1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita muslim
  6. >
  7. 10 Mukena Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Mukena Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Mukena Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Mukena Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Mukena Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Mukena Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Mukena Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tak terasa bulan Ramadan akan segera menyapa. Salah satu item beribadah yang harus Anda persiapkan untuk menyambutnya adalah mukena. Jika Anda ingin menggunakan mukena dengan tampilan yang lebih menarik, mukena bermotif batik wajib untuk dilirik.


Khusus untuk Anda, kami akan memberikan tips memilih mukena batik yang bagus. Di artikel ini Anda akan menemukan produk batik modern dan tradisional dari berbagai daerah. Misalnya, mukena batik Pekalongan, Solo, dan Cirebon. Mukena batik dari merek kenamaan seperti Tazbiya dan Yumna akan kami ulas juga. Daripada penasaran, langsung diintip saja, yuk!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Pesona mukena batik

Pesona mukena batik
Sumber: tazbiya.id

Siapa sih orang Indonesia yang tak jatuh hati dengan motif batik yang cantik? Selain di dalam negeri, batik Indonesia juga banyak diminati dan dikagumi di mancanegara. Ada tiga jenis batik yang bisa Anda jumpai, yaitu batik tulis, batik cap, dan batik print. Motif yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai dari motif tradisional hingga modern.


Selain untuk pakaian, saat ini motif batik banyak diaplikasikan untuk perlengkapan ibadah, salah satunya adalah mukena. Banyak wanita terpesona dengan mukena motif batik karena daya tariknya yang memikat. Pilihan warnanya hadir mulai dari corak yang kalem hingga warna-warni. Selain itu, ada mukena yang menggunakan kain batik secara menyeluruh dan ada pula yang kombinasi.


Ditambah lagi, Anda bisa lebih leluasa memilih model mukena batik yang sesuai kebutuhan. Mukena batik 2-in-1, mukena terusan, dan mukena model ponco adalah beberapa pilihannya. Anda tak perlu khawatir dengan harga karena sekarang sudah banyak mukena batik yang harganya ramah di kantong, Jadi, coba tambahkan mukena batik ke dalam koleksi kesayangan Anda, ya!

Cara memilih mukena batik

Setelah mengetahui pesona dari mukena batik, kami akan memberikan tips memilihnya untuk Anda. Ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan mukena batik yang tepat. Simak penjelasan berikut, ya!

① Ketahui bahan yang digunakan

Agar lebih nyaman memakai mukena, pertama-tama Anda perlu memperhatikan bahannya. Banyak sekali bahan yang dipakai untuk membuat mukena batik. Namun, ada tiga bahan yang paling populer, yakni katun, rayon, dan parasut. Apa saja kelebihan dari setiap bahan tersebut? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini!

Katun: Adem dan memiliki daya serap keringat yang baik

Katun: Adem dan memiliki daya serap keringat yang baik

Jika Anda ingin memiliki mukena batik dengan daya serap yang tinggi, produk berbahan katun merupakan pilihan yang tepat. Selain itu, Anda juga akan merasa adem ketika memakainya karena bahan ini memiliki rongga. Berkat serat kain yang berongga, sirkulasi udaranya pun bagus.


Saat Anda mengenakannya untuk salat tarawih yang durasinya lama, kekhusyukan Anda tak akan terganggu dengan rasa pengap. Jadi, momen bulan suci Ramadan pun dapat Anda maksimalkan untuk beribadah dengan nyaman.

Rayon: Tidak mudah kusut dengan tekstur yang lembut

Rayon: Tidak mudah kusut dengan tekstur yang lembut

Berkebalikan dengan katun yang cenderung mudah kusut, mukena batik yang terbuat dari bahan rayon tidak mudah kusut. Dengan begitu, mukena bahan ini akan tetap terlihat rapi ketika dipakai meski Anda tak punya waktu untuk menyetrikanya. Di samping itu, bahan rayon memiliki tekstur yang licin seperti kain sutra. Permukaannya pun halus sehingga kulit tak akan terasa gatal.

Parasut: Ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana

Parasut: Ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana

Bahan parasut memiliki karakteristik tipis dan ringan. Tak heran bila mukena batik berbahan parasut dapat dilipat hingga berukuran kecil. Jadi, tak akan memakan tempat ketika dibawa bepergian. Karena bahannya ringan, barang bawaan Anda pun tak akan terasa berat. Selain itu, bahan ini juga cepat kering. Tak heran jika banyak produsen yang menjadikan mukena batik berbahan parasut sebagai mukena traveling.

Sifon: Halus dan memberi kesan mewah

Sifon: Halus dan memberi kesan mewah

Kain sifon sering digunakan sebagai bahan gaun pesta. Namun, terkadang bahan ini juga dipakai untuk produk lain, termasuk mukena batik. Karakteristik bahan ini adalah permukaannya yang halus dan licin. Saat digunakan, kain sifon terlihat flowy atau jatuh. Karena itulah, bahan sifon memberi kesan mewah dan elegan pada mukena Anda.

② Pertimbangkan model mukena sesuai kebutuhan Anda

Selanjutnya, Anda perlu menyesuaikan model mukena batik dengan selera. Ada tiga model yang bisa Anda pilih, yaitu two pieces, terusan, dan ponco. Setiap model memiliki kelebihannya masing-masing.

Two pieces: Tersedia banyak corak dan warna yang bisa dipilih

Two pieces: Tersedia banyak corak dan warna yang bisa dipilih
Sumber: tazbiya.id

Mukena batik model two pieces terdiri dari atasan dan bawahan yang terpisah. Model ini sering dijadikan pilihan oleh wanita dari berbagai kalangan usia karena memiliki banyak pilihan corak dan warna. Umumnya, mukena batik model two pieces memiliki detail tali di bagian tudung. Tali tersebut berfungsi agar mukena tak mudah melorot ketika dipakai.

Terusan: Lebih praktis dikenakan

Untuk Anda yang tak ingin ribet ketika memakai mukena, pilih saja model terusan. Didesain dengan satu potongan terusan yang longgar, model ini lebih praktis dan mudah saat dikenakan. Berbeda dengan model two pieces, mukena batik model terusan memiliki desain lengan yang dapat menutup telapak tangan Anda dengan baik.

Ponco: Unik dan nyaman dibawa bepergian

Karena mirip dengan abaya, mukena model ini juga sering disebut sebagai mukena abaya. Pilihlah mukena yang memiliki lubang di bagian leher ini untuk mendapatkan kesan yang unik. Jika Anda termasuk hijaber yang suka bepergian, mukena batik model ponco layak untuk dipilih karena tidak memiliki tudung kepala. Alhasil, Anda tak perlu repot-repot merapikan kerudung setelah salat.

③ Perhatikan motif yang ditawarkan

Menurut motifnya, terdapat dua jenis motif batik, yaitu motif tradisional dan motif modern. Apa saja perbedaan dari kedua jenis tersebut? Lalu, motif apa yang cocok untuk Anda? Mari baca ulasan berikut.

Motif tradisional, tawarkan look yang eksotis

Motif tradisional, tawarkan look yang eksotis

Mukena batik motif tradisional memperlihatkan look yang eksotis karena memiliki motif yang khas dari setiap daerah di Indonesia. Misalnya, mukena batik Pekalongan, mukena batik Jogja, mukena batik Solo, dan lain-lain. Selain itu, kombinasi warnanya juga cenderung netral, seperti hitam, cokelat tua, atau biru tua. Jika Anda menginginkan look yang mewah, pilih saja produk dengan motif batik parang khas Jogja dan Solo.


Untuk motif dengan sentuhan Tionghoa, Anda Anda dapat memilih mukena batik encim Pekalongan. "Encim" berasal dari kata "cici" yang artinya kakak perempuan. Dahulu, motif batik ini sering digunakan oleh perempuan Tionghoa. Seiring waktu, motif tersebut dinamakan batik encim yang populer di Pekalongan, Cirebon, dan daerah lainnya.

Motif modern, pancarkan kesan yang lebih fresh untuk anak muda

Motif modern, pancarkan kesan yang lebih fresh untuk anak muda

Jika motif tradisional mempunyai warna yang netral, motif modern menawarkan warna yang beragam, mulai dari kalem hingga colorful. Motif modern tidak terikat oleh aturan dari daerah tertentu. Biasanya, motif ini bergambar tumbuhan, bunga, binatang, bentuk kotak, dan lainnya. 


Untuk tampilan yang lebih playful, Anda bisa memilih mukena batik bergambar bunga warna-warni. Di sisi lain, look yang kalem bisa Anda dapatkan jika memilih mukena batik dengan motif kotak-kotak berwarna pastel. Banyak anak muda yang lebih suka mengoleksi mukena bermotif ini karena warna dan coraknya lebih bervariasi dan fresh.


Selain mukena batik, banyak pilihan mukena lainnya untuk Anda pakai beribadah. Kami telah membagikan informasi beserta rekomendasi produknya untuk Anda. Klik tautan berikut ini untuk membacanya.

④ Pilih mukena berukuran jumbo untuk si tubuh tinggi dan berisi

Mukena batik tersedia dalam dua tipe ukuran, yaitu all size dan jumbo. Ukuran all size bisa dipakai oleh Anda yang memiliki tubuh kecil hingga sedang. Akan tetapi, bila Anda memiliki tubuh yang tinggi dan berisi, pilihlah mukena batik dengan size yang jumbo. 


Biasanya, produk berukuran jumbo memiliki atasan dengan panjang bagian depan 110–116 cm dan panjang belakang 122–137 cm. Sementara itu, bawahan mukenanya mempunyai panjang berkisar 110–115 cm dengan lingkar rok 150 cm.

10 Rekomendasi mukena batik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh mukena batik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pusat Mukena Indonesia

Mukena Ponco Monokrom

Pusat Mukena Indonesia  Mukena Ponco Monokrom 1枚目

Sederhana dan elegan dengan kombinasi warna monokrom

2

Batik Alhadi

Mukena Bali Dewasa Bahan Rayon Shantung

Batik Alhadi Mukena Bali Dewasa Bahan Rayon Shantung 1枚目

Bahannya nyaman dan tidak bikin gerah

3

Leesy.id

Mukena Dewasa 2 In 1 Songket Salur Batik

Leesy.id Mukena Dewasa 2 In 1 Songket Salur Batik 1枚目

Praktis! Satu mukena bisa dipakai dalam dua model

4

Tazbiya

Mukena Allover Batik Paisley Series

Tazbiya Mukena Allover Batik Paisley Series 1枚目

Tampil lebih berani dengan mukena full batik

5

Mukena Batik Cap Hitam Encim Bunga Pekalongan

 Mukena Batik Cap Hitam Encim Bunga Pekalongan 1枚目

Batik encim Pekalongan yang tak boleh Anda lewatkan!

6

Mukena Traveling Parasut Batik

 Mukena Traveling Parasut Batik 1枚目

Bahannya parasut yang ringan, cocok dibawa bepergian

7

Batik Bali Lestari

Mukena Bali Motif Batik Parang

Batik Bali Lestari  Mukena Bali Motif Batik Parang 1枚目

Ciptakan tampilan memesona dengan motif batik yang penuh arti

8

Geembe.id

Mukena Batik Elisa

Geembe.id Mukena Batik Elisa 1枚目

Kombinasi warna-warna earth tone memberi kesan natural

9

Yumna

Mukena Behel Batik Galunggung

Yumna Mukena Behel Batik Galunggung 1枚目

Berbahan satin yang lembut dan mewah

10

Tazkia

Mukena Batik Mega Mendung

Tazkia Mukena Batik Mega Mendung 1枚目

Memiliki motif mega mendung yang populer dan khas

Perincian produk
Close
No.1

Pusat Mukena Indonesia Mukena Ponco Monokrom

Mulai dari Rp125.000,00

Sederhana dan elegan dengan kombinasi warna monokrom

Apakah Anda pencinta warna monokrom? Jika iya, produk ini bisa Anda pertimbangkan sebagai pilihan mukena batik dengan warna yang tidak mencolok. Warna hitam dan putih tidak ada matinya! Meski terlihat sederhana dan netral, warna ini juga memberi kesan elegan. Sementara itu, detail kerutan pada leher membuat mukena ini lebih fleksibel untuk mengikuti ukuran Anda.

No.2

Batik AlhadiMukena Bali Dewasa Bahan Rayon ShantungMPT001-197

Mulai dari Rp82.000,00

Bahannya nyaman dan tidak bikin gerah

Mukena yang nyaman dan adem membuat Anda makin khusyuk beribadah. Karena itu, produk yang satu ini wajib Anda miliki! Mukena batik Alhadi terbuat dari bahan yang tidak membuat Anda gerah selama beribadah. Karakter bahannya halus, jatuh, dan adem sehingga cocok dipakai di daerah tropis. Warnanya juga tidak mudah luntur. Produk berkualitas ini dapat Anda miliki dengan harga yang terjangkau! 

No.3

Leesy.idMukena Dewasa 2 In 1 Songket Salur Batik

Mulai dari Rp150.000,00

Praktis! Satu mukena bisa dipakai dalam dua model

Ingin memiliki mukena batik yang bisa dikenakan dalam dua model? Pilih saja produk ini! Mukena ini didesain dengan tudung yang dapat disingkap menjadi model ponco. Saat Anda tidak mengenakan kerudung, Anda bisa memasang tudungnya kembali. Praktis, kan? Produk ini tampak minimalis dengan warna-warna monokrom. Di sisi lain, mukena tampak chic berkat adanya aksen renda di bagian tepi muka.

No.4

TazbiyaMukena Allover Batik Paisley Series

Mulai dari Rp199.000,00

Tampil lebih berani dengan mukena full batik

Dengan motif batik yang menyelimuti seluruh bagian mukena, produk ini tampak stand out. Bila Anda menginginkan mukena dengan tampilan yang lebih berani, mukena batik ini jawabannya. Dengan ukuran yang tergolong jumbo, Anda yang berbadan tinggi besar pun akan merasa nyaman mengenakannya. Terlebih lagi, produk ini terbuat dari katun rayon yang tidak panas.

No.5

Mukena Batik Cap Hitam Encim Bunga Pekalongan

Mulai dari Rp139.000,00

Batik encim Pekalongan yang tak boleh Anda lewatkan!

Ini dia mukena batik encim Pekalongan yang dikenal memiliki sentuhan Tionghoa! Kombinasi warna dan motifnya menghasilkan tampilan yang manis dan feminin. Untuk pilihan mukena batik dengan model terusan, produk ini layak direkomendasikan. Selain modelnya praktis, bahannya juga lembut dan nyaman. Dengan warna dasar putih, motif batiknya jadi lebih kentara dan menonjol. 

No.6

Mukena Traveling Parasut Batik

Mulai dari Rp49.000,00

Bahannya parasut yang ringan, cocok dibawa bepergian

Produk yang satu ini wajib dimiliki oleh Anda yang suka bepergian. Terbuat dari bahan parasut yang terkenal ringan dan mudah dilipat, mukena ini sangat praktis untuk Anda bawa traveling. Ketika Anda memasukkannya ke dalam tas, mukena ini tidak akan memakan tempat atau terasa berat. Dari segi desain, produk ini tampak menawan dengan sentuhan motif batik di beberapa bagian.

No.7

Batik Bali Lestari Mukena Bali Motif Batik Parang

Mulai dari Rp150.000,00

Ciptakan tampilan memesona dengan motif batik yang penuh arti

Motif batik parang mempunyai makna semangat yang tidak pernah padam. Jadi, untuk Anda yang sedang mencari mukena dengan balutan motif yang penuh arti sekaligus memesona, pilihlah produk ini!


Mukena ini tersedia dalam empat pilihan warna, yakni hitam, merah, biru tua, dan biru muda. Keempat pilihan warna tersebut mampu membuat motif batiknya terlihat lebih menonjol. Alhasil, tampilannya pun tampak lebih elegan ketika dikenakan.

No.8

Geembe.idMukena Batik Elisa

Mulai dari Rp100.000,00

Kombinasi warna-warna earth tone memberi kesan natural

Warna-warna earth tone menjadi tren belakangan ini. Jika Anda menyukai warna-warna tersebut, produk ini mungkin akan cocok untuk Anda. Mukena batik Elisa ini hadir dengan empat warna dasar yang dipadukan dengan warna-warna lain. Kombinasi warna earth tone seperti cokelat, biru, abu-abu, dan kuning, memberi kesan santai, natural, serta membumi.

No.9

YumnaMukena Behel Batik Galunggung

Mulai dari Rp350.000,00

Berbahan satin yang lembut dan mewah

Kain satin sangat nyaman dipakai karena halus dan ringan. Apabila Anda mencari mukena batik berbahan satin, mukena batik galunggung ini layak Anda miliki. Dengan bahan satin yang halus dan mengilap, mukena ini tampak mewah saat Anda kenakan. Sementara itu, bagian bawahnya terbuat dari sutra foile yang lembut. Produk ini juga dilengkapi dengan tas dan sajadah berwarna senada.

No.10

TazkiaMukena Batik Mega Mendung

Mulai dari Rp223.000,00

Memiliki motif mega mendung yang populer dan khas

Motif batik mega mendung sangat populer di kalangan penyuka batik. Apabila Anda menyukai motif asal Cirebon ini, pilih saja mukena batik dari Tazkia. Motif batik ini berupa gambar menyerupai awan dengan warna-warna tegas. Kekhasan motifnya sudah dikenal bahkan hingga mancanegara. Produk ini cocok untuk Anda yang menyukai batik dengan motif yang khas. 

Baca juga rekomendasi produk mukena lainnya di sini

Di bawah ini kami sudah mengumpulkan beberapa artikel yang akan memberikan rekomendasi mukena terbaik lainnya. Anda bisa menemukan produk rekomendasi mukena yang bagus, mukena Bali, dan mukena untuk anak. Jadi, jika Anda tertarik untuk menambah koleksi mukena, klik tautan berikut ini, ya!

Kesimpulan

Jika memilih mukena batik berdasarkan bahan, model, motif, dan ukurannya, Anda bisa mendapatkan produk yang tepat. Nah, karena mukena merupakan item yang dipakai setiap hari, jangan lupa untuk rutin mencucinya.


Selain itu, agar motif batiknya tidak cepat pudar, sebaiknya Anda tidak menjemurnya secara langsung di bawah sinar matahari. Semoga Anda makin semangat beribadah dengan mukena batik favorit, ya! 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer