• 10 Rekomendasi Mesin Las Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Las Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Las Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Las Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Las Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Mesin Las Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Mesin las merupakan alat yang dipakai untuk menyatukan logam besi hingga menjadi bentuk yang diinginkan. Ada beberapa jenis mesin las, yakni las listrik, las karbit, dan las laser. Untuk las listrik, Anda masih memiliki beberapa jenis pilihan lagi, seperti las MMA, las TIG, atau las MIG.


Di artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan masing-masing dan memberikan beberapa tips cara memilihnya. Selain itu, ada juga rekomendasi produk mesin las terbaik yang barangkali membantu Anda menemukan produk yang cocok. Semuanya adalah merk mesin las yang bagus, seperti Lakoni, Daiden, dan Multipro.

  • Pembaharuan terakhir: 30 Maret 2021
  • 2.580 Views
Daftar isi

Apa itu mesin las?

Apa itu mesin las?

Mesin las adalah alat yang menghasilkan energi panas untuk membakar kawat las dalam proses pengelasan. Teknik ini digunakan untuk menyambung dua logam besi atau lebih hingga jadi satu kesatuan atau bentuk tertentu. Mesin las sendiri sering dipakai untuk pekerjaan konstruksi, kendaraan, dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan logam besi. Mesin las memiliki banyak jenis dan tipe sehingga penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara memilih mesin las

Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli mesin las. Agar Anda tidak salah pilih, berikut kami berikan beberapa tips memilihnya.

Pilih berdasarkan jenis mesin las

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat akan membeli mesin las adalah jenisnya. Saat ini, Anda bisa menemukan setidaknya tiga jenis mesin las di pasaran, yakni las listrik, las karbit, dan las laser. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini penjelasan singkat kami sebagai bahan pertimbangan Anda.

Mesin las listrik (electric welding), lebih banyak pilihannya

Mesin las listrik (electric welding), lebih banyak pilihannya

Mesin las listrik (electric welding) merupakan jenis las yang paling banyak digunakan. Terlebih lagi, pilihannya banyak karena masih terbagi atas beberapa jenis lagi. Mesin las ini menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Cara kerjanya adalah dengan mengubah aliran listrik yang bertumpu pada busur listrik menjadi energi panas yang tinggi. Untuk menjalankannya, Anda perlu menjepit elektrode dengan clamp yang beraliran listrik plus. Sementara itu, listrik aliran minus Anda jepitkan pada logam objek yang akan dilas. 


Perbedaan tegangan antara ujung tangkai las dan objek yang dilas dapat menghasilkan panas. Panas tersebutlah yang digunakan untuk proses pelelehan hingga cairan logam jatuh dan merekat pada besi. Mesin las listrik sendiri masih terbagi atas beberapa jenis. Jenis tersebut dibagi berdasarkan sumber arus listrik, yakni arus bolak-balik (AC), arus searah (DC), serta arus ganda (AC/DC). Ketiganya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.


Mesin las jenis arus bolak-balik (AC) menggunakan tenaga listrik PLN atau generator AC sebagai sumber tenaga. Anda yang bekerja secara menetap dan memiliki aliran listrik PLN secara penuh, cocok memilih jenis ini. Namun, bila Anda harus berpindah-pindah lokasi kerja, mesin las arus searah (DC) lebih pas. Mesin las ini umumnya menggunakan dinamo, baik motor bensin, diesel, maupun listrik sebagai sumber tenaga. Nah, untuk penggunaan yang fleksibel, mesin las ganda (AC/DC) adalah yang terbaik karena memiliki kemampuan mesin las AC dan DC.

Las karbit, penggunaan lebih mudah dan murah

Las karbit, penggunaan lebih mudah dan murah

Las karbit atau disebut juga las gas memiliki cara kerja yang lebih sederhana. Proses pengelasan menggunakan dua campuran gas, yakni gas asetilen (C2H2) dan oksigen (O2). Nyala api yang dihasilkan jadi sumber panas yang digunakan untuk melelehkan logam. Mesin las karbit lebih cocok digunakan pada objek las yang kecil atau tipis dengan ketebalan maksimal 2 mm.


Las jenis ini tidak membutuhkan mesin seperti jenis lainnya. Anda hanya membutuhkan tabung gas, regulator, selang las, dan brander. Oleh karena itu, penggunaan serta perawatannya pun relatif lebih mudah dan murah. Di pasaran pun umumnya Anda akan menemukan bagian-bagiannya dijual secara terpisah.


Kekurangan tipe ini, Anda mungkin sedikit kerepotan bila hendak membawa atau memindahkannya. Hal itu karena harus menggunakan tabung gas yang ukurannya cukup besar. Terlebih lagi, selang las yang panjang membuatnya kurang efisien untuk berpindah posisi pengelasan.

Mesin las laser, cara kerja lebih cepat dan efisien

Mesin las laser, cara kerja lebih cepat dan efisien

Untuk efisiensi kerja, mesin las laser merupakan pilihan terbaik untuk Anda. Mesin las jenis ini memiliki stabilitas busur yang tinggi serta menggunakan sistem teknologi pemadaman yang mutakhir. Las laser menggunakan energi cahaya untuk proses pengelasan. Cahaya tersebut mampu menghasilkan energi panas dengan cepat pada logam dan objek pengelasan. 


Proses pengelasan mesin las ini dapat dilakukan dalam jarak tertentu sehingga Anda tidak perlu bersentuhan secara langsung terhadap objek. Hasilnya pun terbilang lebih kuat, bersih, dan mulus. Akan tetapi, diperlukan pengalaman dan keterampilan yang tinggi untuk dapat mengoperasikan mesin ini. Selain itu, harganya pun relatif lebih tinggi bila dibandingkan dengan jenis lainnya.

Kenali jenis pengelasan

Selanjutnya, Anda juga perlu mengenal beberapa jenis pengelasan. Tiga jenis pengelasan berikut adalah yang paling banyak dipakai, utamanya pada mesin las listrik.

MMA (manual metal arc) untuk harga yang lebih terjangkau

MMA (manual metal arc) untuk harga yang lebih terjangkau

MMA (manual metal arc) atau disebut juga SMAW (shield metal arc welding) merupakan mesin las listrik yang paling umum digunakan. Hal itu karena mesin las ini memiliki banyak kelebihan. Salah satunya, harga pembelian dan perawatan yang lebih terjangkau ketimbang jenis lainnya. Selain itu, mesin MMA dapat menyolder material yang lebih kuat meski pada tingkat kinerja ampere yang sama. 


Anda bisa menemukan berbagai tipe mesin las MMA berdasarkan ukuran amperenya, seperti 160 ampere atau 200 ampere. Akan tetapi, besarnya ampere yang dimaksud bukanlah ukuran arus listrik PLN, melainkan besarnya output yang dihasilkan mesin las. Mesin las MMA sendiri dilengkapi inverter sehingga output listrik yang dihasilkan lebih besar daripada arus listrik yang masuk.

TIG (tungsten inert gas) untuk hasil yang lebih halus

TIG (tungsten inert gas) untuk hasil yang lebih halus

Mesin las ini dikenal juga dengan sebutan GTAW (gas tungsten arc welding). Ada pula yang menyebutnya dengan mesin las argon sebab gas yang dipakai umumnya menggunakan gas argon. Mesin las TIG ini biasa digunakan pada logam ringan, seperti aluminium, kuningan, atau baja ringan. Tingkat kesulitan penggunaan mesin TIG lebih tinggi bila dibandingkan MMA. Oleh sebab itu, butuh teknik dan keterampilan yang lebih untuk menggunakannya. 


Perbedaan mesin las TIG dengan MMA sendiri terletak pada penambahan gas argon. Anda tidak dapat mengoperasikan trafo las TIG bila tidak disambungkan dengan gas argon. Kelebihan mesin las TIG adalah hasil yang lebih bagus, halus, dan bermutu tinggi. Selain itu, bila proses pengelasan dilakukan dengan baik, kotoran yang sering timbul dapat diminimalkan, bahkan tidak ada.

MIG (metal inert gas) untuk industri

MIG (metal inert gas) untuk industri

Bila Anda membutuhkan mesin las untuk industri, mesin las MIG (metal inert gas) adalah pilihan tepat. Mesin las yang juga memiliki sebutan GMAW (gas metal arch welding) ini bahkan sering dipakai untuk bodi kendaraan. Hal itu karena panas yang dihasilkan tidak melebar sehingga membuat hasilnya jadi tampak lebih rapi. Bodi kapal, motor, dan kendaraan lain sering menggunakan mesin las ini.


Penggunaan mesin las MIG juga lebih luas dan fleksibel. Anda dapat menggunakannya pada besi dengan berbagai ukuran ketebalan, mulai dari yang tipis hingga yang tebal sekalipun. Cara kerjanya pun hampir sama dengan mesin las TIG, tetapi gas yang dipakai adalah gas CO2 atau karbondioksida. Proses pengelasan mesin las ini lebih cepat serta hasil yang bersih tanpa terak. 


Oleh karena itu, prosesnya pun terbilang lebih efisien dan cocok untuk pekerjaan berat. Namun, set up awal mesin ini sedikit rumit dan tidak dapat dipakai di tempat terbuka. Selain itu, objek las juga harus dipastikan bersih dari minyak, karat, atau kotoran untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Pastikan ketersediaan spare part dan layanan pasca pembelian

Pastikan ketersediaan spare part dan layanan pasca pembelian

Tiap mesin las memiliki risiko kerusakan yang dapat terjadi kapan saja. Jadi, pastikan Anda dapat memperbaikinya bila hal itu terjadi, baik dilakukan sendiri maupun oleh bengkel. Sebaiknya, sebelum membeli pastikan terlebih dahulu ketersediaan spare part mesin las yang Anda pilih. Akan lebih baik lagi bila mesin las tersebut menyertakan garansi. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mendapatkan solusi bila terjadi kerusakan. Ketersediaan garansi juga menjadi tolak ukur bahwa produsen memberikan jaminan kualitas pada produknya.

10 Rekomendasi mesin las terbaik

Dari tips di atas, Anda pasti bisa lebih mudah menentukan produk mesin las yang cocok. Berikut ini beberapa rekomendasi produk mesin las terbaik dari kami yang bisa Anda pilih.

10
Jenis mesin lasListrik
Jenis pengelasanMMA
Garansi1 tahun
9
Jenis mesin lasListrik
Jenis pengelasanMMA
Garansi1 tahun
8
Jenis mesin lasKarbit
Jenis pengelasanTidak disebutkan
GaransiTidak disebutkan
7
Jenis mesin lasListrik
Jenis pengelasanMMA
Garansi6 bulan
6

LakoniTravo Listrik Inverter Falcon

123IX

Mulai dari Rp 495.000,00

Jenis mesin lasListrik
Jenis pengelasanTidak disebutkan
Garansi1 tahun
5
Jenis mesin lasKarbit
Jenis pengelasanTidak disebutkan
GaransiTidak disebutkan
4

HL Travo Las Smart Series Mini 450 Watt

Mulai dari Rp 435.000,00

Jenis mesin lasListrik
Jenis pengelasanMMA
Garansi6 bulan
3

Daiden Mesin Las Argon 200 Ampere

TIGi200

Mulai dari Rp 4.807.000,00

Jenis mesin lasListrik
Jenis pengelasanTIG, MMA
Garansi18 bulan
2

Mailtank Mesin Las Mig Mag (3In1)

Mig 200

Mulai dari Rp 4.500.000,00

Jenis mesin lasListrik
Jenis pengelasanMMA, TIG, MIG
Garansi3 bulan
1

Stainless Steel Spot Laser Welding Machine Automatic

Mulai dari Rp 8.640.000,00

Jenis mesin lasLaser
Jenis pengelasanTidak disebutkan
GaransiTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk mesin las terbaik

Gambar produk
1
Stainless Steel Spot Laser Welding Machine Automatic  1

2
Mailtank  Mesin Las Mig Mag (3In1) 1

Mailtank

3
Daiden  Mesin Las Argon 200 Ampere 1

Daiden

4
HL  Travo Las Smart Series Mini 450 Watt 1

HL

5
TOMECO Welding Torch Set 1

TOMECO

6
Lakoni Travo Listrik Inverter Falcon 1

Lakoni

7
MultiPro  TRAVO LAS  1

MultiPro

8
SAMATO Argon Regulator 1

SAMATO

9
RYU Mesin Trafo Las Listrik  1

RYU

10
UCHIHA  Welding Machine 1

UCHIHA

Nama produk

Stainless Steel Spot Laser Welding Machine Automatic

Mesin Las Mig Mag (3In1)

Mesin Las Argon 200 Ampere

Travo Las Smart Series Mini 450 Watt

Welding Torch Set

Travo Listrik Inverter Falcon

TRAVO LAS

Argon Regulator

Mesin Trafo Las Listrik

Welding Machine

Keunggulan

Selain terjangkau juga lebih aman dengan adanya ortho mode

Fungsionalitas tinggi dengan produk 3 in 1

Hasil pengelasan lebih bersih tanpa adanya terak

Ukurannya mini, bobotnya pun ringan

Dilengkapi mata brander berbagai ukuran dan seal karet

Memiliki teknologi IGBT inverter sehingga lebih hemat listrik

Listrik padam? Tenang, las listrik ini bisa pakai genset, kok!

Penggunaan lebih mudah dengan dua indikator yang jelas

Selain hemat listrik, pengapian mesin ini juga lebih stabil

Lebih hemat kawat las dengan arus yang stabil

Harga mulai dariRp 8.640.000,00Rp 4.500.000,00Rp 4.807.000,00Rp 435.000,00Rp 385.000,00Rp 495.000,00Rp 650.000,00Rp 123.500,00Rp 490.000,00Rp 799.900,00
Jenis mesin lasLaserListrikListrikListrikKarbitListrikListrikKarbitListrikListrik
Jenis pengelasanTidak disebutkanMMA, TIG, MIGTIG, MMAMMATidak disebutkanTidak disebutkanMMATidak disebutkanMMAMMA
GaransiTidak disebutkan3 bulan18 bulan6 bulanTidak disebutkan1 tahun6 bulanTidak disebutkan1 tahun1 tahun
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alat pertukangan lainnya di sini

Mesin las jadi perkakas penting untuk pekerjaan yang berhubungan dengan reparasi logam besi. Bila Anda membutuhkan rekomendasi alat tukang lain, terutama yang berbasis listrik, silakan cek beberapa tautan berikut. Mungkin Anda bisa menemukan produk yang cocok juga di sana.

Kesimpulan

Anda yang seorang pemula pasti akan bingung memilih mesin las yang ada di pasaran. Terlebih lagi, banyak jenis dan teknik yang perlu Anda pertimbangakan. Akan tetapi, bila Anda menerapkan tips di atas, kami yakin Anda jauh lebih mudah menentukannya.


Selain mesin las yang tepat, Anda juga membutuhkan keterampilan untuk mendapatkan hasil las yang bagus. Oleh karena itu, Anda juga perlu belajar dan terus mengasah kemampuan, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vapor atau rokok elektronik, merupakan sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Selamat membaca!
    Hand tools
    328.592 Views
  • 10 Rekomendasi Gas Torch Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gas Torch Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gas torch adalah sejenis alat pemantik api yang biasa digunakan saat berkemah, memasak, dan mengelas besi. Dalam situasi outdoor, alat ini sangat berguna ketika Anda memerlukan api. Banyak sekali berbagai merek dan tipe gas torch di pasaran. Hal ini mungkin membuat Anda bingung memilih gas torch yang paling sesuai untuk keperluan Anda. Karena itu, kali ini kami akan membahas mengenai cara memilih gas torch yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Lalu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk gas torch terbaik. Mari simak artikel berikut!
    Hand tools
    20.519 Views
  • 10 Rekomendasi Tool Kit Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tool Kit Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Perkakas, seperti obeng, tang, sampai palu, sangat lekat dengan kegiatan pertukangan. Namun sebenarnya, alat-alat tersebut juga bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Anda tak perlu repot-repot membeli peralatan tersebut secara satuan karena ada tool kit. Tool kit adalah set perkakas yang dikemas dalam boks.Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan informasi tentang cara memilih tool kit. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk tool kit terbaik untuk kebutuhan Anda. Berbagai brand tool kit terbaik, seperti Krisbow, Kenmaster, Bosch, sampai Tokiro ada dalam rekomendasi kami. Baca terus artikel ini, ya!
    Hand tools
    7.580 Views
  • 10 Rekomendasi Glue Gun Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Glue Gun Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Glue gun atau lem tembak sering digunakan, baik dalam kegiatan pertukangan maupun kerajinan tangan. Lem pistol ini dapat melelehkan resin sehingga sering dimanfaatkan untuk merekatkan aksesori atau menempelkan sesuatu. Saat ini ada beragam merek glue gun, seperti Bosch, Krisbow, dan Joyko. Kebutuhan daya tiap-tiap produk pun berbeda, mulai dari 20 W, 60 W, hingga di atas 100 W.Namun, manakah yang sebaiknya dipilih? Untuk menghindari kebingungan, sekarang kami akan membahas tentang cara memilih glue gun. Kami juga telah menyediakan sepuluh produk glue gun terbaik yang dapat dijadikan referensi. Selamat membaca!
    Hand tools
    17.688 Views
  • 10 Rekomendasi Jangka Sorong Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jangka Sorong Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jangka sorong adalah alat untuk mengukur ketebalan benda dan diameter lubang, dengan akurasi hingga 0,01 milimeter. Alat ini digunakan untuk survei lapangan, hobi merakit model, serta aktivitas DIY (do it yourself). Ada tiga jenis jangka sorong di pasaran, yaitu analog, digital, dan dial.Meskipun hanya ada tiga model jangka sorong, terkadang sulit memilih produk yang sesuai untuk Anda. Karena itu, kali ini kami akan mengulas poin yang harus diperhatikan saat memilih jangka sorong. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Mari simak artikel berikut!
    Hand tools
    8.081 Views
  • 10 Rekomendasi Meteran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Meteran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meteran merupakan alat yang sangat berguna untuk beragam aktivitas, mulai dari keperluan sehari-hari hingga kebutuhan pertukangan. Karena itu, Anda sebaiknya memiliki meteran sendiri di rumah agar bisa digunakan jika sewaktu-waktu diperlukan. Namun, ada banyak sekali jenis meteran yang tersedia di pasaran sehingga mungkin membingungkan Anda untuk memilihnya.Di artikel ini, kami akan memberikan tips dalam memilih meteran yang paling sesuai untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk meteran terbaik dari berbagai merek, antara lain dari Krisbow, Nankai, dan Bosch. Selamat membaca! 
    Hand tools
    1.809 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori