• 10 Kinesio Tape Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kinesio Tape Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kinesio Tape Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kinesio Tape Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kinesio Tape Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kinesio Tape Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)

Pernah melihat orang berolahraga dengan tape atau koyo warna-warni pada beberapa persendian tubuhnya? Benda tersebut adalah kinesio tape yang bisa digunakan di pergelangan tangan, ankle, lutut, atau bagian tubuh lainnya. Tak seperti perban olahraga lainnya, kinesio tape sama sekali tidak menghambat pergerakan Anda. 


Di artikel ini kami akan mengupas tuntas semua tentang kinesio tape. Simak juga tips menggunakan kinesio tape dari injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT. Beberapa merk kinesio tape yang bagus, seperti Aonijie, Kinesio Tex Gold, KT Tape Pro juga akan kami ulas untuk Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Dr. Andy Widjaja
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 08 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Physiotherapist ini mendapatkan gelar Doctor of Physiotherapy (DPT) di Australia. Sebagai injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy menangani segala macam kondisi dan masalah yang berhubungan dengan pergerakan manusia.


Strength and performance coach ini juga aktif melatih orang-orang yang ingin bertambah kuat dan ingin meningkatkan kapasitas gerak mereka. Di waktu luangnya, ia aktif memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang exercise, injury, dan rehabilitasi melalui akun Instagram-nya yaitu @theindophysio.

Sejarah dan cara kerja kinesio tape

Sejarah dan cara kerja kinesio tape

Kinesio tape pertama kali dikembangkan oleh seorang chiropractor asal Jepang, Dr. Kenzo Kaze, pada 1970-an. Dr. Kenzo Kaze pada waktu itu ingin menciptakan tape yang bisa menyokong performa para atlet tanpa membatasi geraknya seperti tape tradisional. Kinesio tape adalah perban elastis yang umumnya terbuat dari campuran nilon dan katun.


Karakteristik kinesio tape dibuat sangat mirip dengan lapisan kulit manusia yang elastis. Lalu, bagaimana cara kerjanya? Kinesio tape ditempelkan di bagian tubuh yang cedera atau membutuhkan support lebih. 


Saat terjadi cedera atau memar, respons tubuh yang paling umum adalah inflamasi atau bengkak. Kinesio tape berfungsi untuk mengangkat kulit sehingga ada ruang antara kulit dan area yang sedang inflamasi. Sirkulasi darah dan cairan limfatik di daerah tersebut otomatis lebih lancar. Inflamasi bisa lebih cepat mereda karenanya. 


Saat dipakai, kinesio tape tidak begitu panas seperti koyo. Beberapa sumber bahkan mengatakan kinesio tape bisa mengubah sinyal yang diberikan ke otak sehingga para atlet bisa lebih menahan rasa sakitnya. Dengan begitu, performanya saat bertanding jadi lebih maksimal.


Penasaran ingin mencobanya dan mau tahu di mana Anda bisa membeli kinesio tape? Anda bisa membeli kinesio tape di apotek terdekat, toko yang menjual peralatan olahraga, dan tentunya marketplace. Harga yang ditawarkan juga bermacam-macam. Oleh karena itu, Anda harus selektif dalam memilih merek atau toko yang menjual kinesio tape.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Ketika terbentur atau ada bagian tubuh yang sakit, salah satu respons yang sering dilakukan orang adalah mengelus-elus bagian yang sakit tersebut. Dengan mengelus-elus bagian yang sakit, kita memberikan sensasi "sentuhan" di area tersebut. 


Sensasi sentuhan ini bisa "menutupi" sensasi rasa sakit dan membuat rasa sakitnya berkurang. Mekanisme pengurangan rasa sakit ini dikenal dengan nama "pain gate control".


Ketika bagian tubuh yang sakit mendapat sensasi sentuhan, sistem saraf di bagian tersebut akan fokus merasakan dan memproses sentuhan atau sensasinya. Hal ini menyebabkan saraf akan mengurangi fokusnya ke rasa sakit dan rasa sakitnya pun akan berkurang.


Seperti saat mengelus-elus bagian yang sakit, pemakaian kinesio tape di bagian yang cedera dapat memberikan efek "pain gate control". Kinesio tape memberikan sensasi sentuhan pada bagian yang sakit dan dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kinesio tape

Sebelum memilih produk kinesio tape dari merek terbaik, sebaiknya ketahui dahulu detailnya lebih lanjut. Kami akan membahas tips memilih kinesio tape, mulai dari bentuknya, bahan yang digunakan, hingga fitur yang perlu Anda pertimbangkan. 

Pilih berdasarkan bentuk kinesio tape

Umumnya, saat membeli kinesio tape, Anda harus memotongnya terlebih dahulu sesuai dengan bagian tubuh yang Anda ingin pakaikan. Ada beberapa bentuk yang sering dipakai, yakni huruf I, Y, X, fan, atau donut. Pilihlah bentuk yang paling nyaman dan sesuai dengan bagian tubuh yang bermasalah.

Huruf Y, I, X: Bentuk yang paling umum digunakan

Huruf Y, I, X: Bentuk yang paling umum digunakan

Kinesio tape dijual dalam bentuk gulungan. Untuk mendapatkan bentuk I, Anda hanya harus memotong seberapa panjang tape yang dibutuhkan. Kinesio tape bentuk I biasanya digunakan untuk menjaga tendon, ligamen, achilles, atau quadriceps. Bentuk ini bermanfaat untuk menjaga stabilitas area-area yang rawan cedera. Agar lebih kuat, Anda bisa mengombinasikannya dengan tape bentuk Y.


Caranya, Anda tinggal memotong tape bentuk I menjadi Y. Tipe ini biasanya menjadi perekat di bagian-bagian yang lebih sensitif seperti belakang lutut atau depan siku tangan. Sementara itu, kinesio tape tipe X biasanya diaplikasikan di area yang luas dan terdiri dari beberapa sambungan otot atau sendi, misalnya hamstring atau rhomboids

Bentuk fan: Digunakan untuk mengontrol pembengkakan

Bentuk fan: Digunakan untuk mengontrol pembengkakan

Kinesio tape tipe fan sering disebut juga kipas atau web karena bentuknya seperti rumbai-rumbai. Anda bisa mendapatkannya dengan memotong kinesio tape tipe I menjadi tiga bagian, tetapi jangan sampai terputus. Sisakan sekitar beberapa cm di bagian ujungnya. Tipe ini berfungsi untuk mengontrol memar yang terjadi di tangan atau kaki. Memar atau bengkak jadi lebih cepat kempis karenanya.

Bentuk donut: Digunakan untuk memberikan rasa nyaman di lutut

Bentuk donut: Digunakan untuk memberikan rasa nyaman di lutut

Pernah melihat open knee braces? Nah, kinesio tape bentuk donut ini menyerupai open knee braces. Hanya saja, perlindungannya tidak sebaik open knee braces karena tentunya kinesio tape ini fleksibel. Manfaat bentuk donut ini adalah memberikan sensasi support atau penyokong pada patella atau lutut Anda. Biasanya, kinesio tape ini digunakan oleh para pelari atau Anda yang sedang mengalami masalah lutut.

Ketahui jenis-jenis bahan kinesio tape

 Ketahui jenis-jenis bahan kinesio tape

Secara umum, kinesio tape memiliki ciri khas stretchy, cukup kuat, sirkulasi udaranya baik, dan tidak mengiritasi kulit. Melihat ciri-ciri tersebut, bahan yang paling tepat digunakan untuk membuat kinesio tape adalah katun dan serat sintetis. Untuk Anda yang memiliki kulit sintetis, sebaiknya menggunakan bahan full katun. Kenyamanan yang diberikan sangat baik dan tidak merusak kulit Anda.


Kekurangannya, bahan ini lebih tidak menahan air dan jangka waktu pemakaiannya lebih singkat dibandingkan serat sintetis. Kinesio tape berbahan serat sintetis seperti nilon dan poliester bisa bertahan selama 4–7 hari, sedangkan bahan katun hanya 1–3 hari. Kinesio tape jenis serat sintetis juga karakternya lebih kuat dan kaku. Persendian atau otot Anda lebih terjaga dengan tipe ini.


Sayangnya, kinesio tape tipe sintetis sering kali menggunakan lateks yang sifatnya kurang baik untuk kulit. Sebagai solusi, ada juga produk-produk yang menjual kinesio tape berbahan campuran nilon dan katun. Penggunaan ini lebih ideal untuk Anda yang memiliki kulit normal.

Pilih produk dengan fungsi yang sesuai kegiatan Anda

Pilih produk dengan fungsi yang sesuai kegiatan Anda

Setiap produk kinesio tape pastinya memiliki keunggulan masing-masing. Bisa jadi unggul dari segi ketahanannya, perlindungannya, harga, dan sebagainya. Untuk Anda yang menggunakan kinesio tape saat mengangkat beban di gym, pilihlah kinesio tape yang tidak menghambat pergerakan, mudah dipakai, dan bisa menempel dengan erat. Lebih baik lagi jika harganya terjangkau karena Anda akan memakainya secara rutin.


Jika Anda menggunakannya untuk terapi pemulihan otot, usahakan pilih produk yang berbahan katun. Bahan katun lebih lembut, memberikan perlindungan yang cukup baik, dan tidak menimbulkan alergi pada kulit. Usahakan memilih produk yang tidak mengandung lateks dan mudah dilepas.


Para perenang pastinya membutuhkan kinesio tape dengan fitur waterproof yang baik dan tidak mudah lepas saat terkena air. Kinesio tape memang umumnya waterproof, tetapi tidak semua memiliki ketahanan yang bagus. Biasanya produknya terbuat dari serat sintetis karena bahan katun cenderung menyerap air.


Lari maraton membutuhkan ketahanan yang lama sehingga Anda butuh kinesio tape yang bisa melar, tidak mudah lepas karena keringat, dan bisa menjaga stabilitas otot dengan baik. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang sedang melakukan olahraga berat seperti crossfit.

10 Rekomendasi produk kinesio tape terbaik

Berikut ini adalah sepuluh produk kinesio tape dari berbagai merek yang kami pilihkan untuk Anda. Produk-produk yang direkomendasikan di bawah ini merupakan pilihan kami, bukan pilihan Dr. Andy Widjaja, DPT. Sesuaikanlah dengan jenis kegiatan atau olahraga yang ingin Anda lakukan, ya.

10
BahanKatun dan medical glue
Waterproof✔︎
Ukuran5 cm x 5 m
Bebas lateksTidak ada keterangan
9

TheraBandKinesiology Tape

Mulai dari Rp 550.000,00

BahanTidak ada keterangan
WaterproofTidak ada keterangan
Ukuran5 cm x 40 cm
Bebas lateks✔︎
8

AresAmazon Tape

Mulai dari Rp 849.200,00

BahanSerat katun
Water resistant✔︎
Ukuran5 cm x 5 m
Bebas lateks✔︎
7

SpiderTechLower Back One Piece Pre-Cut Tape

Mulai dari Rp 550.000,00

BahanKatun
Water resistant✔︎
UkuranTidak ada keterangan
Bebas lateks✔︎
6

KinesioTex Gold FP

GKT15024

Mulai dari Rp 220.000,00

BahanKatun berkualitas premium
Water resistant✔︎
Ukuran5 cm x 5 m
Bebas lateks✔︎
5

Li-NingKinesiology Tape

LN-KT 100

Mulai dari Rp 109.000,00

Bahan95% katun, 5% polyurethane
Water resistant✔︎
Ukuran5 cm x 5 m
Bebas lateksTidak ada keterangan
4

Mueller Sports MedicineKinesiology Tape Pre-Cut I-Strips

23817X

Mulai dari Rp 175.000,00

BahanTidak ada keterangan
WaterproofTidak ada keterangan
Ukuran5 cm x 5 m
Bebas lateksTidak ada keterangan
3

AonijieElastic Kinesiology Muscle Recovery Tape Bandage

E4401

Mulai dari Rp 100.000,00

BahanRayon
Water resistant✔︎
Ukuran25 cm x 5cm
Bebas lateksTidak ada keterangan
2
BahanKatun, spandeks, henkle Japanese hypoallergic glue, mentol 8–10%, ion negatif 4–5%
Water resistant✔︎
Ukuran5 cm x 5 m
Bebas lateks✔︎
1
BahanSerat sintetis
Water resistant✔︎
UkuranTidak ada keterangan
Bebas lateks✔︎

Tabel perbandingan produk kinesio tape terbaik

Gambar produk
1
KT Tape Pro Extreme 1

KT Tape

2
Move Kinetic Tape (MKT) 3.0 Pro 1

Move Kinetic Tape (MKT)

3
Aonijie Elastic Kinesiology Muscle Recovery Tape Bandage 1

Aonijie

4
Mueller Sports Medicine Kinesiology Tape Pre-Cut I-Strips 1

Mueller Sports Medicine

5
Li-Ning Kinesiology Tape  1

Li-Ning

6
Kinesio Tex Gold FP 1

Kinesio

7
SpiderTech Lower Back One Piece Pre-Cut Tape 1

SpiderTech

8
Ares Amazon Tape 1

Ares

9
TheraBand Kinesiology Tape 1

TheraBand

10
Kinesiology Tape Camo Style 1

Kinesiology Tape

Nama produk

Pro Extreme

3.0 Pro

Elastic Kinesiology Muscle Recovery Tape Bandage

Kinesiology Tape Pre-Cut I-Strips

Kinesiology Tape

Tex Gold FP

Lower Back One Piece Pre-Cut Tape

Amazon Tape

Kinesiology Tape

Camo Style

Keunggulan

Kuat, tahan lama, dan bisa digunakan untuk segala kondisi

Mengandung dingin mentol untuk meredakan inflamasi

Lebih praktis berkat pre-cut design

Cukup elastis, terasa seperti kulit kedua

Breathable dan nyaman saat dipakai bermain badminton

Aman untuk pemilik kulit sensitif

Membantu mengatasi cedera punggung bagian bawah

Pattern hewan liar membuat Anda terlihat makin energik

Teknologi Xactstretch sangat membantu para pemula

Motif sangar, harga bersahabat

Harga mulai dariRp 600.000,00Rp 160.000,00Rp 100.000,00Rp 175.000,00Rp 109.000,00Rp 220.000,00Rp 550.000,00Rp 849.200,00Rp 550.000,00Rp 25.000,00
BahanSerat sintetisKatun, spandeks, henkle Japanese hypoallergic glue, mentol 8–10%, ion negatif 4–5%RayonTidak ada keterangan95% katun, 5% polyurethaneKatun berkualitas premiumKatunSerat katunTidak ada keteranganKatun dan medical glue
Water resistant✔︎✔︎✔︎Tidak ada keterangan✔︎✔︎✔︎✔︎Tidak ada keterangan✔︎
UkuranTidak ada keterangan5 cm x 5 m25 cm x 5cm5 cm x 5 m5 cm x 5 m5 cm x 5 mTidak ada keterangan5 cm x 5 m5 cm x 40 cm5 cm x 5 m
Bebas lateks✔︎✔︎Tidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan✔︎✔︎✔︎✔︎Tidak ada keterangan
Tautan produk

Cara memasang kinesio tape yang tepat

Berikut ini langkah-langkah pemasangan kinesio tape secara umum. Simak baik-baik agar pemasangan kinesio tape menjadi lebih mudah.

Persiapan pemasangan kinesio tape

Persiapan pemasangan kinesio tape
Sebelum memasang kinesio tape, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Bersihkan area yang ingin dipasangi kinesio tape dengan air atau alkohol, lalu lap hingga kering.
  2. Cukur rambut atau bulu di daerah yang ingin dipasangi kinesio tape untuk memaksimalkan perekatannya.
  3.  Hindari penggunaan lotion, minyak, balsem, dan sebagainya di area yang ingin dipasangi kinesio tape.

Pemasangan kinesio tape

Pemasangan kinesio tape

Setelah tahu langkah-langkah persiapannya, Anda bisa menggunakan informasi di bawah ini untuk tahu cara pemasangan kinesio tape


  1. Pemasangan harus dilakukan minimal 1 jam sebelum melakukan olahraga.
  2. Potong kinesio tape sesuai ukuran yang dibutuhkan. Jenis potongannya (I, X, Y, fan atau donat) disesuaikan dengan area target.
  3. Anda bisa membuka kinesio tape dari bagian ujungnya atau potong di bagian tengahnya.
  4. Pastikan tangan Anda tidak menempel ke bagian kinesio tape yang lengket.
  5. Pasang secara perlahan di area yang ingin Anda pasang. Kinesio tape memang stretchy, tetapi jangan menariknya secara berlebihan saat proses pemasangan. Kinesio tape akan melar dengan sendirinya saat olahraga dan kembali ke posisi semula saat sudah selesai olahraga.
  6. Untuk memudahkan saat melepasnya, gunakan warna yang berbeda jika Anda perlu kombinasi lebih dari satu kinesio tape.
Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Terdapat berbagai macam cara dan variasi dalam proses pemasangan kinesio tape. Secara garis besar, kita tidak ingin memberikan stretch atau menarik bagian ujung kinesio tape. Hal ini dilakukan agar kinesio tape tidak mudah copot ketika beraktivitas. Bagian tengah kinesio tape biasanya diberi sedikit tarikan atau stretch sesuai dengan kondisi dan kenyamanan masing-masing individual.

Cara melepas kinesio tape

Cara melepas kinesio tape

Umumnya kinesio tape bisa bertahan 1–7 hari tergantung bahannya. Setelahnya, Anda harus melepasnya secara hati-hati agar tidak sakit dan melukai kulit. Berikut ini tahap-tahapnya.


Cara melepas kinesio tape:


  1. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, tuangkan baby oil di kinesio tape, lalu biarkan selama 10–15 menit.
  2. Lepas kinesio tape secara perlahan. Setelah melepas bagian ujungnya, ikuti kinesio tape tersebut sehingga jarak antara kulit dan tape dekat. Jangan menarik ujung tape dari awal hingga akhir karena jaraknya jadi jauh dengan kulit. Hal ini bisa melukai kulit Anda.
  3. Saat tangan yang satu menarik tape, sebaiknya tangan satunya menekan kulit agar tape bisa terlepas dengan lebih hati-hati.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Jika Anda merasakan gatal-gatal atau ada rasa tidak nyaman di kulit, segera lepas kinesio tape tersebut. Rasa tidak nyaman ini bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama, bahan kinesio tape-nya tidak cocok untuk kulit Anda. Kedua, Anda tidak membersihkan bagian tersebut dengan benar sebelum pemasangan.


Ketika ini terjadi, cobalah untuk membersihkan bagian tubuh tersebut dengan tuntas sebelum pemasangan dan pakai kinesio tape-nya lagi. Jika aman dan tidak ada gatal-gatal, berarti kemungkinan bagian tersebut kurang dibersihkan dengan tuntas pada pemasangan pertama. Jika masih ada rasa gatal dan tidak nyaman, saya menyarankan untuk mencari kinesio tape dengan bahan lain.

Tips dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Tips dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Cara paling efektif untuk mengetahui apakah kinesio tape bermanfaat atau tidak untuk Anda adalah dengan mencobanya secara langsung. Cobalah dipakai ketika beraktivitas dan lihat apakah Anda menyukainya atau tidak. Jika Anda merasa lebih nyaman dan merasa terbantu, pakailah kinesio tape tersebut. Jika Anda tidak menyukainya dan tidak merasakan efek apa-apa, tentu saja tidak perlu dipakai lagi.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk perawatan otot di sini

Olahraga memang erat kaitannya dengan risiko cedera. Ada beberapa produk yang sering digunakan untuk meminimalkan risiko cedera atau membantu proses pemulihan, seperti knee support, ankle support, atau perban. Ada juga resistance band yang berguna untuk olahraga ringan pascapemulihan cedera. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Kesimpulan

Penelitian tentang efektivitas penggunaan kinesio tape mungkin belum banyak diteliti. Namun, penggunaannya makin banyak dari hari ke hari. Untuk memenuhi rasa penasaran Anda, sebaiknya beli kinesio tape dan pakailah saat Anda berolahraga. 


Pilihlah kinesio tape yang membuat Anda nyaman saat memakainya. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan bahannya, potongannya, hingga cara pemasangannya. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Topi baseball menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari, tetapi juga sebagai penunjang style. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik untuk perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Anda akan menemukan berbagai jenis topi baseball yang bagus, mulai dari merek branded hingga topi brand lokal. Salah satu merek topi baseball terkenal yang akan kami rekomendasikan adalah Ralph Lauren, Puma, dan EIGER. Penasaran dengan merek topi lainnya? Langsung scroll ke bawah, yuk!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain pingpong adalah salah satu opsi untuk mencari keringat atau berekreasi. Akan tetapi, Anda tentu membutuhkan bola pingpong yang bagus agar permainan berjalan sesuai ekspektasi. Ada yang cocok untuk main santai hingga serius. Manakah yang harus Anda pilih?Bola pingpong atau bola tenis meja terbuat dari bahan plastik. Namun, tergantung pada merek dan harga, karakteristiknya berbeda-beda. Karena itu, kami akan memandu Anda memilih bola pingpong terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk untuk Anda. Ada Nittaku, DHS, dan lainnya. Bila Anda hobi pingpong atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasannya, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Raket menjadi salah satu perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga badminton dan tenis. Salah satu komponen raket yang harus mendapatkan perawatan adalah bagian grip. Jika grip raket sudah rusak dan tidak nyaman saat digenggam, sebaiknya Anda segera menggantinya. Namun, bagaimana cara memilih grip raket yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih grip raket, baik untuk pemain pemula maupun atlet profesional. Produk dari merek grip raket terbaik, seperti Li-Ning, Adidas, Yonex akan Anda jumpai dalam daftar rekomendasi kami. Jadi, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pingpong atau tenis meja adalah olahraga lintas generasi yang bisa dimainkan secara serius ataupun fun. Selain bola, bet, dan net, elemen utama yang harus ada dalam permainan ini adalah meja pingpong. Kualitas meja pingpong yang bagus bisa menjadi jaminan keseruan permainan Anda. Merek meja pingpong, seperti DONIC, Powerspin, dan Cornilleau mungkin sudah pernah Anda dengar. Namun, bagaimana dengan merek lainnya? Di artikel ini kami akan memberikan tips membeli meja pingpong terbaik dan merekomendasikan produknya. Meja pingpong mini juga ada, lho!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini, wireless earphone menjadi barang yang populer. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan bahkan saat berlari. Saat hendak membelinya, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga. Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan dengan bentuk telinga sehingga tidak mudah jatuh. Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih earphone untuk olahraga serta merekomendasikan merek-merek populer, seperti Apple, JBL, dan ÉGGEL. Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan produk terbaik. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Skuter atau otoped anak merupakan sebuah papan dengan kemudi yang dilengkapi roda. Anda mungkin pernah memainkannya saat kanak-kanak. Pastinya Anda ingin agar anak dapat ikut merasakan keseruan yang sama. Namun, jenis skuter kini sudah makin bervariasi sehingga bisa membuat bingung dalam memilih.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih scooter anak terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, antara lain Decathlon dan Segway. Ada skuter listrik, injak, sampai yang roda 3. Ulasan setiap produknya pun sudah tersedia. Yuk, temukan skuter favorit anak Anda!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Papan Skateboard Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Papan Skateboard Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hobi skateboarding mulai kembali marak diminati kawula muda. Namun, hobi Anda tak akan lengkap tanpa papan skateboard atau skateboard deck yang sesuai. Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang papan skateboard yang bagus dalam berbagai range harga dan ukuran.Merek papan skateboard yang bagus, seperti Maven, Globe, dan Santa Cruz, ada dalam rekomendasi kami. Ada juga merek lokal Puppetskate dan Wtrmln Supply Co yang tak kalah bagusnya. Simak pula tips kami dalam memilih papan skateboard terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Skuy, baca artikel ini sampai habis!
    Olahraga lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori