untuk mendapatkan suling khas suku Indian yang asli, mungkin Anda perlu berkunjung langsung ke tempat asalnya. Irish flute yang terbuat dari logam juga mudah didapatkan di toko-toko alat musik, baik toko online maupun toko konvensional.

② Telitilah kualitas bahan yang digunakan untuk bodinya

Bahan dasar flute tak hanya berpengaruh pada tampilannya, tetapi juga karakter suara yang dihasilkannya. Saat memilih produk, pastikan juga kualitas dari bahan-bahan tersebut. Untuk selengkapnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Untuk flute berbahan logam, pilihlah yang terbuat dari perak

Untuk flute berbahan logam, pilihlah yang terbuat dari perak
Concert flute untuk para pemula biasanya terbuat dari bahan nikel lapis perak karena lebih mudah dimainkan. Bagi Anda yang sudah berpengalaman, pilihlah flute berbahan perak karena suaranya lebih merdu meskipun harganya sedikit lebih tinggi.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa memilih produk dengan lip plate-nya saja yang terbuat dari perak. Selain perak, ada juga concert flute yang memiliki bodi emas ataupun platinum. 

Pastikan flute bambu Anda bebas goresan dan tidak lentur

Pastikan flute bambu Anda bebas goresan dan tidak lentur

Saat memilih bamboo flute, pastikan bahwa suling bebas goresan dan lekukan. Selain itu, ada baiknya Anda memverifikasi jenis bambu yang dipakai untuk membuat suling tersebut. Bambu dengan kualitas yang rendah lebih rentan lentur. Jika bambu ini digunakan, flute Anda akan mulai melengkung dan suaranya dapat berubah. Pilihlah flute yang terbuat dari bambu berkualitas.

10 Rekomendasi flute terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk flute terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Joshua Pandu.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yamaha

Recorder

Yamaha Recorder 1枚目

Recorder yang nyaman dan mudah dimainkan

2

Suling Ney

 Suling Ney 1枚目

Bunyi mellow yang pas untuk pembacaan puisi

3

Sulim Bambu Batak

 Sulim Bambu Batak 1枚目

Suling khas Indonesia dengan bunyi harmonis

4

Feadóg

Brass D Whistle

Feadóg Brass D Whistle 1枚目

Mainkan musik yang ceria untuk menghidupkan suasana!

5

Traditional Handmade Chinese Dizi Bamboo Flute

 Traditional Handmade Chinese Dizi Bamboo Flute 1枚目

Suara jernih yang menyatu baik dalam ansambel

6

Suling Bambu Bali Motif Wayang

 Suling Bambu Bali Motif Wayang 1枚目

Bermotif wayang, cocok juga sebagai suvenir

7

Seruling Bambu Bansuri

 Seruling Bambu Bansuri 1枚目

Dalami kesenian India dengan mempelajari alat musiknya juga

8

Shakuhachi Bamboo Flute 5 Lubang

 Shakuhachi Bamboo Flute 5 Lubang 1枚目

Shakuhachi lapis pernis untuk nada yang seimbang

9

Yamaha

Student Flute

Yamaha Student Flute 1枚目

Dilengkapi tiga fitur untuk memudahkan penempatan jari

10

Conn-Selmer

Prelude Piccolo

Conn-Selmer  Prelude Piccolo 1枚目

Piccolo flute yang tahan lama untuk musisi berpengalaman

Perincian produk
Close
No.1

Recorder yang nyaman dan mudah dimainkan

Kelebihan:

  • Desain yang sangat familier sehingga lebih mudah dipelajari

Kekurangan:

  • Permukaannya cukup licin jika dipegang dalam kondisi tangan basah

Apakah Anda membutuhkan recorder untuk pelajaran musik di sekolah? Jika iya, Yamaha adalah solusinya. Produk ini menggunakan sistem penempatan jari Jerman yang lebih mudah dikuasai oleh pemain pemula. Bagian mulutnya memiliki bentuk datar yang nyaman untuk ditiup. Anda akan mendapatkan suara jernih dengan nada yang lembut dari recorder ini.

No.2

Bunyi mellow yang pas untuk pembacaan puisi

Kelebihan:

  • Terbuat dari plastik PVC sehingga ringan dan mudah dirawat

Kekurangan:

  • Suaranya lebih nyaring ketimbang suling ney berbahan bambu

Suling ney atau reed flute adalah sejenis suling bambu yang berasal dari Timur Tengah. Instrumen ini populer di negara Iran, Mesir, dan Turki. Suaranya yang melankolis menjadikannya instrumen yang tepat untuk menemani pembacaan puisi.


Alunan syahdu ney flute juga cocok untuk musik sufi ataupun marawis. Produk yang satu ini terbuat dari plastik PVC sehingga ringan dan tidak membutuhkan perawatan yang banyak. Akan tetapi, bunyi yang dihasilkannya lebih nyaring daripada suling ney tradisional yang terbuat dari bambu.

No.3

Suling khas Indonesia dengan bunyi harmonis

Kelebihan:

  • Bisa diberikan lukis ornamen gorga

Kekurangan:

  • Ada reviewer yang mengatakan bahwa bambunya sedikit bengkok

Sulim atau suling Batak merupakan flute yang berasal dari daerah Batak Toba, Sumatra Utara. Alat musik ini menggunakan bahan bambu tipis dan memiliki enam lubang. Suling ini sendiri cocok untuk mengiringi lagu tortor dan uning-uningan. Anda juga bisa memilih motif gorga agar tampilan sulim Anda lebih keren.

No.4

Mainkan musik yang ceria untuk menghidupkan suasana!

Kelebihan:

  • Bahan kuningan menghasilkan suara yang warm

Kekurangan:

  • Pemilik tangan besar mungkin akan kesulitan memainkan karena ukuran produk yang tergolong kecil

Rasakan keindahan musik tradisional Irlandia dengan Irish flute tipe tin whistle dari Feadog. Bunyinya yang upbeat akan memperbaiki suasana hati Anda dalam sekejap. Suling ini cocok sekali dimainkan saat pesta atau bersama teman-teman.


Bodinya terbuat dari kuningan untuk menghasilkan warna suara yang hangat. Selain itu, produk ini bisa dipakai baik oleh pemula maupun musisi profesional.

No.5

Traditional Handmade Chinese Dizi Bamboo Flute

Mulai dari Rp255.000,00

Suara jernih yang menyatu baik dalam ansambel

Kelebihan:

  • Suara yang dihasilkan jernih dan halus


Kekurangan:

  • Ada reviewer yang mengatakan posisi lubang tidak presisi


Dizi flute ini terbuat dari bitter bamboo alami yang biasanya tumbuh di bagian Tiongkok Selatan. Bitter bamboo atau white bamboo menghasilkan suara yang jernih serta timbre yang terang. Dizi dengan bahan bambu ini bisa membaur lebih baik dalam sebuah ansambel. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin memainkan dizi pada kunci yang tinggi.

No.6

Bermotif wayang, cocok juga sebagai suvenir

Kelebihan:

  • Bisa digunakan sebagai pajangan juga

Kekurangan:

  • Reviewer mengatakan suling ini tidak dapat mencapai nada tinggi

Bingung mencari oleh-oleh ketika mengunjungi Pulau Dewata? Pilihlah suling Bali yang satu ini. Motif wayangnya yang unik enak dilihat dan dapat memperindah kamar tamu Anda. Harganya pun ekonomis sehingga Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak untuk keluarga besar. Produk ini tersedia dalam dua ukuran serta desain yang berbeda.

No.7

Dalami kesenian India dengan mempelajari alat musiknya juga

Kelebihan:

  • Bisa memilih nada dasar yang diinginkan ketika membeli

Kekurangan:

  • Bahan bambu lebih rentan patah sehingga penggunaannya harus lebih berhati-hati

Jika Anda menyukai kesenian India, mungkin Anda akan tertarik untuk mencoba mempelajari alat musiknya juga. Salah satu alat musik yang kami rekomendasikan adalah bansuri. Desainnya yang menyerupai suling tradisional Indonesia akan membuat Anda lebih familier memainkannya. Suling ini pun dibuat dengan fine tuning sehingga dipastikan suaranya tidak fals.

No.8

Shakuhachi Bamboo Flute 5 Lubang

Mulai dari Rp483.300,00

Shakuhachi lapis pernis untuk nada yang seimbang

Kelebihan:

  • Dilapisi pernis agar nada yang dihasilkan lebih seimbang

Kekurangan:

  • Mungkin ada suling yang agak bengkok karena tergantung bambu yang digunakan

Bagi Anda yang menyukai budaya Jepang, alat musik yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Shakuhachi sering tampil dalam kartun animasi, game, bahkan film Hollywood, seperti Jurassic Park. Suling ini cocok untuk meditasi ataupun untuk memainkan lagu dari anime favorit Anda.


Produk shakuhachi ini dibuat dengan bambu asli Indonesia. Bagian dalamnya dilapisi dengan pernis untuk mendapatkan nada yang seimbang sehingga lebih mudah untuk dimainkan.

No.9

Dilengkapi tiga fitur untuk memudahkan penempatan jari

Kelebihan:

  • Offset G, pas untuk pemilik tangan kecil
  • Menggunakan split E mechanism
  • Ergonomic key

Kekurangan:

  • Belum terbuat dari perak murni

Ini dia flute terbaik untuk para pemula. Desainnya yang ergonomis memudahkan penempatan jari Anda. Produk ini dilengkapi dengan lubang kunci yang tertutup agar Anda bisa mencapai setiap not dengan sempurna.


Lubang kunci G diposisikan lebih dekat ke tangan (offset G) untuk membantu pemain dengan tangan yang kecil. Flute ini juga menggunakan split E mechanism agar Anda bisa memainkan not High E tanpa kesulitan.

No.10

Piccolo flute yang tahan lama untuk musisi berpengalaman

Kelebihan:

  • Offset G, pas untuk pemilik tangan kecil
  • Menggunakan split E mechanism
  • Suara yang dihasilkan hangat layaknya flute dari bahan kayu

Kekurangan:

  • Belum terbuat dari perak murni

Sudah menjadi master dalam memainkan flute? Kini saatnya Anda mencoba piccolo! Instrumen ini dibekali dengan split E mechanism dan offset G agar Anda cepat terbiasa.


Prelude Piccolo didesain sedemikian rupa agar dapat menghasilkan warna suara yang hangat seperti flute kayu. Bedanya, produk ini terbuat dari resin yang kuat. Alhasil, Anda tak perlu khawatir produk akan retak akibat perubahan suhu dan kelembapan, seperti yang biasa terjadi pada flute kayu.

Baca juga rekomendasi alat musik lainnya di sini

Mungkin Anda memiliki minat tinggi terhadap musik dan ingin mencoba alat musik lainnya. Di bawah ini kami memiliki rangkuman produk kalimba, harmonika, dan saxophone yang mungkin menarik bagi Anda. Klik tautan berikut untuk informasi selengkapnya!

Kesimpulan

Flute termasuk alat musik melodis yang ditiup untuk mengeluarkan suara. Alat musik berbentuk silinder ini bisa terbuat dari kayu, bambu, logam, atau bahan lainnya. Ukuran serta tangga nada yang bisa dimainkannya pun bervariasi.


Instrumen ini bisa dipakai untuk beraneka ragam gaya musik dari penjuru dunia. Dari musik tradisional hingga orkestra, ada banyak style yang bisa Anda explore. Jadi, pilihlah jenis flute yang sesuai dengan kategori musik favorit Anda. 

5 Rekomendasi Flute terbaik

No. 1YamahaRecorderYRS-23

No. 2Suling Ney

No. 3Sulim Bambu Batak

No. 4FeadógBrass D WhistleFW01

No. 5Traditional Handmade Chinese Dizi Bamboo Flute

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer