• 10 Rekomendasi Kolam Renang Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kolam Renang Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kolam renang bayi untuk baby spa atau sekadar tempat bermain bayi makin banyak dicari. Model dan ukurannya pun beragam, mulai dari kolam renang bayi besar, hingga produk dengan perosotan. Selain itu, target usia tiap produk juga berbeda. Ada kolam renang untuk bayi 3 bulan, ada juga kolam renang untuk bayi berumur 1 tahun atau lebih.


Cara memilih dan rekomendasi kolam renang bayi akan kami berikan kepada Anda. Merek kolam renang bayi yang bagus, seperti INTEX, Bestway, dan Honey Boo ada dalam artikel ini. Jadi, silakan disimak, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 Agustus 2022
Daftar isi

Di umur berapa bayi boleh diajarkan berenang?

Di umur berapa bayi boleh diajarkan berenang?

Berenang adalah salah satu kegiatan yang disukai oleh banyak orang, termasuk anak-anak. Selain menyenangkan, berenang juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, hal itu tentu harus dilakukan dengan benar dan aman. Agar mahir berenang, tidak ada salahnya, lho, Anda kenalkan aktivitas ini pada anak sejak bayi. Lalu, di umur berapakah bayi boleh diajarkan berenang?


Dihimpun dari beberapa sumber, pada dasarnya tidak ada batasan umur yang jelas kapan bayi boleh belajar berenang. Namun, sebaiknya Anda mulai mengenalkan kegiatan ini saat bayi mulai bisa mengendalikan tubuhnya. Umur 4–6 bulan paling banyak disarankan sebab pada usia tersebut bayi sudah mulai bisa mengontrol tubuhnya.


Beberapa tahun ini juga makin tren baby spa, yakni perawatan bayi yang menggabungkan kegiatan spa dan pijat. Biasanya bayi akan diajak berenang atau berendam di kolam khusus sebelum dipijat. Kegiatan baby spa biasa dilakukan pada bayi usia 3–6 bulan. Tidak ada salahnya juga Anda mulai mengenalkannya pada kegiatan baby spa.


Baby spa sendiri memiliki beberapa manfaat, lho. Berikut beberapa di antaranya:

  • Melancarkan peredaran darah dan membuatnya rileks. 
  • Dapat merangsang produksi hormon yang bertugas mengatur tingkat stres pada bayi. 
  • Tidur bayi akan lebih nyenyak dan nafsu makan dapat bertambah.

Namun, banyak baby spa yang menggunakan pelampung leher (neck ring) saat aktivitas renang. Food and Drug Administration (FDA) telah mengeluarkan larangan penggunaan pelampung leher (neck ring) pada bayi. Penggunaannya dapat menyebabkan cedera serius, bahkan kematian. Hal ini khususnya bagi bayi yang berkebutuhan khusus, seperti spina bifida, down syndrome, cerebral palsy, atau spinal muscular atrophy tipe 1.


Jadi, kami tidak menyarankan Anda menggunakan pelampung leher (neck ring) saat mengajarkan bayi Anda berenang. Anda bisa menggunakan pelampung jenis lain seperti pelampung jaket atau yang lainnya. Selain itu, pastikan Anda selalu mengawasi bayi tiap melakukan kegiatan baby spa, berenang, ataupun hanya sekadar bermain air.

Cara memilih kolam renang bayi

Menentukan kolam renang bayi terbaik untuk sang buah hati tidaklah sulit. Anda bisa menjadikan poin di bawah ini sebagai acuan sebelum membeli.

Perhatikan material yang digunakan

Tidak banyak jenis material yang digunakan untuk membuat kolam renang bayi. Biasanya Anda akan menemukan material karet atau PVS (polyvinyl siloxane) dan material plastik atau PVC (polivinil klorida).


  • Material PVS lebih elastis dan tidak licin, tetapi bisa getas

Kolam renang bayi berbahan karet, PVS (polyvinyl siloxane), atau bahan sejenis lainnya sulit sobek sekaligus tidak licin digunakan. Sayangnya, bahan karet lama-kelamaan bisa getas, baik akibat terpapar panas matahari maupun penggunaan jangka panjang.


  • Material PVC antikuman dan antijamur, tetapi mudah robek

Ada juga produk yang dibuat dari plastik, PVC (polivinil klorida), vinil, atau material sejenis lainnya. Bahan ini secara alami antikuman sekaligus antijamur. Terkena panas matahari setiap hari pun tidak mudah membuatnya rusak. Namun, kolam renang berbahan plastik rentan robek, serta dapat membuat bayi tergelincir.


Kedua bahan tersebut memiliki karakteristik dan keunggulan berbeda, bukan? Oleh karena itu, pilihlah produk yang bahannya paling sesuai dengan preferensi Anda.

Pilih model sesuai usia bayi

Di pasaran ada banyak produk kolam renang bayi dengan beragam model. Biasanya, model kolam renang dibuat sesuai usia bayi yang akan menggunakannya. Lalu, model kolam renang bayi manakah yang sesuai untuk anak Anda? 

0–1 tahun, model tabung lebih direkomendasikan

0–1 tahun, model tabung lebih direkomendasikan

Bila si kecil berusia kurang dari satu tahun, ada baiknya Anda membelikannya kolam dengan model tabung. Produk seperti ini memungkinkan Anda mengisinya dengan banyak air agar bayi lebih mudah mengambang. Pastikan juga diameternya tidak sampai 1 meter. Dengan begitu, saat si kecil menangis atau mulai gelisah, Anda bisa dengan cepat mengangkatnya.


Mengapa harus model tabung? Bayi berusia kurang dari satu tahun memang sudah bisa duduk, berdiri, bahkan berjalan. Namun, dalam usia tersebut, bayi tetap belum sempurna mengendalikan tubuhnya. Oleh karena itu, sangat kecil kemungkinan bayi di bawah satu tahun bisa bergerak bebas ke segala arah dalam kolam. 


Agar buah hati Anda lebih nyaman, Anda dapat mengisi kolam renang bayi dengan air hangat. Dengan begitu, bayi akan merasa lebih relaks dan tidak lekas kedinginan. Anda pun bisa lebih santai mengawasi si kecil menikmati kolam air hangatnya sendiri.

> 1 tahun, segala model bisa asalkan dalam pengawasan

Bagaimana bila bayi Anda berusia lebih dari satu tahun dan sudah mulai mahir bergerak? Jika demikian, Anda bebas membelikannya kolam renang dengan model apa pun. Kolam renang bayi bulat, persegi panjang, besar, atau kecil, semuanya bisa digunakan. Produk yang dilengkapi mainan, misalnya perosotan, bola-bola, atau water splasher pun cocok Anda belikan untuk sang buah hati.


Adanya mainan akan membuat sesi berenang terasa lebih seru sekaligus melatih kemampuan motorik si kecil. Terlebih lagi, jika kolam renang digunakan bermain oleh beberapa bayi sekaligus. Si kecil perlu bergantian memainkan mainannya dengan bayi lain. Hal tersebut dapat membantu melatih kemampuan sosial sang buah hati, terutama terkait kemauan untuk berbagi.


Meski begitu, pastikan penggunaan kolam renang selalu dalam pengawasan orang dewasa. Hal tersebut penting mengingat bayi lekat dengan sifat kurang berhati-hati. Risiko tergelincir, menelan air kolam terlalu banyak, tenggelam, dan hal-hal berbahaya lainnya selalu ada.

Sesuaikan ukuran kolam dengan kemampuan fisik bayi

Untuk memilih kolam renang bayi, Anda juga perlu mempertimbangkan ukurannya. Bayi cepat tumbuh dan kemampuan motoriknya pun makin berkembang seiring pertambahan usianya. Kolam renang yang Anda beli sebaiknya mampu mengakomodasi perkembangan tersebut. Untuk itu, pertimbangkan ukuran kolam renang, mulai dari diameter hingga tinggi kolam renang.

Diameter kolam, memengaruhi ruang gerak bayi

Diameter kolam, memengaruhi ruang gerak bayi

Pada usia awal pergerakan bayi terbatas hanya pada tangan dan tendangan kaki. Bayi juga belum bisa menggerakkan badannya dan cenderung berdiam di satu posisi saja. Namun, ketika bayi bisa berjalan, tentu bayi ingin menjelajahi kolam. Karena itu, Anda perlu menyesuaikan diameter kolam dengan kebutuhan. Berikut ini panduan sederhana yang dapat Anda terapkan


  • Usia 0–3 bulan: Kolam renang bayi model tabung berdiameter kecil sudah mencukupi. 
  • Usia 9–12 bulan: Kolam berukuran lebih dari 2 meter tepat untuk dimiliki. Ukuran ini juga memungkinkan kolam dijadikan tempat berenang beberapa bayi sekaligus
  • Usia >1 tahun: Pertimbangkan ukuran kolam yang lebih besar dari 2 meter.

Tinggi kolam, sebaiknya tidak membuat bayi tenggelam saat duduk

Tinggi kolam renang juga sebaiknya Anda perhitungkan. Anda dapat menyesuaikannya dengan usia dan kemampuan motorik bayi. Sebagai acuan dasar, pastikan bayi tidak tenggelam bahkan saat ia duduk di dalam kolam. Bayi sendiri mulai bisa duduk pada usia 6–7 bulan. Dalam kondisi duduk, tinggi badan bayi berkurang kira-kira setengahnya. 


Adapun bayi berusia 6–12 bulan memiliki tinggi badan di kisaran 63,5–80 cm. Sementara itu, pada usia 1–2 tahun, tinggi badannya sekitar 70–92 cm. Jadi, untuk bayi berusia 0–1 tahun, kolam dengan tinggi sekitar 40 cm adalah pilihan tepat


Di sisi lain, bayi yang umurnya lebih dari 1 tahun bisa menggunakan kolam renang dengan tinggi setidaknya 46 cm. Hal tersebut berlaku bila Anda hendak mengisi air dalam kolam hingga penuh. Anda bisa saja membeli produk dengan tinggi melebihi kisaran angka yang telah kami sebutkan. Namun, pastikan saat Anda mengisi air, ketinggian airnya tetap sesuai dengan tinggi badan bayi saat duduk, ya!

Periksa keunggulan tambahan yang dimiliki

Periksa keunggulan tambahan yang dimiliki

Banyak produsen kolam renang bayi sudah mempersiapkan beragam keunggulan tambahan pada produk buatannya, lho! Anda akan mendapati produk yang sudah dilengkapi dengan perosotan, sunshade, bahkan penyembur air. Adanya hal-hal tersebut akan membuat si kecil makin asyik bermain sambil berenang.


Tidak hanya itu, produk yang sudah sepaket dengan pompa, termometer, repair patch, dan sebagainya juga akan Anda temukan. Segala keunggulan tersebut membuat kolam renangnya makin fungsional. Jadi, kenali kelebihan lain dari kolam renang bayi incaran dan pilihlah produk yang Anda rasa paling tepat.

10 Rekomendasi kolam renang bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kolam renang bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 28 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Bestway Lil' Champ Paddling Pool Play Center BW53068 menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa INTEX Pineapple Pool Set 59469 memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
INTEX Pineapple Pool Set  1

INTEX

2
Honey Boo Kolam Renang Anak Ukuran Mini 122 Cm 1

Honey Boo

3
Intex Recreation Corp. INTEX Rectangular Baby Pool 1

Intex Recreation Corp.

4
INTIME  Kolam Baby Spa Kotak 4 Ring  1

INTIME

5
INTEX  Ocean Play Snapset Pool 1

INTEX

6
Bestway Baby Pool Viking 1

Bestway

7
Doctor Dolphin  Square Inflatable Baby Pool  1

Doctor Dolphin

8
Splash Pool Air Mancur Playmat 170 Cm 1

9
Early Learning Centre Happyland Rainbow Pool 1

Early Learning Centre

10
Intex Recreation Corp. INTEX Royal Castle Baby Pool 1

Intex Recreation Corp.

Nama produk

Pineapple Pool Set

Kolam Renang Anak Ukuran Mini 122 Cm

INTEX Rectangular Baby Pool

Kolam Baby Spa Kotak 4 Ring

Ocean Play Snapset Pool

Baby Pool Viking

Square Inflatable Baby Pool

Splash Pool Air Mancur Playmat 170 Cm

Happyland Rainbow Pool

INTEX Royal Castle Baby Pool

Keunggulan

Dilengkapi pelampung dan bola, renang makin aman dan asyik!

Kapasitas besar, main air jadi makin puas

Kolam besar yang harganya ramah di kantong

Memiliki empat ring udara sehingga membuatnya makin tinggi

Tidak perlu dipompa, tinggal gelar dan lipat saja

Sudah dilengkapi perosotan, hemat tempat pula!

Punya banyak pilihan ukuran dan paket, pilih suka-suka!

Main air makin menyenangkan dengan adanya air mancur

Makin atraktif berkat ornamen pelangi

Sunshade-nya cegah bayi kesilauan sinar matahari

Harga mulai dariRp 319.900,00Rp 120.000,00Rp 185.000,00Rp 345.000,00Rp 437.900,00Rp 219.900,00Rp 553.000,00Rp 104.000,00Rp 749.000,00Rp 309.999,00
MaterialVinil PVCVinilPVC vinilVinilPVCPVC eco friendlyPVCTidak disebutkanPVC
Target usia3 tahun lebihTidak disebutkanDi atas 2 tahun1–18 bulanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanDi atas 1,5 tahun1–3 tahun
Ukuran132 cm x 28 cmDiameter 122 cm166 cm x 100 cm x 28 cm143 cm x 105 cm x 75 cm183 cm x 38 cm203 cm x 165 cm x 73 cmS (135 cm x 100 cm x 60 cm), M (150 cm x 110 cm x 60 cm), L (180 cm x 135 cm x 60 cm), XL (210 cm x 140 cm x 60 cm), XXL (240 cm x 165 cm x 60 cm) Diameter 170 cmTidak disebutkan122 cm x 122 cm
Keunggulan tambahanDilengkapi 1 pcs pelampung, 1 pcs bolaTidak disebutkanAda repair patchPompa injakTanpa perlu dipompaAda perosotan dan hiasan ularnya bisa menyemprotkan airTersedia banyak ukuran, katup udara 2 lapis, desain pembuangan airMemiliki pancuran di tiap tepi kolamAda hiasan pelangi dan inflatable toysAda built-in sunshade
Tautan produk
10

Intex Recreation Corp.INTEX Royal Castle Baby Pool

57122

Mulai dari Rp 309.999,00

MaterialPVC
Target usia1–3 tahun
Ukuran122 cm x 122 cm
Keunggulan tambahanAda built-in sunshade
9

Early Learning CentreHappyland Rainbow Pool

430310370-147673

Mulai dari Rp 749.000,00

MaterialTidak disebutkan
Target usiaDi atas 1,5 tahun
UkuranTidak disebutkan
Keunggulan tambahanAda hiasan pelangi dan inflatable toys
8

Splash Pool Air Mancur Playmat 170 Cm

Mulai dari Rp 104.000,00

MaterialPVC
Target usiaTidak disebutkan
UkuranDiameter 170 cm
Keunggulan tambahanMemiliki pancuran di tiap tepi kolam
7

Doctor Dolphin Square Inflatable Baby Pool

Mulai dari Rp 553.000,00

MaterialPVC eco friendly
Target usiaTidak disebutkan
UkuranS (135 cm x 100 cm x 60 cm), M (150 cm x 110 cm x 60 cm), L (180 cm x 135 cm x 60 cm), XL (210 cm x 140 cm x 60 cm), XXL (240 cm x 165 cm x 60 cm)
Keunggulan tambahanTersedia banyak ukuran, katup udara 2 lapis, desain pembuangan air
6
MaterialPVC
Target usiaTidak disebutkan
Ukuran203 cm x 165 cm x 73 cm
Keunggulan tambahanAda perosotan dan hiasan ularnya bisa menyemprotkan air
5

INTEX Ocean Play Snapset Pool

56452

Mulai dari Rp 437.900,00

MaterialVinil
Target usiaTidak disebutkan
Ukuran183 cm x 38 cm
Keunggulan tambahanTanpa perlu dipompa
4
MaterialPVC vinil
Target usia1–18 bulan
Ukuran143 cm x 105 cm x 75 cm
Keunggulan tambahanPompa injak
3

Intex Recreation Corp.INTEX Rectangular Baby Pool

57403

Mulai dari Rp 185.000,00

MaterialVinil
Target usiaDi atas 2 tahun
Ukuran166 cm x 100 cm x 28 cm
Keunggulan tambahanAda repair patch
2

Honey BooKolam Renang Anak Ukuran Mini 122 Cm

Mulai dari Rp 120.000,00

MaterialPVC
Target usiaTidak disebutkan
UkuranDiameter 122 cm
Keunggulan tambahanTidak disebutkan
1
MaterialVinil
Target usia3 tahun lebih
Ukuran132 cm x 28 cm
Keunggulan tambahanDilengkapi 1 pcs pelampung, 1 pcs bola

Baca juga rekomendasi perlengkapan renang lainnya untuk bayi dan anak di sini

Pemilihan kolam yang tepat akan membuat bayi Anda merasa aman dan nyaman saat berenang. Selain kolam renang untuk bayi di atas, kami juga punya rekomendasi kolam untuk anak dan perlengkapan renang lainnya. Jadi, baca juga artikel berikut, ya!

Kesimpulan

Melihat bayi kecil tertawa-tawa saat main air di kolam renang bayi rasanya menggemaskan! Pastikan saja Anda mengecek material dan ukuran dari kolam renang bayi sebelum memutuskan untuk membelinya.


Tidak hanya itu, sangat bijak bila Anda memilih produk yang target usianya cocok dengan umur bayi Anda. Selain itu, produk yang dilengkapi keunggulan tambahan tepat dibeli bila Anda menginginkan fungsionalitas lebih. Selamat bermain dan menikmati quality time bersama si kecil kesayangan!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Empeng Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Empeng Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi banyak orang tua, empeng atau pacifier (soother) merupakan penyelamat saat bayi rewel. Selain dipakai untuk menenangkan bayi, empeng juga membantu mencegah buah hati agar tidak mengisap jarinya sendiri. Ada banyak produk empeng bayi yang bagus di pasaran. Empeng seperti apa yang sebaiknya dibeli?Pada artikel ini, kami akan membeberkan cara memilih empeng bayi yang bagus. Produk dari berbagai merek, seperti Pigeon, Dodo, hingga Dr. Brown’s, juga akan kami review di sini. Mari simak artikel ini agar Anda tak salah membeli empeng untuk bayi!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Chair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Chair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi para orang tua yang mempunyai anak kecil di rumah, Anda mungkin sepakat bahwa baby chair mempunyai peranan penting. Dengan adanya baby chair, Anda bisa lebih mudah menyuapi si kecil sewaktu makan. Terdapat banyak jenis baby chair yang ada di pasaran. Namun, sebenarnya baby chair seperti apa yang cocok untuk si kecil?Jika Anda bingung, bacalah artikel ini karena kami akan membagikan tips memilih baby chair yang bagus. Produk-produk dari berbagai merek, seperti Summer Infant, IKEA, dan Pliko akan kami ulas sebagai referensi Anda memilih. Selamat membaca!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Rekomendasi Boneka Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Boneka Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang menjadikan boneka sebagai teman bermain bayinya. Hal ini tidak salah, tetapi Anda harus mencari boneka yang aman untuk bayi. Untuk itu, kami akan mengulas rekomendasi boneka untuk bayi yang bagus dan lucu. Beberapa di antaranya adalah plush doll yang imut, boneka rattle untuk digantung di stroller, boneka musik, dan boneka edukatif.  Ada beberapa merek boneka untuk bayi, seperti Mattel, IKEA, hingga Playgro. Jika Anda mencari boneka untuk bayi baru lahir ataupun bayi yang bisa merangkak, artikel ini layak dibaca. Yuk, dapatkan boneka terbaik kesukaan bayi Anda di sini!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Rekomendasi Bola Mainan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Mainan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Mainan bayi tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk bermain, tetapi juga mampu menstimulasi perkembangan bayi. Salah satu mainan bayi yang populer adalah bola. Banyak sekali mainan bola yang bagus dan dilengkapi berbagai fitur tambahan sebagai sarana edukasi anak. Ada yang mudah digenggam, ada pula yang mampu menghasilkan suara.Anda tentu ingin memberikan mainan bola bayi terbaik untuk anak Anda, bukan? Nah, kali ini kami akan membahas tips memilih bola mainan bayi, serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik. Anda bisa menemukan bola bayi dari merek Playgro, Fisher-Price, Cuit, dan lainnya. Selamat menyimak!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain disenangi oleh bayi, mainan gantung juga bermanfaat untuk tumbuh kembang mereka. Mainan gantung mampu menghasilkan gerak yang dinamis saat digoyangkan atau ditiup angin. Gerak tersebut dapat merangsang perkembangan otak, saraf motorik, penglihatan, bahkan pendengaran bayi.Terdapat beberapa merek mainan gantung, seperti IKEA, Fisher Price, dan Playgro, yang dapat Anda temukan di toko online. Untuk membantu Anda memilih, kami akan memberikan rekomendasi mainan gantung yang memiliki bentuk dan warna menarik bagi bayi. Silakan pilih produk favorit Anda di bawah ini!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby play gym merupakan seperangkat mainan bayi yang tergantung di tiang penyangganya. Jenis mainannya pun beragam, mulai dari yang dapat bergerak sampai yang mengeluarkan musik menarik. Selain menghibur, baby play gym bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan motorik bayi.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih baby play gym beserta rekomendasi produknya kepada Anda. Berbagai merek baby play gym yang bagus, seperti Sugar Baby, Pumpee, dan Playgro juga ada dalam ulasan kami. Silakan simak review lengkapnya dengan membaca artikel ini sampai selesai.
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Rekomendasi Rattle Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rattle Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang tua yang memberikan rattle sebagai mainan pertama bagi bayi mereka. Rattle merupakan mainan yang dapat mengeluarkan bunyi gemerincing. Di pasaran sendiri, mainan rattle bayi tersedia dalam beragam bentuk, seperti stick, boneka, gelang, dan lainnya.   Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih rattle bayi terbaik kepada Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk rattle bayi yang bagus dan telah mengantongi SNI seperti merek PlayGro dan Baby Safe. Semua produk tentu dapat Anda beli dengan mudah secara online. Selamat membaca!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Tahukah Anda bahwa membacakan buku cerita untuk bayi memiliki banyak manfaat? Beberapa manfaatnya adalah membentuk bonding atau ikatan antara anak dan orang tua serta menstimulasi kerja otak si kecil. Bahkan, membacakan cerita juga bisa dilakukan sejak bayi masih dalam kandungan. Bagi Anda yang sedang mencari buku cerita untuk bayi, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih buku cerita yang bagus untuk bayi. Setelah itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Beberapa produk yang dapat Anda jumpai ialah dari Gramedia, BOOKaBOOK, dan Ladybird. Selamat menyimak!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Rekomendasi Playmat Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Playmat Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perlengkapan bayi yang wajib Anda pertimbangkan untuk dibeli adalah playmat bayi. Playmat bisa berfungsi sebagai alas main anak atau kebutuhan lainnya. Produk ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu playmat bayi lipat, playmat bayi pagar, dan karpet. Anda bisa memilih jenisnya sesuai dengan kebutuhan atau berdasarkan pertimbangan lainnya. Di sini, kami akan membantu Anda menemukan playmat bayi terbaik. Anda akan menemukan berbagai merek playmat yang bagus, seperti Parklon, Coby Haus, atau IKEA. Jangan lewatkan juga beberapa tips memilih playmat bayi sebelum Anda memilih produknya.
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Mainan Pasir Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Pasir Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Screen time pada anak menjadi tantangan orang tua masa kini. Untuk mengatasinya Anda membutuhkan mainan yang menghibur sekaligus menstimulasi motorik anak seperti mainan pasir. Dengan memberikan mainan pasir, kreativitas anak akan terasah, kemampuan motorik serta sensorinya pun terstimulasi.Kali ini kami akan mengulas rekomendasi mainan pasir yang bagus untuk anak. Beberapa merek, seperti Zoetoys, Magic Sand, dan Yoyo, akan dibahas. Jenis mainan pasirnya juga beragam, mulai dari pasir kinetik, edible sand, hingga pasir gambar. Artikel ini telah ditinjau oleh therapeutic play practitioner kami, Grace Melia. Yuk, simak pembahasan lengkapnya!
    Mainan & aktivitas bayi
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Empeng Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Empeng Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi banyak orang tua, empeng atau pacifier (soother) merupakan penyelamat saat bayi rewel. Selain dipakai untuk menenangkan bayi, empeng juga membantu mencegah buah hati agar tidak mengisap jarinya sendiri. Ada banyak produk empeng bayi yang bagus di pasaran. Empeng seperti apa yang sebaiknya dibeli?Pada artikel ini, kami akan membeberkan cara memilih empeng bayi yang bagus. Produk dari berbagai merek, seperti Pigeon, Dodo, hingga Dr. Brown’s, juga akan kami review di sini. Mari simak artikel ini agar Anda tak salah membeli empeng untuk bayi!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Rekomendasi Playmat Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Playmat Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perlengkapan bayi yang wajib Anda pertimbangkan untuk dibeli adalah playmat bayi. Playmat bisa berfungsi sebagai alas main anak atau kebutuhan lainnya. Produk ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu playmat bayi lipat, playmat bayi pagar, dan karpet. Anda bisa memilih jenisnya sesuai dengan kebutuhan atau berdasarkan pertimbangan lainnya. Di sini, kami akan membantu Anda menemukan playmat bayi terbaik. Anda akan menemukan berbagai merek playmat yang bagus, seperti Parklon, Coby Haus, atau IKEA. Jangan lewatkan juga beberapa tips memilih playmat bayi sebelum Anda memilih produknya.
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Chair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Chair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi para orang tua yang mempunyai anak kecil di rumah, Anda mungkin sepakat bahwa baby chair mempunyai peranan penting. Dengan adanya baby chair, Anda bisa lebih mudah menyuapi si kecil sewaktu makan. Terdapat banyak jenis baby chair yang ada di pasaran. Namun, sebenarnya baby chair seperti apa yang cocok untuk si kecil?Jika Anda bingung, bacalah artikel ini karena kami akan membagikan tips memilih baby chair yang bagus. Produk-produk dari berbagai merek, seperti Summer Infant, IKEA, dan Pliko akan kami ulas sebagai referensi Anda memilih. Selamat membaca!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Tahukah Anda bahwa membacakan buku cerita untuk bayi memiliki banyak manfaat? Beberapa manfaatnya adalah membentuk bonding atau ikatan antara anak dan orang tua serta menstimulasi kerja otak si kecil. Bahkan, membacakan cerita juga bisa dilakukan sejak bayi masih dalam kandungan. Bagi Anda yang sedang mencari buku cerita untuk bayi, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih buku cerita yang bagus untuk bayi. Setelah itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Beberapa produk yang dapat Anda jumpai ialah dari Gramedia, BOOKaBOOK, dan Ladybird. Selamat menyimak!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby play gym merupakan seperangkat mainan bayi yang tergantung di tiang penyangganya. Jenis mainannya pun beragam, mulai dari yang dapat bergerak sampai yang mengeluarkan musik menarik. Selain menghibur, baby play gym bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan motorik bayi.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih baby play gym beserta rekomendasi produknya kepada Anda. Berbagai merek baby play gym yang bagus, seperti Sugar Baby, Pumpee, dan Playgro juga ada dalam ulasan kami. Silakan simak review lengkapnya dengan membaca artikel ini sampai selesai.
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Mainan Pasir Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Pasir Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Screen time pada anak menjadi tantangan orang tua masa kini. Untuk mengatasinya Anda membutuhkan mainan yang menghibur sekaligus menstimulasi motorik anak seperti mainan pasir. Dengan memberikan mainan pasir, kreativitas anak akan terasah, kemampuan motorik serta sensorinya pun terstimulasi.Kali ini kami akan mengulas rekomendasi mainan pasir yang bagus untuk anak. Beberapa merek, seperti Zoetoys, Magic Sand, dan Yoyo, akan dibahas. Jenis mainan pasirnya juga beragam, mulai dari pasir kinetik, edible sand, hingga pasir gambar. Artikel ini telah ditinjau oleh therapeutic play practitioner kami, Grace Melia. Yuk, simak pembahasan lengkapnya!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Rekomendasi Rattle Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rattle Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang tua yang memberikan rattle sebagai mainan pertama bagi bayi mereka. Rattle merupakan mainan yang dapat mengeluarkan bunyi gemerincing. Di pasaran sendiri, mainan rattle bayi tersedia dalam beragam bentuk, seperti stick, boneka, gelang, dan lainnya.   Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih rattle bayi terbaik kepada Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk rattle bayi yang bagus dan telah mengantongi SNI seperti merek PlayGro dan Baby Safe. Semua produk tentu dapat Anda beli dengan mudah secara online. Selamat membaca!
    Mainan & aktivitas bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori