mybest
Dress & gaun

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Fashion wanita
  3. Pakaian wanita
  4. 10 Merk Long Dress Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Merk Long Dress Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Merk Long Dress Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Merk Long Dress Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Merk Long Dress Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Merk Long Dress Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Merk Long Dress Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Perkembangan dunia fashion Nusantara sanggup membuat batik menjadi lebih modern sehingga diminati oleh remaja dan orang dewasa. Pada artikel ini kami akan membahas long dress batik terbaik. Long dress batik hadir dalam beragam model yang cocok Anda kenakan untuk pesta sampai ke pantai.


Simak tips dari kami dalam memilih long dress batik. Kami juga merekomendasikan beragam long dress batik yang bagus dari merek Bateeq, Batik Trusmi, dan Batik Faaro. Model batik tradisional sampai kombinasi batik modern dengan brokat ada dalam rekomendasi kami. Temukan long dress batik impian Anda!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih long dress batik

Sebelum mengulas rekomendasi produk long dress batik yang bagus, ada beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan. Selain memilih jenis kain batik dan motifnya, ada poin lainnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan.

1

Kenali jenis kain batik yang digunakan

Kain batik terbagi dalam tiga jenis, yaitu batik tulis, batik cap, dan batik print. Kami akan menjelaskan ketiga jenis kain batik ini sebagai pertimbangan Anda sebelum memilih produk long dress batik.

Batik tulis, pengerjaannya lebih rumit dan autentik

Batik tulis, pengerjaannya lebih rumit dan autentik

Kain batik tulis adalah kain batik yang dibuat menggunakan canting dan malam (lilin). Karena itu, polanya bisa tembus sampai bagian belakang kain. Tekniknya memang tergolong sulit untuk menghasilkan motif batik yang menarik. Apabila Anda perhatikan, pola batik tulis tampak tidak simetris karena dikerjakan oleh tangan secara manual. Tak heran jika batik tulis dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Batik cap, autentik dengan motif yang lebih seragam

Batik cap, autentik dengan motif yang lebih seragam

Sebagaimana halnya batik tulis, batik cap juga menggunakan malam. Bedanya, batik cap menggunakan canting cap untuk membuat motif batik pada kain. Hal inilah yang membuat polanya tampak lebih seragam dibandingkan dengan batik tulis.


Jika Anda menginginkan dress batik yang autentik dengan harga yang tak terlalu mahal, batik cap bisa menjadi pilihan. Anda juga bisa memilih batik kombinasi tulis dan cap meski harganya sedikit lebih tinggi daripada batik cap saja.

Batik print, kain bermotif batik dengan motif yang lebih berwarna-warni

Batik print, kain bermotif batik dengan motif yang lebih berwarna-warni

Jenis kain batik terakhir adalah batik print. Berbeda dengan kedua batik sebelumnya, batik print dicetak menggunakan mesin ataupun proses penyablonan dan pewarna khusus kain


Pewarna khusus kain membuat batik print memiliki pilihan warna yang lebih banyak. Karena itu, batik print sebenarnya lebih tepat disebut sebagai kain dengan motif batik. Apabila Anda perhatikan, pola batik pada kain ini tidak tembus sampai bagian belakang kain.

2

Perhatikan pemilihan motif batiknya

Berdasarkan motifnya, ada dua macam motif batik, yaitu motif batik tradisional dan modern. Keduanya memiliki ciri khas tersendiri. Kami akan membahas tentang tiap motif batik tersebut.

Motif batik tradisional, mengikuti pakem tertentu dan penuh makna

Motif batik tradisional, mengikuti pakem tertentu dan penuh makna

Motif batik tradisional merupakan motif batik yang sarat akan makna. Pembuatannya pun tak sembarangan karena harus mengikuti aturan atau pakem tertentu. Membuat batik dengan motif tradisional bisa dibilang lebih rumit serta lebih lama. Karena itu, motif batik ini memiliki nilai estetika yang sangat tinggi.


Jika Anda perhatikan, motif batik tradisional sangat kental dengan pilihan warna hitam, cokelat (sogan), dan putih. Motifnya berbeda-beda berdasarkan daerah pembuatan batik tersebut. Batik Megamendung, Sekar Jagad, Tambal, Ceplok Kembang Kates, dan Kawung merupakan beberapa contoh motif batik tradisional.

Motif batik modern, motifnya lebih bebas dan lebih banyak pilihan

Motif batik modern, motifnya lebih bebas dan lebih banyak pilihan

Dewasa ini perkembangan batik modern makin gencar di kalangan perajin batik dan perancang busana. Batik Cirebon, batik Pekalongan, dan beberapa batik lainnya sudah banyak yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan selera pasar. Anda bisa menemukan beragam komposisi corak dan warna yang lebih kekinian.


Beberapa designer brand, misalnya Bateeq, juga mengeluarkan koleksi busana dengan modernisasi motif batik. Sebagai contoh, Bateeq memodifikasi motif Kawung tradisional menjadi motif geometris yang lebih kontemporer dalam beragam warna. Hal ini agar pakaian batik bisa diterima di kalangan anak muda, bahkan dapat digunakan untuk berbagai acara santai.

3

Sesuaikan model baju dengan acara

Sesuaikan model baju dengan acara

Di samping motif batik, model long dress juga perlu Anda sesuaikan dengan acara. Untuk dikenakan pada acara-acara semiformal atau formal, Anda bisa memilih long dress berlengan pendek atau lengan panjang.


Anda juga bisa menemukan long dress tanpa lengan. Namun, model pakaian ini lebih cocok digunakan untuk acara kasual. Apabila Anda merasa kurang nyaman, Anda bisa menggunakan kaus ataupun blouse di dalamnya.


Long dress batik juga cocok untuk para wanita muslim berhijab. Selain long dress dengan lengan panjang biasa, Anda bisa memilih model kaftan dan gamis. Kedua model pakaian tersebut begitu praktis digunakan sehingga Anda tak perlu menggunakan manset lagi.


Nah, apabila Anda ingin menghadiri pesta dengan long dress batik, pilihlah model yang benar-benar Anda sukai, ya. Berikan kesan yang elegan dengan bahan yang mengilap ataupun kombinasi batik dengan bahan brokat.

4

Pertimbangkan bahan long dress batik

Pertimbangkan bahan long dress batik

Pada umumnya, long dress batik memakai bahan katun karena nyaman, adem, dan cepat menyerap keringat. Namun, selain katun, long dress batik juga kerap dibuat menggunakan beberapa bahan di bawah ini:


  • Rayon: Bahan yang terbuat dari bahan sintetis ini memiliki ciri yang ringan dan tergolong licin. Rayon sering digunakan di negara tropis karena sifatnya yang cocok untuk berbagai cuaca.
  • Viscose: Bahan ini sering disebut sebagai pengembangan dari bahan rayon. Viscose memiliki karakteristik jatuh dan sedikit kilap di permukaannya. Hanya saja, Anda perlu berhati-hati saat menyetrikanya. Suhu yang terlalu panas bisa membuat warna bahan viscose menjadi kuning.
  • Semisutra: Bahan ini memang tidak sehalus bahan sutra, tetapi karakteristiknya mirip dengan sutra. Semisutra memiliki permukaan yang lembut, ringan, dan tidak menerawang.
  • Sifon: Merupakan jenis bahan yang tergolong halus, tipis, dan tembus cahaya. Karena bahan ini tergolong tipis, bobotnya pun ringan.
  • Brokat: Memiliki ciri yang sangat kentara, yakni tampak mewah, anggun, dan elegan. Saat ini, di pasaran sudah banyak model long dress batik brokat yang cantik dan menarik. Berkat tampilannya yang mewah, kain brokat cocok dikenakan untuk pesta.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi long dress batik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk long dress batik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di bawah. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Batik Prass

Gamis Rayon Super Grade A

Batik Prass Gamis Rayon Super Grade A  1

Mulai dari Rp130.000,00

Agak Murah

Long dress batik jumbo yang harganya affordable

2

Sovinska

Gamis Batik Brokat

Sovinska Gamis Batik Brokat 1

Mulai dari Rp360.000,00

Menengah

Bisa dijadikan outfit untuk pesta

3

Eve Maternity

Gamis Rayon Premium Motif Batik FDM166

Eve Maternity Gamis Rayon Premium Motif Batik  1

Mulai dari Rp405.400,00

Menengah

Jalan-jalan lebih nyaman menggunakan long dress batik hijab

4

Wieda Sejahtera

Arjuna Weda Alesha Gamis

Wieda Sejahtera Arjuna Weda Alesha Gamis 1

Mulai dari Rp799.000,00

Agak Mahal

Motif dan desainnya cocok untuk remaja

5

Batik Trusmi

Dress Daster Yukensi DWS Mega Mendung

Batik Trusmi Dress Daster Yukensi DWS Mega Mendung 1

Mulai dari Rp139.000,00

Agak Murah

Tampil kasual dengan long dress tanpa lengan

6

Batik Faaro

Gaun Fara CapFR-181

Batik Faaro Gaun Fara Cap 1

Mulai dari Rp135.000,00

Agak Murah

Bahan sifonnya hadirkan kesan anggun dan elegan

7

Zallatra

Gamis Batik Wanita Asli JambiGM05

Zallatra Gamis Batik Wanita Asli Jambi 1

Mulai dari Rp395.000,00

Menengah

Batik kombinasi dengan motif yang tidak pasaran

8

Bateeq

Kaftan Cotton Primis Mix/SS505-20

Bateeq Kaftan Cotton Primis Mix/SS505-20 1

Mulai dari Rp879.000,00

Lebih Mahal

Desain simpel yang modern untuk pencinta minimalis

9

EB Batik Traditional

Kaftan Batik Viscos Motif Kamelia

EB Batik Traditional Kaftan Batik Viscos Motif Kamelia 1

Mulai dari Rp450.000,00

Menengah

Warna dan modelnya mendukung untuk tampil stand out!

10

Gesyal

Long Dress Maxi Tanpa Lengan Batik

 Gesyal Long Dress Maxi Tanpa Lengan Batik 1

Mulai dari Rp529.000,00

Agak Mahal

Long dress dengan summer vibe untuk liburan yang lebih gaya

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Batik PrassGamis Rayon Super Grade A

Gamis Rayon Super Grade A  1
Sumber: shopee.co.id
Gamis Rayon Super Grade A  2
Sumber: shopee.co.id
Gamis Rayon Super Grade A  3
Sumber: shopee.co.id
Gamis Rayon Super Grade A  4
Sumber: shopee.co.id
Gamis Rayon Super Grade A  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp130.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp130.000,00
Agak Murah

Long dress batik jumbo yang harganya affordable

Apakah Anda sedang mencari long dress yang cocok untuk orang gemuk? Jika iya, jatuhkan pilihan Anda pada long dress batik ini! Produk ini tersedia dalam sembilan motif yang membantu menyamarkan bentuk tubuh Anda. Lingkar dadanya yang paling besar adalah 120 cm.


Selain itu, ada tambahan tali di bagian pinggang yang dapat disesuaikan dengan siluet tubuh Anda. Harga long dress batik jumbo ini juga cukup terjangkau. Anda pun bisa mengoleksi berbagai motifnya tanpa khawatir membuat kantong Anda jebol.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SovinskaGamis Batik Brokat

Gamis Batik Brokat 1
Sumber: shopee.co.id
Gamis Batik Brokat 2
Sumber: shopee.co.id
Gamis Batik Brokat 3
Sumber: shopee.co.id
Gamis Batik Brokat 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp360.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp360.000,00
Menengah

Bisa dijadikan outfit untuk pesta

Model long dress batik kombinasi brokat ini memiliki desain yang manis untuk pesta. Kombinasi bahan katun, batik dobby, dan sentuhan brokat membuat tampilan Anda tampak mewah dan lebih feminin. Perpaduan kain polos berwarna navy dan pink juga memberikan kesan menawan. Apabila Anda membutuhkan long dress batik pesta, jangan lewatkan produk ini.

No.3

Eve MaternityGamis Rayon Premium Motif Batik FDM166

Gamis Rayon Premium Motif Batik  1
Sumber: shopee.co.id
Gamis Rayon Premium Motif Batik  2
Sumber: shopee.co.id
Gamis Rayon Premium Motif Batik  3
Sumber: shopee.co.id
Gamis Rayon Premium Motif Batik  4
Sumber: shopee.co.id
Gamis Rayon Premium Motif Batik  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp405.400,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp405.400,00
Menengah

Jalan-jalan lebih nyaman menggunakan long dress batik hijab

Long dress batik dari Eve Maternity ini menggunakan bahan rayon yang jatuh saat dipakai. Bahan rayonnya begitu lembut dan nyaman di kulit Anda. Modelnya pun terbilang sederhana dengan aksen ruffle di bagian atas perut dan lutut.


Produk ini dilengkapi dengan tali pinggang yang dapat disesuaikan. Selain itu, terdapat juga ritsleting depan sehingga bisa digunakan untuk ibu menyusui. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang membutuhkan long dress batik hijab untuk jalan-jalan.

No.4

Wieda SejahteraArjuna Weda Alesha Gamis

Harga referensi
Mulai dari Rp799.000,00
Agak Mahal

Motif dan desainnya cocok untuk remaja

Long dress batik tak hanya cocok dikenakan oleh orang dewasa. Seiring perkembangan zaman, banyak model long dress yang pas dikenakan oleh remaja. Salah satu produk yang kami rekomendasikan untuk para kawula muda adalah Alesha Gamis.


Long dress batik modern ini memiliki model two-tone sehingga tampak stylish. Terlebih, detail blazer dengan warna senada membuat penampilan Anda makin trendi. Karena terbuat dari bahan semisutra, tentunya long dress ini nyaman digunakan.

No.5

Batik TrusmiDress Daster Yukensi DWS Mega Mendung

Dress Daster Yukensi DWS Mega Mendung 1
Sumber: shopee.co.id
Dress Daster Yukensi DWS Mega Mendung 2
Sumber: shopee.co.id
Dress Daster Yukensi DWS Mega Mendung 3
Sumber: shopee.co.id
Dress Daster Yukensi DWS Mega Mendung 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp139.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp139.000,00
Agak Murah

Tampil kasual dengan long dress tanpa lengan

Siapa bilang long dress batik tak bisa dikenakan untuk tampilan kasual? Coba saja Anda pilih produk ini. Long dress batik tanpa lengan ini memiliki kombinasi motif batik yang klasik dan modern. Meskipun motif batiknya full, long dress ini tak memberikan kesan berlebihan karena warna print-nya cukup soft. Karena itu, produk ini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin tampil kasual.

No.6

Batik FaaroGaun Fara CapFR-181

Harga referensi
Mulai dari Rp135.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp135.000,00
Agak Murah

Bahan sifonnya hadirkan kesan anggun dan elegan

Batik kombinasi sifon dari Batik Faaro ini menghadirkan kesan anggun dan elegan. Long dress batik ini kami rekomendasikan untuk Anda yang akan menghadiri acara dinner maupun acara semiformal. Perpaduan motif yang abstrak dan warna batiknya akan membuat aura Anda terpancar dengan sempurna. Namun, karena sifat bahan sifon yang menerawang, pastikan Anda mengenakan dalaman di dalamnya, ya!

No.7

ZallatraGamis Batik Wanita Asli JambiGM05

Gamis Batik Wanita Asli Jambi 1
Sumber: shopee.co.id
Gamis Batik Wanita Asli Jambi 2
Sumber: shopee.co.id
Gamis Batik Wanita Asli Jambi 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp395.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp395.000,00
Menengah

Batik kombinasi dengan motif yang tidak pasaran

Produk ini merupakan long dress batik yang dibuat menggunakan teknik batik cap semi tulis. Motif batik yang dipakai adalah Durian Pecah khas Jambi. Karena itu, jika Anda mencari long dress batik yang motifnya tidak pasaran, produk inilah pilihannya. Gamis yang didesain asimetris ini dikombinasikan dengan kain polos berwarna hitam. Berkat pola asimetris tersebut, tampilan Anda akan tampak modis.

No.8

BateeqKaftan Cotton Primis Mix/SS505-20

Harga referensi
Mulai dari Rp879.000,00
Lebih Mahal

Desain simpel yang modern untuk pencinta minimalis

Bateeq mengangkat tema batik modifikasi modern agar lebih diminati oleh anak muda. Tak heran jika motif batik dari Bateeq tampak begitu unik dan minimalis. Apabila Anda menyukai motif batik modern yang simpel, pilihlah long dress model kaftan ini.


Long dress batik kombinasi polos ini memakai motif batik yang berbeda di ujung pergelangan tangan sehingga tampilannya lebih keren. Anda pun bisa tampil lebih kece di berbagai acara!

No.9

EB Batik TraditionalKaftan Batik Viscos Motif Kamelia

Kaftan Batik Viscos Motif Kamelia 1
Sumber: eb-batik.com
Kaftan Batik Viscos Motif Kamelia 2
Sumber: eb-batik.com
Kaftan Batik Viscos Motif Kamelia 3
Sumber: eb-batik.com
Kaftan Batik Viscos Motif Kamelia 4
Sumber: eb-batik.com
Harga referensi
Mulai dari Rp450.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp450.000,00
Menengah

Warna dan modelnya mendukung untuk tampil stand out!

Ingin tampil stand out menggunakan long dress batik? Anda bisa memilih produk ini. Long dress batik ini dibalut dengan perpaduan warna putih, merah, dan pink. Anda bisa menemukan detail lace berwarna senada di bagian pergelangan tangan.


Produk ini akan membuat tampilan Anda stand out karena perpaduan warnanya yang cukup terang. Karena itu, long dress batik wanita modern ini dapat membantu Anda tampil percaya diri di acara spesial.

No.10

GesyalLong Dress Maxi Tanpa Lengan Batik

Long Dress Maxi Tanpa Lengan Batik 1
Sumber: shopee.co.id
Long Dress Maxi Tanpa Lengan Batik 2
Sumber: shopee.co.id
Long Dress Maxi Tanpa Lengan Batik 3
Sumber: shopee.co.id
Long Dress Maxi Tanpa Lengan Batik 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp529.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp529.000,00
Agak Mahal

Long dress dengan summer vibe untuk liburan yang lebih gaya

Bingung soal outfit liburan ke pantai nanti? Anda bisa memilih produk dari Gesyal ini. Long dress batik ini didesain tanpa lengan dengan round neckline dan self tie belt di bagian belakang. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir long dress terlalu besar atau terlalu kecil.


Uniknya, long dress batik ini memiliki model yang tampak terpisah antara atasan dan bawahannya. Karena itu, Anda akan tampak mengenakan pakaian set. Aksen tassel yang ada di atasannya juga tampak etnik dan cantik.

Baca juga rekomendasi produk outfit wanita lainnya di sini

Motif serta model baju batik yang beragam membuatnya makin banyak diminati. Anda bisa memadukan long dress batik dengan berbagai outfit pendukung, seperti jam tangan, tas, dan sepatu. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai outfit pendukung untuk para wanita.

Kesimpulan

Long dress batik memang menarik karena coraknya yang begitu beragam. Modelnya pun tak kalah kece. Anda bisa memilih long dress batik tanpa lengan, lengan 3/4, dan lengan panjang. Di samping itu, ada juga model long dress batik pesta dan long dress untuk wanita muslim. Semoga rekomendasi produk di atas dapat membantu Anda dalam menemukan long dress batik yang cocok. Selamat berbelanja!

5 Rekomendasi Long Dress Batik terbaik

No. 1: Batik PrassGamis Rayon Super Grade A

No. 2: SovinskaGamis Batik Brokat

No. 3: Eve MaternityGamis Rayon Premium Motif Batik FDM166

No. 4: Wieda SejahteraArjuna Weda Alesha Gamis

No. 5: Batik TrusmiDress Daster Yukensi DWS Mega Mendung

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Fashion wanita
  3. Pakaian wanita
  4. 10 Merk Long Dress Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.