• 10 Moka Pot Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Moka Pot Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Moka Pot Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Moka Pot Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Moka Pot Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Moka Pot Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)

Halo, pencinta kopi! Bubuk kopi yang baru saja digiling dari biji lalu diseduh secara langsung memang terasa paling nikmat, ya! Lalu, bagaimana cara Anda menyeduh kopi? Salah satu cara menyeduh kopi yang klasik adalah dengan menggunakan moka pot. Moka pot adalah alat penyeduh kopi tradisional tanpa menggunakan mesin.


Kami akan menjelaskan cara memilih moka pot yang bagus. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bialetti, GAT, Nankai, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Lalu Ahmad Alpian
  • Pembaharuan terakhir: 19 November 2021
Daftar isi

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop.


Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Apa itu moka pot?

Apa itu moka pot?

Moka pot adalah alat untuk menyeduh kopi yang dirancang oleh orang Italia, yaitu Alfonso Bialetti pada tahun 1933. Alat ini adalah alternatif bagi pencinta kopi yang belum memiliki kesempatan membeli mesin espresso untuk menyeduh kopi buatannya sendiri. Nama Bialetti sendiri akhirnya digunakan sebagai merek moka pot terkenal dengan kualitas yang tak diragukan. 


Moka pot terdiri dari dua tabung, yaitu tabung atas dan tabung bawah yang dipisahkan oleh funnel. Tabung bawah merupakan tabung yang digunakan sebagai tempat air. Kemudian, pada bagian tengah disebut dengan funnel, yaitu tempat untuk membubuhkan bubuk kopi. Yang terakhir adalah tabung atas yang menjadi tempat hasil ekstraksi kopi.


Cara kerja moka pot ini cukup sederhana. Anda hanya perlu memasukkan air di tabung bawah, lalu memasang funnel dan menambahkan bubuk kopi. Selanjutnya, panaskan pot di atas kompor. Saat air mencapai titik didih, uap yang dihasilkan akan terdorong ke bagian funnel. Uap air yang bercampur dengan kopi akan berkumpul di tabung paling atas dan siap untuk disajikan.


Dengan teknik penyeduhan seperti ini, kopi yang dihasilkan terasa kental atau strong. Tak hanya itu, aroma dan rasa kopi lebih autentik. Apalagi jika Anda menggunakan bubuk kopi yang baru digiling. Cita rasa kopi yang dihasilkan mirip dengan espresso.


Nah, jika Anda gemar menikmati secangkir espresso di pagi hari, alat ini kami rekomendasikan. Apalagi harga moka pot juga lebih ekonomis jika dibandingkan dengan harga mesin espresso. Cara membersihkan alat ini juga cukup mudah. Oleh karena itu, moka pot ini sangat sesuai untuk Anda yang ingin tetap menikmati kopi enak di sela kesibukan Anda. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih moka pot

Untuk mendapatkan hasil seduhan kopi yang terbaik, tentunya Anda membutuhkan moka pot terbaik pula. Untuk itu, pertama-tama kami akan menjelaskan tips memilih moka pot yang bagus. Mari simak penjelasan selengkapnya!

Pilih berdasarkan materialnya

Di pasaran, Anda akan mendapati dua jenis moka pot berdasarkan bahan pembuatnya. Ada produk yang menggunakan bahan stainless steel dan ada yang menggunakan aluminium. Kedua jenis bahan tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Di bawah ini akan kami jelaskan satu per satu.

Stainless steel, mudah dibersihkan dan lebih tahan lama

Stainless steel, mudah dibersihkan dan lebih tahan lama
Stainless steel merupakan bahan yang telah terkenal akan ketangguhannya. Peralatan dapur yang menggunakan bahan ini umumnya tidak mudah berkarat atau berubah bentuk.


Bahan stainless steel juga tidak mudah terkorosi sehingga moka pot tetap terlihat bagus meski telah digunakan bertahun-tahunWarna moka pot yang terbuat dari stainless steel juga tidak mudah berubah. Tentunya ini membuat rasa dan warna kopi yang dihasilkan tetap autentik. 


Sebanding dengan kualitasnya, moka pot yang menggunakan bahan stainless steel biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan moka pot aluminium. Bobot moka pot yang menggunakan stainless steel ini juga umumnya lebih berat. Hal ini dipengaruhi oleh ketebalan moka pot. Oleh karena itu, Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyeduh kopi. 

Aluminium, memiliki harga yang lebih terjangkau

Aluminium, memiliki harga yang lebih terjangkau

Dibandingkan stainless steel, moka pot berbahan dasar aluminium jauh lebih mudah dijumpai. Aluminium merupakan penghantar panas yang baik sehingga Anda tidak memerlukan waktu lama untuk menyeduh kopi. Dengan menggunakan moka pot alumunium, proses ekstraksi kopi dapat berjalan lebih cepat. Anda pun jadi bisa menghasilkan kopi dengan rasa dan aroma terbaik.


Dari segi harga, moka pot berbahan aluminium juga lebih terjangkau. Bobot moka pot alumunium juga lebih ringan dibandingkan stainless steel. Tak hanya itu, cara pengolahan bahan aluminium yang cukup mudah menjadikannya gampang dibentuk menjadi sesuatu yang unik.


Namun, moka pot berbahan aluminium juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah moka pot dapat berubah warna saat terkena api kompor secara langsung. Perubahan ini bisa memengaruhi rasa dan warna kopi. Terutama jika moka pot telah digunakan dalam waktu yang lama. 


Kemudian, karena bobotnya ringan, ada kemungkinan bentuk moka pot akan penyok saat terjatuh. Lapisannya yang mudah tergores bisa jadi menjadikan moka pot berkarat dan berbahaya untuk digunakan. Oleh sebab itu, perhatikan cara pemakaiannya agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Manual atau elektrik? Sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Manual atau elektrik? Sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Moka pot terbagi menjadi dua jenis, yakni manual dan elektrik. Moka pot manual didesain agar dapat digunakan di atas api. Oleh karena itu, Anda harus mampu mengatur besarnya api supaya mendapatkan hasil seduhan yang pas. Jika suhu terlalu tinggi, bukannya mendapat kopi enak, Anda justru mendapatkan kopi yang burnt dan getir. Oleh karena itu, Anda harus membiasakan diri untuk memakainya.


Sementara itu, moka pot elektrik lebih mudah digunakan karena memiliki pengaturan suhu otomatis. Anda hanya tinggal menancapkannya ke stopkontak saja dan moka pot elektrik akan otomatis bekerja. Namun, Anda tetap harus mengatur ukuran gilingan biji kopi yang sesuai.


Beberapa moka pot elektrik memiliki fitur pengatur waktu. Dengan fitur tersebut, Anda dapat menyetelnya untuk menyeduh kopi di pagi hari bahkan sebelum Anda bangun tidur. Dengan semua kemampuan yang dimilikinya menjadikan harga moka pot elektrik lebih mahal dibandingkan dengan moka pot manual.

Pilih ukuran cup berdasarkan berapa cangkir kopi yang dibuat dalam sekali seduh

Pilih ukuran cup berdasarkan berapa cangkir kopi yang dibuat dalam sekali seduh

Sebelum memilih moka pot, sebaiknya Anda menentukan berapa cangkir kopi yang akan dibuat dalam sekali seduh. Hal ini disebabkan oleh cara kerja moka pot telah didesain untuk menyeduh kopi sesuai dengan takaran. Jadi, Anda tidak bisa menyeduhnya sesuka hati tanpa mengikuti takaran yang disarankan.


Jika Anda tinggal sendiri, pilihlah moka pot ukuran 1 cup. Namun, jika Anda sekeluarga penggemar kopi, pilihlah ukuran sesuai dengan jumlah orang yang meminum kopi. Terdapat moka pot dengan kapasitas 2 cups, 3 cups, hingga 6 cups dalam sekali penyeduhan.


Tips dari kami, apabila Anda ingin membuat kopi yang tidak terlalu kuat, jangan menggunakan jumlah air lebih banyak saat menyeduh. Sebaliknya, Anda juga tidak boleh menggunakan bubuk kopi terlalu sedikit. Yang sebaiknya Anda lakukan adalah menambahkan air setelah proses penyeduhan di dalam moka pot selesai.

10 Rekomendasi moka pot terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk moka pot terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.

10
JenisManual
Bahan Aluminium
Kapasitas2 cup
9
JenisManual
Bahan Aluminium
Kapasitas1 cup
8

BialettiMini Express Set (2 Cups)

Mulai dari Rp 680.000,00

JenisManual
Bahan Aluminium dan keramik
Kapasitas2 cup
7

NankaiMokapot 6 Cups

ART : 207 - 03

Mulai dari Rp 82.500,00

JenisManual
Bahan Aluminium
Kapasitas6 cup
6
JenisManual
Bahan Stainless steel
Kapasitas6 cup
5
JenisManual
Bahan Aluminium
Kapasitas6 cup
4
JenisElektrik
Bahan Aluminium
Kapasitas4 cup
3
JenisElektrik
Bahan Tidak disebutkan
Kapasitas3 - 6 cup
2
JenisManual
Bahan Aluminium dan keramik
Kapasitas1 cup
1
JenisElektrik
Bahan Alumunium
Kapasitas3 cup

Tabel perbandingan produk moka pot terbaik

Gambar produk
1
Bialetti Moka Timer 3 Cups 1

Bialetti

2
Bialetti Mini Express Set 1 Cup 1

Bialetti

3
DeLonghi Alicia PLUS 1

DeLonghi

4
GAT Gatpuccino 1

GAT

5
Bialetti Moka Express 6 Cups 1

Bialetti

6
Latina Moka Javva Espresso Makker 1

Latina

7
Nankai Mokapot 6 Cups 1

Nankai

8
Bialetti Mini Express Set (2 Cups) 1

Bialetti

9
Nankai Mokapot 1 Cup 1

Nankai

10
Moka Pot 2 Cup Alumunium XPOT2 1

Nama produk

Moka Timer 3 Cups

Mini Express Set 1 Cup

Alicia PLUS

Gatpuccino

Moka Express 6 Cups

Moka Javva Espresso Makker

Mokapot 6 Cups

Mini Express Set (2 Cups)

Mokapot 1 Cup

Moka Pot 2 Cup Alumunium XPOT2

Keunggulan

Moka pot elektrik yang berdaya listrik rendah

Praktis digunakan sekaligus memiliki desain yang cantik

Dilengkapi fitur digital control yang memudahkan Anda dalam membuat kopi

Buat latte, cappuccino, atau mochaccino dengan mudah menggunakan satu produk!

Kapasitas besar, 6 cups dalam sekali seduh

Dilengkapi pengaman yang membuat uap dapat bekerja optimal

Bobotnya ringan, mudah disimpan dan diletakkan di mana saja

Pilihan sempurna untuk kado pernikahan

Harganya terjangkau, pas untuk Anda yang tinggal sendiri

Lebih praktis dan cepat untuk membuat double shots espresso

Harga mulai dariRp 2.400.000,00Rp 615.000,00Rp 1.950.000,00Rp 1.365.000,00Rp 590.000,00Rp 124.000,00Rp 82.500,00Rp 680.000,00Rp 52.500,00Rp 105.000,00
JenisElektrikManualElektrikElektrikManualManualManualManualManualManual
Bahan AlumuniumAluminium dan keramikTidak disebutkanAluminiumAluminiumStainless steelAluminiumAluminium dan keramikAluminiumAluminium
Kapasitas3 cup1 cup3 - 6 cup4 cup6 cup6 cup6 cup2 cup1 cup2 cup
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar moka pot

Pertanyaan umum seputar moka pot

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar moka pot. Jika Anda masih penasaran dengan moka pot, simak jawabannya di bawah ini!

Apa perbedaan kopi seduhan moka pot dan french press?

Perbedaan karakter rasa kopi yang diseduh moka pot dan french press sangat signifikan. Seduhan dengan moka pot menghasilkan rasa bold, tajam di mulut, dan terkonsentrasi mirip karakter espreso.


Sementara itu, seduhan dengan french press menghasilkan seduhan yang mirip dengan tubruk, rasa lebih kaya, lebih lembut, dan lebih ringan di mulut.

Tips mudah untuk membersihkan moka pot

Tips mudah untuk membersihkan moka pot

Meski moka pot termasuk salah satu peralatan dapur, ia tidak boleh dicuci menggunakan sabun cuci piring. Hal ini disebabkan oleh residu sabun cuci piring dapat menempel pada dinding moka pot sehingga mengubah rasa kopi. Berikut ini langkah-langkah untuk membersihkan moka pot.


  • Pertama, bilas moka pot menggunakan air mengalir kemudian keringkan menggunakan lap hingga benar-benar kering. Apabila tidak dilap dengan benar, bekas air akan tertinggal dan membekas pada permukaan moka pot.
  • Selanjutnya, isi tabung bawah dengan air hingga batas aman. Anda dapat menambahkan satu sendok cuka atau baking soda dan satu sendok air perasan lemon atau jeruk nipis, aduk rata.
  • Diamkan selama 2-3 jam lalu susun kembali moka pot tanpa mengisi funnel dengan bubuk kopi. Kemudian nyalakan kompor dan seduh, seperti membuat kopi.
  • Setelah mendidih, matikan kompor dan tuang air ke dalam gelas bening. Perhatikan apakah air rebusan sudah jernih atau masih keruh. Jika masih keruh, Anda dapat mengulang langkah kedua dan ketiga.
  • Jika air sudah jernih, biarkan moka pot dingin terlebih dahulu kemudian bilas lagi, keringkan, dan simpan.

Tips terakhir dari kami, jangan menutup moka pot terlalu erat. Jika terlalu erat, akan mengendurkan karet yang terpasang di moka pot.

Baca juga rekomendasi peralatan kopi lainnya di sini

Hai, penikmat kopi! Bagaimana dengan artikel moka pot ini? Mungkin Anda sudah memasukkan salah satu produk moka pot yang bagus dalam keranjang belanjaan Anda. Namun, sebelum check out, tak ada salahnya bila Anda menyimak beberapa artikel terkait alat-alat yang menunjang pembuatan kopi berikut. Simak sampai tuntas dan seduh sendiri kopi nikmat Anda!

Baca juga rekomendasi aneka kopi di sini

Untuk mendapatkan kopi yang nikmat, tentunya Anda juga membutuhkan biji kopi dengan kualitas terbaik. Untuk itu, kami akan membagikan deretan artikel mengenai kopi terbaik dari seantero negeri. Jika Anda tertarik untuk mencicipinya, silakan klik tautan berikut!

Kesimpulan

Menikmati secangkir kopi di pagi hari tentunya dapat membuat hari Ada jadi lebih bersemangat. Apabila ada satu moka pot di rumah, Anda dapat dengan mudah membuat kopi yang nikmat tanpa harus pergi ke coffee shop


Sebelum memilih moka pot, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal penting, seperti bahannya, tipenya, hingga kapasitas seduhannya. Demikian artikel dari kami, semoga tips dan rekomendasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mengawali hari dengan secangkir kopi!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Penggiling / Grinder Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    10 Penggiling / Grinder Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    Halo, coffee addict! Anda sudah punya mesin penggiling kopi model apa? Kopi yang langsung digiling dari biji lalu diseduh memang paling enak untuk dinikmati karena aroma dan rasanya sangat autentik. Mesin penggiling kopi atau grinder ada banyak variasinya, baik dari segi desain, fungsi, maupun tipenya.Untuk itu, kami akan membahas lebih dalam mengenai grinder kopi, baik grinder kopi manual maupun elektrik. Kami juga akan mengenalkan berbagai merk terkenal seperti Eureka, Hario, dan De’Longhi. Anda juga akan mendapatkan tips memilih gilingan kopi dari coffee consultant, Deni Dermanto. Selamat membaca!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Sandwich Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sandwich Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sandwich menjadi salah satu menu sarapan yang praktis. Nah, sandwich maker hadir agar Anda dapat memasaknya lebih cepat. Produknya juga dikenal dengan sandwich toaster atau pemanggang roti. Dengan model yang bervariasi, produk manakah yang bagus untuk Anda?Kali ini kami akan memandu Anda dalam memilih sandwich maker terbaik. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Philips, Kris, dan lainnya. Dari yang low watt sampai yang multifungsi, semuanya ada. Produknya pun telah kami ulas untuk Anda. Ingin menikmati sandwich yang enak? Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Waffle Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Waffle Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tak hanya untuk sarapan, waffle juga cocok dijadikan menu pendamping minum teh sore. Waffle pun telah menjadi menu andalan beberapa kafe atau restoran. Kini, Anda tak perlu pergi ke kafe untuk menyantap seporsi waffle hangat! Pasalnya, Anda dapat membuat waffle sendiri di rumah dengan memakai waffle maker.Pada artikel ini kami akan membagikan kriteria memilih waffle maker dan rekomendasi produknya. Beragam merek waffle maker yang bagus juga turut kami ulas, seperti Oxone, Klaz, dan Sonifer. Mari simak artikelnya hingga usai dan buat sendiri waffle kesukaan Anda!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Pasta Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda pencinta pasta? Kalau begitu, sebaiknya Anda menyediakan mesin pembuat pasta atau pasta maker di rumah. Bagi Anda yang pemula, mungkin akan bingung dalam memilihnya. Terlebih lagi, banyak merek terkenal seperti Shuma, Oxone, dan Philips yang meluncurkan produk pasta maker dengan berbagai keunggulan.Agar Anda tidak bingung, silakan simak artikel berikut ini. Kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih serta memberikan rekomendasi produk-produk pasta maker yang bagus untuk Anda. Ayo, membuat pasta yang enak dengan pasta maker terbaik pilihan Anda!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Smoothie Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Smoothie Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Smoothie blender merupakan alat rumah tangga yang wajib dimiliki bila Anda rutin mengonsumsi smoothie. Tentu Anda bisa membuat smoothie dengan blender biasa, tetapi hasilnya akan lebih maksimal bila menggunakan smoothie blender. Saat ini, telah banyak merek smoothie blender yang dijual di pasaran, antara lain Kenwood, Philips, dan Severin.Dengan banyaknya smoothie blender yang dijual, mungkin Anda jadi bingung saat memilih. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih smoothie blender, serta memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Tak perlu berlama-lama, mari kita mulai pembahasannya! 
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Toaster Terbaik Tipe Pop Up (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Toaster Terbaik Tipe Pop Up (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda termasuk orang yang lebih menyukai sarapan dengan roti daripada nasi, Anda perlu memiliki toaster tipe pop up. Di Indonesia sendiri masih jarang orang yang menggunakan toaster tipe pop up. Padahal, toaster tipe pop up sangat mudah digunakan dan menghemat waktu.Sebenarnya, sudah ada beberapa brand yang meluncurkan toaster tipe pop up seperti Sharp, Philips, dan Oxone. Namun, mungkin masih sedikit orang yang menggunakannya dan belum tahu mana toaster tipe pop up yang terbaik. Untuk itu, kami akan memberikan informasi bagaimana cara memilih toaster tipe pop up ini.
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Yoghurt Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Yoghurt adalah jenis olahan susu yang populer karena memiliki banyak manfaat. Hal tersebut membuat kebutuhan akan mesin yoghurt maker makin meningkat. Anda dapat menemukan berbagai yoghurt maker machine yang beredar di pasaran, seperti yoghurt maker Bear, Imundex, Kuvings, dan lainnya.Bagi Anda yang belum mengenal atau sedang bingung memilih merek yoghurt maker yang bagus, kami punya solusinya. Kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan sepuluh rekomendasi yoghurt maker terbaik untuk Anda. Dengan demikian, Anda dapat menemukan alat pembuat yoghurt yang bagus. Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini.
    Alat masak khusus
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori