mybest
Aksesori olahraga

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Olahraga lainnya
  4. 10 Rekomendasi Kinesio Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Physiotherapist]
  • 10 Rekomendasi Kinesio Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Physiotherapist] 1
  • 10 Rekomendasi Kinesio Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Physiotherapist] 2
  • 10 Rekomendasi Kinesio Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Physiotherapist] 3
  • 10 Rekomendasi Kinesio Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Physiotherapist] 4
  • 10 Rekomendasi Kinesio Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Physiotherapist] 5

10 Rekomendasi Kinesio Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Physiotherapist]

Pernah melihat orang berolahraga dengan tape atau koyo warna-warni pada beberapa persendian tubuhnya? Benda tersebut adalah kinesio tape yang bisa digunakan di pergelangan tangan, ankle, lutut, atau bagian tubuh lainnya. Tak seperti perban olahraga lainnya, kinesio tape sama sekali tidak menghambat pergerakan Anda. 


Di artikel ini kami mengupas tuntas tips memilih kinesio tape terbaik bersama injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT. Beberapa merek kinesio tape yang bagus, seperti Speeds, Svarga,  Kindmax, dan Frasser, juga akan kami ulas untuk Anda. Selamat membaca dan menemukan produk yang tepat!

Diperbaharui 29/01/2024
Dr. Andy Widjaja
Pakar
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Physiotherapist ini mendapatkan gelar Doctor of Physiotherapy (DPT) di Australia. Sebagai injury and rehabilitation specialist, dr. Andy menangani segala macam kondisi dan masalah yang berhubungan dengan pergerakan manusia. Strength and performance coach ini juga aktif melatih orang-orang yang ingin bertambah kuat dan ingin meningkatkan kapasitas gerak mereka. Di waktu luangnya, ia aktif memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang exercise, injury, dan rehabilitasi melalui akun Instagram-nya yaitu @theindophysio.

Profil Dr. Andy Widjaja
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Sejarah dan cara kerja kinesio tape

Sejarah dan cara kerja kinesio tape

Kinesio tape pertama kali dikembangkan oleh seorang chiropractor asal Jepang, Dr. Kenzo Kaze, pada 1970-an. Dr. Kenzo Kaze pada waktu itu ingin menciptakan tape yang bisa menyokong performa para atlet tanpa membatasi geraknya seperti tape tradisional.


Kinesio tape adalah perban elastis yang umumnya terbuat dari campuran nilon dan katun. Perban elastis ini ditempelkan di bagian tubuh yang cedera atau membutuhkan support lebih. Karakteristik kinesio tape dibuat sangat mirip dengan lapisan kulit manusia yang elastis. Lalu, bagaimana cara kerjanya? 


  • Kinesio tape berfungsi untuk mengangkat kulit sehingga ada ruang antara kulit dan area yang sedang inflamasi. Sirkulasi darah dan cairan limfatik di daerah tersebut otomatis lebih lancar. Inflamasi pun bisa lebih cepat mereda karenanya. 

  • Saat dipakai, kinesio tape tidak begitu panas seperti koyo. Namun, beberapa sumber mengatakan kinesio tape bisa mengubah sinyal yang diberikan ke otak sehingga rasa sakit menjadi berkurang. Dengan begitu, performa para atlet akan lebih maksimal saat bertanding.
Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Ketika terbentur atau ada bagian tubuh yang sakit, salah satu respons yang sering dilakukan orang adalah mengelus-elus bagian yang sakit tersebut. Dengan mengelus-elus bagian yang sakit, kita memberikan sensasi "sentuhan" di area tersebut. 


Sensasi sentuhan ini bisa "menutupi" sensasi rasa sakit dan membuat rasa sakitnya berkurang. Mekanisme pengurangan rasa sakit ini dikenal dengan nama "pain gate control".


Ketika bagian tubuh yang sakit mendapat sensasi sentuhan, sistem saraf di bagian tersebut akan fokus merasakan dan memproses sentuhan atau sensasinya. Hal ini menyebabkan saraf akan mengurangi fokusnya ke rasa sakit dan rasa sakitnya pun akan berkurang.


Seperti saat mengelus-elus bagian yang sakit, pemakaian kinesio tape di bagian yang cedera dapat memberikan efek "pain gate control". Kinesio tape memberikan sensasi sentuhan pada bagian yang sakit dan dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kinesio tape

Sebelum memilih produk kinesio tape dari merek terbaik, sebaiknya ketahui dahulu detailnya lebih lanjut. Kami akan membahas tips memilih kinesio tape, mulai dari bentuknya, bahan yang digunakan, hingga fitur yang perlu Anda pertimbangkan. 

1

Pilih berdasarkan bentuk kinesio tape

Umumnya saat membeli kinesio tape, Anda harus memotongnya terlebih dahulu sesuai dengan bagian tubuh yang Anda ingin pakaikan. Ada beberapa bentuk yang sering dipakai, yakni huruf I, Y, X, fan, atau donut. Pilihlah bentuk yang paling nyaman dan sesuai dengan bagian tubuh yang bermasalah.

Huruf Y, I, X: Bentuk yang paling umum digunakan

Huruf Y, I, X: Bentuk yang paling umum digunakan

Kinesio tape dijual dalam bentuk gulungan. Untuk mendapatkan bentuk I, Anda hanya harus memotong seberapa panjang tape yang dibutuhkan. Kinesio tape bentuk I biasanya digunakan untuk menjaga tendon, ligamen, achilles, atau quadriceps. Bentuk ini bermanfaat untuk menjaga stabilitas area-area yang rawan cedera. Agar lebih kuat, Anda bisa mengombinasikannya dengan tape bentuk Y.


Caranya Anda tinggal memotong tape bentuk I menjadi Y. Tipe ini biasanya menjadi perekat di bagian-bagian yang lebih sensitif, seperti belakang lutut atau depan siku tangan. Sementara itu, tape tipe X biasanya diaplikasikan di area yang luas dan terdiri dari beberapa sambungan otot atau sendi. Hamstring dan rhomboids adalah beberapa contohnya. 

Bentuk fan: Digunakan untuk mengontrol pembengkakan

Bentuk fan: Digunakan untuk mengontrol pembengkakan

Kinesio tape tipe fan sering disebut juga kipas karena bentuknya seperti rumbai-rumbai. Anda bisa mendapatkannya dengan memotong kinesio tape tipe I menjadi tiga bagian, tetapi jangan sampai terputus. Sisakan sekitar beberapa cm di bagian ujungnya. Tipe ini berfungsi untuk mengontrol memar yang terjadi di tangan atau kaki. Memar atau bengkak jadi lebih cepat kempis karenanya.

Bentuk donut: Digunakan untuk memberikan rasa nyaman di lutut

Bentuk donut: Digunakan untuk memberikan rasa nyaman di lutut

Pernah melihat open knee braces? Nah, kinesio tape bentuk donut ini menyerupai open knee braces. Hanya saja, perlindungannya tidak sebaik open knee braces karena tentunya kinesio tape ini fleksibel.


Manfaat bentuk donut ini adalah memberikan sensasi support atau penyokong pada patella atau lutut Anda. Biasanya kinesio tape ini digunakan oleh para pelari atau orang yang sedang mengalami masalah lutut.

2

Ketahui jenis-jenis bahan kinesio tape

Ketahui jenis-jenis bahan kinesio tape

Secara umum, kinesio tape memiliki ciri khas stretchy, cukup kuat, sirkulasi udaranya baik, dan tidak mengiritasi kulit. Melihat ciri-ciri tersebut, bahan yang paling tepat digunakan untuk membuat kinesio tape adalah katun dan serat sintetis.


  • Full katun
Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya menggunakan bahan full katun. Kenyamanan yang diberikan sangat baik dan tidak merusak kulit Anda. Kekurangannya, bahan ini kurang bisa menahan air dan jangka waktu pemakaiannya lebih singkat dibandingkan serat sintetis, hanya 1–3 hari.


  • Serat sintetis
Kinesio tape dari serat sintetis karakternya lebih kuat dan kaku. Persendian atau otot Anda lebih terjaga dengan tipe ini. Selain itu, kinesio tape berbahan serat sintetis, seperti nilon dan poliester, bisa bertahan selama 4–7 hari. Sayangnya, kinesio tape tipe ini sering kali menggunakan lateks yang sifatnya kurang baik untuk kulit.

  • Campuran katun dan serat sintetis
Selain kedua bahan di atas, ada juga produk-produk yang menjual kinesio tape berbahan campuran nilon dan katun. Kombinasi bahan tersebut lebih ideal untuk digunakan karena cenderung ramah di kulit sekaligus memiliki daya tahan cukup lama.
3

Sesuaikan pemilihan produk dengan kegiatan Anda

Sesuaikan pemilihan produk dengan kegiatan Anda

Setiap produk kinesio tape pastinya memiliki keunggulan masing-masing. Ada produk yang unggul dari segi ketahanan, perlindungan, harga, dan sebagainya. Namun, tentunya Anda perlu menyesuaikan keunggulan tersebut dengan kegiatan Anda. Berikut ini penjelasannya.


  • Jika Anda akan menggunakannya saat mengangkat beban di gym, pilihlah kinesio tape yang tidak menghambat pergerakan. Selain itu, pastikan produk tersebut mudah dipakai dan bisa menempel dengan erat. Lebih baik lagi jika harganya terjangkau karena Anda akan memakainya secara rutin.

  • Jika Anda menggunakannya untuk terapi pemulihan otot, utamakan produk berbahan katun. Bahan katun lebih lembut, memberikan perlindungan yang cukup baik, dan tidak menimbulkan alergi pada kulit. Di samping itu, usahakan memilih produk yang tidak mengandung lateks dan mudah dilepas.

  • Para perenang pastinya membutuhkan kinesio tape dengan fitur waterproof yang baik dan tidak mudah lepas saat terkena air. Kinesio tape memang umumnya waterproof, tetapi tidak semua memiliki ketahanan yang bagus. Biasanya produk seperti ini terbuat dari serat sintetis karena bahan katun cenderung menyerap air.

  • Lari maraton membutuhkan ketahanan tinggi sehingga Anda butuh kinesio tape yang bisa melar. Prioritaskan juga produk yang tidak mudah lepas karena keringat dan bisa menjaga stabilitas otot dengan baik. Hal yang sama berlaku untuk Anda yang sedang melakukan olahraga berat seperti crossfit.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Kinesio Tape Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Kinesio Tape terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 27 Januari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Bahan
Waterproof
Ukuran
Bebas lateks
Bentuk
Kompartmen
Material
Ukuran
Varian warna
Tipe jersey
Model
Jenis
Ukuran kaos kaki
Target pengguna
Tipe
Filter
Warna
Tali pengikat dapat disesuaikan
Pengukuran per detik
Ada lap time/split time<br>
Fitur tambahan
1

Frasser

Kinesio Tape

Frasser Kinesio Tape 1

Mulai dari Rp17.400,00

Agak Murah

Cegah peregangan otot yang berlebihan dengan produk ini

Tidak diketahui

Tidak diketahui

500 cm x 5 cm

Tidak diketahui

Y, I, X, fan, donut

Cream, kuning, biru tua, biru muda, hijau, ungu, hitam, merah, oranye, merah muda, hijau muda

Anak, dewasa

2

Kinesiology Tape

 Kinesiology Tape 1

Mulai dari Rp21.700,00

Agak Murah

Motif keren dengan harga bersahabat

Katun

Tidak diketahui

500 cm x 5 cm

Y, I, X, fan, donut

Pink, Blue, Green, Land, Bion, Grey

Anak, dewasa

3

Svarga

Kinesio Tape

Svarga Kinesio Tape 1

Mulai dari Rp44.000,00

Menengah

Hypoallergenic, aman untuk kulit Anda

95% katun, 5% spandeks

5 cm x 500 cm

Y, I, X, fan, donut

Pink, Black, Purple, Dark Blue, Skin, Camo Green, Camo Black, Camo Blue

Anak, dewasa

4

Speeds

Kinesiology Tape

Speeds Kinesiology Tape 1

Mulai dari Rp17.000,00

Agak Murah

Sangat elastis, berolahraga jadi terasa lebih nyaman

Katun dan spandeks

Tidak diketahui

500 cm x 2,5 cm

Tidak diketahui

Y, I, X, donut

Biru, Krem, Hitam, Pink

Anak, dewasa

5

Kindmax

Sports Therapy Tape

Kindmax Sports Therapy Tape 1

Mulai dari Rp97.999,00

Agak Mahal

Membantu meningkatkan sirkulasi darah pada bagian yang bengkak

Tidak diketahui

500 cm x 5 cm

Tidak diketahui

Y, I, X, fan, donut

Beige, Hijau, Biru, Hitam, Pink, Merah, Orange

Anak, dewaa

6

Athletes

Kinesio Tape

Athletes Kinesio Tape  1

Mulai dari Rp43.000,00

Menengah

Tidak perlu takut lepas karena kinesio tape ini tahan air

Katun premium

500 cm x 5 cm

Y, I, X, fan, donut

Black, White, Red, Blue, Cream

Anak, dewasa

7

Essity

Leukotape® K

Essity Leukotape® K 1

Mulai dari Rp287.004,00

Lebih Mahal

Kinesio tape yang membantu masalah medis Anda

Katun

500 cm x 5 cm

Y, I, X, fan, donut

Merah, Biru, Cream, Merah Muda, Biru Muda

Anak, dewasa

8

HNDRD

Kinesiology Tape

HNDRD  Kinesiology Tape 1

Mulai dari Rp50.000,00

Menengah

Selain mudah dilepas, kinesio tape ini juga meminimalkan iritasi

95% katun, 5% polyurethane

Tidak diketahui

500 cm x 5 cm

Tidak diketahui

Y, I, X, fan, donut

Hijau, Merah, Hitam, Biru Navy, Kuning, Coklat, Orange, Pink, Toska

Anak, dewasa

9

Mueller Sports Medicine

Euro Grip Tape

Mueller Sports Medicine Euro Grip Tape 1

Mulai dari Rp87.000,00

Agak Mahal

Berdaya rekat kuat, pas untuk Anda yang aktif bergerak

50% poly-cotton blend, 50% woven

1.140 cm x 3,8 cm

Tidak diketahui

Y, I, X, fan, donut

Putih

Anak, dewasa

10

SPOL

Kinematics Tex Strong Plus+

SPOL Kinematics Tex Strong Plus+ 1

Mulai dari Rp121.900,00

Agak Mahal

Motifnya membuat Anda terlihat makin energik

Tidak diketahui

500 cm x 5 cm

Tidak diketahui

Y, I, X, fan, donut

Tatoo Beige, Tatoo Green, Tatoo Orange, Tatoo Blue, Tatoo Pink, dan lainnya

Anak, dewasa

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

FrasserKinesio Tape

Kinesio Tape 1
Sumber: shopee.co.id
Kinesio Tape 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp17.400,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp17.400,00
Agak Murah

Cegah peregangan otot yang berlebihan dengan produk ini

Saat berolahraga, kadang kala Anda melakukan peregangan otot secara berlebihan tanpa Anda sadari. Akibatnya, otot berkontraksi secara intens sehingga rentan mengalami cedera, misalnya terkilir. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menggunakan produk ini. Tempelkan saja kinesio tape ini sebelum Anda melakukan kegiatan olahraga untuk meminimalkan risiko cedera!

BahanTidak diketahui
WaterproofTidak diketahui
Ukuran500 cm x 5 cm
Bebas lateksTidak diketahui
Bentuk Y, I, X, fan, donut
Kompartmen
Material
Ukuran
Varian warnaCream, kuning, biru tua, biru muda, hijau, ungu, hitam, merah, oranye, merah muda, hijau muda
Tipe jersey
Model
Jenis
Ukuran kaos kaki
Target pengguna Anak, dewasa
Tipe
Filter
Warna
Tali pengikat dapat disesuaikan
Pengukuran per detik
Ada lap time/split time<br>
Fitur tambahan
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Kinesiology Tape

Kinesiology Tape 1
Sumber: shopee.co.id
Kinesiology Tape 2
Sumber: shopee.co.id
Kinesiology Tape 3
Sumber: shopee.co.id
Kinesiology Tape 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp21.700,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp21.700,00
Agak Murah

Motif keren dengan harga bersahabat

Orang yang baru pertama kali memakai kinesio tape mungkin enggan mengeluarkan budget banyak untuk membelinya. Jika Anda termasuk salah satunya, coba pertimbangkan produk ini. Kinesio tape bermotif lorek atau camo ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Membeli lebih dari satu pun sepertinya tidak menjadi masalah. Lagi pula, tampilannya terlihat keren, bukan?

BahanKatun
WaterproofTidak diketahui
Ukuran500 cm x 5 cm
Bebas lateks
Bentuk Y, I, X, fan, donut
Kompartmen
Material
Ukuran
Varian warnaPink, Blue, Green, Land, Bion, Grey
Tipe jersey
Model
Jenis
Ukuran kaos kaki
Target pengguna Anak, dewasa
Tipe
Filter
Warna
Tali pengikat dapat disesuaikan
Pengukuran per detik
Ada lap time/split time<br>
Fitur tambahan
View all
No.3

SvargaKinesio Tape

Harga referensi
Mulai dari Rp44.000,00
Menengah

Hypoallergenic, aman untuk kulit Anda

Tape yang menempel terus di kulit mungkin bikin Anda yang berkulit sensitif merasa waswas. Untunglah produk Svarga ini menggunakan bahan hypoallergenic yang meminimalkan penggunaan zat alergen. Kulit Anda jadi lebih aman dan bebas dari iritasi. Kemampuan rekatnya pun tidak perlu diragukan berkat penggunaan perekat Japanese acrylic premium. Bahkan banyak pujian menyebutkan daya rekatnya yang bertahan hingga beberapa hari.

Bahan95% katun, 5% spandeks
Waterproof
Ukuran5 cm x 500 cm
Bebas lateks
Bentuk Y, I, X, fan, donut
Kompartmen
Material
Ukuran
Varian warnaPink, Black, Purple, Dark Blue, Skin, Camo Green, Camo Black, Camo Blue
Tipe jersey
Model
Jenis
Ukuran kaos kaki
Target pengguna Anak, dewasa
Tipe
Filter
Warna
Tali pengikat dapat disesuaikan
Pengukuran per detik
Ada lap time/split time<br>
Fitur tambahan
View all
No.4

SpeedsKinesiology Tape

Kinesiology Tape 1
Sumber: shopee.co.id
Kinesiology Tape 2
Sumber: shopee.co.id
Kinesiology Tape 3
Sumber: shopee.co.id
Kinesiology Tape 4
Sumber: shopee.co.id
Kinesiology Tape 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp17.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp17.000,00
Agak Murah

Sangat elastis, berolahraga jadi terasa lebih nyaman

Kinesio tape merek Speeds ini memiliki elastisitas hingga 80%. Jadi, Anda tentu bisa membayangkan nyamannya berolahraga dengan tape ini! Penggemar berat olahraga pun tidak perlu khawatir cedera sekaligus masih memiliki ruang gerak yang lebih leluasa. Tersedia dengan lebar 2,5 cm, Anda tidak perlu repot memotongnya kecil-kecil jika ingin membuat bentuk donat di lutut.

BahanKatun dan spandeks
WaterproofTidak diketahui
Ukuran500 cm x 2,5 cm
Bebas lateksTidak diketahui
Bentuk Y, I, X, donut
Kompartmen
Material
Ukuran
Varian warnaBiru, Krem, Hitam, Pink
Tipe jersey
Model
Jenis
Ukuran kaos kaki
Target pengguna Anak, dewasa
Tipe
Filter
Warna
Tali pengikat dapat disesuaikan
Pengukuran per detik
Ada lap time/split time<br>
Fitur tambahan
View all
No.5

KindmaxSports Therapy Tape

Sports Therapy Tape 1
Sumber: shopee.co.id
Sports Therapy Tape 2
Sumber: shopee.co.id
Sports Therapy Tape 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp97.999,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp97.999,00
Agak Mahal

Membantu meningkatkan sirkulasi darah pada bagian yang bengkak

Pembengkakan pada bagian tubuh yang cedera sangat mungkin terjadi. Jika saat ini Anda sedang mengalaminya, gunakan saja produk ini. Kinesio tape ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah pada bagian yang mengalami pembengkakan. Alhasil, bengkak cepat mengempis dan rasa sakit pun berangsur-angsur mereda. Yuk, sediakan produk ini di rumah agar dapat digunakan jika sewaktu-waktu diperlukan.

BahanTidak diketahui
Waterproof
Ukuran500 cm x 5 cm
Bebas lateksTidak diketahui
Bentuk Y, I, X, fan, donut
Kompartmen
Material
Ukuran
Varian warnaBeige, Hijau, Biru, Hitam, Pink, Merah, Orange
Tipe jersey
Model
Jenis
Ukuran kaos kaki
Target pengguna Anak, dewaa
Tipe
Filter
Warna
Tali pengikat dapat disesuaikan
Pengukuran per detik
Ada lap time/split time<br>
Fitur tambahan
View all
No.6

AthletesKinesio Tape

Kinesio Tape  1
Sumber: shopee.co.id
Kinesio Tape  2
Sumber: shopee.co.id
Kinesio Tape  3
Sumber: shopee.co.id
Kinesio Tape  4
Sumber: shopee.co.id
Kinesio Tape  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp43.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp43.000,00
Menengah

Tidak perlu takut lepas karena kinesio tape ini tahan air

Kami merekomendasikan kinesio tape dari Athlets ini kepada Anda yang mudah berkeringat. Agaknya Athlets memahami kebutuhan konsumennya yang gemar  berolahraga sehingga produk ini dikemas tahan air atau waterproof. Perekatnya pun sudah sesuai standar medis. Dengan kemampuan seperti ini, aktivitas fisik Anda akan mendapatkan dukungan penuh. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kinesio tape akan terlepas di tengah keasyikan berolahraga.

BahanKatun premium
Waterproof
Ukuran500 cm x 5 cm
Bebas lateks
Bentuk Y, I, X, fan, donut
Kompartmen
Material
Ukuran
Varian warnaBlack, White, Red, Blue, Cream
Tipe jersey
Model
Jenis
Ukuran kaos kaki
Target pengguna Anak, dewasa
Tipe
Filter
Warna
Tali pengikat dapat disesuaikan
Pengukuran per detik
Ada lap time/split time<br>
Fitur tambahan
View all
No.7

EssityLeukotape® K

Leukotape® K 1
Sumber: shopee.co.id
Leukotape® K 2
Sumber: shopee.co.id
Leukotape® K 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp287.004,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp287.004,00
Lebih Mahal

Kinesio tape yang membantu masalah medis Anda

Apakah Anda harus menggunakan kinesio tape untuk alasan medis? Untuk itu, kami merekomendasikan produk Leukotape® K yang memang didesain khusus untuk mengatasi cedera otot, trauma dan nyeri.


Produk ini bisa menempel hingga 7 hari dan tidak akan mudah lepas saat terkena siraman air mandi. Pemakaiannya pun fleksibel. Anda bisa memotong-motongnya secara bebas tanpa perlu mencemaskan residu lem akan menempel pada gunting dan terasa mengganggu.

BahanKatun
Waterproof
Ukuran500 cm x 5 cm
Bebas lateks
Bentuk Y, I, X, fan, donut
Kompartmen
Material
Ukuran
Varian warnaMerah, Biru, Cream, Merah Muda, Biru Muda
Tipe jersey
Model
Jenis
Ukuran kaos kaki
Target pengguna Anak, dewasa
Tipe
Filter
Warna
Tali pengikat dapat disesuaikan
Pengukuran per detik
Ada lap time/split time<br>
Fitur tambahan
View all
No.8

HNDRD Kinesiology Tape

Harga referensi
Mulai dari Rp50.000,00
Menengah

Selain mudah dilepas, kinesio tape ini juga meminimalkan iritasi

Merekat kuat selama beberapa hari, wajar saja jika Anda penasaran mudah tidaknya mencopot kinesio tape. Jika Anda ingin mencari kinesio tape yang mudah dicopot, kami menyarankan Anda untuk menggunakan produk HNDRD. Namun, bukan lantas produk ini menggunakan perekat sembarangan. Pihak produsen menyebutkan bahwa daya rekatnya bisa bertahan hingga 3 hari.

Bahan95% katun, 5% polyurethane
WaterproofTidak diketahui
Ukuran500 cm x 5 cm
Bebas lateksTidak diketahui
Bentuk Y, I, X, fan, donut
Kompartmen
Material
Ukuran
Varian warnaHijau, Merah, Hitam, Biru Navy, Kuning, Coklat, Orange, Pink, Toska
Tipe jersey
Model
Jenis
Ukuran kaos kaki
Target pengguna Anak, dewasa
Tipe
Filter
Warna
Tali pengikat dapat disesuaikan
Pengukuran per detik
Ada lap time/split time<br>
Fitur tambahan
View all
No.9

Mueller Sports MedicineEuro Grip Tape

Harga referensi
Mulai dari Rp87.000,00
Agak Mahal

Berdaya rekat kuat, pas untuk Anda yang aktif bergerak

Jika Anda termasuk orang yang aktif bergerak dalam keseharian, produk ini sepertinya akan menjadi pilihan yang pas. Sebab, produk asal Amerika ini merupakan perban elastis yang memiliki daya rekat mumpuni. Jadi, kinesio tape ini akan tetap pada tempatnya meski direkatkan di bagian tubuh yang banyak pergerakan seperti sendi-sendi.

Bahan50% poly-cotton blend, 50% woven
Waterproof
Ukuran1.140 cm x 3,8 cm
Bebas lateksTidak diketahui
Bentuk Y, I, X, fan, donut
Kompartmen
Material
Ukuran
Varian warnaPutih
Tipe jersey
Model
Jenis
Ukuran kaos kaki
Target pengguna Anak, dewasa
Tipe
Filter
Warna
Tali pengikat dapat disesuaikan
Pengukuran per detik
Ada lap time/split time<br>
Fitur tambahan
View all
No.10

SPOLKinematics Tex Strong Plus+

Kinematics Tex Strong Plus+ 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp121.900,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp121.900,00
Agak Mahal

Motifnya membuat Anda terlihat makin energik

Bosan dengan kinesio tape yang itu-itu saja? Ganti saja kinesio tape lama Anda dengan produk bermotif binatang liar, seperti zebra, leopard, dan macan ini. Selain motifnya unik, warnanya juga menarik sehingga dapat mengalihkan fokus lawan-lawan main di samping Anda. Namun, jika Anda tidak ingin tampil mencolok, produk ini menyediakan beberapa pilihan warna netral bermotif polos, kok. Pilih saja yang paling sesuai dengan preferensi Anda, ya!

BahanTidak diketahui
Waterproof
Ukuran500 cm x 5 cm
Bebas lateksTidak diketahui
Bentuk Y, I, X, fan, donut
Kompartmen
Material
Ukuran
Varian warnaTatoo Beige, Tatoo Green, Tatoo Orange, Tatoo Blue, Tatoo Pink, dan lainnya
Tipe jersey
Model
Jenis
Ukuran kaos kaki
Target pengguna Anak, dewasa
Tipe
Filter
Warna
Tali pengikat dapat disesuaikan
Pengukuran per detik
Ada lap time/split time<br>
Fitur tambahan
View all

Cara memasang kinesio tape yang tepat dan tips dari Dr. Andy Widjaja

Berikut ini langkah-langkah pemasangan kinesio tape secara umum. Simak baik-baik agar pemasangan kinesio tape menjadi lebih mudah.

Persiapan pemasangan kinesio tape

Persiapan pemasangan kinesio tape
Sebelum memasang kinesio tape, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Bersihkan area yang ingin dipasangi kinesio tape dengan air atau alkohol, lalu lap hingga kering.
  2. Cukur rambut atau bulu di daerah yang ingin dipasangi kinesio tape untuk memaksimalkan perekatannya.
  3. Hindari penggunaan losion, minyak, balsam, dan sebagainya di area yang ingin dipasangi kinesio tape.

Pemasangan kinesio tape

Pemasangan kinesio tape

Setelah tahu langkah-langkah persiapannya, Anda bisa menggunakan informasi di bawah ini untuk mengetahui cara pemasangan kinesio tape


  1. Pemasangan harus dilakukan minimal 1 jam sebelum melakukan olahraga.
  2. Potong kinesio tape sesuai ukuran yang dibutuhkan. Jenis potongannya (I, X, Y, fan atau donut) disesuaikan dengan area target.
  3. Anda bisa membuka kinesio tape dari bagian ujungnya atau potong di bagian tengahnya.
  4. Pastikan tangan Anda tidak menempel ke bagian kinesio tape yang lengket.
  5. Tempel secara perlahan di area yang ingin Anda pasang. Kinesio tape memang stretchy, tetapi jangan menariknya secara berlebihan saat proses pemasangan. Kinesio tape akan melar dengan sendirinya saat olahraga dan kembali ke posisi semula saat selesai berolahraga.
  6. Untuk memudahkan Anda saat melepasnya, gunakan warna yang berbeda jika perlu menggunakan lebih dari satu kinesio tape.
Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Terdapat berbagai macam cara dan variasi dalam proses pemasangan kinesio tape. Secara garis besar, kita tidak ingin memberikan stretch atau menarik bagian ujung kinesio tape. Hal ini dilakukan agar kinesio tape tidak mudah copot ketika beraktivitas. Bagian tengah kinesio tape biasanya diberi sedikit tarikan atau stretch sesuai dengan kondisi dan kenyamanan masing-masing.

Cara melepas kinesio tape

Cara melepas kinesio tape

Umumnya kinesio tape bisa bertahan 1–7 hari tergantung bahannya. Setelah itu, Anda harus melepasnya secara hati-hati agar tidak melukai kulit. Berikut ini tahap-tahapnya.


Cara melepas kinesio tape:

  1. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, tuangkan baby oil pada kinesio tape, lalu biarkan selama 10–15 menit.
  2. Lepas kinesio tape secara perlahan. Setelah melepas bagian ujungnya, ikuti kinesio tape tersebut sehingga jarak antara kulit dan tape dekat. Jangan menarik ujung tape dari awal hingga akhir karena jaraknya jadi jauh dengan kulit. Hal ini bisa melukai kulit Anda.
  3. Saat tangan yang satu menarik tape, sebaiknya tangan satunya menekan kulit agar tape bisa terlepas dengan lebih hati-hati.
Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Jika Anda merasakan gatal-gatal atau ada rasa tidak nyaman di kulit, segera lepas kinesio tape tersebut. Rasa tidak nyaman ini bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama, bahan kinesio tape-nya tidak cocok untuk kulit Anda. Kedua, Anda tidak membersihkan bagian tersebut dengan benar sebelum pemasangan.


Ketika ini terjadi, cobalah untuk membersihkan bagian tubuh tersebut dengan tuntas sebelum pemasangan dan pakai kinesio tape-nya lagi. Jika aman dan tidak terasa gatal, kemungkinan bagian tersebut kurang dibersihkan dengan tuntas pada pemasangan pertama. Jika masih ada rasa gatal dan tidak nyaman, sebaiknya cari kinesio tape dengan bahan lain.

Tips dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Tips dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Cara paling efektif untuk mengetahui apakah kinesio tape bermanfaat atau tidak untuk Anda adalah dengan mencobanya secara langsung. Cobalah pakai ketika beraktivitas dan amati yang Anda rasakan.


Jika Anda merasa lebih nyaman dan merasa terbantu, pakailah kinesio tape tersebut. Jika Anda tidak menyukainya dan tidak merasakan efek apa-apa, tentu saja Anda tidak perlu memakainya lagi.

5 Rekomendasi Kinesio Tape terbaik

No. 1: FrasserKinesio Tape

No. 2: Kinesiology Tape

No. 3: SvargaKinesio Tape

No. 4: SpeedsKinesiology Tape

No. 5: KindmaxSports Therapy Tape

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Olahraga lainnya
  4. 10 Rekomendasi Kinesio Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Physiotherapist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.