• 10 Rekomendasi Sepatu Voli Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Voli Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Voli Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Voli Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Voli Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepatu Voli Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Ketika Anda bermain voli, kecepatan, kelenturan, dan ketepatan merupakan hal yang harus Anda lakukan. Nah, untuk meningkatkan performa bermain, terutama untuk pemain profesional putra, Anda harus menggunakan sepatu yang bagus. Tak hanya bagus, pastikan sepatu Anda nyaman digunakan dan bermutu. 


Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih sepatu voli. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi sepatu voli terbaik dari berbagai merek, seperti Mizuno, Asics, dan lainnya. Jika Anda sedang mencari sepatu voli yang pas, simak artikel ini hingga akhir!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih sepatu voli untuk pria

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda tidak menyesal setelah membeli sepatu voli. Berikut akan kami jelaskan mengenai poin-poin tersebut.

Sesuaikan bahan sepatu dengan posisi bermain

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih sepatu adalah menyesuaikan sepatu dengan posisi bermain Anda. Sepatu dengan karakteristik yang sesuai dengan posisi bermain tentu akan meningkatkan performa permainan secara signifikan. 

Spiker: Midsole yang tebal bantu minimalkan kemungkinan cedera

Spiker: Midsole yang tebal bantu minimalkan kemungkinan cedera

Spiker merupakan posisi yang akan sering melakukan gerakan berlari, melompat, dan mendarat. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih sepatu voli dengan kriteria berikut ini: 


  • Outsole lentur. Hal ini agar memberikan daya lontar yang kuat saat melakukan spike. Outsole  yang lentur akan membuat titik tumpu saat melompat menjadi terpusat pada jari kaki. Dengan begitu, daya lontar akan menjadi makin kuat.

  • Midsole tebal. Tujuannya agar saat mendarat, midsole yang tebal tersebut akan meminimalkan risiko terjadinya cedera kaki. Hal ini karena midsole yang tebal akan tetap terasa empuk untuk menahan bobot tubuh.

Tosser dan libero: Pilih sepatu antiselip

Tosser dan libero: Pilih sepatu antiselip

Gerakan tosser (pengumpan) dan libero (pemain belakang) selama permainan memang tidak seintens spiker. Namun, tosser dan libero membutuhkan penempatan dan penerimaan bola dengan posisi yang akurat. Selain itu, keduanya perlu melakukan gerakan refleks untuk menjaga pertahanan. Bagi Anda yang bermain di posisi ini, Anda perlu memilih sepatu sebagai berikut: 


  • Outsole berbahan solid seperti rubber agar pijakan tetap stabil dan tidak selip.

  • Midsole dengan ketebalan sedang akan lebih memantapkan setiap langkah terutama saat melakukan gerakan refleks.

Pastikan kenyamanan dari sepatu pilihan

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah memilih sepatu yang nyaman digunakan. Untuk itu, periksa beberapa poin berikut ini sebelum Anda membeli sepatu voli yang diidamkan. 

Cek bahan yang digunakan

Cek bahan yang digunakan

Saat membeli sepatu, Anda pasti berharap agar sepatu tersebut awet, bukan? Maka dari itu, memperhatikan bahan saat memilih sepatu adalah hal yang penting dilakukan. Meski jarang dituliskan secara detail, Anda dapat memperhatikan hal ini dari fitur dan teknologi yang berkaitan.


  • Bagian atas (upper) sepatu voli sebaiknya menggunakan bahan yang lentur, tetapi tetap solid. Tujuannya agar sepatu mampu menahan tubuh saat melakukan gerakan cepat dan ekstrem. Anda dapat mempertimbangkan sepatu dengan upper dari kulit atau kulit sintetis. Kedua bahan ini akan memberikan kestabilan yang lebih baik saat digunakan bergerak. 

  • Memiliki mesh panels, yaitu bagian sepatu yang menggunakan bahan jala. Fungsinya sebagai sirkulasi sepatu supaya kaki dapat bernapas dengan baik. 

  • Memiliki toe cap dan toe guard yang mumpuni. Keduanya dapat digunakan sebagai perlindungan tambahan pada bagian jari-jari serta memudahkan Anda untuk tetap berjinjit saat diperlukan. Untuk itu, beberapa bahan yang umum digunakan pada bagian ini adalah bahan karet. 

  • Sepatu menggunakan perekat atau jahitan yang kuat di antara bagian atas dan sol sepatu. Hal ini penting untuk menjaga keawetannya mengingat sepatu akan digunakan untuk pergerakan lari dan melompat berulang kali.

Ukuran sepatu yang pas menjaga kaki dari risiko cedera

Ukuran sepatu yang pas menjaga kaki dari risiko cedera

Ketika Anda memilih sepatu voli, usahakan untuk memilih sepatu yang ukurannya tidak terlalu ketat ataupun terlalu longgar. Carilah sepatu yang masih terdapat sedikit ruang bagi punggung, lebar dan jari kaki, serta tumit. Dengan begitu, masih terdapat ruang untuk mengenakan kaus kaki. Selain itu, ruang lebih juga bertujuan untuk mencegah kaki lecet akibat gesekan yang terlalu sering.


Saat membeli sepatu secara online, Anda tentu tidak dapat mencoba sepatu secara langsung, bukan? Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu secara pasti ukuran kaki Anda. Lalu, baca keterangan penjual dengan saksama. Terkadang, penjual akan menuliskan bilamana Anda perlu antisipasi terhadap perbedaan ukuran. Hal ini juga bisa Anda jadikan panduan dalam memilih ukuran sepatu yang tepat. 

Bobot sepatu yang ringan membuat langkah menjadi lebih lincah

Bobot sepatu yang ringan membuat langkah menjadi lebih lincah

Voli merupakan olahraga yang intens dalam pergerakan. Jadi, dengan banyaknya gerakan yang dilakukan, tentu dibutuhkan sepatu dengan bobot yang ringan agar tidak membebani tubuh. Umumnya, sepatu voli pria yang ideal memiliki bobot berkisar 311–425 gram.


Meski begitu, bobot sepatu juga bisa disesuaikan dengan posisi Anda dalam permainan. Jika Anda berperan sebagai spiker yang perlu bergerak aktif, pilihlah sepatu yang lebih ringan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk melompat saat melakukan smash ataupun blocking.

Perhatikan juga fitur yang dimiliki sepatu

Perhatikan juga fitur yang dimiliki sepatu

Setiap produsen berlomba-lomba untuk menciptakan produk berkualitas. Oleh karena itu, kebanyakan sepatu dilengkapi dengan fitur-fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk sepatu voli sendiri, kebanyakan produsen akan berfokus pada kontur dan konstruksi sepatu. Sebelum memilih sepatu, Anda tentu perlu mengenal fitur-fitur tersebut dan menjadikannya bahan pertimbangan. 


  • Asics memiliki fitur khusus untuk bagian midsole sepatu mereka. FlyteFoam Midsole Technology merupakan fitur yang membuat sepatu memiliki kontur disertai daya lontar yang baik. FluidRide Midsole mengombinasikan daya lontar dengan bantalan yang nyaman untuk kaki pemain. Ada pula Trusstic System Technology yang membuat sepatu lebih ringan.

  • Mizuno sebagai pesaing dari Asics juga memiliki spesialisasi tersendiri. Sebut saja teknologi 3-Layer No Sew Upper dan Booty Construction. Sepatu dengan 3-Layer No Sew Upper akan membuat sepatu lebih pas dan tidak longgar selama permainan. Kemudian, Booty Construction memberikan kenyamanan dengan sistem cushioning yang empuk dan lembut di bagian dalam sepatu.

Apabila Anda tertarik sepatu voli dari kedua merek tersebut, kami juga telah membahas keduanya secara khusus. Untuk selengkapnya Anda bisa membaca tautan yang telah kami siapkan berikut ini. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

ASICSNetburner Ballistic FF MT

1051A003.001

Mulai dari Rp 2.279.999,00

Spesialis
mybest

Mizuno Wave Momentum Mid Men's Volleyball Shoe

V1GA191704

Mulai dari Rp 1.799.800,00

10 Rekomendasi sepatu voli terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu voli terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Posisi pemainTosser dan libero
Ukuran 39–49
Bobot sepatu Tidak ada keterangan
Fitur dan teknologiGEL® Cushioning System, EVA™ Midsole, Trusstic System® technology
9
Posisi pemainSemua posisi
Ukuran 40–46
Bobot sepatu 381 g
Fitur dan teknologiGEL® Technology, FLYTEFOAM® Propel Technology, DYNAWRAP™ technology, TWISTRUSS™ technology
8
Posisi pemainSemua posisi
Ukuran 40,5–45
Bobot sepatu Tidak ada keterangan
Fitur dan teknologiGEL™ technology
7
Posisi pemainSpiker
Ukuran 39–44,5
Bobot sepatu Tidak ada keterangan
Fitur dan teknologiGel technology, Trusstic System, Octopod and rubber outsole, Heel wrap up, Flex Groove
6
Posisi pemainSemua posisi
Ukuran 40–47
Bobot sepatu 300 g
Fitur dan teknologiDura Shield, Mizuno Wave, Mizuno Intercool, PoWnCe, Removable Insock, U4ICX
5
Posisi pemainSemua posisi
Ukuran 40–46
Bobot sepatu Tidak ada keterangan
Fitur dan teknologiTidak ada keterangan
4
Posisi pemainSemua pemain
Ukuran 38–47
Bobot sepatu Tidak ada keterangan
Fitur dan teknologiPhylon outsole
3
Posisi pemainSemua pemain
Ukuran 39–46
Bobot sepatu Tidak ada keterangan
Fitur dan teknologiPhylon outsole
2
Posisi pemainSemua posisi
Ukuran 40–46
Bobot sepatu 305 g
Fitur dan teknologiMizuno Wave, Removable Insock, AIRmesh, Mizuno Intecool, Dura Shield
1
Posisi pemainTosser
Ukuran 39–46
Bobot sepatu 355 g
Fitur dan teknologiAIRmesh, Dura Shield, Mizuno Wave. Mizuno Intercool, Removable Insock, U4ic, Mizuno Enerzy

Tabel perbandingan produk sepatu voli terbaik untuk pria

Gambar produk
1
Mizuno  Wave Momentum 2 Mid 1

Mizuno

2
Mizuno Wave Lightning Z6 MID 1

Mizuno

3
Profesional Patriot 1

Profesional

4
Professional  Ballistic MDX 1

Professional

5
Mitzuda  Light Verza 1

Mitzuda

6
Mizuno  Wave Lightning Neo  1

Mizuno

7
Asics Gel-Rocket 10 1

Asics

8
Asics Gel-Task MT 2 1

Asics

9
Asics Sky Elite FF MT 2 1

Asics

10
Asics  Gel-Rocket 9 1

Asics

Nama produk

Wave Momentum 2 Mid

Wave Lightning Z6 MID

Patriot

Ballistic MDX

Light Verza

Wave Lightning Neo

Gel-Rocket 10

Gel-Task MT 2

Sky Elite FF MT 2

Gel-Rocket 9

Keunggulan

Sepatu dengan pijakan yang lebih stabil

Perpaduan akselerasi cepat dan tingkat stabilitas yang tinggi

Bahannya lentur, konstruksi outsole yang stabil dan antiselip

Desainnya menambahkan kesan tangguh pada penampilan Anda

Padukan warna sepatu Anda dengan jersey kesayangan

Teknologi dan kontur sepatunya sempurna!

Ingin meminimalkan cedera kaki meski banyak melompat? Bisa!

Perpaduan bahannya membuat kaki lebih relaks

Libas semua bidikan-bidikan tinggi dengan percaya diri!

Sepatu yang mampu meredam goncangan dengan sangat baik

Harga mulai dariRp 1.799.800,00Rp 1.799.800,00Rp 220.000,00Rp 335.000,00Rp 449.000,00Rp 1.600.000,00Rp 899.000,00Rp 1.199.000,00Rp 2.200.000,00Rp 899.000,00
Posisi pemainTosser Semua posisiSemua pemainSemua pemainSemua posisiSemua posisiSpikerSemua posisiSemua posisiTosser dan libero
Ukuran 39–4640–4639–4638–4740–4640–4739–44,540,5–4540–4639–49
Bobot sepatu 355 g305 gTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan300 gTidak ada keteranganTidak ada keterangan381 gTidak ada keterangan
Fitur dan teknologiAIRmesh, Dura Shield, Mizuno Wave. Mizuno Intercool, Removable Insock, U4ic, Mizuno EnerzyMizuno Wave, Removable Insock, AIRmesh, Mizuno Intecool, Dura ShieldPhylon outsolePhylon outsoleTidak ada keteranganDura Shield, Mizuno Wave, Mizuno Intercool, PoWnCe, Removable Insock, U4ICXGel technology, Trusstic System, Octopod and rubber outsole, Heel wrap up, Flex GrooveGEL™ technologyGEL® Technology, FLYTEFOAM® Propel Technology, DYNAWRAP™ technology, TWISTRUSS™ technologyGEL® Cushioning System, EVA™ Midsole, Trusstic System® technology
Tautan produk

Baca juga rekomendasi sepatu olahraga lainnya di sini

Sebagai penggiat olahraga, Anda pasti tahu bahwa setiap olahraga membutuhkan sepatu yang berbeda-beda. Untuk itu, kami telah merangkum beberapa rekomendasi sepatu lainnya untuk Anda yang menyukai kegiatan olahraga selain voli. Yuk, cari tahu lebih lanjut dengan klit tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Agar dapat bermain voli dengan maksimal, Anda membutuhkan sepatu yang tepat, terutama untuk pemain profesional. Karena permainan voli menuntut gerakan yang cepat dan banyak melakukan lompatan, sangat penting untuk mempertimbangkan konstruksi sepatu. 


Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan sepatu voli yang tepat, ya! Jangan lupa untuk mengenal dan mempertimbangkan terlebih dahulu fitur serta teknologi sepatu yang ingin Anda beli. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Voli merupakan salah satu permainan bola yang populer. Banyak orang menikmati permainan voli sebagai pertandingan, permainan, ataupun hobi. Tampilan bola voli dahulu cukup standar, yaitu putih polos. Kini bola voli hadir dengan jenis, ukuran, dan bahan yang lebih beragam. Lalu, bagaimana cara memilih bola voli yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih bola voli dan membagikan rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Berbagai merek bola voli, seperti Mikasa, Molten, dan Proteam juga masuk dalam rekomendasinya. Yuk, pilih yang paling favorit!
    Bola voli
  • 10 Rekomendasi Sepatu Voli ASICS (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Voli ASICS (Terbaru Tahun 2022)
    ASICS merupakan produsen sepatu dan perlengkapan olahraga asal Jepang yang belakangan mulai familier di Indonesia. Teknologi dan inovasi yang selalu modern menjadi alasan merek ini banyak dipilih para penggiat olahraga. Sebut saja produk original, seperti ASICS GEL-Rocket dan Sky Elite yang saat ini menjadi incaran atlet voli. Sepatu voli ASICS terbaru hadir dalam beragam model dan warna, mulai dari warna netral, sampai merah, emas, dan biru. Untuk mendapatkan sepatu voli ASICS terbaik yang bagus, yuk, simak tips dan rekomendasi dari kami. Selamat membaca!
    Bola voli
  • 10 Rekomendasi Sepatu Voli Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Voli Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain voli, Anda diharuskan bergerak dengan cepat, tepat, dan fleksibel. Bagi pemain voli putri, sepatu voli yang didesain untuk wanita akan memberikan performa maksimal di lapangan. Bahan yang lentur, nyaman, dan mampu menahan goncangan menjadi poin yang harus ada pada sepatu voli.Untuk membantu Anda memilih sepatu voli yang bagus, kami akan membagikan tips dalam artikel ini. Baca sampai selesai karena kami juga memberikan rekomendasi sepatu voli terbaik untuk wanita. Kami merekomendasikan merek sepatu voli original seperti Mizuno, Asics, Nike, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Bola voli
  • 10 Rekomendasi Sepatu Voli Mizuno Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Voli Mizuno Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mizuno merupakan salah satu merk sepatu voli yang sangat diminati. Hal ini dikarenakan semua sepatu voli Mizuno memiliki teknologi yang bagus untuk mendukung performa penggunanya. Tidak hanya itu, model sepatunya pun modern sehingga Anda akan tetap terlihat stylish dalam permainan bola voli. Jadi, kali ini kami akan membagikan tips untuk memilih sepatu voli Mizuno sekaligus merekomendasikan produk terbaiknya. Dua di antaranya adalah Thunder Blade dan Wave Lightning Z6 (WLZ 6). Selain kedua seri tersebut, masih ada banyak sepatu voli Mizuno original berteknologi terbaru. Yuk, simak pembahasan ini sampai habis!
    Bola voli
  • 10 Rekomendasi Net Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Net Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Permainan voli termasuk olahraga populer yang dimainkan di seluruh wilayah Indonesia, entah untuk tujuan bersenang-senang maupun kompetisi. Salah satu perlengkapan wajib ketika voli adalah net. Perlengkapan ini berfungsi memisahkan kedua tim di lapangan. Karena itu, jangan sampai Anda salah pilih dan mendapatkan net yang rentan rusak saat digempur hantaman bola.Jika Anda sedang mencari net voli yang bagus, kami akan menyajikan cara memilih yang patut dipertimbangkan. Periksa juga rekomendasi net voli dari merek Mikasa, Proteam, dan Ogio dengan harga yang bervariasi di rekomendasi produk. Yuk, baca artikelnya sampai tuntas!
    Bola voli
  • 10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ice pack adalah pengganti es batu yang bermanfaat untuk Anda yang sering menyimpan sesuatu pada cooler bag atau cooler box. Di pasaran, terdapat beragam merek ice pack, mulai dari Gabag, KIS, dan lainnya. Hal ini mungkin saja membuat Anda bingung dalam memilih.Untuk Anda yang sedang mencari produk ice pack, artikel ini jangan sampai Anda lewatkan. Simak cara memilih ice pack yang tepat dan rekomendasi produknya di bawah ini. Gunakanlah artikel ini sebagai referensi untuk menemukan ice pack yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Perlengkapan outdoor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori