• 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. 


Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.

  • Pembaharuan terakhir: 01 April 2021
Daftar isi

Apa itu tandon air?

Apa itu tandon air?

Tandon air atau toren adalah media penyimpanan air bersih yang dapat diakses kapan pun, termasuk di waktu listrik padam sekalipun. Melalui serangkaian pipa yang saling berhubungan, air akan langsung mengalir ke berbagai tempat, seperti dapur dan toilet.


Bagaimanapun, air merupakan kebutuhan vital yang harus dipenuhi dan harus dapat tersedia dalam segala kondisi. Dengan menggunakan tandon air, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir akan kekurangan suplai air bersih. Selain itu, Anda juga tidak harus menyalakan dan mematikan pompa air berulang kali sehingga dapat meringankan tagihan listrik bulanan Anda.

Cara memilih tandon air

Banyaknya pilihan mungkin bisa membuat Anda bingung dalam menentukan produk tandon air yang tepat. Oleh karena itu, kami akan membahas cara memilih tandon air yang sesuai kebutuhan Anda. Yuk, simak dengan saksama!

Sesuaikan ukuran dan kapasitas tandon dengan kebutuhan

Sesuaikan ukuran dan kapasitas tandon dengan kebutuhan

Ukuran tandon air yang digunakan pada tiap bangunan berbeda, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Untuk kebutuhan industri, kapasitas yang dibutuhkan bisa mencapai puluhan ribu liter. Sementara itu, ukuran tandon air untuk rumah tangga berkisar antara 500–5000 liter tergantung dari jumlah orangnya. 


Sebelum memilih tandon air, sebaiknya Anda hitung terlebih dahulu perkiraan jumlah pemakaian air sehari-hari. Untuk kebutuhan rumah tangga, Anda bisa menghitung berdasarkan jumlah anggota keluarga di rumah.

Umumnya pemakaian air bersih setiap orang mencapai 125–150 liter per harinya tergantung dari lingkungan tempat tinggalnya. Kalau tidak yakin pada hitungan sendiri, Anda bisa meminta bantuan profesional untuk mendapat hasil yang lebih akurat.

Pilih jenis tandon air berdasarkan bahan pembuatnya

Berdasarkan bahan pembuatnya, ada tiga jenis tandon air yang bisa Anda pertimbangkan sebelum putuskan untuk membelinya. Masing-masing jenis tandon air memiliki keunggulan yang berbeda. Bentuknya pun tidak melulu tabung. Ada juga tandon air kotak yang tidak kalah kuat dan aman. Nah, supaya Anda tidak salah memilih, berikut kami jabarkan perbedaan dari jenis-jenis tandon air tersebut.

Tandon air stainless steel, tidak mudah tembus sinar matahari

Tandon air stainless steel, tidak mudah tembus sinar matahari

Stainless steel adalah salah satu bahan yang perawatannya paling mudah. Tandon air jenis ini memiliki tampilan mewah dan dan elegan yang memberikan kesan eksklusif pada penggunanya. Selain itu, bahan ini juga antilumut karena tidak mudah ditembus paparan sinar matahari.


Akan tetapi, tandon air ini sangat tidak disarankan untuk menyimpan air tanah. Hal ini karena kandungan asam pada air tanah bisa membuat stainless steel jadi mudah berkarat. Namun, bila Anda hanya ingin menyimpan air bersih, tandon air stainless steel tetap bisa jadi pilihan terbaik. 

Tandon air fiberglass, cocok untuk kebutuhan industri besar

Tandon air fiberglass, cocok untuk kebutuhan industri besar

Jenis ini memiliki bentuk yang keras bila dibandingkan dengan tandon air lainnya. Meski bobotnya cukup ringan, tandon air fiberglass tetap dapat berdiri kokoh dan tidak mudah tertiup angin. Karena memiliki sifat tidak mudah berkarat, tandon ini juga sering digunakan untuk kebutuhan industri. 


Namun, tandon air jenis ini memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibanding bahan stainless steel. Biaya perawatan yang dibutuhkan pun tidak sedikit. Selain itu, tandon air berbahan fiberglass agak sulit ditemukan di pasaran Indonesia. Jadi, perlu usaha lebih bila Anda benar-benar ingin menggunakan tandon air fiberglass.

Tandon air plastik, pilihan favorit banyak orang

Tandon air plastik, pilihan favorit banyak orang

Tandon air plastik merupakan jenis yang paling banyak beredar di pasaran. Tak heran kalau tandon air ini menjadi favorit di kalangan masyarakat. Jenis tandon ini sering dijumpai dalam berbagai varian warna yang menarik, misalnya oranye, kuning, dan biru.


Karena dibuat dari bahan plastik, bobot tandon air ini cukup ringan sehingga mudah untuk dipindahkan. Penggunaan tandon air plastik sangat ideal bagi Anda yang lebih mementingkan kualitas dibanding dengan tampilan mewah dan eksklusif.

Pastikan lokasi pemasangan tandon air sudah sesuai

Selanjutnya, hal lain yang perlu diperhatikan adalah lokasi pemasangan tandon air. Beberapa bahan tandon air dapat bekerja dengan lebih maksimal bila diletakkan di lokasi yang sesuai. Mari simak penjelasannya sebagai berikut.

Underground, ideal untuk tempat yang sempit

Underground, ideal untuk tempat yang sempit

Peletakkan tandon air di bawah tanah merupakan pilihan terbaik bagi Anda memiliki ketersediaan tempat sempit atau terbatas. Jenis yang paling baik untuk diletakkan di bawah tanah ialah tandon air plastik.


Pasalnya, bahan plastik memiliki daya tahan yang baik dan tidak memerlukan pemeriksaan terlalu sering. Penggunaan tandon air bawah tanah juga cocok untuk Anda yang memiliki kebun mini. Namun, pemasangannya tidaklah murah karena butuh biaya ekstra untuk melakukan penggalian.

Ground-level, perawatannya mudah dan biayanya murah

Ground-level, perawatannya mudah dan biayanya murah

Pemasangan tandon air di permukaan tanah memang membutuhkan ruang lebih, tetapi biaya yang dikeluarkan jadi lebih murah. Selain itu, perawatan dan pemeliharaan tandon pun jadi lebih mudah. Anda bisa menggunakan tandon air dari bahan apapun untuk diletakkan di atas permukaan tanah. 

Overhead, hemat ruang dan biaya

Overhead, hemat ruang dan biaya

Kalau Anda ingin menghemat ruang dan biaya sekaligus, penempatan tandon air di atas bangunan adalah pilihan terbaik. Ini merupakan perpaduan keunggulan dari tandon air underground dan ground-level.


Biasanya tandon akan diberi tambahan tower atau menara yang terbuat dari rangka besi. Fungsinya untuk membuat tandon air jadi lebih kuat dan kukuh. Selain itu, tower ini juga memudahkan Anda memanjat tandon saat ingin melakukan pemeriksaan. 

Pertimbangkan warna pada tandon air

Pertimbangkan warna pada tandon air

Tandon air tersedia di pasaran dalam berbagai pilihan warna. Hal ini mungkin terkesan sepele, tetapi pemilihan warna yang tepat bisa memengaruhi kualitas air yang ada di dalam tandon. Karena itu, penting untuk mempertimbangkan warna tandon air dengan saksama sebelum membelinya. 


Bila Anda ingin meletakkan tandon air di luar ruangan, sebaiknya pilih yang memiliki warna gelap. Warna gelap tersebut memungkinkan sinar matahari tidak menembus ke dalam tandon. Hasilnya, pertumbuhan bakteri dan lumut dapat dicegah karena tidak mendapat suplai sinar matahari untuk berkembang biak.


Sementara itu, kalau tandon air ditempatkan di lokasi yang terlindung dari sinar matahari langsung, pemilihan warna bukanlah masalah. Anda bisa memilih warna apa pun sesuai dengan keinginan.

10 Rekomendasi tandon air terbaik

Setelah membahas jenis-jenis beserta cara memilihnya, selanjutnya kami akan merekomendasikan sepuluh produk tandon air terbaik beserta harganya. Silakan Anda simak satu per satu dan pilih produk toren air mana yang paling sesuai kebutuhan. 

10
Ukuran tandon airTinggi: 1170 mm, diameter: 800 mm, tutup: 450 mm
Kapasitas550 liter
Lokasi pemasanganTidak disebutkan
Bahan HDPE (plastik)
WarnaKuning
9
Ukuran tandon airTinggi: 1230 mm, diameter: 1090 mm, manhole: 400 mm, fitting: 1 inch
Kapasitas1100 liter
Lokasi pemasanganTidak disebutkan
Bahan Polyethylene
WarnaBiru
8
Ukuran tandon airTinggi: 2280 mm, diameter: 1450 mm
Kapasitas3000 liter
Lokasi pemasanganTidak disebutkan
Bahan Tidak disebutkan
WarnaOrange, biru
7
Ukuran tandon airTinggi: 1760 mm, diameter: 965 mm
Kapasitas1000 liter
Lokasi pemasanganTidak disebutkan
Bahan Stainless steel FW-2
WarnaSilver
6

Lucky PolytankAntibacterial Series

LAB 550

Mulai dari Rp 890.000,00

Ukuran tandon airTinggi: 2350 mm, lebar: 1820 mm, tebal: 12–18 mm, fitting: 1 inch, tutup: 400 mm
Kapasitas5450 liter
Lokasi pemasanganTidak disebutkan
Bahan Polyethylene
WarnaOrange, biru, biru muda, hijau granit
5

TIRTATangki Air Stainless Steel

T-500 PK

Mulai dari Rp 1.700.000,00

Ukuran tandon airTinggi: 1450 mm, diameter: 700 mm, tebal: 0,4 mm
Kapasitas522 liter
Lokasi pemasanganOverhead
Bahan Stainless steel
WarnaSilver
4
Ukuran tandon airTinggi: 1460 mm, diameter: 870 mm, tutup: 40 cm
Kapasitas720 liter
Lokasi pemasanganGround, overhead
Bahan Tidak disebutkan
WarnaOrange, dark blue, kuning, hitam
3
Ukuran tandon airTinggi: 1880 mm, diameter: 1010 mm, tutup: 400 mm
Kapasitas1200 liter
Lokasi pemasanganUnderground
Bahan HDPE (plastik)
WarnaHitam
2
Ukuran tandon airTinggi: 1175 mm, diameter: 825 mm, tutup: 400 mm
Kapasitas500 liter
Lokasi pemasanganUnderground
Bahan Tidak disebutkan
WarnaSand stone, krem, orange, kuning, hijau, biru muda, biru tua, hitam
1

Lucky PolytankTangki Air

LPEC 650

Mulai dari Rp 1.300.000,00

Ukuran tandon airTinggi: 1567 mm, lebar: 840 mm
Kapasitas650 liter
Lokasi pemasanganGround, overhead
Bahan Polyethylene
WarnaBiru muda, biru tua, hijau granit

Tabel perbandingan produk tandon air terbaik

Gambar produk
1
Lucky Polytank Tangki Air 1

Lucky Polytank

2
Penguin Tangki Air Pendam 1

Penguin

3
MPOIN Tangki Air U-Ground 1200 Liter 1

MPOIN

4
PENNYU Tangki Air 700 L 1

PENNYU

5
TIRTA Tangki Air Stainless Steel 1

TIRTA

6
Lucky Polytank Antibacterial Series 1

Lucky Polytank

7
Penguin Tangki Air Stainless 1

Penguin

8
KOALA Tangki Air  1

KOALA

9
Excel Tangki Persegi Empat 1

Excel

10
Profil Tank Toren Air 550 L 1

Profil Tank

Nama produk

Tangki Air

Tangki Air Pendam

Tangki Air U-Ground 1200 Liter

Tangki Air 700 L

Tangki Air Stainless Steel

Antibacterial Series

Tangki Air Stainless

Tangki Air

Tangki Persegi Empat

Toren Air 550 L

Keunggulan

Menguras air jadi lebih cepat dan mudah

Tahan jamur, antilumut, kukuh pula!

100% food grade, terjamin higienis dan aman dikonsumsi!

Bisa ditempatkan di atas tanah atau tower

Memiliki tampilan yang mewah dan elegan

Toren air dengan lima lapisan dinding berteknologi dari Swiss

Suhunya stabil dan sejuk, kualitas air makin meningkat

Tetap aman walau ditempatkan di luar ruangan

Dapat digunakan untuk menyimpan bahan kimia

Memiliki ketahanan terbaik di segala kondisi cuaca

Harga mulai dariRp 1.300.000,00Rp 1.600.000,00Rp 2.450.000,00Rp 1.865.500,00Rp 1.700.000,00Rp 890.000,00Rp 4.000.000,00Rp 4.500.000,00Rp 2.600.000,00Rp 767.000,00
Ukuran tandon airTinggi: 1567 mm, lebar: 840 mmTinggi: 1175 mm, diameter: 825 mm, tutup: 400 mmTinggi: 1880 mm, diameter: 1010 mm, tutup: 400 mmTinggi: 1460 mm, diameter: 870 mm, tutup: 40 cmTinggi: 1450 mm, diameter: 700 mm, tebal: 0,4 mmTinggi: 2350 mm, lebar: 1820 mm, tebal: 12–18 mm, fitting: 1 inch, tutup: 400 mmTinggi: 1760 mm, diameter: 965 mmTinggi: 2280 mm, diameter: 1450 mmTinggi: 1230 mm, diameter: 1090 mm, manhole: 400 mm, fitting: 1 inchTinggi: 1170 mm, diameter: 800 mm, tutup: 450 mm
Kapasitas650 liter500 liter1200 liter720 liter522 liter5450 liter1000 liter3000 liter1100 liter550 liter
Lokasi pemasanganGround, overheadUndergroundUndergroundGround, overheadOverheadTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Bahan PolyethyleneTidak disebutkan HDPE (plastik)Tidak disebutkanStainless steelPolyethyleneStainless steel FW-2Tidak disebutkanPolyethyleneHDPE (plastik)
WarnaBiru muda, biru tua, hijau granitSand stone, krem, orange, kuning, hijau, biru muda, biru tua, hitamHitamOrange, dark blue, kuning, hitamSilverOrange, biru, biru muda, hijau granitSilverOrange, biruBiruKuning
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk kebutuhan rumah tangga lainnya di sini!

Kami sudah memperkenalkan produk tandon air terbaik khusus untuk Anda. Apa Anda sudah menemukan produk yang sesuai kebutuhan? Bila Anda masih memerlukan kebutuhan rumah tangga lainnya, langsung saja klik link berikut ini!

Kesimpulan

Kami telah memberikan informasi mengenai cara memilih beserta rekomendasi tandon air terbaik. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam menemukan produk tandon air yang dibutuhkan.


Dengan memilih tandon air yang sesuai, kebutuhan air di rumah Anda pun akan terpenuhi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi akan ketersediaan air di rumah walau sedang mati listrik sekalipun. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menyodorkan ke hadapan Anda cara memilih dan rekomendasi benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Informasi lebih jelas silakan Anda baca artikel ini sampai tuntas dan dapatkan benih jagung terbaik.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Indonesia meraih peringkat ketiga penghasil padi terbanyak di dunia. Hal ini tidak terlepas dari berbagai penelitian yang dilakukan untuk menciptakan varietas padi berkualitas. Benih padi unggul ini diharapkan dapat memberikan peningkatan hasil panen yang signifikan. Namun, banyaknya varietas benih padi di pasaran mungkin dapat membuat Anda bingung menentukan merek benih yang bagus. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan benih padi terbaik, seperti jenis INPARA, INPARI, HIPA, dan lainnya. Simak sampai habis, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pupuk KCL Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk KCL Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pupuk KCl atau kalium klorida adalah pupuk anorganik yang tinggi kandungan kaliumnya. Pupuk KCl tersedia dalam bentuk serbuk kristal dan cair. Pupuk ini biasanya digunakan untuk meningkatkan kualitas hasil panen tanaman kacang panjang, jahe, padi, jagung, cabai, dan sebagainya.Jika Anda sedang mencari pupuk yang tepat untuk pertanian, baca artikel ini sampai tuntas. Kami akan mengulas rekomendasi pupuk KCl yang bagus, seperti dari merek Mahkota, Pak Tani, serta Pupuk Kujang. Sebelum itu, Anda sebaiknya membaca tips memilih pupuk KCl yang terbaik terlebih dahulu. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Bonsai Beringin Dolar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bonsai Beringin Dolar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bonsai adalah sejenis tanaman kerdil yang ditanam di dalam pot dan dibentuk membentuk sebuah model nan unik dan eksotis. Salah satu tanaman yang bisa dibuat menjadi bonsai adalah beringin dolar. Tanaman ini dikenal sebagai tanaman hias kelas premium sehingga dipercaya dapat mengangkat gengsi sekaligus membawa keberuntungan.  Apakah Anda tertarik untuk memiliki bonsai beringin dolar? Nah, di artikel ini kami akan mengulas berbagai macam bonsai beringin dolar. Ada bonsai kimeng program biji hingga bonsai beringin dolar mangkok. Namun, sebelum Anda membelinya, ketahui dahulu cara memilih bonsai beringin dolar yang bagus, yuk!
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori