mybest
Tandon air

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kebutuhan rumah tangga
  3. Kebun & luar ruangan
  4. 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya.


Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.

Diperbaharui 31/01/2024
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa itu tandon air?

Apa itu tandon air?

Tandon air atau toren adalah media penyimpanan air bersih yang dapat diakses kapan pun, termasuk saat listrik padam. Melalui serangkaian pipa yang saling berhubungan, air akan langsung mengalir ke berbagai tempat, seperti dapur dan toilet.


Bagaimanapun, air merupakan kebutuhan vital yang harus dipenuhi dan harus dapat tersedia dalam segala kondisi. Dengan menggunakan tandon air, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir akan kekurangan suplai air bersih. Selain itu, Anda juga tidak harus menyalakan dan mematikan pompa air berulang kali sehingga dapat meringankan tagihan listrik bulanan Anda.

Cara memilih Tandon Air

Banyaknya pilihan mungkin bisa membuat Anda bingung dalam menentukan produk tandon air yang tepat. Oleh karena itu, kami akan membahas cara memilih tandon air yang sesuai kebutuhan Anda. Yuk, simak dengan saksama!

1

Sesuaikan ukuran dan kapasitas tandon air dengan kebutuhan

Sesuaikan ukuran dan kapasitas tandon air dengan kebutuhan

Ukuran tandon air yang digunakan pada tiap bangunan berbeda-beda tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Untuk kebutuhan industri, kapasitas yang dibutuhkan bisa mencapai puluhan ribu liter. Sementara itu, ukuran tandon air untuk rumah tangga berkisar antara 500–5000 liter tergantung pada jumlah orangnya.


Sebelum memilih tandon air, sebaiknya Anda hitung terlebih dahulu perkiraan jumlah pemakaian air sehari-hari. Untuk kebutuhan rumah tangga, Anda bisa menghitung berdasarkan jumlah anggota keluarga di rumah.

Umumnya pemakaian air bersih setiap orang mencapai 125–150 liter per harinya tergantung lingkungan tempat tinggalnya. Kalau tidak yakin pada hitungan sendiri, Anda bisa meminta bantuan profesional untuk mendapat hasil yang lebih akurat.

2

Pilih jenis tandon air berdasarkan bahan pembuatnya

Berdasarkan bahan pembuatnya, ada tiga jenis tandon air yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Tiap-tiap jenis tandon air memiliki keunggulan yang berbeda. Nah, supaya Anda tidak salah memilih, berikut kami jabarkan perbedaan dari jenis-jenis tandon air tersebut.

Tandon air stainless steel, tidak mudah tembus sinar matahari

Tandon air stainless steel, tidak mudah tembus sinar matahari

Stainless steel adalah salah satu bahan yang perawatannya paling mudah. Tandon air jenis ini memiliki tampilan mewah dan dan elegan yang memberikan kesan eksklusif. Selain itu, bahan ini juga antilumut karena tidak mudah ditembus paparan sinar matahari.


Akan tetapi, tandon air ini sangat tidak disarankan untuk menyimpan air tanah. Hal ini karena kandungan asam pada air tanah bisa membuat stainless steel jadi mudah berkarat. Namun, bila Anda hanya ingin menyimpan air bersih, tandon air stainless steel tetap bisa menjadi pilihan terbaik.

Tandon air fiberglass, cocok untuk kebutuhan industri besar

Tandon air fiberglass, cocok untuk kebutuhan industri besar

Jenis ini memiliki bentuk yang keras bila dibandingkan dengan tandon air lainnya. Meski bobotnya cukup ringan, tandon air fiberglass tetap dapat berdiri kokoh dan tidak mudah tertiup angin. Karena memiliki sifat tidak mudah berkarat, tandon ini juga sering digunakan untuk kebutuhan industri.


Namun, tandon air jenis ini memiliki harga yang cenderung lebih tinggi dibandingkan bahan stainless steel. Biaya perawatan yang dibutuhkan pun tidak sedikit. Selain itu, tandon air berbahan fiberglass agak sulit ditemukan di pasaran Indonesia. Jadi, perlu usaha lebih bila Anda benar-benar ingin membeli tandon air fiberglass.

Tandon air plastik, pilihan favorit banyak orang

Tandon air plastik, pilihan favorit banyak orang

Tandon air plastik merupakan jenis yang paling banyak beredar di pasaran. Tak heran kalau tandon air ini menjadi favorit di kalangan masyarakat. Jenis tandon ini sering dijumpai dalam berbagai varian warna yang menarik, misalnya oranye, kuning, dan biru.


Karena dibuat dari bahan plastik, bobot tandon air ini cukup ringan sehingga mudah untuk dipindahkan. Penggunaan tandon air plastik sangat ideal bagi Anda yang lebih mementingkan kualitas dibandingkan tampilan mewah dan eksklusif.

3

Pastikan lokasi pemasangan tandon air sudah sesuai

Selanjutnya, hal lain yang perlu diperhatikan adalah lokasi pemasangan tandon air. Beberapa bahan tandon air dapat bekerja dengan lebih maksimal bila diletakkan di lokasi yang sesuai. Mari simak penjelasannya sebagai berikut.

Underground, ideal untuk tempat yang sempit

Underground, ideal untuk tempat yang sempit

Penempatan tandon air di bawah tanah merupakan pilihan terbaik jika Anda memiliki tempat yang terbatas. Jenis yang paling baik untuk diletakkan di bawah tanah ialah tandon air plastik. Bahan plastik memiliki daya tahan yang baik dan tidak memerlukan pemeriksaan terlalu sering.


Penggunaan tandon air bawah tanah juga cocok untuk Anda yang memiliki kebun mini. Namun, pemasangannya tidaklah murah karena butuh biaya ekstra untuk melakukan penggalian.

Ground-level, perawatannya mudah dan biayanya ekonomis

Ground-level, perawatannya mudah dan biayanya ekonomis

Pemasangan tandon air di permukaan tanah memang membutuhkan ruang lebih, tetapi biaya yang dikeluarkan jadi lebih terjangkau. Selain itu, perawatan dan pemeliharaan tandon pun jadi lebih mudah. Anda bisa menggunakan tandon air dari bahan apa pun untuk diletakkan di atas permukaan tanah. 

Overhead, hemat ruang dan biaya

Overhead, hemat ruang dan biaya

Kalau Anda ingin menghemat ruang dan biaya sekaligus, penempatan tandon air di atas bangunan adalah pilihan terbaik. Ini merupakan perpaduan keunggulan dari tandon air underground dan ground-level.


Biasanya tandon akan diberi tambahan tower atau menara yang terbuat dari rangka besi. Fungsinya adalah untuk membuat tandon air menjadi lebih kuat dan kokoh. Selain itu, tower ini juga memudahkan Anda memanjat tandon saat ingin melakukan pemeriksaan. 

4

Pertimbangkan warna tandon air

Pertimbangkan warna tandon air

Tandon air tersedia di pasaran dalam berbagai pilihan warna. Hal ini mungkin terkesan sepele, tetapi pemilihan warna yang tepat bisa memengaruhi kualitas air yang ada di dalam tandon. Karena itu, penting untuk mempertimbangkan warna tandon air dengan saksama sebelum membelinya. 


Bila Anda ingin meletakkan tandon air di luar ruangan, sebaiknya pilih yang memiliki warna gelap. Warna gelap tersebut memungkinkan sinar matahari tidak menembus ke dalam tandon. Hasilnya, pertumbuhan bakteri dan lumut dapat dicegah karena tidak mendapat suplai sinar matahari untuk berkembang biak.


Sementara itu, kalau tandon air ditempatkan di lokasi yang terlindung dari sinar matahari langsung, pemilihan warna bukanlah masalah. Anda bisa memilih warna apa pun sesuai dengan keinginan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Tandon Air Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Tandon Air terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 31 Januari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Kapasitas
Diameter tandon
Tinggi tandon
Bahan
Lokasi pemasangan
1

Bangun Indopralon Sukses

MPOIN Drain Tipe 600

Bangun Indopralon Sukses MPOIN Drain Tipe 600 1

Rp2.253.300

Menengah

100% food grade, terjamin higienis dan aman dikonsumsi!

550 liter

86,5 cm

160 cm (termasuk kaki)

Silver ion, zic, copper

Overhead

2

Penguin

Stainless SteelTBSK 1000

Penguin Stainless Steel 1

Rp4.080.000

Agak Mahal

Suhunya stabil dan sejuk, kualitas air makin meningkat

1.000 liter

96,5 cm

178,3 cm (termasuk kaki)

Stainless steel

Overhead

3

PENNYU

Toren Air BLAKE Series570 L (Tipe 55)

PENNYU Toren Air BLAKE Series 1

Rp1.281.000

Agak Murah

Bisa ditempatkan di atas tanah ataupun tower

570 liter

86 cm

129 cm

Tidak diketahui

Ground-level, overhead

4

Penguin

Underground TankTQ 110

Penguin Underground Tank 1

Rp2.775.000

Agak Mahal

Desainnya anti-float, memastikan tangki tidak berubah posisi

1000

107,5 cm

157 cm

Polietilena

Underground

5

Merpati

Tandon Air TP 5000

Merpati Tandon Air  1

Rp4.900.000

Lebih Mahal

Kapasitas jumbo 5000 liter, cocok untuk usaha industri rumah tangga

5.000 liter

176 cm

239 cm

Tidak diketahui

Ground-level

6

Filtra

Tangki Air TB 550 STD

Filtra Tangki Air  1

Rp740.000

Lebih Murah

Material high density polyethylene berkualitasnya hasilkan kekuatan ekstra

520 liter

83 cm

110 cm

HDPE

Underground, ground-level

7

TIRTA

Tangki Air Stainless T 1000

TIRTA Tangki Air Stainless  1

Rp2.375.000

Agak Mahal

Hadir dengan tampilan yang mewah dan elegan

960 liter

95 cm

147 cm

Stainless steel

Overhead

8

Penguin

Tangki Air General TankTB 55

Penguin  Tangki Air General Tank 1

Rp1.200.000

Agak Murah

Antimikroba serta bebas BPA dan logam berat, air lebih higienis dan sehat

520 liter

83 cm

118 cm

Tidak diketahui

Ground-level, overhead

9

Excel Blow Tangki AirALB 600

 Excel Blow Tangki Air 1

Rp948.000

Agak Murah

Teknologi sistem blow bikin tangki dua kali lebih kuat

550 liter

80 cm

110 cm

Plastik PE

Ground-level

10

Adinaga Sindo Jaya

LUCKY POLYTANK Antibacterial SeriesLAB 31

Adinaga Sindo Jaya LUCKY POLYTANK Antibacterial Series 1

Rp1.100.000

Agak Murah

Toren air dengan lima lapisan dinding berteknologi dari Swiss

550 liter

83 cm

110 cm

Polyethylene

Overground, ground-level, overhead

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Bangun Indopralon SuksesMPOIN Drain Tipe 600

MPOIN Drain Tipe 600 1
Sumber: mpoin.com
MPOIN Drain Tipe 600 2
Sumber: mpoin.com
MPOIN Drain Tipe 600 3
Sumber: shopee.co.id
MPOIN Drain Tipe 600 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp2.253.300
Menengah
Harga referensi
Rp2.253.300
Menengah

100% food grade, terjamin higienis dan aman dikonsumsi!

Tandon air dari Mpoin tidak boleh dilewatkan jika Anda membutuhkan tangki air yang bebas repot. Produk ini sudah menggunakan teknologi Total Flush yang membuat Anda tidak perlu repot menguras tangki.


Hebatnya lagi, seluruh anggota keluarga juga dapat meminum air dari tangki dengan aman. Hal tersebut bisa diwujudkan berkat kombinasi tiga bahan antimikroba, yakni perak, zinc, dan tembaga.

Kapasitas550 liter
Diameter tandon86,5 cm
Tinggi tandon160 cm (termasuk kaki)
BahanSilver ion, zic, copper
Lokasi pemasanganOverhead
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

PenguinStainless SteelTBSK 1000

Harga referensi
Rp4.080.000
Agak Mahal

Suhunya stabil dan sejuk, kualitas air makin meningkat

Tandon air ini menghadirkan teknologi terkini dari merek Penguin, yakni Rotamould 4 dengan food grade material. Teknologi tersebut dapat memberi perlindungan maksimal dari ancaman bakteri, lumut, dan jamur yang merusak kualitas air. 


Menariknya lagi, produk ini juga dilengkapi proteksi UV20+ yang memberi ketahanan ekstra terhadap sinar UV selama 20.000 jam! Dengan begitu, suhu toren akan tetap stabil dan sejuk sehingga meningkatkan kualitas air.

Kapasitas1.000 liter
Diameter tandon96,5 cm
Tinggi tandon178,3 cm (termasuk kaki)
BahanStainless steel
Lokasi pemasanganOverhead
View all
No.3

PENNYUToren Air BLAKE Series570 L (Tipe 55)

Toren Air BLAKE Series 1
Sumber: shopee.co.id
Toren Air BLAKE Series 2
Sumber: shopee.co.id
Toren Air BLAKE Series 3
Sumber: shopee.co.id
Toren Air BLAKE Series 4
Sumber: shopee.co.id
Toren Air BLAKE Series 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.281.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp1.281.000
Agak Murah

Bisa ditempatkan di atas tanah ataupun tower

Jika Anda membutuhkan tandon air dan belum yakin akan dipasang di overhead atau ground-level, pilih saja produk ini. Tangki air dari PENNYU bisa dipasang di kedua lokasi tersebut. 


Jadi, Anda pun tak perlu bingung lagi untuk memilih tangki air. Ditambah lagi, Anda juga dapat menggunakan tangki air ini dengan tenang karena keamanannya sudah terjamin.

Kapasitas570 liter
Diameter tandon86 cm
Tinggi tandon129 cm
BahanTidak diketahui
Lokasi pemasanganGround-level, overhead
View all
No.4

PenguinUnderground TankTQ 110

Harga referensi
Rp2.775.000
Agak Mahal

Desainnya anti-float, memastikan tangki tidak berubah posisi

Memiliki ruang terbatas bukan hambatan untuk menggunakan tandon air. Anda bisa memilih jenis tandon air underground seperti produk Penguin satu ini. Pemasangannya pun mudah, dapat ditanam langsung tanpa perlu dilakukan pengecoran. 


Anda pun bisa menghemat biaya dan waktu. Menariknya lagi, produk ini sudah lulus uji Finite Element Analysis (FEA) sehingga tidak mudah pecah saat dipendam dalam tanah. 

Kapasitas1000
Diameter tandon107,5 cm
Tinggi tandon157 cm
BahanPolietilena
Lokasi pemasanganUnderground
View all
No.5

MerpatiTandon Air TP 5000

Tandon Air  1
Sumber: shopee.co.id
Tandon Air  2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp4.900.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp4.900.000
Lebih Mahal

Kapasitas jumbo 5000 liter, cocok untuk usaha industri rumah tangga

Apakah Anda membutuhkan toren air dengan kapasitas besar untuk keperluan industri kecil-kecilan? Produk dari Merpati bisa menjadi pilihan tepat buat Anda. Volume tampungan air pada tandon ini cukup besar, yakni mencapai 5000 liter!


Produk tandon air ini makin terasa lengkap dengan ketahanannya akan cuaca dan sinar UV. Jadi, toren air ini akan tetap aman bila ditempatkan di area outdoor sekalipun.

Kapasitas5.000 liter
Diameter tandon176 cm
Tinggi tandon239 cm
BahanTidak diketahui
Lokasi pemasanganGround-level
View all
No.6

FiltraTangki Air TB 550 STD

Tangki Air  1
Sumber: shopee.co.id
Tangki Air  2
Sumber: shopee.co.id
Tangki Air  3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp740.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp740.000
Lebih Murah

Material high density polyethylene berkualitasnya hasilkan kekuatan ekstra

Produk Filtra ini dibuat menggunakan material HDPE (high density polyethylene) yang diklaim berkualitas tinggi. Hasilnya, kekuatan dan ketahanannya sangat baik pada segala kondisi cuaca. 


Selain itu, tandon ini sudah dilengkapi proteksi ekstra untuk melindungi air di dalamnya dari paparan sinar UV. Anda bisa memilih warna sesuai keinginan dari lima desain warna yang disediakan produk ini.

Kapasitas520 liter
Diameter tandon83 cm
Tinggi tandon110 cm
BahanHDPE
Lokasi pemasanganUnderground, ground-level
View all
No.7

TIRTATangki Air Stainless T 1000

Harga referensi
Rp2.375.000
Agak Mahal

Hadir dengan tampilan yang mewah dan elegan

Salah satu keunggulan dari bahan stainless steel pada tandon air TIRTA ini adalah tidak mudah ditembus sinar matahari. Dengan begitu, lumut dan alga tidak akan mudah tumbuh dan mengendap di bagian dalamnya.


Penerapan tower di bagian bawah tandon juga membuatnya jadi lebih kuat dalam menghadapi berbagai kondisi cuaca. Sementara itu, dari sisi desain, tampilannya terlihat begitu elegan sehingga memberikan kesan yang mewah. Toren air ini sangat ideal bagi Anda yang ingin menempatkannya di bagian atas bangunan.

Kapasitas960 liter
Diameter tandon95 cm
Tinggi tandon147 cm
BahanStainless steel
Lokasi pemasanganOverhead
View all
No.8

Penguin Tangki Air General TankTB 55

Tangki Air General Tank 1
Sumber: shopee.co.id
Tangki Air General Tank 2
Sumber: shopee.co.id
Tangki Air General Tank 3
Sumber: shopee.co.id
Tangki Air General Tank 4
Sumber: shopee.co.id
Tangki Air General Tank 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.200.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp1.200.000
Agak Murah

Antimikroba serta bebas BPA dan logam berat, air lebih higienis dan sehat

Anda yang memiliki kulit sensitif, ada baiknya memilih tandon air yang dilengkapi fitur higienis yang teruji. Karena itu, kami rekomendasikan Penguin TB 55 ini. Tangki air satu ini terbuat dari empat lapisan utama yang diklaim bebas BPA & logam berat.


Ditambah lagi, perlindungan UV20+ mampu menangkal paparan matahari berlebihan. Berkat kelebihan-kelebihan itu, air lebih bersih, sehat, serta aman dipakai oleh Anda dan keluarga.

Kapasitas520 liter
Diameter tandon83 cm
Tinggi tandon118 cm
BahanTidak diketahui
Lokasi pemasanganGround-level, overhead
View all
No.9

Excel Blow Tangki AirALB 600

Excel Blow Tangki Air 1
Sumber: shopee.co.id
Excel Blow Tangki Air 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp948.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp948.000
Agak Murah

Teknologi sistem blow bikin tangki dua kali lebih kuat

Jika umumnya tandon air diproduksi dengan teknik rotasi, tidak dengan tandon yang satu ini. Tandon dari Excel diproduksi dengan sistem blow sehingga menjadikan tangki air dua kali lebih kuat dibandingkan tangki lainnya.


Jadi, tangki air ini bisa Anda jadikan alternatif jika menginginkan produk yang awet dipakai. Di samping itu, lapisan bagian dalam diberi warna putih dan dibuat licin agar menghambat pertumbuhan lumut.

Kapasitas550 liter
Diameter tandon80 cm
Tinggi tandon110 cm
BahanPlastik PE
Lokasi pemasanganGround-level
View all
No.10

Adinaga Sindo JayaLUCKY POLYTANK Antibacterial SeriesLAB 31

LUCKY POLYTANK Antibacterial Series 1
Sumber: shopee.co.id
LUCKY POLYTANK Antibacterial Series 2
Sumber: shopee.co.id
LUCKY POLYTANK Antibacterial Series 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.100.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp1.100.000
Agak Murah

Toren air dengan lima lapisan dinding berteknologi dari Swiss

Seri premium dari brand LUCKY POLYTANK ini dibekali lima lapisan dinding dengan teknologi antibakteri Sanitized dari Swiss. Kelima lapisan dinding toren air ini adalah lapisan berwarna, peredam, kedap cahaya, putih bersih, dan antibakteri. 


Pengaplikasian teknologi tersebut bertujuan untuk memberi berbagai proteksi terbaik dari ancaman bakteri dan virus berbahaya. Dengan begitu, Anda bisa menikmati air bersih dengan perasaan aman dan tenang.

Kapasitas550 liter
Diameter tandon83 cm
Tinggi tandon110 cm
BahanPolyethylene
Lokasi pemasanganOverground, ground-level, overhead
View all

5 Rekomendasi Tandon Air terbaik

No. 1: Bangun Indopralon SuksesMPOIN Drain Tipe 600

No. 2: PenguinStainless SteelTBSK 1000

No. 3: PENNYUToren Air BLAKE Series570 L (Tipe 55)

No. 4: PenguinUnderground TankTQ 110

No. 5: MerpatiTandon Air TP 5000

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kebutuhan rumah tangga
  3. Kebun & luar ruangan
  4. 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.