• 9 Sadel Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 9 Sadel Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 9 Sadel Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 9 Sadel Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 9 Sadel Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 5

9 Sadel Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)

Sadel sepeda adalah bagian yang digunakan untuk duduk dan biasanya bertekstur empuk. Semua sadel sepeda terlihat sama. Namun, jika diperhatikan secara mendetail, ada perbedaan di antara sadel sepeda lipat, touring, balap, MTB, dan road bike. Perbedaan di antara sadel-sadel tersebut memang tidak kentara. 


Karena itu, kami membuat pembahasan tips memilih sadel sepeda yang bagus supaya Anda tidak salah memilih. Anda juga dapat melihat rekomendasi sadel sepeda yang empuk dan nyaman, serta lebar dari merk Polygon, Velo, dan Brooks England. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling enthusiast kami, Reza Fitriyanto.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Reza Fitriyanto
  • Pembaharuan terakhir: 17 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Cycling enthusiast, Reza Fitriyanto

Profil pakar: Cycling enthusiast, Reza Fitriyanto
Reza Fitriyanto
Cycling sport photographer dan cycling enthusiast
Reza Fitriyanto

Reza adalah seorang fotografer olahraga yang berfokus dan spesifik pada jenis olahraga bersepeda. Ia juga seorang cycling enthusiast. Reza pernah bekerja sebagai jurnalis foto di beberapa media nasional.


Reza juga pernah ikut serta menjadi official photographer untuk ajang ASIAN GAMES 2018. Sejak awal 2020, Reza menginisiasi dan memimpin tim kolektif yang berisi kumpulan fotografer dan videografer dalam akun Instagram @demakijo.cc.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sadel sepeda

Anda dapat memilih dan membeli sadel sepeda mana pun yang Anda suka. Walaupun demikian, Anda sebaiknya tetap memperhatikan poin-poin di bawah ini ketika memilih sadel sepeda.

Pilih performance saddle atau cushioning saddle

Sadel sepeda yang ada di pasaran sangat beragam. Akan tetapi, sadel-sadel tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua, yakni performance saddle dan cushioning saddle. Kedua sadel tersebut memiliki perbedaan yang lumayan mencolok hanya dengan melihat bentuk fisiknya. Perbedaan bentuk fisik tersebut juga membedakan fungsi tiap jenis sadel. Mari kita cari tahu perbedaannya! 

Performance: Cocok untuk road bike, touring, dan MTB

Performance: Cocok untuk road bike, touring, dan MTB

Ciri yang paling menonjol dari performance saddle adalah bentuknya tipis, pipih, dan panjang. Bentuk performance saddle memang terlihat kurang nyaman. Namun, sadel jenis ini mampu mengurangi gesekan di bagian dalam paha ketika mengayuh sepeda.


Selain mengurangi gesekan, performance saddle juga membuat posisi kaki menjadi lebih rapat dan lurus. Posisi tersebut membuat kaki lebih maksimal saat mengayuh pedal sepeda. Alhasil, sepeda pun dapat melaju dengan cepat. Karena itu, sadel ini sering digunakan untuk road bike, touring bike, MTB, dan gravel.


Performance saddle juga memungkinkan Anda untuk mencondongkan tubuh secara maksimal saat bersepeda. Pengendara road bike biasanya mengendarai sepedanya dengan posisi seperti ini untuk meminimalkan terpaan angin. Ketika terpaan angin berkurang, kecepatan sepeda pun menjadi lebih tinggi.


Pipihnya sadel tidak secara langsung membuat laju sepeda menjadi lebih kencang. Kepipihan sadel membuat power transfer dari kaki jadi lebih efisien karena faktor stiffness bentuk pipihnya sadel. Setelah itu, kekuatan akan mengalir dari kaki ke pedal sehingga laju sepeda dapat bertambah lebih efisien.


Namun, tentu diperlukan faktor stiffness lain untuk mendukungnya. Beberapa di antaranya adalah padding di celana bib, frame, sepatu cleat, geometri, dan juga fitting sepeda yang benar.

Cushioning: Direkomendasikan untuk yang mengutamakan kenyamanan

Cushioning: Direkomendasikan untuk yang mengutamakan kenyamanan

Cushioning saddle memiliki ukuran yang lebar dan bagian nose-nya berukuran lebih pendek dibandingkan performance saddle. Sadel jenis ini terasa empuk dan mampu meredam benturan karena lapisan padding-nya cukup tebal. Karena itu, cushioning saddle sering digunakan oleh pengendara sepeda yang mengutamakan kenyamanan.


Sadel jenis ini biasanya terdapat pada sepeda yang tidak mengutamakan kecepatan, seperti sepeda lipat dan sepeda rekreasi. Anda tidak bisa memasang sadel ini pada sepeda road bike, touring, gravel, MTB, atau sepeda performance lainnya. Hal ini disebabkan oleh fungsi dan tujuannya tidak tepat digunakan untuk sepeda-sepeda yang mengutamakan kecepatan.

Cari tahu bahan padding-nya

Sadel sepeda terdiri dari tiga bagian, yakni rails, shell, dan juga padding. Rails bertugas menghubungkan sadel dengan kerangka sepeda. Sementara itu, shell akan menyatukan rails dengan padding. Nah, padding sepeda merupakan bagian paling atas dari sebuah sadel dan memiliki tekstur yang empuk. Padding biasanya terbuat dari dua bahan ini.

Gel: Nyaman ketika digunakan

Gel: Nyaman ketika digunakan

Padding berbahan gel memang lebih berat dan akan mengeras apabila sering diduduki. Meskipun begitu, padding berbahan gel masih memiliki banyak penggemar karena lebih fleksibel. Jadi, ketika Anda menduduki sadel, gel yang ada di dalamnya akan mengikuti bentuk tulang pinggul Anda. Hal tersebut akan memberi kenyamanan tersendiri bagi pengendara sepeda.


Sadel dengan padding gel biasanya digunakan oleh pengendara sepeda rekreasi atau sepeda santai. Selain itu, para pengendara yang masih pemula pun biasanya memilih sadel sepeda yang berbahan gel.

Foam: Tidak mudah berubah bentuk

Foam: Tidak mudah berubah bentuk

Foam merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat padding. Bahan ini tidak hanya ringan, tetapi juga dapat kembali ke bentuk semula beberapa saat setelah digunakan. Sadel dari bahan ini cukup nyaman dipakai karena tebal dan empuk. Akan tetapi, bahan foam tidak terlalu kenyal seperti gel.


Padding foam direkomendasikan untuk Anda yang sering menempuh jarak cukup jauh pada saat bersepeda. Untuk pesepeda jarak jauh atau ultra cyclist, pakailah performance saddle yang dikombinasikan dengan bib shorts yang tepat. Hal ini dilakukan untuk menunjang kenyamanan tanpa mengesampingkan effort performance Anda.


Selain itu, padding foam juga sering direkomendasikan kepada seseorang yang memiliki bobot tubuh plus. Agar foam tidak mudah berubah bentuk, Anda sebaiknya memilih foam yang lebih padat dari foam pada umumnya.

Pastikan pas dengan ukuran sit bone (tulang duduk) Anda

Pastikan pas dengan ukuran sit bone (tulang duduk) Anda

Ketika memilih sadel, Anda harus memastikan ukurannya pas dengan seat bone atau sit bone (tulang duduk). Sadel yang terlalu kecil akan membuat sit bone menonjol ke samping dan menyebabkan tekanan di bagian dalam sit bone Anda. Akibatnya, Anda bisa mengalami rasa nyeri di area sit bone. Sebaliknya, sadel yang terlalu lebar akan menimbulkan gesekan saat Anda mengayuh sepeda.


Sadel tersedia beragam ukuran, seperti 132 mm, 142 mm, dan masih banyak lagi. Supaya tidak salah memilih sadel, Anda harus mengukur lebar sit bone Anda terlebih dahulu sebelum membeli sadel. Untuk mengetahui ukuran sit bone, Anda hanya perlu duduk di atas kertas yang bagian bawahnya diberi lapisan handuk agak basah.


Bagian kertas yang tertekan oleh sit bone akan berubah menjadi basah. Sebelum kertasnya mengering, Anda harus segera memberikan titik di bagian tengah tiap-tiap area kertas yang basah tersebut. Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan pengukuran dari satu titik ke titik lainnya. Setelah mendapatkan hasilnya (dalam satuan mm), Anda dapat menambahkan 10 mm dan pilihlah sadel yang lebarnya paling mendekati.

Produk rekomendasi pakar

fizikAntares Versus EVO R3 Adaptive

Mulai dari Rp 4.500.000,00

JenisPerformance
Bahan paddingTidak disebutkan
UkuranPanjang: 274 mm・Lebar: 149 mm
Cocok untukRoad bike

SpecializedS-Works Romin EVO with Mirror

Mulai dari Rp 8.100.000,00

JenisPerformance
Bahan paddingFoam
Ukuran143 mm (lebar)
Cocok untukRoad bike

9 rekomendasi sadel sepeda terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan produk sadel sepeda terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sembilan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Reza Fitriyanto.

9
JenisPerformance
Bahan paddingHigh density PU
UkuranPanjang: 273 mm・Lebar: 179 mm
Cocok untukRoad bike, MTB
8
JenisCushioning
Bahan paddingGel
UkuranPanjang: 245 mm・Lebar: 215 mm
Cocok untukCity bike, touring bike, MTB
7

Selle ItaliaSelle San Marco Allroad Carbon FX Wide

720WW401

Mulai dari Rp 3.495.000,00

JenisPerformance
Bahan paddingBiofoam
UkuranPanjang: 268 mm・Lebar: 146 mm
Cocok untukGravel bike, adventure bike
6

ShimanoPRO Falcon Crmo Saddle

PRSA3030

Mulai dari Rp 728.000,00

JenisPerformance
Bahan paddingGel
Ukuran142 mm (lebar)
Cocok untukRoad bike
5
JenisCushioning
Bahan paddingFoam
UkuranPanjang: 200 mm・Lebar: 240 mm・Tinggi: 70–110 mm
Cocok untukCity bike, MTB
4

Selle Royal SpaBrooks England Cambium Saddles

C15 Carved

Mulai dari Rp 1.800.000,00

JenisPerformance
Bahan paddingVulcanised natural rubber
UkuranPanjang: 283 mm・Lebar: 140 mm・Tinggi: 52 mm
Cocok untukCity bike, road bike
3
JenisCushioning
Bahan paddingMemory foam
UkuranPanjang: 260 mm・Lebar: 220 mm・Tinggi: 100 mm
Cocok untukRoad bike, MTB
2
JenisCushioning
Bahan paddingTidak disebutkan
UkuranPanjang: 180 mm・Lebar: 132 mm
Cocok untukMTB
1

West BikingSadel Jok Sepeda Modern

C2316

Mulai dari Rp 289.000,00

JenisPerformance
Bahan paddingGel
UkuranPanjang: 280 mm・Lebar: 155 mm
Cocok untukSemua jenis sepeda

Tabel perbandingan produk sadel sepeda terbaik

Gambar produk
1
West Biking Sadel Jok Sepeda Modern 1

West Biking

2
Duopower Arrow 1

Duopower

3
RockBros Bicycle Saddle 1

RockBros

4
Selle Royal Spa Brooks England Cambium Saddles 1

Selle Royal Spa

5
Pacific Bike Saddle CTB BK 1

Pacific Bike

6
Shimano PRO Falcon Crmo Saddle 1

Shimano

7
Selle Italia Selle San Marco Allroad Carbon FX Wide 1

Selle Italia

8
Polygon Sadel Sepeda Comfy Gel 1

Polygon

9
Velo Plush Pump OM 1

Velo

Nama produk

Sadel Jok Sepeda Modern

Arrow

Bicycle Saddle

Brooks England Cambium Saddles

Saddle CTB BK

PRO Falcon Crmo Saddle

Selle San Marco Allroad Carbon FX Wide

Sadel Sepeda Comfy Gel

Plush Pump OM

Keunggulan

Lebih aman dengan sadel yang dilengkapi tail light

Minimalkan tekanan pada area sensitif dengan no-nose saddle

Area di bagian tulang duduknya diberi lapisan antiselip

Sadel ini memang tipis, tetapi bisa menemani Anda melewati trek berkerikil

Duduk lebih stabil dengan sadel yang super lebar

Desain permukaannya rata, cocok untuk posisi duduk tegak dan fleksibel

Mengayuh dan melaju lebih cepat dengan sadel yang ramping dan ringan

Bersepeda lebih nyaman dengan sadel tebal dan empuk

Sirkulasi udara tetap lancar meski bersepeda di bawah terik matahari

Harga mulai dariRp 289.000,00Rp 1.995.000,00Rp 360.444,00Rp 1.800.000,00Rp 72.000,00Rp 728.000,00Rp 3.495.000,00Rp 175.000,00Rp 200.000,00
JenisPerformanceCushioningCushioningPerformanceCushioningPerformancePerformanceCushioningPerformance
Bahan paddingGelTidak disebutkanMemory foamVulcanised natural rubberFoamGelBiofoamGelHigh density PU
UkuranPanjang: 280 mm・Lebar: 155 mmPanjang: 180 mm・Lebar: 132 mmPanjang: 260 mm・Lebar: 220 mm・Tinggi: 100 mmPanjang: 283 mm・Lebar: 140 mm・Tinggi: 52 mmPanjang: 200 mm・Lebar: 240 mm・Tinggi: 70–110 mm142 mm (lebar)Panjang: 268 mm・Lebar: 146 mmPanjang: 245 mm・Lebar: 215 mmPanjang: 273 mm・Lebar: 179 mm
Cocok untukSemua jenis sepedaMTBRoad bike, MTBCity bike, road bikeCity bike, MTBRoad bikeGravel bike, adventure bikeCity bike, touring bike, MTBRoad bike, MTB
Tautan produk

Tips memasang sadel agar nyaman dipakai

Tips memasang sadel agar nyaman dipakai

Fitur yang ada pada sadel memang berpengaruh terhadap kenyamanan Anda ketika mengendarai sepeda. Posisi sadel juga dapat memengaruhi kenyamanan bersepeda. Oleh sebab itu, kami akan memberikan tips mengatur posisi sadel supaya terasa nyaman saat digunakan.


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur ketinggian yang pas dengan panjang kaki Anda. Untuk mendapatkan tinggi sadel yang pas, ukurlah kaki bagian dalam Anda terlebih dahulu dan mengalikannya dengan 1,09. Lalu, atur ketinggian sadel dengan pelana ketika ada di posisi terbawah menggunakan hasil perkalian tersebut. 


Selanjutnya, pastikan posisi sadelnya tidak terlalu maju atau mundur. Untuk mengetahui hal itu, coba perhatikan posisi lutut dan tempurung kaki ketika pelana berada di posisi jam 3. Apabila posisi tempurung Anda terlalu jauh, sadel harus dimajukan. Sebaliknya, jika posisi tempurung kaki Anda tidak terlihat (tak belakang), sadel harus dimundurkan.


Ketinggian dan posisi tilt dari sadel sangat berpengaruh pada kenyamanan dan performa bersepeda. Sebaiknya, posisi maju mundurnya sadel (tilt) disesuaikan dengan jenis sepeda. Pastikan juga fungsinya sesuai agar Anda terhindar dari cedera berkepanjangan akibat akumulasi posisi duduk yang salah dalam bersepeda.

Tips dari cycling enthusiast kami, Reza Fitriyanto

Tips dari cycling enthusiast kami, Reza Fitriyanto

Menentukan tinggi sadel yang pas bisa dilakukan dengan metode bike fitting. Untuk sepeda jenis apa pun, tinggi sadel jangan sampai membuat kaki Anda tegak lurus ketika pedal berada di posisi jam enam. Sisakan sedikit tekukan pada kaki dengan sudut 75–80 derajat supaya kerja otot dan aliran darah di kaki bisa optimal saat bersepeda.


Letakkan tumit kaki Anda ketika memakai sepatu tepat di pedal secara tegak lurus. Lalu, tanpa mengubah posisi pedal, geser tumit agar telapak kaki yang menyentuh pedal. Jika setelah dipindahkan kaki Anda jadi tertekuk, berarti Anda sudah menemukan tinggi sadel yang tepat.

Baca juga rekomendasi perlengkapan bersepeda lainnya di sini

Mengendarai sepeda memang menyenangkan. Supaya kegiatan bersepeda makin aman dan nyaman, Anda tidak boleh lupa menggunakan helm, sepatu, dan juga perlengkapan bersepeda lainnya. Jika Anda membutuhkan informasi tentang produk-produk tersebut, silakan buka tautan yang telah kami sediakan di bawah ini. Kami juga menyiapkan artikel mengenai aksesori sepeda, lho!

Kesimpulan

Sadel sepeda memang sederhana, tetapi proses memilihnya tak bisa sembarang. Anda harus menentukan padding berbahan gel atau foam yang pas untuk Anda. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan dengan tujuan penggunaannya.


Jika Anda menggunakan sadel sepeda untuk menemani jalan-jalan, Anda bisa memilih sadel cushioning yang empuk. Namun, jika Anda berencana menggunakannya untuk bertualang di pegunungan, pilihlah sadel performance. Dengan begitu, performa Anda selama bersepeda akan maksimal. Selamat memilih.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pada masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merk sepeda listrik buatan lokal maupun luar negeri yang dijual di pasaran.Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan sepuluh merk sepeda listrik terkenal, misalnya Xiaomi, Polygon Bikes, dan Jarvis. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!
    Sepeda
  • 8 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    8 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan delapan sepeda gunung terbaik untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah anak laki-laki Anda sangat aktif? Bersepeda bisa menjadi aktivitas yang seru untuk menyalurkan energinya. Tampilan sepeda yang menarik tentu membuat pengalaman bersepeda lebih menyenangkan. Terdapat produk dari banyak merek terkenal, seperti Polygon Bikes, United Bike, dan Wimcycle yang modelnya maskulin. Sesuai dengan kesukaan anak laki-laki Anda, bukan?Selain desain, tentu Anda juga perlu memperhatikan segi keamanan sepeda. Agar memudahkan Anda memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda untuk anak laki-laki. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produknya yang bagus. Jadi, simak artikel ini sampai habis dan selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Anda mungkin pernah melihat sepeda tanpa pedal yang banyak digunakan oleh anak-anak. Sepeda yang dikenal dengan istilah balance bike atau kick bite ini memang cukup populer dan banyak diminati. Jika Anda sedang mencari informasi tentang balance bike, Anda wajib membaca artikel ini! Kami akan membahas secara lengkap mengapa Anda harus membeli balance bike dan hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek balance bike, seperti London Taxi, Strider, atau Maynine. Langsung saja scroll ke bawah untuk informasi lebih lanjut! 
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bersepeda menjadi pilihan banyak orang untuk mengisi waktu dan tetap sehat selama masa pandemi COVID-19. Tak ada kata terlambat untuk mulai bersepeda, apalagi sekarang sudah banyak sepeda bagus dengan harga murah. Bahkan, kini banyak sepeda lipat yang bagus dengan harga 1 jutaan saja!Pada artikel ini, kami akan mengulas tentang sepeda lipat murah yang kualitasnya baik. Ada juga review dari merek sepeda lipat yang bagus, seperti Pacific, London Taxi, dan BNB. Keuntungan menggunakan sepeda lipat, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk terbaiknya juga akan kami ulas untuk Anda. Simak pembahasannya, yuk!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Keranjang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Keranjang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan dan banyak digemari. Tak hanya sehat dan membakar kalori, dengan bersepeda kita juga bisa sekaligus berjalan-jalan. Itulah mengapa produk-produk sepeda tidak pernah sepi peminatnya. Salah satu jenis sepeda yang laris manis adalah sepeda keranjang.Pada artikel ini akan dijelaskan karakteristik sepeda keranjang, cara memilihnya, hingga sepuluh rekomendasi produk sepeda keranjang terbaik. Beragam merek sepeda keranjang yang bagus dan terkenal, seperti Polygon, United, dan Phoenix tentu tak luput dari daftar yang direkomendasikan. Yuk, langsung saja baca artikel ini sampai usai!
    Sepeda
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori