mybest
Tamborin

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Hobi
  3. Musik
  4. 10 Tamborin Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Tamborin Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Tamborin Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Tamborin Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Tamborin Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Tamborin Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Tamborin Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2024)

Tamborin adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul atau digoyang. Instrumen ini sering dipakai dalam berbagai genre musik, seperti pop, folk, rock, R&B, klasik, bahkan musik rohani. Namun, karena bentuknya yang sederhana, terkadang sulit untuk menentukan tamborin mana yang berkualitas. Apakah Anda merasa bingung saat harus memilihnya?


Kali ini kami akan membagi tips cara memilih tamborin yang bagus. Setelah itu, Anda bisa pertimbangkan sepuluh produk rekomendasi, seperti merek Remo, Meinl, Speeds, dan merek terkenal lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satriyo Arwanto. Selamat membaca!

Diperbaharui 14/07/2023
Satriyo Arwanto
Pakar
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik. Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Profil Satriyo Arwanto
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Sejarah singkat alat musik tamborin

Sejarah singkat alat musik tamborin

Tamborin merupakan salah satu alat musik perkusi yang paling terkenal di dunia. Hampir setiap kontinen memiliki versi tamborin sendiri. Contohnya saja, ada pandeiro yang berasal dari Amerika Latin, timbrel dari Eropa, dan riq dari Timur Tengah.


Terlepas dari popularitasnya, asal usul instrumen ini masih menjadi misteri. Mayoritas peneliti percaya bahwa tamborin berasal dari 3.500 tahun yang lalu pada kebudayaan Mesopotamia. Pada waktu itu tamborin dimainkan pada festival dan acara religius.


Alat musik ini mulai mencuri perhatian di Eropa pada abad ke-13 ketika digunakan untuk pertunjukan keliling. Namun, popularitas tamborin sebenarnya dikaitkan dengan pasukan prajurit Ottoman. Merekalah yang memperkenalkan tamborin ke dunia orkestra dan menjadikannya sebagai instrumen yang kita kenal sekarang.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tamborin

Sebuah tamborin memiliki tiga bagian, yaitu jingles, shell, dan head. Tiap-tiap komponen berdampak pada kualitas dan warna suara yang dihasilkan. Bentuk, ukuran, serta cara memainkan tamborin pun bervariasi. Agar Anda tidak salah membeli, simak dahulu penjelasan di bawah ini.

1

Pilihlah berdasarkan jenisnya

Tamborin hadir dalam berbagai macam bentuk. Ada yang dimainkan dengan tangan dan ada pula yang digerakkan dengan kaki atau pedal. Berikut ini kami akan membahas empat jenis tamborin yang paling populer. Pilih tamborin yang sesuai dengan aktivitas bermusik Anda, ya!

Tamborin satu baris: Ringan dan mudah dipakai oleh pemula

Tamborin satu baris: Ringan dan mudah dipakai oleh pemula
Sumber: meinlpercussion.com

Tamborin satu baris adalah pilihan favorit kalangan pemain pemula karena bobotnya yang ringan. Tipe ini mudah digoyang dan nyaman dipakai pada waktu latihan. Anda juga bisa menggunakannya sebagai aksesori tambahan saat bernyanyi di atas panggung.


Tamborin ini mengeluarkan bunyi dengan sustain yang pendek dan dapat membaur lebih baik dengan suara instrumen lainnya. Tipe ini hanya dilengkapi dengan satu barisan jingles atau simbal sehingga suara yang dihasilkannya tidak terlalu keras.


Di sisi lain, tamborin satu baris kurang cocok jika Anda ingin membuat aksentuasi pada sebuah bagian musik. Selain itu, Anda akan cepat lelah jika harus melakukan shake roll atau getaran untuk waktu yang lama. Jika demikian, Anda dapat gunakan dua tamborin secara bersamaan sebagai solusinya.

Tamborin dua baris: Suaranya terdengar jelas saat konser

Dalam sebuah konser orkestra, bunyi tamborin bisa tenggelam di antara suara instrumen lainnya. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda membutuhkan tamborin dua baris.


Tamborin ini dibekali dengan dua barisan jingles untuk menghasilkan gemerencing yang keras. Kedua barisan tersebut bisa memiliki susunan paralel atau staggered. Tipe ini memiliki karakteristik suara yang lebih kaya karena bisa menampung dua jenis jingles berbeda


Namun, jumlah jingles yang banyak membuat tamborin menjadi berat sehingga sedikit sulit untuk dimainkan. Saat membeli tamborin dua baris, perhatikan juga lebar lubang jingles. Pilihlah produk dengan dua ukuran lubang yang berbeda untuk mendapatkan ritme yang bervariasi.

Tamborin hi-hat: Memberi aksen pada dentuman drum

Tamborin hi-hat: Memberi aksen pada dentuman drum
Sumber: lpmusic.com

Tamborin yang satu ini dirancang khusus untuk Anda yang suka bermain drum. Untuk menggunakannya, Anda perlu memasang tamborin pada bagian atas simbal hi-hat. Lalu, injak bagian pedal untuk menggerakkan tamborin dan simbal secara bersamaan. Anda juga bisa mengetuknya dengan stik drum.


Tamborin hi-hat memberi aksen pada dentuman drum agar musik Anda menjadi lebih dinamis. Namun, jika Anda ingin sepenuhnya menggunakan stik drum, tamborin dua baris bisa menjadi alternatif. Tamborin ini memiliki sebuah lubang untuk disangkutkan ke hi-hat set Anda. Dengan begitu, Anda bisa memukul tamborin seperti layaknya drum.

Tamborin kaki: Cocok untuk pemain solo

Tamborin pada umumnya dimainkan dengan tangan. Namun, tahukah Anda bahwa alat musik ini juga bisa digerakkan oleh kaki? Tamborin kaki adalah instrumen yang Anda pasang di ujung depan kaki atau di ujung belakang sepatu.


Tipe ini memiliki bentuk kotak atau setengah bulatan dan dibekali dengan dua sampai sepuluh jingles. Alat ini cocok bagi Anda yang ingin memainkan dua instrumen secara bersamaan, seperti tamborin dan cajon.

2

Cek bahan jingle yang digunakan

Bahan jingles sangatlah penting karena berdampak pada nada serta warna suara tamborin. Jingles bisa terbuat dari beraneka ragam bahan, seperti kromium, nikel, perak, tembaga, dan perunggu. Namun, yang paling sering digunakan adalah kuningan dan stainless steel.

Kuningan: Menghasilkan suara dengan tone yang hangat di nada tingkat menengah

Kuningan: Menghasilkan suara dengan tone yang hangat di nada tingkat menengah
Sumber: lpmusic.com

Jingles berbahan kuningan memiliki suara dengan nada tingkat menengah. Suaranya yang tidak terlalu tinggi dan berkarakter hangat membuatnya cocok dimainkan di banyak genre musik. Contohnya adalah musik jazz, pop, atau folk. Tamborin dengan jingles kuningan umumnya memiliki harga yang lebih terjangkau. Oleh karena itu, tipe ini cukup populer digunakan di lingkungan sekolah.

Stainless steel: Memberi suara aksen yang jernih dan full

Stainless steel memiliki warna suara yang jernih dan full. Karakteristik ini menjadikan stainless cocok untuk memberikan aksen dalam musik rock, pop, atau gambus. Mayoritas hi-hat tambourine menggunakan stainless steel sebagai bahan untuk jingles-nya. Alhasil, suara tamborin dapat menyatu dengan harmonis bersama dengan tabuhan drum.


Selain memperhatikan bahannya, perhatikan juga bentuk jingles. Ada jingles yang telah melalui proses dimpling untuk membuat lekukan pada permukaannya. Proses ini bisa dilakukan menggunakan mesin atau secara manual dengan sebuah palu. Hasilnya, tamborin Anda akan memiliki kompleksitas suara yang lebih tinggi.

3

Pertimbangkan materi dan bentuk bodinya

Bagian bodi tamborin disebut sebagai shell dan bisa terbuat dari kayu atau bahan sintetis. Mayoritas pemain tamborin lebih menyukai shell kayu karena bobotnya yang ringan. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi Anda untuk memainkannya.


Bentuk tamborin pun bermacam-macam. Anda pasti pernah melihat tamborin yang berbentuk bundar. Akan tetapi, ada juga tamborin dengan bentuk seperti raket, setengah lingkaran, tongkat, dan lainnya. Pilihlah sesuai preferensi atau jenis musik yang akan Anda mainkan.

4

Utamakan tamborin dengan head untuk melatih teknik lanjutan

Utamakan tamborin dengan head untuk melatih teknik lanjutan

Beberapa tamborin dilengkapi dengan membran atau head. Bagian ini dibutuhkan untuk mempraktikkan teknik lanjutan, seperti thumb roll atau gerakan dengan ibu jari. Membran diamankan ke bagian shell menggunakan lem atau pin sehingga tamborin tidak dapat di-tuning.


Meski demikian, saat ini sudah ada beberapa tipe tamborin yang dilengkapi dengan baut sehingga Anda dapat mengatur kekencangan head. Dengan begitu, Anda dapat mengatur sendiri suara yang Anda inginkan.


Head umumnya terbuat dari kulit sapi atau kambing, serta bahan plastik sintetis. Head berbahan kulit memiliki kualitas suara yang lebih bagus, tetapi perawatannya sulit. Bahan kulit sangat sensitif terhadap lingkungan yang lembap dan temperatur tinggi sehingga rentan rusak. Jika Anda tidak ingin repot menggantinya, pilihlah tamborin dengan head berbahan plastik atau tanpa head.

5

Tentukan ukurannya sesuai kebutuhan

Tentukan ukurannya sesuai kebutuhan

Tamborin hadir dalam berbagai ukuran diameter, mulai dari 6–13 inci. Untuk anak-anak, sebaiknya Anda memilih tamborin dengan diameter 6–8 inci agar lebih mudah dimainkan. Tipe ini juga bisa Anda pakai untuk hiburan santai.


Bagi Anda yang ingin memainkan tamborin secara profesional, pilihlah yang berukuran 10 inci. Tamborin berdiameter besar juga bisa Anda pertimbangkan untuk melakukan teknik tertentu, seperti thumb roll yang lama. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi tamborin terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tamborin terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Speeds

Tambourine Double RingLX 049-3

Speeds Tambourine Double Ring 1

Rp45.000

Lebih Murah

Tamborin dengan warna-warni yang menarik untuk si kecil

2

DADI

Tambourine Double RingMT6-102A

DADI Tambourine Double Ring 1

Rp155.000

Menengah

Bisa disetel, suasana makin meriah dengan musik samba!

3

Remo

Tambourine

Remo Tambourine 1

Rp400.000

Agak Mahal

Tampil stylish dengan tamborin yang satu ini!

4

Tamborin Hi-Hat DrumLT-400

 Tamborin Hi-Hat Drum 1

Rp179.000

Menengah

16 pasang jingles-nya membuat ritme drum makin asyik

5

Power Beat

Riq Tamborin

Power Beat Riq Tamborin 1

Rp685.000

Lebih Mahal

Pilihan tepat untuk mengiringi musik gambus hadroh

6

Meinl

Compact Foot TambourineCFJS2S-BK

Meinl Compact Foot Tambourine 1

Rp190.000

Menengah

Bisa nyanyi, menari, dan main musik sekaligus!

7

Lucido

Tambourine Wood 10"CPC-1018

Lucido Tambourine Wood 10" 1

Rp142.000

Agak Murah

Head berbahan kulit agar suara lebih merdu

8

Latin Percussion

Aspire® 8" Tambourine RedLPA181

Latin Percussion Aspire® 8" Tambourine Red 1

Rp165.000

Menengah

Nyaman digenggam, cocok untuk para pemula

9

Meinl

Professional Series Hihat TambourineTHH1BK

Meinl Professional Series Hihat Tambourine 1

Rp490.000

Agak Mahal

Bisa dibunyikan dengan pedal atau tongkat drum

10

Meinl

Heel Tambourine - HTA

Meinl Heel Tambourine - HTA 1

Rp220.000

Menengah

Pendamping terbaik saat bermain cajon

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SpeedsTambourine Double RingLX 049-3

Tambourine Double Ring 1
Tambourine Double Ring 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp45.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp45.000
Lebih Murah

Tamborin dengan warna-warni yang menarik untuk si kecil

Kelebihan:

  • Tersedia dalam 3 pilihan ukuran sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan
  • Terdapat 4 warna menarik yang disukai anak-anak

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang mengatakan bagian shell mudah penyok

Tamborin adalah alat yang bagus untuk melatih fungsi motorik dan kemampuan musik anak-anak. Jika Anda sedang mencari hadiah ulang tahun untuk buah hati Anda, pilihlah tamborin dari Speeds. Ukurannya yang mini membuatnya mudah untuk digenggam oleh anak kecil. Selain itu, shell-nya berbahan plastik sehingga tidak mudah rusak ketika jatuh. Harga tamborin ini juga ekonomis, lho!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

DADITambourine Double RingMT6-102A

Harga referensi
Rp155.000
Menengah

Bisa disetel, suasana makin meriah dengan musik samba!

Kelebihan:

  • Tersedia head model transparan dan putih, bisa disesuaikan dengan selera
  • Bisa disetel, mirip dengan alat musik Pandeiro

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam 1 ukuran, yakni 10 inci


Tamborin dari DADI ini menyerupai Pandeiro yang berasal dari Brazil. Pandeiro sangat populer karena suaranya bisa diubah sesuai preferensi Anda. Anda hanya perlu mengatur sekrup pada bagian bodinya. 


Terdapat tujuh set jingles untuk menciptakan ritme singkat khas musik Brazil. Bagi Anda yang menyukai musik samba, capoeira, atau musik Amerika Latin lainnya, produk ini layak menjadi pilihan Anda.

No.3

RemoTambourine

Harga referensi
Rp400.000
Agak Mahal

Tampil stylish dengan tamborin yang satu ini!

Kelebihan:

  • Tampil stylish dengan desain tamborin yang keren
  • Tersedia dalam 3 ukuran dan 2 jenis tamborin, mudah disesuaikan dengan kebutuhan

Kekurangan:

  • Warna shell monoton, hanya ada 1 warna saja

Tamborin yang mencolok bisa menjadi kunci untuk meningkatkan kehadiran panggung seorang penyanyi. Jadi, jika Anda adalah penyanyi utama dalam sebuah band, Anda akan membutuhkan tamborin yang satu ini. Head-nya dengan motif prismatic dan radiant yang bakal memikat perhatian para penonton. Shell-nya terbuat dari serat kayu daur ulang yang ringan agar Anda tidak cepat lelah saat membawanya! 

No.4

Tamborin Hi-Hat DrumLT-400

Harga referensi
Rp179.000
Menengah

16 pasang jingles-nya membuat ritme drum makin asyik

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan 16 pasang jingles, hasilkan musik yang lebih dinamis

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam 3 pilihan warna saja

Ingin menambahkan variasi pada bunyi drum Anda? Pilih saja tamborin hi-hat ini dan Anda akan menikmati ritme drum menjadi makin asyik. Produk ini dilengkapi dengan enam belas pasang jingles untuk memberi kontras ke suara dentuman drum. Anda dapat menggunakannya dengan memasang tamborin ini di atas hi-hat drum.

No.5

Power BeatRiq Tamborin

Riq Tamborin 1
Sumber: shopee.co.id
Riq Tamborin 2
Sumber: shopee.co.id
Riq Tamborin 3
Sumber: shopee.co.id
Riq Tamborin 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp685.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp685.000
Lebih Mahal

Pilihan tepat untuk mengiringi musik gambus hadroh

Kelebihan:

  • Jingles dari kuningan hasilkan suara yang lembut
  • Dilengkapi tas, mudah disimpan dan awet digunakan

Kekurangan:

  • Hanya dilengkapi 5 pasang jingles 2 baris, suaranya kurang keras


Riq adalah sejenis tamborin yang banyak dipakai dalam musik rakyat Arab. Instrumen ini juga sering dimainkan bersama dengan alat musik darbuka. Riq ini cocok untuk mengiringi orkes gambus hadroh atau selawat.


Produk ini dibekali dengan jingles kuningan untuk menghasilkan karakteristik suara yang lembut dengan volume yang keras. Head-nya terbuat dari bahan sintetis sehingga tidak membutuhkan perawatan yang banyak.

No.6

MeinlCompact Foot TambourineCFJS2S-BK

Harga referensi
Rp190.000
Menengah

Bisa nyanyi, menari, dan main musik sekaligus!

Kelebihan:

  • Ringan dan mudah dimainkan, bisa melakukan one-man show performance

Kekurangan:

  • Tidak tersedia warna selain hitam

Ini dia tamborin untuk one-man show! Tamborin ini dipasang ke bagian depan sepatu untuk penggunaan hands-free. Anda bisa menari, menyanyi, dan memainkan instrumen lainnya tanpa hambatan. Produk ini dilengkapi dengan karet elastis agar tidak mudah lepas. Selain itu, jingles-nya mengeluarkan suara yang tidak terlalu kuat sehingga bisa menyatu dengan bunyi instrumen lainnya.

No.7

LucidoTambourine Wood 10"CPC-1018

Tambourine Wood 10" 1
Sumber: shopee.co.id
Tambourine Wood 10" 2
Sumber: shopee.co.id
Tambourine Wood 10" 3
Sumber: shopee.co.id
Tambourine Wood 10" 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp142.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp142.000
Agak Murah

Head berbahan kulit agar suara lebih merdu

Kelebihan:

  • Head terbuat dari kulit, suaranya pun lebih merdu

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam 1 pilihan warna saja

Tamborin dengan head berbahan kulit menghasilkan bunyi yang jernih serta lembut. Oleh karena itu, produk ini kami rekomendasikan bagi Anda yang bermain dalam ensambel. Head-nya yang lebar cocok sekali untuk melatih thumb roll atau teknik lanjutan lainnya. Shell-nya terbuat dari kayu berbobot ringan sehingga tidak terasa jika dimainkan untuk jangka waktu yang lama.

No.8

Latin PercussionAspire® 8" Tambourine RedLPA181

Harga referensi
Rp165.000
Menengah

Nyaman digenggam, cocok untuk para pemula

Kelebihan:

  • Grip-nya antiselip, nyaman digenggam

Kekurangan:

  • Suara yang dihasilkan kurang keras karena jingles hanya 7

Jika Anda baru mulai belajar main tamborin, Anda mungkin khawatir akan menjatuhkannya secara tidak sengaja. Untungnya, Latin Percussion kini hadir dengan Aspire Tambourine. Tamborin yang satu ini cocok sekali untuk para pemula. Bagian grip-nya nyaman untuk digenggam sehingga tidak mudah selip dari tangan. Shell-nya juga memiliki ujung yang lembut agar tidak melukai tangan Anda saat latihan. 

No.9

MeinlProfessional Series Hihat TambourineTHH1BK

Harga referensi
Rp490.000
Agak Mahal

Bisa dibunyikan dengan pedal atau tongkat drum

Kelebihan:

  • Bahan karet pada shell hasilkan aksen suara yang khas 

Kekurangan:

  • Hanya tersedia pilihan tamborin 1 baris, suara yang dihasilkan kurang keras

Untuk para pemain drum profesional, inilah tamborin hi-hat yang tidak bisa dilewatkan. Berbahan karet, tamborin ini bisa Anda pukul baik dengan stik drum maupun lewat pedal hi-hat. Dengan begitu, Anda lebih bebas untuk mengatur intensitas aksen yang ingin Anda ciptakan. Stainless steel jingles-nya mengeluarkan bunyi yang singkat dengan nada yang rendah.

No.10

MeinlHeel Tambourine - HTA

Harga referensi
Rp220.000
Menengah

Pendamping terbaik saat bermain cajon

Kelebihan:

  • Mudah digunakan, cukup selipkan di sepatu Anda

Kekurangan:

  • Hanya tersedia 1 warna saja

Bagi Anda yang sering memainkan cajon, produk yang satu ini patut dilirik. Heel tambourine ini bisa digunakan untuk memberi aksen agar musik Anda menjadi lebih dinamis. Cara memakai tamborin ini pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyelipkannya antara tumit kaki dan sepatu. Dengan begitu, Anda bisa memfokuskan tangan kepada cajon.

Bagaimana cara memainkan tamborin?

Bagaimana cara memainkan tamborin?

Tamborin termasuk alat musik perkusi yang digoyang atau diketuk dengan jari. Untuk membuat musik yang enak didengar, Anda perlu memegangnya dengan benar. Kali ini, kami akan menjelaskan teknik dasar memainkan tamborin.


Pertama, pegang tamborin dengan tangan dominan Anda dalam posisi yang sedikit miring (40–50 derajat). Makin datar posisi tamborin, makin singkat bunyi gemerencing. Mainkan lagu favorit Anda dan tabuh permukaan tamborin sesuai tempo sebagai latihan.


Saat memukul tamborin, gunakan telapak tangan atau jari Anda, bukan buku-buku jari. Jika Anda sudah terbiasa dengan iramanya, Anda bisa mencoba teknik yang lebih sulit. Sebagai contoh, Anda bisa memukul tamborin ke tangan sebelah atau ke lutut Anda!

Baca juga rekomendasi alat musik lainnya di sini

Tamborin adalah alat musik ritmis yang bisa dimainkan sendiri atau bersama instrumen lainnya, seperti cajon dan gitar. Untuk menemukan rekomendasi alat musik lainnya, Anda bisa membaca pilihan artikel di bawah ini. Kami memiliki rekomendasi berbagai jenis alat musik, terutama untuk Anda yang masih pemula. Yuk, cari tahu lebih banyak!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan produk yang disukai? Tamborin adalah instrumen yang tak lekang oleh waktu. Dari musik klasik hingga pop, alat perkusi ini bisa melengkapi berbagai macam karya musik.


Untuk pengalaman terbaik, carilah produk dengan ukuran diameter 10 inci. Sesuaikan tipe tamborin dan bahan jingles dengan warna suara yang ingin Anda hasilkan. Lalu, pilihlah tamborin dengan head agar Anda bisa bereskperimen dengan teknik-teknik baru. Selamat berlatih!

5 Rekomendasi Tamborin terbaik

No. 1: SpeedsTambourine Double RingLX 049-3

No. 2: DADITambourine Double RingMT6-102A

No. 3: RemoTambourine

No. 4: Tamborin Hi-Hat DrumLT-400

No. 5: Power BeatRiq Tamborin

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Hobi
  3. Musik
  4. 10 Tamborin Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.