• 10 Rekomendasi Sadel Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sadel Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sadel Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sadel Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sadel Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sadel Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sadel sepeda adalah bagian yang digunakan untuk duduk dan biasanya bertekstur empuk. Semua sadel sepeda terlihat sama. Namun, jika diperhatikan secara mendetail, ada perbedaan di antara sadel sepeda lipat, touring, balap, MTB, dan road bike. Perbedaan di antara sadel-sadel tersebut memang tidak kentara. 


Karena itu, kami membuat pembahasan tips memilih sadel sepeda yang bagus supaya Anda tidak salah memilih. Simak pembahasannya dengan saksama, ya! Anda juga dapat melihat rekomendasi sadel sepeda yang empuk dan nyaman, serta lebar dari merk Polygon, Velo, Brooks England, dan brand lainnya di bagian rekomendasi produk.

  • Pembaharuan terakhir: 06 April 2021
Daftar isi

Cara memilih sadel sepeda

Anda dapat memilih dan membeli sadel sepeda mana pun yang Anda suka. Walaupun demikian, Anda sebaiknya tetap memperhatikan poin-poin di bawah ini ketika memilih sadel sepeda.

Pilih performance saddle atau cuishioning saddle

Sadel sepeda yang ada di pasaran sangat beragam. Akan tetapi, sadel-sadel tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua, yakni performance saddle dan cuishioning saddle. Kedua sadel tersebut memiliki perbedaan yang lumayan mencolok. Mari kita cari tahu perbedaannya!

Performance: Cocok untuk road bike, touring, dan MTB

Performance: Cocok untuk road bike, touring, dan MTB

Ciri yang paling menonjol dari performance saddle adalah bentuknya tipis, pipih, dan panjang. Bentuk performance saddle memang terlihat kurang nyaman. Namun, sadel jenis ini mampu mengurangi gesekan di bagian dalam paha ketika mengayuh sepeda.


Selain mengurangi gesekan, performance saddle juga membuat posisi kaki menjadi lebih rapat dan lurus. Posisi tersebut membuat kaki lebih maksimal saat mengayuh pedal sepeda. Alhasil, sepeda pun dapat melaju dengan cepat. Karena itu, sadel ini sering digunakan untuk road bike, touring bike, dan MTB.


Performance saddle juga memungkinkan Anda untuk mencondongkan tubuh secara maksimal saat bersepeda. Pengendara road bike biasanya mengendarai sepedanya dengan posisi seperti ini untuk meminimalkan terpaan angin. Ketika terpaan angin berkurang, kecepatan sepeda pun menjadi lebih tinggi.

Cushioning: Direkomendasikan untuk yang mengutamakan kenyamanan

Cushioning: Direkomendasikan untuk yang mengutamakan kenyamanan

Cushioning saddle memiliki ukuran yang lebar dan bagian nose-nya berukuran lebih pendek dibandingkan performance saddle. Sadel jenis ini terasa empuk dan mampu meredam benturan karena lapisan padding-nya cukup tebal. Karena itu, cushioning saddle sering digunakan oleh pengendara sepeda yang mengutamakan kenyamanan.


Sadel jenis ini biasanya terdapat pada sepeda yang tidak mengutamakan kecepatan, seperti sepeda lipat dan sepeda rekreasi. Walaupun demikian, Anda tetap bisa memasang sadel ini pada sepeda MTB, road bike, dan sepeda jenis lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Cari tahu padding-nya terbuat dari bahan apa

Sadel sepeda terdiri dari tiga bagian, yakni rails, shell, dan juga padding. Rails bertugas menghubungkan sadel dengan kerangka sepeda. Sementara itu, shell akan menyatukan rails dengan padding. Nah, padding sepeda merupakan bagian paling atas dari sebuah sadel dan memiliki tekstur yang empuk. Padding biasanya terbuat dari dua bahan ini.

Gel: Nyaman ketika digunakan

Gel: Nyaman ketika digunakan

Padding berbahan gel memang lebih berat dan akan mengeras apabila sering diduduki. Meskipun begitu, padding berbahan gel masih memiliki banyak penggemar karena lebih fleksibel. Jadi, ketika Anda menduduki sadel, gel yang ada di dalamnya akan mengikuti bentuk tulang pinggul Anda. Hal tersebut akan memberi kenyamanan tersendiri bagi pengendara sepeda.


Sadel dengan padding gel biasanya digunakan oleh pengendara sepeda rekreasi atau sepeda santai. Selain itu, para pengendara yang masih pemula pun biasanya memilih sadel sepeda yang berbahan gel.

Foam: Tidak mudah berubah bentuk

Foam: Tidak mudah berubah bentuk

Foam merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat padding. Bahan ini tidak hanya ringan, tetapi juga dapat kembali ke bentuk semula beberapa saat setelah digunakan. Akan tetapi, bahan foam tidak terlalu kenyal seperti gel.


Padding foam direkomendasikan untuk Anda yang sering menempuh jarak cukup jauh pada saat bersepeda. Selain itu, padding foam juga sering direkomendasikan kepada seseorang yang memiliki bobot tubuh plus. Agar foam tidak mudah berubah bentuk, Anda sebaiknya memilih foam yang lebih padat dari foam pada umumnya.

Pastikan pas dengan ukuran sit bone (tulang duduk) Anda

Pastikan pas dengan ukuran sit bone (tulang duduk) Anda

Ketika memilih sadel, Anda harus memastikan ukurannya pas dengan seat bone atau sit bone (tulang duduk). Sadel yang terlalu kecil akan membuat sit bone menonjol ke samping dan menyebabkan tekanan di bagian dalam sit bone Anda. Akibatnya, Anda bisa mengalami rasa nyeri di area sit bone. Sebaliknya, sadel yang terlalu lebar akan menimbulkan gesekan saat Anda mengayuh sepeda.


Sadel tersedia beragam ukuran, seperti 132 mm, 142 mm, dan masih banyak lagi. Supaya tidak salah memilih sadel, Anda harus mengukur lebar sit bone Anda terlebih dahulu sebelum membeli sadel. Untuk mengetahui ukuran sit bone, Anda hanya perlu duduk di atas kertas yang bagian bawahnya diberi lapisan handuk agak basah.


Bagian kertas yang tertekan oleh sit bone akan berubah menjadi basah. Sebelum kertasnya mengering, Anda harus segera memberikan titik di bagian tengah tiap-tiap area kertas yang basah tersebut. Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan pengukuran dari satu titik ke titik lainnya. Setelah mendapatkan hasilnya (dalam satuan mm), Anda dapat menambahkan 10 mm dan pilihlah sadel yang lebarnya paling mendekati.

10 rekomendasi sadel sepeda terbaik

Kami telah menjabarkan poin-poin yang harus diperhatikan saat memilih sadel sepeda. Sekarang kami akan merekomendasikan beberapa sadel sepeda terbaik. Silakan Anda lihat satu per satu dan pilihlah sadel yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10
JenisCushioning
Bahan paddingGel
UkuranPanjang: 245 mm・Lebar: 215 mm
Cocok untukCity bike, touring bike, MTB
9
JenisPerformance
Bahan paddingHigh density PU
UkuranPanjang: 273 mm・Lebar: 179 mm
Cocok untukRoad bike, MTB
8

Selle ItaliaSelle San Marco Allroad Carbon FX Wide

720WW401

Mulai dari Rp 3.495.000,00

JenisPerformance
Bahan paddingBiofoam
UkuranPanjang: 268 mm・Lebar: 146 mm
Cocok untukGravel bike, adventure bike
7

ShimanoPRO Falcon Crmo Saddle

PRSA3030

Mulai dari Rp 728.000,00

JenisPerformance
Bahan paddingGel
Ukuran142 mm (lebar)
Cocok untukRoad bike
6
JenisCushioning
Bahan paddingFoam
UkuranPanjang: 200 mm・Lebar: 240 mm・Tinggi: 70–110 mm
Cocok untukCity bike, MTB
5
JenisPerformance
Bahan paddingRebound + built-in particle
UkuranPanjang: 277 mm・Lebar: 138 mm・Tinggi: 44 mm
Cocok untukTrail bike, enduro racing
4

Selle Royal SpaBrooks England Cambium Saddles

C15 Carved

Mulai dari Rp 1.800.000,00

JenisPerformance
Bahan paddingVulcanised natural rubber
UkuranPanjang: 283 mm・Lebar: 140 mm・Tinggi: 52 mm
Cocok untukCity bike, road bike
3
JenisCushioning
Bahan paddingMemory foam
UkuranPanjang: 260 mm・Lebar: 220 mm・Tinggi: 100 mm
Cocok untukRoad bike, MTB
2
JenisCushioning
Bahan paddingTidak disebutkan
UkuranPanjang: 180 mm・Lebar: 132 mm
Cocok untukMTB
1
JenisPerformance
Bahan paddingGel
UkuranPanjang: 280 mm・Lebar: 155 mm
Cocok untukSemua jenis sepeda

Tabel perbandingan produk sadel sepeda terbaik

Gambar produk
1
West Biking Sadel Jok Sepeda Modern 1

West Biking

2
Duopower Arrow 1

Duopower

3
RockBros Bicycle Saddle 1

RockBros

4
Selle Royal Spa Brooks England Cambium Saddles 1

Selle Royal Spa

5
Giant Romero SL 1

Giant

6
Pacific Bike Saddle CTB BK 1

Pacific Bike

7
Shimano PRO Falcon Crmo Saddle 1

Shimano

8
Selle Italia Selle San Marco Allroad Carbon FX Wide 1

Selle Italia

9
Velo Plush Pump OM 1

Velo

10
Polygon Sadel Sepeda Comfy Gel 1

Polygon

Nama produk

Sadel Jok Sepeda Modern

Arrow

Bicycle Saddle

Brooks England Cambium Saddles

Romero SL

Saddle CTB BK

PRO Falcon Crmo Saddle

Selle San Marco Allroad Carbon FX Wide

Plush Pump OM

Sadel Sepeda Comfy Gel

Keunggulan

Lebih aman dengan sadel yang dilengkapi tail light

Minimalkan tekanan pada area sensitif dengan no-nose saddle

Area di bagian tulang duduknya diberi lapisan antiselip

Sadel ini memang tipis, tetapi bisa menemani Anda melewati trek berkerikil

Side wrap technology-nya meminimalkan risiko lecet di area paha

Duduk lebih stabil dengan sadel yang super lebar

Desain permukannya rata, cocok untuk posisi duduk tegak dan fleksibel

Mengayuh dan melaju lebih cepat dengan sadel yang ramping dan ringan

Sirkulasi udara tetap lancar meski bersepeda di bawah terik matahari

Bersepeda lebih nyaman dengan sadel tebal dan empuk

Harga mulai dariRp 289.000,00Rp 1.995.000,00Rp 360.444,00Rp 1.800.000,00Rp 1.050.000,00Rp 72.000,00Rp 728.000,00Rp 3.495.000,00Rp 200.000,00Rp 175.000,00
JenisPerformanceCushioningCushioningPerformancePerformanceCushioningPerformancePerformancePerformanceCushioning
Bahan paddingGelTidak disebutkanMemory foamVulcanised natural rubberRebound + built-in particleFoamGelBiofoamHigh density PUGel
UkuranPanjang: 280 mm・Lebar: 155 mmPanjang: 180 mm・Lebar: 132 mmPanjang: 260 mm・Lebar: 220 mm・Tinggi: 100 mmPanjang: 283 mm・Lebar: 140 mm・Tinggi: 52 mmPanjang: 277 mm・Lebar: 138 mm・Tinggi: 44 mmPanjang: 200 mm・Lebar: 240 mm・Tinggi: 70–110 mm142 mm (lebar)Panjang: 268 mm・Lebar: 146 mmPanjang: 273 mm・Lebar: 179 mmPanjang: 245 mm・Lebar: 215 mm
Cocok untukSemua jenis sepedaMTBRoad bike, MTBCity bike, road bikeTrail bike, enduro racingCity bike, MTBRoad bikeGravel bike, adventure bikeRoad bike, MTBCity bike, touring bike, MTB
Tautan produk

Tips memasang sadel agar nyaman dipakai

Tips memasang sadel agar nyaman dipakai

Fitur yang ada pada sadel memang berpengaruh terhadap kenyamanan Anda ketika mengendarai sepeda. Posisi sadel juga dapat memengaruhi kenyamanan bersepeda. Oleh sebab itu, kami akan memberikan tips mengatur posisi sadel supaya terasa nyaman saat digunakan.


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur ketinggian yang pas dengan panjang kaki Anda. Untuk mendapatkan tinggi sadel yang pas, ukurlah kaki bagian dalam Anda terlebih dahulu dan mengalikannya dengan 1,09. Lalu, atur ketinggian sadel dengan pelana ketika ada di posisi terbawah menggunakan hasil perkalian tersebut. 


Selanjutnya, pastikan posisi sadelnya tidak terlalu maju atau mundur. Untuk mengetahui hal itu, coba perhatikan posisi lutut dan tempurung kaki ketika pelana berada di posisi jam 3. Apabila posisi tempurung Anda terlalu jauh, sadel harus dimajukan. Sebaliknya, jika posisi tempurung kaki Anda tidak terlihat (tak belakang), sadel harus dimundurkan. Itulah sedikit tips yang dapat Anda praktikan ketika memasang sadel.

Baca juga rekomendasi perlengkapan bersepeda lainnya di sini

Mengendarai sepeda memang menyenangkan. Supaya kegiatan bersepeda makin aman dan nyaman, Anda tidak boleh lupa menggunakan helm, sepatu, dan juga perlengkapan bersepeda lainnya. Jika Anda membutuhkan informasi tentang produk-produk tersebut, silakan buka tautan yang telah kami sediakan di bawah ini. Kami juga menyiapkan artikel mengenai aksesori sepeda, lho!

Kesimpulan

Sadel sepeda memang sederhana, tetapi proses memilihnya tak bisa sembarang. Anda harus menentukan padding berbahan gel atau foam yang pas untuk Anda. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan dengan tujuan penggunaannya.


Jika Anda menggunakan sadel sepeda untuk menemani jalan-jalan, Anda bisa memilih sadel cushioning yang empuk. Namun, jika Anda berencana menggunakannya untuk bertualang di pegunungan, pilihlah sadel performance. Dengan begitu, performa Anda selama bersepeda akan maksimal. Selamat memilih.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan helm saat bersepeda, khususnya bagi anak-anak, jarang diperhatikan. Padahal, perlu Anda ingat bahwa helm dapat melindungi kepala anak Anda dari benturan dan cidera kepala serius. Kini, banyak helm sepeda dari berbagai merek seperti Kuyou, Poligon, dan OXELO bisa Anda jumpai dengan mudah. Produk helm yang dihadirkan juga sangat menarik dengan berbagai desain dan warna. Agar Anda bisa memilih dengan tepat, kali ini kami akan mengulas mengenai helm sepeda untuk anak. Mulai dari cara memilih sampai rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi akan kami jelaskan untuk Anda. Selamat membaca! 
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Jaket Windbreaker Terbaik untuk Sepeda Balap (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jaket Windbreaker Terbaik untuk Sepeda Balap (Terbaru Tahun 2021)
    Jaket windbreaker dapat melindungi Anda dari angin dan dinginnya udara ketika bersepeda. Selain bersifat windproof, jaket ini pun ringan dan nyaman. Jadi, Anda bisa juga memakainya untuk kegiatan outdoor lainnya. Kini, terdapat banyak desain jaket windbreaker di pasaran. Sudah tahukah Anda jaket mana yang sesuai dengan kebutuhan?Kali ini kami akan membantu Anda memilih jaket windbreaker terbaik dengan memberikan tips-tipsnya. Tak ketinggalan, kami juga akan merekomendasikan jaket pilihan kami. Merek terkenal seperti Consina pun ada, lho. Temukan jaket yang membuat bersepeda makin nyaman!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap GIANT Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap GIANT Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Giant (GIANT) merupakan salah satu produsen sepeda dengan kualitas premium. Perusahaan ini sudah memproduksi banyak model yang bisa disesuaikan dengan tujuan dan level Anda. Beberapa di antaranya adalah model sepeda yang dirancang untuk pemula hingga model sepeda untuk profesional.Saat hendak memilih sepeda, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti material rangka, jenis rem, hingga modelnya. Kami akan mengulas cara memilih sepeda Giant dengan berbagai model pilihan, seperti Contend, TCR, Propel, Defy, dan lainnya. Bacalah dengan saksama dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2021)
    Anak perempuan Anda ingin tampil beda dengan sepedanya? Berikan produk yang didesain khusus untuk anak perempuan. Tidak perlu khawatir dengan ragamnya. Selain sepeda roda tiga, tersedia produk untuk anak berumur 3–10 tahun. Anda juga bisa memilih di antara berbagai ukuran, mulai dari 12 inci, 20 inci, hingga 24 inci. Merek-merek terkenal, seperti Polygon, Wimcycle, dan United, turut menyediakan sepeda menarik untuk anak perempuan. Simaklah artikel kami agar Anda bisa memilih sepeda yang paling tepat untuk anak perempuan Anda. Kami juga sudah menyediakan rekomendasi produk terbaiknya, lho. Yuk, kita mulai!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Jersey Sepeda Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jersey Sepeda Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Membeli jersey sepeda adalah keputusan terbaik saat Anda ingin menekuni hobi bersepeda. Menggunakan jersey sepeda membuat Anda lebih nyaman ketika bersepeda. Jersey sepeda dapat dibeli melalui situs belanja online. Namun, banyaknya pilihan mungkin membuat Anda kebingungan memilih.Untuk itu, kami membuat artikel mengenai cara memilih jersey sepeda terbaik untuk pria. Ada jersey sepeda MTB, road bike, dan lainnya. Kami pun akan memberi rekomendasi jersey sepeda yang bagus dari merek terkenal, misalnya Decathlon serta WOSAWE. Jersey sepeda merek lokal, contohnya Pollride, pun ada. Jadi, bacalah artikelnya sampai tuntas!
    Sepeda
  • 6 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik Merek Polygon (Terbaru Tahun 2021)
    6 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik Merek Polygon (Terbaru Tahun 2021)
    Hobi bersepeda kian meningkat peminatnya dari hari ke hari. Gaya hidup metropolitan yang sibuk membuat orang-orang harus mencari cara untuk tetap hidup sehat, salah satunya dengan bersepeda. Sepeda lipat adalah jenis yang paling nyaman, aman, dan terjangkau untuk Anda gunakan sehari-hari.Polygon adalah salah satu merek sepeda yang harganya terjangkau dan kualitasnya bagus. Kami akan memberikan tips memilih sepeda lipat Polygon terbaik di artikel ini. Sepeda lipat Polygon dengan harga dua jutaan rupiah hingga yang terbaru seperti Urbano 3 dan Urbano 5 juga akan kami rekomendasikan. Simak selengkapnya, ya!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Statis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Statis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ingin bersepeda, tetapi takut kehujanan atau terhambat kemacetan? Menggunakan sepeda statis di rumah atau gym adalah solusinya! Selain memiliki banyak manfaat, berolahraga dengan sepeda statis juga lebih aman untuk lansia dan orang yang ingin terapi kaki. Bersepeda statis selama 30 menit hingga 1 jam setiap harinya sudah cukup ideal untuk menjaga kesehatan.Sepeda statis memiliki banyak jenis dan fitur yang bisa Anda pilih. Kami akan membahas tips memilihnya di artikel ini agar memudahkan Anda. Beberapa rekomendasi dari merek terkenal, seperti Kettler, Berwyn, dan Jaco pun akan kami ulas!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Pedal Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pedal Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pedal adalah bagian yang terhubung dengan crank arm dan bertugas menumpu kaki saat mengendarai sepeda. Ketika pedal menerima tekanan dari kaki, crank arm akan bergerak dan membuat crank berputar. Akhirnya, rantai akan tertarik dan roda belakang pun berputar.Pedal sepeda biasanya terbuat dari plastik atau logam dan dirancang khusus untuk sepeda lipat, BMX, dan MTB. Untuk membantu Anda memilih pedal sepeda yang bagus, kami akan merekomendasikan pedal sepeda dari merk Shimano, B'Twin, dan brand lainnya. Sebelum Anda melihat rekomendasi produk dari kami, simak pembahasan di bawah ini terlebih dahulu, yuk!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Gravel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Gravel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tren bersepeda makin banyak diminati sejak masa pandemi. Bersepeda memang baik untuk tubuh, tetapi Anda perlu memilih sepeda yang tepat sesuai dengan medan perjalanan. Sepeda gravel adalah jenis sepeda yang mantap digunakan di jalan on-road dan off-road.Supaya Anda bisa menemukan sepeda gravel yang bagus, simak dahulu tips dari kami. Kami juga akan merekomendasikan berbagai merek sepeda gravel yang bagus, seperti Polygon, United Bike, dan Marin. Anda juga bisa memilih Genio untuk sepeda gravel murah. Simak artikel ini dan temukan sepeda gravel impian Anda yang harganya pas di kantong!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi City Bike Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi City Bike Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan rutin Anda bisa diringankan dengan menggunakan sepeda yang tepat. City bike adalah pilihannya. Tipe sepeda ini pas untuk membantu Anda menjalankan tugas sehari-hari, bahkan mengantar Anda pulang-pergi. Harganya pun relatif lebih murah dari jenis sepeda yang lain.Berbagai merek populer, seperti Polygon, United, Pacific, Phoenix, dan lainnya, juga menawarkan city bike yang bagus untuk Anda. Kami telah menyiapkan rekomendasi produk beserta ulasannya, lho. Sudah tidak sabar memilih city bike terbaik? Yuk, simak penjelasan cara memilihnya dari kami lebih dahulu!
    Sepeda
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pada masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merk sepeda listrik buatan lokal maupun luar negeri yang dijual di pasaran.Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan sepuluh merk sepeda listrik terkenal, misalnya Xiaomi, Polygon Bikes, dan Jarvis. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda balap atau road bike merupakan moda transportasi yang banyak disukai karena murah, menyehatkan, dan ramah lingkungan. Road bike yang saat ini beredar di pasaran tersedia dalam berbagai tipe. Sebut saja keluaran merk-merk ternama, seperti Polygon, United, Pacific, Element, dan sebagainya. Komponennya pun tergolong banyak sehingga acap kali membuat bingung, khususnya bagi para pemula.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih road bike. Kemudian, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan bersepeda Anda. Simak informasinya dan temukan road bike favorit Anda di sini!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda hybrid adalah kombinasi antara sepeda gunung (mountain bike) dan sepeda balap (road bike). Sepeda ini banyak digemari karena cukup tangguh dan dapat digunakan di berbagai medan. Selain Polygon, ada juga Pacific Bike dan United Bike yang menjual sepeda hybrid dengan berbagai model. Nah, untuk Anda yang masih baru dalam dunia sepeda pasti bingung memilih mana yang tepat. Jadi, kami akan memperkenalkan cara memilih sepeda hybrid yang tepat untuk pemula. Simak pula rekomendasi produknya dan temukan sepeda hybrid yang siap dibawa melenggak-lenggok di jalanan!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah anak laki-laki Anda sangat aktif? Bersepeda bisa menjadi aktivitas yang seru untuk menyalurkan energinya. Tampilan sepeda yang menarik tentu membuat pengalaman bersepeda lebih menyenangkan. Terdapat produk dari banyak merek terkenal, seperti Polygon Bikes, United Bike, dan Wimcycle yang modelnya maskulin. Sesuai dengan kesukaan anak laki-laki Anda, bukan?Selain desain, tentu Anda juga perlu memperhatikan segi keamanan sepeda. Agar memudahkan Anda memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda untuk anak laki-laki. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produknya yang bagus. Jadi, simak artikel ini sampai habis dan selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Kunci Sepeda Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kunci Sepeda Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2021)
    Meski harganya cukup mahal, road bike dan sepeda hybrid justru sedang naik daun pada saat ini. Jika Anda memiliki sepeda tersebut, tentu Anda akan membutuhkan kunci sepeda. Dengan begitu, keamanan sepeda jadi terjaga saat diparkir di tempat umum. Kira-kira kunci yang bagus dan aman digunakan itu seperti apa, ya?Untuk membantu Anda menemukan kunci sepeda terbaik, kami akan merekomendasikan kunci sepeda dari beberapa merek. Ada Polygon, ULAC, CROPS, ABUS, dan lainnya. Namun, sebelum Anda melihat kunci sepeda yang kami rekomendasikan, simak poin-poin berikut ini terlebih dahulu, yuk!
    Sepeda
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori