1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Peralatan masak
  4. 10 Saringan Terbaik untuk Masakan - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Saringan Terbaik untuk Masakan - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Saringan Terbaik untuk Masakan - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Saringan Terbaik untuk Masakan - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Saringan Terbaik untuk Masakan - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Saringan Terbaik untuk Masakan - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Saringan Terbaik untuk Masakan - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023)

Menyaring makanan dari air atau minyak, sekaligus menghaluskan makanan adalah contoh kegunaan saringan makanan. Saringan kawat untuk makanan bayi, saringan nasi tim, dan saringan gorengan akan Anda temukan di pasaran. Tergantung ukuran dan keunggulan yang dimiliki, harga saringan makanan bisa berbeda satu sama lain.


Cara memilih dan rekomendasi saringan terbaik untuk masakan ada dalam artikel ini. Saringan mi, saringan makanan MPASI, bahkan saringan dengan penjepit akan Anda temukan. Saringan yang bagus merek LustyBunny, HomeMaster, dan sebagainya menanti untuk Anda miliki! Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari.

Diperbaharui 11-24-2022
Laire Siwi Mentari
Pakar
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 8 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur. Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Profil Laire Siwi Mentari
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih saringan untuk masakan

Sebelum membeli saringan untuk masakan, Anda sebaiknya menjadikan poin di bawah ini sebagai acuan. Dengan begitu, menentukan produk yang paling tepat untuk Anda pun akan terasa lebih mudah.

① Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan Anda

Dalam proses pengolahan makanan, saringan digunakan dalam hampir seluruh metode memasak, seperti menggoreng, merebus, dan menghaluskan. Karena itu, memilih saringan yang sesuai dengan kebutuhan sangatlah penting. Selain berpengaruh terhadap hasil akhir makanan yang Anda olah, hal ini juga berpengaruh pada sistem penyimpanan dan perawatan.


Saringan yang panjangnya 25 cm atau lebih tepat digunakan mengambil makanan dari wajan, panci, atau kuali panas berukuran besar. Sebaliknya, produk yang panjangnya kurang dari 12 cm bisa Anda beli untuk menyaring makanan dari dalam peralatan masak yang dangkal. 


Selain panjang, Anda juga perlu mengecek diameter saringan. 


  • Produk berdiameter <15 cm, hanya mampu digunakan untuk menyaring sejumlah kecil makanan meski hemat tempat. Tiga gulung mi untuk mi ayam atau sekitar enam chicken nugget dapat diambil dalam sekali angkat menggunakan produk ini.

  • Saringan berdiameter 16–23 cm, memadai untuk mengangkat empat porsi spageti atau kurang lebih lima potong dada ayam.

  • Saringan berdiameter >23 cm, memungkinkan Anda mengangkat kurang lebih delapan potong dada ayam sekaligus. Meski begitu, perlu diingat bahwa produk tipe ini butuh tempat penyimpanan tersendiri.

② Pilih sesuai dengan jenis masakannya

Berdasarkan jenis masakan, ada tiga jenis saringan untuk masakan, yaitu saringan mi, saringan makanan bayi, dan saringan gorengan. Berikut akan kami jelaskan lebih jauh.

Saringan mi, sebaiknya disesuaikan dengan kedalaman air rebusan

Saringan mi, sebaiknya disesuaikan dengan kedalaman air rebusan

Namanya memang saringan mi, tetapi bukan berarti hanya mi yang bisa disaring menggunakan produk ini, lho! Anda juga bisa menggunakannya untuk menyaring bihun, kwetiau, spageti, atau makanan sejenis lainnya. Makanan seperti makaroni, fusili, atau sayur-sayuran juga bisa Anda saring menggunakan produk tipe ini.


Untuk memilih saringan mi yang tepat, Anda sebaiknya memperhitungkan kedalaman rebusan air.


  • Untuk memasak mi instan atau makan sejenis, produk berbentuk bulat pipih tepat untuk dimiliki. Hal tersebut karena saat membuat makanan seperti ini, biasanya tinggi rebusan air tidak sampai 8 cm. Dengan begitu, saringan pipih pun sudah fungsional Anda gunakan untuk menyaring makanan.

  • Untuk memasak menggunakan kuali yang cukup tinggi, pilih saringan berbentuk oval atau persegi panjang. Selain itu, pastikan terdapat pengait di ujung pegangannya agar mi bisa tetap berada di dalam saringan dan tidak menyebar. Jika memakai saringan yang bulat pipih, mi akan cenderung menyebar sehingga mi perlu diangkat beberapa kali. Akibatnya, mi yang paling akhir diangkat akan lebih lembek.

Saringan gorengan, lebih baik disesuaikan dengan ukuran makanan yang digoreng

Saringan gorengan, lebih baik disesuaikan dengan ukuran makanan yang digoreng

Tergantung pada jenis makanan yang digoreng, saringan yang dibutuhkan bisa berbeda.


  • Produk dengan lubang saringan berukuran <1 cm per lubang, tepat dimiliki untuk menggoreng makanan berukuran kecil. Sebagai contoh, french fries, pop chicken, dan sebagainya. Hal tersebut dimaksudkan agar makanan yang diangkat tidak lolos jatuh melalui lubang saringan.

  • Produk dengan lubang saringan besar/memanjang yang berukuran 3 cm atau lebih, untuk menggoreng makanan besar. Produk tipe ini adalah pilihan terbaik untuk menggoreng makanan yang lazim disajikan dalam ukuran cukup besar. Ikan goreng, fillet ayam, serta tempe dan tahu goreng adalah beberapa contoh makanan tersebut. 

Lubang saringan besar akan membuat minyak dari makanan yang diangkat lebih cepat tersaring. Hal tersebut penting mengingat makin besar ukuran makanannya, makin banyak pula minyak yang terserap atau tergenang. Jika lubang saringan kecil dan rapat, tekstur makanan yang telah digoreng tidak akan kering dan renyah.

Saringan makanan bayi, harus memilih produk yang jaring saringannya terjalin rapat

Saringan makanan bayi, harus memilih produk yang jaring saringannya terjalin rapat

Pada usia enam bulan bayi sudah bisa mulai mengonsumsi MPASI. Untuk bayi yang baru mulai mengenal makanan, MPASI haruslah bertekstur halus dan lunak agar mudah ditelan oleh bayi.


Nah, untuk mewujudkan hal tersebut, sangat baik bila Anda memilih saringan makanan MPASI berjaring rapat. Sangat ideal bila Anda memilih produk dengan jarak antar jaring kurang dari 1 mm. Produk seperti demikian akan membuat residu makanan banyak tertinggal di bagian atas saringan. Hasilnya, makanan yang berhasil melewati saringan akan menjadi sangat lembut untuk dikonsumsi bayi.


Jika saringan yang dipakai lubangnya terlalu besar, tekstur makanan akan terlalu kasar sehingga akan lebih sulit dikonsumsi oleh bayi. Terutama untuk bayi di bawah tujuh bulan, tekstur makanan yang disaring harus sangat lembut. Akan sangat berbahaya apabila hasil olahan makanan tidak lembut karena bayi bisa tersedak oleh gumpalan atau serat-serat makanan.

③ Periksa keberadaan keunggulan lainnya

Periksa keberadaan keunggulan lainnya

Untuk meningkatkan fungsionalitas penggunaan, banyak saringan untuk masakan dilengkapi berbagai keunggulan tambahan. Anda akan menemukan produk yang dilengkapi gantungan agar makin mudah disimpan.


Tidak hanya itu, produk yang memiliki gagang ergonomis atau tidak licin di tangan juga tersedia di pasaran. Bahkan, saringan yang bisa digunakan sebagai penjepit makanan pun menanti untuk Anda miliki. Saringan dengan pengait melengkung di ujung akan memudahkan Anda dalam mengolah mi karena saringan bisa dikaitkan ke ujung kuali.


Bahan dasar gagang saringan juga penting. Bahan plastik tentunya lebih awet daripada bahan kayu yang mudah lapuk. Namun, gagang berbahan plastik cenderung lebih mudah meleleh jika terkena panas. Yuk, segera miliki saringan untuk masakan yang keunggulan tambahannya sesuai dengan kebutuhan!

10 Rekomendasi saringan terbaik untuk masakan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk saringan terbaik untuk masakan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Laire Siwi Mentari.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Saringan Sendok Jumbo 35 cm

 Saringan Sendok Jumbo 35 cm 1枚目

Cepat dan mudah meniriskan dengan bentuk serokan

2

Saringan Mini

 Saringan Mini 1枚目

Goreng dan sajikan masakan deep fried Anda!

3

Saringan Mi Stainless Steel 14 cm

 Saringan Mi Stainless Steel 14 cm 1枚目

Rebus banyak mi tanpa buat tangan kepanasan

4

LustyBunny

Saringan Makanan Baby

LustyBunny Saringan Makanan Baby 1枚目

Ekonomis dan bebas BPA untuk si buah hati

5

Saringan dengan Jepitan Stainless

 Saringan dengan Jepitan Stainless 1枚目

Saringan plus penjepit dalam satu produk

6

Saringan Stainless Steel 55 cm

 Saringan Stainless Steel 55 cm 1枚目

Bantu Anda menjangkau bagian terdalam kuali

7

Saringan Kawat Halus 20 cm

 Saringan Kawat Halus 20 cm 1枚目

Praktis untuk membuat puree dalam porsi besar

8

HomeMaster

Stainless Steel Sieve 30 cm

HomeMaster Stainless Steel Sieve 30 cm 1枚目

Mudahkan Anda mengangkat banyak gorengan sekaligus

9

White Tiger

Saringan Makanan 14 cm

White Tiger Saringan Makanan 14 cm 1枚目

Awet dan bisa digantung di mana pun

10

Fackelmann

Chinese Skimmer / Saringan Diameter 16 cm

Fackelmann Chinese Skimmer / Saringan Diameter 16 cm 1枚目

Makin nyaman digunakan berkat gagang ergonomis

Perincian produk
Close
No.1

Saringan Sendok Jumbo 35 cm

Mulai dari Rp2.990,00

Cepat dan mudah meniriskan dengan bentuk serokan

Kelebihan:

  • Diameternya besar, Anda bisa mengambil banyak makanan dalam sekali sendok

Kekurangan:

  • Bahan plastik rentan tergores seiring dengan penggunaan

Serok yang bisa digunakan untuk berbagai makanan kukus ini berlubang kecil-kecil dan banyak sehingga membuat air cepat tiris. Hal tersebut juga memungkinkan produk ini Anda gunakan untuk mengambil mi atau makanan berkuah lainnya. Selain itu, adanya lubang gantungan juga meningkatkan fungsionalitas dari produk ini.


Tidak cukup sampai di situ, produk ini juga sengaja dibuat dengan bentuk menyerupai serokan. Hal tersebut membuatnya tepat Anda pilih bila Anda suka mengambil banyak masakan dari dalam panci atau wajan dalam satu sapuan.

No.2

Goreng dan sajikan masakan deep fried Anda!

Kelebihan:

  • Bisa digunakan menggoreng sekaligus menyajikan makanan

Kekurangan:

  • Ukurannya mini, Anda tidak bisa menyajikan terlalu banyak makanan dalam satu saringan

Sengaja didesain meninggi, produk ini tepat Anda gunakan untuk merendam makanan, misalnya nugget, kentang goreng, dan sebagainya dalam minyak panas. Tenang saja, meniriskan makanan dari minyak menggunakan produk ini tidaklah sulit karena jarak lubangnya cukup besar.


Tampilan produk ini juga cukup menarik, Anda bisa memakainya juga sebagai wadah saji beragam gorengan. Untuk merendam atau menghidangkan gorengan yang dibuat dengan teknik deep fried, produk ini patut Anda perhitungkan.

No.3

Rebus banyak mi tanpa buat tangan kepanasan

Kelebihan:

  • Nyaman digunakan merendam mi karena saringannya memiliki kedalaman 14 cm

Kekurangan:

  • Kurang tepat digunakan mengangkat mi dari kuali yang dalam

Memiliki panjang keseluruhan mencapai 34 cm, Anda bisa dengan mudah merendam mi dalam air panas menggunakan produk ini. Menariknya lagi, bagian saringannya juga memiliki kedalaman 14 cm sehingga Anda bisa langsung merebus beberapa porsi mi gulung sekaligus.


Selain itu, berkat gagang kayu sepanjang 20 cm, tangan Anda pun tidak akan kepanasan. Terlebih lagi, gagangnya dilengkapi kaitan. Berkat itu, saringan bisa dikaitkan di pinggir panci sembari tetap merendam mi agar tangan tidak letih. Produk ini adalah pilihan tepat untuk melindungi tangan Anda dari hawa panas saat memasak banyak mi secara bersamaan.

No.4

LustyBunnySaringan Makanan BabyLB-1356

Mulai dari Rp18.500,00

Ekonomis dan bebas BPA untuk si buah hati

Kelebihan:

  • Bebas BPA sekaligus memiliki harga bersahabat

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi gagang, bisa terasa kurang ergonomis bagi sebagian orang

Kata siapa saringan MPASI bayi 6 bulan berkualitas tinggi harus memiliki harga yang mahal? Kini LustyBunny mengeluarkan saringan makanan bayi berdiameter 10 cm yang harganya sangat ramah di kantong.


Meski harganya begitu bersahabat, produk ini tetap dibuat dari plastik food grade pilihan yang bebas BPA. Hal tersebut membuatnya makin aman Anda gunakan untuk membuat MPASI setiap hari. Produk ini adalah solusi terbaik bila Anda ingin membeli saringan makanan bayi yang bagus tanpa keluar banyak dana.

No.5

Saringan dengan Jepitan Stainless

Mulai dari Rp6.500,00

Saringan plus penjepit dalam satu produk

Kelebihan:

  • Bisa sekaligus digunakan menjepit makanan

Kekurangan:

  • Saat menjepit, ada risiko menggores permukaan wajan

Anda yang menyukai peralatan dapur 2-in-1 sebaiknya membeli produk ini. Saringannya berdiameter 10 cm, Anda bisa meraup beberapa gorengan kecil sekaligus dengan produk ini. Menariknya lagi, serok wajan ini juga dapat Anda fungsikan layaknya penjepit. Tidak hanya membuat gorengan tercengkeram kuat, Anda pun bisa menjepit gorengan untuk mempercepat penirisan minyak. Mantap!

No.6

Saringan Stainless Steel 55 cm

Mulai dari Rp19.999,00

Bantu Anda menjangkau bagian terdalam kuali

Kelebihan:

  • Panjangnya mencapai 55 cm, kian mudah mengambil makanan dari dalam kuali besar

Kekurangan:

  • Material kayu rentan rusak jika terus terpapar air

Untuk berdagang mi ayam, mi kocok, atau hidangan sejenis lainnya, kuali besar yang dalam lazim digunakan. Anda tentu tidak bisa menjangkau bagian terdalam kuali menggunakan saringan yang pendek. Nah, produk ini adalah solusi tepat untuk menjawab kebutuhan Anda.


Panjang totalnya mencapai 55 cm, mengambil mi dari dasar kuali pun tidak sulit dilakukan. Tidak hanya itu, gagangnya berbahan kayu tebal sehingga tidak menghantarkan panas meski terus terpapar air dan hawa panas.

No.7

Praktis untuk membuat puree dalam porsi besar

Kelebihan:

  • Sudah ada gantungan, makin hemat tempat

Kekurangan:

  • Jarak antarlubangnya sangat kecil, Anda perlu membersihkannya dengan lebih teliti agar tidak ada sisa makanan tertinggal

Saringan kawat untuk makanan bayi ini berdiameter 20 cm, Anda bisa meletakkan banyak bahan makanan di atasnya. Tidak hanya itu, kawatnya juga rapat-rapat sehingga memudahkan Anda untuk membuat puree halus untuk si kecil kesayangan. Untuk membuat makanan bayi yang halus dan mudah ditelan dalam porsi besar, produk ini bisa Anda jadikan partner.

No.8

HomeMasterStainless Steel Sieve 30 cm

Mulai dari Rp100.000,00

Mudahkan Anda mengangkat banyak gorengan sekaligus

Kelebihan:

  • Bergagang kayu, tangan tidak kepanasan saat mengambil makanan panas

Kekurangan:

  • Diameternya besar, perlu space khusus untuk menggantungkannya

Jika Anda sering membuat makanan yang digoreng dalam porsi besar, produk ini tepat Anda jadikan partner memasak. Diameter saringannya mencapai 30 cm, Anda bisa mengambil lebih banyak gorengan dalam sekali raup. Tenang saja, kepala saringan ini memiliki ketebalan 1,5 mm sehingga tidak mudah patah.


Selain itu, gagang 21 cm saringan gorengan sekaligus mi ini juga tebal. Hal tersebut membuatnya tidak mudah patah meski digunakan mengangkat gorengan porsi jumbo berkali-kali. Mengingat lubang saringannya kecil-kecil, bila dibutuhkan Anda juga bisa menggunakan produk ini untuk menyaring mi, lho.

No.9

White TigerSaringan Makanan 14 cm555

Mulai dari Rp27.900,00

Awet dan bisa digantung di mana pun

Kelebihan:

  • Bisa digunakan untuk menyaring gorengan dan mi

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu varian warna

Seroka untuk memasak gorengan ini pantas diperhitungkan bila Anda butuh saringan serbaguna yang awet dan mudah disimpan. Gagang produk ini dilengkapi gantungan sehingga makin hemat tempat penyimpanan. Bahan stainless steel pilihan juga menjadikan produk ini makin tahan lama. Selain itu, jaring-jaring saringannya tergolong rapat, digunakan untuk mengambil gorengan atau mi pun bisa.

No.10

FackelmannChinese Skimmer / Saringan Diameter 16 cm

Mulai dari Rp81.000,00

Makin nyaman digunakan berkat gagang ergonomis

Kelebihan:

  • Materialnya food safe, makin aman digunakan setiap hari

Kekurangan:

  • Bentuknya pipih, kurang tepat digunakan mengambil makanan dari kuali yang dalam

Anda yang mengutamakan kenyamanan penggunaan tidaklah salah bila membeli saringan untuk masakan yang satu ini. Gagangnya ringan dan didesain ergonomis, produk food safe ini terasa begitu nyaman digunakan menyaring makanan. Ada tiga pilihan warna, yakni Dark Pink, Lime Green, dan Ocean Blue, pilih saja varian yang paling Anda sukai.

Baca juga rekomendasi peralatan memasak lainnya di sini

Saringan masakan bisa Anda gunakan untuk mempermudah memasak mi instan, lho! Di sisi lain, oil pot, panci kukus, dan panci penggorengan tepat dibeli untuk mempermudah Anda memasak makanan. Yuk, kenali lebih jauh seluruh produk tersebut di sini.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan saringan untuk masakan yang paling cocok dengan preferensi Anda? Pastikan untuk mengecek ukuran saringan karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kemudahan penggunaannya.


Tergantung pada kebutuhan, Anda bisa membeli saringan mi, saringan gorengan, atau saringan makanan bayi. Selain itu, periksalah material dan keunggulan tambahan yang dimiliki saringan incaran. Selamat berbelanja!

5 Rekomendasi Saringan untuk Masakan terbaik

No. 1Saringan Sendok Jumbo 35 cm

No. 2Saringan MiniY104

No. 3Saringan Mi Stainless Steel 14 cm

No. 4LustyBunnySaringan Makanan BabyLB-1356

No. 5Saringan dengan Jepitan Stainless

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer