1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Tablet
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tablet 8 Inch Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tablet 8 Inch Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tablet 8 Inch Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tablet 8 Inch Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tablet 8 Inch Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tablet 8 Inch Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tablet 8 Inch Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tablet ukuran 8 inch sering dicari banyak orang. Ukuran ini dirasa cukup compact, tidak terlalu besar, tetapi tidak terlalu kecil. Anda bisa menggunakannya untuk membaca eBook, menonton video, gaming, bahkan menggambar dengan stylus pen.


Ada banyak merek tablet 8 inch yang bagus di pasaran, seperti Apple, Xiaomi, Advan, Samsung, dan sebagainya. Kami akan mengulas berbagai tablet 8 inch terbaik di artikel ini, baik yang harganya murah maupun yang spesifikasinya tinggi. Sebelum membeli, simak dahulu tips memilih tablet 8 inch berikut ini.

Diperbaharui 06-09-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih tablet 8 inch

Meski fungsinya tidak selengkap laptop, tablet sering dipakai sebagai pelengkap smartphone. Di antara berbagai macam ukuran, tablet ukuran 8 inci adalah pilihan yang tepat. Supaya mendapatkan tablet yang mendukung kebutuhan, berikut ini adalah beberapa poin yang perlu Anda ketahui.

① Perhatikan sistem operasinya

Perhatikan sistem operasinya

Ada tiga macam operating system (OS) yang dikembangkan pada tablet, yaitu Android, iOS, dan Windows. iOS adalah OS yang dikembangkan oleh Apple dan tergolong eksklusif. Anda hanya dapat menemukannya pada iPhone, iPod, Apple Watch, Apple TV, dan iPad.


Berbeda dengan iOS, Android adalah sebuah OS berbasis Linux yang telah diakuisisi oleh Google. Itulah sebabnya, Android lebih banyak dikembangkan oleh perangkat mobile dari berbagai merek. Sementara itu, Windows adalah OS yang dikembangkan oleh Microsoft. Karena itu, OS ini lebih mendukung pekerjaan Anda yang membutuhkan perangkat Microsoft Office.

② Pertimbangkan memori internal yang tinggi

Pertimbangkan memori internal yang tinggi

Tablet dengan memori internal yang tinggi dapat membantu Anda melakukan berbagai kegiatan. Dengan memori yang cukup, Anda dapat menyimpan banyak media, bahkan tanpa perlu menambahkan memori eksternal.


Jumlah memori internal beragam, mulai dari 32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Untuk kenyamanan dalam berkegiatan, kami menyarankan Anda untuk memilih tablet dengan memori internal di atas 64 GB.

③ Carilah kapasitas RAM yang besar untuk penggunaan multitasking

Carilah kapasitas RAM yang besar untuk penggunaan multitasking

RAM atau random-access memory adalah perangkat keras yang dapat membantu mempercepat proses data. Selain itu, RAM juga berfungsi sebagai penyimpan data saat tablet dalam kondisi hidup atau beroperasi.


Standar RAM pada tablet mulai dari 1 GB, 2 GB, 3 GB, 4 GB, 6 GB, sampai 8 GB. Makin tinggi kapasitas RAM-nya, makin cepat pula tablet tersebut beroperasi. Bahkan, pekerjaan multitasking pun tidak akan terasa lambat. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk memilih tablet dengan kapasitas RAM di atas 4 GB.

④ Pilih spesifikasi yang sesuai kebutuhan

Saat memilih tablet, jangan lupa untuk memeriksa spesifikasinya. Carilah tablet dengan spesifikasi yang mendukung kebutuhan Anda. Bila perlu, Anda juga dapat membaca review dari pembeli lainnya untuk mendapatkan informasi spesifikasi yang lebih mendalam.

Model seluler: Lebih praktis mengakses internet ataupun gaming di mana pun

Model seluler: Lebih praktis mengakses internet ataupun gaming di mana pun

Bagi pengguna tablet yang sibuk dan perlu selalu terkoneksi dengan internet, pilihlah tablet yang menyediakan fitur seluler. Tablet seluler memiliki slot kartu SIM yang dapat diisi dengan nomor seluler beserta kuota internet. Jadi, Anda bisa tetap terhubung ke internet di mana pun tanpa tergantung dengan jaringan wifi. Berbagai aktivitas yang memerlukan koneksi internet menjadi mudah dengan tablet seluler.


Anda juga bisa bermain game online di mana saja dengan tablet seluler. Saat sedang bersantai sendiri atau dengan rekan, bermain game bisa menjadi kegiatan menyenangkan. Karena itu, pilihlah tablet yang tidak hanya menyediakan fitur wifi tetapi juga seluler. Namun, harga tablet seluler umumnya lebih tinggi daripada tablet wifi. Hal ini sebanding dengan kenyamanan berinternet yang disediakan.

Baterai awet: Untuk kenyamanan membaca eBook lebih lama

Baterai awet: Untuk kenyamanan membaca eBook lebih lama

Salah satu keunggulan tablet adalah Anda bisa membaca eBook atau buku digital dengan layar yang lebih lebar. Untuk itu, demi mendukung kenyamanan membaca eBook, sebaiknya carilah tablet yang baterainya awet lebih lama. Kapasitas baterai tablet beragam, yaitu mulai dari 4.000 mAh. 


Makin tinggi kapasitasnya, makin awet dan tahan lama baterainya. Dengan begitu, Anda tidak perlu sering-sering mengisi dayanya. Kami rekomendasikan Anda untuk membeli tablet dengan kapasitas baterai di atas 5.000 mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, tablet biasanya akan awet selama 10 jam.

Bobot ringan: Lebih mudah dibawa bepergian

Bobot ringan: Lebih mudah dibawa bepergian

Salah satu keunggulan tablet adalah bentuknya ringkas sehingga mudah dibawa ke mana saja. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk mengecek bobot tablet sebelum membelinya. Makin berat bobot tablet, tangan Anda akan makin cepat lelah dan tidak nyaman.


Bobot tablet bermacam-macam, mulai dari 250 gram hingga 500 gram. Sebaiknya, pilihlah tablet dengan bobot maksimal 400 gram. Bobot ini tidak terlalu berat, tetapi juga tidak terlalu ringan sehingga tablet tetap terasa mantap saat dipegang dan dibawa bepergian.

Resolusi tajam: Makin nyaman menonton tayangan multimedia

Resolusi tajam: Makin nyaman menonton tayangan multimedia

Layar yang jernih dan tajam dapat memanjakan mata Anda saat menonton tayangan multimedia. Ketajaman layar ditentukan oleh resolusi layar, mulai dari qHD, HD, FHD, QHD, sampai dengan UHD.


Setiap resolusi memiliki ukuran piksel yang berbeda-beda. Makin tinggi pikselnya, resolusinya juga makin tajam. Supaya tayangan multimedia Anda terlihat jernih, carilah tablet dengan resolusi layar minimal high definition (HD) atau 720 piksel.

Processor cepat: Gaming terasa lebih seru dengan kinerja tablet yang tinggi

Processor cepat: Gaming terasa lebih seru dengan kinerja tablet yang tinggi

Aplikasi game biasanya cukup berat dan membutuhkan kinerja tablet yang tinggi. Bila Anda ingin bermain game di tablet, carilah tablet dengan prosesor yang kecepatannya tinggi. Kebanyakan tablet memiliki prosesor mulai dari dual-core, quad-core, hexa-core, hingga octa-core.


Makin tinggi kecepatan prosesornya, tablet akan mendukung pekerjaan multitasking yang berat, salah satunya bermain game. Untuk itu, supaya bermain game lebih menyenangkan, carilah tablet dengan prosesor mulai dari quad-core, hexa-core, sampai dengan octa-core.

Stylus pen: Menggambar dengan tablet makin praktis dan mudah

Stylus pen: Menggambar dengan tablet makin praktis dan mudah

Menggambar digital pada tablet jauh lebih praktis karena Anda tidak perlu memindai kertas gambar menjadi bentuk digital. Namun, Anda mungkin tidak terbiasa menggambar menggunakan tablet layar sentuh. Jika begitu, mengapa tidak mencari tablet yang sudah dilengkapi dengan stylus pen saja?


Stylus pen sangat memudahkan Anda dalam menggambar. Dengan pen ini, Anda akan serasa memegang kuas atau pena gambar, tetapi hasilnya dalam bentuk digital. Bahkan, warna palet dan ketebalan pena gambar yang dihasilkan juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, menggambar pun jadi lebih praktis dan mudah!

10 Rekomendasi tablet 8 inch terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tablet 8 inch terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Samsung

Galaxy Tab A (2019, 8")

Samsung Galaxy Tab A (2019, 8") 1枚目

Dual speaker-nya hasilkan kualitas audio yang jernih

2

MAXTRON

GENIO

MAXTRON GENIO 1枚目

Tablet lokal ekonomis yang mendukung jaringan 4G LTE

3

Samsung

Galaxy Tab A with S Pen

Samsung Galaxy Tab A with S Pen 1枚目

Bebaskan kreasi gambar dengan fitur andalan S Pen!

4

Advan

Tab Belajar Elite

Advan Tab Belajar Elite 1枚目

Spesifikasinya unggul untuk temani anak belajar dari rumah

5

Huawei

MatePad T8 Kids Edition

Huawei MatePad T8 Kids Edition 1枚目

Tablet ramah anak yang tetap aman meski tidak sengaja terjatuh

6

Olike

Edutab E1

Olike Edutab E1 1枚目

Pantau dan awasi kegiatan si kecil dengan live screen view

7

Axioo

MyTab 8G

Axioo MyTab 8G 1枚目

Dilengkapi aplikasi KIPIN, anak bisa belajar tanpa koneksi internet!

8

Apple

Ipad mini (Gen 6)

Apple Ipad mini (Gen 6) 1枚目

Chipset-nya powerful, siap menemani aktivitas Anda yang sibuk

9

Xiaomi

Mi Pad 4 WiFi+LTE Edition

Xiaomi  Mi Pad 4 WiFi+LTE Edition 1枚目

Tampilkan video dan gambar dengan tajam meskipun di bawah terik matahari

10

Huawei

MediaPad M6 Turbo 8.4

Huawei MediaPad M6 Turbo 8.4 1枚目

Tampil kece dengan performa mumpuni untuk gaming

Perincian produk
Close
No.1

SamsungGalaxy Tab A (2019, 8")SM-T295NZKAXID

Mulai dari Rp2.599.000,00

Dual speaker-nya hasilkan kualitas audio yang jernih

Tablet ini dilengkapi dengan dual speaker sehingga Anda bisa menikmati kemewahan dan jernihnya suara yang dihasilkan. Tidak hanya itu, baterainya pun dibekali dengan kapasitas yang cukup besar, yakni sebesar 5.100 mAh


Oleh sebab itu, Anda pun dapat melakukan berbagai aktivitas tanap khawatir baterai akan cepat habis. Untuk faktor handling-nya, tablet ini sangat nyaman digenggam. Kini aktivitas berselancar, membaca eBook, ataupun membuka YouTube pun dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman!

No.2

Tablet lokal ekonomis yang mendukung jaringan 4G LTE

Kami merekomendasikan MAXTRON GENIO bagi Anda yang mencari tablet ekonomis dan sudah mendukung jaringan 4G LTE. Dengan jaringan 4G, aktivitas internet Anda akan lancar dan ngebut. Layar tablet ini juga sudah menggunakan jenis panel IPS yang memanjakan mata. 


Tablet ini juga sudah dilengkapi dengan aplikasi belajar sehingga cocok bagi anak usia sekolah yang melakukan pembelajaran online. Anda pun dapat melakukan aktivitas standar, seperti membalas e-mail, browsing, streaming, atau merancang presentasi dengan tablet ini.

No.3

SamsungGalaxy Tab A with S PenSM-P205NZAAXID

Mulai dari Rp3.499.000,00

Bebaskan kreasi gambar dengan fitur andalan S Pen!

Tablet dari Samsung ini tidak hanya dilengkapi dengan stylus pen biasa, tetapi dilengkapi dengan S Pen. Anda bisa melakukan banyak hal dengan S Pen, seperti menggambar dan menulis catatan. Bahkan, Anda tidak akan merasakan perbedaan yang berarti antara menggunakan S Pen dengan pena sungguhan.


Cara kerja S Pen jauh lebih responsif dibandingkan stylus pen biasa. Ada shortcut yang mempermudah kerja Anda hanya dengan menempelkan S Pen di layar depan. Jadi, apakah Anda ingin berkreasi lebih bebas dengan tablet? Jika iya, tablet ini kami rekomendasikan untuk Anda.

No.4

AdvanTab Belajar Elite

Mulai dari Rp1.399.000,00

Spesifikasinya unggul untuk temani anak belajar dari rumah

Anda sedang mencari tablet untuk mendukung kebutuhan belajar anak di rumah? Kalau begitu, tablet satu ini adalah pilihan yang pas. Dengan harga yang kompetitif dan spesifikasi yang mumpuni, tablet ini cukup untuk menunjang aktivitas belajar.


Tidak lupa, kapasitas memorinya cukup besar untuk menyimpan file belajar. Didukung dengan kecepatan RAM 3 GB, anak bisa melakukan aktivitas online class sambil membuka aplikasi yang lain. Tambahan pula, tablet ini juga dilengkapi dengan dua slot SIM card, lho.

No.5

HuaweiMatePad T8 Kids Edition

Mulai dari Rp2.499.000,00

Tablet ramah anak yang tetap aman meski tidak sengaja terjatuh

Tablet ini dibuat dengan tampilan dan program yang kids friendly, lho! Dibekali dengan tayangan-tayangan edukasi, hal ini akan membantu proses tumbuh kembang anak. Tablet ini juga dilengkapi casing rubber yang berfungsi mencegah tablet rusak saat tidak sengaja terjatuh. Selain itu, casing rubber ini juga food grade sehingga aman untuk si kecil. 


Di sisi bawah case terdapat stylus pen yang berfungsi sebagai media anak berkreasi, seperti melukis atau menggambar. Tablet ini juga dapat digunakan oleh orang dewasa, kok. Anda hanya perlu keluar dari mode Kids Corner dan kini tablet dapat digunakan pada mode normal.

No.6

Pantau dan awasi kegiatan si kecil dengan live screen view

Tablet ini dibuat khusus dibuat untuk menemani tumbuh kembang dan proses belajar anak Anda. Tidak hanya itu, tablet ini juga dilengkapi fitur yang memungkinkan orang tua mengawasi penggunaan gadget pada anak. Produk ini merupakan pilihan yang tepat untuk mendampingi proses pembelajaran si kecil. 


Fitur time management membantu orang tua untuk membatasi durasi pemakaian gadget. Selain itu, live screen view-nya berfungsi untuk memantau layar tablet. Adanya proximity sensor juga mampu mendeteksi jarak pandang anak Anda dengan gadget. Tablet ini juga dilengkapi dengan night mode yang mampu mengurangi ketegangan mata anak.

No.7

AxiooMyTab 8G

Mulai dari Rp2.200.000,00

Dilengkapi aplikasi KIPIN, anak bisa belajar tanpa koneksi internet!

Jika Anda sedang mencari tablet untuk keperluan belajar anak, produkd dari Axioo tidak boleh dilewatkan. Pasalnya,  MyTab 8G sudah dilengkapi dengan aplikasi KIPIN. Anda cukup mengunduhnya sekali saja, lalu anak dapat belajar ribuan materi pelajaran sekolah. Hebatnya lagi, anak bisa belajar dengan fokus dan konsentrasi tanpa harus tersambung dengan internet. 

No.8

AppleIpad mini (Gen 6)

Mulai dari Rp9.599.000,00

Chipset-nya powerful, siap menemani aktivitas Anda yang sibuk

Kini, Anda tidak perlu lagi mengalami lag jika menggunakan tablet Apple ini. Hal ini karena chipset bionic A15 yang digunakan sangat bisa diandalkan. Chipset yang dirancang khusus untuk produk Apple ini terasa ngebut, bahkan ketika dipakai gaming. Ipad mini Gen 6 ini juga sangat cocok untuk Anda yang hobi berkreasi. 


Membuat materi kuliah, merancang doodle, ataupun membuat sketsa bukanlah hal yang sulit dilakukan dengan tablet ini. Tuangkan semua ide hebat Anda dengan si mini. Layarnya menggunakan jenis Liquid Retina yang akan memanjakan mata. Selain itu, tablet ini juga memiliki user interface yang menyenangkan. Apakah Anda tertarik memilikinya?

No.9

Xiaomi Mi Pad 4 WiFi+LTE Edition

Mulai dari Rp5.300.000,00

Tampilkan video dan gambar dengan tajam meskipun di bawah terik matahari

Anda mungkin pernah terganggu ketika menggunakan tablet di luar ruangan karena layar menjadi tidak terlihat jelas. Karena itu, kami sarankan Anda menggunakan Xiaomi Mi Pad yang sudah dilengkapi dengan layar in-plane switching (IPS). Dengan demikian, penampilan warnanya jadi lebih kuat.


Ditambah lagi, produk ini juga dilengkapi resolusi layar HD dengan kepadatan piksel 283 ppi. Gambar, video, serta teks yang ditampilkannya pun akan lebih tajam. Dengan demikian, Anda dapat melihat layar dengan jelas meskipun di bawah terik matahari.

No.10

HuaweiMediaPad M6 Turbo 8.4

Mulai dari Rp7.499.000,00

Tampil kece dengan performa mumpuni untuk gaming

Bermain game akan lebih seru jika Anda menggunakan tablet ini. Kapasitas RAM-nya besar dengan prosesor yang tinggi, kebutuhan game Anda pun bisa terpenuhi. Selain itu, kapasitas memori internal juga besar sehingga Anda bisa mengunduh berbagai aplikasi game favorit.


Tampilan casing tablet ini terlihat keren dengan dua pilihan warna, yaitu phantom red dan phantom blue. Dengan spesifikasi yang mumpuni dan desain yang kece, para pecinta game sebaiknya jangan melewatkan tablet yang satu ini.

Baca juga rekomendasi iPad, tablet Android, dan tablet Windows lainnya di sini

Jika tablet 8 inci kurang memenuhi kebutuhan Anda, tenang saja! Kami telah mengulas beberapa rekomendasi tablet dari berbagai ukuran dan sistem operasi. Beberapa produk tersebut adalah iPad, tablet Android, hingga tablet Windows. Bacalah artikel di bawah ini dan temukan tablet terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Kesimpulan

Memiliki tablet 8 inci adalah pilihan tepat untuk mendukung banyak aktivitas. Anda bisa membaca buku, bermain game, menggambar, dan juga menonton video atau film. Apakah dari artikel ini Anda mendapatkan tablet 8 inci yang paling sesuai dengan kebutuhan?


Jangan lupa untuk memperhatikan kelengkapan garansi setiap Anda membeli barang elektronik, termasuk tablet. Demi kemudahan jika terjadi kerusakan, pertimbangkan juga ketersediaan service center merek tablet tersebut di kota Anda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer