1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Mainan & aktivitas bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kolam Renang Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kolam Renang Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kolam renang bayi untuk baby spa atau sekadar tempat bermain bayi makin banyak dicari. Model dan ukurannya pun beragam, mulai dari kolam renang bayi besar, hingga produk dengan perosotan. Selain itu, target usia tiap produk juga berbeda. Ada kolam renang untuk bayi 3 bulan, ada juga kolam renang untuk bayi berumur 1 tahun atau lebih.


Cara memilih dan rekomendasi kolam renang bayi akan kami berikan kepada Anda. Merek kolam renang bayi yang bagus, seperti INTEX, Bestway, dan Honey Boo ada dalam artikel ini. Jadi, silakan disimak, ya!

Diperbaharui 08-29-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Di umur berapa bayi boleh diajarkan berenang?

Di umur berapa bayi boleh diajarkan berenang?

Berenang adalah salah satu kegiatan yang disukai oleh banyak orang, termasuk anak-anak. Selain menyenangkan, berenang juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, hal itu tentu harus dilakukan dengan benar dan aman. Agar mahir berenang, tidak ada salahnya, lho, Anda kenalkan aktivitas ini pada anak sejak bayi. Lalu, di umur berapakah bayi boleh diajarkan berenang?


Dihimpun dari beberapa sumber, pada dasarnya tidak ada batasan umur yang jelas kapan bayi boleh belajar berenang. Namun, sebaiknya Anda mulai mengenalkan kegiatan ini saat bayi mulai bisa mengendalikan tubuhnya. Umur 4–6 bulan paling banyak disarankan sebab pada usia tersebut bayi sudah mulai bisa mengontrol tubuhnya.


Beberapa tahun ini juga makin tren baby spa, yakni perawatan bayi yang menggabungkan kegiatan spa dan pijat. Biasanya bayi akan diajak berenang atau berendam di kolam khusus sebelum dipijat. Kegiatan baby spa biasa dilakukan pada bayi usia 3–6 bulan. Tidak ada salahnya juga Anda mulai mengenalkannya pada kegiatan baby spa.


Baby spa sendiri memiliki beberapa manfaat, lho. Berikut beberapa di antaranya:

  • Melancarkan peredaran darah dan membuatnya rileks. 
  • Dapat merangsang produksi hormon yang bertugas mengatur tingkat stres pada bayi. 
  • Tidur bayi akan lebih nyenyak dan nafsu makan dapat bertambah.

Namun, banyak baby spa yang menggunakan pelampung leher (neck ring) saat aktivitas renang. Food and Drug Administration (FDA) telah mengeluarkan larangan penggunaan pelampung leher (neck ring) pada bayi. Penggunaannya dapat menyebabkan cedera serius, bahkan kematian. Hal ini khususnya bagi bayi yang berkebutuhan khusus, seperti spina bifida, down syndrome, cerebral palsy, atau spinal muscular atrophy tipe 1.


Jadi, kami tidak menyarankan Anda menggunakan pelampung leher (neck ring) saat mengajarkan bayi Anda berenang. Anda bisa menggunakan pelampung jenis lain seperti pelampung jaket atau yang lainnya. Selain itu, pastikan Anda selalu mengawasi bayi tiap melakukan kegiatan baby spa, berenang, ataupun hanya sekadar bermain air.

Cara memilih kolam renang bayi

Menentukan kolam renang bayi terbaik untuk sang buah hati tidaklah sulit. Anda bisa menjadikan poin di bawah ini sebagai acuan sebelum membeli.

① Perhatikan material yang digunakan


Tidak banyak jenis material yang digunakan untuk membuat kolam renang bayi. Biasanya Anda akan menemukan material karet atau PVS (polyvinyl siloxane) dan material plastik atau PVC (polivinil klorida).


  • Material PVS lebih elastis dan tidak licin, tetapi bisa getas

Kolam renang bayi berbahan karet, PVS (polyvinyl siloxane), atau bahan sejenis lainnya sulit sobek sekaligus tidak licin digunakan. Sayangnya, bahan karet lama-kelamaan bisa getas, baik akibat terpapar panas matahari maupun penggunaan jangka panjang.


  • Material PVC antikuman dan antijamur, tetapi mudah robek

Ada juga produk yang dibuat dari plastik, PVC (polivinil klorida), vinil, atau material sejenis lainnya. Bahan ini secara alami antikuman sekaligus antijamur. Terkena panas matahari setiap hari pun tidak mudah membuatnya rusak. Namun, kolam renang berbahan plastik rentan robek, serta dapat membuat bayi tergelincir.


Kedua bahan tersebut memiliki karakteristik dan keunggulan berbeda, bukan? Oleh karena itu, pilihlah produk yang bahannya paling sesuai dengan preferensi Anda.

② Pilih model sesuai usia bayi

Di pasaran ada banyak produk kolam renang bayi dengan beragam model. Biasanya, model kolam renang dibuat sesuai usia bayi yang akan menggunakannya. Lalu, model kolam renang bayi manakah yang sesuai untuk anak Anda? 

0–1 tahun, model tabung lebih direkomendasikan

0–1 tahun, model tabung lebih direkomendasikan

Bila si kecil berusia kurang dari satu tahun, ada baiknya Anda membelikannya kolam dengan model tabung. Produk seperti ini memungkinkan Anda mengisinya dengan banyak air agar bayi lebih mudah mengambang. Pastikan juga diameternya tidak sampai 1 meter. Dengan begitu, saat si kecil menangis atau mulai gelisah, Anda bisa dengan cepat mengangkatnya.


Mengapa harus model tabung? Bayi berusia kurang dari satu tahun memang sudah bisa duduk, berdiri, bahkan berjalan. Namun, dalam usia tersebut, bayi tetap belum sempurna mengendalikan tubuhnya. Oleh karena itu, sangat kecil kemungkinan bayi di bawah satu tahun bisa bergerak bebas ke segala arah dalam kolam. 


Agar buah hati Anda lebih nyaman, Anda dapat mengisi kolam renang bayi dengan air hangat. Dengan begitu, bayi akan merasa lebih relaks dan tidak lekas kedinginan. Anda pun bisa lebih santai mengawasi si kecil menikmati kolam air hangatnya sendiri.

> 1 tahun, segala model bisa asalkan dalam pengawasan


Bagaimana bila bayi Anda berusia lebih dari satu tahun dan sudah mulai mahir bergerak? Jika demikian, Anda bebas membelikannya kolam renang dengan model apa pun. Kolam renang bayi bulat, persegi panjang, besar, atau kecil, semuanya bisa digunakan. Produk yang dilengkapi mainan, misalnya perosotan, bola-bola, atau water splasher pun cocok Anda belikan untuk sang buah hati.


Adanya mainan akan membuat sesi berenang terasa lebih seru sekaligus melatih kemampuan motorik si kecil. Terlebih lagi, jika kolam renang digunakan bermain oleh beberapa bayi sekaligus. Si kecil perlu bergantian memainkan mainannya dengan bayi lain. Hal tersebut dapat membantu melatih kemampuan sosial sang buah hati, terutama terkait kemauan untuk berbagi.


Meski begitu, pastikan penggunaan kolam renang selalu dalam pengawasan orang dewasa. Hal tersebut penting mengingat bayi lekat dengan sifat kurang berhati-hati. Risiko tergelincir, menelan air kolam terlalu banyak, tenggelam, dan hal-hal berbahaya lainnya selalu ada.

③ Sesuaikan ukuran kolam dengan kemampuan fisik bayi

Untuk memilih kolam renang bayi, Anda juga perlu mempertimbangkan ukurannya. Bayi cepat tumbuh dan kemampuan motoriknya pun makin berkembang seiring pertambahan usianya. Kolam renang yang Anda beli sebaiknya mampu mengakomodasi perkembangan tersebut. Untuk itu, pertimbangkan ukuran kolam renang, mulai dari diameter hingga tinggi kolam renang.

Diameter kolam, memengaruhi ruang gerak bayi

Diameter kolam, memengaruhi ruang gerak bayi

Pada usia awal pergerakan bayi terbatas hanya pada tangan dan tendangan kaki. Bayi juga belum bisa menggerakkan badannya dan cenderung berdiam di satu posisi saja. Namun, ketika bayi bisa berjalan, tentu bayi ingin menjelajahi kolam. Karena itu, Anda perlu menyesuaikan diameter kolam dengan kebutuhan. Berikut ini panduan sederhana yang dapat Anda terapkan


  • Usia 0–3 bulan: Kolam renang bayi model tabung berdiameter kecil sudah mencukupi. 
  • Usia 9–12 bulan: Kolam berukuran lebih dari 2 meter tepat untuk dimiliki. Ukuran ini juga memungkinkan kolam dijadikan tempat berenang beberapa bayi sekaligus
  • Usia >1 tahun: Pertimbangkan ukuran kolam yang lebih besar dari 2 meter.

Tinggi kolam, sebaiknya tidak membuat bayi tenggelam saat duduk


Tinggi kolam renang juga sebaiknya Anda perhitungkan. Anda dapat menyesuaikannya dengan usia dan kemampuan motorik bayi. Sebagai acuan dasar, pastikan bayi tidak tenggelam bahkan saat ia duduk di dalam kolam. Bayi sendiri mulai bisa duduk pada usia 6–7 bulan. Dalam kondisi duduk, tinggi badan bayi berkurang kira-kira setengahnya. 


Adapun bayi berusia 6–12 bulan memiliki tinggi badan di kisaran 63,5–80 cm. Sementara itu, pada usia 1–2 tahun, tinggi badannya sekitar 70–92 cm. Jadi, untuk bayi berusia 0–1 tahun, kolam dengan tinggi sekitar 40 cm adalah pilihan tepat


Di sisi lain, bayi yang umurnya lebih dari 1 tahun bisa menggunakan kolam renang dengan tinggi setidaknya 46 cm. Hal tersebut berlaku bila Anda hendak mengisi air dalam kolam hingga penuh. Anda bisa saja membeli produk dengan tinggi melebihi kisaran angka yang telah kami sebutkan. Namun, pastikan saat Anda mengisi air, ketinggian airnya tetap sesuai dengan tinggi badan bayi saat duduk, ya!

④ Periksa keunggulan tambahan yang dimiliki

Periksa keunggulan tambahan yang dimiliki

Banyak produsen kolam renang bayi sudah mempersiapkan beragam keunggulan tambahan pada produk buatannya, lho! Anda akan mendapati produk yang sudah dilengkapi dengan perosotan, sunshade, bahkan penyembur air. Adanya hal-hal tersebut akan membuat si kecil makin asyik bermain sambil berenang.


Tidak hanya itu, produk yang sudah sepaket dengan pompa, termometer, repair patch, dan sebagainya juga akan Anda temukan. Segala keunggulan tersebut membuat kolam renangnya makin fungsional. Jadi, kenali kelebihan lain dari kolam renang bayi incaran dan pilihlah produk yang Anda rasa paling tepat.

10 Rekomendasi kolam renang bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kolam renang bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

INTEX

Pineapple Pool Set

INTEX Pineapple Pool Set  1枚目

Dilengkapi pelampung dan bola, renang makin aman dan asyik!

2

Honey Boo

Kolam Renang Anak Ukuran Mini 122 Cm

Honey Boo Kolam Renang Anak Ukuran Mini 122 Cm 1枚目

Kapasitas besar, main air jadi makin puas

3

Intex Recreation Corp.

INTEX Rectangular Baby Pool

Intex Recreation Corp. INTEX Rectangular Baby Pool 1枚目

Kolam besar yang harganya ramah di kantong

4

INTIME

Kolam Baby Spa Kotak 4 Ring

INTIME  Kolam Baby Spa Kotak 4 Ring  1枚目

Memiliki empat ring udara sehingga membuatnya makin tinggi

5

INTEX

Ocean Play Snapset Pool

INTEX  Ocean Play Snapset Pool 1枚目

Tidak perlu dipompa, tinggal gelar dan lipat saja

6

Bestway

Baby Pool Viking

Bestway Baby Pool Viking 1枚目

Sudah dilengkapi perosotan, hemat tempat pula!

7

Doctor Dolphin

Square Inflatable Baby Pool

Doctor Dolphin  Square Inflatable Baby Pool  1枚目

Punya banyak pilihan ukuran dan paket, pilih suka-suka!

8

Splash Pool Air Mancur Playmat 170 Cm

 Splash Pool Air Mancur Playmat 170 Cm 1枚目

Main air makin menyenangkan dengan adanya air mancur

9

Early Learning Centre

Happyland Rainbow Pool

Early Learning Centre Happyland Rainbow Pool 1枚目

Makin atraktif berkat ornamen pelangi

10

Intex Recreation Corp.

INTEX Royal Castle Baby Pool

Intex Recreation Corp. INTEX Royal Castle Baby Pool 1枚目

Sunshade-nya cegah bayi kesilauan sinar matahari

Perincian produk
Close
No.1

INTEXPineapple Pool Set 59469

Mulai dari Rp319.900,00

Dilengkapi pelampung dan bola, renang makin aman dan asyik!

Kelebihan:

  • Corak menarik
  • Sudah dilengkapi pelampung dan bola
  • Diameter cukup besar

Kekurangan:

  • Pompa dijual terpisah

Anda tentu ingin anak berenang dengan asyik dan aman, bukan? Membeli kolamnya saja tentu kurang lengkap. Anda perlu membeli pelampung serta mainan agar aktivitas renang makin menyenangkan tanpa membahayakan. Anda tidak perlu membeli ketiga produk secara terpisah sebab INTEX punya paket lengkapnya!


Produk ini menawarkan kolam, pelampung, serta bola dalam paket penjualannya. Dengan begitu, Anda akan lebih hemat, deh! Lebih dari itu, si kecil pun bisa bermain air tanpa membuat Anda khawatir. Di samping itu, kolam ini memiliki diameter yang cukup besar sehingga bisa digunakan oleh dua anak sekaligus.

No.2

Honey BooKolam Renang Anak Ukuran Mini 122 Cm

Mulai dari Rp120.000,00

Kapasitas besar, main air jadi makin puas

Kelebihan:

  • Kapasitas air besar

Kekurangan:

  • Boros air

Anak mulai besar dan protes kalau air kolam sedikit? Waktunya Anda beralih ke produk Honey Boo satu ini. Kolam renang bayi ini punya kapasitas air sebesar 76 galon atau setara dengan 288 liter. Dengan begitu, anak Anda bisa bermain air dengan lebih puas. Akan tetapi, Anda juga perlu mempertimbangkan waktu mengisi kolam yang lebih lama dan konsumsi air yang meningkat, ya!

No.3

Intex Recreation Corp.INTEX Rectangular Baby Pool57403

Mulai dari Rp185.000,00

Kolam besar yang harganya ramah di kantong

Kelebihan:

  • Bahan kuat dan elastis, aman untuk anak
  • Ukurannya cukup besar
  • Warna cerah dan bersih

Kekurangan:

  • Desain terlalu polos dan simpel untuk anak-anak

Harga yang terjangkau memungkinkan produk ini untuk Anda beli tanpa membuat pengeluaran bulanan melonjak drastis. Meski ekonomis, nyatanya kolam renang bayi balon ini tetap memiliki ukuran yang besar. Digunakan dua bayi untuk berendam bersamaan pun masih cukup memadai. Produk ini layak dipertimbangkan bila Anda ingin membeli kolam besar tanpa keluar terlalu banyak dana.

No.4

INTIME Kolam Baby Spa Kotak 4 Ring

Mulai dari Rp345.000,00

Memiliki empat ring udara sehingga membuatnya makin tinggi

Kelebihan:

  • Memiliki empat ring udara yang membuat air makin tinggi
  • Sudah termasuk pompa injak

Kekurangan:

  • Butuh pengawasan ekstra karena batas air tinggi

Ingin membeli kolam renang untuk baby spa, tetapi merasa sayang karena khawatir hanya terpakai sebentar? Coba, deh, cek produk ini. Kolam renang bayi ini memiliki empat ring udara sehingga membuatnya makin tinggi. Dengan begitu, bayi yang mulai makin tinggi pun tetap bisa menggunakannya. 


Anda bisa menggunakan kolam ini hingga bayi berusia 18 bulan. Beberapa store mungkin menjualnya dalam satu paket dengan pelampung tipe neck ring. Namun, kami menyarankan Anda untuk menggantinya dengan pelampung tipe lain serta memberikan pengawasan ekstra agar si kecil tetap aman.

No.5

INTEX Ocean Play Snapset Pool56452

Mulai dari Rp437.900,00

Tidak perlu dipompa, tinggal gelar dan lipat saja

Kelebihan:

  • Tidak perlu dipompa
  • Ringkas dan mudah disimpan

Kekurangan:

  • Tepi kolam kurang kokoh

Ini dia produk kolam renang anak untuk Anda yang malas memompa. Untuk menggunakannya, Anda cukup menggelar dan mengisinya dengan air. Begitu juga saat selesai, Anda cukup membuang air dan melipatnya, tanpa harus mengempiskannya dahulu. Jadi, Anda tidak terlalu repot lagi, deh! 


Hanya saja, tepi kolam ini mungkin tidak akan setegak kolam dengan ring udara. Jadi, usahakan tepi kolam tidak tertekan ke dalam agar air tidak meluber keluar, ya! 

No.6

BestwayBaby Pool Viking

Mulai dari Rp219.900,00

Sudah dilengkapi perosotan, hemat tempat pula!

Kelebihan:

  • Dilengkapi perosotan yang dapat dilepas-pasang
  • Memiliki spray air yang dapat mengeluarkan air
  • Alas kolam dapat dipompa sehingga makin nyaman

Kekurangan:

  • Ukuran tidak terlalu besar
  • Kolam lebih sempit karena adanya perosotan

Berukuran hanya sebesar 203 cm x 165 cm x 73 cm, produk ini tidak butuh space terlalu besar untuk bisa digunakan. Meski begitu, produk ini memberikan terobosan dengan menghadirkan perosotan yang bisa dilepas pasang. 


Ditambah lagi, ada penyembur air berbentuk ular di bagian samping. Tentu si kecil akan lebih gembira saat bermain. Produk ini pas untuk Anda yang ingin kolam renang dengan banyak fitur, tetapi tidak membutuhkan space yang besar.

No.7

Doctor Dolphin Square Inflatable Baby Pool

Mulai dari Rp553.000,00

Punya banyak pilihan ukuran dan paket, pilih suka-suka!

Kelebihan:

  • Tersedia dalam berbagai ukuran
  • Katup udara dua lapis, tidak mudah bocor, lebih cepat dikempiskan
  • Memiliki desain pembuangan air di dasar kolam

Kekurangan:

  • Harga relatif pricey

Salah satu kelebihan produk ini adalah tersedia dalam berbagai ukuran. Anda mau yang ukuran S sampai ukuran XXL, semua ada! Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikannya dengan usia si kecil. Tidak hanya itu, penjualannya pun banyak yang menawarkan paket. Anda tidak perlu repot membeli pompa, water toys, atau aksesori lainnya secara terpisah. 


Selain itu, kolam renang ini dilengkapi pembuangan air sehingga memudahkan Anda saat menguras. Ditambah lagi, katup udara dua lapis yang membuatnya tidak mudah bocor saat dipompa dan lebih cepat saat dikempiskan. Mantap!

No.8

Splash Pool Air Mancur Playmat 170 Cm

Mulai dari Rp104.000,00

Main air makin menyenangkan dengan adanya air mancur

Kelebihan:

  • Tidak butuh pompa
  • Memiliki pancuran seperti air mancur

Kekurangan:

  • Boros air

Produk ini mungkin tidak dapat digunakan untuk berenang si kecil. Akan tetapi, buah hati Anda pasti akan sangat senang saat menggunakannya. Itu karena produk ini memiliki pancuran seperti air mancur di sekelilingnya. 


Untuk menggunakannya Anda tidak perlu memompa, cukup mengisinya dengan air dari selang. Kolam akan menggembung dan menyemprotkan air secara otomatis. Untuk ketinggian air mancur, tergantung tekanan air keran yang ada di rumah Anda. Dijamin deh, si kecil pasti suka!

No.9

Early Learning CentreHappyland Rainbow Pool430310370-147673

Mulai dari Rp749.000,00

Makin atraktif berkat ornamen pelangi

Kelebihan:

  • Desain unik dan menarik
  • Punya ornamen pelangi dan mainan

Kekurangan:

  • Kolam dangkal, hanya bisa digunakan untuk bermain air
  • Harga relatif pricey bila dibanding dengan ukurannya yang sangat kecil

Sengaja dibuat dangkal, produk ini memungkinkan bayi berusia 1,5 tahun duduk, bermain air, dan mencoba berenang dengan lebih aman. Meski begitu, pastikan untuk tetap tidak meninggalkan bayi tanpa pengawasan, ya!


Selain itu, bagian atasnya dihiasi lengkungan pelangi berwarna cerah yang sangat cantik dan atraktif di mata bayi. Tidak hanya itu, adanya inflatable toys juga menambah keseruan bermain sang buah hati. Bila Anda mencari kolam renang anak bayi dangkal dengan hiasan eye-catching, produk ini jawabannya. 

No.10

Intex Recreation Corp.INTEX Royal Castle Baby Pool57122

Mulai dari Rp309.999,00

Sunshade-nya cegah bayi kesilauan sinar matahari

Kelebihan: 

  • Desain kastel yang unik dan menarik
  • Melindungi bayi dari sinar matahari

Kekurangan:

  • Ruang gerak terbatas sebab kolam cukup dangkal dan tidak terlalu besar

Mungkin Anda ingin si kecil bersenang-senang di kolam renang tanpa khawatir ia kesilauan atau kepanasan akibat sinar matahari. Untuk mewujudkan hal tersebut, produk ini wajib Anda masukkan dalam daftar belanja.


Memiliki built-in sunshade berukuran besar, produk ini mampu melindungi bayi kesayangan Anda dari cahaya dan panas matahari. Dengan begitu, si kecil bisa lebih nyaman bermain tanpa takut kulitnya iritasi atau kesilauan sinar matahari. Lebih dari itu, desainnya pun sangat unik dan menggemaskan, bukan?

Baca juga rekomendasi perlengkapan renang lainnya untuk bayi dan anak di sini

Pemilihan kolam yang tepat akan membuat bayi Anda merasa aman dan nyaman saat berenang. Selain kolam renang untuk bayi di atas, kami juga punya rekomendasi kolam untuk anak dan perlengkapan renang lainnya. Jadi, baca juga artikel berikut, ya!

Kesimpulan

Melihat bayi kecil tertawa-tawa saat main air di kolam renang bayi rasanya menggemaskan! Pastikan saja Anda mengecek material dan ukuran dari kolam renang bayi sebelum memutuskan untuk membelinya.


Tidak hanya itu, sangat bijak bila Anda memilih produk yang target usianya cocok dengan umur bayi Anda. Selain itu, produk yang dilengkapi keunggulan tambahan tepat dibeli bila Anda menginginkan fungsionalitas lebih. Selamat bermain dan menikmati quality time bersama si kecil kesayangan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer