• 10 Rekomendasi Tamborin Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Tamborin Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Tamborin Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Tamborin Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Tamborin Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Tamborin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Tamborin adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul atau digoyang. Instrumen ini sering dipakai dalam berbagai genre musik, seperti pop, folk, rock, R&B, klasik, bahkan musik rohani. Namun, karena bentuknya yang sederhana, terkadang sulit untuk menentukan tamborin mana yang berkualitas. Apakah Anda merasa bingung saat harus memilihnya?


Kali ini, kami akan membagi tips cara memilih tamborin yang bagus. Setelah itu, Anda bisa pertimbangkan sepuluh produk rekomendasi kami dari Remo, Meinl, dan merk terkenal lainnya. Simak sampai akhir untuk menemukan tamborin yang Anda butuhkan!

  • Pembaharuan terakhir: 03 April 2021
  • 96 Views
Daftar isi

Sejarah singkat alat musik tamborin

Sejarah singkat alat musik tamborin

Tamborin merupakan salah satu alat musik ansambel yang paling terkenal di dunia. Hampir setiap kontinen memiliki versi tamborin sendiri. Contohnya, ada pandeiro yang berasal dari Amerika Latin, timbrel dari Eropa, dan riq dari Timur Tengah.


Terlepas dari popularitasnya, asal usul instrumen ini masih menjadi misteri. Mayoritas peneliti percaya bahwa tamborin berasal dari 3.500 tahun yang lalu di kebudayaan Mesopotamia. Pada waktu itu, tamborin dimainkan pada festival dan acara religius.


Alat musik ini mulai mencuri perhatian di Eropa pada abad ke-13 ketika digunakan untuk pertunjukan keliling. Namun, popularitas tamborin sebenarnya dikaitkan dengan pasukan prajurit Ottoman. Merekalah yang memperkenalkan tamborin ke dunia orkestra dan menjadikannya sebagai instrumen yang kita kenal sekarang.

Cara memilih tamborin

Sebuah tamborin memiliki tiga bagian, yaitu jingle, shell, dan head. Masing-masing komponen berdampak pada kualitas dan warna suara yang dihasilkan. Bentuk, ukuran, serta cara memainkan tamborin pun bervariasi. Agar Anda tidak salah membeli, simak dulu penjelasan di bawah ini.

Pilihlah berdasarkan tipenya

Tamborin hadir dalam berbagai macam bentuk. Ada yang dimainkan dengan tangan, ada pula yang digerakkan dengan kaki atau pedal. Berikut ini, kami akan membahas empat tipe tamborin yang paling populer. Pilih tipe yang sesuai dengan aktivitas bermusik Anda, ya!

Tamborin satu baris: Ringan dan mudah dipakai oleh pemula

Tamborin satu baris adalah pilihan favorit kalangan pemain pemula karena bobotnya yang ringan. Tipe ini mudah digoyang dan nyaman dipakai pada waktu latihan. Anda juga bisa menggunakannya sebagai aksesori tambahan saat bernyanyi di atas panggung.


Tamborin ini mengeluarkan bunyi yang singkat dan dapat membaur lebih baik dengan suara instrumen lainnya. Tipe ini hanya dilengkapi dengan satu barisan jingles atau simbal sehingga suara yang dihasilkannya tidak terlalu keras.


Di sisi lain, tamborin satu baris kurang cocok jika Anda ingin membuat aksentuasi pada sebuah bagian musik. Selain itu, Anda akan cepat lelah jika harus melakukan shake roll atau getaran untuk waktu yang lama. Jika demikian, Anda dapat gunakan dua tamborin secara bersamaan sebagai solusinya.

Tamborin dua baris: Suaranya terdengar jelas saat konser

Dalam sebuah konser orkestra, bunyi tamborin bisa tenggelam di antara suara instrumen lainnya. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda membutuhkan tamborin dua baris.


Tamborin ini dibekali dengan dua barisan jingles untuk menghasilkan gemerincing yang keras. Kedua barisan tersebut bisa memiliki susunan paralel maupun staggered. Tipe ini memiliki karakteristik suara yang lebih kaya karena bisa menampung dua jenis jingles yang berbeda. 


Namun, jumlah jingles yang banyak membuat tamborin menjadi berat sehingga sedikit sulit untuk dimainkan. Saat membeli tamborin dua baris, perhatikan juga lebar lubang jingles. Pilihlah produk dengan dua ukuran lubang yang berbeda untuk mendapatkan ritme yang bervariasi.

Tamborin hi-hat: Memberi aksen pada dentuman drum

Tamborin yang satu ini dirancang khusus untuk Anda yang suka bermain drum. Untuk menggunakannya, Anda perlu memasang tamborin pada bagian atas simbal hi-hat. Lalu, injak bagian pedal untuk menggerakkan tamborin dan simbal secara bersamaan. Anda juga bisa mengetuknya dengan tongkat drum.


Tamborin hi-hat memberi aksen pada dentuman drum agar musik Anda menjadi lebih dinamis. Namun, jika Anda ingin sepenuhnya menggunakan tongkat drum, tamborin dua baris bisa menjadi alternatif. Tamborin ini memiliki sebuah lubang untuk menyangkutkannya ke hi-hat set Anda. Dengan begitu, Anda bisa memukul tamborin seperti layaknya drum.

Tamborin kaki: Cocok untuk pemain solo

Tamborin pada umumnya dimainkan dengan tangan. Namun, tahukah Anda bahwa alat musik ini juga bisa digerakkan oleh kaki? Tamborin kaki adalah instrumen yang Anda pasang ke ujung depan atau tumit sepatu.


Tipe ini memiliki bentuk kotak atau setengah bulatan dan dibekali dengan dua sampai sepuluh jingles. Alat ini cocok bagi Anda yang ingin memainkan dua instrumen secara bersamaan, seperti tamborin dan cajon.

Cek bahan jingle yang digunakan

Bahan jingles sangatlah penting karena berdampak pada nada serta warna suara tamborin. Jingles bisa terbuat dari beraneka ragam bahan, seperti kromium, nikel, perak, tembaga, dan perunggu. Namun, yang paling sering digunakan adalah kuningan dan stainless steel.

Kuningan: Menghasilkan suara dengan tone yang hangat di nada tingkat menengah

Jingles berbahan kuningan memiliki suara dengan nada tingkat menengah. Suaranya yang tidak terlalu tinggi dan berkarakter hangat membuatnya cocok dimainkan di banyak genre musik, seperti jazz, pop, hingga folk. Tamborin dengan jingles kuningan umumnya memiliki harga yang lebih terjangkau. Oleh karena itu, tipe ini cukup populer digunakan di lingkungan sekolah.

Stainless steel: Memberi suara aksen yang jernih dan full

Stainless steel memiliki warna suara yang jernih dan full. Karakteristik ini menjadikannya cocok untuk memberikan aksen dalam musik rock, pop, hingga gambus. Mayoritas hi-hat tambourine menggunakan stainless steel sebagai bahan untuk jingles-nya. Alhasil, suara tamborin dapat menyatu dengan harmonis bersama dengan tabuhan drum.

Selain memperhatikan bahannya, perhatikan juga bentuk jingles. Ada jingles yang telah melalui proses dimpling untuk membuat lekukan pada permukaannya. Proses ini bisa dilakukan menggunakan mesin atau secara manual dengan sebuah palu. Hasilnya, tamborin Anda akan memiliki kompleksitas suara yang lebih tinggi.

Pertimbangkan materi dan bentuk bodinya

Bagian bodi tamborin disebut sebagai shell dan bisa terbuat dari kayu atau bahan sintetis. Mayoritas pemain tamborin lebih menyukai shell kayu karena bobotnya yang ringan. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi Anda untuk memainkannya.


Bentuk tamborin pun bermacam-macam. Anda pasti pernah melihat tamborin yang berbentuk bundar. Akan tetapi, ada juga tamborin dengan bentuk seperti raket, setengah lingkaran, tongkat, dan lainnya. Pilihlah sesuai preferensi atau jenis musik yang akan Anda mainkan.

Pilihlah tamborin dengan head untuk melatih teknik lanjutan

Pilihlah tamborin dengan head untuk melatih teknik lanjutan

Beberapa tamborin dilengkapi dengan membran atau head. Bagian ini dibutuhkan untuk mempraktekkan teknik lanjutan, seperti thumb roll atau getaran dengan jari ibu. Membran diamankan ke bagian shell menggunakan lem atau pin sehingga tamborin tidak dapat di-tuning.


Meskipun demikian, saat ini sudah ada beberapa tipe tamborin yang dilengkapi dengan baut. Anda dapat memutar baut untuk mengatur kekencangan head. Dengan begitu, Anda dapat mengatur sendiri suara yang Anda inginkan.


Head umumnya terbuat dari kulit sapi atau kambing, serta bahan plastik sintetis. Head berbahan kulit memiliki kualitas suara yang lebih bagus, tetapi perawatannya sulit. Bahan kulit sangat sensitif terhadap lingkungan yang lembap dan temperatur tinggi sehingga rentan rusak. Jika Anda tidak ingin repot menggantikannya, pilihlah tamborin dengan head berbahan plastik atau yang tanpa head.

Tentukan sesuai ukurannya

Tentukan sesuai ukurannya

Tamborin hadir dalam berbagai ukuran diameter, dari 6 inci sampai dengan 13 inci. Untuk anak-anak, sebaiknya Anda memilih tamborin dengan diameter 6 atau 8 inci agar lebih mudah untuk dibawa. Tipe ini juga bisa Anda pakai untuk hiburan santai.


Bagi Anda yang ingin memainkan tamborin secara profesional, pilihlah yang berukuran 10 inci. Tamborin berdiameter besar juga bisa Anda pertimbangkan untuk melakukan teknik tertentu, seperti thumb roll yang lama. 

10 Rekomendasi tamborin terbaik

Apakah Anda sudah memahami cara memilih tamborin yang berkualitas? Jika iya, selanjutnya kami akan mengulas sepuluh produk tamborin terbaik untuk pertimbangan Anda. Perhatikan fitur dari setiap produk dan pilihlah yang paling sesuai!

10

Tambourine Hihat Single Row 10 Inch

Mulai dari Rp 150.000,00

TipeTamborin hi-hat
Ukuran10 inci
Bahan jingleTidak disebutkan
Materi shellTidak disebutkan
Bahan headTidak ada
9
TipeTamborin kaki
UkuranTidak ada
Bahan jingleStainless steel
Materi shellKayu dan plastik
Bahan headTidak ada
8

New Polyester Leather Pandeiro

Mulai dari Rp 410.000,00

TipeTamborin dua baris
Ukuran10 inci
Bahan jingleTidak disebutkan
Materi shellKayu dan metal
Bahan headPolyester
7

MeinlProfessional Series Hihat Tambourine

THH1BK

Mulai dari Rp 375.000,00

TipeTamborin hi-hat
Ukuran5 inci
Bahan jingleStainless steel
Materi shellKaret
Bahan headTidak ada
6
TipeTamborin kaki
UkuranTidak ada
Bahan jingleStainless steel
Materi shellKayu
Bahan headTidak ada
5
TipeTamborin dua baris
Ukuran8 inci
Bahan jingleKuningan
Materi shellAluminium
Bahan headSintetis
4

SpeedsTambourine Double Layer

LX 049-3

Mulai dari Rp 45.000,00

TipeTamborin dua baris
Ukuran8 inci
Bahan jingleStainless steel
Materi shellPlastik
Bahan headTidak ada
3

Latin PercussionAspire® 8" Tambourine Red

LPA181

Mulai dari Rp 245.000,00

TipeTamborin satu baris
Ukuran8 inci
Bahan jingleStainless steel
Materi shellPlastik
Bahan headTidak ada
2

RemoPrizmatic Tambourine 10"

TA-4210-43

Mulai dari Rp 720.000,00

TipeTamborin dua baris
Ukuran10 inci
Bahan jingleTidak disebutkan
Materi shellKayu
Bahan headSintetis
1
TipeTamborin dua baris
Ukuran10 inci
Bahan jingleTidak disebutkan
Materi shellKayu
Bahan headKulit

Tabel perbandingan produk tamborin terbaik

Gambar produk
1
Plywood Tambourine 10" 1

2
Remo Prizmatic Tambourine 10" 1

Remo

3
Latin Percussion Aspire® 8" Tambourine Red 1

Latin Percussion

4
Speeds Tambourine Double Layer 1

Speeds

5
Seif Percussion Riq Tamborin 1

Seif Percussion

6
Meinl Foot Tambourine 1

Meinl

7
Meinl Professional Series Hihat Tambourine 1

Meinl

8
New Polyester Leather Pandeiro 1

9
Meinl Heel Tambourine - HTA 1

Meinl

10
Tambourine Hihat Single Row 10 Inch 1

Nama produk

Plywood Tambourine 10"

Prizmatic Tambourine 10"

Aspire® 8" Tambourine Red

Tambourine Double Layer

Riq Tamborin

Foot Tambourine

Professional Series Hihat Tambourine

New Polyester Leather Pandeiro

Heel Tambourine - HTA

Tambourine Hihat Single Row 10 Inch

Keunggulan

Head berbahan kulit agar suara lebih merdu

Tampil stylish dengan tamborin yang satu ini!

Nyaman digenggam, cocok untuk para pemula

Tamborin warna-warni untuk si kecil

Pilihan tepat untuk mengiringi musik gambus hadroh

Bisa nyanyi, menari, dan main musik sekaligus!

Bisa digerakkan dengan pedal maupun tongkat drum

Suasana makin meriah dengan musik samba!

Pendamping terbaik saat bermain cajon

Membuat ritme drum makin asyik

Harga mulai dariRp 142.000,00Rp 720.000,00Rp 245.000,00Rp 45.000,00Rp 600.000,00Rp 175.000,00Rp 375.000,00Rp 410.000,00Rp 210.000,00Rp 150.000,00
TipeTamborin dua barisTamborin dua barisTamborin satu barisTamborin dua barisTamborin dua barisTamborin kakiTamborin hi-hatTamborin dua barisTamborin kakiTamborin hi-hat
Ukuran10 inci10 inci8 inci8 inci8 inciTidak ada5 inci10 inciTidak ada10 inci
Bahan jingleTidak disebutkanTidak disebutkanStainless steelStainless steelKuninganStainless steelStainless steelTidak disebutkanStainless steelTidak disebutkan
Materi shellKayuKayuPlastikPlastikAluminiumKayuKaretKayu dan metalKayu dan plastikTidak disebutkan
Bahan headKulitSintetisTidak adaTidak adaSintetisTidak adaTidak adaPolyesterTidak adaTidak ada
Tautan produk

Bagaimana cara memainkan tamborin?

Bagaimana cara memainkan tamborin?

Tamborin termasuk alat musik perkusi yang digoyang atau diketuk dengan jari. Untuk membuat musik yang enak didengar, Anda perlu memegangnya dengan benar. Kali ini, kami akan menjelaskan teknik dasar memainkan tamborin.


Pertama, pegang tamborin dengan tangan dominan Anda dalam posisi yang sedikit miring (40–50 derajat). Makin datar posisi tamborin, makin singkat bunyi gemerincingnya. Mainkan lagu favorit Anda dan tabuh permukaan tamborin sesuai tempo sebagai latihan.


Saat memukul tamborin, gunakan telapak tangan atau jari Anda, bukan buku-buku jari. Jika Anda sudah terbiasa dengan iramanya, Anda bisa mencoba teknik yang lebih sulit. Contohnya, Anda bisa memukul tamborin ke tangan sebelah atau bahkan ke lutut Anda!

Baca juga rekomendasi produk alat musik lainnya di sini!

Tamborin adalah alat musik ritmis yang bisa dimainkan sendiri atau bersama instrumen lainnya, seperti cajon dan gitar. Untuk menemukan rekomendasi alat musik lainnya, Anda bisa membaca pilihan artikel di bawah ini. Kami memiliki rekomendasi berbagai jenis alat musik, terutama untuk Anda yang masih pemula. Yuk, cari tahu lebih banyak!

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan produk yang Anda suka? Tamborin adalah instrumen yang tak lekang oleh waktu. Dari musik klasik hingga pop, alat perkusi ini bisa melengkapi berbagai macam karya musik.


Untuk pengalaman terbaik, carilah produk dengan ukuran diameter 10 inci. Sesuaikan tipe tamborin dan bahan jingles dengan warna suara yang ingin Anda capai. Lalu, pilihlah tamborin dengan head agar Anda bisa eksperimentasi dengan teknik-teknik baru. Selamat berlatih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai alat musik, ukulele dikenal lebih mudah dimainkan dengan suaranya yang tak kalah merdu daripada gitar. Biasanya, para pemusik pemula menggunakan ukulele jenis sopran. Namun, bila Anda belajar di tingkat lanjutan, Anda bisa memilih jenis concert, tenor, atau bariton. Ukulele juga memiliki jenis yang beragam dan dibedakan berdasarkan material, jenis senar, hingga pegs-nya.Untuk membantu Anda, kini kami akan memperkenalkan cara memilih ukulele dengan mempertimbangkan jenis nada hingga material pembuatnya. Sebagai referensi, kami juga memberikan rekomendasi produk yang ada di pasaran seperti Grande, Cowboy, Fender, dan lainnya. Selamat membaca!
    Musik
    64.064 Views
  • 10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pick gitar merupakan alat yang sangat penting bagi pemain gitar. Namun, memilih pick gitar yang cocok mungkin akan terasa menyulitkan bagi seorang pemula. Terlebih pick gitar memiliki beragam bentuk, ketebalan, serta material pembuat. Tentu hal tersebut semakin membingungkan Anda, bukan?Sekarang, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih pick gitar. Setelah itu, kami akan memberikan rekomendasi produk pilihan keluaran Jim Dunlop, D’Addario, Gravity, dan sebagainya untuk Anda. Kami harap rekomendasi kami dapat membantu Anda menemukan pick gitar yang pas. Selamat membaca!
    Musik
    17.012 Views
  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    178.014 Views
  • 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Recorder adalah alat musik yang biasanya mulai diperkenalkan pada siswa di tingkat sekolah dasar. Namun, beberapa orang mungkin menganggap alat ini kuno serta tidak menarik untuk dimainkan. Jika memang demikian, tentu musisi seperti Paul McCartney dan John Paul Jones tidak akan menggunakan recorder dalam lagu mereka.Meski begitu, jangan terburu-buru membeli bila saat ini ada produk yang menarik minat Anda. Simak dulu penjelasan cara memilih dan sepuluh rekomendasi recorder dari merek terkenal seperti Yamaha dan Aulos berikut ini. Pastikan Anda menyimak hingga akhir agar mendapatkan informasi yang jelas. Selamat membaca!
    Musik
    10.981 Views
  • 10 Rekomendasi Stand Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Stand Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda memiliki gitar atau bass, stand gitar menjadi perlengkapan yang harus dimiliki. Stand gitar menjadi tempat untuk meletakkan gitar sehingga ruangan Anda terlihat lebih rapi. Selain itu, stand gitar juga menjaga dan melindungi gitar saat tidak digunakan. Dengan demikian, gitar Anda pun menjadi lebih awet.Saat ini, ada berbagai jenis stand gitar dengan harga bervariasi. Agar tidak membingungkan, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih stand gitar. Kami juga akan memberikan rekomendasi beberapa produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti HERCULES, Aroma, dan lainnya. Selamat membaca!
    Musik
    5.264 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    47.442 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ukulele merupakan alat musik petik sehingga untuk memainkannya Anda memerlukan senar yang baik dan sesuai. Akan tetapi, semakin lama senar ukulele akan menurun kualitasnya baik rutin digunakan maupun tidak. Karena itu, Anda perlu mengganti senar ukulele secara berkala. Namun, memilih pun sulit karena ada banyak jenis senar berdasarkan material dan suaranya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih senar ukulele. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk, seperti Aquila, Ibanez, D'Addario, dan sebagainya. Tak perlu menunggu lama, yuk langsung simak penjelasan kami selengkapnya!
    Musik
    4.802 Views
  • 10 Rekomendasi Cajon Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cajon Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Cajon merupakan instrumen perkusi berbentuk kotak yang biasa digunakan untuk mengiringi musik akustik. Banyak orang yang kagum dengan instrumen ini karena keunikan dan kepraktisannya. Ada banyak produk cajon dengan beragam material, ukuran, hingga harga. Karena itu, memilih cajon yang sesuai mungkin sedikit sulit bagi seorang pemula.Jadi, kali ini kami akan memberitahukan kepada Anda cara memilih cajon yang tepat untuk pemula. Setelah itu, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk cajon seperti Pearl, MEINL Percussion, Latin Percussion, dan lainnya. Silakan simak dan pilih cajon yang sesuai dengan keinginan Anda.
    Musik
    5.254 Views
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    Pernahkah Anda mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Karena itu, dalam artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik untuk Anda. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan produk dari merek-merek terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan mikrofon tipe dinamik terbaik, ya!
    Musik
    17.602 Views
  • 10 Rekomendasi Saxophone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Saxophone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saxophone termasuk alat musik melodis yang dimainkan dengan cara ditiup. Instrumen ini dipopulerkan oleh artis-artis ternama dalam dunia musik jazz, seperti Sidney Bechet dan Kenny G. Saxophone yang dijual di Indonesia hadir dalam berbagai jenis ukuran, harga, serta fitur. Namun, manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda?Kali ini, kami akan mengulas cara memilih alat musik saxophone yang bagus. Kami juga akan membagi sepuluh rekomendasi produk saxophone dari merk terkenal, seperti Yamaha, Conn-Selmer, dan lainnya. Simaklah artikel ini sampai akhir untuk mendapatkan produk yang paling tepat untuk Anda.
    Musik
    64 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    178.014 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Senar berperan penting dalam hasil suara gitar akustik. Jenisnya pun beragam, ada yang berbahan phosphor bronze, 80/20 bronze, dengan ketebalan yang juga berbeda-beda. Bingung harus memilih yang mana?Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan Anda cara memilih senar untuk gitar akustik. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan kepada Anda rekomendasi produk terbaik seperti dari Martin, Elixir, dan D'Addario. Memilih senar yang tepat akan membuat pertunjukan Anda makin istimewa!
    Musik
    47.682 Views
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    53.471 Views
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    Pernahkah Anda mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Karena itu, dalam artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik untuk Anda. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan produk dari merek-merek terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan mikrofon tipe dinamik terbaik, ya!
    Musik
    17.602 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda bercita-cita menjadi seorang musisi terutama gitaris, Anda tentunya membutuhkan perlengkapan musik yang memadai. Salah satu benda yang sangat penting saat bermain gitar adalah amplifier. Amplifier merupakan peralatan untuk memperkuat sinyal sehingga hasil suara lebih baik dan lebih keras.Ada beberapa merek amplifier yang terkenal seperti Marshall, Roland, dan Fender. Akan tetapi, untuk Anda yang seorang pemula tentunya akan sulit untuk menemukan amplifier yang terbaik. Oleh karena itu, kali ini kami memberikan Anda tips memilih amplifier terbaik serta merekomendasikan beberapa produk untuk Anda. Simak artikel kami berikut ini!
    Musik
    43.287 Views
  • 10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tentu akan sangat menyenangkan jika Anda bisa memiliki MP3 Player yang memiliki kualitas suara terbaik. Produsen yang terkenal handal dalam menciptakan produk MP3 Player berkualitas dengan berbagai fitur menarik salah satunya adalah Sony.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi produk MP3 Player terbaik dengan membandingkan performa, fitur dan harganya. Kami juga akan menjelaskan cara memilih MP3 Player agar Anda bisa menemukan produk favorit Anda dan menikmati lagu dengan kualitas suara terbaik pula. Jadi, sudah siap memilih MP3 Player terbaik Anda?
    Musik
    37.779 Views
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Harmonika merupakan alat musik tiup berukuran kecil, tetapi bersuara impresif. Meski bentuknya sederhana, harmonika menghasilkan nada yang kaya sehingga banyak digunakan di berbagai genre musik. Bagi Anda yang pemula, Anda mungkin masih bingung dalam mencari harmonika yang tepat.Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih harmonika terbaik dan merekomendasikan beberapa produknya. Di antaranya adalah Hohner, Seydel, Suzuki dan sebagainya. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Musik
    18.286 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori