mybest
Mukena

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Fashion wanita
  3. Pakaian wanita muslim
  4. 10 Rekomendasi Mukena Batik yang Cantik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Mukena Batik yang Cantik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Mukena Batik yang Cantik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Mukena Batik yang Cantik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Mukena Batik yang Cantik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Mukena Batik yang Cantik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Mukena Batik yang Cantik (Terbaru Tahun 2024)

Mukena merupakan busana yang digunakan wanita muslim untuk salat. Untuk itu, tidak ada salahnya memilih mukena yang nyaman serta bermotif cantik supaya tampilan menjadi lebih menarik. Salah satu motif mukena yang sayang untuk dilewatkan adalah mukena batik yang cantik. 


Kali ini, kami akan memberikan tips memilih mukena batik yang bagus. Di mulai dari mukena two piece, terusan, hingga ponco. Coraknya pun akan kami ulas dari berbagai macam corak, seperti batik Pekalongan, batik modern, dan lainnya. Mukena batik dari merek kenamaan seperti Tazbiya dan Syahdika akan kami ulas juga. Simak, ya!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Pesona mukena batik

Pesona mukena batik

Siapa, sih, orang Indonesia yang tidak jatuh hati dengan motif batik yang cantik? Motifnya yang unik dan sarat filosofi ini tidak hanya digemari oleh orang-orang Indonesia saja. Motif batik yang cantik juga banyak diminati dan dikagumi di mancanegara, lho!


Di pasaran, terdapat tiga jenis batik yang bisa Anda jumpai, antara lain: 


  • Batik tulis
Corak dalam batik tulis digambar secara manual dengan tangan dan alat bantu canting. Oleh sebab itu, motif setiap batik tidak bisa sama persis antara satu kain dengan kain lainnya. Inilah yang membuat batik tulis dijual dengan harga yang mahal.

  • Batik cap

Sesuai namanya, jenis corak batik yang satu ini dibuat dengan menggunakan stempel bermotif batik. Stempel ini dibuat dari bahan tembaga dan berfungsi sebagai canting. Dengan corak yang telah terbentuk ini, waktu pembuatannya pun menjadi lebih singkat. Hasil coraknya pun seragam sehingga dijual dengan harga yang relatif murah.


  • Batik print

Corak batik yang satu ini dicetak dengan mesin printing modern. Oleh sebab itu, pola atau coraknya cenderung lebih rapi dibandingkan kedua jenis batik lainnya.


Kini, kain batik tidak hanya digunakan untuk membuat pakaian saja.Motif batik juga banyak diaplikasikan untuk mempercantik perlengkapan ibadah, salah satunya adalah mukena batik yang memiliki daya tarik memikat. Pilihan warnanya pun beragam, mulai dari warna batik yang kalem hingga berwarna-warni. Anda juga bisa memilih mukena yang seluruh kainnya bercorak batik atau kombinasi.

Cara memilih mukena batik

Setelah mengetahui pesona dari mukena batik, kami akan memberikan tips memilihnya untuk Anda. Ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan mukena batik yang tepat. Simak penjelasan berikut, ya!

1

Perhatikan motif yang ditawarkan

Batik merupakan salah satu warisan budaya yang dimiliki oleh Indonesia dan identik dengan corak yang indah. Motif batik setiap daerah memiliki ciri khas sendiri. Hal ini didasarkan pada filosofi dan unsur budaya yang dibawa oleh setiap motifnya. Secara garis besar, ada sepuluh motif batik yang populer di Indonesia. Berikut ulasan beberapa motif yang paling populer di Indonesia.

Motif batik Jogja, corak ketegasan yang digambar pada kain berwarna dasar putih

Motif batik Jogja, corak ketegasan yang digambar pada kain berwarna dasar putih

Motif batik pertama adalah motif batik Yogyakarta atau biasa disebut dengan istilah batik keraton. Warna khas yang digunakan dalam mukena dengan motif batik Yogyakarta adalah warna-warna dasar yang membawa kesan down to earthHal ini terlihat dari warna dasar yang menggunakan warna putih, hitam, atau biru kehitaman. Pola yang digunakan didominasi oleh beberapa warna, yaitu: 

  • Warna cokelat - soga
  • Warna putih bersih - pethak
  • Warna biru tua - wedel
  • Warna sutra hitam yang biru pekat kehitaman

Motif batik mengandung filosofi dan kental dengan kebudayaan Jawa yang berkaitan dengan nuansa keraton dan kesultanan. Oleh sebab itu, motif batik ini sarat makna arif, bijaksana, dan merepresentasikan karisma raja Jawa. 

 

Terdapat dua jenis motif geometris dan nongeometris dengan ratusan turunan motifnya. Beberapa macam motif batik khas Yogyakarta yang cukup terkenal adalah: 

  • Motif Ceplok
  • Motif Kawung
  • Motif Parang
  • Motif Semen

Motif batik Solo, terkesan luwes dan halus dalam setiap coretannya

Motif batik Solo, terkesan luwes dan halus dalam setiap coretannya

Selain Yogyakarta, Solo juga merupakan salah satu sentra batik yang populer di Indonesia. Batik Solo juga sering disebut dengan istilah batik Sogan. Secara garis besar, batik Yogyakarta dan batik Solo memiliki motif yang hampir serupa. Ciri khas batik Solo, antara lain: 

  • Warna dasar kainnya banyak menggunakan warna gelap, seperti cokelat soga atau hitam.
  • Motif batik Solo memiliki perpaduan motif geometris, nongeometris, dan geometris yang berukuran kecil. 
  • Garisnya pun lebih tipis sehingga merepresentasikan sisi lembut, indah, dan luhur.
  • Batik Solo lebih banyak menggunakan ornamen sebagai penghias corak berwarna emas sehingga menimbulkan kesan keagungan.

Motif batik Pekalongan, warna lebih cerah dan khas

Motif batik Pekalongan, warna lebih cerah dan khas
Sumber: dinperinaker.pekalongankota.go.id

Satu lagi motif batik yang terkenal adalah batik Pekalongan. Motifnya kental nuansa alam, yaitu hewan dan tumbuhan. Tak hanya itu, ada sentuhan perpaduan budaya lokal dan budaya Cina dalam motifnya. Pilihan warnanya pun beragam sehingga sering disebut sebagai motif batik tujuh rupa.


Beberapa motif batik Pekalongan yang mencerminkan akulturasi budaya, antara lain: 

  • Motif Jlamprang
  • Motif Buketan
  • Motif Terang Bulan
  • Motif Semen
  • Motif Pisan Bali
  • Motif Lung-lungan

Motif batik Bali, menawarkan motif cantik yang menggambarkan budaya Bali

Motif batik Bali, menawarkan motif cantik yang menggambarkan budaya Bali

Salah satu jenis kain yang terkenal akhir-akhir ini setelah perhelatan G20 di Bali adalah Endek. Namun, tidak hanya Endek saja, Bali juga terkenal dengan batiknya. Bahkan, kain batik Bali sering digunakan untuk fashion sehari-hari. 


Secara garis besar, batik Bali sering mengusung tema-tema sebagai berikut: 

  • Fauna nyata dan mitologi khas daerah Bali.
  • Flora lokal, seperti bunga kamboja.
  • Motif yang menggambarkan keseharian masyarakat Bali, seperti ritual, adat, dan budaya Bali.

Beberapa motif yang terkenal, antara lain: 

  • Singo Barong: Motif batik ini menggambarkan kepala barong dengan seringai taring yang tajam.
  • Buketan: Seperti namanya, motif ini menggambarkan pola cantik dari buket bunga yang bervariasi penari Bali. Batik dengan motif ini biasanya digunakan wanita saat menghadiri upacara adat atau ketika sedang menarikan tarian Bali.
  • Ulamsari: Motif batik yang satu ini menggambarkan satwa laut, seperti ikan, udang, dan lainnya. Motifnya juga memadukan tumbuhan laut berupa dedaunan dan tangkai kecil sehingga mempermanis penampilan.
  • Merak Abyorhokokai: Motif yang satu ini merupakan motif akulturasi yang berasal dari budaya Jepang. Motif ini menggunakan warna pastel dengan ornamen ikoniknya, yaitu merak.
  • Pisan Bali atau Jagatan Pisang: Jenis motif batik ini sering digunakan sebagai hadiah kepada pasangan yang akan melakukan perjalanan. Filosofi dari motif ini adalah pengharapan atas keselamatan pasangan tersebut.

Motif modern, pancarkan kesan yang lebih fresh untuk anak muda

Motif modern, pancarkan kesan yang lebih fresh untuk anak muda

Motif-motif yang telah kami bahas sebelumnya merupakan motif tradisional yang memiliki warna netral. Sementara itu, ada pula batik dengan motif modern yang menawarkan warna beragam, mulai dari warna kalem hingga colorful.


Motif modern lebih bebas karena tidak terikat oleh aturan dari daerah tertentu. Biasanya, motif modern bergambar tumbuhan, bunga, binatang, motif abstrak, dan lainnya.

Bila Anda ingin tampil lebih playful, pilihlah mukena batik bergambar bunga warna-warni. Di sisi lain, look kalem bisa Anda dapatkan dengan memilih mukena bermotif kotak-kotak berwarna pastel.

2

Ketahui bahan yang digunakan

Agar lebih nyaman memakai mukena, pertama-tama Anda perlu memperhatikan bahannya. Banyak sekali bahan yang dipakai untuk membuat mukena batik. Namun, ada tiga bahan yang paling populer, yakni katun, rayon, dan parasut. Apa saja kelebihan dari setiap bahan tersebut?

Katun: Adem dan memiliki daya serap keringat yang baik

Katun: Adem dan memiliki daya serap keringat yang baik

Jika Anda ingin memiliki mukena batik dengan daya serap yang tinggi, produk berbahan katun merupakan pilihan tepat. Selain itu, Anda juga akan merasa adem ketika memakainya karena bahan ini memiliki rongga. Berkat serat kain yang berongga, sirkulasi udaranya pun bagus.


Mukena berbahan katun akan sangat nyaman digunakan untuk setiap kesempatan, termasuk untuk salat tarawih yang durasinya lama. Salat pun akan tetap khusyuk dan tidak terganggu dengan rasa pengap atau panas. Jadi, ibadah pun dapat lebih maksimal. 

Rayon: Tidak mudah kusut dengan tekstur yang lembut

Rayon: Tidak mudah kusut dengan tekstur yang lembut

Berkebalikan dengan katun yang cenderung mudah kusut, mukena batik yang terbuat dari bahan rayon tidak mudah kusut. Dengan begitu, mukena bahan ini akan tetap terlihat rapi ketika dipakai meski Anda tak punya waktu untuk menyetrikanya. Di samping itu, bahan rayon memiliki tekstur yang licin seperti kain sutra. Permukaannya pun halus sehingga kulit tak akan terasa gatal.

Parasut: Ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana

Parasut: Ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana

Bahan parasut memiliki karakteristik tipis dan ringan. Tak heran bila mukena batik berbahan parasut dapat dilipat hingga berukuran kecil. Karena bahannya ringan, barang bawaan Anda pun tak akan terasa berat. Selain itu, bahan ini juga cepat kering. Wajar saja banyak produsen yang menjadikan mukena batik berbahan parasut sebagai mukena traveling.

Sifon: Halus dan memberi kesan mewah

Sifon: Halus dan memberi kesan mewah

Kain sifon sering digunakan sebagai bahan gaun pesta. Namun, terkadang bahan ini juga dipakai untuk produk lain, termasuk mukena batik. Karakteristik bahan ini adalah permukaannya yang halus dan licin. Saat digunakan, kain sifon terlihat flowy atau jatuh. Karena itulah, bahan sifon memberi kesan mewah dan elegan pada mukena Anda.

3

Pertimbangkan model mukena sesuai kebutuhan Anda

Selanjutnya, Anda perlu menyesuaikan model mukena batik dengan selera. Ada tiga model yang bisa Anda pilih, yaitu two pieces, terusan, dan ponco. Setiap model memiliki kelebihannya masing-masing.

Two pieces: Tersedia banyak corak dan warna yang bisa dipilih

Two pieces: Tersedia banyak corak dan warna yang bisa dipilih
Sumber: tazbiya.com

Mukena batik model two pieces terdiri dari atasan dan bawahan yang terpisah. Model ini sering dijadikan pilihan oleh wanita dari berbagai kalangan usia karena memiliki banyak pilihan corak dan warna. Umumnya, mukena batik model two pieces memiliki detail tali di bagian tudung. Tali tersebut berfungsi agar mukena tak mudah melorot ketika dipakai.

Terusan: Lebih praktis dikenakan

Untuk Anda yang tak ingin ribet ketika memakai mukena, pilih saja model terusan. Didesain dengan satu potongan terusan yang longgar, model ini lebih praktis dan mudah saat dikenakan. Berbeda dengan model two pieces, mukena batik model terusan memiliki desain lengan yang dapat menutup telapak tangan Anda dengan baik.

Ponco: Unik dan nyaman dibawa bepergian

Ponco: Unik dan nyaman dibawa bepergian
Sumber: shopee.co.id

Karena mirip dengan abaya, mukena model ini juga sering disebut sebagai mukena abaya. Pilihlah mukena yang memiliki lubang di bagian leher ini untuk mendapatkan kesan yang unik. Jika Anda termasuk hijaber yang suka bepergian, mukena batik model ponco layak untuk dipilih karena tidak memiliki tudung kepala. Alhasil, Anda tak perlu repot-repot merapikan kerudung setelah salat.

4

Pilih mukena berukuran jumbo untuk si tubuh tinggi dan berisi

Mukena batik umumnyatersedia dalam dua tipe ukuran, yaitu all size dan jumbo. Ukuran all size bisa dipakai oleh Anda yang memiliki tubuh kecil hingga sedang. Akan tetapi, bila Anda memiliki tubuh yang tinggi dan berisi, pilihlah mukena batik dengan size jumbo. 


Biasanya, produk berukuran jumbo memiliki atasan dengan panjang bagian depan 110–116 cm dan panjang belakang 122–137 cm. Sementara itu, bawahan mukenanya mempunyai panjang berkisar 110–115 cm dengan lingkar rok 150 cm.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi mukena batik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mukena batik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Syahdika

Mukena Dewasa Daily 2in1 Syahnaz Hawa Series

Syahdika Mukena Dewasa Daily 2in1 Syahnaz Hawa Series 1

Rp300.000

Lebih Mahal

Tampil lebih elegan dengan motif yang cantik

2

Lessy.Id

Mukena Dewasa Rayon 2in1 Aruna

Lessy.Id Mukena Dewasa Rayon 2in1 Aruna 1

Rp150.000

Menengah

Mukena 2-in-1 bermotif dengan renda dan tas cantik

3

Mukena Tunik Bali Khalisa

null Mukena Tunik Bali Khalisa 1

Rp140.000

Menengah

Aurat akan lebih tertutup dengan mukena yang berlengan

4

Putri Dania

Mukena Batik Mega Mendung Kawung Rayon Premium

Putri Dania Mukena Batik Mega Mendung Kawung Rayon Premium 1

Rp65.000

Lebih Murah

Material kainnya tidak gerah dan nyaman digunakan

5

Tazbiya

Mukena Allover Batik-Paisley

Tazbiya Mukena Allover Batik-Paisley 1

Rp185.000

Agak Mahal

Tampil lebih berani dengan mukena full batik

6

Leesy.id

Mukena Dewasa 2 In 1 Songket Salur Batik

Leesy.id Mukena Dewasa 2 In 1 Songket Salur Batik 1

Rp150.000

Menengah

Praktis! Satu mukena bisa dipakai dalam dua model

7

Hazpira

Mukena Dewasa Katun Rayon Batik Jumbo

Hazpira Mukena Dewasa Katun Rayon Batik Jumbo 1

Rp150.000

Menengah

Motif batik terlihat lebih tegas dengan warna dasar yang beragam

8

Mukena Terusan Sogan Kraton

null Mukena Terusan Sogan Kraton 1

Rp65.000

Lebih Murah

Ukurannya jumbo, harganya pun affordable

9

Ayzara

Mukenah Dewasa Diorsilk Tas Premium Amira Plus Sajadah

Ayzara Mukenah Dewasa Diorsilk Tas Premium Amira Plus Sajadah 1

Rp192.000

Agak Mahal

Perpaduan warnanya sempurna untuk tampilan feminin

10

Mukena Batik Cap Hitam Encim Bunga Pekalongan

 Mukena Batik Cap Hitam Encim Bunga Pekalongan 1

Rp139.000

Menengah

Batik encim Pekalongan yang tak boleh Anda lewatkan!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SyahdikaMukena Dewasa Daily 2in1 Syahnaz Hawa Series

Mukena Dewasa Daily 2in1 Syahnaz Hawa Series 1
Sumber: shopee.co.id
Mukena Dewasa Daily 2in1 Syahnaz Hawa Series 2
Sumber: shopee.co.id
Mukena Dewasa Daily 2in1 Syahnaz Hawa Series 3
Sumber: shopee.co.id
Mukena Dewasa Daily 2in1 Syahnaz Hawa Series 4
Sumber: shopee.co.id
Mukena Dewasa Daily 2in1 Syahnaz Hawa Series 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp300.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp300.000
Lebih Mahal

Tampil lebih elegan dengan motif yang cantik

Kelebihan:

  • Warna kain terlihat lebih glossy 
  • Bahannya tebal dan tidak menerawang 
  • Bisa digunakan sebagai mukena ponco

Kekurangan:

  • Karena bahannya tebal, bobotnya cukup berat

Mukena berbahan maxmara silk ini didesain dengan motif yang cantik. Terlebih, bahannya tidak mudah kusut sehingga membuat produk ini praktis dibawa bepergian. Selain itu, bahannya pun tebal dan tidak menerawang sehingga beribadah pun akan lebih nyaman. Menariknya, produk ini dibekali tas sehingga Anda lebih mudah melipat dan mempertahankan kehalusan bahannya.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Lessy.IdMukena Dewasa Rayon 2in1 Aruna

Harga referensi
Rp150.000
Menengah

Mukena 2-in-1 bermotif dengan renda dan tas cantik

Mukena motif biasanya terkesan ramai sehingga tidak perlu ditambahi dengan renda lagi. Namun, mukena Lessy.Id ini justru sebaliknya. Meski bermotif, mukena ini tetap terlihat elegan dan cantik saat ditambahkan renda di bagian atasan. Tentu saja keberadaan renda ini makin mempermanis penampilan.


Wadah mukenanya juga berbeda dengan yang lainnya, yakni berupa pouch yang membuatnya tetap keren dan stylish saat ditenteng. Anda pun bisa membawa pouch ini dengan penuh percaya diri saat hendak salat di luar rumah.

No.3

Mukena Tunik Bali Khalisa

Harga referensi
Rp140.000
Menengah

Aurat akan lebih tertutup dengan mukena yang berlengan

Kelebihan: 

  • Dilengkapi lengan untuk menutupi aurat secara lebih sempurna
  • Atasannya dibuat dengan model tunik

Kekurangan: 

  • Pemakaian sedikit kurang praktis karena pengikatnya berbentuk tali, bukan karet 

Hadir dengan motif tie-dye dan smoke, pertimbangkan mukena ini bila Anda ingin menambah koleksi mukena dengan motif kekinian. Selain motifnya yang termasuk batik modern, mukena Bali ini didesain dengan model yang unik, yaitu berupa tunik berlengan. Modelnya merupakan perpaduan antara mukena two piece dan mukena terusan.

No.4

Putri DaniaMukena Batik Mega Mendung Kawung Rayon Premium

Harga referensi
Rp65.000
Lebih Murah

Material kainnya tidak gerah dan nyaman digunakan

Kelebihan:

  • Menggunakan bahan katun rayon yang halus sehingga terasa adem saat digunakan 

Kekurangan:

  • Mukena ini berukuran standar sehingga kurang nyaman untuk Anda yang bertubuh besar

Mukena yang nyaman dan adem dapat membuat Anda makin khusyuk beribadah. Oleh sebab itu, mukena yang satu ini wajib Anda miliki! Mukena two piece ini didesain dengan corak penuh pada atasan dan bawahannya sehingga penampilan terlihat ceria. Karakter kainnya yang halus, jatuh, dan adem cocok dipakai untuk sehari-hari. Dengan demikian, kegiatan beribadah yang lama pun tetap terasa nyaman. 

No.5

TazbiyaMukena Allover Batik-Paisley

Harga referensi
Rp185.000
Agak Mahal

Tampil lebih berani dengan mukena full batik

Kelebihan:

  • Mukena dominan berwarna gelap sehingga cocok digunakan di segala situasi
  • Berukuran jumbo

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dua pilihan corak warna, hijau dan merah

Dengan motif batik yang menyelimuti seluruh bagian mukena, produk ini tampak stand out. Bila Anda menginginkan mukena dengan tampilan yang lebih berani, mukena batik ini jawabannya. Dengan ukuran yang tergolong jumbo, Anda yang berbadan tinggi besar pun akan merasa nyaman mengenakannya. Terlebih lagi, produk ini terbuat dari katun rayon yang adem.

No.6

Leesy.idMukena Dewasa 2 In 1 Songket Salur Batik

Harga referensi
Rp150.000
Menengah

Praktis! Satu mukena bisa dipakai dalam dua model

Kelebihan:

  • Memiliki dua jenis penggunaan, sebagai mukena two pieces dan ponco

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang mengeluhkan bawahannya terlalu pendek untuk Anda yang memiliki tinggi badan lebih dari 160 cm

Ingin memiliki mukena batik yang bisa dikenakan dalam dua model? Pilih saja produk ini! Mukena ini didesain dengan tudung yang dapat disingkap menjadi model ponco. Saat Anda tidak mengenakan kerudung, Anda bisa memasang tudungnya kembali. Praktis! Produk ini pun tampak minimalis dengan warna-warna monokrom sekaligus chic berkat adanya aksen renda di bagian tepi muka.

No.7

HazpiraMukena Dewasa Katun Rayon Batik Jumbo

Harga referensi
Rp150.000
Menengah

Motif batik terlihat lebih tegas dengan warna dasar yang beragam

Kelebihan: 

  • Bordirnya tebal sehingga motif batiknya terlihat tegas 
  • Dilengkapi dengan renda yang cantik 
  • Berukuran jumbo dengan kain rayon yang lembut di kulit 

Kekurangan: 

  • Ada pembeli yang mengeluhkan mukena berwarna putih tidak terlalu tebal


Apakah Anda mencari mukena batik dengan motif yang tidak terlalu bold? Jika iya, jangan lewatkan mukena dengan bordiran batik yang satu ini. Tak hanya batiknya yang dibordir supaya lebih awet, mukena ini juga dibekali dengan warna dasar yang beragam. Hitam, putih, hijau botol, baby pink, maroon, navy, mocca, dan wardah merupakan ragam warna yang bisa Anda pilih. 

No.8

Mukena Terusan Sogan Kraton

Harga referensi
Rp65.000
Lebih Murah

Ukurannya jumbo, harganya pun affordable

Kelebihan: 

  • Ukuran lebar dadanya cukup besar untuk Anda yang bertubuh plus size
  • Dilengkapi tas yang memudahkan mukena dibawa bepergian

Kekurangan: 

  • Material kainnya menggunakan jenis rayon yang mudah lecek sehingga perlu dilipat dengan baik

Bagi Anda yang bertubuh gemuk, menggunakan mukena terusan mungkin terasa sedikit merepotkan. Hal ini terutama bila Anda menginjak kain mukena saat melaksanakan salat. Nah, masalah itu dapat diatasi dengan menggunakan mukena terusan yang berukuran besar. 


Produk ini dibuat dengan lebar dada 85 cm dan lingkarnya mencapai 170 cm. Dengan begitu, ruang untuk bergerak akan terasa lebih luwes. Tak perlu khawatir, harganya pun affordable sehingga Anda bisa membeli beberapa mukena dapat digunakan sebagai pengganti. 

No.9

AyzaraMukenah Dewasa Diorsilk Tas Premium Amira Plus Sajadah

Harga referensi
Rp192.000
Agak Mahal

Perpaduan warnanya sempurna untuk tampilan feminin

Kelebihan: 

  • Model 2-in-1, bisa digunakan sebagai mukena ponco atau mukena biasa 
  • Dilengkapi dengan tas dan sajadah 

Kekurangan:

  • Mukena tidak terlalu besar untuk wanita dewasa dengan tinggi di atas 165 cm

Apakah Anda pencinta warna salem? Jika iya, produk ini bisa Anda pertimbangkan sebagai pilihan mukena batik dengan warna yang kalem. Mukena cantik ini juga dilengkapi dengan motif kombinasi batik dan bunga sehingga membuatnya tampil lebih feminin. Dengan warna dasar cokelat atau abu-abu, mukena ini tetap memberikan kesan elegan bagi pemakainya. 


Selain itu, mukena ini dapat digunakan dengan dua cara, yaitu sebagai mukena ponco atau mukena biasa. Dengan demikian, mukena ini juga travel-friendly bagi hijabers karena tidak perlu melepaskan jilbab saat menggunakannya. 

No.10

Mukena Batik Cap Hitam Encim Bunga Pekalongan

Harga referensi
Rp139.000
Menengah

Batik encim Pekalongan yang tak boleh Anda lewatkan!

Kelebihan:

  • Berukuran jumbo, lingkar mukena mencapai 200 cm
  • Panjangnya mencapai 220 cm sehingga akan terasa lebih nyaman digunakan oleh Anda yang bertubuh tinggi

Kekurangan:

  • Karena ukurannya jumbo, tidak cocok dikenakan oleh pemilik tubuh mungil

Ini dia mukena batik encim Pekalongan yang dikenal memiliki sentuhan Tionghoa! Kombinasi warna dan motifnya menghasilkan tampilan yang manis dan feminin. Untuk pilihan mukena batik dengan model terusan, produk ini layak direkomendasikan. Selain modelnya praktis, bahannya juga lembut dan nyaman. Dengan warna dasar putih, motif batiknya jadi lebih kentara dan menonjol. 

Baca juga rekomendasi mukena lainnya di sini

Selain motif batik, Anda bisa menemukan mukena lainnya di pasaran, seperti mukena Bali, mukena anak, atau mukena bordir. Jika Anda tertarik, kami telah mengulasnya dalam artikel berikut ini. Langsung saja klik tautan berikut ini, ya!

Kesimpulan

Jika memilih mukena batik berdasarkan bahan, model, motif, dan ukurannya, Anda bisa mendapatkan produk yang tepat. Nah, karena mukena merupakan item yang dipakai setiap hari, jangan lupa untuk rutin mencucinya.


Selain itu, agar motif batiknya tidak cepat pudar, sebaiknya Anda tidak menjemurnya secara langsung di bawah sinar matahari. Semoga Anda makin semangat beribadah dengan mukena batik favorit, ya! 

5 Rekomendasi Mukena Batik yang Cantik terbaik

No. 1: SyahdikaMukena Dewasa Daily 2in1 Syahnaz Hawa Series

No. 2: Lessy.IdMukena Dewasa Rayon 2in1 Aruna

No. 3: Mukena Tunik Bali Khalisa

No. 4: Putri DaniaMukena Batik Mega Mendung Kawung Rayon Premium

No. 5: TazbiyaMukena Allover Batik-Paisley

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Fashion wanita
  3. Pakaian wanita muslim
  4. 10 Rekomendasi Mukena Batik yang Cantik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.